ANALISIS EKONOMI

JENIS - JENIS ANALISIS EKONOMI Analisis ekonomi dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu: ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan (applied economics).

EKONOMI

DESKRIPTIF

bidang

ilmu

ekonomi

ini

adalah

analisis

ekonomi

yang

menggambarkan keadaan yang sebenarnya wujud dalam perekonomian. Setiap ilmu pengetahuan bertujuan untuk menganalisis kenyataan yang wujud dialam semesta dan di dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu adalah penting untuk mengetahui fakta-fakta mengenai kenyataan yang wujud. Ada kalanya hal itu tidak mudah dilakukan. Di dalam ilmu sosial tidaklah mudah untuk mengetahui sifat yang sebenarnya dari kenyataan yang wujud. Hal ini desebabkan karena dalam masyarakat kenyataan yang wujud sangat berkaitan satu sama lain, sehingga sering sekali timbul kesukaran untuk menggambarkan kenyataan yang sebenarnya berlaku dalam perekonomian. Misalnya kita ingin mengetahui pengaruh kenaikan harga kepada kenaikan produksi pangan. Ini sukar dijelaskan karena produksi pangan bukan saja dipengaruhi oleh harganya tetapi oleh banyak faktor-faktor lain seperti iklim, harga barang lain, keadaan ekonomi, dan sebagainya.

TEORI EKONOMI adalah pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat-sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi, dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. Ia juga memberikan gambaran tentang sifat-sifat utama dari sistem ekonomi dan bagaimana sistem ekonomi berfungsi. Dalam teori ekonomi yang diterangkan adalah gambaran umum dan yang disederhanakan mengenai kegiatan ekonomi dan sifat-sifat hubungan ekonomi. Mengetahui kenyataan-kenyataan ekonomi saja belumlah cukup untuk belajar ilmu ekonomi. Yang lebih penting lagi ialah menyusun

kenyataan-kenyataan ini secara sistematik, dan membuat gambaran-gambaran umum tentang kegiatan sesutau perekonomian dan komponen-komponennya. Tugas ini dijalankan oleh teori ekonomi. Dengan mempelejari teori dan kekayaan, ilmu ekonomi sangat penting peranannya dalam masyarakat.

EKONOMI TERAPAN bidang ini biasa juga disebut sebagai ilmu ekonomi kebijakan. Ia adalaha cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi. Salah satu peranan teori ekonomi adalah ia dapat dijadikan landasan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi. Bagaimana bentuk-bentuk kebijakan yang harus dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi yang dihadapi dianalisis didalam ekonomi kebijakan. Dalam perekonomian tujuan yang ingin dicapai adalah: 1. Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat. 2. Menciptakan kestabilitasan harga-harga. 3. mengatasi masalah-masalah pengangguran. 4. mewujudkan distribusi pendataan yang merata.

Dalam

merumuskan

kebijakan

ekonomi

pandangan

yang

menerangkan

“apa

sebenarnya yang harus diwujud,“ yaitu pandangan yang dalam bahasa inggris dinamakan dengan istilah: value judgement, sangat penting peranannya. Dalam perekonomian dihadapi masalah kekurangan bahan makanan adapun kebijakan yang harus dilaksanakan dalam perekonomian adalah seseorang mungkin berpendapat bahwa yang terbaik ialah menyadiakan makanan. Yang lain berpendapat bahwa kekurangan itu harus diatasi dengan menaikkan produksi dalam negeri. Dalam jangka pendek langkah ini mungkin akan menaikkan harga tetapi dalam jangka panjang produksi dalam negeri akan naik dan mnggunakan tenaga kerja bertambah. Kebijakan pertama berpendapat kepentingan konsumen perlu diutamakan sedangkan kebijakan kedua lebih mengutamakan kepentingan negara secara keseluruhannya.

dan perkembangan tingkat harga-harga. “Kalau harga naik maka permintaan barang akan berkurang“. selalu diperlukan didalam menganalisis keadaan suatu perekonomian. besarnya dan perkembangan jumlah penduduk. yang merupakan gambaran umum mengenai perubahan yang berlaku didalam suati bidang kegiatan ekonomi.PERNYATAN POSITIF DAN NORMATIF DALAM ANALISIS EKONOMI Pernyataan hipotesa dan persoalan dalam ekonomi ada yang merupaka pernyataan positif dan ada yang merupakan pernyataan normatif. Dalam mengatasi masalah kekurangan bahan makanan satu pihak berpendapat bahwa sebaiknya kekurangan bahan makanan diatasi dengan mengimpor bahan tersebut. dan “kalau tinkat kegiatan ekonomi menurun maka ini akan mengurangi investasi“. Ada mengalami kenaikan yang cepat. PERANAN ILMU STATISTIK DALAM ANALISIS EKONOMI Ilmu statistik memegang peranan yang sangat penting didalam mengumpulkan data mengenai berbagai aspek dari kegiatan sesuatu perekonomian. “kalau permintaan dalam masyarakat berkurang maka tingkat kegiatan ekonomi akan menurun“. Pernyataan normatif dapat ditemui dalam ekonomi terapan atau ekonomi kebijakan. Pernyataan positif seperti tersebut dapat ditemui dalam ekonomi deskriptif dan teori ekonomi. Juga perubahan produksi berbagia sektor ekonomi . ilmu statistik memberikan sumbangan yang penting sekali di dalam analisis dari teori ekonomi. Masalah ekonomi dapat di atasi dengan beberapa cara. Yang penting lagi. dan cara manakah yang terbaik sangat tergantung kepada value judgedment dari yang merumuskan kebijakan ekonomi tersebut. Ketika menerangkan mengenai ekonomi kebijakan. dan pihak lainnya berpendapat bahwa sebaiknya di atasi dengan menaikkan produksi. Berbagai metode statistik memungkinkan dilakukannya pengumpulan data-data penting mengenai kegiatan ekonomi seperti tingkat produksi nasional. ANGKA INDEKS banyak keterangan-keterangan yang sederhana. Anda tentu telah menyadari bahwa harga berbagai jenis barang tidak mengalami perubahan yang sama dari masa ke masa. jumlah dan jenis-jenis pengangguran. ada yang mengalami kenaikan yang lambat dan ada yang mengalami kenaikan atau turun.

Untuk menunjukkan besarnya perubahan tersebut diperlukan suatu masa/tahun yang akan dijadikan titik tolak didalam melihat besarnya perubahan harga yang berlaku. angka indekstahun-tahun lainnya ditentukan berdasarkan perubahanperubahan tingkat produksi diberbagai kegiatan ekonomi kalau dibandingkan dengan pada tahun dasar. Ada sektor industri yang cepat berkembang dan ada pula yang lambat berkembang. Indeks Produksi. Apabila angka indeks harga pada suatu tahun tertentu adalah 110. Menunjukkan perubahan tingkat produksi juga menghadapi masalah yang sama seperti menunjukkan perubahan tingkat harga. dan tingkat produksi di tahun tersebut diberi angka 100. 2. 1. Tabel indeks harga pada masing-masing tahun . anka indeks pada tahun-tahun lainnya – sebelum atau sesudahnya – dihitung berdasarkan kepada perubahan harga-harga yang berlaku jika dibandingkan dengan tahun dasar. untuk mengatasi masalah seperti itu digunakan angka indeks. Angka indeks dapatlah didefinisikan sebagai angka yang menunjukkan perubahan rata-rata dari sekumpulan data tertentu dari waktu ke waktu. adalah berbeda-beda. Maka. berapakah tinkat kenaikan harga barang konsumsi atau tingkat produksi sektor industri dalam satu tahun tertentu. Untuk tahun itu angka indeksnya diberi nilai 100.mengalami perubahan yang seperti itu. Dua angka indeks yang terpenting mengenai perubahan keadaan kegiatan ekonomi adalah indeks harga dan indeks produksi. Dalam membuat indeks harga dan dalam membuat indeks produksi langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tahun dasar. Indeks harga menunjukkan besarnya perubahan rata-rata dari hargaharga sekumpulan barang dari satu waktu ke waktu lainnya. Masa tersebut dinamakan tahun dasar. Oleh sebab itu sukarlah mengetahui. maka ini berarti bahwa secara rata-rata harga telah mengalami kenaikan sebesar 10 persen kalau dibandingkan dengan harga-harga pada tahun dasar. Indeks Harga. misalnya. misalnya sektor industri. Tingkat perubahan produksi berbagai kegiatan disatu sektor.

000 87.500 8.800 5.000 8.878.441.000 1.200 kopi kacang 10.y ) 31000 33360 77500 79200 76800 75000 83700 I Contoh soal Indeks Harga Tertimbang Produksi Tahun 2005 H (kg) Beras Gula pasir terigu 3.000 .000 520.tahun 1999 2000 2001 2002 2003 2004 2005 Produksi ( x ) 31 30 32 33 32 30 31 Harga/ kg ( y ) 1000 1112 2500 2400 2400 2500 2700 Nilai ( x.000 Total 2006 Kt.000 K (ton) 70 65 Total 2005 Ko.000 552.000 325.000 750.000 K (ton) 50 60 Tahun 2006 H (kg) 2.Ho 135.500 30 3.Ht 196.500 2.000 240.500 50 65 275 450.000 45 65 250 1.000 1.700 4.500 25 96.

Kelebihan ini di dalam analisis ekonomi dikenal sebagai Surplus Ekonomi. Surplus konsumen pada hakekatnya berarti perbedaan diantara kepuasan yang diperoleh seseorana di dalam mengkonsumsikan sejumlah barang dengan pembayaran yang harus dibuat untuk memperoleh barang tersebut. dan perbedaannnya merupakan surplus konsumen. Contoh dalam tabel dibawah ini menggambarkan bagaimana surplus kosumen akan terwujud. Sesampainya dipasar dia mendapati bahwa durian yang diinginkannya hanya berharga Rp 1.SURPLUS KONSUMEN Teori nilaiguna dapat pula menerangkan tentang wujudnya kelebihan kepuasan yang dinikmati oleh para konsumen. Surplus konsumen wujud sebagai akibat daripada nilaiguna marginal yang semakin sedikit. Uraian sebelum ini telah menunjukkan bahwa harga sesuatu barang berkaitan rapat dengan nilaiguna marginalnya.000. Jadi ia dapat memperoleh durian yang diinginkannya dengan hargaRp 500 lebih murah daripada harga yang bersedia dibayarkannya. Kepuasan yang diperoleh selalu lebih besar dari pada pembayaran yang dibuat. . Oleh karena nilaiguna marginal dari barang ke-n adalah lebih rendah dari barang sebelumnya. Perhatikan contoh yang sederhana sebagai berikut. Seorang konsumen pergi kepasar membeli durian dan bertekat akan membeli satu buah yang cukup besar apabila harganya Rp 1.500. Nilai Rp 500 ini adalah surplus konsumen. nilai guna marginal barang yang sebelumnya adalah lebih tinggi dari harga barang itu.

000 - Tabel di atas menunjukkan kesedian seseorang konsumen durian untuk membayar durian yang di inginkannya.300 Rp 1. Jumlah konsumsi durian setiap minggu Harga yang bersedia dibayar konsumen untuk durian tersebut (2) (3) Surplus konsumen apabila harga durian Rp 700 untuk masingmasing durian Jumlah surplus konsumen (1) Durian pertama Durian kedua Durian ketiga Durian keempat Durian kelima Durian keenam Durian ketujuh Durian kedelapan Rp 1.000 RP 1. Misalkan di dalam pasar harga durian adalah Rp 700.Surplus Konsumen yang Dinikmati Seorang Pembeli Durian.000 Rp 3. dengan harga yang sebesar ini konsumen tersebut akan membeli enam durian seminggu.100 Rp 900 Rp 700 Rp 500 Rp 300 Rp 1.400 Rp 2.500 dan seterusnya.500 Rp 1.800 Rp 2. karena untuk durian yang keenam ia bersedia membayar Rp 700 dan harga dipasar .700 durian yang kedua ia bersedia membayar Rp 1.000 Rp 800 Rp 600 Rp 400 Rp 200 0 - (4) Rp 1.700 Rp 1. Untuk durian yang pertama dia bersedia membayar Rp 1.800 Rp 3.

300. yaitu sebanyak Rp3. untuk durian ini ia akan memperoleh surplus konsumen sebesar Rp 600. Dalam kolom (3) ditunjukkan surplus konsumen yang diwujudkan oleh setiap duren yang dibelinya. pembeli durian itu akan memperoleh surplus konsumen yang lebih besar apabila konsumsi duriannya dinaikkan sehingaga mencapai lima buah seminggu. sebab ia cukup membayar barang tadi dengan harga Pe. Karena untuk duruan pertama hingga yang kelima. Jika tingkat harga pasar adalah Pe. Dia akan menghentikan membeli durian apabila konsumsi duriannya adalah enam durian seminggu karena untuk durian yang keenam ini pembeli durian tersebut tidak memperoleh surplus konsumen yang dinikmati dari membeli enam durian tersebut ditunjukkan dalam kolom (4). SURPLUS KONSUMEN Surplus konsumen (consumers’ surplus) mencerminkan suatu keuntungan lebih atau surplus yang dinikmati oleh konsumen tertentu berkenaan dengan tingkat harga pasar suatu barang. Fungsi permintaan P = ƒ(Q) menunjukkan jumlah suatu barang yang akan dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. untuk memperoleh durian ke tiga dia bersedia membayar Rp 1. sedangkan harga yang harus dibayarnya adalah Rp 700. Maka apabila durian ketiga dibeli. Kasus : . Berapakah surplus konsumen yang dinikmatinya? Hal itu ditunjukkan pada kolom (3) dan (4). Keuntungan lebih semacam inilah yang oleh Alfred Marshall disebut surplus konsumen. durian ketujuh dan kedelapan tidak akan dibelinya karena harga pasar lebih tinggi daripada harga yang bersedia dibayarnya. maka bagi konsumen tertentu yang sebetulnya mampu dan bersedia membayar dengan harga lebih tinggi dari Pe hal ini akan merupakan keuntungan baginya. harga yang bersedia dibayarnya adalah lebih tinggi daripada harga pasar.000. Sebagai contoh.juga Rp 700.

Hitunglah surplus konsumen dengan dua macam cara untuk fungsi permintaan Q = 40 -2 P yang tingkat harga pasarannya 10. Q = 40 Jika Q = 0.50 Q Jika P = 0. P = 20 ≡ P Jika Pe = 10. Q = 40 -2 P à P = 20 – 0. Q = 20 .

Gambar 1 Cara Pertama : Cara Kedua : .

maka bagi produsen tertentu yang sebetulnya bersedia menjual dengan harga yang lebih rendah dari Pe hal ini akan merupakan keuntungan baginya. Kasus 1 : Seorang produsen mempunyai fungsi penawaran P= 0.50 Q + 3. Lakukan perhitungan P P = 0. Jika tingkat harga pasar adalah Pe. Fungsi penawaran P = f(Q) menunjukkan jumlah sesuatu barang yang akan dijual oleh produsen pada tingkat harga tertentu. Keuntungan lebih semacam ini disebut surplus produsen. Berapa surplus produsen itu bila tingkat harga keseimbangan di pasar adalah 10 ? dengan dua cara. sebab ia kini dapat menjual barangnya dengan harga Pe (lebih tinggi dari harga jual semula yang direncanakan).50 Q + 3 à Q = -6 + 2 P = 0 à Q = -6 .SURPLUS PRODUSEN Surplus produsen (Producers’ surplus) mencerminkan suatu keuntungan lebih atau surplus yang dinikmati oleh produsen tertentu berkenaan dengan tingkat harga pasar dari barang yang ditawarkannya.

Q Pe = 10 à Q = 14 = 0 à P = 3 ≡ Gambar 2 Cara Pertama : .

Hitunglah masing-masing surplus yang diperoleh konsumen dan produsen : Penawaran : Q = -30 + 5 P P = 6 + 0.4 P P = 15 .20 Q Permintaan : Q = 60 .0.25 Q .Cara Kedua : Kasus 2 : Penawaran dan permintaan akan suatu barang di pasar masing-masing ditunjukkan oleh Q = -30 + 5 P dan Q = 60 – 4 P.

Keseimbangan Pasar : Q = Qd -30 + 5 P = 60 – 4 P 9P = 90 P = 10 ≡ Pe Q = 60 – 4 P = 60 – 4(10) = 20 ≡ Qe .

Gambar 3 Surplus Konsumen : Surplus Produsen : .

ataupun masyarakat luas.ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL Setiap usaha yang dijalankan. pemerintah. Dampak aspek ekonomi dan sosial dampak . baik bagi perusahaan itu sendiri. Dampak positif dan negatif ini akan dapat dirasakan oleh berbagai pihak. tentunya akan memberikan dampak positif dan negative.

Dampak negatif dalam aspek sosial termasuk terjadinya perubahan gaya hidup. dampak negatif pun tidak akan terlepas dari aspek ekonomi. listrik. masuknya pekerja dari luar daerah sehingga mengurangi peluang bagi masyarakat sekitarnya. .sosial yang diberikan dengan adanya investasi lebih ditekankan kepada masyarakat khususnya dan pemerintahan umumnya. karena dampak yang akan ditimbulkan nantinya sangat luas apabila salah dalam melakukan penilaian. seperti pembangunan jalan. Lebih dari itu yang terpenting adalah ada yang mengelola dan mengatur sumber daya alam yang belum terjamaah. Jadi. perubahan budaya. adat istiadat dan struktur sosial lainnya. Oleh karena itu. Sebaliknya. dan sarana lainnya. misalnya eksplorasi sumber daya alam yang berlebihan. budaya. dalam aspek ekonomi dan sosial yang perlu ditelaah apakah jika proyek dijalankan akan memberi manfaat secara ekonomi dan sosial kepada berbagai pihak atau sebaliknya. aspek ekonomi dan sosial ini perlu dipertimbangkan. Dampak positif dari aspek sosial bagi masyarakat secara umum adalah tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan. jembatan. Sedangkan bagi pemerintah dampak positif yang diperoleh adalah dari aspek ekonomi memberikan pemasukan berupa pendapatan baik bagi pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah. Kemudian bagi pemerintah dampak negatif dari aspek sosial adanya perubahan demografi disuatu wilayah. Bagi masyarakat adanya investasi ditinjau dari aspek ekonomi adalah akan memberikan peluang untuk meningkatkan pendapatan. dan kesehatan masyarakat.

sekecil apapun bisnis jasa yang direncanakan. Analisis Manfaat proyek bisnis jasa yang ditinjau dari sisi lain. Bisnis yang direncanakan apakah bermanfaat bagi pihak lain. Ditinjau dari aspek ekonomi salah satu kelayakan usaha atau dapat dilihat dari kemampuan investasi tersebut dalam meningkatkan pendapatan nasional atau daerah melalui peningkatan PDB dan PAD. menumbuhkan industri lain. yang akan dijalankan akan memberikan dampak yang positif lebih banyak. memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat b. dengan adanya investasi akan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan secara nasional dan pendapatan daerah dimana investasi tersebut dilakukan. Kemudian kelayakan lain adalah naiknya income per capita masyarakat melalui peningkatan pendapatan seiring dengan tumbuhnya sektor ekonomi demikian pula sebaliknya. Aspek-aspek penilaian manfaat bisnis yang direncanakan dapat ditinjau dari beberapa sisi penjelasannya sebagai berikut. 1. Artinya. adalah dimaksudkan agar proyek dapat: a. c. . dengan berdirinya usaha atau proyek secara ekonomi dan sosial lebih banyak memberikan manfaat dibandingkan kerugiannya. turut menyediakan kebutuhan konsumen dalam negeri sesuai kemampuan. menanbah pendapatan nasional. e. Sisi Rencana Pembangunan Nasional.Diharapkan dari aspek ekonomi dan sosial. menggunakan sumber daya lokal. d. Artinya.

gaji dan upah. sewa. pajak tidak langsung. PT. yang dimaksud pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran adalah pendapatan nasional yang dihitung dengan menjumlahkan seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh berbagai golongan masyarakat dalam perekonomian. Jenis-jenis pendapatan yaitu. 2. Untuk memudahkan pemahaman perhitungan pendapatan nasional diberikan contoh berikut ini. Kemudian.000 ha. sehingga dapat meningkatkan tingkat kesejahteraannya. Sisi Distribusi Nilai Tambah. Dari investasi tersebut diperkirakan dapat meningkatkan pendapatan atau penghasilan masyarakat sebagai berikut: . laba (keuntungan). Cara menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi adalah dengan menjumlahkan nilai tambah yang diwujudkan oleh berbagai lapangan usaha (sektor ekonomi) dalam perekonomian. dengan adanya investasi tersebut dapat dihitung seberapa besar peningkatan pendapatan yang diterima oleh berbagai golongan masyarakat. bunga dan pendapatan lainnya. sehingga dapat mendongkrak multiplier effect kependapatan perekonomian lainnya. Dari segi pendapatan. yang dimaksud pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan adalah pendapatan nasional yang dihitung dengan menjumlahkan balasan jasa yang diterima oleh faktor produksi. Bedelew Sew ingin melaksanakan investasi dibidang hutan tanaman industri dikabupaten Belitung. Begitu juga disisi pengeluaran yang dilakukan oleh berbagai golongan masyarakat.Adapun pendapatan nasional dengan pendekatan produksi adalah nilai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu Negara dalam satu tahun tertentu. dengan areal seluas 76. Provinsi Babel. penyusutan. Selanjutnya.

sehingga bisa disimpulkan bahwa dari segi peningkatan pendapatan daerah proyek atau usaha tersebut layak untuk dilaksanakan.653. Bedelew Sew sebesar Rp 4.20 0 4.70 12.500/tahun pada tahap mantap atau produksi.145.200.Komponen pendapatan Nasional Komponen Pendapatan Nasional Gaji Upah Pajak Penyusutan Laba setelah pajak Total Pendapatan Nasional Tahap Pembangunan (Rupiah/th) 2.50 13.00 30.50 Tahap Produksi (Rupiah/th) 3.00 61.476.437.70 940.50 0 1.000/tahun pada tahap pembangunan tanaman dan meningkat lagi menjadi RP 61.420. Cara penghitungan pendapatan nasional bagi dunia usaha untuk pertanian X .00 Dari data tersebut dapat dilihat bahwa sumbangan proyek atau investasi hutang tanaman industri yang dilaksanakan oleh PT.437.35130.116.653.000.

000 Tabel di atas menggambarkan output yang dihasilkan oleh suatu usaha pertanian X dan biaya produksi yang harus dikeluarkan.000 10 x Rp 25 = Rp 250 Arus Perputaran Penghasilan Total Rp 10. Jadi semakin banyak maka semakin meningkat pendapatan nasional.000 Keuntungan 10 x Rp 75 = Rp 750 Total Pendapatan Nasional Rp 10.000 Rp 75 Rp 1. .000 Upah Sewa Bunga 10 x Rp 800 = Rp 8. Neraca Pendapatan Nasional Arus Perputaran Modal Hasil penjualan Output akhir 10 x Rp 1.000 Penghasilan Biaya produksi Upah Sewa Bunga Keuntungan Total Pendapatan Nasional Rp Rp Rp 800 100 25 Total Rp 1.000 10 x Rp 100 = Rp 1.000 = Rp 10.000 Tabel di atas menggambarkan 10 petani yang serupa.Perhitungan Laba/Rugi Usaha Pertanian Output Hasil penjualan ( Beras dan Jagung ) Rp 1.

terutama bagi mereka yang dapat diterima bekerja dilokasi pabrik maupun mereka yang bekerja di luar lokasi pabrik dengan cara berdagang atau lainnya. denga kehadiran pabrik banyak yang beralih profesi menjadi karyawan pabrik. Secara garis besar dampak dari aspek ekonomi dengan adanya suatu usaha atau investasi. Di beberapa wilayah kehadiran pabrik atau suatu usaha akan mengubah pola hidup masyarakat. mutu produk. sehingga hal ini juga akan berpengaruh terhadap harga jual di pasaran. c. Peningkatan pendapatan keluarga. Dengan adanya suatu investasi akan memberikan tingkatan kepada masyarakat. dan jasa. Banyak ragam produk dan jasa pada akhirnya akan meningkat kan persaingan. b. suhingga para produsen berubah untuk meningkatkan kemasan. d. Perubahan pola nafkah. karena setiap proyek/usaha baru yang didirikan pasti akan memerlukan tenaga kerja tambahan dan hal ini tentu saja akan membuka peluang bagi tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan atau masih menganggur. Hambatan di Biadang Ekonomi. harga. Membuka kesempatam kerja bagi masyarakat sekaligus mengalami pengangguran. Misalnya. e. dan menggunakan ekonomi sumber daya alam melalui: . Tersedianya jumlah dan ragam produk barang dan jasa di masyaraka. menggali. mereka juga bekerja sebagai karyawan. mengatur.3. sehingga masyarakat punya banyak pilihan untuk produk yang di inginkan. antara lain : 1. sehingga memperoleh penghasilan ganda. 2. semua masyarakat hidup dari pertanian. Adanya polah nafkah ganda. Bagi masyarakat disekitar lokasi usaha disamping tetap mempertahankan pekerjaan semula seperti bertani. misalnya pendirian suatu pabrik. Dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga melalui : a.

kemungkinan perubahan kebudayaan melalui perubahan adapt istiadat. tingkat kelahiran. c. d. b. dan norma budaya setempat. Perubahan pranata sosial/ kelembagaan masyarakat dibidang ekonomi seperti. Perubahan warisan budaya seperti perusakan situs budaya dan cagar budaya. Peningkatan sumber daya alam lainnya yang belum terjamah. Perubahan kekuasaan dan kewenangan melalui kepimpinan formal dan informal mekanisme pengambilan keputusan dikalangan individu yang dominan. dan integrasi maupun yang lainnya. Demikian pula dengan penguasaan sumber daya alam juga diatur sedemikian rupa. Pemilikan dan penggunaan sumber daya alam yang teratur. Terjadi proses sosial baik proses asosiatif/kerja sama. penggunaan lahan yang benar-benar memberikan manfaat kepada berbagai pihak. Perubahan tingkat kepadatan penduduk. Pertumbuhan penduduk. nilai. c. b. akulturasi. jenis kelamin. d. pergeseran nilai kepemimpinan. d. agama. pendidikan. asmilasi. Penggunaan lahan yang efisien dan efektif. . Perubahan struktur penduduk menurut kelompok umur. dan agama. Peningkatan nilai tambah sumber daya alam. mata pencaharian. proses disosiatif konflik sosial. 2. b. terutama untuk wilayahwilayah yang masih terisolasi. Perubahan komposisi tenaga kerja baik tingkat partisipasi angkatan kerja maupun tingkat pengangguran. dan pola migrasi. Sdanya perubahan demografis melalui terjadinya: a. artinya kepemilikan diatur berdasarkan luas lahan. c.a. Perubahan budaya yang meliputi menjadi: a. jangan sampai masyarakat kehilangan kesempatan. Sedangkan dampak sosial dengan adanya suatu proyek atau investasi secara lain meliputi: 1. keluarga. pendidikan. e. tingkat kematian bayi.

sebaiknya rencana bisnis ini dibatalkan saja. maka studi akan dilanjutkan ke aspek yang lain. . sebaliknya.Jadi hasil analisis terhadap aspek ekonomi dan social di atas nantinya akan berupa suatu pernyataan yang mendukung apakah rencana bisnis di anggap layak atau tidak. Jika. dapat dilakukan kajian ulang yang lebih realistis dan positif sehingga kajian menjadi layak. rencana bisnis dinyatakan tidak layak. Jika dari aspek lingkungan luar ini merekomendasikan agar rencana bisnis diteruskan. Apabila memang sulit untuk menjadi layak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful