ISTILAH DEMOKRASI

Demokrasi 1. PENDAHULUAN Semua negara mengakui bahwa Demokrasi sebagai alat ukur dari keabsahan politik. Kehendak rakyat adalah dasar utama kewenangan pemerintahan menjadi basis tegaknya system politik demokrasi. Demokrasi meletakkan rakyat pada posisi penting, hal ini karena masih memegang teguh rakyat selaku pemegang kedaulatan. Negara yang tidak memegang demokrasi disebut negara otoriter. Negara otoriterpun masih mengaku dirinya sebagai negara demokrasi. Ini menunjukkan bahwa demokrasi itu penting dalam kehidupan bernegara dan pemerintahan. 2. PENGERTIAN Demokrasi dikenal dalam pengertian universal,. Konseptual dan kontekstual. A. MENURUT ETIMOLOGIS / BAHASA B. MENURUT TERMINOLOGI Demokrasi pengertian etimologis mengandung makna pengertian universal. Abraham Lincoln th 18673 memberikan pengertian demokrasi “ government of the people, by the people, and for the people”. Menurut etimologi/bahasa, demokrasi berasal dari bahasa yunani yaitu dari demos = rakyat dan cratos atau cratein=pemerintahan atau kekuasaan. Demokrasi berarti pemerintahan rakyat atau kekuasaan rakyat. Oleh karena itu dalam sistem demokrasi rakyat mendapat kedudukan penting didasarkan adanya rakyat memegang kedaulatan. Pelaksanaan demokrasi ini ada dua cara yaitu demokrasi langsung dan tidak langsung. Demokrasi langsung, rakyat seluruhnya dikutsertakan dalam permusyawaratan untuk menentukan kebijakan dan mengambil keputusan. Hal ini terjadi pada zaman yunani kuno (abad ke 4 SM – abad ke 6 SM). Pada masa itu Yunani berupa negara kota (polis). Akan tetapi pada masa itu ada pembatasan ikut dalam pemerintahan adalah anak, wanita dan budak. Akibat perkembangan penduduk maka system demokrasi. Akibat perkembangan penduduk maka demokrasi langsung sudah tidak memungkin lagi sehingga timbul cara kedua yaitu

jujur. Demokrasi dari segi terminology mengandung makna demokrasi konseptual. Torres demokrasi dilihat dari tiga tradisi pemikiran politik. Contemporary doctrine dengan konsep republik dipandang sebagai bentuk pemerintahan rakyat yang murni. (3) melihat keseimbangan partisipasi masyarakat terhadap beban yang berat dan tuntutan yang tidak dapat dipenuhi. Dari segi terminology dan konseptual ada beberapa pendapat : 1. Demokrasi adalah pemerintahan rakyat karena itu kekuasaan melekat pada rakyat. Perubahan social dan partisipasi demokratis perlu dikembangkan secara bersamaan karena satu sama lain saling ketergantungan. system politik sebagai demokratis sejauh para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam system itu dipilih melalui pemilihan umum yang adil. Harris Soche. Demokrasi dilihat dari segi pemikiran politik. Strong. Demokrasi secara kontekstual dilihat dari fakta kenyataan pemerintahan yang pernah dan sedang terjadi. 3. Clssical Aristotelian theory. Secara terminology . Mayo. system politik demokratis adalah menunjukkan kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat. 2. 7. Indosnesia pada zaman pemerintahan Soekarno masa orde lama dengan konstitusi RIS dan UUDS 50 dikenal demokrasi liberal. Suatu system pemerintahan pada mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar system perwakilan yang menjamin bahwa pemerin-tah akhirnya mempertanggung jawabkan tindakan kepada mayoritas 8.. 6. setelah kembali ke UUD 45 dikenal demokrasi terpimpin. (1) menitik beratkan pada perlindungan terhadap tirani.Henry B. dan didasarkan atas kesamaan politik dalam suasana terjaminnya kebebasan politik. Substantive menunjuk pada demokrasi dalam 4 bentuk. Tradisi medieval theory menerapkan roman law dan konsep popular souvregnty. Tradisi pemikiran Aristotelian demokrasi merupakan salah satu bentuk pemerintahan.demokrasi tidak langsung. 5. Formal menunjuk pada demokrasi dlm arti system pemerintahan. C. Torres melihat demokrasi dari segoi formal dan substantive. Biasanya dilaksanakan dengan cara pemilihan umum. 4. (2) titik berat pada manusia mengembangkan kekuasaan dan kemampuan. Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan untuk membuat keputusan politik diseleng-garakan oleh wakil wakil yang dipilih dan bertanggung jawab kepada mereka melalui pemilihan yang bebas. dan semua orang dewasa mempunyai hak yang sama memberikan suara. medieval theory dan contemporary doctrine. Demokrasai tidak langsung dilaksanakan melalui system perwakilan. era reformasi sejak 1998 masih dikenal demokrasi . (4) bahwa tidak dapat mencapai partisipasi yang demokratis tanpa perubahan lebih dulu dalam keseimbangan social dan kesadaran social. Era Soeharto dan orde baru diukenal demokrasi Pancasila.F. International Commision for Jurist.Samuel Huntington.

Pancasila. Negara menjadi kacau. Oligarchi. Sehingga yang berhak memerintah adalah orang yang kaya saja timbullah oligarchi. Monarki. karena ingin mengatur dan memerintah sendiri. Banyak orang miskin. Demokrasi sebagai bentuk pemerintahan. Timbul kemelaratan umum. yaitu negara dalam bentuk kesempurnaan. Aristokrasi. Demokrasi. Pemerintahan secara demokrasi diutama-kan kemerdekaan dan kebebasan. 3. sebagai bentuk pemerintahan dan politik. Tirany. Bentuk negara Ideal form (bentuk cita). Oleh karena kekayaan untuk kepentingan sendiri lalu jatuh dan dipegang olah kelopmpok hartawan. Pemerintahan ini tambah jauh dari keadilan. 1. Demokrasi. Pemerintahan dipegang oleh rakyat. Anarchi. Plato juga dalam perkembangan ajarannya tentang bentuk pemerintahan mengemukakan lagi : A. Pada awalnya Plato mengemukakan 5 macam bentuk negara sesuai dengan sifat tertentu dari jiwa manusia. . DEMOKRASI SEBAGAI BENTUK PEMERINTAHAN Demokrasi pernah dipahami sebagai bentuk pemerintahan.. 1. Lalu timbullah prinsip Anarki.. Untuk itu perlu pemimpin yang keras dan kuat. 1. akan tetapi perkembangannya dipahami dalam pengertian luas. Tekanan penguasa semikin berat. pemerintahan dijalankan oleh sekelompok orang yang memegang kekayaan untuk kepentingan pribadi. 1. 2. Kemerosotan dari aristokrasi ini menjadi Timokrasi. Rakyat semakin sengsara. 3. Bentuk pemerintahan dipegang oleh seorang sebagai pemimpin tertinggi dijalankan untuk kepen-tingan orang banyak biasanya pada kerajaan. 1. Oleh karena kebe-basan dan kemerdekaan ini terlalu diutamakan timbul kesewenang-wenangan. pemerintahan dipegang oleh sekelompok kecil para cerdik pandai berdasarkan keadilan. Rakyat tidak mau lagi diatur. Akhirnya timbullah Tirany. Timbullah Demokrasi. Kemerdekaan dan kebebasan menjadi tidak terbatas. Akhirnya rakyar sadar dan bersatu memegang pemerintahan.. pemerintahan anarki seseorang dapat berbuat sesuka hatinya. Pemerintahan dipegang oleh orang yang pandai. Semua orang yang menjadi saingan disingkirkan dan diasingkan. Pemerintahan dipegang oleh seorang saja dan tidak suka terdapat peresaingan. Pemerintahan dijalankan untuk menda-patkan kekayaan untuk kepentingan sendiri. Aristokrasi. 1. 1. Timokrasi.