IPA Sumber energi yang ada dilingkungan sekitar :     Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup Matahari

adalah sumber energy atau sumber cahaya di bumi Sinar matahari adalah sumber energy atau sumber tenaga yang paling utama Alat-alat rumah tangga yang menghasilkan panas. Contohnya : 1. Kompor digunakan untuk memasak 2. Setrika digunakan untuk merapikan pakaian 3. Magic com digunakan untuk menghasilkan makanan. Alat yang menghasilkan cahaya, contohnya : 1. Senter untuk penerang 2. Lampu untuk penerang 3. Lilin sebagai pengganti lampu, apabila listrik mati 4. Petromak Alat yang menghasilkan bunyi, contohnya : 1. Radio 2. Bel listrik 3. Gitar atau alat musik

Benda akan berbunyi jika bergetar Penggunaan alat-alat rumah tangga : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Kompor menghasilkan energi panas dan menggunakan energi minyak tanah. Setrika menghasilkan energi panas dan menggunakan energi listrik. Handphone menghasilkan energi bunyi dan menggunakan energi batu batere. Lampu menghasilkan energi cahaya dan menggunakan energi listrik. Perahu layar dan layang-layang menggunakan energi angin Nelayan berangkat memanfaatkan angin yang bertiup dari daratan (malam hari) Nelayan pulang memanfaatkan angin yang bertiup dari lautan (pagi hari). Listrik berasal dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kipas angin dan blender menghasilkan energi gerak

Rangkuman : 1. Energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah minyak bumi, sinar matahari, energi angin dan listrik. 2. Minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar : 3. Bahan bakar dari minyak bumi antara lain :  Bensin untuk kendaraan bermotor  Solar untuk truk dan bus  Minyak tanah untuk kompor minyak

4. bayangan Amel dan Yadi terlihat pendek. Sumber energi dapat habis oleh karena itu kita harus melakukan penghematan 18. MATAHARI Matahari adalah ciptaan Tuhan yang maha kuasa. Energi angin banyak digunakan oleh nelayan untuk menggerakkan perahu layar 6. Energi listrik digunakan untuk berbagi keperluan contoh : televisi. bayang-bayang mereka terlihat panjang. Dan tapi jangan melihat matahari karena silau dan menyakitkan mata. bayangan terlihat . Sinar matahari dan energi angin digunakan karena murah daan ketersediaannya melimpah. Cara menghemat listrik :  Matikan lampu listrik pada siang hari  Matikan alat-alat listrik ketika tidak digunakan  Matikan televisi jika tidak ditonton 12. Matahari terbit di ufuk timur di waktu pagi hari. Untuk itu kita perlu pelindung dengan payung. Berada dibawah sinar matahari di siang hari tidak baik bagi tubuh karena membuat panas dikepala dan kulit. dan lain-lain 14. televise dan setrika 8. Energi listrik adalah energi yang paling banyak dipakai 16. Penggunaan energi minyak bumi dan listrik perlu dihemat karena ketersediaannya terbatas 10. Energi panas matahari dapat digunakan untuk mengeringkan pakaian atau bahan makanan dan menghidupkan listrik 5. Siang hari Amel dan Yadi pulang sekolah. Kita harus berterima kasih kepada maha yang kuasa karena ciptaannya yang ajaib. sinar matahari disiang hari terasa panas. Peralatan yang menghasilkan energi bunyi membutuhkan sumber energi contohnya : radio membutuhkan energi listrik 15. Pada petang hari matahari sudah condong kearah barat. Cara menghemat listrik yaitu membatasi pemakaian peralatan listrik dan menggunakan peralatan hemat energi. lampu dan komputer 17. lampu belajar. Energi dapat berasal dari matahari. Sinar matahari pagi. Amel dan yadi suka berjemur di bawah matahari pagi karena menyehatkan tulang dan kulit. batu bara dan minyak bumi 13. 9. Ani. Matahari kelihatan besar dan berwarna kemerah merahan. Energi cahaya bersumber dari matahari. Matahari banyak kegunaan antara lain member penerangan. Alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik mmisalnya kipas angin. Cara menghemat energi dari minyak bumi :  Matikan kompor setelah digunakan  Gunakan kendaraan bermotor hanya jika perlu 11. kayu bakar. matahari tepat diatas kepala mereka. lampu obor. member panas dan member energi. Energi listrik banyak digunakan untuk menghidupkan alat-alat rumah tangga 7. Yadi dan Amel bersiap pergi kesekolah. Tanpa ada matahari tidak mungkin kita hidup.

panjang.terdapat pada buah-buahan misalnya : jeruk Vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi. sinar matahari tidak terasa panas lagi. Disiang hari sinar matahari terasa panas matahari tepat diatas kepala sinar matahari menyilaukan mata Panas matahari berguna untuk menjemur pakaian. terdapat pada sayuran contohnya : wortel Vitamin B untuk pertumbuhan. Vitamin A untuk mata dan kulit.               Untuk melindungi tubuh atay kulit dari sengatan matahari kita dapat mrnggunakan paying atau krim pelindung Untuk melindungi mata dari silaunya matahari kita dapat memakai kacamata hitam Sinar atau cahaya matahari pagi pukul 6 sampai pukul 8 mengandung vitamin D berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi agar tidak cepat keropos/osteoporosis. terdapat pada karbohidrat misalnya : nasi Vitamin C untuk mencegah sariawan. 3. sebentar lagi matahari akan tenggelam perlahan lahan haripun menjadi gelap. Panas matahari berguna untuk membantu tumbuhan buat makanannya juga berguna untuk menyehatkan tulang dan kulit manusia 1. warna matahari berwarna kekuningan. Tanaman/tumbuhan pun memerlukan sinar matahari yaitu untuk membuat makanannya sendiri (fotosintesis) Anak bayi suka dijemur pada pagi hari agar tulangnya kuat Matahari terbit waktu pagi hari Matahari terbit di sebelah timur Ketika matahari terbit. 2. AC Aquarium : alat yang digunakan untuk mendinginkan/menghangatkan suhu ruangan : bak kaca tempat memelihara ikan hias . Hal ini disebabkan perpindahan letak matahari.terdapat pada sinar matahari pagi Rangkuman :        Matahari terbit di ufuk timur Pagi hari matahari terlihat kemerah merahan Sinar matahari di pagi hari terasa hangat dan baik bagi tubuh Bayang-bayang terlihat panjang di pagi hari terlihat pendek pada siang hari dan kembali panjang pada sore hari. 2. langit-langit disebelah timur berwarna kemerah merahan Matahari seolah olah bergerak perlahan dari timur ke barat Pada waktu siang hari kedudukan matahari tepat diatas kepala Matahari terbenam sore hari disebelah barat Ketika mataharii terbenam hari mulai malam Sinar matahari siang hari lebih panas dari pada waktu pagi atau sore hari Bayang bayang terbentuk karena benda itu terkena sinar matahari Vitamin dan kegunaanya : 1. 4. menjemur ikan dan padi.

7.3. Pupuk 15. ular/kaki ayam : Tumbuhan air yang berdaun lebar dan mempunyai bunga : Hidup dan bertambah besar : Ada rupa dan bentuknya dapat diraba . 9. Petromaks 14. Sirip 17. 8. Amfibi Barang elektronik Bayang-bayang Benih Dispenser Eceng gondok Energi Freezer 11. 6. 4. Sisik 18. Teratai 19. ayam/itik : Lampu yang menggunakan kaus sebagai sumbu dinyalakan dengan bahan bakar spiritus : Bahan yang dapat menyuburkan tanaman : Benih tumbuhan yang sudah berkecambah yang akan di tanam lagi ditempat lain sebagai bibit : Bagian tubuh ikan yang digunakan sebagai alat gerak : Lapisan kulit yang keras berupa keping-keping seperti pada ikan. 10. 5. Semai 16. Paruh 13. Wujud : hewan yang bisa hidup didarat dan di air : barang-barang yang memerlukan energi listrik untuk memakainya : Ruang atau bagian yang tidak terkena sinar karena terlindung benda : Biji atau buah yang disediakan untuk ditanam atau disemaikan : Alat untuk memanaskan dan mendinginkan : Tumbuhan air yang hidup terapung di air : Kemampuan untuk melakukan kerja : Bagian dari lemari es yang berfungsi untuk membekukan sesuatu : Benda angkasa berupa bola berisi gas yang menghasilkan : Mulut pada burung. Tumbuh 20. Matahari 12.

6. 2. Sebutkan 2 alat yang menghasilkan panas : 1. 4. 5. Perahu layar menggunakan energi 5. Kipas angin menggunakan energi listrik dan : menggunakan energi 3. 7.Latihan soal IPA: 1. 3. Motor menggunakan energi agar dapat berjalan . Nelayan pulang memanfaatkan angin yang : bertiup dari 1. Sumber energi panas paling utama adalah : 2. 2. Telepon dan radio menghasilkan energi : 4. Lampu tempel mendapat energi dari Sumber energi cahaya kita dapatkan dari Setrika adalah alat yang menghasilkan Radio menghasilkan energi Matahari terbit disebelah Matahari terbenam disebelah Cahaya matahari berguna untuk Seruling yang ditiup menghasilkan energy : : : : : : : : Sumber energi panas dan cahaya yang utama : adalah 10. 9. 8. Lampu petromaks dan lilin menghasilkan : energi 7. 8. Benda akan berbunyi jika : : 6.

