P. 1
PERANAN ILMU GEOLOGI

PERANAN ILMU GEOLOGI

|Views: 64|Likes:
Published by Eza Rendy Putra

More info:

Published by: Eza Rendy Putra on Oct 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2012

pdf

text

original

PERANAN ILMU GEOLOGI DALAM OSEANOGRAFI

Sebagian besar dari hamparan bumi ini adalah lautan, hal tersebut berarti sebagian besar merupakan perairan yang merupakan air asin dimana jumlah air asin yang ada di bumi mencapai 97%. Dengan hamparan air asin yang sangat luas menjadikan laut salah satu objek kajian yang sangat menarik alam ilmu pengetahuan. Untuk mengkaji dan mempelajari segala yang berkenaan dengan kelautan maka lahirlah oceanografi yang merupakan salah satu cabang ilmu bumi, yang khusus mengkaji tentang kelautan.

Pertama-tama kita membahas oseanografi secara umum

Oseanografi (berasal dari bahasa Yunani oceanos yang berarti laut dan graphos yang berarti gambaran atau deskripsi juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan) adalah cabang dari ilmu bumi yang mempelajari segala aspek dari samudera dan lautan. Secara sederhana oseanografi dapat diartikan sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. Dalam bahasa lain yang lebih lengkap, oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan

Sementara itu bagian yang berkaitan dengan sistem ekologi seluruh makhluk hidup penghuni planet bumi dikelompokkan ke dalam biosfer. arus samudera.segala fenomenanya. geologi. tektnik dan geologi dasar laut. Topik beragam ini menunjukkan berbagai disiplin yang digabungkan oleh ahli oceanografi untuk memperluas pengetahuan mengenai samudera dan memahami proses di dalamnya: biologi. dan fisika. Beberapa sumber lain berpendapat bahwa ada perbedaan mendasar yang membedakan antara oseanografi dan oseanologi. Dalam arti yang lebih lengkap. Para ahli oseanografi mempelajari berbagai topik. Seperti diketahui bahwa bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer. bagian cair yang disebut hidrosfer dan bagian gas yang disebut atmosfer. termasuk organisme laut dan dinamika ekosistem. ombak. kimia. meteorologi. dan dinamika fluida geofisika. Laut sendiri adalah bagian dari hidrosfer. oseanologi adalah studi ilmiah mengenai laut dengan cara menerapkan . Oseanologi terdiri dari dua kata (dalam bahasa Yunani) yaitu oceanos (laut) dan logos (ilmu) yang secara sederhana dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang laut. dan aliran berbagai zat kimia dan sifat fisik didalam samudera dan pada batasbatasnya.

. kimia. Studi menyeluruh (komprehensif) mengenai laut dimulai pertama kali dengan dilakukannya ekspedisi Challenger (1872-1876) yang dipimpin oleh naturalis bernama C. Oseanografi adalah bagian dari ilmu kebumian atau earth sciences yang mempelajari laut. Thomson (yang berkebangsaan Skotlandia) dan John Murray (yang berkebangsaan Kanada). Keberhasilan dari ekspedisi Challenger dan pentingnya ilmu pengethuan tentang laut dalam perkapalan/perhubungan laut. Secara umum. samudera beserta isi dan apa yang berada di dalamnya hingga ke kerak samuderanya. pasang surut dan temperatur air laut. Selanjutnya Murray menjadi pemimpin dalam studi berikutnya mengenai sedimen laut.ilmu-ilmu pengetahuan tradisional seperti fisika. dan yang terakhir biologi oseanografi yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan flora dan fauna atau biota di laut. fisika oseanografi yang mempelajari masalah-masalah fisis laut seperti arus. dan lain-lain ke dalam segala aspek mengenai laut. kimia oseanografi yang mempelajari masalah-masalah kimiawi di laut. perikanan. matematika. Istilah Oseanografi sendiri digunakan oleh mereka di dalam laporan yang diedit oleh Murray.W. oseanografi dapat dikelompokkan ke dalam 4 (empat) bidang ilmu utama yaitu: geologi oseanografi yang mempelajari lantai samudera atau litosfer di bawah laut. gelombang.

