TUGAS STRATEGI DAN KEBIJAKAN BISNIS “ PT TIRTA INVESTAMA (AQUA) “

Oleh : Siti Sumaiyah 09.03.2.1.1.00016

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2011

Bukan air tanah biasa. TOTAL dan sebagainya oleh si penjual walaupun sebelumnya mereka meminta “Beli Aqua satu. Sedangkan untuk keseluruhan market share AMDK di Indonesia. Alam pegunungan Indonesia banyak menyimpan kekayaan yang tak ternilai harganya.” Hal itu mungkin terjadi karena Aqua adalah pelopor bisnis AMDK dan menjadi produsen AMDK terbesar di Indonesia. Dari itulah yang menginspirasi penemu air minum dalam kemasan untuk menciptakan sebuah inovasi baru yaitu air minum dalam kemasan. Aqua menguasai 50% pasar. Bahkan pangsa pasarnya sendiri saat ini sudah meliputi Singapura. Malaysia. Timur Tengah dan Afrika. Fiji. Air AQUA telah melewati proses pemurnian secara alami selama perjalanannya dari pegunungan hingga mencapai sumber mata air bawah tanah. ADENI. air menyerap mineral dan menjaga keseimbangannya sebagaimana di sumber mata air asalnya. CLUB. yang merupakan mineral penting bagi kesehatan tubuh.. Nama Aqua kini telah menjadi semacam nama generik dari produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) serupa di Indonesia. nenek moyang kita tidak pernah berpikiran ada air minum dalam kemasan yang bisa dibawa kemana-mana saat bepergian. bukan air yang dipompa. yang menjadikan setiap tetes AQUA ciptaan berharga alam semesta yang jernih dan segar dengan segala kebaikan dan keseimbangan alami mineralnya. namun mata air pegunungan. sumber air terbaik anugerah alam yang penuh dengan kebaikan alam dan tidak tersentuh tangan manusia. Perhatikan saja sekitar kita.BAB I PENDAHULUAN Mungkin pada zaman dulu. Inilah keistimewaan mata air AQUA. RON 88 atau ADES. Saat ini Aqua memiliki 14 pabrik yang tersebar di Jawa dan Sumatra. Australia. Sumber pilihan AQUA. jarang sekali ada pembeli yang protes saat mereka diberi VIT. Di Indonesia sendiri mereka menguasai 80 persen penjualan AMDK dalam kemasan galon. kebanyakan orang yang kita temui menyebut nama Aqua saat mereka hendak membeli AMDK di warung atau toko? Dan perhatikan juga. Sepanjang perjalanannya ini. sehingga memudahkan bagi orang atau masyarakat dalam melakukan bepergian. .

 1985 Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan PET 220 ml.  1974 Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi.BAB II PEMBAHASAN 2.1 Sejarah Perusahaan Minuman Merek Aqua PT Tirta Investama (Aqua) Aqua lahir atas ide almarhum Tirto Utomo (1930-1994).  1984 Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan di Jawa Timur. Pengembangan ini membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi. Beliau menggagas lahirnya industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia melalui PT Golden Mississippi pada tanggal 23 Februari 1973. Harga per botol adalah Rp. sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut. . Sejarah Perusahaan Minuman Merek Aqua secara sistematis:  1973 PT AQUA Golden Mississippi didirikan sebagai pioner perusahaan air minum mineral pertama di Indonesia.  1993 Menyelenggarakan program AQUA Peduli (AQUA Cares). 1981 AQUA memutuskan untuk mengganti bahan baku yang semula dari sumur bor ke mata air pegunungan yang mengalir sendiri (self flowing spring).75. sebagai langkah pendauran ulang botol plastik AQUA menjadi materi plastik yang bisa dapat digunakan kembali. Pabrik pertama didirikan di Bekasi.

AQUA menang telak di ajang Indonesian Best Brand Award.2004] pada 1 Juni  2003 Perluasan kegiatan produksi AQUA Group ditindaklanjuti melalui peresmian pabrik baru di Klaten pada awal tahun.  2002 Banjir besar yang melanda Jakarta pada awal tahun menggerakkan perusahaan untuk membantu masyarakat dan juga para karyawan AQUA sendiri yang terkena musibah tersebut. sehingga proses produksi menjadi lebih higienis. AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. 1995 AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. . Mulai diberlakukannya Kesepakatan Kerja Bersama [KKB 2002 . AQUA menghadirkan kemasan botol kaca baru 380 ml pada 1 November 2001.. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia.  1998 Penyatuan AQUA dan grup DANONE pada tanggal 4 September 1998. Hasil sistem in line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi. sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group. Upaya mengintegrasikan proses kerja perusahaan melalui penerapan SAP [System Application and Products for Data Processing] dan HRIS [Human Resources Information System].  2000 Bertepatan dengan pergantian milenium.  2001 DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi 74 %.

jenis air dalam kemasan yang diberi esens rasa buah strawberry dan orangemango. merupakan salah satu perusahaan besar di indonesia yang bergerak di bidang air minum dalam kemasan (AMDK) yang sudah memiliki tempat di hati masing-masing konsumennya.  2005 DANONE membantu korban tsunami di ACEH. setiap pembelian 1L AQUA (dengan label khusus). Program khusus dari DANONE AQUA ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kebiasaan hidup sehat melalui penyediaan akses air bersih dan edukasi . termasuk kesulitan akses air bersih di Indonesia demi mewujudkan peningkatan kebiasaan hidup sehat keluarga. Contohnya saja.2 Ketanggapan Sosial dari Perusahaan PT Tirta Investama (Aqua) Perusahaan PT Tirta Investama yang merupakan produsen dari air minum dalam kemasan merek Aqua. AQUA menghadirkan kemurnian alam baik isi maupun penampilan luarnya. Bisa dibilang air minum dalam kemasan merek Aqua ini sudah memeliki kedudukan tertinggi di hati konsumen dibandingkan dengan air minum dalam kemasan merek lain. Satu Untuk Sepuluh Melalui program “Satu untuk Sepuluh”. AQUA memproduksi MIZONE. Berikut ini beberapa aksi ketanggapan sosial perusahaan PT Tirta Investama terhadap masyarakat Indonesia : 1. AQUA berkomitmen untuk memberikan fasilitas penyediaan akses terhadap 10L air bersih. jika orang mau membeli air tidak bilang mau beli air mineral melainkan mereka bilang mau membeli Aqua-nya. Caranya.minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE. 2004 Peluncuran logo baru AQUA. Tidak diherankan jika konsumen bilang demikian. 2. Peluncuran produk ini memperkuat posisi AQUA sebagai produsen minuman. karena air minum dalam kemasan merek Aqua meiliki brandimage yang baik dan Aqua selalu menjaga kualitas dari airnya yang tidak tersentuh tangan manusia sama sekali sejak dari sumbernya. Pada tanggal 27 sept. AQUA ingin berkontribusi secara proaktif dan berkelanjutan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. orange lime dan passion fruit. MIZONE hadir dengan dua rasa. AQUA meluncurkan varian baru AQUA Splash of Fruit.

tambah dia. jika dihitung dalam tangki mencapai 1. Bantuan air bersih yang diberikan. di tempat pabrik Aqua berdiri kelompok-kelompok kerja hasil kerja sama LSM dan CSR Danone Aqua. ada kelompok kerja lainnya dari warga desa yang terdiri dari kaum pria yang melakukan budidaya jamur tiram dan keripik. Semua dilakukan melalui kerjasama multipihak termasuk dengan lembaga swadaya masyarakat dan pemerintah setempat serta berbasis komunitas”. di mana CSR Danone Aqua membantu pemberdayaan masyarakat sekitar lewat pengolahan sabun sereh. pemantauan serta pengurangan emisi CO2. Selain itu. perusahaan PT Tirta Investama (Aqua) sudah . yakni Klaten dan Boyolali.mengenai kesehatan bagi daerah yang membutuhkan. Dia mencontohkan. 3. kata dia. Berkat program ini. yang disalurkan melalui Yayasan Klaten Peduli Umat sebanyak 700 tangki dan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Klaten sebanyak 300 tangki. Troy Pantouw. kelompok kerja Jati Anom di Desa Karangjati yang mengelola sampah plastik menjadi kerajinan dan sampah organik menjadi kompos. Jawa Tengah. kini masyarakat NTT sudah dapat mengambil air bersih di tempat yang lebih dekat. Dengan demikian. Aqua secara berkesinambungan melakukan beberapa langkah penting dalam pengelolaan sumber daya air dengan aktifitas pelestarian lingkungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang melintasi dua kabupaten. pertanian organik dan pengelolaan sumber daya air terpadu. 2. Aqua Bantu 5 Juta Liter Air ke Merapi PT Tirta Investama (Danone Aqua) memberikan bantuan 5 juta liter air bersih kepada warga di daerah kekeringan yang berada di lereng Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang. Selain menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat Lereng Merapi. Kabupaten Klaten. konservasi dan pendidikan lingkungan. NTT. Salah satunya. di wilayah Pasuruan. arang dan budidaya tanaman kopi. kata Direktur Komunikasi PT Tirta Investama Danone Aqua. Aqua Danone Dukung UKM Usaha Kecil dan Menengah harus terus didorong guna meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR).000 tangki air bersih. "Kegiatan tersebut dilakukan dengan peningkatan akses air bersih dan penyehatan lingkungan. yang sejak Juli lalu mengalami krisis air. Untuk saat ini. program ini sedang dilaksanakan di kecamatan Boking dan Amanatun Utara. Contoh lain juga dilaksanakan di Desa Dayurejo.

Aqua Gelar CSR Kesehatan di Babakanpari Aqua Gelar CSR Kesehatan di Babakanpari. Salah satu bentuk program CSR tersebut adalah pengobatan gratis dan pemberian makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil yang diselenggarakan akhir pekan lalu di aula Balai Desa Babakanpari. Sebagai salah satu pelaku industri. Upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Danone Aqua mungkin dapat dijadikan salahsatu inspirasi bagi dunia industri.membuktikan bahwa Aqua tidak hanya fokus berjualan air tapi melakukan penghijauan lingkungan. Hal ini berbanding terbalik dengan kebiasaan investor yang baru mulai melakukan CSR ketika pabriknya sudah berdiri. Program CSR telah dilakukan Danone Aqua sebelum melakukan investasi di berbagai daerah melalui pembangunan pabriknya." kata Iwan selaku Kepala Desa Babakanpari ketika dihubungi Senin (2/8). produsen air minum dalam kemasan Aqua melakukan sejumlah pemberdayaan masyarakat dan mendukung pengembangan UKM sebagai bagian dari kegiatan CSR Danone Aqua. PT Tirta Investama. "Program CSR bidang kesehatan dari PT Tirta Investama Aqua bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. kerja sama dengan sekolah dan pemerintah daerah mengembangkan perekonomian masyarakat sekitar. Hal ini menunjukkan bahwa Aqua memang memiliki kualitas yang cukup bagus baik dalam bidang produksi maupun bidang sosial ekonomi. Begitu banyak aksi ketanggapan sosial yang sudah dilakukan oleh perusahaan PT Tirta Investama untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat kecil dan menengah serta membantu masyarakat yang sedang dilanda kekeringan bahjan krisis air bersih. Tujuan peningkatan ekonomi masyarakat menjadi target dari kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan UKM oleh Danone Aqua. . 4.

BAB III PENUTUP 3. .  Perusahaan PT Tirta Investama (Aqua) sudah melakukan banyak program pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya mengkonsumsi air bersih dan sehat seperti halnya Aqua. jadi PT Tirta Investama harus lebih mengoptimalkan dalam hal promosi Aqua. Beliau menggagas lahirnya industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia melalui PT Golden Mississippi pada tanggal 23 Februari 1973.2 Saran  Mungkin perusahaan PT Tirta Investama (Aqua) kurang dalam hal promosinya.  Aqua juga menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama dengan membantu beberapa daerah yang sedang dilanda bencana. 3.1 Kesimpulan  Aqua lahir atas ide almarhum Tirto Utomo (1930-1994). dan mendukung beberapa UKM di beberapa wilayah guna meningkatkan penghasilan masyarakat dan mengangkat masyarakat dari kemiskinan.

kaskus.com/journal/item/176/Sejarah_AQUA www.aqua.DAFTAR PUSTAKA http://www.multiply.us/showthread.com .php?t=2848134 http://scylics.