BUSINESS PLAN

PENDAHULUAN

[280920 11]

A. SEJARAH BERDIRINYA USAHA Klepon adalah jajanan tradisional yang terkenal di jawa tengah khususnya solo. Makanan khas ini dibuat dengan bermacam macam bahan antara lain tepung ketan dan gula jawa sebagai bahan pokoknya. Klepon Pelangi sendiri adalah inovasi dari jajanan klepon yang sudah tersebar dipasaran dan dibuat dengan berbagai isi beserta rasa yang beraneka ragam dengan warna-warna yang . Saat ini jajanan klepon yang mencerminkan jajanan khas jawa tengah sudah sangat sulit ditemui khususnya didaerah perkotaan. Padahal harga klepon relatif murah bila dibandingkan dengan jajanan modern, kemungkinan disebabkan karena cita rasa dari klepon itu sendiri yang monoton dan tidak variatif. Untuk menanggapi kondisi tersebut, klepon pelangi dengan aneka rasa bisa menjadi solusi atau peluang bisnis yang menguntungkan sekaligus melestarikan makanan khas atau jajanan tradisional yang sudah lama pudar. Industri klepon pelangi yang kami usung memiliki bebrapa kelebihan tidak hanya dari inovasi klepon yang kami ciptakan ini yaitu dengan isi yang bermacam-macam dan warna yang bervariasi pula. Ini diharapkan agar bisa menarik minat pembeli untuk datang dan menjadi pelanggan yang setia. Lokasi yang kami pilih untuk menjalankan bisnis ini adalah disekitar kampus dengan target pelanggannya adalah mahasiswa yang mana mereka akan tertarik untuk mencicipi jajanan khas ini. Lokasi bahan baku dekat dengan pasar dan diharapkan industry ini tidak kesulitan dalam menyuplai bahan baku sedangkan harga bahan baku sendiri untuk tepung ketan serta bahan tambahan maupun pelengkapnya juga terjangkau. Ukuran tempat yang kami butuhkan untuk usaha ini sekitar tidak terlalu luas tetapi sangat memadai. VISI DAN MISI USAHA Visi usaha klepon dagdigdug ini adalah : ”Menjadi badan usaha yang berperan aktif dalam melestarikan jajanan tradisonal indonesia” Misi Usaha klepon dagdigdug ini adalah Membuka peluang usaha bagi mahasiswa yang cinta indonesia da
“klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala

1

nanas.1 ASPEK PEMASARAN Gambaran Umum Pasar ( STP ) Kami menentukan kalangan mahasiswa sebagai segmen pasar karena kami melihat bahwa di kampus-kampus itu mahasiswa bukan hanya berasal dari kota asal saja melainkan banyak yang berasal dari kota-kota lain di seluruh indonesia bahkan ada beberapa yang dariluar negeri. keju. Akan tetapi dikalangan kampus ini masih sedikit sekali pedagang yang menjual produk klepon karena klepon biasanya hanya dijual disekitar pasar. “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 2 . Target sasaran khusus konseumen potensiasl dari konsumen kami adalah mahasiswa di daerah solo karena kami pertama kali meirintis usaha kecil kami adalah di daerah ini. strawberry. 3. Sehingga kami melihat peluang bisnis disini dan bisa kami prediksikan penjualan klepon isi ceria ini akan naik setiap tahunnya. Kami menemppatkan usaha kami di kotakota besar karena di sana peluang usaha lebih terjamin dikarenakan tingkat konsumtifitas dikota besar lebih besat dibandingkan dengan yang didesa. Disini kami akan menjabarkan tentang produsen pesaing yang akan kami hadapi dalam usaha kami. Jadi sesuai dengan visi kami yaitu untuk melestarikan jajanan khas indonesia dan lebih mengenalkan jajanan pasar ini kepada kalangan yang bukan dari kalangan jawa.2.BUSINESS PLAN [280920 11] 3. Selain dari isinya yang unik. tentunya enak dan dapat dijadikan sebagai camilan yang mengenyangkan. Dan menurut survey yang dilakukan oleh kami pada beberapa mahsiswa yang bukan dari daerah jawa tengah itu tidak mengenal klepon. Penawaran Penawaran yang kami lakukan untuk menarik hati konsumen adalah dengan menawarkan produk unggulan kami yaitu klepon isi ceria dengan berbagai isi yang berbeda dari klepon yang dijual diapsar yaitu gula. 3. Kemudian untuk Positioningnya adalah untuk rencana tahap awal membuat semacam outlet dan memasarkannya di kampus di daerah solo karena banyak kampus di daerah tersebut. bluberry dan melon. Permintaan Produk klapon isi ceria ini adalah produk jajanan pasar yang sangat digemari oleh masyarakat indonesia begitu pula oleh kalangan mahasiswa.3. Dan untuk rencana kedepan kami akan membuka outlet di daerah jogjakarta dan kota besar lainnya seperti semarang surabaya dan jakarta. 3.