Ilmu geologi penting artinya bagi kita dalam mempelajari asal usul lautan yang telah berubah lebih dari berjuta-juta tahun yang lalu.kabel laut dan studi mengenai iklim akhirnya membawa banyak negara untuk melakukan ekspedisi-ekspedisi berikutnya. Organisasi oseanografi internasional yang pertama kali didirikan adalah The International Council for the Exploration of the Sea (1901). Hal ini termasuk kejadiankejadian pokok seperti terjadinya tenaga pembangkit pasang dan gelombang. gunung berapi dan terjadinya . Termasuk didalamnya adalah penelitian tentang lapisan kerak bumi. Cabang-cabang Ilmu oceanografi Ilmu oceanografi dapat dibagi menjadi beberapa cabang: Ilmu ini mempelajari hubungan antara sifta-sifat fisika yang terjadi dalam lautan sendiri dan yang terjadi antara lautan dengan atmosfer dan daratan. iklim dan sitem arus-arus yang terdapat di lautan dunia.

gempa bumi. sedimentologi. Cabang ilmu oseanografi ini sering dinamakan sebagai biologi laut. dan paleontologi di dasar samudera dan daerah pesisir. Mempelajari lantai samudera atau litosfer di bawah laut. Ilmu mengenai geologi dasar laut termasuk tektonik lempeng Ilmu ini berhubungan dengan reaksi-reaksi ayang terjadi di dalam dan didasar laut dan juga menganalisa sifat-sifat dari air laut itu sendiri. . termasuk hewan-hewan yang berukuran sangat kecil (plankton) dan juga hewanhewan yang berukuran besar dan tumbuhan air Peranan ilmu geologi dalam oseanografi Geologi kelautan mencakup penelitian geofisika. geokimia. Dimana disini dipelajari semua oranismeorganisme yang hidup dilautan.

anjungan pemboran minyak. kabel bawah laut. seperti pembangunan dermaga. Ilmu ini berguna untuk pembangunan struktur dibawah laut maupun pelayaran. Geologi laut atau disebut juga geologi marine adalah salah satu cabang ilmu geologi untuk mengetahui komposisinya. . Dasar samudera secara esensial merupakan daerah terakhir yang belum diexplorasi dan dipetakan secara detail dengan dukungan tujuan militer (kapal selam) dan tujuan ekonomi (penambangan logam dan minyak bumi) sebagai alasan penelitian. Ilmu geologi oseanografi mempelajari tentang batuan dan struktur dari lantai samudera Penelitian geologi kelautan menjadi sangat penting untuk memberikan bukti mengenai pemekaran lantai samudera dan tektonik lempeng pada tahun-tahun setelah Perang Dunia ke-2. jembatan antar dua pulau dsb. struktur dan proses pembentukan dasar laut.Geologi kelautan berkaitan erat dengan oseanografi fisik dan tektonik lempeng.

Semua sistem peringatan dini untuk peristiwa bencana ini membutuhkan pemahaman yang lebih detail mengenai geologi kelautan di lingkungan pesisir dan busur kepulauan . Struktur dan topografi bawah laut dapat diketahui dengan menggunakan peta satelit dan aplikasi aplikasi kainnya yang berhubungan. Penelitian geologi kelautan menjadi sangat penting untuk memberikan bukti mengenai pemekaran lantai samudera dan tektonik lempeng. Dengan ini kita dapat mengetahui penyebaran sumber minyak di samudera Cincin Api disekitar Samudera Pasifik yang kehadirannya mengintensifkan aktivitas vulkanisme dan seismik memberikan ancaman utama untuk bencana gempa bumi. para oahli oseanografi dapat mempelajari struktur pembentuk dari lempeng dan mengetahui pergerakannya. pergerakan dari lempeng ini akan berakibat pada keadaan lautan. seperti perubahan penyebaran salinitas samudera Seorang ahli geologi oseanografi haruslah terampil dalam menerapkan ilmu geologi yang berkaitan dengan oseanografi. tsunami. Karena dengan geologi.Geologi meupakan ilmu yang berhubungan erat dengan oseanografi. dan letusan gunung api.

Indonesia merupakan negara yang luas dan kaya. baik pulau besar dan kecil terdapat di Indonesia. Tetapi jika kita menggali seluruhnya akan sangat luas pembahasannya. yang telah memahami proses-proses geologi.508 pulau. Luas dalam arti sangat besar wilayahnya dan keanekaragaman wilayahnya mulai dari daratan. baik di daratan maupun di lautan. Melihat sedikit fakta tentang negara kita seperti telah disebutkan diatas. Serta kaya dalam artian sangat berpotensi mempunyai kekayaan alam di wilayah yang sangat luas yang dimilikinya. karena seperti kita ketahui sebagai seorang ahli geologi. bahwa Indonesia berada di zona yang sangat berpotensi terdapatnya sumberdaya alam yang berlimpah. seperti tektonik lempeng dan lain sebagainya. yang sebagian besar wilayahnya adalah berupa lautan. sampai lautannya. dan luas wilayah 21 juta km2.000 km. kepulauan. sejatinya kita menyadari fakta itu dan mulai melihat implikasinya dalam ilmu geologi untuk diaplikasikan demi kemakmuran rakyat dan bangsa Indonesia. Sejumlah 17. . yang merupakan terpanjang ke 2 di dunia.Seperti kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara kepulauan. dengan panjang garis pantai 81.

Oleh karena itu. juga terdapat pengaruh sedimentasi. baik itu sedimen di daerah dekat pantai (Nearshore) ataupun di perairan laut dalam (Deepsea). yang seperti kita ketahui bersama sangat penting dalam ilmu geologi. diantaranya adalah karena morfologi permukaan dasar laut juga ikut dikontrol oleh pengaruh supply sedimen. yang pembahasannya tidak hanya menyangkut daratan tetapi juga lautan. Sedimentasi di laut sangat penting artinya dalam kerangka geologi kelautan. Selain daripada aspek geomorfologi. juga batas-batas antar bagian-bagian morfologi dasar laut juga ikut dikontrol oleh sedimentasi. Disamping itu proses sedimentasi di laut juga akan mempengaruhi proses-proses di bagian . dalam kerangka geologi kelautan seperti halnya proses geologi yang terjadi di darat. ada baiknya untuk menyempitkan pembahasan ini dalam kerangka aspek geologi kelautan. Apalagi sekitar dua pertiga daerah Indonesia adalah lautan. Dalam mempelajari dari aspek geologi kelautan sendiri kita sebaiknya meninjau dulu sedikit tentang teori-teori yang menyangkut tentang geologi kelautan proses-prosesnya. serta segala karakteristiknya dan untuk selanjutnya kita melihat segala implikasinya dalam kehidupan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

meliputi sekitar 1. meliputi sekitar 85% – 90% Material hasil glasiasi. sebagai contoh sedimen di daerah dekat pantai dan paparan merupakan kunci bagi sedimen di laut dalam dan dipengaruhi oleh: • • • perubahan muka air laut proses penurunan dasar laut proses dinamika (oseanografi) Pada sedimentasi dilaut tentunya juga terdapat material yang tersedimentasi.2% dan material yang terangkut oleh angin sekitar 1% Dimana sekitar 80 % dari produk yang dihasilkan sumber material tersebut merupakan bentuk larutan. meliputi sekitar 7% Material air tanah.lainnya. . beberapa sumber-sumber material yang mempengaruhi sedimentasi di laut diantaranya adalah : Material yang berasal dari sungai.

dan tektonik dilaut. Implikasi dari proses tektonik baik didarat ataupun dilaut diantaranya adalah dapat merubah tatanan yang sudah terbentuk. karena sampai saat ini semua peristiwa yang menyangkut segala proses geologi yang berasal dari dalam bumi. Teori tektonik lempeng sangat familiar dikalangan komunitas geologi. Faktor utama penyebab tektonik jika dipandang dari sudut pandang ilmu geologi tentu saja dapat dijelaskan dengan baik oleh teori tektonik lempeng. sedimentologi. yang meliputi aspek morfologi. Tetapi yang perlu dijadikan perhatin khusus adalah implikasinya. Dapat dipastikan bahwa semua komunitas geologi mengerti dan paham akan teori ini. diantaranya akibat proses sedimentasi. Beberapa penjelasan tentang geologi kelautan diatas. terutama tektonisme sangat baik dijelaskan dalam teori ini. didaratpun sangat berpengaruh. oleh karena itu detailnya tidak akan dibahas dalam tulisan ini. Tektonik sangat berpengaruh bukan saja di laut. juga perlu ditinjau aspek tektoniknya. kiranya dapat memberikan sedikit pengetahuan geologi kelautan yang selanjutnya akan .Selain daripada aspek morfologi dan sedimentologi di laut.

Diantaranya. sangat memegang peranan penting. yang dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Dan aspek geologi kelautan disini memegang peranan penting dalam penentuannya. atau bisa dikatakan sangat vital. Hubungannya dengan geologi kelautan tentu saja. disamping menyamngkut morfologi dasar laut yang dijadikan pertimbangan penentuan batas wilayah. Penentuan batas wilayah ini sangat penting artinya bagi Indonesia. disamping itu dari sudut pandang geologinya. implikasi aspek geologi kelautan yang saat ini banyak diperbincangkan adalah mengenai penerapannya dalam batas wilayah.dimanfaatkan untuk menerapkan implikasinya untuk Indonesia yang notabene merupakan negara yang memiliki laut. Sumberdaya alam itu sendiri tentu saja dapat dikuasai oleh suatu negara asalkan dalam wilayah kekuasaannya. Sumberdaya alam sangat penting artinya bagi semua negara. yang menyangkut tentang sumberdaya alam. Dalam penentuan batas wilayah sendiri seperti kita ketahui regulasi nya yang dikeluarkan oleh pemerintah. karena menyangkut kelangsungan dan kemakmuran suatu negara. .

Maka. agar dapat diakui bahwa kekayaan alam tersebut adalah milik negara tersebut. karena pendapatnya akan sangat diperhatikan. caranya secara tidak langsung adalah melebarkan batas wilayahnya. Seperti kita ketahui bahwa penentuan batas wilayah sendiri sangat didorong oleh keterdapatan sumberaya mineral. .Seorang ahli geologi disini sangat memegang peranan penting. dan menerapkannya untuk kemakmuran bangsa Indonesia. hal ini sangat membuat setiap negara ingin menguasai kekayaan alam tersebut. kita sebagai seorang ahli geologi tentunya berusaha untuk mempelajari sebaik-baiknya. Mengingat begitu pentingnya tinjauan geologi kelautan dalam penentuan batas wilayah yang selanjutnya berimplikasi terhadap penguasaan sumberdaya mineral.

 .290780-:9..3. 2307./.7. -0725.3 -..:39:02.5.5 30. 200-. 0.3..7.2 90780-:9  .9 //4743 40 0907/.38:2-07/.5.3.8 .:.././.33.:9.3 -.93.....3.5.5.8 907.8.3.3 20307.8 .3 507. ..  /.2 503039:. 044 /83 8.09.0..5 503:.3   $050799.7.3 8:2-07. 33 203:. 503/. -..3. -07:8.9.3 50393  ..7 80-.3.9.3-. 93... 9..803/78..3/4308.9 -09: 503933.3 044 0.3.3.9 202-:.9 809.:-.3.$047.  .503039:. 9/..9 /..3 80. :39: 20250.90780-:9  033.3 .38.38:3 .2307.8.7.80-.3 .7.3-.: -.044 9039:3. .3:93. 80.8047..230.38..7 /.. .9/507.9.    ....9.3 /.703..2:7.9 2020. 3 8.8..9.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->