P. 1
Gambar Mekanikal_i

Gambar Mekanikal_i

|Views: 65|Likes:
Published by Hery Sonawan

More info:

Published by: Hery Sonawan on Oct 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2011

pdf

text

original

Tutorial Gambar Mekanikal

1. Merencanakan Gambar Teknik
Sebelum memulai menggambar kita harus merencanakan bagaimana kita membuat penggunaan bidang gambar terbaik. Kemudian juga penting untuk memikirkan tentang jumlah pandangan dari gambar kita dan ukuran kertas yang akan digunakan.
• •

Coba maksmimalkan penggunaan bidang gambar yang ada. Apabila sebuah pandangan memiliki begitu banyak detail, coba dan buatlah gambar pandangan sebesar mungkin. Jika diperlukan, gambarlah pandangan itu dalam lembar terpisah. Apabila kita bermaksud untuk menambahkan dimensi pada gambar, ingatlah untuk menyisakan bidang di sekitar gambar untuk keperluan pemberian dimensi nantinya. Apabila kita bekerja dengan tinta, rencanakan urutan menggambar garisgaris. Sebagai contoh kita tidak ingin menempatkan mistar di tempat yang garisnya masih basah.

Garis dan Jenis Garis
Dalam tutorial ini, kita akan belajar membuat bentuk-bentuk sederhana menggunakan garis-garis. Garis-garis yang digunakan tidak sekedar memiliki jenis dan ketebalan yang sama. Tetapi garis-garis dalam gambar teknik lebih menyatakan geometri objek dan kita harus menggunakan jenis garis yang sesuai dengan kebutuhan. Ketebalan Garis Untuk kebanyakan gambar teknik, dibutuhkan dua jenis garis yaitu garis tebal dan garis tipis. Garis tebal biasanya memiliki ketebalan dua kali ketebalan garis tipis. Sebuah garis kontinu tebal digunakan untuk menggambarkan sisi-sisi yang terlihat (nyata) dan gambar sketsa. Sebuah garis tipis digunakan untuk keperluan arsir, garis penunjuk (leader line), garis pusat, garis dimensi (garis ukur) dan garis bantu (garis proyeksi). Jenis Garis Jenis-jenis garis yang sering digunakan dalam gambar teknik antara lain: Thin chain lines adalah sebuah fitur dalam gambar teknik yang digunakan untuk menandai garis pusat. Garis pusat digunakan untuk menyatakan pusat dari sebuah lingkaran, objek silindrik atau garis simetri.

Page 1

satuan dapat dinyatakan dalam dimensi jika pernyataan satuan disebutkan dalam gambar teknik. Seluruh catatan harus dituliskan dengan huruf besar untuk menambah legibility. Seluruh dimensi yang bernilai kurang dari 1 harus dimulai angka nol (0). Garis bantu (garis proyeksi) tidak menyentuh objek dan digambarkan tegak lurus dengan elemen yang akan di beri dimensi. Huruf Seluruh catatan dan dimensi harus dituliskan dengan jelas dan mudah terbaca. Umumnya. Dua garis proyeksi menandakan garis bantu dimana dimensi di mulai dan berakhir. Konvensi umum satuan yang dipergunakan adalah mm.35 harus dituliskan sebagai 0. Dimensi Sebuah gambar berdimensi harus mampu memberikan informasi yang diperlukan bagi sebuah produk akhir atau komponen yang ada di produksi. Sebuah contoh dimensi gambar ditunjukkan di bawah ini.Garis putus-putus digunakan untuk menunjukkan detail tersembunyi sebagai contoh tebal dinding dan lubang. Seluruh huruf harus memiliki ukuran yang sama dan lebih disukai tidak kurang dari 3 mm. Sebagai contoh diperlihatkan berikut: Page 2 .35. misalnya . Dimensi selalu digambarkan menggunakan garis tipis kontinu.

Page 3 .

Jenis-jenis Dimensi Dimensi Sejajar Dimensi sejajar (paralel) terdiri dari beberapa dimensi yang semuanya berawal dari satu garis bantu. Superimposed Running Dimensions Superimposed running dimensioning simplifies parallel dimensions in order to reduce the space used on a drawing. In general all other dimension lines are broken. Page 4 . Sebuah toleransi merupakan indikasi akurasi sebuah produk yang akan di buat. The common origin for the dimension lines is indicated by a small circle at the intersection of the first dimension and the projection line. The dimension note can appear above the dimension line or in-line with the projection line Dimensi Berrantai Dimensi berrantai hanya bisa digunakan jika fungsi objek tidak dipengaruhi oleh akumulasi toleransi.

Dimensi yang disederhanakan dengan cara sistem Koordinat Sangat memungkinkan juga untuk menyederhanakan dimensi koordinat dengan menggunakan sebuah tabel untuk menyatakan fitur dan posisinya. Dimensi dengan Koordinat Two sets of superimposed running dimensions running at right angles can be used with any features which need their centre points defined. Page 5 .Dimensi Gabungan Sebuah dimensi gabungan menggunakan dua jenis dimensi yaitu dimensi berrantai dan dimensi sejajar. such as holes.

A leader line is used to display the dimension. (c) cara terakhir adalah pemberian dimensi lingkaran dari luar lingkaran menggunakan sebuah tanda panah yang mengarah ke pusat lingkaran. Page 6 . Metode pertama garis dimensi ditarik di antara dua garis bantu dari dua titik yang berlawanan secara diametrik. Cara pertama yang menggunakan garis bantu (garis proyeksi) merupakan cara yang paling sering digunakan. Untuk tujuan memperjelas dimensi pada fitur kecil.Pemberian Dimensi Pada Fitur Kecil Ketika memberikan dimensi pada fitur yang kecil. tetapi pilihan tetap kembali kepada kita cara mana yang lebih disukai. (b) digunakan ketika gambar lingkaran terlalu kecil untuk diberikan dimensi. is used when the circle is too small for the dimension to be easily read if it was placed inside the circle. Ada beberapa aturan (a) memperlihatkan dua metode umum dalam pemberian dimensi lingkaran. Metode kedua yaitu garis dimensi diberikan di dalam lingkaran. Dimensi Lingkaran Seluruh dimensi lingkaran dilakukan dengan simbol dalam pemberian dimensi lingkaran: . tempatkan tanda panah dimensi di antara garis-garis bantu. cara-cara diatas dapat digunakan.

Ada dua cara memberi dimensi radius. (b) memperlihatkan bagaimana memberi dimensi radius dengan tidak memberi tanda lokasi titik pusatnya. Seluruh dimensi hanya memiliki satu kepala panah yang berujung pada garis yang akan diberi dimensi. (a) memperlihatkan sebuah radius yang diberi dimensi dengan titik pusat radius yang ditunjukkan. Kedalaman lubang biasanya disebutkan jika tidak dinyatakan di pandangan lain. seluruh dimensi. tanda panah dan garis-garis harus digambarkan tegak lurus terhadap radius sehingga garis ukur melalui center dari busur radius. Kedalaman lubang biasanya dilihat berdasarkan kedalaman silindris lubang dan bukan diukur terhadap kedalaman ujung bekas proses gurdi. Page 7 . Dimensi Radius Seluruh dimensi radial dikerjakan dengan huruf besar R. Kata-kata “lubang” tidak harus ditambahkan kecuali memang diperlukan.Dimensi Lubang Ketika memberi dimensi pada lubang. cara pembuatannya tidak spesifik disebutkan kecuali diperlukan untuk menyatakan fungsi produk.

Setiap dimensi dalam sebuah gambar harus memasukkan angka toleransi. Seluruh toleransi harus dinyatakan dengan angka yang sesuai hingga angka desimal di belakang koma untuk tingkat akurasi yang ditunjukkan dari produsen. (a tolerance specific to that dimension) Cara menyatakan sebuah toleransi pada sebuah dimensi sesuai saran Bristish Standard adalah: Catat bahwa ukuran batas atas diletakkan di atas ukuran batas bawah. Seluruh gambar teknik harus menampilkan sebuah kotak informasi. Sebuah contoh ditunjukkan dalam gambar berikut: Page 8 . 45.8 Layout Gambar Teknik Cukup penting bahwa kita mengikuti aturan sederhana ketika memproduksi sebuah gambar teknik yang walaupun tidak digunakan saat ini tetapi bisa berguna nantinya jika bekerja di industri.e. Akurasinya tergantung pada proses manufaktur yang digunakan dan teknik membuatnya. Angka toleransi dapat ditampilkan sebagai berikut: • • Sebuah angka toleransi bisa diterapkan pada berbagai dimensi.80 Tidak dituliskan sebagai: 45. Toleransi Dalam praktek tidak mungkin untuk menghasilkan produk dengan ukuran yang tepat seperti yang tercantum dalam gambar teknik.5 mm. bahkan jika angka itu mengandung angka nol (0).Dimensi Bola Radius pada sebuah permukaan bola (i. Atau sebuah toleransi spesifik terhadap dimensi. Sebuah angka toleransi menunjukkan variasi dimensi yang diizinkan dari sebuah produk yang dibuat. Sebagai contoh angka toleransi +/.25 44. the top of a drawing pin) ketika diberikan dimensi harus memiliki SR sebelum ukuran untuk menandai jenis permukaan.25 44.0.

jadi jika dijumpai permasalahan bisa diketahui lebih awal. Dengan memberikan angka versi pada gambar maka hal itu dapat membantu orang lain agar tahu bahwa mereka sedang menggunakan gambar versi terbaru. NAMA PERUSAHAAN (COMPANY NAME) Page 9 . TANGGAL (DATE) Tanggal gambar dibuat atau diubah/modifikasi SKALA GAMBAR (SCALE) Skala gambar. VERSI GAMBAR (VERSION) Banyak gambar akan mengalami perubahan selama periode waktu umur komponen. Ini penting terutama untuk keperluan quality control jadi sebuah masalah dapat dilacak balik hingga ke bagian awal. Komponen berukuran besar tidak akan muat tergambar di atas kertas gambar jadi dibutuhkan skala untuk memberikan sebuah petunjuk cepat tentang ukuran akhir produk. gambar diperiksa oleh orang kedua sebelum dikirimkan ke pabrik. DIPERIKSA (CHECKED) Di institusi teknik.Informasi Umum Yang Terrekam Dalam Sebuah Gambar Teknik JUDUL (TITTLE) Judul gambar NAMA (NAME) Nama orang yang menggambar. SISTEM PROYEKSI (PROJECTION SYSTEM) Sistem proyeksi digunakan untuk menciptakan gambar agar mudah diketahui dan dapat membantu orang lain dalam membaca gambar.

Untuk kebanyakan komponen. Diagram berikut memperlihatkan bagaimana sistem proyeksi bekerja. akan lebih baik menggabungkan banyak pandangan dalam sebuah kertas gambar dengan menggunakan sistem proyeksi yang ada. Page 10 . Jadi jika kita menggambarkan tiga sisi objek. pandangan yang kita lihat diproyeksikan melalui sisi lain dari objek. informasi tidak bisa diteruskan hanya dalam bentuk satu pandangan (pandangan tunggal). desain dengan bantuan komputer) didistribusikan di luar perusahaan sehingga nama perusahaan biasanya ditambahkan untuk mengetahui sumbernya. Proyeksi Orthografik Tujuan sebuah gambar teknik adalah meneruskan semua informasi yang diperlukan tentang bagaimana membuat komponen ke departemen produksi.Banyak gambar CAD (computer aided design. Daripada menggunakan beberapa lembar kertas dengan pandangan berbeda. maka kita menggambarkan pandangan yang diproyeksikan ke sisi lain objek dan bukan pada pandangan terdekat. Dengan proyeksi sudut pertama. Terdapat dua sistem proyeksi yang ada yaitu proyeksi sudut pertama (first angle) dan proyeksi sudut ketiga (third angle).

Jenis Potongan Potongan pada Bidang Tunggal Contoh berikut memperlihatkan sebuah pandangan potongan sederhana dimana objek dipotong dua oleh bidang potong. Sketsa nyata (terlihat) yang jauh dari bidang potong tidak ikut digambarkan. Sebuah potongan adalah sebuah pandangan tanpa ketebalan dan memperlihatkan sketsa objek pada bidang potong. menunjukkan sketsa bidang potong dan semua sketsa nyata bisa dilihat di luar bidang potong. Diagram di bawah ini memperlihatkan sebuah pandangan potongan dan bagaimana sebuah bidang potong bekerja. Sebuah pandangan potongan.Introduction Potongan dan pandangan potongan digunakan untuk memperlihatkan detail tersembunyi dengan lebih jelas. Bidang potong ditandai pada sebuah gambar menggunakan jenis garis pusat tetapi dengan ujung tebal yang Page 11 .Potongan . Potongan dibuat dengan menggunakan sebuah bidang potong untuk memotong objek.

Sketsa memperlihatkan dimana objek dipotong. Contoh dibawah ini memperlihatkan sebuah pipa yang dipotong oleh dua bidang sejajar. Page 12 . Potongan dengan Dua Bidang Sangat memungkinkan bagi bidang potong untuk berubah arah untuk megurangi jumlah potongan yang diperlukan untuk menggambarkan detail yang diperlukan. Contoh dibawah ini memperlihatkan potongan pada bidang potong A-A. Arah pandangan ditandai dengan tanda panah dengan sebuah huruf referensi.menandakan akhir garis dan juga menandakan perubahan arah bidang potong.

Catat bahwa garis yang digunakan untuk menandakan akhir potongan adalah berupa garis tipis kontinu. Page 13 . Potongan Sebagian Dalam praktek. sudah umum untuk memotong sebuah bagian objek ketika hanya sebagian kecil area dipotong untuk memperlihatkan detailnya. Contoh di atas memperlihatkan sebuah bagian terpotong yang menandakan lubang tembus pada sebuah pelat.Potongan Setengah Potongan setengah seringkali digunakan untuk memperlihatkan bagian dalam dan luar dari sebuah objek simetrik.

bagian terpotong dapat diisi penuh dengan garis. Arsir Pada Objek Tunggal Ketika membuat arsir pada objek tetapi objek itu memiliki area terpisah maka seluruh area objek itu harus di arsir dengan arsiran yang sama dengan spasi yang sama pula. Arsir Pada Objek Berdekatan Ketika membuat arsir pada objek terakit (assembled) arah arsir (sudut arsir) idealnya dibalik pada bagian yang berdekatan. Arsir digambarkan dengan sebuah garis tipis kontinu dengan jarak spasi tertentu yang sama (lebih disukai sekitar 4 mm. Jika lebih dari dua bagian saling berdekatan maka arsiran harus dibuat bertingkat untuk membedakan bahwa bagian-bagian itu terpisah. area terpotong harus di arsir untuk menandakan hasil potongan. dan tidak kurang dari 1 mm) dan lebih disukai bersudut 450.Arsir Pada potongan dan pandangan potongan. Page 14 . Ini hanya bisa dilakukan jika tebal dinding kurang dari 1 mm. Untuk melakukan itu. Reverse hatching Staggered Hatching Mengarsir Material Tipis Terkadang sulit untuk mengarsir bagian yang sangat tipis.

Page 15 . Ketika digambarkan dari sisi akhir sebuah penampang berulir ditandai oleh lingkaran terputus menggunakan sebuah garis tipis. Mengarsir Bidang yang Luas Ketika mengarsir bidang yang luas agar tetap terlihat. Gambar Komponen Berulir Konvensi Gambar A threaded part Ulir digambarkan dengan garis tipis. arsiran bisa dibatasi pada bidang yang dekat dengan sisi bagian lain..

Seringkali sebuah penampang berulir yang ada di dalam komponen perlu diperlihatkan. Komponen Dalam Jika terdapat komponen di dalam komponen maka potongan harus Page 16 . Perakitan komponen-komponen ini diperlihatkan dalam gambar terakit yang juga dikenal sebagai sebuah gambar susunan. Fitur Yang Ada Dalam Gambar Susunan Dimensi Dimensi detail yang diperlukan untuk manufaktur termasuk dalam gambar susunan. Pandangan potongan menggunakan dua jenis garis. Catat aturannya. Gambar Susunan Di bagian sebelumnya dijelaskan aspek umum dari gambar teknik dan bagaimana cara menghasilkan sebuah gambar detail dari komponen tunggal dengan semua informasi yang diperlukan untuk membuat komponen. If the spatial relationship between parts if important for the product to function correctly then these should also be indicated on the drawing. Dua ilustrasi ini memperlihatkan dua cara menggambar penampang berulir. Tetapi biasanya dimensi itu hanyalah dimensi total dari objek terrakit. tebal dan tipis dengan arsiran yang memenuhi area potongannya. Detail tersembunyi digambarkan sebagai garis tipis putus-putus. For example idicating the maximum and minimum clearance between two parts.

.herts. Garis penunjuk diakhiri oleh sebuah tanda panah jika garis itu menyentuh sisi komponen atau sebuah lingkaran kecil penuh jika garis penunjuk itu berada di dalam area komponen. Sumber : http://www. Description Qty Material Remarks Tiga item pertama yaitu Item No. dan Quantity harus dilengkapi untuk setiap komponen yang ada di gambar (jumlah komponen yang sama terrekam dalam Qty). Description. Item No.digunakan. Daftar Komponen Setiap komponen ditandai dengan nomor yang dituliskan dalam gambar dengan sebuah lingkaran dengan sebuah nomor didalamnya dan sebuah garis penunjuk yang menunjuk ke komponen.ider. Sebuah tabel komponen harus ditambahkan ke gambar untuk mengidentifikasi setiap komponen yang ada.ac. Material adalah yang digunakan untuk komponen yang akan dibuat. Kolom Remarks berguna untuk merrekam nomor komponen ketika terdapat komponen yang dibeli.html Page 17 .uk/school/courseware/graphics/engineering_drawing/line styles.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->