MAKALAH TEKNOLGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

“JENIS-JENIS MODEM”
| | | | | | | | | | | |

Disusun Oleh : Nama NIM Kelaa : SODIKIN : 13110153 : 13.1C

1

Penutup DAFTAR PUSTAKA 1 2 3 4 4 4 4 4 5 6 7 7 9 12 13 15 15 15 16 2 . Ruang Lingkup Materi D. Berdasarkan Teknologi B. Dasar Teori / Landasan Teori BAB II PENGERTIAN MODEM BAB III SEJARAH MODEM BAB IV JENIS-JENIS MODEM A. Berdasarkan Bentuk Fisik C. Tujuan Penulisan C. Saran B. Latar Belakang B. Berdasarkan Perkembangan Zaman D.DAFTAR ISI JUDUL DAFTAR ISI KATA PENGANTAR BAB I PENDAHULUAN A. Berdasarkan Media Transmisi BAB V KESIMPULAN A.

3 . jenis-jenis. Semoga Makalah ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua tentang asal-usul..KATA PENGANTAR Segala puji kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Makalah ini tepat pada waktu yang telah ditentukan. Semoga dengan adanya Makalah ini kita dapat belajar bersama demi kemajuan kita dan kemajuan ilmu pengetahuan. oleh karena itu segala kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan dan penyempurnaan Makalah ini dan untuk pelajaran bagi kita semua dalam pembuatan tugas-tugas yang lain di masa mendatang. Amien. Dalam penyusunan Makalah ini tentu jauh dari sempurna. dan bagaimana cara memilih Modem yang tepat.

TUJUAN PENULISAN Tujuan penulisan Makalah ini adalah untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Dosen Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. dengan harapan dapat memberikan sedikit penjelasan dan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan di atas. Hal itu dikarenakan penulis tidak mempunyai cukup waktu untuk mencari data-data lainnya. penulis menulis Makalah ini. Untuk itulah. yaitu bagaimana memilih modem yang tepat?. Pada masa itulah. tapi bingung saat akan membeli Modem yang tepat?. C. 4 . Sudah lebih dari 30 tahun sejak awal kemunculannya. B. DASAR TEORI / LANDASAN TEORI Sebagian besar dari dasar teori / landasan yang penulis gunakan adalah berasal dari data-data yang terdapat dalam jaringan internet. RUANG LINGKUP PENULISAN Dalam makalah ini penulis mencoba untuk menjelaskan tentang pengertian. Namun. LATAR BELAKANG Istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi mulai berkembang sekitar tahun 1970-an. penulis pun tetap mencoba untuk selektif dan objektif dalam memilih situs dan data-data yang diperlukan. Penulis memandang perlu untuk menjelaskan tentang semua itu. sebelum makalah ini mulai masuk ke pembahasan sebenarnya. D. (tepatnya pada tahun 1977) mulai dikenalkan sebuah alat yang kita kenal sebagai Modem.BAB I PENDAHULUAN A. atau mungkin orang itu tahu tentang semua itu. sejarah. tapi masih sering kita temui seseorng yang kebingungan saat ditanya soal apa itu Modem?. Apa kegunaannya?. dan jenis modem.

Setibanya di modem tujuan. sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. 5 . Modem merupakan alat komunikasi dua arah. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan. Microwave Radio. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem". dan lain sebagainya. modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. yaitu Modulator DEModulator.BAB II PENGERTIAN MODEM Dalam sebuah artikel di situs wikipedia. Berdasarkan pengertian di atas.org dijelaskan pengertian modem (secara umum) bahwa Modem berasal dari singkatan dua kata. penulis mendefisikan modem sebagai sebuah alat yang menjadi jembatan antara PC dengan jaringan internet dalam tukar-menukar data. maka modem yang dimaksud di sini adalah alat yang mempunyai cara kerja sebagai berikut : Pertama-tama data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. seperti VSAT. ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog. Sedangkan secara istilah. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.. namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Inc. tertulis bahwa Dennis C. Sesuai dengan nama penemunnya. dan belakangan lebih dikenal dengan sebutan Hayes Corp. Dan perusahaan yang memproduksi modem tersebut bernama D. Agar nantinya kita bisa lebih memahami pembahasan selanjutnya. yaitu pada April 1977. Jika kita masuk ke situs Google dan memasukkan kata “Sejarah Modem” maka kita akan menemukan beberapa artikel tentang Sejarah Modem. Dalam salah satu artikel tersebut. Dennis C. Hayes Associates. produk modem yang pertama kali dipasarkan pun diberi nama Hayes. Penemuannya inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal bagi perkembangan Modem selanjutnya.C.BAB III SEJARAH MODEM Sebelumnya mari kita sedikit memperdalam pengetahuan kita tentang sejarah Modem itu sendiri. Hayes adalah penemu Modem untuk komputer personal (PC). Hayes Modem Pertama 6 .

Wasantaranet. Proses kerja dari cable modem adalah memisahkan sinyal dari TV kabel menjadi dua.BAB IV JENIS – JENIS MODEM A. Indosatnet. Untuk kebutuhan minimal akses internet pada perumahan. Modem internal dipasang pada slot ekspansi mainboard. Berdasarkan Teknologi 1. Pemasangan pada modem dial-up ini prosesnya lebih mudah serta biaya yang lebih murah. Perbedaan cara kerja antara modem dengan ethernet adalah pada masalah jarak. koneksi dengan dial-up modem sudah cukup. Kecepatan cable modem berkisar antara 3-56 Mbps. dan CBNnet. Telkom dapat melakukan konfigurasi atau setting dengan menyediakan modem dial-up. Di Indonesia. Untuk saat ini. sedangkan pada ethernet yang memiliki kecepatan sekitar 10 atau 100 Mbps hanya bisa dalam jarak maksimum kurang lebih 1 km. Modem tidak dipengaruhi oleh jarak walaupun hanya memiliki kecepatan sekitar 50 Kbps. yaitu sinyal untuk televisi 7 . sedangkan modem eksternal dipasangkan pada komputer dengan menggunakan kabel data serial ataupun kabel data USB. Cable Modem Modem Kabel (Cable Modem) adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Modem Dial-up (Modem Telepo ) Modem telepon bekerja dengan menggunakan jaringan wireline yaitu kabel telepon. beberapa ISP dapat melayani jasa internet dengan modem dial-up. Bila telah memiliki line telepon dari PT. 2. akses internet dial-up dapat dilakukan secara langsung dengan telkomnet@instan. Kecepatan dari modem telepon ini bervariasi. diantaranya Telkomnet. dan bisa bekerja dalam jarak 100 km lebih. Cable modem memiliki cara kerja yang menyerupai cara kerja Network Interface Card (NIC) atau kartu ethernet yang dipasang pada komputer untuk Local Area Network (LAN). Untuk dapat berlangganan internet dengan modem dial-up dapat menghubungi ISP (Internet Service Protocol). Jenis modem dial-up yang beredar di pasaran terdiri dari modem internal dan modem eksternal.

umumnya menggunakan diplexer sehingga memungkinkan transmisi masuk dan keluar melalui tuner yang sama. Kedua sinyal tersebut tidak akan mencampuri satu sama lainnya. penerjemah Digital ke Analog. Sedangkan kecepatan upstream (sinyal keluar) berkisar antara 256 Kbps hingga 3 Mbps.dan sinyal data yang dihubungkan ke cable modem. cable modem dihubungkan dengan kartu jaringan (Network Interface Card) yang terdapat dalam PC. Modem DSL Saat ini. pada dasarnya sekarang isinya seperti diilustrasikan di diagram berikut: a) Tuner : yang menghubungkan langsung ke saluran CATV. 3. bertugas untuk melakukan ranging yang sangat mirip dengan protokol satelit. b) Demodulator: sinyal IF yang masuk diterima oleh demodulator yang biasanya terdiri dari penerjemahan Analog ke Digital. Ditinjau dari segi kecepatan dan biaya tidak berbeda jauh dengan cable modem. Teknologi untuk modem DSL yang baru tersedia adalah ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Hal ini dimungkinkan karena sistem pada line telepon tersebut dapat membedakan antara transmisi data dengan frekuensi tinggi dan transmisi 8 . ADSL tidak membutuhkan saluran telepon kedua tetapi membutuhkan splitter untuk pembagian antara modem dan telepon. DSL (Digital Subscriber Line) merupakan pesaing utama cable modem. e) Interface: bisa Ethernet. Anda bisa menelepon pada saat yang bersamaan ketika terkoneksi ke internet melalui satu saluran telepon yang sama. Tuner ini harus berkualitas cukup baik untuk menerima sinyal QAM digital yang termodulasi. Walaupun isi cable modem berbeda-beda. Kecepatan data downstream (sinyal masuk) rata-rata berkisar 4-56 Mbps. Kemudian. tidak semua daerah terjangkau oleh teknologi DSL. PCI Bus. ADSL menggunakan jaringan kabel telepon yang sudah di upgrade atau memiliki enhancement tertentu. d) MAC: Media Access Control. atau yang lainnya. Di Indonesia. USB. c) Burst modulator: mengirim sinyal keluar melewati tuner.

Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. kurang lebih 50 kali lebih baik dari yang ada sekarang. Mirip dengan perintah Hayes menetapkan data yang digunakan untuk modem. terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. dan kecepatan upstream berkisar antara 64 Kbps. Modem eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil. dimana kecepatan downstream maksimum 1. Modem Eksternal Seperti tergambar disamping.5 Mbps. di mana host PC perintah modem melalui serangkaian perintah yang dikenal sebagai perintah AT. maka ada yang baik ditetapkan set Common AT perintah suara yang agak konsisten di seluruh industry. perangkat modem eksternal berada diluar CPU. Kecepatan ADSL tidak terlalu jauh berbeda dengan kabel modem. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain. Teknologi ADSL akan mengembangkan modem dengan kecepatan 52 Mbps. B. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. dan pada umumnya ada kerjasama khusus antara penyedia jaringan telepon dan penyedia jasa internet. Disamping itu dengan menggunakan modem eksternal. tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain. 9 . VoiceModem Voice modem adalah istilah yang umum digunakan untuk menjelaskan sebuah telepon analog modem data dengan built-in kemampuan transmisi dan menerima rekaman suara melalui saluran telepon. Voice modem digunakan untuk telepon dan mesin penjawab aplikasi. harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal.suara pada frekuensi rendah. 4. Kerugiannya. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah. Berdasarkan Bentuk Fisik 1. Sistem ini masih membutuhkan penyedia jasa internet sendiri.

Penggunaan modem jenis ini memiliki beberapa keuntungan. mencegah orang lain untuk bertindak iseng terhadap modem kita karena terletak di dalam komputer. antara lain lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). Namun demikian. sehingga mempermudah memantau status modem. modem internal terpasang langsung didalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard. Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU. modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU. Karena telah terpasang di dalam CPU. maka modem jenis ini tidak membutuhkan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi. modem internal memiliki kelemahan berupa tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. tidak menggunakan kabel yang semerawut. Selain itu.sehingga sulit memantau status modem. Berikut table pembanding modem eksternal dan modem internal: Modem Eksternal Letaknya terpisah dari PC Modem Internal Dipasang pada slot ekspansi pada mainboard Lebih mahal Ada Indikator. biasanya lebih murah karena tidak memiliki case dan power supply terpisah. menghemat tempat. Modem Internal Berbeda dengan modem eksternal.2. dan juga menghemat uang kalian untuk 10 . Keuntungan dari masing-masing modem : Internal : Lebih mudah dipasang (atau menjadi mimpi yang paling buruk). Lebih murah Tidak adanya indikator.

Sebagian orang lebih cenderung untuk memiliki modem internal karena tidak suka terhadap banyaknya kabel. Jika kalian masih ingin memiliki modem internal dan juga memiliki lampu indikasi seperti yang dimiliki oleh modem eksternal kalian dapat mempergunakan program ModemSta yang merupakan progam “Modem Dashboard” dibuat oleh Ted Johansson yang cukup terkenal atau bisa juga mempergunakan program lain yang sejenis.membeli kabel serial dan kartu serial tambahan apabila PC kalian memiliki port serial yang tidak mendukung UART 16550/ Eksternal : Biasanya dilengkapi dengan panel atau LED atau LCD yang menampilkan info tentang apa yang sedang dilakukan oleh modem kalian yang mana berguna untuk membantu kita permasalahan yang terjadi. Pada beberapa modem memiliki LED atau LCD yang menarik dan mungkin juga berguna. dan tidak usah pusing dengan masalah UART. Lebih mudah dipindah tempatkan (contohnya. Tetapi beberapa orang menyatakan bahwa panel pada modem eksternal merupakan hal penting untuk troubleshooting. 11 . Di daerah yang rawan dengan masalah petir lebih aman bila menggunakan modem eksternal. Fungsi dari program tersebut adalah membuat replika dari lampu modem yang ditampilkan di layar monitor kalian dan juga memberikan fungsi-fungsi tambahan lainnya. Dan juga modem eksternal akan terlihat keren jika ditelakkan pada meja kalian. kalian dapat menggunakan modem eksternal yang sama untuk komputer desktop ataupun laptop kalian). terhindar dari debu. lebih mudah untuk pemindahan komputer. Tidak menggunakan slot di dalam komputer kalian. Dapat di-nyalakan atau di-matikan secara terpisah dari komputer. Modem eksternal juga juga memiliki pengatur suara yang memberikan kemudahan kepada kita untuk mengatur besar kecilnya suara dengan cepat dan mudah. Jenis apapun yang dipilih baik modem internal ataupun modem eksternal lebih memiliki kecenderungan pada masalah cita rasa pribadi saja.

Berdasarkan perkembangan jaman Seiring dengan perjalanan waktu maka perkembangan teknologi modem terus mengalami peningkatan dari yang menggunakan teknik modulasi paling sederhana hingga pada teknik modulasi yang canggih. Kecepatannya mencapai 28.200 bps. Kecepatan yang bisa dicapai 14.600 bps.400 bps. dengan teknik modulasi PSK atau QAM.600 bps dengan fallback rate 7.000 bps dan 9. Protokol yang dipergunakannya V. 6.200 atau 4. 5. Kecepatan yang bisa dicapai adalah 2.34 dengan teknik modulasi TCM. 3. Protokolnya menggunakan V.400 bps dengan fallback rate 1. 4.400 bps maka kecepetannya akan turun secara otomatis menjadi 1.400 bps. Modem ini menggunakan protokol V.27 dengan teknik modulasi PSK.29 dengan teknik modulasi QAM.33 dengan teknik modulasi TCM (Trellis Coded Modulation).400 bps. Modem 2.26 atau V.C. Kecepatan yang bisa dicapai adalah 4.400 bps. Modem 19. Perjalanan sejarah modem diawali dengan munculnya modem berkecepatan 300 bps kemudian terus meningkat hingga 56.34 dengan teknik modulasi TCM. 1.400 bps dengan fallback rate 12. Modem 4.200 bps.800 bps. Modem 14.800 bps.000 bps. Modem 28.800 bps.4 Kbps. 7. Protokol yang digunakan pada modem ini V.21 yang dapat mengirim hingga 300 bps dengan teknik modulasi PSK (Phase Sift Keying).800 bps dengan fallback rate 2. Protokol yang pertama kali digunakan dalam modem ini adalah Bell 103 dan V. 2. 12. Ia menggunakan protokol V. Kecepatan yang bisa dicapai 19.400 bps. Protokol modem ini menggunakan V.22 bis. 12 . Maksudnya. Modem 9.600 bps. bila kondisi saluran yang digunakan tidak memenuhi syarat untuk mencapai kecepatan 2. Modem 300 bps. Kecepatan yang bisa dicapai 9.200 bps dengan fallback rate 14.800 bps dengan fallback rate 14.200 bps.

Telkom Flash. kecepatan download lebih besar dari upload atau sebaliknya. DSL merupakan teknologi akses internet menggunakan kabel tembaga. Untuk mencapai tingkat kecepatan yang tinggi. dll. sering disebut juga sebagai teknologi suntikan atau injection technology yang membantu kabel telepon biasa dalam menghantarkan data dalam jumlah besar. GHDSL. Kecepatan yang bisa dicapai 33.600 bps dengan fallback rate dan 19. VDSL. bebas gangguan dan cepat. IDSL. DSL menggunakan sinyal frekuensi hingga 1 MHz. Protokol yang digunakan V. Contoh ISP : Telkom Speedy. DSL sendiri dapat tersedia berkat adanya sebuah perangkat yang disebut DSLAM (DSL Acces Multiplexter). sinyal frekuensi yang dipakai hanya berkisar antara 20 KHz sampai 1 MHz.200 bps. ADSL sendiri merupakan salah satu dari beberapa jenis DSL. 9. Sementara untuk penggunaan ADSL di Indonesia dengan program Telkom Speedy.34 dengan teknik modulasi TCM. D. Modem 33.8. adalah modem ADSL singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line sifatnya asimetris. disamping SDSL. Karena pada kalangan rumah tangga 13 .600 bps. namun menggunakan frekuensi yang berbeda. Berdasarkan media transmisi 1. Modem 56 Kbps. namun seperti yang terjadi pada generasi sebelumnya. Modem ADSL Salah satu jenis modem berdasarkan media transmisinya. modem ini tidak bisa mencapai kecepatan 56 Kbps setelah terpasang jaringan PSTN. Menggunakan jalur kabel telepon. dan HDSL. Teknologi modem terus berkembang dan untuk saat ini ada beberapa produsen modem yang telah berhasil menciptakan modem generasi terbaru yaitu modem dengan kecepatan 56 Kbps. sehingga. Kecepatan downstream inilah yang menjadikan ADSL lebih cocok untuk kalangan rumah tangga. telepon masih dapat digunakan walau terhubung ke internet. Lain halnya untuk ADSL. kecepatan yang ditawarkan berkisar antara 1024 kbps untuk downstream dan 128 kbps untuk upstream.

umumnya lebih banyak kegiatan menerima. SDSL memungkinkan pelanggan untuk memperluas jaringan data di atas jalur telepon yang telah ada. gambar. 2. Modem SDSL SDSL or Symetric Digital Subcriber Line biasanya digunakan di Eropa dan mempunyai besaran downstream dan upstream data yang sama yaitu sekitar 128 Kbits/s. ataupun video. Seperti mendownload data. dibandingkan kegiatan mengirim. 14 . musik.

BAB IV KESIMPULAN A. Selain Personal Computer (PC). kebutuhan setiap orang akan informasi sudah sangat mudah dan cepat untuk di daperoleh dengan berbagai media. penting bagi kita untuk mengetahui perkembangan dan jenis-jenis dari modem guna menambah wawasan dan pengetahuan kita. semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salah satunya adalah media internet atau biasa kita sebut dengan dunia maya. SARAN Pada saat ini. Alat hamper menjadi satu-satunya penghubung yang paling praktis. B. Modem menjadi sangat penting pada saat sekarang ini. salah satu sarana pendukung yang harus kita miliki untuk dapat terhubung dengan dunia maya adalah modem. 15 . PENUTUP Akhirnya penulis berharap. Kritik dan saran selalu penulis tunggu dalam perbaikan makalah ini. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan modem. Oleh karenanya. Berrbagai jenis modem pun bermunculan.

ilmukomputer.goegle.com http://www.org/wiki/Modem http://www.DAFTAR PUSTAKA http://id.wikipedia.com *** 16 .

3 /.3.90 /. 0307.-0902-.8 80-0:23.4 :39: .9075.038$ /8.3 907..4.3 .9.320/..3 93  $ 203:3.5./...2:3 805079 .8 %  0./ 0- -08.-0900543-./.390344.  4/02  -58 !74944.8 /  $803/7207:5.7.:7.3/9.9.:30.3-588090.3 90.39.39.9 4394$!%042$500/ %042.  .08:950907  &39: 203.3.3. 170:038 .3 .9 .05.:39: 503:3.7-0-07. -07..9 90780/.3 7:2..3/.9 3 ..2/..3:./.3828   4/02$ $.9:/./ . /.7 :54.3 /.9:03824/02-07/.05..05.3 . 0.3/5.3 /434.7.703.93./. 9.3$ $207:5.253 $$ $ $ '$ /.820978  0. 170:038 3..7  $ 803/7 /.24/02 $83.8 907-./ 5.3$/3/4308.344.9.7822097.3.3.3170:038.35747.5. 5.9..3!$%     07/.3. 8073 /80-:9:.3 /.390324/:.3/80-:9$ $..3 :39: 8.9.3-07-0/.3$0- .9.05. 80-. .3.3.9: 24/02 /03.23. -0-07./.3   -58    4/02  -58  %0344 24/02 907:8 -0702-. -58:39:/438970.90344 8:39. 03:3.3 24/02 0307.5.. 574/:803 24/02 .8.7 /.3  -58  3..-..5.7. $02039.38283..39:.. /..39.8.3 -8.7. 7. 8.7..73.    .3/:3.$:-8.80-:.3.05.8.8.-0900543 3.2%042$500/ 0..3 7:2.3-078.. 9. :39: $  83.3 83.05.8.9/:3..94390.    -58 /03.3' /03.8.3 ..9.320/.05.2 :2.808 3907309 203:3.3 1. -07.59.9..3.38./.507.05.9 0.2 0..7.25..3203.97.7. 203. .7.3.-078.9.  9005432..3 .7: ./.8.   ..7..9.3.7-073081.8 203.3 0. 93.9./03.3/438970. 803. -08. -8.3202-.: 80-.2:3 203:3..5.8/.5.:907:-:303907309 -0-.2 203.3 ..9.9.  24/02 3 9/.3-58 :39::58970.97.3.5.

9. .3 2025:3.3 8.3.:2:23.7 2:8 .2.9. .//.3/3.7-07 30 -.9.7  -98.9: 809.2 /.3 0. -08.  /-.:5:3. 0- -.3 /438970.3 / 745. .7. 0.2-. /.3 203072.3. /:3.2 /. 9.3 20372 $05079203/434.9.3 :58970.9..8.$:-./04    4/02$$ $$ 47 $2097.

8 .:7900543.73.      .././.3 50.3.8.3/.390.9.3 :39: 202507:.9.8  $$ 202:33.

/.92:/..8..8.50740/03.2507203.38.20/.980.324/02 077-.24/02 4/02203.3. .350309.9:39://.88:/.3. $0.724/02:3.380.2507-.3/:3.:50702-.331472..2.05.8.3038 038/.9.9 907:-:3/03. 802:..  I.5 8024.203.3      .503:-:3.39..9:8.2.950393 5.3. 03824/025:3-072:3.9..9.7.9:3.5.7.8.93 0-:9:.3809. 425:907 ! 8.:.:503:89:3:/.2.7...3.32033.3.98 $073/03.3...... 50393-.9-072.9.3.3  0. /.3/.8.503/::3. $.9-.703.:.8.3 5./8..547.31.3!07843./8.8.9:3.9D-   $# !.3/.9: 8.3-07-.:-..32..9..80-:9/03.33 ...503:8-07.357..2:39:/.2-./.3/.7:89.0-:9:./.3. 20/.     !&%&! 73.3907309.. 79/.:39: 20309.93.3.5.3/:3..7./.

%#!&$%   ½ $$ ½ f –$$. ¯ ½ $$ – – n¯ ½ $$ ¯¯½  n¯      &&&      .