RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : IV (Empat) : I (Satu) Bab

1 Standar Kompetensi Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan. Kompetensi Dasar Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Indikator Menjelaskan lingkungan desa. Menyebutkan perangkat desa. Menyebutkan sumber keuangan desa. Menjelaskan lingkungan kelurahan. Menyebutkan perangkat kelurahan. Menyebutkan sumber keuangan kelurahan. Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya. Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan). 1. 2. 3. 4. 5. 6. A. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menjelaskan lingkungan desa. Siswa dapat menyebutkan perangkat desa. Siswa dapat menyebutkan sumber keuangan desa. Siswa dapat menjelaskan lingkungan kelurahan. Siswa dapat menyebutkan perangkat kelurahan. Siswa dapat menyebutkan sumber keuangan kelurahan. Siswa dapat menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya. B.

7.

1. 2. 3.

Materi Ajar Desa. Kelurahan. Kecamatan.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual. Pendekatan Cooperative Learning. Diskusi dengan teman sebangku. Penugasan. D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama dan Kedua 1. Kegiatan Awal a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran. b. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah. c. Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup. d. Mengajak siswa untuk menyebutkan lingkungan pemerintahan dari tingkatan yang paling kecil (desa, kelurahan, kecamatan, dan seterusnya) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan (desa, kelurahan, dan kecamatan) yang akan dibahas.

17

) hlm. h. Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn NIP. f. b.2. Semua siswa diminta untuk menyebutkan tingkatan pemerintahan yang ada di Indonesia (desa. Penilaian Teknik : tugas individu. kecamatan. kelurahan. 1-10. d. Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan kunjungan-kunjungan ke kantor instansi. Lingkungan rumah (keluarga). g. Dyah Sriwilujeng. 18 . 3. dan provinsi). Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Orang tua. P. termasuk perangkat-perangkatnya. Kegiatan Penutup c. Mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah? 3. _____________________________ Mengetahui. kabupaten. Bentuk instrumen : penilaian lisan. e. Guru bercerita tentang bacaan dalam buku. Contoh instrumen: 1. beberapa kecamatan digabungkan ke dalam kota atau kabupaten. NIP. 2. lalu. e. penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan pendapat). beberapa desa atau kelurahan digabungkan ke dalam suatu kecamatan. dst. Teman. lalu. 3. penilaian sikap (pengamatan perilaku). Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. F. Mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah? _____. kota. E. Menyimak pemahaman pengertian desa/kelurahan/kecamatan. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. 15-16. c. Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman 28-32.Pd. Sumber/Bahan Belajar Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”. terbitan ESIS. 11-14. Kegiatan Inti a. Bertanya jawab tentang pemerintahan dari tingkatan pemerintahan yang paling kecil. karangan Dra. 4. Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa? 2. d. misalnya: pemerintahan terendah ada pada desa atau kelurahan. 1. dan seterusnya. sekolah.

Materi Ajar 1. Struktur pemerintahan kelurahan. Penugasan. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual. D. 19 . Diskusi dengan teman sebangku. b. kelurahan. Indikator 1. Pendekatan Cooperative Learning. C. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua 1. Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 pertemuan). Memahami gambar struktur pemerintahan desa. Kegiatan Awal a. 2. 3. c. 2. Struktur pemerintahan kecamatan. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah. Memahami gambar struktur pemerintahan kelurahan. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat memahami gambar struktur pemerintahan desa. Memahami gambar struktur pemerintahan kecamatan. Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk menyebutkan struktur organisasi/pemerintahan desa. 2. 1. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran. A. Kompetensi Dasar Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : IV (Empat) : I (Satu) Bab 1 Standar Kompetensi Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan. 3. dan kecamatan. 3. Struktur pemerintahan desa. B. Siswa dapat memahami gambar struktut pemerintahan kecamatan. Siswa dapat memahami gambar struktur pemerintahan kelurahan.

Bertanya jawab tentang bagaimana hubungannya dengan perangkatperangkatnya. 9. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn NIP.2. E. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. karangan Dra. b. kelurahan. yang telah dipelajari. _____________________________ Mengetahui. e. dst. 3. Kegiatan Penutup c. 3. Sumber/Bahan Belajar Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi d. dan kecamatan. terbitan ESIS.Pd. _____. 1. Lingkungan rumah (keluarga). Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. 16. Semua siswa diminta untuk mengamati gambar struktur pemerintahan desa. 2. P. 4. NIP. sekolah.) hlm. Orang tua. 13. 20 . Kegiatan Inti a. Teman. Dyah Sriwilujeng.

kota. 4.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : IV (Empat) : I (Satu) Bab 2 Standar Kompetensi Memahami sistem pemerintahan kabupaten. C. wewenang. Siswa dapat menyebutkan kewenangan pemerintah kabupaten/kota. Materi Ajar Pemerintah kabupaten/kota. A. hak. 3. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota. 3. Menjelaskan pemerintahan provinsi. dan kewajiban DPRD. dan provinsi. Siswa dapat menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi. Siswa dapat menjelaskan pemerintahan provinsi. Pemerintah provinsi di Indonesia. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. 1. Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan). dan provinsi. Menyebutkan kewenangan pemerintah kabupaten/kota. dan kewajiban DPRD. 4. Kompetensi Dasar Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. Pendekatan Cooperative Learning. 1. wewenang. Memahami tugas. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual. 5. C. Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota. kota. Siswa dapat memahami tugas. 2. 21 . Indikator 1. 3. hak. Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi. 2. 2. 5.

lingkungan pemerintahan Bertanya jawab tentang pemerintahan (kabupaten. g. 38-41. Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman 45-48. sekolah. Menyimak pemahaman pengertian kabupaten/kota dan provinsi. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah. 2. Orang tua. kota. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. F. e. P. kota. b. Kegiatan Awal f.Diskusi dengan teman sebangku. Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan. penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan pendapat). kota. b. Semua siswa diminta untuk menyebutkan kabupaten. h. c. E. 33-37. Penilaian Teknik : tugas individu. 3. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran. i. kota.) hlm. Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah? 2. Penugasan. dan provinsi yang akan dibahas. 22 . Tanya jawab ini dikaitkan dengan pemerintahan kabupaten. Teman. Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”. _____________________________ Mengetahui. 4. Mengajak siswa untuk menyebutkan lingkungan pemerintahan kabupaten. dst. Guru bercerita tentang bacaan dalam buku. Kegiatan Penutup a. g. penilaian sikap (pengamatan perilaku). Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup (kabupaten/kota dan provinsi). terbitan ESIS. Bentuk instrumen : penilaian lisan. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. 1. D. Mengapa gubernur wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945? _____. c. Kegiatan Inti a. d. Lingkungan rumah (keluarga). dan provinsi) serta perangkatnya. 41-42. dan provinsi yang dibimbing oleh guru. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.Pd. karangan Dra. Sumber/Bahan Belajar Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV. 3. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua 6. dan provinsi) di Indonesia. f. Contoh instrumen: 1. 2. Dyah Sriwilujeng.

Siswa dapat memahami gambar struktur pemerintahan provinsi. 2. A. kota. Memahami gambar struktur pemerintahan provinsi. NIP.Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn NIP. Struktur pemerintah kabupaten/kota. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : IV (Empat) : I (Satu) Bab 2 Standar Kompetensi Memahami sistem pemerintahan kabupaten. B. Kompetensi Dasar Menggambarkan struktur organisasi kabupaten. kota. dan provinsi. 23 . Struktur pemerintah provinsi di Indonesia. 2. Materi Ajar 1. Indikator 1. Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 pertemuan). 2. 1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota. dan provinsi. Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota.

e. sekolah. f.) hlm. 24 . Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk menyebutkan struktur organisasi/pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi. Teman. Pendekatan Cooperative Learning. 3. F. Kegiatan Awal d. Diskusi dengan teman sebangku. P. perangkatnya. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn NIP. karangan Dra. 40. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah. 35. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran. Sumber/Bahan Belajar Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV. _____________________________ Mengetahui. _____. Kegiatan Penutup l. 5. n. F. kabupaten/kota dan provinsi. k. Orang tua.E.Pd. m. Kegiatan Inti Semua siswa diminta untuk mengamati gambar struktur pemerintahan Bertanya jawab tentang bagaimana hubungannya dengan perangkat- j. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. terbitan ESIS. 1. 4. 6. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. dst. 2. NIP. Dyah Sriwilujeng. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua 4. Lingkungan rumah (keluarga). Penugasan. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual.

dst. 3. Menjelaskan lembaga legislatif. 25 . dan BPK. Menjelaskan lembaga yudikatif.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : IV (Empat) : 2 (Dua) Bab 3 Standar Kompetensi Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat. 5. Kompetensi Dasar Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat. Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum. MA. Presiden. Menjelaskan lembaga eksekutif. Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan. Indikator 1. 6. 2. MK. 4. seperti MPR. Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan. DPR.

eksekutif. pemerintahan. Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”. dan sistem pemerintahan. Kegiatan Awal c. 26 . Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. D. eksekutif. d. C. DPR. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan). f. Mengajak siswa untuk menyebutkan lembaga-lembaga negara (lembaga legislatif. 2. g. Materi Ajar 1. 6. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan. Semua siswa diminta untuk membaca dan memahami pengertian pemerintah. h. 5. Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan. g. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah. Bertanya jawab tentang lembaga-lembaga negara tingkat pusat. Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan pengamatan sarana-sarana di lingkungan tempat tinggal siswa. Penugasan. Siswa menyebutkan lembaga-lembaga negara tingkat pusat (lembaga legislatif. dan yudikatif). 2. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua 1. Pendekatan Cooperative Learning. h. 3. Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan Umum. c. 3. dan yudikatif) yang dibimbing oleh guru. Guru bercerita tentang bacaan dalam buku. b. A. 2. Diskusi dengan teman sebangku. Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif. Siswa dapat menjelaskan lembaga legislatif. 4. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan tingkat pusat yang akan dibahas. Kegiatan Inti a. Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman 80-84. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. Kegiatan Penutup f. Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan. serta BPK dan Komisi Pemilihan Umum. e. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif. B. eksekutif (presiden). d. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual. Komponen pemerintahan di Indonesia. yaitu lembaga legislatif (MPR. dan yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi). dan DPD). 1. Pengertian pemerintah. e.

2. NIP. dst. penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan pendapat). Penilaian Teknik : tugas individu. Dyah Sriwilujeng.Pd. 3. sekolah.E. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV. F. dan para menteri. Kompetensi Dasar Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat. terbitan ESIS. 27 . Bentuk instrumen : penilaian lisan. karangan Dra. penilaian sikap (pengamatan perilaku). Lingkungan rumah (keluarga). RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : IV (Empat) : I (Satu) Bab 3 Standar Kompetensi Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat. Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintah? _____. 4. Orang tua. 60-72. P. wakil presiden. seperti presiden. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn NIP. Sumber/Bahan Belajar 1. _____________________________ Mengetahui. Teman. Contoh instrumen: 1.) hlm. 57-59.

_____________________________ Mengetahui. Dyah Sriwilujeng. 11. Kegiatan Penutup q. 57-59. dst. 65. o. sekolah. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran. Kegiatan Awal g. Diskusi dengan teman sebangku.) hlm. Kegiatan Inti Semua siswa diminta untuk mengamati lembaga eksekutif (presiden). Buku _____. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah. Memahami lembaga eksekutif (presiden). 10. B. 1. karangan Dra. B. Penugasan. Materi Ajar Lembaga eksekutif. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. 9. terbitan ESIS. G. s. P. p. Lingkungan rumah (keluarga). 8.Pd. G.Indikator 1. Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 pertemuan). Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn NIP. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua 7. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual. Bertanya jawab tentang lembaga eksekutif (presiden). r. 3. 12. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat memahami lembaga eksekutif (presiden). NIP. 66. H. Pendekatan Cooperative Learning. 13. 28 . Orang tua. Sumber/Bahan Belajar paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Teman. h.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : IV (Empat) : I (Satu) Bab 4 Standar Kompetensi 29 .

Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah. Sikap kita terhadap globalisasi.Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya. Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi. 2. 30 . Siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan. Guru bercerita tentang bacaan dalam buku. Kompetensi Dasar Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya. Kegiatan Awal t. 16. dan kebudayaan. 4. Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan. Diskusi dengan teman sebangku. permainan. permainan. B. j. 6. Kegiatan Penutup e. Kegiatan Inti h. 5. Siswa pun diajak untuk memahami arti dan pengaruh globalisasi serta sikap dalam menghadapinya. m. 2. Kita di tengah-tengah globalisasi. D. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menceritakan proses globalisasi. 3. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Semua siswa diminta untuk mengamati cerita sejarah globalisasi. Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan). Materi Ajar Arti globalisasi dan sejarahnya. Penugasan. i. kebudayaan. u. Indikator 14. Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman 103-107. Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua 7. 4. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual. Pendekatan Cooperative Learning. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. Bertanya jawab tentang pengaruh globalisasi dan sikap siswa terhadap globalisasi. dan Siswa dapat menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi. 3. Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”. Mengajak siswa untuk menceritakan globalisasi dan pengaruhnya yang dibimbing oleh guru. l. D. B. v. f. 15. Menceritakan proses globalisasi. k. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran. n.

Orang tua. penilaian unjuk kerja (keberanian menyampaikan pendapat). penilaian sikap (pengamatan perilaku). G. sekolah. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Sumber/Bahan Belajar Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Contoh instrumen: 5. Mengapa permainan playstation atau game di komputer disenangi di Indonesia? _____. 4. 3. _____________________________ Mengetahui. 31 . Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn NIP. Penilaian Teknik : tugas individu. 1. P. F.g. 85-90. Bentuk instrumen : penilaian lisan. Mengapa globalisasi terjadi? 6.) hlm. 2.Pd. 97-98. 91-96. karangan Dra. dst. NIP. Teman. terbitan ESIS. Dyah Sriwilujeng. Lingkungan rumah (keluarga).

Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua 17. kebudayaan asing. Tujuan Pembelajaran 1. Pendekatan Cooperative Learning. Indikator 1. z. Sikap kita terhadap globalisasi. Kegiatan Awal i. Siswa dapat menjelaskan globalisasi kebudayaan. k. 19. Indonesia. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 pertemuan). aa. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran. Menjelaskan globalisasi kebudayaan. Kegiatan Inti w. Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk menyebutkan contoh kebudayaan di Indonesia. Kegiatan Penutup y. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Penugasan. 18. dan contoh kebudayaan asing. H. Diskusi dengan teman sebangku. Mengajak siswa bertanya jawab tentang kebudayaan apa saja yang ada di Indonesia. Semua siswa diminta untuk mengamati kebudayaan yang ada di Bertanya jawab tentang kebudayaan di Indonesia dibandingkan dengan x. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. A. j. Kompetensi Dasar Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : IV (Empat) : I (Satu) Bab 4 Standar Kompetensi Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya. Materi Ajar 1. I. seperti tarian tradisional. B. J. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual. Sumber/Bahan Belajar 32 .

1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn NIP. Teman. sekolah. _____. Orang tua. NIP. Lingkungan rumah (keluarga). 95. karangan Dra. 4. terbitan ESIS. 2. P. 3.) hlm. dst. 96. _____________________________ Mengetahui. 33 . Dyah Sriwilujeng.Pd.

Indonesia. Diskusi dengan teman sebangku. Tujuan Pembelajaran 2. 6. L. ee. Semua siswa diminta untuk mengamati pengaruh globalisasi di Mengajak siswa untuk bersikap terhadap pengaruh globalisasi. K. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual. Kegiatan Penutup dd. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua 5. cc. Materi Ajar 2. 7. Kegiatan Inti dan bb. Sikap kita terhadap globalisasi. Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 pertemuan). Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar. Indikator 2.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : SD : Pendidikan Kewarganegaraan : IV (Empat) : I (Satu) Bab 4 Standar Kompetensi Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya. 34 . Pendekatan Cooperative Learning. Kompetensi Dasar Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya. Mengajak siswa bertanya jawab tentang globalisasi di Indonesia. Penugasan. Siswa dapat menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi. Kegiatan Awal l. Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi. B. B. Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran. m.

P. sekolah. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Lingkungan rumah (keluarga). 11. I.Pd. _____. 35 . 10. _____________________________ Mengetahui. NIP. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. 9. 98. karangan Dra. Teman. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn NIP. Orang tua.) hlm.ff. Sumber/Bahan Belajar 8. terbitan ESIS. 97. dst. Dyah Sriwilujeng.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful