P. 1
Sejarah Komputer Dan Perkembangannya

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya

|Views: 166|Likes:
TUGAS 2 KELAS C
TUGAS 2 KELAS C

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Joe Walter Krevcenko on Oct 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2015

pdf

text

original

Nama NIM Kelas

: Johannes Kurniawan Widianto : 11043177 : ~C~

=SEJARAH DAN PERKEMBANGAN= =KOMPUTER=
PENGERTIAN KOMPUTER
Menurut dasarnya komputer dapat diartikan dalam arti sempit dan arti luas jika dilihat dari segi pandang waktu dari generasi – generasi Komputer. Komputer adalah :

Arti Sempit : Alat yang digunakan / dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang dirumuskan. Semula digunakan untuk menggambarkan pekerjaan seseorang dengan Perhitungan Aritmatika, kemudian istilah computer di pindahkan kepadah mesin itu sendiri. Arti Luas : Komputer dapat di definisikan sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama antar komponen satu dengan yang lain intuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Komponen tersebut meliputi Monitor, CPU, Mouse, Keyboard, Printer.

Gambar 1 : Perangkat Komputer

GENERASI – GENERASI PERKEMBANGAN KOMPUTER
A. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
Muncul 5000 tahun yang lalu di asia kecil dan masih dipakai di beberapa tempat sampai saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat hitung komputasi ini menggunakan biji – biji geser yang diatur dalam rak. Pedagang masa lalu menggunakan Abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.

Gambar 2 : Abacus Setelah 12 abad muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Tahun 1642, Blaise Pascal (1623 – 1662). Berumur 18 tahun, menemukan apa yang dia sebut sebagai kalkulator roda numerik ( Numerical Wheel Calculator ) digunakan untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi ini dinamakan Pascaline menggunakan 8 roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit, alat ini merupak alat penghitung berbasis 10. Kelemahan alat ini hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan saja.

Gambar 3 : Blaise Pascal dan Pascaline Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf jerman Gottfred Wilhem von Leibniz (1649 – 1716) memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Alat ini bekerja juga dengan menggunakan roda – roda bergerigi dengan mempelajari catatan dan gambar – gambar yang dibuat oleh pascal Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.

Gambar 4 : Gottfed Wilhem von Leibniz

Tahun 1820 kalkulator mekanik mulai popular, Charles Xavier Thomas de Colmar. Dengan menggunakan 4 fungsi aritmatika. Kalkulator mekanik Colmar, Arithometer mempresentasikan dapat melakukan Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian. Banyak digunakan hingga masa Perang Dunia Pertama.

Gambar 5 : Charles Xavier Thomas de Colmar Awal mula computer sebenarnya di bentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles Babbage. Tahun 1812 Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan, sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah – langkah tertentu.

Gambar 6 : Charles Babbage Berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan – kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini adalah tahun 1822, ketika Ia mengusulkan suatu mesin untuk dapat melakukan penghitungan persamaan differensial. Mesin itu dinamakan Mesin Differensial.

Gambar 7 : Mesin Differensial

Dengan tenaga UAP, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi dan mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama 10 tahun, Babbage tiba – tiba terinspirasi untuk menciptakan Komputer General – Purpose yang pertama yang disebut dengan Analytical Engine.

Gambar 8 : Analytical Engine Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815 – 1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris dan mengkomunikasikan spesifikasi Analitical Engine kepada public. Pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan kedalam mesin ini dan juga membuatnya menjai programmer wanita pertama,

Gambar 9 : Augusta Ada King Tahun 1980 Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan bahasa pemrogaman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Tahun 1889, Herman Hollerith (1860 – 1929) menerapkan system kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebi cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sebelumnya di tahun 1880 butuh waktu 7 tahun untuk menyeleseikan perhitungan.

Gambar 10 : Herman Hellorith

Hellorith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan sampai 80 variabel. Dengan alat tersebut sensus dapat diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Selain memliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpanan data. Tingkat kesalahan perhitungannya dapat ditekan secara drastis. Hellorith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian berubah nama menjadi Intenational Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger.

Gambar 11 : Tabulating Machine Company(kiri) dan IBM (kanan) Remington Rand dan Burrogh juga memroduksi alat pembaca kartu perforasi. Kartu ini digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk pemrosesan data sampai tahun 1960. Masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890 – 1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial ditahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang yang kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena terdiri dari ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan penghitungan.

Gambar 12 : Vannevar Bush Tahun 1903 John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer electrik yang menerapkan system Aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815 – 1864) berupa system biner aljabar yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan benar dan salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar dan salah yang di masukkan ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terputus – tersambung. Atanasoff dan Berry membuat computer

elektrik pertama di tahun 1940. Proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

Gambar 13 : John V. Atanasoff(kiri), Clifford Berry(tengah), dan George Boole

B. Komputer Generasi Pertama
Dengan terjadinya perang dunia kedua, negara – negara yang terlibat mengembangkan computer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Pada tahun 1941 Konrad Zuze, seorang insinyur Jerman membangun Komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.

Gambar 14 : Komputer Z3 Pada tahun 1943, Inggris menyelesaikan computer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode – kode rahasia yang digunakan jerman. Dampaknya tidak mempengaruhi perkembangan industry computer karena adanya 2 alasan. Pertama Colossus bukan merupakan komputer serba guna. Didisain hanya untuk memecahkan kode – kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini di jaga kerahasaiaannya hingga 1 dekade setelah perang berakhir.

Howard H. Aiken (1900 – 1973), insinyur yang bekerja sama dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Ukuran kalkulator tersebut ukuran panjangnya sepanjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.

Gambar 15 : Howard H. Aiken John Presper Eckert (1919-1995) &John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Gambar 16 : John Presper Eckert(kiri), John W. Mauchly(tengah), dan ENIAC(kanan) Pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) & silinder magnetik untuk penyimpanan data.

C. Komputer Generasi Kedua
Tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor digunakan tahun 1956. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan yang menggunakan transistor. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.

D. Komputer Generasi Ketiga
Transistor tidak begitu baik digunakan karena panas yang ditimbulkan dapat merusak bagian internal komputer sehingga dapat menggunakan batu kuarsa untuk menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip .

Gambar 17 : IC ( Intergrated Circuit ) Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan Sistem Operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

E. Komputer Generasi Keempat
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat deprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer- komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

F. Komputer Masa Depan
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.
Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.

Ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.Kelebihan lainnya lagi,kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi,bisa berkomunikasi langsung dengan manusia,dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

SOURCE : http://duniabaca.com/pengertian-komputer-dan-sejarahkomputer.html

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->