kepadatan penduduk Indonesia

PERSEBARAN DAN KEPADATAN PENDUDUK Persebaran atau distribusi penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau negara, apakah penduduk tersebut tersebar merata atau tidak. Kepadatan ppenduduk adalah angka yang menunjukkan jumlah rata-rata ppenduduk pada setiap Km2 pada suatu wilayah negara. Faktor-faktor yang memppengaruhi penyebaran dan kepadatan penduduk tiap-tiap daerah atau negara sebagai berikut: 1. Faktor Fisiografis 2. Faktor Biologis 3. Faktor Kebudayaan dan Teknologi Kepadatan penduduk dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu: 1. Kepadatan penduduk aritmatik sangat mudah dalam perhitungannya. Data kepadatan penduduk aritmatik sangat bermanfaat. Contohnya adalah dengan diketahui tingkat kepadatan penduduk di suatu wilayah, maka dapat digunakan untuk perencanaan penyediaan fasilitas sosial. Jika pada suatu daerah memiliki kepadatan penduduk aritmatik yang rendah, maka penyediaan fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dapat digabung dengan daerah yang berdekatan. 2. Kepadatan penduduk Indonesia antara pulau yang satu dan pulau yang lain tidak seimbang. Selain itu, kepadatan penduduk antara provinsi yang satu dengan provinsi yang lain juga tidak seimbang. Hal ini disebabkan karena persebaran penduduk tidak merata. Sebagian besar penduduk Indonesia terkonsentrasi di pulau Jawa dan Madura. Padahal, luas wilayah pulau Jawa dan Madura hanya sebagian kecil dari luas wilayah negara Indonesia. Akibatnya, pulau Jawa dan Madura memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, sedangkan di daerah-daerah lain tingkat penduduknya rendah. Provinsi yang paling padat penduduknya adalah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Kepadatan penduduk erat kaitannya dengan kemampuan wilayah dalam mendukung kehidupan penduduknya. Daya dukung lingkungan dari berbagai daerah di Indonesia tidak sama. Daya dukung lingkungan pulau Jawa lebih tinggi dibandingkan dengan pulau-pulau lain, sehingga setiap satuan luas di Pulau Jawa dapat mendukung kehidupan yang lebih tinggi dibandingkan dengan, misalnya di Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan Sumatra. Kemampuan suatu wilayah dalam mendukung kehidupan itu ada batasnya. Apabila kemampuan wilayah dalam mendukung lingkungan terlampau, dapat berakibat pada terjadinya tekanan=tekanan penduduk. Jadi, meskipun di Jawa daya dukung lingkungannya tinggi, namun juga perlu diingat batas kemampuan wilayah ter sebut dalam mendukung kehidupan.

Berdasarkan sensus penduduk dan survey penduduk. Secara administratif (dan politis). disamping itu ada persebaran penduduk menurut klasifikasi tempat tinggal yakni desa dan kota. penduduk Indonesia tersebar .com/social-sciences/anthropology/2099155-persebaran-pendudukindonesia/#ixzz1XwBSV4EA Persebaran Penduduk Halaman 1 dari 4 Index Artikel Persebaran Penduduk Kegunaan Konsep Indikator Persebaran Penduduk Contoh Persebaran penduduk atau disebut juga distribusi penduduk menurut tempat tinggal dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu persebaran penduduk secara geografis dan persebaran penduduk secara administratif. persebaran penduduk Indonesia antar provinsi yang satu dengan provinsi yang lain tidak merata. Faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya persebaran penduduk : 1) Kesuburan tanah.4 Persebaran Penduduk di Indonesia Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk disuatu wilayah dibandingkan dengan luas wilayahnya yang dihitung jiwa per km kuadrat. wilayah yang beriklim terlalu panas.3. 2) Iklim. Secara geografis. daerah atau wilayah yang ditempati banyak penduduk. dan terlalu basah biasanya tidak disenangi sebagai tempat tinggal 3) Topografi atau bentuk permukaan tanah pada umumnya masyarakat banyak bertempat tinggal di daerah datar 4) Sumber air 5) Perhubangan atau transportasi Sumber: http://id. terlalu dingin. karena dapat dijadikan sebagai lahan bercocok tanam dan sebaliknya.shvoong. penduduk Indonesia tersebar di beberapa pulau besar dan pulaupulau atau kepulauan.

dengan kebijakan pembangunan di era orde baru yang terkonsentrasi di pulau Jawa. Dengan menggunakan rumus Rasio Kepadatan Penduduk diperoleh angka pada tahun 2000 sebesar 109. Bila dibandingkan dengan kepadatan penduduk menurut pulau/propinsi.179 km2 mempunyai jumlah penduduk sebanyak 205. Ditambah lagi. dengan pembangunan dan programprogram untuk mengurangi beban kepadatan penduduk atau melakukan realokasi pembangunan di luar Jawa atau realokasi penduduk untuk bermukim di tempat lain. yang mempunyai lebih dari 440 kabupaten dan kota.300 orang.843. Artinya. Informasi tentang distribusi penduduk secara geografis dan terkonsentrasinya penduduk di suatu tempat memungkinkan pemerintah mengatasi kepadatan penduduk. Di wilayah DKI terdapat kecamatan atau kelurahan dengan kepadatan penduduk diatas .di 33 propinsi. Rumus Contoh Indonesia pada tahun 2000 dengan luas wilayah 1. Penyebab utamanya adalah keadaan tanah dan lingkungan yang kurang mendukung bagi kehidupan penduduk secara layak. Indikator Persebaran Penduduk.Berikutnya >> Kegunaan Permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan persebaran penduduk secara geografis sejak dahulu hingga sekarang adalah persebaran atau distribusi penduduk yang tidak merata antara Jawa dan luar Jawa. yang umumnya disertai dengan kemiskinan. Indikator yang umum dipakai adalah Rasio Kepadatan Penduduk (density ratio) yaitu rasio yang menyatakan perbandingan antara banyaknya penduduk terhadap luas wilayah atau berapa banyaknya penduduk per kilometer persegi pada tahun tertentu. Ini menyebabkan kepadatan pulau Jawa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kepadatan penduduk di pulau-pulau lain. Sebelumnya .937. yang menyebabkan banyak penduduk yang tinggal di luar pulau Jawa bermigrasi dan menetap di pulau Jawa. Kepadatan penduduk berkaitan dengan daya dukung (carrying capacity) suatu wilayah. kepadatan nasional masih lebih rendah dibandingkan pulau Jawa yaitu 951 pada tahun 2000. tiap km2 wilayah Indonesia dihuni oleh 109 orang penduduk.

Wilayah padat ini tentunya memerlukan perhatian pemerintah sehubungan dengan kelayakan dan martabat hidup penduduknya. yaitu transmigrasi yang dilakukan karena penduduk terkena . Pemerintah hanya menyediakan lahan pertanian dan rumah.000 orang per kilometer persegi. 6. Imigrasi. Urbanisasi. yang meliputi : 1. c.1 119. Angka kelahiran. yaitu transmigrasi yang dilakukan dalam satu wilayah provinsi. reurbanisasi. yaitu transmigrasi yang biayanya ditanggung pemerintah ditujukan untuk penduduk yang memenuhi syarat. b. Meliputi pengertian : urbanisasi. Angka kematian. Untuk mengatasi kepadatan penduduk. Transmigrasi lokal. pemerintah menggalakkan program transmigrasi. Transmigrasi. Jumlah pendudukditentukan oleh : a. Adapun jenis-jenis transmigrasi yang ada adalah : 1. Transmigrasi khusus/sektoral. yaitu perpindahian penduduk dari luar negeri ke dalamnegeri. yaitu perpindahan penduduk dari satu pulau kepulau lain dalam satu negara. 2. yaitu perpindahan penduduk ke luar negeri.321.15. Transmigrasi spontan/swakarsa. Semua orang yang mendiami wilayah Indonesia disebut penduduk Indonesia. remigrasi. Tahun 1980 d.641 juta juta juta juta jiwa jiwa jiwa jiwa Sensus penduduk (cacah jiwa) adalah pengumpulan. transmigrasi. 5. 3. Tahun 2004 = 238. 4. Reurbanisasi. 2.452 juta jiwa = = = = 97. imigrasi. emigrasi. Transmigrasi umum. yaitu transmigrasi yang seluruh pembiayaannya ditanggung sendiri. yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota. Berdasarkan sensus penduduk yang diadakan setiap 10 tahun sekali. Perpindahan penduduk. penyajian dan penyebarluasan data kependudukan. yaitu perpindahan penduduk kembali ke negara asal. diperoleh data jumlah penduduk Indonesia sebagai berikut : a. 4. Tahun 1971 c. Tahun 1961 b. Emgrasi.2 147.5 179. 3. Remigrasi. pengolahan. yaitu perpindahan penduduk kembali ke desa. Tahun 1990 e.

Ternyata program KB di Indonesia berhasil sangat baik dan bahkan dijadikan contoh oleh banyak negara untuk mengatasi masalah kependudukan. Transmigrasi bedol desa. Untuk mengatur kelahiran penduduk. dan dua orang anak. yaitu transmigrasi yang dilakukan oleh seluruh penduduk desa berikut pejabat-pejabat pemerintahan desa. yaitu keluarga yang terdiri dari ayah. ibu. 5. Program KB juga mengarah pada catur warga. pemerintah menggalakkan program Keluarga Berencana dalam rangka mencapai Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS).bencana alam. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful