MUSIK ARAB

Fajar Adibuana Muhamad Risyad Aldino Suryana Irsan .S RM Reza Rahman WKK M.Satria Rizky Gunawan M. Ichsan M.Adrean Daistiar F

memiliki sejarah interaksi yang panjang dengan banyak jenis dan genre musik daerah yang lain.MUSIK ARAB • Musik Arab (bahasa Arab: ‫ الموسيقى العربية‬al-mūsīqā al‘Arabīyah) adalah musik musik dari dunia Arab. . Musik Arab adalah sebuah campuran dari sebuah musik Arab di Semenanjung Arab dan musik dari semua orang yang membuat dunia Arab hari ini. • Selama musik Arab bebas dan sangat hidup. termasuk beberapa genre dan gaya musik menjangkau dari musik klasik Arab ke musik pop Arab dan dari musik duniawi ke musik yang berkenaan dengan agama.

puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Harun al Rasyid (766-809) di Bagdad. mereka tetap memiliki ciri khas tersendiri dalam format musiknya. Ahli teori musik yangterkenal adalah Al Farabi (900-950) dan Avicenna (980-1037).PERKEMBANGAN MUSIK • Musik tradisi Arab diyakini telah ada sejak awal abad ke-3. .Beliau dikenal sebagai pelindung seni musik tradisi Arab.abad ke-6). Meskipun tradisi musik Arab telah mengalami perubahan beribu-ribu tahun lamanya. Irak. Budaya musiknya merupakan perpaduan dari tradisi musik dinasti Sassanid di Persia (224-641). Musik bagi bangsa Arab erat hubungannya dengan magis dan falakiah. dan nyanyian religi dari daerah semenanjung Arab. Berbagai tulisan musik (partitur) baru di temukan setelah berkembangnnya agama Islam di Arab. yakni sejak masa dinasti Umayyah pada abad ke-7. tradisi musik awal kerajaan Byzantium (awal abad ke-4.

RAGAM MUSIK .

dan cerita tradisi klasik pra-islam.mulai dibentuk nyanyian Kasidah dengan berbagai tema seperti keindahan alam. cara musik arab erat hubungannya dengan nyanyian ayat-ayat suci dalam Al-Qur’an. pengalaman religius. nyanyian tersebut merupakan isidari firman Tuhan yang dilantunkan dengan hafalan. peristiwa politik. perhatian utama dalam nyanyian tersebut adalah teks lagu. Sehingga. Karenanya. Dalam hal ini. . Kefasihan berpidato dan menghafal AlQur’an sangat diperhatikan dalam budaya Arab.MUSIK RELIGI • Menurut sejarahnya.

Musik Nubian di Mesir menggambarkan musik Arab yang unik dengan sistem nada pentatonic dan irama khusus. Tradisi Gnawa dari Moroko. MUSIK RAKYAT . Musik Negara-negara jazirah Arab yang kaya dengan permainan drum.• Banyak musik tradisi rakyat yang dapat ditemukan di sepanjang daerah Arab. mengambil nama dari para budak Guinean yang dibawa ke Maroko dari Afrika Barat. menunjukkan hubungannya yang luas dengan pedagang dari Afrika.

. penyanyi berusaha untuk mempertahankan tradisi mereka sesuai dengan gaya dan bahasanya. Dalam hal lirik lagu. Keyboard elektrik yang disesuaikan dengan maqamat mengiringi para penyanyi di dalam penampilannya.MUSIK POPULER • Musik Arab Populer merupakan perpaduan dari kedua ragam musik di atas. Drum dan irama musik rakyat menjadi bagian paling pokok dalam pertunjukkan musik yang sebagian besar dilakukan oleh kaum muda.

RAGAM MUSIK .

Melodi lagu terdiri dari sejumlah variasi melodi (sekitar 52 variasi). Musiknya secara umum sangat kaya akan melodi sehingga memberi nuansa halus dan kesempatan untuk membuat berbagai variasi. Cara ini disebut maqamat. Diantaranya terdapat nada-nada yang memiliki jarak interval yang sangat kecil (microtones). Nada-nada yang dipakai secara umum lebih banyak daripada yang dikenal dalam musik Barat. Cara berolah musiknya sering memakai variasi dan improvisasi dengan dasar melodi sebelumnya.Musik Arab memiliki ciri khas yang berbeda dengan musik lainnya. .

3/4.Sistem tangga nada dalam musik Arab dapat Struktur pola ritme musik Arab cukup kompleks. atau disebut nonmetris. dan tanda diam atau istirahat. 6/8). taks (ketukan tak beraksen. arsis). tesis). tidak berdasarkan pola biramayang pasti dan konstan seperti musik barat (2/4.Pola ritme pada baris pertama merupakan pengembangan pola ritme dari baris kedua yang ditulis dengan skala musik. Pola ritme sederhananya dapat digambarkan seperti berikut ini. Dalam permainan musiknya terdapat sekitar 48 pukulan dan secara khas sudah meliputi dum (ketukan beraksen. .

INSTRUMEN MUSIK .

Alboka atau Alboque Alboka adalah instrumen musik yang dimainkan dengan cara ditiup yang asli dari daerah Basque (daerah dekat perbatasan Spanyol dan Perancis). tetapi namanya berasal dari bahasa Arab yaitu Al-Buq yang berarti trompet. Walaupun berasal dari daerah Eropa. . Lalu dibawa ke daerah Eropa saat Arab menguasai Semenanjung Iberia (daratan negara Spanyol dan Portugal).

.Oud Oud adalah instrumen gitar yang memiliki senar dan berbentuk seperti buah pir yang secara umum digunakan di Afrika Utara dan Timur tengah.

dan Naqareh Timpani adalah instrumen musik yang termasuk dalaam keluarga perkusi .Timpani. Naker.

bagian dari Eropa. Timur Tengah. . dan Timur Jauh.Rebab Rebab adalah jenis alat musik senar yang dinamakan demikian paling lambat dari abad ke-8 dan menyebar melalui jalur-jalur perdagangan Islam yang lebih banyak dari Afrika Utara.

CONTOH VIDEO MUSIK POPULER .

TERIMAKASIH .

 f  f f ff © °¾ ff ¯¾ ¾ °f f°– °f¯ff° ¯f° ½f°– f¯ f f f f   f° ¯ ° f ¯ f ©f ©f ½  f–f°–f° ¾f¯ f°–   f°f f €f Dff @¯ @ °–f f–f° f ½f f° @¯ f .

 %  '  &$ ! !&# .

%#$ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful