P. 1
irigasi

irigasi

|Views: 434|Likes:
Published by djoekowahono

More info:

Published by: djoekowahono on Oct 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2013

pdf

text

original

Macam-Macam Sistem Irigasi

Dalam memberikan air pada areal persawahan ada beberapa macam cara tergantung dari jenis tanaman yang akan dialiri. Cara pengambilan air tersebut adalah: 1. Sprinkler(siraman) Adalah cara membasahi tanaman dengan cara menyemprotkan air ke udara sehingga tanaman mendapatkan air dari atas seperti hujan. Alat ini ditempatkan pada interval tertentu sesuai kebutuhan.

2. Drip Irrigation Adalah cara membasahi tanaman dengan jalan menentukan air pada permukaan tanah sekitartanaman sesuai dengan kebutuhannya.

maka perlu dipertimbangkan untuk menggunakan saluran pasangan atau pipa-pipa. Penggunaan saluran tanah atau tanpa perkuatan. I. Air ini dibawa dari sumbernya dengan ienggunakan saluran tanah. tergantung jenis padi.pipa. dilakukan kalau tanah dasar cukup baik sehingga kehilangan debit akibat rembesnya air pada saluran tidak terlalu besar. Gambar I. karena itu pada daerah yang debit tersedianya tidak cukup besar. sehingga rembesan dan perkolasinya tinggi. Kalau diperkirakan rembesan akan besar. Penggenangan Sistem penggenangan hanya cocok untuk beberapa jenis tertentu terutama padi. Umumnya pemakaian air untuk irigasi genangan ini cukup besar. CARA-CARA PEMBERIAN AIR IRIGASI. saluran pasangan atau pipa . Apalagi untuk daerah yang tanah pertaniannya mempunyai permeabilitas yang tinggi. Atau juga kalau kecepatan aliran pada saluran cukup rendah sehingga tidak mungkin mengakibatkan erosi pada saluran. Petak-petak sawah dengan irigasi genangan di Indonesia umumnya mempunyai bentuk seperti gambar disamping ini. Pemberian air dengan cara irigasi genangan ini dilakukan dengan cara menggenangi lahan pertanian degan air irigasi.3. sitem ini sebaiknya dihindari. Petak sawah pada irigasi genangan.1. Jadi air digenangkan pada petak sawah hingga ketinggian tertentu. . sistem ini sebaikya tidak digunakan.1 Irigasi Genangan.1.

Macam-Macam Sistem Irigasi.4. Pompa Adalah cara membasahi tanah pertanian dengan jalan menaikkan air (menyedot air) untuk dialirkan ke daerah pertanian yang mempunyai elevasi yang lebih tinggi. Artikel ini adalah bagian dari Kuliah Berseri "Irigasi" . di Jurusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro (Undip). 5. Baca juga artikel . Gravitasi Air dengan beratnya sendiri dan pengaruh gravitasi menuju ketempat yang lebih rendah ke daerah yang dialiri lebih rendah elevasinya sehingga tinggi membuat saluran.

com . Tambahkan ke daftar favorit Bookmark artikel ini Bagikan artikel ini Hits: 385 Komentar (0) Langganan berita untuk komentar ini Tampilkan/Sembunyikan komentar Tulis komentar Anda pada formulir di bawah ini. Silakan isi formulir secara lengkap dan benar. Kirim Pratinjau .berikutnya hanya di www.mafiosodeciviliano. Tampilkan/Sembunyikan formulir komentar Nama Email Website Judul Komentar kecilkan formulir |besarkan formulir Langganan lewat email (hanya untuk pengguna terdaftar) Saya setuju dan tunduk pada Ketentuan Penggunaan.Forum dan Komunitas Teknik Sipil.

Username atau email Kata Sandi Masuk Lupa kata sandi/username? Belum punya akun? Daftar sekarang juga! Popular Famous Quotes Love is a fire. you can  . But whether it is going to warm your hearth or burn down your house.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->