1

G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA G.1 Gambaran Tentang Produk Produk yang kami tawarkan adalah sebuah jaket yang memiliki motif fosfor yang dapat menyala dalam lingkungan gelap. Motif – motif pada jaket ini memiliki banyak desain. Selain itu, konsumen juga dapat memesan motif yang diinginkan. G.2 Tren dan Pertumbuhan Industri Di era globalisasi ini, masyarakat memiliki fashion style yang tinggi dan beragam. Oleh karena itu, maka dibutuhkan adanya produsen yang mampu memenuhi keinginan atau tren pasar saat ini. Namun, produsen yang ada saat ini seringkali hanya menciptakan style mereka sendiri tanpa memikirkan selera konsumen.Hal ini sering memaksa konsumen untuk mencari produsen yang mampu mengakomodir keinginan mereka, namun jumlah produsen yang seperti ini masih sedikit. G.3 Analisis Pasar Data yang digambarkan Kependudukan / Demografi Dispenduk Tahun 2001 menyebutkan bahwa jumlah penduduk sampai akhir tahun 2010 sekitar 238.000.000 jiwa dan sebanyak 60% penduduk berada di Jawa. Secara umum rata-rata kepadatan penduduk kota Surabaya tahun 2010 adalah 0,59%. G.4 Ukuran dan Tren Pasar Dewasa ini konsumen menginginkan produk yang sesuai dengan style mereka sendiri. Selain itu, perkembangan tren dunia fashion membuat gaya berpakaian masyarakat semakin tinggi dan lebih baik. Hal ini untuk menunjang penampilan mereka sesuai dengan yang mereka iniginkan. G.5 Kesiapan dan Segmentasi Pasar Konsumen yang dituju oleh produk ini adalah seluruh masyarakat, terutama masyarakat yang memiliki fashion style yang tinggi dan memiliki fashion style yang berbeda dengan tren yang berkembang.. Konsumen produk ini adalah remaja

Membuka stand sendiri. Kami mempunyai strategi-strategi pemasaran yaitu : 1.1 Produk Produk Produk ini memiliki lebih banyak keunggulan dibanding produk yang lebih dulu beredar. G. 4. Segmentasi kedua ini berfungsi sebagai tempat penjualan yang permanen. dan kepada siapapun. dimanapun. Hal ini disebabkan oleh banyaknya macam desain jaket yang muncul dipasaran terlebih dulu.6 Strategi Pemasaran Di dalam memproduksi inovasi makanan tradisional yang praktis dan aman dikonsumsi untuk berbagai kalangan harus memiliki konsep tentang strategi pemasaran yang tepat. Salah satu keunggulannya adalah dari keunikan karena mengandung fosfor yang dapat menyala dalam gelap. Kesiapan pasar sudah siap menerima produk yang ditawarkan karena masyarakat pada umumnya menginginkan gaya berpakaian sesuai dengan yang mereka inginkan. Segmentasi pasar produk ini awal adalah menjual produk pada saat event-event tertentu. Menawarkan Produk ini kepada orang-orang terdekat dan memberitahukan bahwa Produk ini lebih unik dari produk di pasaran dan dapat didesain sendiri.6. produk ini perlu memikirkan tentang segmentasi pasar agar mempercepat laju penjualan produk ini sendiri. . agar masyarakat tahu dimana harus membeli Produk ini. Selain itu desain dari jaket ini dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Mengiklankannya lewat spanduk. 2. Apalagi produk ini memiliki desain yang beragam dan dapat didesain sendiri oleh konsumen. Menjual Produk ini pada event-event tertentu.2 sampai orang dewasa. Produk ini memiliki peluang strategis kapanpun.. G. banner. dan pamflet agar seluruh masyarakat mengetahui produk kita. 3. Sebagai produk baru. Segmentasi pertama ini berfungsi sebagai awal pengenalan produk Produk ini pada masyarakat luas Segmentasi kedua adalah mendirikan stand sendiri.

Harga produk ini pun dapat disesuaikan dengan desain yang diinginkan. Melakukan promosi melalui brosur dan pamflet yang disebarkan.2 Price Untuk bersaing di pasaran. Melakukan promosi melalui banner yang dipasang di area event tersebut berlangsung G. Karyawan ini merupakan . produk ini juga dipasarkan dan dijual saat mengikuti pameran-pameran produk inovasi. Inovasi produk ini berada pada desain yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan desain konsumen serta mengandung fosfor yang dapat menyala dalam kondisi gelap. G. Melakukan system promosi door to door 2.6. Namun. produk Produk ini akan dibuat sebagai produk yang yang menarik dan unik sehingga orang tertarik untuk membeli produk ini. pemasaran dan managemen. G.4 Promosi Promosi produk Produk ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti berikut : 1.3 Untuk strategi pemasaran.5 People Perusahaan ini mempunyai karyawan yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu bidang produksi. Setiap bagian akan dikontrol oleh seorang manager yang bertugas untuk memastikan semua tugas yang diberikan sudah berjalan dengan baik.3 Place Tempat penjualan Produk ini berada pada event-event yang bertempat di Surabaya. Hal ini untuk menjaga kesan kualitas produk yang terjangkau pada semua kalangan pembeli. 3.6. Bagian pemasaran terdiri dari 2 orang yang bertugas sebagai distributor produk ke tempat penjualan. G.6. Produk ini lebih inovatif dalam hal desain dibandingkan dengan produk yang berada di pasaran saat ini.6. Bidang produksi terdiri dari 2 karyawan yang melakukan kegiatan pembuatan produk Produk ini.

G. Event merupakan pemasaran dan iklan yang cukup jitu. G. G. Inovasi desai yang terus diubah disesuaikan dengan selera konsumen. kapanpun. 3. Meningkatkan kepuasan konsumen dengan menyediakan produk yang berdesain unik. sehingga tidak diperlukan biaya tambahan untuk menggaji karyawan.8 Peluang Usaha Jangka Panjang  Perkembangan produk pada inovasi desain. 2. Bahan dari motif yang digunakan adalah fosfor. Memberikan inovasi baru terhadap produk yang telah ada seperti memvariasikan desain sesuai dengan kemauan konsumen. banner. Melakukan analisa pasar secara rutin dan berkelanjutan 4. G. Membuka cabang di tiap-tiap propinsi di Indonesia G. dan pamflat.6. Desain Produk ini yang fashionable sehingga bisa dipakai dimanapun. 2.9 Tujuan Usaha Jangka Panjang 1.6 Physical Embarement 1. dan oleh siapapun. G.7 Iklan / Advertising Produk ini ini akan diperkenalkan kepada masyarakat salah satunya melalui brosur. Memperoleh pangsa pasar industri garmen yang terbesar di Indonesia 3.11 Evaluasi Risiko . Menjadi pengusaha besar di Indonesia dibidang garmen 2.10 Strategi Pemasaran Jangka Panjang 1. Memproduksi inovasi jaket yang fashionable sesuai dengan selera masing – masing konsumen.4 pembuat program.

. namun memperkecil produksi.5 1. Apabila pada bulan kelima penjualan Produk ini masih belum mencapai 50% dari target maka untuk bulan keenam kita akan memperluas pemasaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful