Kandungan Bahan Kimia dalam Rokok Asap dari rokok yang dibakar dan dihisap perokok, mengandung beberapa

bahan kimia 1. Nikotin. Menurut Sue Amstrong nikotin merupakan bahan kimia berminyak yang tidak berwarna dan merupakan racun paling keras. Jika seseorang menyuntikkan sejumlah nikotin yang terkandung dalam sebuah cerutu kepad seseorang pria yang berpostursedang maka, ia akan mati dalam beberapa menit. Bila cerutu dihisap, tidak semua nikotin diserap dan penyebaranya berlangsung lebih lama yang memmungkinkan tubuh untuk menanggulangi racun tersebut (Meitasari Tjandra, 1995 : 7) Menurut PP no. 81 Pasal 1 ayat (2). Nikotin adalah zat atau bahan senyawa perrolidin yang terdapat dalam Nicotina tobacum, Nicotina rustica dasn sepesies lainnya atau sitentisnya yang bersifat adiktif dan dapat mengakibatkan ketergantungan. 2. Tar berwarna coklat kekuning kuningan. Telah mengakibatkan kanker pada hewan percobaan ( Rosalina Hanis, 2000 : 40) 3Gas Karbon Monoksida (CO). Bersifat toksis yang bertentangan dengan dengan gas oksigen dalam transport hemoglobin (dr. drh. Mangku Sitepoe, 2000:29)

iritasi mata. diantaranya : Di Indonesia. infeksi saluran pernapasan. dan antipiritik (dr. Timah Hitam (Pb). 7. rokok memberikan polutan berupa gas dan logam-logam berat. Eugenol. 2000:30) 5. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. tenggorokan. Gas dalam asap rokok berupa CO. Sebagai penyebab polusi udara dalam ruangan. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Ambang batas yang diperbolehkan dalam tubuh adalah 20 mikrogram/hari ((dr.000 jiwa meninggal dunia setiap tahun akibat merokok. Eugenol merupakan minyak cengkeh yang berguna sebagai antiseptic. Nikel (Ni). Misalnya penyakit telinga. menstimulasi kumatnya penyakit asama. dan batuk yang menghsilkan dahak . Mangku Sitepoe.4. Selain itu. Hanya terdapat dalam rokok kretek dan tidak terdapat dalam rokok putih. atau 158 jiwa meninggal dunia setiap harinya akibat merokok. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet. Apalagi merokok di dalam ruangan. dijumpai 12-13 juta jiwa diantaranya akan meninggal dunia pada usia muda ( harian Kompas 21 Maret 2000) Merokok juga mengakibatkan pncemaran udara. asapnya membuat ruangan tidak sehat. anestetik. kanker paruparu. ada 57.m arsen (As) dan krom (Cr) dan timah (Pb). Mangku Sitepoe. Sedangkan logam berat berupa berupa kadnium (Ca). iritasi hidung. gangguan pernapasan dan beberapa hal penyakit menonjol bagi anak-anak. 2000:30) 6. dll yang bersifat racun bagi tubuh. drh. NO2 formaldehid dan lain-lain yang bersifat kanserogenik. Bahaya Merokok kandungan bahan kimia yang demikian itu tentu membawa dampak yang sangat buruk. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. sebab rokok putih btidak dicampur dengan cengkeh. Gangguan akut dari polusi udara akibat asap rokok adcalah bau tidak sedap. drh.

Sumber: http://id.com/medicine-and-health/epidemiology-public-health/2051875-kandungan-sebatangrokok/#ixzz1TphfWdb9 .shvoong.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful