P. 1
Ciri Ciri Merpati Yang Bagus

Ciri Ciri Merpati Yang Bagus

3.0

|Views: 4,580|Likes:
Published by anik000

More info:

Published by: anik000 on Oct 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

Ciri ciri merpati yang bagus : Merpati yang bagus ciri cirinya antara lain : Bulu mengkilat, sayap

tidak jatuh tetapi disimpan rapat rapat diatas bahu siburung, lincah, perlawanan kuat bila kita tangkap. Tetapi bagus tidak sama dengan yang terbaik. Ada merpati yang benar benar beda dari kebanyakan merpati. Misal, merpati yang tidak takut dengan tangan. Merpati yang jago giling (balap). Merpati yang menjadi raja di komuni nya, merpati yang keturunannya besar besar. Seperti halnya manusia, merpati juga tidak semuanya sempurna, tidak mungkin kita mendapatkan semua kriteria itu dalam seekor merpati.

Tips Merpati Intinya bila kita mencari merpati, yang diperhatikan pertama adalah bulu, ukuran tubuh dan mungkin usia merpatinya. Merpati yang berumur bagian paruhnya ada daging berkerut. Merpati terdiri atas beraneka warna, namun yang sehat adalah, dari semua warna itu semua mengkilat. Untuk ukuran tubuh, biasa yang kita perhatikan adalah si pejantan. Karna kelak, ukuran tubuh itu akan menurun ke anak anak merpati yang kita netaskan. So, pilihlah merpati pejantan yang posturnya besar. Kalau bisa, sampae induknya juga yang berbadan besar.

Jenis-jenis burung merpati yang populer dewasa ini
Posted by Om Kicau ⋅ 13 Januari 2010 ⋅ 4 Komentar Filed Under burung merpati, jenis-jenis merpati, MERPATI, merpati balap, merpati tinggian, racing pigeon Berikut ini saya sajikan tulisan mengenai jenis-jenis merpati, utamanya yang populer dewasa ini.

1. Homer: Berasal dari burung liar yang dikenal dengan nama Columbian livia. Setelah dijinakkan burung tersebut dikenal sebagai Racing Homer – dapat kita sebut sebagai “merpati pos” aduan. Dari jenis Racing Homer ini kemudian muncul beberapa jenis merpati, antara lain: Homer pameran (Exhibition Homer) yang dikembangkan sejak 1990 sebagai burung pameran. German Beauty Homer yang dikembangkan di Jerman sejak 1907 sebagai burung pameran. Burung ini mirip dengan Racing Homer tetapi lebih ramping. Giant Homer yang dikembangkan di Amerika Serikat untuk mendapatkan burung yang berbadan besar dan memiliki kemampuan memproduksi anak yang banyak. Burung ini ditujukan untuk keperluan konsumsi. Racing Homer dikembangkan dewasa ini di Belgia dan Inggris. Sejak lama barung ini digunakan sebagai pengirim berita dan kini dikembangkan dengan penyilangan terhadap burung-burung yang kecepatannya tinggi karena sasaran utamanya adalah kecepatan. Dengan demikian, warna, bentuk dan besarnya menjadi nomer dua. 2. Tumbler Oleh orang Belanda burung ini dikenal sebagai Tuimelaar. Burung ini punya keistimewaan terbang dari ketinggian tertentu akan turun ke ketinggian tertentu dengan melakukan serangkaian salto atau jungkir balik di udara. Semula burung ini merupakan burung olahraga tetapi kemudian menjadi burung untuk pameran. Merpati-merpati jenis tumbler: - English shortfaced tumble: merupakan burung yang kecil, padat, dengan leher jenjang mungil tetapi dengan dada yang kokoh. Dalam keadaan berdiri biasa, ujung sayapnya akan menggantung lebih rendah dari kedudukan ekor – ini merupakan ciri yang menonjol. Selain itu bagian muka dari kepalanya menonjol agak jauh ke depan daripada paruhnya yang pendek. Dengan dipelihara untuk keperluan pameran, maka kemampuannya untuk terbang tinggi dan jungkir balik pun hilang. Burung diternakkan dengan berbagai variasi warna. - Birmingham Roller: dikembangkan di Birmingham (Inggris) sebagai burung yang memiliki keistimewaan terbang. Kemampuannya untuk jungkir balik dan berputar-putar di udara menjadi sasaran utama pemeliharanya. Burung ini mampu untuk jungkir balik (trumble), termasuk salto ke belakang dan berputar-putar (spin) dengan kecepatan tinggi sekali. Dan itu dilakukan mulai ketinggian yang cukup tinggi (burung mampu terbang tinggi) dan berakhir setealh berada pada ketinggian yang rendah. Kemampuan ini telahg menjadi acara pertandingan yang menarik bagi para penggemarnya. Tetapi Birmingham Roller juga menjadi burung yang dipamerkan bahkan cara-cara penilaiannya pun telah dibakukan. - Flying Tipller: merupakan burung yang diekambangkan dari Flying Tumbler. Burung ini dipelihara karena kemampuannya terbang yang lama. Jenis yang baik akan mampu terbang terusmenerus selama 20 jam. - Parlour Tumbler: juga disebut Ground Tumbler atau House Tumbler. Burung ini diternakkan karena kemampuannya lombat ke udara, melakukan salto sekali atau dua kali ke belakang, dan kedua kakinya hinggap kembali ke tempat semula.

dan baru berhenti setelah usia 3 tahun. Flight: Burung ini dikembangkan di Amerika dan merupakan ras tersendiri. Burung ini diternakkan karena kemampuannya terbang tinggi dan memiliki keindahan yang dapat dijadikan sarana untuk dipamerkan. Cumulet: Burung ini merupakan jenis tumbler dari Perancis yang mampu terbang tinggi dan juga merupakan salah satu nenek moyang dari jenis Racing Homer. Kepala. Selain itu ada juga burung yang diberi nama Show Flight. Burung ini mampu terbang tinggi. berat 750 gram dan bisa mencapi 1 kg. Carrier: sering disebut English Carrier. berasal dari Bazora Persia. 4. dengan ukuran badan sedang. dan warna bulu. Strasser hamper menyerupai merpati Gazzi Modena. Warna hitam. Dan inilah letak rahasia kemampuannya melihat jauh saat merpati terbang tinggi. dengan dada bidang. tetapi ada pula yang tidak. Burung ini mempunyai badan yang lebih gemuk dan kepala lebih besar daripada jenis Domestic Flight. . kuning. Kedua macam burung ini diternakkan dengan warna hitam. merah dan abuabu cokelat. Carneau: Burung konsumsi dari Belgia Selatan atau Perancis Utara. putih. =========== Jenis Umum Merpati Demikian sejumlah jenis merpati yang popular saat ini. kaki agak pendek. Matanya putih dengan lingkaran tengah dari mata (selaput mata) bagus. tetapi kemudian kalah tenanr dibandingkan Racing Homer. English Carrier punya ciri bulu keras dan rapat ke badan. sayapanya panjang dan kokoh. Tinggi 45-48 cm. bisa membesar sebesar biji kemiri. dan ada yang berpita biru. 2. Umumnya warna bulu putih. sayap dan ekor dapat memiliki berbagai warna dengan badan berwarna putih. =========== Maaf saya sela: Ingat kawan. kini ada solusi pintar. Klik saja di sini. paruh tampak memannjang dan kepala ramping berjambul. dan ada yang memiliki bintik-bintik merah di kepala atau leher.3. leher. Namun jika kita menengok lebih jauh. merah. 3. pial paruh berwarna putih. Dari kelompok ini ditemukan burung yang dikenal dengan nama Domestic Flight. kalau kawan pusing karena merpati balap giring tidak maksimal dan kurang ngeket. kuning. Berdasar ukuran badan 1. Awalnya adalah burung pembawa berita. Burung ini berbadan sedang tetapi serasi. berat 500-650 gram. Strasser: Dikembankan di Austria sebagai burung konsumsi tetapi kalah popular disbanding Carneau. bentuk badan. maka merpati sebenarnya bisa dibedakan berdasar ukuran badan. Kelopak mata dikelilingi pial dalam bentuk lingkaran yang besar.

Tembolok besar. Jenis lain Cropper adalah Valencia Cropper yang bertembolok menggantung. Pada tembolok merpati ini ada gambar bulan sabit dengan kedua ujung bertemu di dekat kedua matanya. Tanda mencolok ekornya menyerupai kipas. perut. kemerahan.4. Berpenampilan menarik tetapi untuk burung konsumsi kalah populer disbanding burung lain. mengembang seakan dibusungkan. sayap dan ekor berwarna-warni dengan badan putih. biru. Mondaine: Keturunan merpati Perancis dan Italia sebagai burung konsumsi. putih. Berdasar warna bulu 1. Kepala. Modena: Diambil dari nama kota tempat dia berasal. Jenis lainnya adalah Holle Cropper yang berbentuk seperti merpati kipas. 3. Berbentuk seperti ayam betina. kekuningan. dada dan ekor berwarna putih. Bisa dimasukkan sebagai merpati konsumsi karena badannya besar. jitam. kita harus sering memotongnya agar bisa kawin. Italia. Yang kemerahan dan kekuningan dianggap sebagai bentuk yang baik. merah dan kuning. Terkenal sebagai merpati ternak yang baik. 4. Ada yang jambul ada yang tidak. Kaki bisa berbulu semua tetapi ada yang polos. Jenis lain dari Cropper adalah Pouter yang mudah dijinakkan dan menyenangkan. Terkenal di Eropa sebagai burung pameran. sehingga ditemukan adanya bulatan-bulatan kecil bagaikan bulu. Salah satu cropper yang terkenal adalah English Cropper. Ujung sayap. Kipas (Fantail): Berasal dari India dan Cina. Jacobin: Diberi nama seperti itu karena bulu-bulu yang mengitari kepalanya menggambarkan topi yang dipakai pendeta-pendeta Jacobin. perak. Lahore: Di Pakistan dan sekitarnya dikenal dengan nama Shiraz (kota tempat burung berasal). Burung yang baik harus punya ikal yang kokoh. . 2. Florentine: Berasal dari Florence. Cropper: Bersanak dekat dengan pouter. 2. Frillback: Burung yang istimewa tetapi kurang popular. tetapi bisa masuk sebagai burung konsumsi karena bisa mencapai berat 500-800 gram). tetapi tidak berekor kipas. Kelemahan burung ini. berdirinya tegak. Keduanya menjadi keluarga besar. dengan cirri-ciri hampir sama. sayap dan ekor berwarna-warni. Tetapi karena ekor panjang. Kepala. Diternakkan dengan bulu beraneka warna. Burung diternakkan dengan warna putih. pinggang dan sayap bisa berwarna lain. Berdasar bentuk badan: 1. Leher. Merpati ini berbulu ikal di bandan dan sayap. harus dicarikan indukan lain untuk mengasuh anak. kebiruan. Termasuk merpati kecil dengan ukuran panjang 25 cm. Warna ada yang hitam. bagaina bawah badan. kaki dan bulu-bulu putih di sayap menggambarkan bintik-bintik seperti bulu. badan dan pnggang langsing dengan kaki panjang. Yang terkenal dari jenis ini adalah Gazzi Modena dengan badan putih serta kepala. 3. Termasuk merpati yang tinggi karena bisa setinggi 50 cm dari kepala sampai kaki. tetapi padat gemuk (buntek) dan bergaya anggun.

merpati ini tidak pandai membesarkan anak. fungsi syaraf yang sehat. Seperti vitamin. Mineral dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang. Karena pandai membesarkan anak. Bird Fresh dan Bird Molting. paralysa (lumpuh).4. perosis (tumit bengkak). Kekhususannya adalah berparuh pendek. memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga. kini Om Kicau meluncurkan produk baru dengan nama Bird Mineral. pertumbuhan dan penyembuhan. dan banyak lainnya yang secara umum memberikan kelancaran fungsional tubuh makhluk hidup. tercerai (luxatio). merpati ini punya bulu balik di daerah dada. Sementara untuk burung indukan di penangkaran dikeluhkan tidak segera bertelur. keseimbangan cairan tubuh. Berbeda dengan Oriental Frill. Celakanya tubuh makhluk hidup dapat menghasilkan beberapa vitamin. Meskipun vitamin begitu penting. . terjadi banyak kematian embrio dan sebagainya. vitamin tidak dapat melakukan apa-apa untuk makhluk hidup tanpa mineral. paruh meleset. Memelihara dan Beternak Burungi Merpati. dan berbagai sumber lain). tubuh makhluk hidup dibentuk dari mineral. berasal dari Turki. Dan mineral juga membantu proses kimia dan elektrik yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Oriental Frill: Sangat menawan hati. Ada pula merpati dengan sebutan terkenal Owl yang dikenal di Indonesia dengan nama Meeuw. Bird Mature. Apa itu mineral dan apa fungsinya? Mineral merupakan pembentuk in-organik yang ada di seluruh jagad raya. mineral berfungsi sebagai ko-enzim. Ya. pial dan kepala membentuk bulatan. terlepas sendinya. Bird Mineral diluncurkan setelah Om Kicau menerima banyak keluhan dari penghobi burung atas kondisi burung mereka yang disefisiensi mineral dengan gejala seperti rachitis (tulangtulang lembek. Semua “kondisi buruk” tersebut sebenarnya karena burung kekurangan multi mineral. anak burung yang menetas cacat. fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. yang secara umum mendapatkan testimoni “puas”. kepala Owl biasa saja tanpa jambul. Setelah meluncurkan produk BirdVit. urat keting (tendo). atau produktivitas telur sedikit. telur gagal. tidak berkilau alias kusam. jenis ini sering digunakan untuk “orang tua asuh”. dengan jenis banyak sekali tetapi yang paling populer adalah Satinette yang mempunyai badan berwarna putih dengan garis-garis pada bahu. Proses -proses kimia dan elektrik hanya akan berfungsi dengan benar apabila keseimbangan mineral yang sesuai diberikan pada sistem. tapi tidak dapat menghasilkan satu pun mineral. Demikian sekilas tentang jenis-jenis merpati. Fresh Aves. kekurangan darah. daya tetas rendah. Ada berbagai jenis dari merpati ini. dan ekor warna hitam. biru dan abu-abu cokelat. Dan hal yang paling sering juga bulu burung mudah patah sehabis mabung. (Dari Ari Soeseno. bengkok dan abnormal). Misalnya zat besi untuk darah. belerang untuk otot. kalsium untuk tulang. pucat dan lemah. AscariStop. Bird Shout. sayap. Bagian sayap untuk terbang berwarna putih.

maka saya berpikiran mengapa saya tidak meramu sendiri sesuai kebutuhan burung? Berdasar referensi di banyak buku tentang burung. mulus. Calcium 2. tidak tercerai (luxatio) Paruh tidak meleset. berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung. Phosphor 3. bengkok dan abnormal). tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah . Bebas paralysa (lumpuh) Bebas perosis (tumit bengkak) Anak burung menetas sehat Burung tidak mengalami urat keting (tendo) Burung tidak terlepas sendinya.Demikianlah senyatanya. Magnesium 9. Cuprum 7. Iron 4. Zinccum 8. akhirnya terciptalah Bird Mineral. termasuk vitamin dan semua mineral. Vit D3 Nah. Sodium Chlorin 10. Tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek. konsultasi dengan sejumlah dokter hewan dan farmakolog. bahwa burung peliharaan yang ada di sangkar kita. kalau Anda ingin memastikan burung Anda: • • • • • • • • Bulu kuat. perlu mendapat asupan makanan. Kalium 11. Bagaimana komposisinya? Bird Mineral terdiri dari mineral dan vitamin sebagai berikut: 1. Vit B12 12. Ketimbang saya juga bingung mencarikan referensi yang pas mengenai mineral di pasaran yang cocok dan tepat untuk burung. Manganase 5. Iodium 6. agar terhindar dari penyakit atau bisa sembuh jika terserang sakit.

kita pernah beberapa tahun merawat memelihara burung merpati. Ini tidak terlalu sulit dilakukan. bisa bekur. telur berisi. Tapi ada pengecualian. sedikit pengalaman mungkin ada manfaatnya jika kita share. biasanya lebih tipis. Ciri Ciri Burung Merpati Betina. Ciri Merpati Jantan Dan betina Diposkan oleh Ramlan 0 komentar Untuk seorang yang telah beberapa waktu bergelut dengan burung merpati. juga organ organ tubuh lain yang mudah di kenali. Tapi ini tanda tanda burung merpati jantan yang paling mudah di kenali. Ini bisa di cek dari generasi sebelumnya dari Merpati tersebut. Sewaktu masih remaja. tidaklah sulit ketika ditanya cara mengetahui jenis kelamin Merpati. produktivitas tinggi. naluri bisa menuntunnya. Itulah beberapa ciri khas merpati betina. Ada perbedaan yang mencolok antara merpati Jantan Dan Merpati betina.. Selain itu. Sebut saja bagian paruhnya. memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.. runcing. Kalau kalian ingin mengetahui cara melihat burung merpati jantan maka kebalikannya dari burung merpati betina. selain dengan tubuh yg lebih kecil. Mana tau aja ada teman hobbies yang mencari tips memelihara merpati ini. Kaki pada burung merpati betina juga lebih kecil. atau lebih spesifiknya jika diliat dari bagian tubuh tertentu. dan lebih panjang. sama seperti anggota lainnya. Merpati Betina. atau . Perbedaan yang ketara antara Merpati jantan dan Merpati betina sebagai berikut. Merpati betina memiliki leher sedikit lebih kecil juga.• • Burung di penangkaran bisa segera bertelur. ada burung merpati betina yang karna faktor keturunan memiliki tubuh yang besar. Semisal saja bisa di lihat dari postur tubuh. daya tetas tinggi Kematian embrio rendah. Dibagian leher.

dan Abyssinian. Bisa saja saya mengatakan. Bisa mengembangkan bagian lehernya dan berbekur. ZONA DOKUMEN BURUNG Saya mau tanya nih om. kacer. Dengan demikian untuk tampilan fisik lain yang katanya “terlihat lebih panjang. maka saya tidak pernah percaya beragam teori tentang jenis kelami burung yang ditilik berdasar penampilan yang terlihat (visibility) tanpa dipegang/diraba atau dibuka di bagian bawah bulu-bulunya. tp ini menurut “pandangan” Om Duto sendiri ya. kenari dll.istilahnya bisa nyanyi. selain warna bulu yang lebih kilat. kaki.. Perbedaan burung jantan dan betina Posted by Om Kicau ⋅ 20 Januari 2009 ⋅ 38 Komentar Filed Under betina. ada yang dimorphic ada yang mono.. Contoh burung yang monomorphic adalah AM. Karena relatif. Jika jantan-betina burung bisa dibedakan berdasar “tampilan yang kelihatan” antara jantan dan betina. Mohon penjelasanya ya om. kita tidak bisa menjadikannya sebagai patokan untuk orang lain. adalah monomorphic. lebih lancip. LB yang dimorphic adalah species Madagascar.. Red-faced. Anas Jawab: Intinya. AK. kicauan. selama yang kita bahas adalah burung sexuality monomorphic. sexing. REFERENSI BURUNG. kalau pilih AM jantan itu ya yang “begini-begitu”. Burung yang termasuk dimorphic ini misalnya cucak ijo. Memiliki leher yang lebih lebar. maka burung itu disebut dimorphic (a species is dimorphic if the cock is visibly different in color from the hen). jenis kelamin. . maka hal itu tidak bisa menjadi patokan yang dijadikan pegangan orang lain. Salam. Sebaliknya. lebih pipih dsb” itu menurut saya sangat relatif. apa benar tuh om? Selain itu apa aja. Untuk LB misalnya. Nah. ciri2 AM jantan yg signifikan tuh gmn atau d bagian apa om? Apakah di waktu trotol jg sh keliatan atau justru kalo udah dewasa? Kata temen saya. kicaumania. luna maya. CJ. selama yang namanya “begini-begitu” tidak ada ukurannya yang pasti. tledekan. CR. gould amadine dll. yg paling jelas tuh lubang hidungnya yg depan berbentuk lancip atau menyerupai bentuk canary seed. MB.

mata menonjol dsb… maka Om pasti akan bertanya lagi “berapa cm?”. kulitnya putih dsb. bulu berwarna gelap. “kalau mata menonjol itu. dalam kaitan inilah meskipun saya secara sekilas lihat mungkin sudah bisa mengatakan apakah burung tertentu itu jantan atau betina. Untuk betina kenari yang dalam kondisi siap kawin (birahi). Maka singkat kata. hidungnya mancung. malah duburnya kelihatan sekali memerah. maka dia tidak bisa menjelaskannya secara rinci. kalau warna merah jambu atau terang berarti betina. mengenai ciriciri yang dia gunakan sebagai patokan menentukan jantan atau betina. lebih baik saya tidak menyampaikannya karena hanya akan membuat bingung.” hehe. Untuk burung dewasa. kalau dua supit urangnya keras dan sela di antara dua supit urang tidak bisa direngganggkan. dia akan bilang. Kalau bisa direnggangkan. berarti betina.” Kalaupun dikejar lebih jauh. berarti betina. “gelap itu campuran warna hitamnya berapa persen dan putihnya berapa persen?’. kalau jantan berwarna gelap/hitam. ya bisa saja dia bilang “kakinya terlihat panjang. dia akan mudah bilang ini jantan atau ini betina karena pengalamannya dalam melihat postur burung dengan proporsi tertentu (proporsi adalah “perbandingan” antara bentuk dan besaran bagian tubuh tertentu dengan bentuk dan besaran tubuh tertentu lainnya.Dalam membedakan jenis kelamin burung monomorphic dari tampilan langsung tanpa pegang. Untuk kenari dan beberapa burung jenis finch tertentu. “Ya feeling aja sih. Bagaimana Om? Coba saya menjawab oh kakinya panjang. memang tidak bisa diomongkan/didefinisikan secara pasti melalui tuturan kata-kata. berarti jantan. Kalau memang ingin memastikan apakah burung monomorphic tertentu itu jantan atau betina. Untuk burung muda (trotol). muka putih dan mulus. tonjolannya . kalau duburnya menonjol dan membentuk sudut ke arah depan. dan bukan besaran satu bagian tubuh tertentu saja. Coba tanya ke mereka yang sudah punya jam terbang cukup dalam perburungan. berarti jantan. kalau ditanya mengapa bisa mengatakan jantan atau betina. di pangkal lidah yang bercabang menghadap ke belakang. kalau “feeling-nya” belum jalan yang bisa dijadikan pegangan ya langsung pegang itu burung. Orang yang sudah lama bergulat dengan burung. misalnya ya hidung menyerupai canary seed dsb itu). Kalau rata atau menonjol tetapi tidak membentuk sudut. biasanya “jam terbang” yang berbicara. Nah. Mengapa? Ilmu yang belum “terkodifikasikan” di benak dia. tetapi karena semua berkaitan dengan masalah “ukuran” yang relatif.

Tujuan dipaparkan pengalaman ini untuk mengkaji karakteristik merpati performing breed dan cara seleksinya. 09 November 2010 Tips Memilih Merpati 09:57 White Wings Peternak burung merpati harus sangat selektif memilih burung-burung yang diinginkannya untuk dapat terbang tinggi (performing breed) dan agar usaha mereka dapat menampilkan sifat yang disenangi untuk fungsi-fungsi yang dikehendaki. sama Luna Maya putih dan mulus mana”. Merpati performing breed yang dikehendaki adalah yang memiliki ketangkasan termasuk golongan tumbler (akrobat merpati di udara).berapa mm?”. “kalau bulunya putih dan mulus itu. Kemampuan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dari seekor merpati : • • • Kecerdasan/intelligence (30%) Karakter/character (40%) Anatomi /anatomy (30%) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan seekor merpati : • • Genetic Determinism (lineage) Psychologi Determinism (training and treatment) . Selasa. Selanjutnya untuk mengetahui pewarisan sifat tersebut. waduhhhh kan malah tambah puyeng… Biar enggak puyeng. ya itulah jawaban saya.

Plupukannya merah ( mencerminkan burung sehat tidak pucat ). Unjung bulu pada sayap di usahakan panjang nya sampai ke ujung ekor 4. 3. 3. atau pinggang besar harus empuk (biasanya burung atas kepala atau satu lobang “pegangan jaman dahulu”. Bulu harus tebal dan mengkilap atau memiliki lapisan minyak yang cukup (untuk menjaga suhu tubuh agar stabil. Bulu ekor rapi membentuk satu kesatuan seperti huruf 1 atau I. 6. Untuk mata/eyesign : 1. Pupil pada mata merespon sinar nya cepat (mencerminkan reflex. Warna mata memiliki 3 lingkaran warna (umumnya mencerminkan burung memiliki mental yang tangguh dan pantang menyerah). 2. Bulu sayap rapat dan tebal. burung balap rata-rata berpinggang besar mencerminkan kekuatan ginjal dari burung tersebut karena membutuhkan power yang besar dalam jarak pendek seperti pelari sprinter ) tetapi pegangan untuk pinggang ini harus proporsional dengan masing-masing bentuk tubuh merpati atau keputusan tergantung selera masing-masing peraba. Bentuk tubuh seperti jantung pisang atau botol. Usahakan yg bening dan bersih. Jangan cari mata yg melotot keluar dari plupukan mata. Supit harus cukup tebal (mencerminkan tulang burung yang cukup kuat). Untuk bodi : 1. dan harus rata/flat jangan cembung waktu melebar. 5. Pinggang ramping tetapi bukan tepos seperti pelari jarak jauh. Untuk supit : 1.saraf dan organ dalam burung dalam keadaan baik). Untuk otot harus kering dan daging harus lentur. 2. 2. Dada besar membusung ke depan dan bawah sehingga membuat titik berat burung berada di depan dadanya (kemampuan burung merpati untuk membelah angin pada saat menukik/turun). bulu ekor harus aerodinamis waktu terbang dapat dilihat apabila waktu burung terbang ekor mengayun-ayun ke atas dan ke bawah. Supit jangan yg terlalu rapat dan terlalu renggang. 3. Untuk merpati tinggi jangan terlalu berat. Supit jangan yg putus atau patah. membuat bulu menjadi kedap udara) 2. 5. 4. . 4.• Environment Determinism (loft and comunitee) Untuk bulu : 1.mencegah bulu agar tidak mudah basah. 3. Pundak harus rapat di samping dada kanan dan kiri dan jangan terbuka apabila dipegang (kemampuan burung untuk menukik/turun secara tajam seperti tombak atau peluru secara lurus).

ini mencerminkan kemampuan burung untuk mendarat/landing dengan sempurna ( seperti burung elang atau peregrine yang memiliki kaki yang panjang untuk mencengkram mangsa). Cari yg kering atau ada retak-retak (karena paruh mencerminkan tulang burung).Untuk paruh : 1. 2. 3. Membedakan Merpati Jantan dan Betina 11:07 White Wings . Paruh jatuh kebawah seperti elang. Kaki harus panjang dan ngelonjor lurus kebelakang apabila dipegang. Kuku harus tebal dan kering (karena kuku mencerminkan tulang burung). paruh besar=hidung jangan kecil ). Bentuk hidung harus sesuai dengan bentuk paruh ( paruh kecil/tipis=hidung tidak besar. 2. 2. Cari yg tipis di depan. Warna putih di hidung harus tebal dan cukup banyak Untuk kaki & kuku : 1. Untuk hidung : 1.

Warna bulu leher merpati jantan lebih berkilau dibanding merpati betina. Bisa juga dilakukan dengan cara memegang badan merpati dgn benar. yg agak sulit adalah membedakan jantan/betina untuk jenis merpati pos. Capit udangnya lebih sempit atau rapat. dipastikan jenis merpati jantan. Sedangkan betina. Jika ditiup bagian kloakanya. tulang kaki. identifikasi jenis kelamin dapat juga dilihat melalui permukaan kepala. Capit udangnya agak longgar. bila bentuk leher dari kepala sampe badan sama sama besar. posisikan badan horizontal. tulang kakinya lebih ramping dan lehernya lebih kecil dan lemas dan tidak kaku serta jari kaki cenderung pendek. Bila bentuk leher merpati agak menyempit ditengah . tulang kakinya kuat. Sedangkan pada burung merpati betina permukaan kepalanya rata dan terlihat halus.Pada pemeliharaan burung merpati identifikasi jenis kelamin (sexing) dapat dilakukan setelah anak merpati berumur 23-24 hari. lehernya besar dan cenderung kaku dan jari kakinya cenderung panjang. tapi warna bulu leher masih bisa digunakan untuk pembeda White Wings . Kalau jantan. adalah merpati betina. leher dan jari kaki. dengan melihat bentuk kloakanya. Pada merpati jantan permukaan kepalanya kasar dan terlihat lebih maskulin. Identifikasi jenis kelamin juga dapat dilihat dari capit udang (Bagian anus burung). Selain itu. jantan biasanya berbentuk monyong sedangkan betina melebar dengan bibir kloaka besar. lalu luruskan leher merpati scr vertikal.

Harga sepsang merpati anakan lepas sapih berkisar 150. untuk bisnis merpati hias ini perlu menyiapkan pasarnya dulu .Peluang Usaha Ternak Merpati . Sepasang merpati anakan ditingkat peternak harga sekitar 500 ribu rupiah .000 B.Induk 15 pasang @ 1 juta Rp.000 . seiring dengan perkembangan waktu akhirnya merambah ke pasar pasar burung di bandung dan jakarta . 1 bulan panen 2 kali ) @ 500. Jika dalam sebulan didukung pemasaran yg lancar bisa beromzet 15.000 C.Hasil penjualan anakan ( 1 Pasang indukan menghasilkan 1 pasang anakan. Salah satu peternak merpati hisa ini adalah Syarif Hidayatullah ( kampung sempongan . yogyakarta ). kota gede . Berikut gambaran analisa budidaya Merpati Hias A.Tenaga Kerja Rp. Biaya Operasional .000 Rp. Dari jaringan yang telah dia bentuk akhirnya sekarang banyak pembeli yang datang ke rumah .000. tapi bukan berarti jenis unggas kesayangan asli indonesia tidak memenuhi selera pasar . Investasi .Pakan Rp.000.000. 1 . biaya pakan yang di keluarkan 1 juta .000 Total : Rp 2. 15. Buktinya harga merpati hias cukup mahal . seperti jenis Santinet. Dari sebuah kandang sederhana dalam sebulan dapat memanen anakan sebanyak dua kali dan setiap kali panen menghasilkan 15 pasang merpati .000 – 1 juta .000.000.000.000.000 .000 Total : 17.000. 15. 1. OMZET .000 .kandang Rp. Sekarang ini trend burung masih di dominasi kenari import .000 Sumber : Trans Agro Contoh merpati Hias : . maka dalam sebulan 30 pasang . Dahulu di tahun 1995 merpati hasil panennya selalu di bawa ke pasar burung di jawa tengah . 2.

Satinettes ================================================= 3.Jacobin Putih ================================================ 2.1.Pouter / Gondok .

================================================= 4.English Tumber ================================================= 5.Maltese abu-abu .

================================================ 6.Maltese Putih ================================================ 7.Double Cab Hitam .

================================================ 8.Double Cab Coklat ================================================ 9.King Putih .

Bahan bahan alami ini masih mengandung energi yang hangat yang bisa membantu mempertahankan suhu sarang tetap hangat dan stabil hingga calon embrio merpati tinggi tumbuh dengan sempurna dan tidak mati. Bahan. . Menyiapkan sarang Sarang merpati tinggi sebaiknya dibuat kotak dan diberi alas yang cukup tebal dari bahan – bahan alami.Selasa.rumput kering. Menyiapkan indukan. 09 November 2010 Tips menetaskan telur Merpati Tinggi 09:50 White Wings 1. rumput. seperti dahan pohon yang kecil-kecil. Pilih indukan merpati tinggi trah jawara yang umurnya sudah cukup dewasa ( diatas dua tahun ) Dan sesuai dengan selera . daun cemara dan lain –lain. karbohidrat dan mineral maupun vitaminnya.bahan ini ditaruh saling silang agar terdapat rongga udara dibawah telur hingga suplai O2 untuk metabolisme inti sel telur ( calon embrio ) terjamin dan sebagai alas telur merpati tinggi agar tetap lentur hingga telur merpati tinggi tidak pecah walaupun dibebani tubuh induknya. 2. baik gaya terbang merpati tinggi maupun sifat-sifat keberaniannya /petarungnya Calon indukan merpati tinggi atau merpati kolongan ini harus diberi asupan yang cukup baik protein.

hingga anak merpati tinggi yang diharapkan menetas malah mati sebelum waktunya dan kalaupun menetas anakan yang dihasilkan setelah dilatih tidak sesuai dengan yang diharapkan.Kalau telur kecil material dan ruang untuk pertumbuhan embrio kurang maksimal.Cara mengukur yang mudah adalah dengan cara dimasukkan kedalam air dalam ember . telur yang tenggelam lebih dalam berati berat jenisnya lebih besar.3. Memilih telur. Biasanya telur merpati tinggi yang mengandung albumin lebih banyak / lebih berat berbentuk lebih lonjong dibandingkan dengan telur dengan volume sama dan mengandung albumin yang lebih sedikit/ringan. .Telur dengan albumin lebih banyak/berat akan menghasilkan anak jantan. namun perlu diperhatikan telur merpati tinggi yang bagus tentu telur merpati tinggi yang lebih besar. Ukuran telur merpati tinggi/ merpati tinggian / merpati kolongan tidak sama antara telur merpati tinggi yang satu dibandingkan dengan telur merpati tinggi / merpati tinggian lainnya. hingga pertumbuhan embrio-nya bisa lebih maksimal . Mudahnya bisa dilihat dengan cara telur ditaruh diatas bolam lampu yang dinyakan akan terlihat didalam kuning telur terdapat sebagian warna yang lebih pekat/gelap.Telur yang terbuahi akan terbentuk kuning telur yang berembrio ( ada inti sel telur ).Isi telur terdiri dari dua warna yaitu putih telur (albumin) dan kuning telur.

Susu tembolok ini berperan besar dalam mempengaruhi pertumbuhan fisik dan mental anak-anak yang diasuhnya. Pengasuh merpati tinggi juga berperan besar dalam mewariskan sifat – sifat kepada anak merpati tinggi / merpati tinggian yang diasuhnya. 1. Masa eram 10 hari pertumbuhan embrio sudah mendekati sempurna telur sudah hitam pekat tinggal menyisakan sedikit rongga udara 3.matok dinding telur untuk mencari jalan keluar. Masa eram 14 – 15 hari anak merpati sudah mulai mematok. . Masa mengeram telur merpati tinggi / merpati tinggiaan rata – rata 16 hari sejak mulai dieramiSebelum mencapai 16 hari telur ini harus dikontrol pertumbuhan embrionya. karbohidrat dan mineral maupun vitaminnya. Masa mengeram. telur sudah mulai berlubang 4. Masa eram 4 hari telur dicek pertumbuhan embrio-nya dengan cara ditaruh diatas bolam lampu apakah sudah ada guratan – guratan benang – benang darah dalam dinding telur. Pengasuh merpati tinggian yang cerdas akan mengasilkan anak asuh yang cerdas pula. telur tidak jadi. Begitu telur menetas secara alamiah kelenjar – kelenjar tubuh /tembolok induk menghasilkan susu yang biasanya disebut dengan susu tembolok baik induk jantan maupun induk betinanya. Oleh karenanya pilih pengasuh yang masih saudara dari indukan yang akan diambil anaknnyaPengasuh merpati tinggian juga harus diberi asupan yang cukup baik protein.4. 5. Menyiapkan pengasuh. Jika tidak ada berarti embrio tidak tumbuh. 2. Pada hari ke 16 anak merpati sudah menemukan jalannya alias menetas.

dirancang.sekaligus Anda merasa santai dan nyaman setelah selesai dari pekerjaan kantor Anda. Setelah itu faktor penting lainnya penentu keberhasilan dalam breeding dan pemeliharaan adalah seperti pemilihan pejantan & indukannya. Sepanjang kandang yang Anda bangun itu membuat burung merasa aman dan nyaman. dan juga keadaan kandang harus tenang. Kandang tidak harus besar dan anggaran besar yang Anda pakai untuk membangun kandang belum tentu berpengaruh terhadap keberhasilan Anda.Selasa. kesehatan. 09 November 2010 Merpati Tinggi 09:31 White Wings . latihan. Kandang harus dibangun dengan kuat. makanan. bukan hanya itu kandang memiliki pengaruh besar dalam pembiakan/breeding. efektif dalam menjaga keluar masuknya predator dan elemen-elemen lain. mandi semuanya dilakukan di dalam atau di sekitar kandang. Selasa. kering. bersih. dibangun dan dikelola. pairing/penjodohan. Yang penting bahwa membangun kandang harus benar-benar direncanakan. 09 November 2010 Kandang Burung 09:40 White Wings Kandang adalah bagian penting dalam menentukan keberhasilan Anda. tenang.

Supit udang keras dan agak renggang. kering dan kalau dibuka sayapnya tidak ada celah. keras. Burung seperti ini ada jaminan akan terbang tinggi. Terlalu rapat adalah salah satu penyebab merpati tinggian ngolembar/ngajepat. Bentuk badan. Dahi jenong. Kaki kering pecah-pecah dan saat di pegang jari-jari nya seperti mengepal. Kebanyakan dengan bentuk ini jarang ngajepat (ngolembar istilah sundanya). Bulu ekor nya menekan kebawah saat burung dipegang dengan posisi seperti akan ditegakan ini salah satu tanda burung tinggi yang baik. jika dilihat dari depan bentuk kepalanya pipih. . Perhatikan bahwa mata ini salah satu faktor yang harus diperhatikan saat memilih merpati.Ciri-ciri : Badan nya kalau dipegang empuk dan ringan. kalau pernah lihat jantung pisang. bentuk seperti itulah yang bagus. Bulu sayap lebar hampir berbentuk kotak dengan ujung runcing. Bagian pangkal sayap tebal dan kekar. lurus dan agak pendek. Dengan postur ini biasanya akan turun sangat kencang. Paruh kecil panjang dan terdapat garis hitam sedikit (garis hitam sedikit bukan ukuran merpati baik) Tulang dada lebar. Mata tidak terlihat bercak dibagian dalam lingkaran hitamnya atau melebar seperti air tumpah.

3. 6. 5.Memandikan burung tiap hari dengan rutin. 1.Dengan rutin menjemur burung setiap pagi secukupnya.Beberapa tips dan cara perawatan burung merpati tinggian atau burung kolongan yang baik dan maksimal. 4. 09 November 2010 Ciri Fisik Merpati Balap yg Bagus 09:21 White Wings . 2.Suplemen makanan yang baik dan terjamin.Pemberian Doping ( jamu ) juga di perlukan Jamu Selasa.Kandang harus selalu bersih supaya bebas dari penyakit.Pada waktu burung keket atau keplek dilatih rutin.

ada yang berbentuk seperti elang tipis dan tajam pada dasarnya harus serasi dan seimbang dengan besar kepalanya sehingga mengurangi friksi saat terbang. Leher seekor merpati balap harus proporsional artinya tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang sehingga tidak menambah gesekan diudara.kering dan tidak terlalu panjang tentunya hal hal tsb hanya sebagai patokan yang lebih penting kondisi dilapangan. sehingga kuat untuk mengepak sementara bulu di badan halus dan nyutra(selembut sutra) warna bulu ada yang coklat(gambir). warna mata beragam ada yang kuning. tetapi pada umumnya kelabu lebih disukai sekali lagi selera masing2 pemilik. menutup rapat dikanan kiri badan sehingga diharapkan kepakan penuh dan menutupnya sangat rapat hingga sekali kepak sudah jauh. kombinasi selap. 08 November 2010 Memilih Pakan Burung 10:40 White Wings . dan bagian supit/wangkong tajam dan keras keduanya berjarak se-jari kelingking. ekor tebal dan tidak terlalu panjang. ada yang mengerucut menuju paruh sehingga sangat aerodinamis tergantung selera si pemilik merpati balap tetapi kalau terlalu jenong seperti ikan louhan tentunya sangat menambah gesekan dan mengurangi kecepatan. hitam. Sayap tebal. putih sebaiknya yang ber lis merah. kelabu. ada yang berbentuk seperti burung pipit (finch). Selanjutnya bagian bulu jawat/ lar 10 harus kering dan berlidi tebal. Kemudian mata idealnya bening dan tajam seperti mata elang.Kita mulai dari paruh merpati balap yang baik tentunya ada beberapa model.kemudian bagian kaki idealnya kekar. kuning kemerahan tergantung selera pemilik. tritis . Kemudian daging sebaiknya lentur/ empuk.kemudian dada idealnya segitiga. Kemudian bentuk kepala ada yang berbentuk pinang dibelah (nyigar jambe).njantung seperti atlet. Senin.

hormon. Hal utama yang perlu diperhatikan dalam masalah pakan adalah bahwa pakan tersebut memenuhi kriteria “empat sehat lima sempurna”. Protein Protein merupakan zat pembangun tubuh. protein. dan perilaku yang lincah. kacang kedelai. dan memelihara fungsi normal alat-alat pencernaan. Karbohidrat Karbohidrat merupakan unsur di dalam pakan yang berfungsi sebagai sumber energi. bulu yang indah. 2. Jika semua unsur terpenuhi dan jumlahnya mencukupi maka kesehatan burung peliharaan itu dapat tetap terjaga. dapat menggantikan jaringan tubuh yang aus atau rusak. memperkecil oksidasi protein menjadi energi. Hal yang perlu diperhatikan adalah kecocokan antara pakan dengan jenis burung yang kita rawat. dan mineral. Kadar karbohidrat dalam tubuh burung adalah 2%. +A. sementara pakan burung yang baik adalah yang mengandung 70% karbohidrat. dan pisang. lemak. pembakar lemak.Pakan merupakan hal yang sangat vital untuk burung kita. Pakan harus mengandung unsur-unsur karbohidrat. Selanjutnya dampak yang diharapkan yaitu burung mempunyai kicau yang merdu. vitamin. Berikut ini referensi tentang pakan burung yang semoga bisa menjadi acuan untuk penghobi burung. Unsur-unsur penting dalam pakan burung 1. yaitu terdapat pada pepaya. dan zat-zat . sebagai bahan baku pcmbentukan enzim. kacang hijau. kacang tanah.

kerdil. fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lainlain. kacang panjang. kacang tanah. enggan berkicau. Seperti vitamin. Ya. Kekurangan protein menyebabkan burung menjadi kurus. susu. Proses -proses kimia dan elektrik hanya akan berfungsi dengan benar apabila keseimbangan mineral yang sesuai diberikan pada sistem. serta mengatur peredaran cairan tubuh dan zat yang larut di dalamnya ke dalam dan ke luar sel. Misalnya zat besi untuk darah. B12. serta sebagai pembawa vitamin A. 4. kanibalisme. I-Lisin HCl. . pertumbuhan dan penyembuhan. B3 (Nicotimanide) B6. kacang kedelai. membentuk jaringan pengikat. belerang untuk otot. dan banyak lainnya yang secara umum memberikan kelancaran fungsional tubuh makhluk hidup. Celakanya tubuh makhluk hidup dapat menghasilkan beberapa vitamin. 3. tapi tidak dapat menghasilkan satu pun mineral. saluran air metabolik. cacing. tubuh makhluk hidup dibentuk dari mineral. Padahal burung yang gemuk cendcrung malas berkicau dan berbiak. keseimbangan cairan tubuh. memperlancar metabolisme. memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga. Apabila burung terlalu banyak mengonsumsi lemak maka burung ini berpeluang untuk mencret atau gemuk. sebagai bantalan atau pelindung bagian tubuh. Mineral dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang. Vitamin-vitamin utama dan asam amino yang dibutuhkan burung antara lain adalah A. B2. mineral berfungsi sebagai ko-enzim. Dan mineral juga membantu proses kimia dan elektrik yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Mineral Mineral merupakan pembentuk in-organik yang ada di seluruh jagad raya. Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate. C dan K3. D3. bulu rusak. Protein ini dapat diperoleh antara lain dari ikan. murung. membantu pembentukan tulang. E. vitamin tidak dapat melakukan apa-apa untuk makhluk hidup tanpa mineral. insulator (pengatur suhu tubuh). kalsium untuk tulang.antibodi. kacang hijau. Lemak Lemak merupakan sumber energi. B1. 5. Meskipun vitamin begitu penting. dan membantu proses pembentukan darah. E. D. Burung berkicau membutuhkan 35% protein dari berat badannya. fungsi syaraf yang sehat. Zat esensial seperti D-L Methionine. Vitamin dan asam amino Vitamin berfungsi untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan sel-sel jaringan epitel. serta sering kali berperilaku mencabuti bulunya sendiri. dan K.

mulus. Iron. Sodium Chlorin dan Kalium. tidak terlepas sendinya. Zinccum. produktivitas tinggi. bengkok dan abnormal). berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung.Mineral yang diperlukan burung antara lain adalah Calcium. Senin. burung tidak mengalami urat keting (tendo). 08 November 2010 Pertolongan Pertama Pada Burung Sakit 09:29 White Wings BAHAN DAN ALAT DALAM TINDAKAN PERTOLONGAN BESERTA FUNGSINYA Selain itu. diperlukan juga lampu penghangat berupa sebuah lampu pijar (bohlam) berkapasitas 40—60 watt atau sebuah lampu infra merah. daya tetas tinggi serta kematian embrio rendah. tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah. Cuprum. bebas perosis (tumit bengkak). tidak tercerai (luxatio). Magnesium. telur berisi. paruh tidak meleset. burung di penangkaran bisa segera bertelur. maka burung akan memiliki bulu kuat. Iodium. Manganase. tidak terkena rachitis (tulangtulang lembek. anak burung menetas sehat. bebas paralysa (lumpuh). Jika burung peliharaan . Phosphor. Jika burung kecukupan mineral.

Perlu diperhatikan agar bahan penghalang sinar lampu ini tidak mudah terbakar. susu. Sebaiknya dihindari pandangan dan suara manusia. Memberikan kehangatan pada tubuh burung Burung yang sakit diisolasi. Dengan cara ini maka bahaya dehidrasi dapat diperkecil. 3. 2. Untuk mengurangi sinar dari lampu dapat diberikan penghalang berupa kain atau kertas. daging.menunjukkan gejala sakit maka dapat langsung diberikan pertolongan sementara sebelum dibawa ke dokter hewan. dipisahkan dari burung lain yang sehat. 1. Pakan ini diberikan dalam bentuk bubur (jus). Jika burung menolak untuk makan sendiri maka harus dipaksakan. Memberikan ketenangan Burung yang sakit juga membutuhkan ketenangan lingkungan. Dengan lingkungan yang tenang maka bahaya stres dapat diperkecil karena stres akan memperburuk kondisi tubuh burung. Keadaan seperti ini dapat diatasi dengan cara memberikan pakan yang banyak mengandung air. Padahal. Burung itu dimasukkan ke dalam sebuah sangkar yang telah diberi alas koran. seperti kroto basah. suhunya pun sebaiknya tidak melebihi 37° C. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan hati hati agar tidak salah memasukkan pakan ini ke saluran pernapasan. pada saat sakit burung akan lebih banyak buang air dengan kondisi feses yang lebih encer sehingga dapat menyebabkan dehidrasi (hilangnya cairan tubuh). Memberikan pakan ekstra Berikanlah pakan ekstra yang mempunyai kandungan gizi tinggi. burung. hewan lain. Berikan kehangatan pada tubuh si burung melalui lampu pijar berkapasitas 60 watt. madu. . Tindakan pertolongan ini meliputi beberapa hal. dicekokkan langsung ke mulutnya dengan memakai alat spuit. Memberikan minuman Burung yang sedang sakit akan jarang minum. Disediakan sedikit minum. atau benda apa pun yang dapat menimbulkan gangguan pada burung yang sakit. atau hati tergantung pada jenis burungnya. 4. misalnya buah pepaya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->