TAFSIR SURAT AL MU’MINUN AYAT 12-14 Artinya: “12.

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. 13. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). 14. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (QS Al Mukminun : 12-14) a. Kandungan ayat Dalam surat Al Mukminun ayat 12-14 Allah SWT menerangkan tentang proses penciptaan manusia. Sebelum para ahli dalam bidang kedokteran modern mengetahui proses asal usul kejadian penciptaan manusia dalam rahim ibunya, Allah SWT sudah terlebih dahulu mejelaskan perihal kejadian tersebut dalam Al Qur’an seperti dalam surat Al Mukminun ayat 1214, dan diperkuat oleh ayat lainnya diantaranya Surat Al Hasyr ayat 24 yang berbunyi: Teks lihat “google Al-Qur’an onlines” Artinya : Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk Rupa, yang mempunyai asmaaul Husna. bertasbih kepadanya apa yang di langit dan bumi. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.(QS Al Hasyr : 24) Pada surat Al Mukminun ayat 12 -14 Allah SWT menjelaskan bahwa proses penciptaan manusia dalam rahim ibunya terbagi menjadi 3 fase yaitu: 1. Fase air mani 2. Fase segumpal darah 3. Fase segumpal daging Yang masing-masing fasenya memakan waktu 40 hari, hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh bukhari: Artinya : Dari Abdullah bin Mas’ud ra.,ia berkata : Rasululla saw bercerita kepada kami, beliaulah yang benar dan dibenarkan : “Sesungguhnva penciptaan perseoranganmu terkumpul dalam perut ibunva empat puluh hari dan empat puluh malam atau empat puluh malam, kemudian menjadi segumpal darah, semisal itu (40 hari = pen) kemudian menjadi segumpal daging, semisal itu (40 hari = pen), kemudian Allah mengutus Malaikat, kemudian dipermaklumkan dengan empat kata, kemudian malaikat mencari rizkinya, ajalnya (batas hidupnya), amalnya serta celaka dan bahagianya kemudian Malaikat meniupkan ruh padanya. Sesungguhnya salah seorang di antaramu niscaya beramal dengan amal ahli (penghuni) sorga, sehingga jarak antara sorga dengan dia hanya satu hasta, namun catatan mendahuluinya, maka ia beramal dengan penghuni neraka, maka ia masuk neraka.

5 Pengkajian Berdasarkan keilmuan masing-masing . Umar berkata:Fa tabarakallahu ahsanul khaliqin (Maka Maha Sucilah Allah Pencipta yang Paling Baik). 3. (Hadits ditakhrij oleh Bukhari). Al Khalq. … Khalqan Akhar … (… mahluk berbentuk lain…) (Q. beramal dengan amal ahli neraka. Wa la qad khlaqal insane min sulalatim main thin (Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah) (Q. antara lain mengenai turunnya ayat. maka ia masuk sorga. yaitu: 1. Menjelaskan tentang proses kejadian manusia Allah memberi kesempatan hidup di dunia kepada manusia Usia manusia ditentukan oleh Allah SWT Manusia diperintahkan untuk memikirkan proses kejadiannya agar tidak sombong kepada Allah dan sesama manusia Kandungan surat Al-Mukminun : 12-14 • • • • • • Allah adalah stu-satunya yang menciptakan manusia Penegasan Allah SWT bahwa manusia meupakan makhluk ciptaan-Nya yang asal kejadiannya dari sari pati tanah Informasi dari Allah tentang proses kejadian manusia ketika masih berada dalam kandungan Allah memberi kesempatan hidup di dunia kepada manusia Usia manusia ditentukan oleh Allah SWT Manusia diperintahkan untuk memikirkan proses kejadiannya agar tidak sombong kepada Allah dan sesama manusia. 2. sehingga jarak antara neraka dengan dia hanya satu hasta. yaitu dibuat bagian-bagian tubuhnya 3. yaitu digambarkan dengan bentuk garis-garis. Al Baru’.” Maka turunlah akhir ayat tersebut (Q. Asbabun Nuzul Dalam suatu riwayat dikemukaan bahwa pandangan Umar sejalan dengan kehendak dalam empat hal.Dan sesungguhnya salah seorang diantaramu.S Al-Mu’minun: 14) yang sejalan dengan ucapan umar itu. waktunya setelah 42 hari 2.S 23 Al-Mu’minun: 14). Taswir. maka ia beramal dengan amal penghuni sorga. namun catatan mendahuinya. yaitu penyempurnaan terhadap bentuk janin Kesimpulan kandungan surat Al Mukminun ayat 12-14 ini antara lain: 1. 2. Pada waktu mendengar ayat tersebut. 4.S 23 Al-Mu’minun:12) sampai. Sedangkan dalam surat Al Hasyr Allah menjelaskan bahwa janin sebelum menjadi manusia sempurna juga mengalami tiga fase.

Dia menyimpulkan bahwa embrio selama tingkatan alaqah kenampakannya mirip dengan lintah itu. Dan kesimpulannya bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah. sedang isinya yang didalam masih panas juga. berarti sesuatu yang tertutup. Profesor Moore menemukan persamaan yang besar di antara keduanya. Profesor Moore menempatkan gambar sisi embrio dengan sisi gambar seekor lintah. sebab ia pada mula-mulanya sangat panas dan bermyala-nyala. Menurut pendapat ahli pengetahuan bahwa bumi ini sebagian dari matahari. berarti pacet atau lintah. sebagaimana matahari itu. Tetapi lama kelamaan menjadi dinginlah kulitnya yang terbelah keluar. berarti segumpal darah. artinya asal mulanya manusia itu dijadikan Allah dari tanah. Dalam perbandingan lintah air tawar dengan em-brio pada tingkat alaqah.Allah menjadikan manusia dari khulasah (sari) tanah. . Pertimbangan yang terkenal dan dihormati ilmuwan embriologi ini dinyatakan atas pembelajaran ayat al-Quran sesuai dengan disiplinnya. Dia memperlihatkan gambar gambar ini kepada para ilmuwan di beberapa konferensi. Pertama. kedua. Kata alaqah dalam bahasa Arab memiliki tiga arti. dan ketiga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful