Anatomi dan Fisiologi Sistem Kardiovaskuler

Anatomi Jantung
Jantung adalah sebuah organ yang terdiri dari otot. Ukurannya lebih kurang sebesar genggaman tangan kanan dan beratnya kira-kira 250-300 gram. Jantung terletak di rongga toraks (dada) sekitar garis tengah sternum atau tulang dada disebelah anterior dan vertebra (tulang punggung) disebelah posterior. Bentuk jantung menyerupai jantung pisang, bagian atasnya tumpul (pangkal jantung) disebut juga basis kordis. Disebelah bawah agak runcing yang disebut apeks kordis.

Kamar jantung terdiri dari sisi kanan dan sisi kiri jantung, masing-masing tersusun atas dua kamar, atriym dan ventrikel. Dinding yang memisahkan kamar kanan dan kiri disebut septum. Ventrikel adalah kamar yang menyemburkan darah ke arteri. Atrium adalah menampung darah yang datang dari vena. Perbedaan ketebalan dinding atrium dan ventrikel berhubungan dengan beban kerja yang diperlukan oleh tiap kamar.  Lapisan-lapisan Jantung Endokardium Merupakan lapisan jantung yang terdapat disebelah dalam sekali yang terdiri dari jaringan endotel atau selaput lendir yang melapisi permukaan rongga jantung. Miokardium Merupakan lapisan inti dari jantung yang terdiri dari otot-otot jantung, ototjantung ini membentuk bundalan-bundalan otot yaitu :

 Katup-katup jantung Katup jantung memungkinkan darah mengalir hanya ke satu arah dalam jantung. Bundalan otot atria. membuka dan menutup secara pasif sebagai respon terhadap perubahan tekanan dan aliran darah. yang membentuk bilik jantung. yang terdapat di bagian kiri/kanan dan basis kordis yang membentuk serambi atau aurikula kordis. . Katup terdiri dari : • Katup atrioventrikular Yaitu. Bundalan otot atrioventrikuler merupakan dinding pemisah antara serambi dan bilik jantung. . Bundalan otot ventrikel. terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan pariental dan viseral yang bertemu di pangkal jantung membentuk kantung jantung. c. - Perikardium Adalah lapisan jantung sebelah luar yang merupakan selaput pembungkus. dimulai dari cincin atrioventrikuler sampai di apeks jantung.Katup bikuspidalis Terletak antara atrium sinistra (kiri) dengan ventrikel sinistra (kiri) yang terdiri dari 2 katup.Katup trikuspidalis Terdapat antara atrium dekstra (kanan) dengan ventrikel dekstra (kanan) yang terdiri dari 3 katup.a. katup antara atrium dan ventrikel. b. Katup yang tersusun atas bilah-bilah jaringan fibrosa. .

emosi. . • Katup semilunaris . makanan.Darah mengalir dari atrium ke ventrikel pada waktu diastol ventrikel. . Kecepatan denyut jantung dalam keadaan sehat dipengaruhi oleh pekerjaan. cara hidup dan umur.  Denyut Jantung Denyut nadi merupakan suatu gelombang yang teraba pada arteri bila darah dipompakan keluar jantung. Denyut dapat diraba pada arteri radialis dan arteri dorsalis pedis yang merupakan gelombang tekanan yang di alihkan dari aorta ke arteri yang merambat lebih cepat. tempat darah mengalir menuju ke paru-paru.Katup semilunaris aorta Terletak antara ventrikel sinistra (kiri) dengan aorta tempat darah mengalir menuju ke seluruh tubuh. Darah mengalir dari ventrikel kiti ke aorta dan ke ventrikel kanan ke arteri pulmonalis pada waktu sistol ventrikel.Katup semilunaris arteri pulmonalis Terletak antara ventrikel dekstra (kanan) dengan arteri pulmonalis.

darah masuk ventrikel dari atrium karena tekanan dalam ventrikel lebih rendah dari pada atrium. Fase pengisian cepat. kontraksi ventrikel menyebabkan katup mitral tertutup. Pada waktu sistol : Kontraksi isovolumetrik. darah didorong keluar dari ventrikel ke aorta 2. - . Sedangkan konstriksi ventrikel lebih lama dan lebih kuat.3 detik dan tahap pengendoran selama 0. tekanan di dalam ventrikel kiri lebih rendah dari pada di dalam aorta sehingga katup semilunaris aorta tertutup dan menahan darah agar tidak kembali ke ventrikel. memompakan sedikit lagi darah yang ada di atrium. darah dari atrium masih mengalir sedikit ke ventrikel. Siklus jantung Siklus jantung merupakan kejadian yang terjadi dalam jantung selama peredaran darah. Lama konstriksi ventrikel ± 0. katup semilunaris aorta terbuka. Pada waktu diastol : - Fase relaksasi isovolumentrik. Konstriksi kedua atrium pendek. Fase pengisian lambat. tekanan dalam ventrikel meningkat mencapai tekanan dalam aorta. katup atrioventrikular membuka.5 detik. Fase ejeksi : tekanan dalam ventrikel melebihi tekanan dalam aorta. Fase sistole atrium. Perubahan dalam siklus jantung berupa : 1. Gerakan jantung terdiri dari 2 jenis yaitu kontriksi (sistole) dan pengendoran (diastole) konstriksi dari ke-2 atrium terjadi secara serentak yang disebut sistole atrial dan pengendorannya disebut diastole atrial.

 Peredaran darah jantung Arteri Merupakan pembuluh darah yang keluar dari jantung yang membawa darah keseluruh bagian dan alat tubuh. lapisan yang paling liuar sekali terdiri dari jaringan ikat gembur yang berguna menguatkan dinding arteri. Arteri ini mempunyai dinding kuat dan tebal tetapi sifatnya elastis dan terdiri dari 3 lapisan yaitu. Vena Merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari bagian/alat-alat tubuh masuk kedalam jantung. 1) tunika intima/interna. lapisan yang terdiri dari jaringan otot yang sifatnya elastis dan termasuk otot polos. lapisan yang paling dalam sekali yang berhubungan dengan darah dan terdiri dari jaringan endotel. 2) tunika media. Tentang bentuk sususan dan juga pernafasan pembuluh darah yang menguasai vena sama dan pada arteri. Katup-katup pada vena . 3) tunika external/adventisia. Pembuluh darah arteri yang paling besar yang keluar dari ventrikel sinistra disebut aorta.

dapat terdengar dua macam suara yang disebabkan oleh katup-katup yang menutup. Dindingnya terdiri dari lapisan endotel. sebagai pencetus rangsangan. kuku dan tulang rawan. Vena-vena yang ukuran besar diantaranya vena cava dan pulmonalis. Dalam keadaan normal jantung tidak membuat bunyi lebih keras. rambut. tetapi bila arus darah cepat atau kalau ada kelainan pada katup maka terdapat bunyi bising. Bagian tubuh yang terdapat kapiler.  Daya pompa jantung Dalam keadaan istrahat jantung beredar 70 kali/menit. Bunyi pertama adalah panjang.kebanyakan terdiri dari dua kelompok yang gunanya untuk mencegah darah agar tidak kembali lagi. otot ventrikel. Setiap menit jumlah volume darah yang tepat sama sekali dialirkan dari vena ke jantung. Diameternya kira-kira 0. Pada waktu banyak pergerakan. Apabila pengembalian dari vena tidak seimbang dan ventrikel gagal mengimbanginya dengan daya pompa jantung maka vena-vena dekat jantung jadi membengkak berisi darah sehingga tekanan dalam vena naik dalam jangka waktu lama. dan serat otot khusus pengantar rangsangan. kecepatan jantung bisa dicapai 150 x/menit dengan daya pompa 20-25 liter/menit. vena-vena ini jg mempunyai cabang-cabang yang lebih kecil yang disebut venolus yang selanjutnya menjadi kapiler. Tipe otot atrium dan ventrikel . dan bunyi kedua karena menutupnya katup aotra dan arteri pulmonar setelah konstriksi dari ventrikel.008 mm. yang kedua pendek dan tajam. Bunyi pertama disebabkan menutupnya katup atrioventrikel. Fisiologi jantung Fisiologi otot jantung Terdiri dari tiga tire otot jantung yang utama yaitu otot atrium.  Bunyi Jantung Selama gerakan jantung. -Kapiler Merupakan pembuluh darah yang sangat halus.

Sedangkan serat khusus penghantar dan pencentus rangsangan berkontraksi dengan lemah sekali sebab serat-serat ini hanya mengadung sedikit serat kontraktif malahan serat ini hanya mengandung sedikit serat kontraktif dan serat ini menghambat irama. Tidak dapat berkontraksi tetanik Refraktor absolut pada otot jantung berlangsung sampai sepertiga masa relaksasi jantung. . Fungsi umum otot jantung Sifat ritmisitas/otomatis Berkontraksi tanpa adanya rangsangan dari luar karena jantung dapat membentuk rangsangan (implus) sendiri. Mengikuti hukum gagal atau tuntas Bila satu sel otot jantung terangsang akan memberikan jawaban berupa seluruh jantung kontraksi. atas : Sinoatrial node (SA Node) Terletak pada dinding atrium kanan bagian superior. Kekuatan kontraksi dipengaruhi panjang awal otot Sistem konduksi pada jantung. merupakan upaya tubuh untuk melindungi diri. dekat dengan masuknya vena cava. Implus dari sini diteruskan ke seluruh otot dinding atrium dan merangsang potensial aksi dan dilanjutkan dengan kontraksi otot atrium.berkontraksi dengan cara yang sama seperti otot rangka dengan kontraksi otot yang lebih lama. Atrioventrikular node (AV Node) Terletak pada dinding atrium bagian posterior. berbatasan dengan atrium kiri.

aorta. arteri besar. arteriol. vena dan akhirnya masuk vena pulmonalis dan terus ke atrium kiri. dan inferior. . Sirkulasi sistemik mengandung darah kaya O2 yang berasal dari paru. vena besar dan vena kava superior. vena kecil. terus masuk kapiler. kembali berkumpul menjadi venula. SISTEM SIRKULASI Sistem sirkulasi terbagi atas sirkulasi sitemik (sirkulasi besar yang mencakup seluruh tubuh) dan sirkulasi paru (sirkulasi kecil). mulai mengalirkan darah dari pentrikel kiri. kemudian masuk keatrium kanan. kembali kevenula. cabang-cabang arteri. Sirkulasi paru dimulai dengan pompaan darah dari ventrikel kanan yang menerima darah dari atrium kanan menuju arteri pulmonalis yang terus bercabang menjadi kapiler alveolus.

.

Daftar Pustaka Syaifuddin. EGC . Jakarta .2006.Anatomi fisiologi untuk mahasiswa keperawatan.