PRAKTIKUM 3 OPERASI INPUT OUTPUT LAPORAN RESMI Percobaan 1 Nomer 1

Menampilkan direktori HOME atau direktori tempat kita sedang bekerja. Nomer 2

Cd : pindah ke direktori lain. Atau direktori yang ditunjuk. Nomer 3

Kita dapat membuat beberapa direktori dan sub direktori didalam direktori yang kita buat. Penulisan harus berurutan dari direktori paling tinggi dulu. Contoh A A/B maka akan dibuat direktori A dan subdirektori B didalam A.

Dion Wahyu Setiawan / 7410040053

Dion Wahyu Setiawan / 7410040053 . Nomer 5 Pindah direktori lain dengan cd <nama direktori> Percobaan 2 Nomer 1 Cp : untuk mengkopi suatu file dan disimpan dengan nama lain dalam satu folder dan mengkopi ke folder lain. jadi kita harus menghapus dulu sub direktori didalamnya. apabila terdapat subdirektori maka kita tidak bisa menghapus direktori tersebut. dengan syarat apabila kita ingin menghapus direktori maka dalam direktori tersebut harus tidak ada sub direktori.Nomer 4 Dengan perintah rmdir kita dapat menghapus direktori atau sub direktori lebih dari satu.

kita dapat membuat suatu shortcut/link file dengan perintah standar 'ln <file target> <nama link>'. Kita juga dapat membuat link yang file targetnya berbeda direktori.Nomer 2 Mv : untuk memindahkan suatu file dari satu direktori ke direktori lain. Kita juga dapat membuat file duplikat/hard link.txt' merupakan file duplikat. pada percobaan ini 'bye. Nomer 3 Rm : untuk menghapus file dan direktori. Percobaan 3 Seperti terlihat pada gambar dibawah. Dion Wahyu Setiawan / 7410040053 . untuk menghapus file memakai –i sedangkan direktori atau file didalamnya dan tanpa konfirmasi maka menambah –rf. Setiap perubahan isi pada salah satu file akan merubah juga isi file yang lain.

Nomer 2 Which : untuk mengetahui direktori letak dari suatu shell command. Dion Wahyu Setiawan / 7410040053 .Percobaan 4 Perintah file <namafile> : untuk mengetahui isi file. Percobaan 5 Nomer 1 Find : untuk mencari suatu file dalam suatu direktori.

Dion Wahyu Setiawan / 7410040053 .Nomer 3 Percobaan 6 Perintah grep memungkinkan kita untuk mencari suatu text pada suatu file. perintah 'grep Hallo *.txt' disini yaitu mencari line teks yang mengandung kata Hallo pada file-file txt.

5. : kembali ke direktori sebelumnya. : menampilkan semua isi direktori per layar.. 4. : melihat isi passwd. $ rmdir work . Memindah file passwd ke dalam subdirektori play. 8. Mengkopi /etc/passwd dengan nama passwd. $ cd dionjelek (nama user). $ cd play . 9. 7. 3. $ cd . : pindah direktori. 6. $ cd /home.Analisa Latihan 1. $ cd /etc $ ls –al | more $ cat passwd $ cd 2. $ cd /dev $ whoami : menampilkan direktori yg aktif / direktori home. 10. : melihat isi direktori. Whoami : Menampilkan siapa user yang aktif. : masuk ke direktori etc. : kembali ke direktori awal kita masuk direktori apa. $ mkdir play play/work.. Dion Wahyu Setiawan / 7410040053 . $pwd $ cd $ ls –al $ cd .

Membuat simbolic link. Dan menghapus direktori play dan subdirektori yang ada beserta isinya. mengeditnya. Tidak bisa membuat hardlink karena berbeda direktori. Bisa di copy / berefek sama dengan $ cat terminal > hello. 15. 12. menghapus. kita dapat mengatur struktur file dan direktori yang ada pada sistem sesuai denga kebutuhan. Dion Wahyu Setiawan / 7410040053 . $ cp hello. 14.11. dan sebagainya. mulai dari membuat /filedirektori baru.txt terminal Isi hasil copy langsung ditampilkan sebagai standar output sebagai fungsi dari file1 pada /dev/pts. Kesimpulan Kesimpulan dari praktikum ini yaitu. Membuat simbolic linkdengan nama terminal.txt 13.

Membuat simbolic link. mengeditnya. 14. mulai dari membuat /filedirektori baru.Membuat simbolic linkdengan nama terminal. 12.Bisa di copy / berefek sama dengan $ cat terminal > hello.11. 15.txt 13. dan sebagainya. Kesimpulan Kesimpulan dari praktikum ini yaitu. Dan menghapus direktori play dan subdirektori yang ada beserta isinya. Tidak bisa membuat hardlink karena berbeda direktori. Dion Wahyu Setiawan / 7410040053 . menghapus.txt terminal Isi hasil copy langsung ditampilkan sebagai standar output sebagai fungsi dari file1 pada /dev/pts.$ cp hello. kita dapat mengatur struktur file dan direktori yang ada pada sistem sesuai denga kebutuhan.