Tahun 2011 2012 2013 Perkiraan Penawaran ( dalam Unit ) 10000 bungkus 11000 bungkus 12000 bungkus 3.BUSINESS PLAN Penawaran dari produk pesaing sejenis di pasar Nama Perusahaan Pesaing Roti kecil Funny bakery [280920 11] Kapasitas Produksi / Tahun ( dalam Unit ) 50 bgks x 300 hari 20 bgks x 300 hari • Melihat persaingan di pasar yang cukup kecil ini maka dapat kami proyeksikan penawaran dalam beberapa periode / tahun mendatang.5. Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing Strategi Pemasaran Perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7 P dengan alat analisis SWOT menurut Kottler yang terdiri atas : 3.4. Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar Rencana Penjualan produk kami setelah permintaan dan penwaran di pasar kami dapat menjual 250 bungkus adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran.1.5. Kami mengganti terigu menjadi kentang dan tentunya ini menyehatkan. Dan untuk isi kami melakukaninovasi dengan “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 3 . Product Kami mencoba membuat produk yang unik dan lain dari pada produk klepon yang biasanya berada dipasaran. Proyeksi penawaran ini disesuaikan dengan permintaan seperti kenaikan x % per tahun sesuai pertumbuhan ekonomi. Pangsa Pasar adalah bagian dari penjualan produk kita dibandingkan dengan penjualan total produk sejenis dalam industri Tahun Permintaan (A) Penawaran (B) Peluang (C = A-B) Rencana Penjualan Pangsa Pasar (E = DX100% / C) 3.

strawberry. poster. 3. Produk usaha kita dapat dibedakan berdasarkan mutu / kualitas. 3. Akan tetapi disini kamu menjamin kelezatan dan kepuasan di setiap gigitnya. Promotion Strategi promosi yang kami gunakan agar produk kami lebih dikenal adalah dengan melakukan personal selling dengan melakukan penyebaran sample klepon gratis kepada mahasiswa yang lewat di berbagai titik yang kami sebar di beberapa kampus tentunya dengan harapan produk kami dikenal dulu baru kami membuka gerai di kampus-kampus sasaran produk kami. Umumnya dilakukan oleh perusahaan besar. kemasan. 500. • Personal Selling Promosi melalui penjualan langsung ke tempat konsumen berada dengan menawarkan dan mencoba produk langsung. Jadi dijamin produk kami sesuai dengan harganya tidak mahal dan tidak murah tapi pas. spanduk. Strategi mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Media TV dan Radio : Iklan TV. Placement “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 4 .2.5.BUSINESS PLAN [280920 11] mengganti isi yang biasanya kleponitu diisi dengan gula jawa kami menggantinya dengan keju. Price Untuk lebih menarik konsumen kami hargai produk kami per pcsnya dengan harga Rp. apel dan bisa menyusul rasa lain pada perkembangannya nanti. desain. dan kegunaan lebih dibandingkan pesaing. 3.5.5.3. iklan majalah/koran. ukuran. • Public Relation Cara promosi ini cenderung untuk membuat image perusahaan baik dimata konsumen bukan mempromosikan produk secara langsung. Strategi lainnya yang kami lakukan antara lain: • • Advertising (Iklan) Media Cetak : Brosur. Kami menjual dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan klepon dari produsen lainnya. nanas. Jingle Iklan Radio Sales Promotion Kami membuat brosur untuk menarik perhatian konsumen Promosi melalui acara / pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga dilakukan penjualan ditempat.4.

• Semua strategi pemasaran yang dibuat pastilah mempunyai anggaran / biaya sehingga perlu dicatat biaya yang dikeluarkan per bagian P.1 ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN Aspek Organisasi • • • • • Nama Perusahaan / Usaha= CV nirmala Nama Pemilik / Pimpinan= sofi hanifati afifah Alamat kantor dan tempat usaha= jl. 3. 4. People Merupakan kriteria sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.6.7.5.5. Strategi pemasaran yang kita buat harus berbeda dan lebih unggul dalam menarik konsumen. 4. Note : • Semua strategi pemasaran yang dibuat berdasarkan 7 P diatas haruslah dibandingkan dengan strategi pemasaran yang diterapkan oleh pesaing. 3.5. Seperti tempat yang menarik dan bersih untuk restoran. 3.surya 1 no 29 jebres surakarta Bentuk Badan Hukum ( Kalo berbentuk Badan Hukum ) = CV Struktur Organisasi “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 5 . Sistem distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke konsumen atau melalui pedagang perantara seperti wholesaler (pedagang besar) atau retailer (pedagang kecil). Process Proses yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli.5. Physical Evidence Penampilan fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Proses yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan terhadap konsumen.BUSINESS PLAN [280920 11] Cara pendistrubusia Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ke tangan konsumen.

Direksi Staf 1.BUSINESS PLAN Jabatan Pimpinan 1. Bag. Bag. Survai Mesin / Peralatan 6.. KEGIATAN JADWAL PELAKSANAAN 1 ( Dalam Mingguan ) 2 3 V V V V V V V 4 1. Prusahaan kami sudah melakukan SITU atau surat ijin tempat usaha yang ditandatangangi pada tanggal 18 april 2011 oleh notaris . Pemasangan Sarana Penunjang 7. ASPEK PRODUKSI “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 6 . Perijinan Uraian Tugas [280920 11] Untuk perijinannya karena bentuk perusahaan yang kami dirikan ini berbentuk CV yaitu suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.. 4.3 Kegiatan Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan Kegiatan sebelum usaha dimulai disertai dengan jadwal pelaksanaan yang diatur berdasarkan periode tertentu ( mingguan atau bulanan ).2.. Uji Coba Produksi 9. Produksi 3. Survey Pasar 2. Keuangan 4. Pemasaran 2. Menyusun Rencana Usaha 3. Survai tempat usaha 5. Perijinan 4. Bag. Operasional V V 5.. Mencari tempat kerja 8.

Manfaat yang diharapkan (expected benefit): adalah manfaat yang diharapkan lebih dari sekedar pemenuhan kebutuhan dasar. dsb. yaitu: - Manfaat inti (core benefit): adalah manfaat yang diberikan untuk pemenuhan terhadap kebutuhan utama konsumen.BUSINESS PLAN 5. Selain itu diisi dengan berbagai macam isi seperti gula jawa. Kegunaan/Fungsi Produk “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 7 . B. keju. Dimensi Produk Produk yang kami produksi adalah klepon dengan warna yang bermacam-macam yaitu warna hijau kuning dan pink. misalnya telepon yang dapat dibawa-bawa (HP). Konsumen dapat mengkonsumsi produk kami dalam keadaan hangat karena kami menjualnya dengan sistem penjualan langsung (direct selling) dengan membuka outlet yang disana kami sediakan kompor dan panci untuk menghangatkan klepon sehingga ke-freshan dan kelezatan produk dapat selalu tejaga dengan baik. Manfaat produk klepon ini adalah sebagai konsumsi - Manfaat dasar (basic benefit): adalah manfaat dasar yang diberikan untuk memecahkan masalah kebutuhan utama. misalnya HP yang dapat digunakan sebagai lampu senter. strawberry. kamera. video calling. - Manfaat di atas harapan (augmented benefit): adalah manfaat yang dapat diberikan lebih dari yang diharapankan oleh konsumen. nanas dan blueberry. video recorder. strawberry. internet.1. misalnya HP yang dapat digunakan untuk SMS. C. bluberry. keju. A. misalnya telepon. Nilai/Manfaat Produk Manfaat yang dapat ditawarkan oleh produk dapat dibagi dalam 5 tingkatan. fax. Produk [280920 11] Produk kami adalah klepon dengan isi yang bervariasi seperti isi gula jawa. dan melon sehingga bisa dikatakan bahwa produk kami unik dan lain daripada produk klepon yang biasanya dijual dipasaran. - Manfaat potensial (potential benefit): adalah semua manfaat yang mungkin dapat diberikan lebih dari sekedar augmented benefit. nanas.

jam tangan mewah. Contohnya adalah baju. • Specialty goods. meliputi: [280920 11] Produk konsumsi. tren. • Barang modal: yaitu barang-barang yang berumur lebih dari 1 tahun dan tidak untuk dijual belikan. • Perlengkapan dan jasa bisnis. yaitu produk yang mempunyai karakteristik unik dan mempunyai merek yang sudah terkenal. yaitu produk yang dibeli dan digunakan oleh konsumen • • Convenience goods. harga. yaitu produk yang dibutuhkan sehari-hari dan mudah didapat. yaitu: • Bahan baku dan suku cadang: merupakan bahan mentah yang akan diproses lebih lanjut. 5.2. kuning. Biasa dikenal dalam B to B (business to business). yaitu produk yang biasa dibeli oleh pelaku usaha produksi lainnya. mobil. dll. misalnya asuransi Produk industri. campur kentang yg sdh di blender dg tepung ketan. Bahan: • • • • • • • • Proses Produksi tepung ketan air panas garam pewarna merah. Shopping goods. dsb. blueberry dan melon kelapa parut (pake kelapa parut kering-beri air dikit-masak diatas api sbentar ) Cara : 1. permen. dan gaya. Dapat dibagi dalam 3 golongan. “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 8 . misalnya mobil mewah.BUSINESS PLAN • akhir (pemakai akhir). gula. yaitu produk tidak tahan lama yang membantu operasional perusahaan. misalnya beras. hikau. yaitu produk-produk yang dibedakan oleh kon-sumen berdasarkan kualitas. telepon seluler. garam. strawberry. dsb. adalah produk yang kurang dikenal atau dike-tahui umum tetapi kurang diminati. • - Unsought goods. biru (dikit aja ya) gula merah sisir keju selai nanas. teh.

00/tahun Rencana produksi (dalam unit) ASPEK KEUANGAN Instalasi sarana penunjang berkaitan dengan tata letak (lay-out) yang termasuk dalam anggaran investasi. Kapasitas produksi biasa dinyatakan dalam unit per periode waktu tertentu (tahun. angkat dan gulingkan diatas kelapa parut 5. Dengan sendirinya. Tanah dan Bangunan Perencanaan tanah dan bangunan berkaitan dengan lokasi untuk kan-tor. proyeksi kapasitas dilakukan dalam jangka minimal 3 tahun ke depan. aduk dan uleni (kalo adonan terlalu lembek. minggu. Masukkan air panas dikit2. dll. Kantor dan tempat usaha Lokasi : Jalan kabut 01 Rt 23 Rw 90 Jebres. Tahun 2011 2012 2013 5. buat bulatan-pipihkan dan isi dg gula merah 5. gudang. bulan. dan lain-lain. dan faktor produksi lainnya sesuai dengan rencana jumlah produk akhir yang akan dihasilkan. atau jam). peralatan. masukkan bulatan ini dalam air yg didihkan (kayak bikin bakso) 6. hari. sesuai dengan rencana produksinya. kapasitas produksi sampai dengan tingkatan yang rinci semuanya akan mengacu pada hasil dari perhitungan peluang pasar atas produk yang bersangkutan. pabrik. tempat usaha. harga beli atau sewanya. Surakarta (Belakang Kampus Uns Surakarta) Ukuran Harga Beli/sewa : 30 M2 : Rp 3. Untuk keperluan perhitungan kelayakan finansial usaha. Untuk perencanaan strategis. internet. beri warna 4.000. telepon. airnya dikurangi aja) 3. Kapasitas Produksi Perencanaan kapasitas produksi dilakukan untuk semua mesin. Pemasangan sarana penunjang ini meliputi listrik.BUSINESS PLAN [280920 11] 2. tempat parkir.4. maka perlu diperhitungkan ukuran. Jenis Biaya “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala Jumlah Biaya 9 . bagi adonan jd 4 bag.000.3. air.

daftar mesin dan peralatan juga harus dirinci sedetail mungkin proyeksinya.000.00 20 25 Rp 5. Listrik Telepon Internet Lain-lain Jumlah Rp 50.00 100 Rp2.000.000. PERALATAN Baik untuk skenario pembelian ataupun sewa.000.00 Rp 275.00 B.000.00 “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 10 . Handuk sapu tangan (25 x 25 cm) 2.BUSINESS PLAN 1.00 Rp 75.00 Rp 100.000.00 Rp 75.00 Rp 125. Cuter 3.00 Merk Jumlah Unit 100 Harga Rp2.00 Rp 20.000. Hisan buah (garnish) 6.000.000.00 [280920 11] A.00 Rp 30.00 Rp 200.000.000.00 Rp 30. Selotip 7.000.000.00 60 Rp.000.000. 700.250. 4.750. Pita Warna 4.00 Jumlah Harga Rp 225.00 Rp 32. Gunting 2. Handuk sapu tangan (30 x 30 cm) 3. Meja kerja Jumlah Jumlah 3 3 2 Biaya Rp 45 000. Perencanaan ini tetap selalu berkaitan dengan kapasitas dan kompetensi teknis wirausahawan. 2.00 Rp 200.00 Rp 220.00 Rp 42 000.000. Kertas warna motif 5. Peralatan 1. BAHAN BAKU DAN BAHAN PEMBANTU Nama Bahan Baku 1. Packing plastik 15 150 Rp 2.00 Rp 5. 3.00 Rp 220.000.

Kawat warna emas Total Pembelian Bahan Baku 400 Rp 25.BUSINESS PLAN 8. Menghias (finishing) dan packing Total Upah Tenaga Produksi Sistem Harian Rp1. TENAGA PRODUKSI (TENAGA KERJA LANGSUNG) Perencanaan tenaga kerja langsung (TKL). Melipat kain 2.000.) “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 11 .000. tarif upah.000. jumlah tenaga yang dibu-tuhkan.00 Rp 839. dan persyaratan kerja.00 Jumlah Tenaga Kerja 1 1 Jumlah Hari Kerja/Tahun 48 48 Rp 720.00 Rp 720.00 C.000.000.00 Rp15. Jenis Kegiatan 1.440.00 [280920 11] Rp 10.00 Jumlah (Rp.000.00 Tarif/Upah per hari Rp 15. juga perlu memperhatikan hal-hal mengenai kualifikasi.000.

640. Handuk sapu tangan (25 x 25 cm) 10.000.000.00 Rp 2. Internet Sewa tempat Jumlah Biaya tetap per tahun Rp 7.000./Tahun Rp 220.00 Biaya Produksi = Biaya Tetap + Biaya Tidak Tetap = Rp 609.00 Rp.440.00 25.00 Rp 125.00 Rp 32.750.00 Rp 839.000 Rp 2.000.000.00 Rp Rp 200.000. BIAYA TETAP (FC) Peralatan Biaya Tenaga Kerja Biaya alistrik.000. Telepon.00 Rp 100. Pita Warna 12.00 Per bulan Rp 609.00 Biaya tidak tetap per bulan Rp 839.300.448.00 Rp 5. Selotip 15.00 = Rp 1.000.00 Jumlah Harga Rp 225.000.000. Kawat warna emas Total Pembelian Bahan Merk Jumlah Unit 100 100 20 25 60 15 150 400 Harga Rp2.000.00 Rp 30. Packing plastik 16. Handuk sapu tangan (30 x 30 cm) 11. BIAYA TIDAK TETAP (VC) No 1 2 3 4 Uraian Rp. Kertas warna motif 13.00 Rp2.000 Nama Bahan Baku 9.250.BUSINESS PLAN [280920 11] ASPEK KEUANGAN A.000.00 + Rp 839.00 B.00 Rp 42 000.000 Rp 7.000.000.000.000.00 Rp 275.00 “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 12 .000. 700.000.00 Rp 10.000 Rp 3.300. Hisan buah (garnish) 14.00 Rp 5.000 Rp 1.

Rp 1.00 2.00 .000.00/buah Harga pokok produksi per tahun = Rp 1. KEUNTUNGAN/LABA [280920 11] Ditaksirkan penjualan 65% dari total produksi 1.500.792. Penjualan per bulan 65% X 250 = 163 X Rp 10 000.00 Keuntungan 70% dari Harga pokok Produksi 70% X Rp 5.000.000.000.00 4.00 3.00 Harga Pokok Penjualan = Harga Pokok Produksi + keuntungan = Rp 5.000.054.BUSINESS PLAN C.792.00 .448.500.00 250 = Rp 5.00 = Rp 19. HARGA POKOK PENJUALAN Dalam satu bulan menghasilkan 250 buah towel cake.00 X 12 bulan = Rp 17. Harga Pokok Produksi = Biaya Produksi (TC) Total Produksi = Rp 1.000.00 D.630.000.00 = Rp 1.220.00 + Rp 4.000.448.280.000.000.00 = Rp 4.00 “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 13 .00 = Rp 2.00 = Rp 182.00 = + Rp 10. Keuntungan per tahun = penjualan per tahun – Harga pokok produksi per tahun = Rp 19. Keuntungan per bulan = penjualan per bulan – Harga pokok produksi per bulan = Rp 1.054.280. Penjualan per tahun 65% X 3000 = 1950 X Rp 10 000.000.792.Rp 17.448.630.000.

000.000.00 Rp 2. RENCANA LAPORAN RUGI/LABA 1.280.220.440.BUSINESS PLAN [280920 11] E.00 Rp 17. Rencana laporan laba rugi per bulan Laporan Laba/Rugi Penjualan Per bulan 65% dari total produksi Biaya produksi per bulan Laba Rp 1.000.500.00 Rp 1.00 2. ANALISA KELAYAKAN USAHA “klepon dagdigdug” oleh: Firma Nirmala 14 .630.00 F.00 Rp 182.000.000. Rencana laporan laba rugi per tahun Laporan Laba/Rugi Penjualan Per tahun 65% dari total produksi Biaya produksi per tahun Laba Rp 19.000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful