P. 1
MPK - Manajemen Sekolah

MPK - Manajemen Sekolah

|Views: 14|Likes:
Published by Badrus Sulaiman

More info:

Published by: Badrus Sulaiman on Oct 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2012

pdf

text

original

A.

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas SDM bangsa tersebut. Kualitas SDM tergantung pada tingkat pendidikan masing-masing individu pembentuk bangsa. Pendidikan yang visioner, memiliki misi yang jelas akan menghasilkan keluaran yang berkualitas. Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan. Manajemen pendidikan merupakan hal yang harus diprioritaskan untuk kelangsungan pendidikan, sehingga menghasilkan keluaran yang diinginkan. Kenyataannya, banyak institusi pendidikan yang belum memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaan pendidikannya. Manajemen yang digunakan masih konvensional, sehingga kurang bisa menjawab tantangan zaman dan terkesan tertinggal dari modernitas. Hal ini mengakibatkan sasaran-sasaran ideal pendidikan yang seharusnya bisa dipenuhi ternyata tidak bisa diwujudkan. Parahnya, terkadang para pengelola pendidikan tidak menyadari akan hal itu. Manajemen merupakan suatu proses bagaimana pencapaian sasaran melalui kepemimpinan. Manajemen memiliki fungsi yaitu membuat kerja organisasi berjalan lancar dengan fokus pada penerapan kemampuan menajer dalam merencanakan, meorganisasikan, mengimplementasikan rencana, mengawasi, mengevaluasi dan melaporkan kinerja organisasi. Sehingga manajemen sangat penting karena dalam setiap melakukan usaha tentu memerlukan suatu perencanaan. Pada saat melakukan suatu usaha tentu telah melaksanakan serangkaian kegiatan merencanakan, melaksanakan dan menilai keberhasilan dan kegagalan usahanya. Disadari atau tidak, hal ini telah termasuk menempuh proses manajemen. Akan tetapi, alangkah lebih baik apabila dalam praktik usahanya menerapkan pemahaman yang mendalam tentang ilmu manajemen. Tentu usahanya akan lebih terarah dan mudah mencapai tujuan. Ilmu manajemen apabila dipelajari secara komprehensif dan diterapkan secara konsisten memberikan arah yang jelas, langkah yang teratur dan

(g) Untuk mengetahui bagaimana manajemen dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). (b) Untuk mengetahui tujuan dari manajemen pendidikan. (c) Untuk mengetahui pendekatan-pendekatan manajemen. Maka guru dan murid perlu mengetahui apa itu manajemen. penulis terdorong untuk membuat suatu rangkuman materi tentang “ MANAJEMEN SEKOLAH ” dengan harapan semoga bermanfaat bagi penulis maupun para pembaca rangkuman materi ini. tetapi juga mengemban misi yang besar dan mulia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Organisasi pendidikan sebagai lembaga yang bukan hanya saja besar secara fisik. (e) Untuk mengetahui proses manajemen. Tujuan Berdasarkan rumusan masalah diatas. Untuk menghasilkan suatu usaha yang terarah dan mudah dalam mencapai tujuan maka diperlukan adanya manajemen sebaik mungkin. (e) Bagaimana proses manajemen?. maka yang menjadi permasalahan dan diungkapkan dalam makalah ini adalah sebagai berikut: (a) Apa pengertian manajemen pendidikan?. akurat dan lengkap sehingga dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi tindakan selanjutnya. Oleh karena itu. (c) Sebutkan pendekatan-pendekatan manajemen?. (b) Apa tujuan dari manajemen pendidikan?.keberhasilan dan kegagalan dapat mudah dievaluasi dengan benar. (g) Bagaimana manajemen dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)? 3. tentu saja memerlukan manajemen yang professional. (d) Untuk mengetahui prinsip manajemen. 2. supaya apa yang dilakukan tidak sia-sia. (d) Sebutkan prinsip dari manajemen?. maka penulis membuat makalah ini dengan tujuan sebagai berikut: (a) Untuk mengetahui pengertian manajemen pendidikan. (f) Untuk mengetahui perkembangan tentang pemikiran manajemen. . (f) Bagaimana perkembangan tentang pemikiran manajemen?. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang.

Manajemen sebagai suatu kemampuan atau keahlian yang selanjutnya menjadi cikal bakal manajemen sebagai suatu profesi. pengkoordinasian. karena itu tidak mudah memberi arti universal yang dapat diterima semua orang. yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian Manajemen Pendidikan Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI (2009) mengatakan setiap ahli memberi pandangan yang berbeda tentang batasan manajemen. mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno menagement. Mary Parker Follet. dan sesuai dengan jadwal (www.org. Pengertian manajemen memiliki tiga fokus untuk mengartikan yaitu : a. sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar. pengorganisasian. Manajemen sebagai seni tercermin dari perbedaan gaya seseorang dalam menggunakan atau memperdayakan orang lain untuk mencapai tujuan. Manajemen sebagai proses yaitu dengan menetukan langkah yang sistematis dan terpadu sebagai aktivitas manajemen. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan.B. diakses tanggal 1 oktober 2011). b. dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. PEMBAHASAN 1. Ricky W. Dengan demikian manajemen merupakan kemampuan dan keterampilan khusus yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan suatu kegiatan baik secara . Namun demikian dari pikiran-pikiran ahli tentang definisi manajemen kebanyakan menyatakan bahwa manajemen merupakan suatu proses tertentu yang menggunakan kemampuan atau keahlian untuk mencapai suatu tujuan yang di dalam pelaksanaannya dapat mengikuti alur keilmuan secara ilmiah dan dapat pula menonjolkan kekhasan atau gaya manajer dalam mendayagunakan kemampuan orang lain. misalnya.wikipedia. terorganisir. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan.id. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. c.

(2) proses social yang menyediakan lingkungan yang terpilih dan terkontrol untuk mengembangkan kemampuan social dan individual secara normal. pembinaan. diakses tanggal 1 oktober 2011). melatih dan membimbing seseorang agar dapat mengembangkan kemampuan social dan individual. Menurut Brubecker bahwa pendidikan merupakan proses timbak balik antara kepribadian individu dalam penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan. Menurut Pidarta (2004) pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan seluruh aspek yang ada di dalam kehidupan kita. b. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiiki kekuatan spiritual keagamaan. penyusunan staf. sikap. pengorganisasian. Yang di maksud dengan lingkungan pendidikan adalah suatu upaya yang di ciptakan untuk membantu kepribadian invidu tumbih dan berkembang serta bermanfaat bagi kehidupan. pengendalian diri. baik terjadi secara formal maupun non formal dengan tujuan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan tidak baik menjadi kebiasaan baik yang terjadi selama kita hidup untuk memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik dan mampu menjawab tantangan dimasa depan. . kecerdasan. pemotivasian. efektif dan efisien. pengkoordinasian. Pengertian pendidikan menurut beberapa para ahli (Nunuk Adiarni. bangsa dan Negara (Sudarjat 2010. penganggaran. kepribadian. masyarakat. pengkomuniskasian.perorangan ataupun individu bersama orang lain atau melalui orang lain dalam upaya mencapai tujuan organisasi secara produktifitas. Dictionary of eduation mendefinisikan pendidkan sebagai (1) proses sesorang mengembangkan kemampuan. Dari pengertian manajemen dan pendidikan dapat disimpulkan pengertian manajemen pendidikan kejuruan adalah suatu penataan garapan pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas perencanaan. 1996) yaitu: a. Dengan demikian pendidikan merupakan usaha yang di ciptakan lingkungan secara sengaja dan bertujuan untuk mendidik. baik orang terdekat. akhlak mulia serta penampilan yang diperlukan dirinya.. dan tingkah laku dalam masyarakat. masyarakat ataupun lembaga-lembaga yang ada.

penilaian dan sistematis untuk mencapai suatu tujuan pendidikan secara berkualiatas. Sedangkan menurut Sergiovani keefektifan yaitu kesesuaian hasil yang dicapai organisasi dengan tujuan. (4) pendapatan tamatan yang memadai. b. Efektifitas juga di telaah dari : (1) masukan yang merata. Efisiensi lebih di tekankan pada perbandingan input/sumber daya dengan output. R Duane Ireland. pengawasan. Kuantitas output berupa jumlah tamatan dan kuantitas input berupa jumlah tenaga kerja dan sumberdaya selebihnya. Produktifitas dapat di nyatakan secara kuantitatif maupun kualitas.pengendalian. Tujuan Manajemen Pendidikan Menurut Hitt A. Jasa/pelayanan atau produk harus menyamai kebutuhan atau harapan pelanggannya. Efektifitas adalah ukuran keberhasilan tujuan organisasi. akurat dan lengkap sehingga mencapai tujuan secara produktif. berkualitas. Produktifitas adalah perbandingan terbaik antara hasil yang diperoleh (output) dengan jumlah sumber yang digunakan (input). (3) ilmu dan keluaran yang relevan dengan kebutuhan masyarakat yang sedang membangun. Efisien pendidikan adalah bagaimana tujuan dapat di capai dengan mimiliki tingkat efisien waktu. Suatau kegiatan dikatakan efisien bila tujuan dapat di capai secara optimal dengan penggunaan atau pemakaian sumber daya yang minimal. Michael. d. c. biaya. Efisiensi berkaitan dengan cara yaitu membuat sesuatu yang betul sementara efektifitas adalah menyangkut tujuan rencana dengan tujuan yang di capai. tenaga dan sarana. Kualitas menunjukkan kepada suatu ukuran penilaian atau penghargaan yang di berikan atau di kenakan kepada barang (produc) dan atau jasa (service) tertentu berdasarkan pertimbangan objektif atas bobot atau kinerjanya. dan Robert E Hoskisson (1997) tujuan dilaksanakan manajemen yaitu agar pelaksanaan suatu usaha terencana secara sistematis dan dapat dievaluasi secaara benar. a. 2. Etzioni mengatakan bahwa keefektifan adalah derajat dimana organisasi mencapai tujuannya. . (2) keluaran banyak dan bermutu tinggi. efektif dan efisien.

1994) Koontz menemukan sebelas macam pendekatan terhadap teori dan praktik manajemen.Pendekatan Manajemen (Yusuf Udaya. dan pemerintah tentang mutu sekolahnya. 3. c. d. Sistem. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola sumber daya yang ada. b. Bahwa mempelajari manajemen dapat dilakukan dengan mempelajari hubungan antara manusia sebagai sitem sosial yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. bahwa manajer adalah mengambil keputusan sehingga pengembangan mananejem ada pada kemampuan dan kehlian mengambil keputusan. g. mempelajari bagian-bagian interdependen organisasi dan hubungan dengan lingkungan yang mempengaruhinya. masyarakat. Teori keputusan. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama. Perilaku kelompok yaitu studi tentang perilaku kelompok dalam organisasi lebih domain daripada hubungan antar pribadi. Pendekatan . e. Empirikal atau kasus yaitu ilmu dan praktik manajemen dikembangkan melaui pengkajian kasus yang telah di alami pada masa lalu. b. Sistem-sistem Sosial koperatif yaitu mamadukan antara hubungan pribadi dengan kelompok. Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua. Perilaku antar pribadi yaitu ilmu dan praktik manajemen dipelajari melalui hubungan-hubungan antar pribadi pada organisasi dan fokus kajian pada individu dan motivasinya. Sistem-sistem Sosio-teknikal. d. c. bahwa sistem teknikal memberi pengaruh besar pada sistem sosial. Meningkatkan kompetensi yang sehat dalam sekolah tentang mutu pendidikan yang akan di capai. sehingga perlu di kembangkan keterpaduan perhatian dan praktik secara simultan untuk keduanya. . f.Menurut Mulyasa (2003) manajemen dalam suatu sekolah bertujuan untuk : a. sebagai berikut. a.

Manajemen pendidikan berdasarkan orang adalah suatu aktivitas manajemen yang di arahkan pada pengembangan sumber daya manusia. diakses tanggal 1 oktober 2011) Prinsip manajemen adalah dasar-dasar atau pedoman kerja yang bersifat pokok yang tidak . perkembangannya dan juga keluhan-keluhannya. Kontingensi atau Situasional. mempelajari manajemen secara mathematical melalui pengkajian model-model alat identifikasi problem dan penilaian alternatif solusi. misi dan sasaran-sasaran. Prinsip manajemen berdasarkan sasaran. observasi yang dilakukan manejer untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi peranan-peranan umum bagi manajer. Operasional. Prinsip manajemen berdasarkan informasi. aspirasinya. k. tuntutan. j. Organisasi merumuskan tujuan dengan tepat sesuai arah organisasi. 4. Orang adalah penggerak organisasi yang perlu di perhatikan secara manusiawi kebutuhan. i. Prinsip Manajemen Menurut Depdikbud (1999) prinsip manajemen diklasifikasikan kedalam tiga ranah yaitu: a. Prinsip manajemen berdasarkan orang.blogspot. (jurnal-sdm. lengkap dan akurat. tuntutan zaman dan nilai-nilai yang berlaku. Tujuan suatu organisasi dapat dijabarkan dalam bentuk visi. kredebilitas manajer diukur dari kontribusinya memberikan saran dan prakrik manajemen yang cocok untuk suatu situasi tertentu. Matematikal atau management science. keinginan. Peranan-peranan manejerial.com. menggunakan konsep-konsep prinsip-prinsip. teori serta teknikteknik sebagai landasan dan menghubungkanya dengan fungsi atau proses manajemen. c. Suatu aktifitas pengambilan keputusan sangat di dukung oleh informasi begitupun untuk melaksanakan kegiatan rutin dan incidental diperlukan informasi yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan menajer dan pengguna mengakses dan mengolah informasi. b. Banyak aktifitas manajemen yang membutuhkan data dan informasi secara cepat.h.

Proses Manajemen Pendidikan Beberapa definisi menunjukan bahwa manajemen merupakan suatu proses yang sistematis dalam melakukan kegitan organisasi. Pembagian kerja yang berimbang Dalam membagi-bagikan tugas dan jenisnya kepada semua kerabat kerja. Karena ada yang diberi tugas yang banyak dan ada pula yang sedikit. seorang manajer hendaknya bersifat adil. b. dan satu pimpinan). Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas Setiap kerabat kerja atau karyawan hendaknya diberi wewenang sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan mempertanggung jawabkannya kepada atasan secara langsung. Kesatuan perintah Setiap karyawan atau kerabat kerja hendaknya hanya menerima satu jenis perintah dari seorang atasan langsung. Jika prinsip ini tidak dilaksanakan maka akan timbul perpecahan diantara para kerabat kerja/karyawan. d. 5. e. Dalam prakteknya harus diusahakan agar prinsip-prinsip manajemen ini hendaknya tidak kaku. yaitu bisa saja diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Prinsip-prinsip manajemen terdiri atas : a. padahal mereka memiliki kemampuan yang sama. Proses manajemen menurut . satu rencana. peraturan dan waktu yang telah ditetapkan. yaitu harus bersikap sama baik dan memberikan beban kerja yang berimbang. c.boleh diabaikan oleh setiap manajer/pimpinan. Kesatuan arah Kegiatan hendaknya mempunyai tujuan yang sama dan dipimpin oleh seorang atasan langsung serta didasarkan pada rencana kerja yang sama (satu tujuan. bukan dari beberapa orang yang samasama merasa menjadi atasan para karyawan/kerabat kerja tersebut. melainkan harus luwes. Disiplin Disiplin adalah kesedian untuk melakukan usaha atau kegiatan nyata maksudnya bekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan rencana.

Memimpin Memimpin institusi pendidikan lebih menekankan pada upaya mengarahkan dan memotivasi para personil agar dapat melaksanakan tugas pokok fungsinya . pengalokasian.Sutisna (1993) mengikuti langkah-langkah merencanakan. Merencanakan Merencanakan adalah membuat suatu target-target yang akan di capai atau di raih di masa depan. tindakan yang akan di ambil. Merencanakan pada dasarnya membuat keputusan mengenai arah yang akan dituju. Mengorganisasikan Mengorganisasikan adalah proses mengatur. (4) Mendelegasikan wewenang kepada individu yang berhubungan dengan keleluasaan melaksanakan tugas. organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. wewenag dan sumbeer daya diantara anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. (2) merancang dan mengembangkan kelompok kerja yang berisi orang yang mampu membawa organisasi pada tujuan. mengalokasikan dan mendistribusikan. mengorganisasikan. pekerjaan. c. b. Stoner menyatakan bahwa mengorganisasikan adalah prosses memperkerjakan dua orang atau lebih untuk bekerjasama dengan cara terstruktur guna mencapai sasaran spesifik atau beberapa sasaran. (3) menugaskan sesesorang atau kelompok orang dalam suatu tanggung jawab. Prosedur itu dapat berupa pengaturan sumber daya dan penetapan teknik/metode. a. sumber daya yang akan di olah dan teknik metode yang dipilih untuk di gunakan. dan pendistribusian kerja yang professional. tujuan dan tindakan sekaligus mengkaji berbagai sumber daya dan metode yang tepat. memimpin dan mengendalikan. tugas dan fungsi tertentu. Mengorganisasikan sangat penting dalam manajemen karena membuat posisi orang jelas dalam struktur dan pekerjaannya melalui pemilihan. Mengorganisassikan berarti: (1) menentukan sumber daya dan kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam melakukan organsasi merencanakan adalah suatu proses memikirkan dan menetapkan matang arah. Rencana mengarahkan tujuan organisasi dan menetapkan prosedur terbaik untuk mencapainya.

4. diawasi dan dinilai supaya tidak melenceng atau keluar jalur. Proses pengendalian dapat melibatkan beberapa elemen yaitu: (1) menetapkan standar kinerja. perkembangan pemikiran manajemen sebagai praktik yang dilandasi konsep teori adalah sebagai barikut : a. (4) mengambil tindakan korektif saat terdeteksi penyimpangan. 3. Teori manajemen ilmiah Empat prinsip yang di kembangkan Taylor adalah : 1. Apabila hal ini terjadi. Pengembangan metode ilmiah dalam manajemen agar suatu pekerjaan dapat di tentukan metode pencapaian tujujannya secara maksimal. Dari hasil evaluasi dapat dijadikan informasi yang harus menjamin bahwa aktifitas yang menyimpang tidak terulang kembali. Pengendalian adalah proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan. Mengendalikan Mengendalikan institusi pendidikan adalah membuat institusi berjalan sesuai dengan jalur yang telah ditetapkan dan sampai kepada tujuan secara efektif dan efisien. Perkembangan Pemikiran Manajemen Menurut Depdikbud (1999). Kerjasama yang harmoni antara manajemen dan para karyawan. Pendidikan dan pengembangan karyawan. (3) membandingkan unjuk kerja dengan standar yang telah ditetapkan.dengan baik. . Seorang pemimpin dalam melaksanakan amanatnya apabila ingin dipercaya dan diikuti harus memiliki sifat kepemimpinaan yang senstiasa dapat menjadi pengarah yang didengar ide dan pikirannya oleh para anggota organisasi. Perjalanan menuju tujuan dimonitor. (2) mengukur kinerja. harus dilakukan upaya pengembalian pada arah semula. d. 6. 2. Hal ini tidak semata mata mereka cerdas membuat keputusan tetapi dibarengi dengan memiliki kepribadian yang dapat dijadikan suri tauladan. Seleksi ilmiah untuk karyawan agar para karyawan dapat di berikan tugas dan tanggung jawab sesuai keahlian. Memimpin menurut adalah proses mengarahkan dan memengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi.

Aliran perilaku Elton Mayo dan F. (9) rantai scalar/khirarki. (2) wewenang. (8) sentralisasi. (5) kesatuan pengarahan. (7) balas jasa/imbalan. Pendekatan sistem Pendekatan sistem memandang bahwa organisasi sebagai sistem yang di persatukan dan diarahakan dari bagian-bagian/komponen-komponen yang Saling berkaitan.J Roethlisberger melakukan studi tentang perilaku manusia dalam bermacam situasi kerja di pabrik Hawthorne milik perusahaan Western Elektric dengan temuan bahwa kelompok kerja informal lingkungan sosial karyawan memiliki pengaruh besar terhadap produktifitas. (14) esprit de corp. Manajemen tidak dapat di pandang sebagai suatu proses teknis secara ketat d. 3. Pengawasan fungsional. (3) disiplin. (3) berfungsinya bagian-bagian tersebut ditujukan untuk mencapai umum dari . 2.Teknik yang di gunakan untuk melaksanakan prinsip tersebut adalah melalui studi gerak dan waktu. sistem tarif berbeda yaitu karyawan yang lebih produktif dan efisien mendapatkan gaji yang lebih besar dari yang lainnya. (2) bagian-bagian yang saling hubung itu dapat bekerja dan berfungsi secara independen atau bersama-sama. (4) kesatuan pemerintah. Motivasi karyawan yang sangat penting menghasilkan komitmen untuk pencapaian tujuan organisasi. (6) meletakan kepentingan perseorangan di bawah kepentingan umum. Fayol percaya bahwa melalui penguasaan keteranpilan dan prinsip dasar manajemen orang yang mendalaminya dapat menjadi manajer yang baik. (13) inisiatif. Ia adalah perumus empat belas prinsip manajemen yaitu : (1) pembagian kerja. (10) order atau susunan. Sistem miliki makna yaitu: (1) suatu sistem terdiri atas bagian-bagian yang saling terkait satu dengan yang lainya. Aliran perilaku organisasi menganut prinsip bahwa : 1. (12) stabilitas staf organisasi. Organisasi adalah satu keseluruan jangan di pandang bagian perbagian. c. Manajemen organisasi klasik Henry Fayol merupakan tokoh teori manajemen operasinal manajemen di kenal julukan Bapak teori manajemen modern. (11) keadilan. b.

Karakteristik sumber dayamanusia yang diperlukan saat ini adalahmempunyaiintegritas. Pendekatan kontingensi atau pendekatan situasional Pendekatan kontingensi atau pendekatan situasional adalah suatu aliran teori manajemen yang menekankan pada situasi atau kondisi tertentu yang di hadapi. pengembangan organisasi. Manajemen dalam peningkatan SDM Di dalam organisasi ada beberapa orang yang melakukan kegiatan sesuai tugas masing-masing dan mereka saling berinteraksi. kecerdasan. juang (kecerdasan adversity / kemampuanmengubah hambatan menjadi peluang). inisiatif. kompensasi dangaji. penuh daya dalam bertindak dan penemuan baru. antusiasme dan mempunyai daya imajinasi dan kreatif. perencanaan dan pengembangankarir pegawai. perencanaan sumber dayamanusia. keluwesan. Perlu dipahami juga olehsuatu organisasi bahwa pilar utama dalammembangun organisasi yang berwawasan globaladalah kemampuan setiap individu yangtergabung dalam organisasi. 7. Kemampuan-kemampuan diantasadalah kemampuan yang . Pengembangan sumber daya manusia dibagi dalam beberapa area kerja yaitu desain organisasi. sistem kinerja pegawai. Oleh karena itu pengelolaan sumber daya manusia di dalam organisasi sangatlah penting. Tidak seluruh metode manajemen ilmiah dapat diterapakan untuk seluruh situasi begitupun tidak selalu hubungan manusiawi yang perlu di tekankan karena adakalanya pemecahan yang efektif melalui pendekatan kuantitatif. Sebenarnya bukan hanya interaksi saja namun setiap individu di dalamnya perlu dipacu untuk terus andil mengambil peran dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. keterampilan sosial. Satu pertanyaankritis muncul karakteristik individu seperti apayang dibutuhkan oleh suatu lembaga dalam erareformasi.keseluruhan. kearsipan pegawai. (4) suatu sistem yang terdiri atas bagian-bagian yang saling hubung tersebut berada dalam suatu lingkup yang kompleks. e. Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian dari manajemen organisasi yang memfokuskan pada pengelolaan sumber daya manusia. Itu semua sangat tergantung pada karakteristik situasi yang di hadapai dan tujuan yang ingin dicapai.mempunyai pandangan ke depan danmendunia.

Guru seumur hidupnya cenderung tetapmenjadi guru karena peluang menjadi kepalasekolah sangatlah minim.dianggap sesuai untuk era reformasi.Kegiatan pada masa orientasi terbatas pada waktutertentu dan kegiatan dapat berupa pelatihan ataukegiatan apa saja yang wajib diikuti oleh setiapindividu untuk memenuhi standar yangdiharapkan. Karyawanatau guru yang baru yang menginjakkankakinyauntuk bergabung bersama membutuhkan “masaorientasi” agar nantinya mampu berkembang danberjuang sesuai yang diharapkan lembaga. Masa orientasi dapat diteruskanpada “masa pemantapan” dengan pola yangsama dengan orientasi hanya kadar kompetensiyang dituntut berbeda.Setiap individu tahu jelas persyaratan yang harusdipenuhi untuk menduduki satu jabatan atautingkatan tertentu. Setiapindividupun dapat menilai dirinya sendiri padalevel apa sebenarnya kemampuan danpengetahuannya. Hal ini disebabkan satusekolah hanya membutuhkan satu kepala sekolah. Masa ini menjadi masa kritis guruuntuk tetap dipertahankan atau tidak bergabungdengan lembaga. berapalama di . Career development dapatmenjadi satu nilai positif ketika pada setiap leveldi dalamnya jelas alat ukurnya. “Pengendalianposisi” dapat menjadi partner dalam career development. Masa orientasi ini perludi desain sebaik mungkin karena merupakanmasa transisi dimana setiap individu dibentuksesuai yang diharapkan lembaga dengan dimulaidari kompetensi awal yang dimiliki mereka. Bagi individu ada satukepastian sejauh mana kemampuan danpengetahuannya perlu dikembangkan. Jelas disini dapat menghindariunsur subyektivitas. Lalu apayang membedakan guru yang berkualitas denganyang tidak? Apa yang membuat guru termotivasiuntuk meningkatkan kinerjanya? “Careerdevelopment” dapat menjadi solusinya. Karena dalam pengendalian posisiada aturan untuk kapan dipromosikan.Realita keseharian kualitas guru berbedabeda. Lembaga mempersiapkan panduanrecruitment sesuai karakteristik tsb.ada guru yang dapat diandalkan ada pula guruyang hanya sekedar menjalankan tugas. Masaorientasi sangat penting untuk mengurangikeluhan pada masa mendatang akanketidakmampuan individu ketika lembagamengadakan perubahan. Career development perlu diciptakan oleh lembaga agardapat memotivasi setiap individu yang terlibat. Dalam recruitment danpengembangan sumber daya manusia tentunyamengacu kepada karakteristik-karakteristik di atas.

efektif dan efisien. maka era inilah yang membawa perubahan-perubahan mendasar dan mewarnai kehidupan pendidikan . terarah. intensif. Saat ini zaman berada pada era globalisasi dan informasi. Bukti dari pertalian erat tersebut adalah perubahan yang terjadi pada hampir semua aspek kehidupan manusia dengan berbagai permasalahan yang ditimbulkannya dapat dipecahkan melalui upaya penguasaan serta peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. kapan berhenti. Menurut Reigeluth dan Garfinkle (1994) dalam Syafaruddin.Pengendalian posisi ini untuk mengantisipasi jika semua guru mempunyai motivasi berprestasisekaligus mensortir guru yang tak mempunyaimotivasi berprestasi. kebutuhan terhadap paradigma baru pendidikan di dasarkan atas perubahan besar-besaran dalam kondisi dan kebutuhan-kebutuhan pendidikan dalam masyarakat informasi. Kondisi demikian membawa dampak kepada perlunya seseorang mengikuti perkembangan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang dan berubah. Kondisi demikian akanmemicu setiap individu untuk berprestasi sesuaidengan harapan individu dan lembaga. individutersebut direncanakan untuk posisi apa dsb. Untuk melakukan perubahan tersebut maka peranan manajemen pendidikan sangat signifikan untuk menciptakan sekolah-sekolah yang bermutu yang menghasilkan SDM terandalkan dan tangguh yang dibutuhkan masyarakat. Kualitas pendidikan yang diserap pada sekolah yang bermutu sudah seharusnya dipersiapkan seirama dengan perkembangan zaman. Perkembangan dan perubahan yang terus bergulir ini pun membawa manusia ke era persaingan global yang ketat. Oleh karena itu kalau tidak ingin kalah bersaing dalam era globalisasi peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kenyataan yang harus dilakukan secara terencana. Pengembangan dan peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing international dan mempunyai kompetensi untuk bertahan pada perkembangan zaman menjadi suatu perhatian penting dalam manajemen pendidikan. Globalisasi menuntut adanya perubahan paradigma dalam dunia pendidikan.posisi tersebut. Manajemen dalam mengelola pendidikan tidak dapat dilepaskan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

(organizing). (planning). Kesimpulan a. peranan manajerial. memimpin megkoordinasikan mengendalikan dan mengevaluasi (controlling and evaluating). mengelola. b. pengendalian. d. senantiasa memperhatikan aspek psikologis manusia dan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat. efektif efisien dan berkualitas. perilaku individu. penilaian dan pelaporan secara sitematis untuk mencapai tujuan pendidikan secara berkualitas. efektif dan efisien. PENUTUP 1. Tujuan manajemen adalah mancapai kinerja oraganisasi secara produktif. Manajemen merupakan kemampuan dan keterampilan khusus yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan sesuatu kegiatan baik secara perorangan ataupun bersama orang lain atau melalui orang lain dalam upaya mencapai tujuan organisasi secara produktif. Memantau. mengorganisasikan (coordinating). e. pengorganisasian. c. . sistem sosial. pemotivasian. penganggaran. Proses manajemen merupan langkah sistematis yang dilakukan dalam menata. perilaku kelompok. Manajemen pendidikan adalah suatu penataan bidang garapan pendidikan yang melaui aktivitas perencanaan. Bahwa praktik manajemen harus didasari prinsip berorientasi pada tujuan dengan mimikirkan kemampuan sumberdaya yang dimilki. f. dan melaporkan kinerja (reporting). pengawasan. teori keputusan. manajemen operasional. pembinaanm. matematikal atau “management science”. Prinsip-prinsip manjemen merupakan nilai yang tidak dapat di abaikan dalam praktik manajemen. penyusunan staf. mengatur dan mengembangkan organisasi melalui aktifitas merencanakan (leading).C. Pendekatan manajemen dapat di lakukan melalui studi empiris. pengkoordinasian. pengkomunikasian. dan kontingen atau situasional.

Sutisna.akhmadsudrajat. 1995. 1997. Robbins. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Erlangga. 1993. Made.com. Manajemen Pendidikan Indonesia. James L. . Tersedia diwww. Stephen P. DAFTAR RUJUKAN Depdikbud. Ivancevich.D. Design. Menyongsong Era Persaingan dan Globalisasi. James H. Jakarta: Binapura Aksara.. 1996. Organization Theory: Structure. Sudrajat. Organisation (8 Ed).dan Donnelly. Prentice Hall Inc. 1994. 2009. Bandung: Angkasa. 25 Agustus 2007. Jakarta: Arcan. 2003. Manajemen Strategis . A. (alih bahasa Armand Hediyanto). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktik Profesional. Hoskisson. Desain dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.wordpress. Bandung: PT. Teori Organisasi: Struktur. Panduan Managemen Sekolah.. Jakarta: Rineka Cipta. Landasan Kurikulum. John M. 1999. Strategi dan Implementasi. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Menengah Umum Gibson. Mulyasa. and Application. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep.. pada 13 oktober 2008. Oteng. Pidarta. Robert E. Akhmad. Alih bahasa oleh: Nunuk Adiarni. Irwan Inc. Hitt. 1990. 2004. Michael & R Duane Ireland. Ricard D. Alih bahasa: Yusuf Udaya. E. Remaja Rosda Karya. Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Organisasi (Edisi 8 – Jilid I dan II).

5.%03.3/:3.3 5020739.050393.7/.9:.9:    502-.  88902 9.020347.3...3.30-574/:91/..301803203/. /.3.3/-.3 07../..3:39: 20. .3 .3.3 1:3843.8..7. ::.8.0203 24/073  .5.4 207:5.    003. .35738590780-:9.3    /853    08.: 89:/ 07..8 037 .3.0203 .3 .3..    08. 20..3.9: .33.9:  !03.38.0203 4507.83.8.3../.30--08...3    2009.0203 / 03.8.3.9:.  -  .8.3 944 9047 2.3:2:2   -.3.. 2.8 57385 2.3 5078047.3 050393.7. 507:2:8 025.3 503.9 -0.7 . 9047 2.9.71 -07-0/.

3   80397.39.8    7.7. 8.8..2-...

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

 3/0503/03 .9.3 ..9..4254303 4254303 . .3 90780-:9 /9::. 8.5.9 8.3 -.8 -.3.3  $8902 2 2.3907.3 8.9: 88902 907/7 ..3 .: -078.2.7.3 -071:38 80..3 :-:3 9: /.2..9 -007.3 8.9. :2:2 /.    -071:383.3 -07.3 . /.3 ..3.3 :39: 203.    -..3 -.3 $.7 .. -.9: /03.3 -.5.9:   8:.

39079.3:8.3:8.25.8 38.3:3 47.3 8:2-07 /.3 /507:.3 507: / 90.2.3 4393038 . 9::.399. /909.3.3 20...8 -09:5:3 9/..3.5.3 .3 2070.3 ..8  .3.3798 2:3.5.3 50302-.2 47./. .3:8.3/ 203.3 8:2-07 /.9.843.3..9..7 :9.2025:3. 8.2.3 -07.3 808:.703.3.2 47.3:-:3 90780-:9-07. 89:.  !0302-. 408:.83 /.: 503/0.389:..8 -.38.02032.90789 8:2-07 /.5  %/./.34393038.9. 507: /5..8-.3.843.3 2025:3.8 ..9907.9.: :39: 907:8 .3 /. -:..3 5.28:. 5020.39:8..3 4-..342508  0  !03/0.91  9: 802:./.3 /.0203 .38.9. 9: 50304.3 50302:... 8:.9078989:..73.3 / .3 .080:7:.8.3.3 ..5.8  $0-03.3 /-:9:.-:3 /.9: /08..3 /.7..38.389:.3 -073907.7:   2. /-./: 805079 . 47..3.3 01091 20.. .9. 2.3 809.2 -0793/..8  50703.3.2..5. 207:5.3 47..5 3/. / /..3.8 /.25033../.3:8.3 -.9.3 0.3:8.3 47. 50393  .8 .07/. 80.8 8.3.9: 47.3.5.3.3.785.3.8 2.3 5..9:3:5.820 /. .3 0907.0203 47.9.703./..83 2.3 .: .  0.0203 8:2-07 /.3..39047 2./: / /.91 0..3907/7.  88902 307.: :-:3. !03/0.2202-.. /. /.3 20214:8.:.5.38..8.     .38.3 50.07/.3:8.3:39: 80:7:89:.2 47.3 2.8  50302-.9.3 90./..8  $.8 8.3 2030..3. 02.38.3 8:2-07 /.3 0. 50. 2.80:7: 2094/0 2.77 50.8 .3$  /.. . 3907.38.3 8:2-07 /... :.9:88902 .0203/...9.9: 5079.23. /.3  0 ./: . -0-07.7..8 /.3   8:./.2- 507./.91  0:08.3. 503:/.8.7 2...38..3.5.. 3.3  .39:35.3 .2 :.3 -.3:8.3848. /.3 40 8:./.3 8.  !07: /5. 50304.. 5.:503/0. 9:.2 203.9:.25:.3.8 . . /...3 -.5. /.3. 2./.701472.9 3 ..333 /.90789 3/.  425038..3 :.9 /907.3907.0789 .2:3 809.9.: 503/0./. 07..: 43/8 9079039: .  50703... 8..3 70.3..7.38.8.9./.7. /./.39::.2 07.70.2 -0-07.9: 02-./.5. 2.5 3/.3/..

3 203. .   02.25:.3203:-.39.3/.3 .25:. 02.8.9.3203/:3.3 0 /05.3 /.25:.3 2025:3./ 50:.3 . 5./.25:.3. 02.3 /.3 02..2-.

3.3/.3.:0..380-.3 . .3 ./.5 808:.. 0.350302-.47039.:0..3/.9203.25:.3.0 . .7.25: -0702-..5.309/. :7: ..5 3/..  :7:80:2:7/:53.9. 202-:9:. 800/.9. 3 /80-.8.5 3/..7.7. 804.3 5488.90789 .3 /.8 907-.2.53/.3.33.3:7:. 701472.8.7.. 2.9. 02.3 2.3  -07.3 /574248.3.7:38:7 8:-09.5.2.7007 /0.3 ..3 02-.7: .83507://08..34002-..302-.3 8./ 05.5.9..8809.3 /03.3 /2:.3.03/07:3909.89.:39: -07.380./:9.5..3 9079039:  ..502.3 47039.:././03.38..32...3 -. #0. 02-..-:3 -078.:05.47039. 202-:9:.9. / .3.30:.9 ::73.3. 5.-./. .2  .3 307. .8.3 .9.  . .703.8./ 2.5 0.7:92039 808:.25:.7007/0.3/9:39:9-07-0/./:7:.9.3907-./.-../.90789/.9:9079039: /..5.8/.3..9 203.. 97.9:804.0452039  /.3  .8 .47039.8 .3 /.3./ 84:83..3.3.9: 3.9203.388 /2. :7:././ 5.3 5.8.7 42509038 ..2.8.3.90789 98-  .350309.3.9 /.7 .5.703.2 70.5 /5079.3 :39: .354..8. 02.7.9.3/.-:3/03. 2025078. .3 9/.39.2. 80-03. :39: 07.8  .3-07:.:./.8:39: 2033. 798 :7::39:909.3-07:.35488  /.3 /.9.804.3.39:.3 0.3202-0/.8.8 :7: -07-0/.5.203. .7007 /0./73./. /03.73.3 $09.25:.:.3. 2.53/..3/. 203/.7/.9:7..5. 080.3 5.53/./../.9.3./.3 /.3808:.2.9 -07:5..3.7.5.5. . 3 203.- /:9 40 809.5.9 203.203.3.350309.8 5.7 203.9.  0. 0. .507:/02-.0.9.3203.8.9 $09.:9/.3 8:2-07/.950393:39: 203:7.5.88. 8.3507:-. 803/7 5. 47039.2:33 .5.33.3 202-:.5.5..3 2033.9: 05.9/907:8./: 09.8.23.59.   .8 /83 /.85078.8    ..3 /.0/ /.. 5:.3 /2 2070.5. -0/.: :7: .3 :././.9./ 8.0452039 /. 8.. 2./:.5.3 5./.7:92039 /.7.9 :7: 907249.9.9 2033/.3 .9:. 3/.3 8. 207:5.5203.../:.703.9.8  .742509038. 47039.5.7.8  02-..0452039  .3 02-.7.7 3.370. . 809.3.. 54891 09..9. 2../.79307 /..3 .393.9. 5.7:8/503::39:203/:/:8..8/03. 232  .9039:3.:93./:5:3/.9./: /-039:808:..9.: 2.3 . -07.3 . 50.3/:.35..5.8.3 /. /./: :39: 20203: 89.9:05.0452039 507: /.50:.2 50303/.  !0303/.3:8.9. .8. 809.920249.7007 /0.3 3/.

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

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->