9.1. 5. Energi cahaya matahari pagi berguna untuk : pertumbuhan 1. 7. 4. 3. 4. 2. Manusia dapat melakukan kerja karena : mempunyai Setelah bekerja keras badan menjadi lemas : karena Pada waktu bicara kita mengeluarkan energy : Dispenser dipergunakan untuk Sumber energi dari radio adalah Sumber energi perahu layar adalah Sumber energi pada bis adalah Mixer menghasilkan energi : : : : : Agar energi tidak cepat habis. 8. 2. Motor dan mobil mendapat energi dari Setrika menghasilkan energy Televisi dapat menyala karena ada energi : : : . 5. Untuk melindungi tubuh dari panasnya : matahari sebaiknya kita memakai Agar mata kita terlindung dari silaunya : matahari kita memakai Sinar matahari pagi mengandung vitamin : Tanaman memerlukan sinar matahari untuk : membuat Ketika matahari terbenam hari mulai : 1. 3. maka energi : harus 10. 3. 2. 6.

Sumber cahaya terbesar dibumi adalah 9.4. Bumi selalu terang disiang hari karena ada 7. 3. Mengapa pada malam hari terasa gelap 3. 2. Sebutkan ciri-ciri penampakkan matahari di pagi hari 2. Gitar adalah alat musik yang dapat menghasilkan energi 5. Benda hitam bila disinari cahaya akan : membentuk . Mengapa panas matahari dapat membuat hujan 4. Contoh alat yang dapat menghasilkan energi cahaya 6. Matahari terbit di sebelah Matahari pagi bayangannya sebelah Pertengahan antara malam dan pagi disebut Pertengahan antara sore dan malam disebut : : : : 5. Pada jam 12 siang matahari terasa 10. Mengapa nelayan memilih menjemur ikan pada siang hari 1. Mengapa cahaya matahari penting bagi tumbuhan 5. 4. Matahari terbenam disebelah : : : : : : pada 1. Pada pagi hari baying-bayang terlihat lebih 8.

5. 7. mengapa pagi hari jendela rumah harus di : buka Mengapa pada sian hari orang memakai : payung Sebutkan alat-alat yang dipergunakan untuk : melindungi tubuh kita dari panas matahari 4. 2. seluruh : Tuliskan peralatan rumah tangga yang : menggunakan energi listrik Tuliskan salah satu cara menghemat energi : 3. Cahaya matahari permukaan 1. 9. 4. Apakah manfaat dari cahaya matahari pagi : 3. Tuliskan alat rumah tangga menghasilkan panas Tuliskan kegunaan cahaya matahari yang : : 5.6. . Tuliskan cara melindungi tubuh dari panas : matahari Apakah kegunaan cahaya matahari : 1. 8. 2. Pada sore hari bayangan tampak sebelah Sinar matahari pagi berguna untuk Matahari tinggi bayangan benda Contoh benda bening menyinari : : : : 10.

  ff f°– –°ff° ° ¯ ° °–°f°$¯ °–f°–ff° ¾f°–f°   f¯  ffnf ¯½f¯ ¯ fff°f¾ O O O O .

½f f °– ff¯$ f¯½ f°– ¯ °––°ff° f¾ ¾ f–f ¾¯  °fff° °–f° ff° ff¾½¾ ff°f°– f½f¯ ° f°f°f¯f° °¯ f°f°–¾ f  nf¯ ff°–ff° f°f¯ f–  ¯½ff°¾ f–f   f–f° f°f°– –°ff°¾ f–fff– f f½¾f°  f°–  f¾ ½f  ½°–  ½°– ¾ ½  ½f f f° f$fff¯ @¯ f°ff°–  f° f f°¯ ¯½°f °–f  ½ f° f¯ f ¾f  f½f f° °°f f½f f f .         ¯€  ff°–  ° ff°– ff°– ° ¾½ °¾  n °––°  ° –      f°f°– ¾f ½  ff f° f  ff°– ff°– f°– ¯ ¯ f° ° – ¾  °                   .fff   9f   9 ¯f¾   9½    ¯f   ½   ¾   @ ff   @¯    J©              ¯ ¯ff°f f°–ff f–f°f°– f  °f¾°ff °f ° °– ° f ©ff ff°– ¾ ff°° f°f¯ff ¾ ¯ff° f°¯ ¯f°f¾f° f°¯ ° °–°f° @¯ f°ff°– ½ f½°– f  ¯f¯½f°°¯ ff° ©f f–f° f  ¯f ¾ f°– €°–¾ ° ¯ ¯ f° ¾ ¾f ° ff°–f¾f ½f f ¾–f¾f°–¯ °–f¾f° .

fff   ¾ f      .fff  °f¯ ¾ f      .ff°¾f9    ¯  ° –½f°f¾½f°–f¯ff ff          ½f¾ f°–° ¯ °––°ff° ° – ¾ f°   ¯ °––°ff° ° – @  ½° f°f ¯ °–f¾f° ° –    9 fff¯ °––°ff° ° –    ° fff°  °©f    f¯½ ½ ¯f¾ f° ° ¯ °–f¾f°   ° –  f°fff°–¯ °–f¾f°½f°f¾      - ff° ½f°– ¯ ¯f°€fff° f°–° f°–   ½ f f¯½ ¯½ ¯ ° f½f ° – f         ¯  ° –nffff f½ff° f       ff fffff°–¯ °–f¾f°      f ¯ °–f¾f° ° –      .

¯ °––°ff° ° –  f–f f½f ©ff°   .fff¯fff –°f°       °–f°– ½¯ °–f¾f° ° –      ¯  ° –½f°f¾ f°nffff°–f¯f   f ff   .

         D° ¯ ° °–   f ½f°f¾°f   ¯fff¾ f°ff¯ ¯ff –f ¯ff f  ° °– f ¾f°f   ¯ffff¯ ¯ff °f¯fff½f–¯ °–f° °–f¯°    @f°f¯f° ¯ ¯ f° ¾°f  ¯fff °   ¯ ¯ f  f¯fff  °f¯f¯f    . f°¯ ¯ ° f½f ° – f  f¯ °–f¾f° ° – @  ¾ f½f¯ °fff °ff f ° –          . ¯ °–f¾f° ° –      –f ° –  f n ½f f ¾  ¯ff ° –   f¾   ° – nfff ¯fff ½f– –°f °   ½ ¯ f°     .f°¾f f½f ¯ ff°  ©f f °f   ¯ ¯½°f     f  ©f  f¾ f f° ¯ °©f   ¯f¾   f °f   9f ff nfff¯ °– ff° ° –      ¾½ °¾  ½ –°ff°°      ¯  ° – ff f ff      ¯  ° –½ ffff ff      ¯  ° –½f f ¾f ff      .

 f f ff ff ¯¾ f°– f½f ¯ °–f¾f° ° –   .

fff½f– ff°–f°°f¾ f 9  °–ff°f°ff¯ff¯ f°½f– ¾  9  °–ff°f°ff¾  f°¯ff¯ ¾           ° f f¯ f ¾°f nfff ff°   ¯ ¯ °  . °–f½fnfff¯fff½ °°– f–¯ f°   . °–f½f½f°f¾¯fff f½f¯ ¯ f©f°    .fff  °f¯ ¾ f                 ½f f       f°n n½ °f¯½ff°¯fff ½f–f    . °–f½f° ff°¯ ¯¯ °© ¯f°½f f¾f°–f             . °–f½f½f f¯ff¯f f¾f– f½     .° ff f°– f½f ¯ °–f¾f° ° – nfff   ¯¾ f f°– ¾f°–ff °ff f   9f f½f–f f°– ff°– f    ¯ nfff  ¾f  ¯f ff   9f f©f¯¾f°–¯fff f¾f   .fff   ¾ f .

    9f f¾ f ff°–f°f¯½f¾ f °f¯fff½f– –°f° .fff°–– ff°–f° ° f .

° ° f °°– ¯ °°f   .

fff ¯fff ½ ¯ff°                ¾          @¾f° ½ fff° ¯f f°––f f°–   ¯ °––°ff° ° –¾ @¾f°¾ff¾fnff¯ °– ¯f ° –     @¾f° ff ¯f f°––f f°–   ¯ °–f¾f°½f°f¾ @¾f° –°ff°nfff¯fff     @¾f° nff ¯ ° °–   f ½f°f¾   ¯fff      ½ff¯f°€ff fnfff¯fff½f–      ¯ °–f½f ½f– f © ° f ¯f f¾    f   . °–f½f ½f f ¾f° f f°– ¯ ¯ff   ½f°–     f° ff ff f°– ½ –°ff° °   ¯ ° °– f f½f°f¾¯fff   ½ff –°ff°nfff¯fff      .