P. 1
SI PEnggajian

SI PEnggajian

|Views: 159|Likes:

More info:

Published by: Yogi Cahya Ramdhanie on Oct 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/02/2015

pdf

text

original

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PETUGAS PEMUTUSAN DAN PENYAMBUNGAN LISTRIK DI PT.

PLN (persero) Garut UPJ Leles)

PROPOSAL TUGAS AKHIR Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Tugas Akhir

Oleh: YOGI CAHYA RAMDANI NIM: 0706090

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT 2011

perusahaan atau badan usaha tidak bisa mengetahui tentang apa yang terjadi pada saat ini. Makanya diperlukan suatu sistem yang lebih baik. pimpinan. adapun perusahaan memberikan kompensasi yaitu gaji yang diberikan tiap bulan.PENDAHULUAN 1.1. PLN (Persero) UPJ Leles ditentukan oleh berapa banyak karyawan tersebut mengambil pekerjaan. PT PLN merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah barang tentu didalam perusahaan tersebut ada karyawan. Selama ini sistem yang berjalan dalam mengolah data pegawai sampai perhitungan penggajian pegawai masih dirasa masih kurang efisisien. Adapun PT PLN merupakan perusahaan yang bergerak untuk melayani masyarakat khususnya untuk pasokan listrik. maka semakin besar pula gaji yang diterimanya. Gaji merupakan bentuk penghargaan sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasi sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. serta komponen pendukung lainya. oleh karena itu sistem secara manual sudah dirasa tidak dapat dapat mampu lagi karena selain kurang cepat juga kurang efisien maka diperlukan sistem komputer. dengan adanya informasi suatu individual. hal ini khususnya berlaku pada semua perusahaan kecil atau besar. Dalam pelaksanaan pekerjaan orang yang bekerja ingin mendapatkan imbalan yang sesuai dengan hasil kerjanya untuk memenuhi pekerjaan orang tersebut. Dalam suatu bisnis khususnya perusahaan timbul suatu proses dari pekerjaan yaitu proses perhitungan gaji adapun yang jadi kendalanya yaitu semakin banyak data yang akan diolah maka semakin banyak pula informasi yang dihasilkan dan diperlukan suatu sistem untuk membuat suatu perusahaan lebih maju. Oleh karena itu pegawai merupakan sumber daya manusia yang menjual jasanya. Dalam perusahaan . semakin banyak karyawan tersebut yang mengambil pekerjaan. Latar Belakang Masalah Informasi merupakan hal yang sangat dominan dan dibutuhkan oleh setiap individual. perusahaan atau instansi – instansi. Dasar perhitungan gaji karyawan pemutusan dan penyambungan di PT.

PLN (Persero) UPJ Leles biaya gaji seringkali mencerminkan jumlah yang cukup besar dengan jenis biaya lain. serta pengawasan yang memadai. Dengan adanya berbagai tunjangan yang dibayarkan kepada karyawan. data tiang listrik.yang memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak seperti PT. Berdasarkan uraian tersebut diatas penulis merasa tertarik untuk mengetahui mengenai pelaksanaan penghitungan gaji dan pelaksanaanya maka untuk Tugas Akhir ini diberi judul” SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PETUGAS PEMUTUSAN DAN PENYAMBUNGAN LISTRIK DI PT. perubahan daya listrik pelanggan dan lain-lain. informasi yang dapat dilihat dari program CIM@X diantaranya data pelanggan. sistem informasi yang dipakai saat ini yang dikenal dengan CIM@X. data gardu. 1. belum bisa digunakan secara efektif. dikarenakan fasilitas yang ada diperusahaan pada saat ini belum memadai. Proses perhitungan gaji pegawai yang dilakukan dengan cara manual sehingga memperlambat proses perhitungan gaji karyawan. PLN (persero) Garut UPJ Leles)”. Jadi penggajian diperusahaan ini masih tetap tergantung pada sistem tersebut. . Gaji adalah balas jasa yang dibayar secara periodik kepada karyawan tetap serta mempunyai jaminan. data pasang baru listrik pelanggan. Adanya proses pencarian data karyawan yang masih dirasa sangat lambat karena masih menggunakan cara manual. maka diperlukan adanya sistem penggajian yang tepat. Abadi 123 (studi kasus di PT PLN UPJ Leles) masih dilakukan secara manual. CIM@X adalah sebuah program yang dapat memberikan informasi di PT PLN UPJ Leles.2. 2. Identifikasi Masalah Permasalahan dalam sistem informasi perhitungan penggajian yaitu 1. karena dihitung berdasarkan waktu pembayaran yang dapat diketahui dari CIM@X. dimana data pegawai harus melihat arsip pegawai terlebih dahulu sehingga memakan waktu lama. gaji akan tetap dibayarkan walaupun karyawan tersebut tidak masuk kerja. Sistem penggajian di PT.

Tujuan Adapun dari Tujuan pembuatan tugas akhir ini yaitu : 1. 1. Dengan aplikasi ini pula mempercepat proses pencarian data pegawai.4. 2.Sumber Daya manusia dapat dilakukan dengan cepat. PLN UPJ Leles. Sistem Informasi yang diteliti adalah Sistem Informasi penggajian petugas pemutusan dan penyambungan listrik di PT. 1. Data Flow Diagram (DFD). Dengan menggunakan sistem aplikasi yang dibuat penulis maka diharapkan sistem perhitungan penggajian yang diolah oleh bagian ADM. Untuk memodelkannya menggunakan Flowmap.Jawa Barat yaitu dengan melihat alur proses dari pendataan peserta. Juga proses penyimpanan data lebih mudah 1. 3.1 Metodologi Pengumpulan Data Dalam penyusunan tugas akhir ini penyusun menggunakan metodologi pengumpulan data : 1. Observasi Yaitu melakukan penelitian dan pengamatan secara langsung mengenai kegiatan dalam proses perhitungan penggajian di PT PLN (Persero) unit Leles . Metodologi Penelitian Metode yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian untuk tugas akhir ini ada 2 metode yaitu metode pengumpulan data dan metode pengembangan sistem.3. sampai proses perhitungan penggajian. Bagaimana mengolah data daftar pegawai pemutusan dan penyambungan beserta pencarian data pegawai dan proses perhitungan penggajian.5. Batasan Masalah 2.5.1. Kamus Data dan Entity Relationship Diagram (ERD). 4. tepat. dan akurat. .

Interview Yaitu suatu usaha pengumpulan data atau informasi dengan mengajukan sejumlah pertanyaan secara langsung kepada ke seksi kepegawaian yang mengurus Gaji dan Pensiun. laporan-laporan lain yang ada kaitannya dengan masalah yang akan diambil. 1.5. Metode Studi Pustaka Dengan mengumpulkan data–data dengan membaca dan menelaah buku – buku ilmiah. dari paradigma waterfall dapat di lihat dari gambar berikut ini: Gambar 1.2. Sistematika Penulisan Sistematika yang digunakan dalam pembuatan laporan tugas akhir ini terbagi dalam 6 bab yang meliputi : .1. 3.2 Metodologi Pengembangan Sistem Dalam hal ini penulis menggunakan metodologi Waterfall yaitu : Merupakan model perancangan sistem yang paling tua dan paling luas cakupannya.6. Waterfall 1.

yang dalam kaitanya sistem perhitungan pemberian pensiun BAB III ANALISIS SISTEM Pada bab tiga ini diterangkan tentang sistem digunakan di perusahaan yang sedang berjalan. metode penelitian yang penulis gunakan. maksud dan tujuan dari penelitian.BAB I PENDAHULUAN Dalam bab pertama di jelaskan mengapa penulis mengambil judul ini/latar belakang permasalahan. BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM Bab empat ini menerangkan tentang implementasi perangkat lunak dari program aplikasi yang digunakan. BAB II LANDASAN TEORI Dalam bab kedua ini diterangkan tentang penjelasan dari rancangan sistem yang digunakan untuk permasalahan yang diambil. identifikasi permasalahan yang ada. BAB V PENUTUP Di bab terakhir berisi kesimpulan dari permasalahan yang diambil dalam pembuatan tugas akhir dan saran-saran untuk kemajuan perusahaan. penganalisisan dokumen yang digunakan. juga diterangkan tentang struktur organisasi perusahan. aliran data/dokumen. lokasi dan waktu yang digunakan penulis untuk membuat laporan akhir serta sistematika penulisan. . pemakaian perangkat lunak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->