MAKALAH

AQIDAH

AKHLAK

MENGHARGAI ALIRAN – ALIRAN YANG BERBEDA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT D I S U S U N O L E H

Rahmat Chandra Kurniawan Rizki Oktaviano Bella Qatrunnada Agus Selly Tania

Kata pengantar

Puji dan Syukur kami ke hadiran Allah SWT.Assalamualaikun wr. Karena limpahan rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini walau dengan keterbatasan kami.tentunya di dalam pembuatan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan. Kami sadari sebagai makhluk yang dhoif. Untuk itu kami mohon kritik dan saran dari pembagi pembaca untuk perbaikan kedepan nantinya. Akhir kata kami berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat untuk kita semua 1 Daftar Isi .wb.

...............................8 2 BAB 1: Pendahuluan ..................................................................................3 BAB 2: Pembahasan a.................................... Menghargai Aliran – Aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat.....................Kata Pengantar..............................3 d.................................................................3 b.................................................................4 BAB 3: Penutup a.............7 Daftar Pustaka ..Kesimpulan.............................................................................................................................................................................................................manfaat Tulisan.....................2 BAB 1: Pendahuluan a...Metode Penyusunan.......3 c............................................................................................................................................................................1 Daftar Isi.............................................................................................................................................................Tujuan............................................Permasalahan..

khususnya di indonesia.dimana dalam masalah ini membahas tentang aliran aliran yang berbeda dalam masyarakat.Permasalahan Menghargai Aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan masyarakat. Tujuan Bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar umat beragama. Metode Tulisan Dalam pembuatan makalah ini kami mengunakan metode Deskriptif.dan agar dapat membuat kita jauh lebih mengetahui perbedaan-perbedaan aliran aliran yang terdapat dalam masyarakat.yang mengajarkan persatuan dan kesatuan serta kerukunana antar umat beragama walaupun banyak terdapat perbedaan perbedaan yang melintang.yang mana banyak terdapat aliran-aliran yang tidak kita ketahui maupun yang telah kita ketahui .sebagaiman umat islam mengajarkan dalam surah Al-Imran ayat 103. 3 BAB 2 : Pembahasan . Manfaat Tulisan Untuk lebih memahami dan menghargai aliran-aliran yang Terdapat dalam masyarakat dan antar beragama.

Imran ayat 103. antara lain sebagai berikut. ‫واعتصمىا بحبل هللا جميعا وال تفسقىا وا ذكسوا وعمت هللا عليكم اذ كىتم اعداء فا صبحتم بىعمته اخىوا‬ .” {Q. dan kamu telah berada di tepi jurang at –Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk. dan jangan tolong.”{Q..Maidah ayat 2.Maidah:2} Untuk menjaga keutuhan umat Islam yang dalam realitas sosialnya terbagi menjadi beberapa kelompok.S: Al.menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. orang orang yang bersaudara . ‫وكىتم علً شفا حفسة مه الىازفاوقركم مىها كرلك يبيه هللا لكم ءايته لعلكم تهتدن‬ Artinya: “Dan berpeganlah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah. Dan bertakwalah kamu kepada Allah Sesunguhnya Allah amat berat siksaNya. Adapun prinsip. dan janganlah kamu bercerai berai. umat Islam harus senantiasa mengedepankan prinsip persatuan dan kerukunan intem umat Isalam.S: Ali.Menghargai Aliran-Aliran yang Berbeda dalam Kehidupan Bermasyarakat Islam mengajarkan kepada umat manusia untuk mnjalin persatuan dan kerukunan serta menjaganya jangan sampai bercerai – berai.. lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah. .Taaruf .prinsip yang harus dikembangkan dalam persatuan dan kerukunan. dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) Bermusuh musuhan .‫وتعا ووىا علً البس والتعىي وال تعا ووىا علً االثم والعدوان واتقىا هللا ان هللا شديد العقا‬ Artinya: “ Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa.. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam AL-Quran Surah Ali. 4 1. Maka Allah mempersatukan hati mu .Imran:103} Firman Allah dalam Al-Qur’an Surah Al.

4. sesama muslim adalah saudara . supaya kamu mendapat rahmat. kekuatan dan kelemahan masing -masing sehingga segala kesalahpatahaman dapat dihindari.” {Q.Hujurat ayat :10 .‫اوما المؤ مىىن اخىة فا صلحىا بيه اخىيكم وتقىا هللا العلكم تسحمىن‬ Artinya: “ Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara.{Q. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan )antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah. Takaful Keempat prinsip tersebut harus selalu dikembangkan agar tercipta kehidupan yang harmonis pendapat. Dengan cara ini.Al-Hujurat:10} 5 Nilai-nilai positif dari sikap saling menghargai antara lain sebagai berikut .orang yang bercerai-berai dan yang berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka . tetapi juga pemahaman mereka tentang agama. ses‫ة‬ama umat Islam walaupun berbeda paham dan . Taawun Yaitu saling tolong. 2.S. 3.Imran :105} Dan ada juga ayat lain yang mengatakan dalam surah Al. Tafahum Yaitu saling memahami kelebihan dan kekurangan.menolong .S. tidak hanya bersifat fisik saja. Sehingga bisa dijadikan dasar dalam melakukan pendekatan. mereka Itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat.menolong tanpa mengenal batas paham atau keyakinan mereka . Ali. عظيم‬ Artinya: “ Dan janganlah kamu menyerupai orang.Adalah saling mengenal dengan baik antara satu dengan lain .‫والتكى وىا كالريه تفسقىا واختلفىا مه بعد ما جاء هم البيىت واوليك لهم عرا. maka kerja sama dan kerukunan akan tercipta . maka harus dikembangkan saling tolong.

tenteram.menolong.royong penuh kebersamaan. dan damai serta saling tolong. gotong. Terwujudnya kehidupan yang aman. Terjaganya persatuan dan terhindar dari perpecahan antar umat Islam 6 BAB 3: Penutup .- Dapat menjaga dan memperkuat persatuan dan kerukunan antar anggota masyarakat dan sesama umat Islam. Dapat terhindar dari kebencian dan permusuhan. Dapat membangun kebesaran jiwa dan mengembangkan sikap toleransi adanya kesadaran teterogenitas.

untuk menjaga keutuhan dalam bermasyarakat dan beragama.Kesimpulan Dari beberapa uraian diatas kita dapat menyimpulkan bagaimaa cara menghargai aliran-aliran yang terdapat dilingkungan masyarakat.serta seruan islam dalam mempererat tali persaudaraan serta hal hal positif yang dijelaskan. 7 .

Abdul Hasan.Bandung :Pustaka Setia. Qur’an Hadist Untuk Madrasah Aliyah Kelas XI.Jakarta:Gema Insani press Abdullah Hadad.1998. 8 .Semarang:CV T oha Putra Departemen agama RI.1933.Yogyakarta:Pustaka Insan Madani Al-Asy’ari .1992.2006.DAFTAR PUSTAKA Abdul Razak.semarang:CV Toha Putra.al-Qur’an Dan terjemahannya. Akhmad Sodiq.2009. Ahmad Mustafa Al-Maragi .Tafsir Al-Maragi Terjemah.Ilmu Kalam.Semarang:CV Atlas Departemen agama RI.2004.Pokok Pokok ajaran Dien.Berakhlak Mulia.Habib. Kami mengambil materi ini dihalaman 46-48.Semarang CV:Gani Dan Son.Berakidah Benar.Nasihat Agama Dan Wasiat Iman.

        .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful