Jelaskan manfaat mempelajari filsafat dan filsafat ilmu ?

Jawab: Manfaat dari mempelajari filsafat adalah kita akan tahu tujuan dari setiap kegiatan, tujuan/maksud sesuatu diciptakan/dibuat sedangkan manfaat mempelajari filsafat ilmu adalah kita akan tahu tujuan/maksud ilmu itu diciptakan/dibuat. Jelaskan makna filsafat ilmu jawab: Filsafat ilmu merupakan suatu bagian filsafat, yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat seumumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia. Filsafat melakukan dua macam hal : di satu pihak, ini membangun teori-teori tentang manusia dan alam semesta, dan menyajikannya sebagai landasan-landasan bagi keyakinan dan tindakan; di lain pihak, filsafat memeriksa secara kritis segala hal yang dapat disajikan sebagai suatu landasan bagi keyakinan atau tindakan, termasuk teori-teorinya sendiri, dengan harapan pada penghapusan ketakajegan dan kesalahan. Berdasarkan pendapat di atas kita memperoleh gambaran bahwa filsafat ilmu merupakan telaah kefilsafatan yang ingin menjawab pertanyaan mengenai hakikat ilmu, yang ditinjau dari segi ontologis, epistomologis maupun aksiologisnya. Dengan kata lain filsafat ilmu merupakan bagian dari epistemologi (filsafat pengetahuan) yang secara spesifik mengakaji hakikat ilmu, seperti : * Obyek apa yang ditelaah ilmu ? Bagaimana wujud yang hakiki dari obyek tersebut? Bagaimana hubungan antara obyek tadi dengan daya tangkap manusia yang membuahkan pengetahuan ? (Landasan ontologis) * Bagaimana proses yang memungkinkan ditimbanya pengetahuan yang berupa ilmu? Bagaimana prosedurnya? Hal-hal apa yang harus diperhatikan agar mendapatkan pengetahuan yang benar? Apakah kriterianya? Apa yang disebut kebenaran itu? Adakah kriterianya? Cara/teknik/sarana apa yang membantu kita dalam mendapatkan pengetahuan yang berupa ilmu? (Landasan epistemologis) * Untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan? Bagaimana kaitan antara cara penggunaan tersebut dengan kaidah-kaidah moral? Bagaimana penentuan obyek yang ditelaah berdasarkan pilihan-pilihan moral ? Bagaimana kaitan antara teknik prosedural yang merupakan operasionalisasi metode ilmiah dengan norma-norma moral/profesional ? (Landasan aksiologis). (Jujun S. Suriasumantri, 1982) Filsafat dapat memberikan pencerahan dalam berfikir, benarkah pernyataan tersebut, jelaskan ? jawab: Iya , Karena dengan filsafat seseorang akan menggunakan akal fikirannya untuk mencari tahu apa yang sedang dicarinya oleh akalnya sehingga apa yang ia fikirkan akan mendapat sesuatu

sesuai yang diharapkan oleh akan fikirnya sehingga ia akan mendapatkan kepuasan yang dirasakannya jika apa yang fikirkan berhasil ia pecahkan. llmu mempunyai tiga aspek yaitu : ontologis, epitemologis, dan aksiologis. Coba anda jelaskan dan beri contoh masing-masing aspek ! jawab: Ontologi. Objek yang menjadi kajian dalam ontologi tersebut adalah realitas yang ada. Dan dalam ontologi adalah studi tentang yang ada yang universal, dengan mencari pemikiran semesta universal. Ontologi berusaha mencari inti yang termuat dalam setiap keyataan atau menjelaskan yang ada dalam setiap bentuknya.dalam ontologi merupakan studi yang terdalam dari setiap hakekat kenyataan, seperti dapatkah manusia sunguh-sungguh memilih, apakah ada Tuhan, apakah nyata dalam hakekat material ataukah spiritual, apak jiwa sungguh dapat dibedakan dengan badan Epistemologi. Epistemologi studi tentang asal usul hakekat dan jangkauan pengetahuan. Apakah pengalaman merupakan satu-satunya sumber pengetahuan. Apakah yang menyebabkan suatu keyakinan benar dan yang lain salah. Adakah soal-soal penting yang tidak dapat dijawab dengan sains dan dapatkah kita mengetahui pikiran dan perasaan orang lain. Pengkajian dari epistemologi adalah hakekat pengetahuan yang terdiri empat pokok persoalan pengetahuan seperti keabsahan, struktur, batas dan sumber Aksiologis: adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan nilai seperti etika, estetika, atau agama. Litle John menyebutkan bahwa aksiologis, merupakan bidang kajian filosofis yang membahas value (nilai-nilai) Litle John mengistilahkan kajian menelusuri tiga asumsi dasar teori ini adalah dengan nama metatori. Metatori adalah bahan spesifik pelbagai teori seperti tentang apa yang diobservasi, bagaimana observasi dilakukan dan apa bentuk teorinya. ‖Metatori adalah teori tentang teori‖ pelbagai kajian metatori yang berkembang sejak 1970 –an mengajukan berbagai metode dan teori, berdasarkan perkembangan paradigma sosial. Membahas hal-hal seperti bagaimana sebuah knowledge itu (epistemologi) berkembang. Sampai sejauh manakah eksistensinya (ontologi) perkembangannya dan bagaimanakah kegunaan nilai-nilainya (aksiologis) bagi kehidupan sosial Ilmu berkembang atas perpaduan antara pemikiran rasional (deduktif) dan pengamatan empiris (induktif). Jelaskan maksudnya dan beri contoh! jawab: Pemikiran rasional (deduktif) adalah berfikir dari umum kekhusus atau dari aturan yang kita terapkan kediri kita sendiri. Contoh :

-.Kesimpulannnya jauh atau dekat onkosnya Rp.  Kalau mau buang air kecil kita ke WC.3000. matahari mengelilingi bumi (geosentris).ada yang turun di Mesji Agung juga bayar Rp. 3000- Ilmu bersifat relatif dan tentatif. Contoh : Berdasarkan teori heliosentris bumi mengelilingi matahari. Karena pada saat ilmu itu diciptakan dengan tujuan yang baik bagi manusia untuk melangsungkan kehidupannya tetapi penggunaannya tidak sesuai dengan norma-norma yang ada (Estetika dan etika).. Apakah ilmu itu bersifat netral atau tidak ! Jawab: Ilmu bersifat netral pada ontologi dan epistemologi.ada yang turun di Simpang Sekip bayar Rp. ada yang turun di cinde bayar ongkos Rp. 3000. 3000.. Atom adalah partikel yang paling kecil tetapi kenyataannya ada yang lebih kecil dari atom yaitu neutron atau proton. Setelah ditemukannya teropong (tekhnologi) ternyata sebaliknya (Heliosentris) maka gugurlah teori geosentris Ilmu bersifat tentatif maksudnya tetap dipertahankan sampai ada yang membantahnya atau ditemukannya ilmu yang baru. Maksudnya? Jelaskan dan beri contoh! jawab: Ilmu bersifat relatif maksudnya tidak mutlak atau bisa berubah sesuai dengan perkembangan ilmu contoh : Atom berdasarkan teori Dalton. Kalau dia masih bertanya. Ada seorang anak naik bis tertera tulisan jauh dekat Rp. Sampai sekarang belum ada teori yang membantah teori tersebut. berapa ? berarti anak itu tidak berfikir deduktif. dan ada tulisan untuk laki-laki juga ada yang untuk wanita. 3000. Contoh . Dulu pusat alam semesta adalah bumi. 3000. Membuat suatu kesimpulan umum berdasarkan pengamatan termasuk pengalaman kita... Sedangkan ilmu bersifat tidak netral pada aksiologi.Artinya anak tersebut harus menyediakan uang Rp. Seandainya ada seorang laki-laki mau buang air kecil dan dia masuk ke WC wanita berarti dia tidak berpikir deduktif. Pengamatan empiris (induktif) adalah membuat suatu kesimpulan dari khusus ke umum. Contoh:  Kita naik bis kota. maka gugurlah teori Dalton.

Berikan contoh melalui fenomena-fenomena yang aktual di masing-masing komponen di atas! 4. aksiologis. JAWABAN DAN PEJELASANNYA [Bagaimana anda mampu menguraikan Sejarah Perkembangan Filsafat Komunikasi melalui pendekatan filsafat sebagai salah satu landasan ilmiah Ilmu Komunikasi?] . kenyataannya ada yang menyalahgunakan nuklir itu sehingga merugikan manusia. c. Apakah ada perbedaan berfikir biasa. jelaskan? Jawab: a. berfikir ilmiah. dan perspektif ke dalam Ilmu Komunikasi. epistemologis. Kritis a. Bagaimana anda mampu mengaitkan antara tugas-tugas "book reading" dengan materi Filsafat Komunikasi. Formalin biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat. Coba saudara uraikan melalui faham-faham: Positive.Senjata nuklir diciptakan dengan tujuan yang baik. b. 4. juga harus mengacu pada kaidah-kaidah tertentu secara disiplin dan mendalam sehingga setiap masalah/subtansi mendapat pencermatan yang mendalam untuk mencapai kebenaran jawaban dengan cara yang benar sebagai manifestasi kencintaan pada kebenaran. Perkembangan teori komunikasi sekarang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. pada kenyataannya Formalin digunakan dalam pembuatan tahu dan bakso yang jelas merugikan kesehatan manusia. Bagaimana pendapat Anda? Uraikan secara sistematis dan melalui pendekatan komunikasi dengan media. sehingga mampu menggeser teori-teori Komunikasi Antar Persona dan Teori-teori Komunikasi Massa menjadi baur. b. Uraikan secara sistematis dan teoritik! Filsafat Komunikasi sangat erat kaitannya dengan metodologi penelitian. 3. dan berfikir filsafat. 2. 5. Penemuan bom atom yang merupakan kemajuan ilmu pengetahuan malahan merugikan manusia. b. Bagaimana penerapan komponen-komponen Filsafat Ilmu. a. sehingga manusia dapat mempertahankan hidupnya. Berfikir Filsafat adalah berfikir dengan cara bertanya dan seperti simbu tanda Tanya . SOAL: 1. seperti ontologis. Berfikir Biasa adalah berfikir dengan menggunakan akalnya secara sederhana untuk memperoleh pengetahuan terutama dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan. Post-Positive. maka bagaimana halnya dengan Filsafat Komunikasi. Bagaimana anda mampu menguraikan Sejarah Perkembangan Filsafat Komunikasi melalui pendekatan filsafat sebagai salah satu landasan ilmiah Ilmu Komunikasi Apabila Filsafat Ilmu mampu dibedakan dengan Filsafat.

Dalam bukunya "Filsafat Ilmu. Hal penting yang dapat dicatat dari beberapa pengertian di atas adalah bahwa filsafat adalah suatu kegiatan mental (berpikir dengan kesadaran) untuk mencapai kebenaran hakiki. Jujun mengartikan filsafat sebagai suatu cara berpikir yang radikal dan menyeluruh. Itulah hasil-hasil dari pengembangan ilmu komunikasi dari komponen filsafat ilmu. .Filsafat Komunikasi tidak bisa dilepaskan dari tiga kompenen filsafat ilmu sebagai salah satu cabang filsafat. Philosophia. dan spekulatif (Jujun S. dan lain-lain. perspektif psikologis dari psikologi sosial. perspektif mekanistis dari fisika. Uraikan secara sistematis dan teoritik!] Untuk membedakan Filsafat Ilmu dan Filsafat (Filsafat Umum). 2002: 19) Ada definisi tentang filsafat yang lebih ofensif. Dengan demikian. Hovland. Philos berarti suka. epistemologi menyangkut prosedur dan metode mendapatkan pengetahuan. filsafat diartikan cinta atau kecenderungan pada kebijaksanaan (Nina Winangsih Syam. Kita bisa melihat pendekatan struktural-fungsional dari sosiologi. Penjelasan singkat berikut ini. kita hanya mencuplik sekilas pengertian tiga komonen itu: ontologi menyangkut hakikat obyek kajian ilmu dan teori-teorinya. pada akhirnya juga dapat memetakan posis Filsafat Komunikasi. suatu cara berpikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya (Jujun. Metode-metode dan model yang dikembangkan dalam ilmu komunikasi sebenarnya berasal dari sejumlah perspektif dan teori di luar khazanah disiplin komunikasi itu sendiri." Baggini menganggap cara ofensif ini sukar dan karena itu ia menawarkan bantuan untuk mendefinisikan filsafat dengan cara membedakan filsafat dengan metodenya (Julian Baggini. 1984: 20). Ketiga komponen ini merupakan pijakan ilmu komunikasi sejak disiplin ini menjadi pengetahuan ilmiah. yakni epistemologi. Ilmuan-ilmuan yang sejak awal melibatkan diri dalam pemikiran ontologis ilmu komunikasi antara lain: Wilbur Schramm. pengertian kedua bidang ini adalah hal yang niscaya. FILSAFAT. maka bagaimana halnya dengan Filsafat Komunikasi. 2003: xv – xvi). Sophia berarti kebijaksanaan (sebagaian besar ilmuan memahami kebijaksanaan disepadankan dengan "kebenaran sejati"). Mereka inilah melahirkan berbagai teori dan penegasan tentang komunikasi sebagai pengetahuan ilmiah. Suriasumantri. sebuah pengantar populer". Filsafat dalam hal ini bertugas mengungkap hakikat (eksistensi dan esensi) suatu fenomena. atau kecenderungan akan sesuatu. Pada soal berikutnya.E. yakni yang dibuat oleh G. Namun ia tetap memberikan tiga karakteristik berpikir filsafat: menyeluruh. dan axiologi. berasal dari bahasa Yunani. [back to top] [Apabila Filsafat Ilmu mampu dibedakan dengan Filsafat. Jujun S. secara sederhana. baik pada segi pengertian masingmasing maupun pada perbedaannya. Kurt Lewin. "Filsafat adalah tentang semua. Tiga komponen itu adalah Ontologi. paling tidak secara singkat. Demikian pula halnya dengan perkembangan metodologi dan dimensi-dimensi moral dan etika ilmu komunikasi. Bagaimana fenomena itu secara detail atau kaitannya dengan kehidupan manusia yang bermanfaat. dan axiologi menyangkut nilai kegunaan suatu ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia. berarti kita melakukan pengkajian mengenai jejak-jejak epistemologi dan axiologi ilmu komunikasi. Suriasumantri tidak dengan tegas mendefinisikan apakah itu filsafat. epistemologi. akan diulas lebih lengkap mengenai pengertian dan fungsi-fungsi tiga komponen filsafat ilmu tersebut. Moore. adalah hal-hal yang berada di luar jangkuan filsafat. secara etimologi. maka mengulas. Menelusuri sejarah perkembangan teori-teori komunikasi berarti kita melakukan pengkajian jejak ontologis ilmu komunikasi. Untuk kesempan ini. Tetapi pada kata pengantar yang ia tulis untuk buku "Ilmu Dalam Perspektif". Salah satu dari kedua bidang ini adalah asal usul dan yang satunya adalah ekspansi (pengembangan). disertai dengan ulasan pengertian yang singkat pula. teori sistem dan informasi dari matematika. 1997: 4). Paul Lazarsfeld. cinta. mendasar. dan Carl I.

maka jumlah keseluruhan bidang kajian filsafat (filsafat umum) menjadi 11 bidang. . dan berbagai ragam pertanyaan filsafat ilmu lainnya tentang komunikasi manusia sebagai sebuah obyek adalah merupakan ruang lingkup dan lokus filsafat komunikasi. Filsafat Hukum. Lalu terakhir. dan sebagainya (Jujun. Filsafat Sejarah. alias tugas ilmu komunikasi itu sendiri. dan indah-jelek (estetika/filsafat seni). Selanjutnya. Axiologi menjawab pertanyaan tentang untuk apa ilmu itu dipergunakan. epistemologis. Katakanlah pesan antar manusia sebagai obyek telaah ilmu komunikasi. apakah "benar" itu. Jadi.Pokok permasalahan yang dikaji filsafat mencakup tiga segi: benar-salah (logika). hubungan dengan daya tangkap manusia (berpikir. bidang-bidang yang dikaji oleh filsafat adalah sebagai berikut (Jujun. Secara epistemologis. obyek yang ditelaah menurut pilihan secara moral. dan Filsafat Matematika. Filsafat Pendidikan. pesan-pesan antar menusia ini disusun hingga menjadi sebuah ilmu pengetahuan. Filsafat ilmu merupakan telaah secara filsafat yang ingin menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu yang selanjutnya menjadi tiga landasan filsafat ilmu. dan axiologis. bagaimana komunikasi itu berkembang dan perkembangannya mengarah ke mana. Demikianlah filsafat ilmu yang mengkaji tiga aspek hakikat ilmu itu sebagai pengetahuan ilmiah. prosedurnya. Filsafat Ilmu. Epistemologi membahas tentang proses pengetahuan didapatkan menjadi suatu ilmu. Aspek-apsek komunikasi sebagai ilmu pengetahuan. FILSAFAT KOMUNIKASI dapat juga disebut sebagai penjabaran dari filsafat ilmu melalui tiga hakikatnya sebagai landasan filosofisnya. Ontologi membahas mengenai obyek apa yang ditelaah oleh suatu ilmu. melainkan juga nilai-nilai kepatutan dalam kaitan dengan ranah moral dan agama. baik-buruk (etika/filsafat moral). Tiga landasan itu adalah ontologis. kaitan penggunaan itu dengan kaidah-kaidah moral. apakah pengetahuan itu benar. apa hakikat pesan-pesan itu. bukan hanya hakekat keilmuan itu yang dibahas oleh filsafat ilmu. bagaimana mendapatkan pengetahuan tentang komunikasi manusia sebagai ilmu secara benar atau berdasarkan cara-cara tertentu. apa kriterianya. bagaimana wujud pesan-pesan itu. Jadi. bagaimana kaitan metode operasional ilmu dengan norma-norma moral. dan untuk apa komunikasi manusia sebagai ilmu pengetahuan digunakan. 1984: 34 – 35). Sementara ilmu merupakan cabang pengetahuan yang mempunyai ciri-ciri tertentu.  FILSAFAT ILMU merupakan bagian dari epistemologi (filsafat pengetahuan) yang secara spesifik mengkaji hakikat ilmu (pengetahuan ilmiah). Secara keseluruhan. itu menjadi tugas ilmu pengetahuan. dan seterusnya. apa-apa saja manfaat dan kegunaan ilmu komunikasi itu bagi kehidupan manusia. 1984: 32-33): Epistemologi (Filsafat Pengetahuan) Etika (Filsafat Moral) Estetika (Filsafat Seni) Metafisika (teori tentang ada atau hakikat) Politik (Fisafat pemerintahan). bagaimana wujud hakekatnya. Filsafat Agama. filsafat komunikasi memberikan petunjuk-petunjuk mengenai bagaimana pengetahuan tentang pesan-pesan antar manusia itu dapat diwujudkan sebagai pengetahuan ilmiah. Dengan pengembangan bidang pokok kajian ini. Uraian sebagai penjabaran dapat dilihat dengan memulai pertanyaan: apa yang menjadi obyek telaah ilmu komunikasi? Pertanyaan ontologis ini tentu harus menjawab sejumlah pertanyaan yang merupakan pertanyaanpertanyaan ontologis seperti wujud dari obyek itu. merasa dan mengindera). seperti fenomena komunikasi manusia (sebagai suatu obyek). Sampai di sinilah batas kewenangan filsafat komunikasi. dalam cara tertentu yang memenuhi unsur-unsur ilmiah.

Wilbur Schramm. rasionalisme. b. dan lain-lain. Merton. Fenomena komunikasi manusia merupakan sentra bagi ilmu-ilmu tentang prilaku manusia. Metode peneltian komunikasi yang tercakup dalam paham antara lain: model mekanistis. Coba saudara uraikan melalui faham-faham: a. kajian filsafat tentang komunikasi manusia juga sekaligus menjadi petunjuk bagi ilmu-ilmu lain yang menelaah perilaku manusia. Fokus kajian-kajian positivis adalah peristiwa sebab-akibat (Deddy Mulyana. reduksionis. sistemik. dari komponen epistemologi. kita telah mengenal sejumlah metode dan model penelitian komunikasi selain teori-teori yang dilahirkan secara ontologis. dalam artian bahwa fenomena alam dan tingkah laku manusia itu terikat oleh tertib hukum. fungsionalisme. analisis isi klasik-kuantitatif. dan lain-lain. Suriasumantri. Robert K. Metode-metode tersebut dapat dipahami dengan menyimak tiga kelompok paham yang mengembangkan komunikasi secara falsafati. 2001: 25). model komunikasi Shannon dan Weaver. dan lain-lain.] Metode (metodologi) ilmiah merupakan prosedur dalam mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu. pendekatan behaviorisme. penemuan lewat logika (rasional). deterministik. dan kedua. Post-Positive. Lazarsfeld. Dalam hal ini.Filsafat komunikasi sesungguhnya bukan hanya penjabaran belaka dari filsafat ilmu untuk melegitimasi eksistensi ilmu komunikasi sebagai disiplin ilmu tersendiri yang dapat dibedakan dari ilmu-ilmu lainnya. struktural. Mereka-mereka itulah yang komunitasnya dikenal dengan nama Mazhab Chicago. behavioral. Metodologi ini secara filsafati termasuk dalam apa yang dinamakan epistemologi. Kritis Kesemuanya harus jelas sumber dan asumsi-asumsinya. behavioristik. Bernard Berelson. Para penggagas dan pengasuh metode positive ini antara lain Paul F. mekanistik. Epistemologi membahas mengenai: Apakah sumber pengetahuan? Apakah hakikat. 1984: 119) Melalui filsafat komunikasi. c. Komponen-komponen pokok teori dan metodologi positivis adalah sebagai berikut: Metode penelitian: kuantitatif Sifat metode positivisme adalah obyektif. Shannon dan Weaver. Oleh karena itu. Positive(isme) Asumsi dasar positivisme tentang realitas adalah tunggal. hanya ada dua jalan untuk mengetahui: pertama. Hipotetik Post-Positive(isme) [humanistik] . Jadi ilmu merupakan pengetahuan yang didapatkan lewat metode ilmiah. Penalaran: deduktif. positivisme menyebutkan. [back to top] [Filsafat Komunikasi sangat erat kaitannya dengan metodologi penelitian. Positive. jangkauan dan ruang lingkup pengetahuan? Apakah manusia dimungkinkan untuk mendapatkan pengetahuan? Sejauh mana manusia mampu menangkap pengetahuan? (Jujun S. Pendekatan metodologi yang positivis antara lain: empirisme. verifikasi langsung melalui data pengindera (empirikal).

Aliran pemahaman kritis diinspirasi oleh pemikiran Karl Marx. etnometodologi. Thompson. pasca-strukturalisme. Kesemuanya berada dalam dominasi status quo. marxisme sartrian. George Hebert Mead. Ervin Goffman. dekonstruktivisme. 2004: vii). Maksdunya adalah. Tokoh aliran ini antara lain: Max Horkheimer.Penalaran: Dialektika . 2002: IV). Theodore Adorno. dan lain-lain. Metode penelitian komunikasi yang tercakup dalam paham antara lain interaksionisme simbolik. dan lain-lain. Metode Penelitian : Analisis Sejarah Sosial (Social History Analysis) . Cabang ini dijalankan untuk menghasilkan definisi. ruang lingkup. analisis wacana. Metode penelitian dalam paham ini belum populer penggunaannya dalam penelitian komunikasi. William I. 2004: 487). Seperti dikemukakan oleh Habermas sendiri. 1994: 392-396). dan lain-lain. Komponen-komponen pokok teori dan metodologi post-positivis adalah sebagai berikut:     Metode penelitian: kualitatif Sifat metode post-positive: Subyektif Penalaran: Induktif. hermeneutika. Selanjutnya ditindaklanjuti oleh Juergen Habermas (John B. teori kritis. tidak ada aspek kehidupan yang bebas dari kepentingan. Berikan contoh melalui fenomena-fenomena yang aktual di masing-masing komponen di atas!] ONTOLOGI atau metafisika umum adalah cabang filsafat ilmu yang mempelajari hakikat sesuatu (obyek) yang dipelajari ilmu tertentu. Thomas. antara lain: Max Weber. teori feminisme. Charles Horton Cooley. analisis semiotika. epistemologis. Hebert Markuz. semiotika.Meta-theoritical Discourse [back to top] [Bagaimana penerapan komponen-komponen Filsafat Ilmu.Asumsi dasar post-positivie tentang realitas adalah jamak individual. Fokus kajian post-positivis adalah tindakan-tindakan (actions) manusia sebagai ekspresi dari sebuah keputusan. fenomenologi. aksiologis. termasuk ilmu pengetahuan. Aliran pemahanan ini berasal dari sejumlah ilmuan.. dan sebagainya (Deddy Mulyana dalam Eriyanto. Pendekatan metodologi penelitian kualitatif: interaksionisme simbolik. diskusi tentang metode dan teori tindakan komunikasi adalah proses yang tidak pernah berakhir dan sama sekali belum sampai pada suatu konsensus (Juergen Habermas. Faham kritisme merupakan merupakan pilar utama mazhab frankfurt. seperti ontologis. Namun paham kritisme ini hanya sedikit berbicara tentang Marxisme (Sasa Djuarsa S. dan perspektif ke dalam Ilmu Komunikasi. Hal itu berarti bahwa realitas (perilaku manusia) tindak tunggal melainkan hanya bisa menjelaskan dirinya sendiri menurut unit tindakan yang bersangkutan. analisis framing. dan teori-teori tentang . Juergen Habermas.Sifat metodologi: kritis . dramaturgi. Interpretatif Kritis Asumsi dasar paham kritisme adalah realitas didominasi oleh status quo. teori paska-kolonialis. Fokus kajian mazhab Frankfurt ini adalah sistem tindakan komunikasi manusia (teori tindakan komunikasi).

maka kita telah mencoba bergerak di wilayah cabang filsafat ilmu yang disebut epistemologi. Peristiwa ini dimasukkan ke dalam wilayah ilmu tentang gejala alam (fisika). metode. Realitas ini dapat dijangkau oleh pengalaman manusia sehingga dapat dibuktikan keberadaannya (being). 1984: 105). Komunikasi manusia sebagai realitas adalah merupakan pengetahuan. Ketika kegiatan berpikir manusia menemukan hukum-hukum yang membingkai realitas itu bagaimana ia berkerja. yaitu postivistik dan post-positivistik. Singkatnya. Dalam konteks ontologis inilah kemudian ilmuan-ilmuan komunikasi membangun definisi kerja tentang ilmu komunikasi. dikenal dengan nama "S-R" (Sources and Receive). Disebut pengetahuan karena diperoleh dari kegiatan mental manusia (kesadaran) berpikir dan berkontemplasi tentang realitas itu. sifat. pengetahuan itu harus disusun secara benar. epistemologi berarti teori pengetahuan. Salah satu sifat yang utama adalah realitas itu dapat dicerap oleh panca indera manusia (Onong 1993: 323). Komunikasi (komunikasi manusia) merupakan realitas abstrak. Metode yang menganut paradigma positivistik merupakan metode kuantitatif. Ada juga yang namanya komunikasi dengan tuhan dalam bentuk doa atau kegiatan ritual (sembahyang). Landasan epistemologi ilmu adalah metode ilmiah (Suriasumantri. Misalnya. Hal yang dapat dicatat dalam penjelasan tentan ontologi adalah bahwa cabang filsafat ini memungkinkan kegiatan mental manusia berpikir dapat menghasilkan pengetahuan. EPISTEMOLOGI adalah cabang filsafat ilmu yang menyelidiki asal. Paradigma postivistik inilah yang mendominasi metode riset ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial. behavioris.ilmu yang bersangkutan. tesis dan disertasi . Dengan demikian. Kejadian ini lebih sebagai kejadian ilahiyah ketimbang sebagai kejadian ilmu pengatahuan. peristiwa di mana satu mesin saling berhubungan pesan dengan mesinmesin lainnya melaui media kabel atau frekuensi dianggap bukan termasuk dalam lingkup kajian ilmu komunikasi karena tidak ada unsur manusia di dalamnya. Pesan-pesan manusia sebagai realitas dapat dikenali menurut sifat-sifatnya. maka itulah yang disebut pengetahuan Ekonomi. Ontologi mempelajari hal-hal yang abstrak yang berkaitan dengan realitas (materi) yang ditelaah oleh ilmu pengetahuan sebagai obyek. transaksional. Secara etimologi. Dari definisi ini pula yang sekaligus mempertegas batas-batas pembeda ilmu komunikasi dengan ilmuilmu lainnya. maka realitas ini sebagai pengetahuan harus disusun secara benar menurut metode tertentu. Perspektif behaviorisme dalam psikologi komunikasi sangat kental dengan pendekatan linear ini. seperti disebutkan sebelumnya. tidak serampangan atau spekulatif saja. belumlah serta-merta menjadi ilmu (ilmiah). pengetahuan tentang sesuatu (being). komunikasi akhirnya dapat menjeneralisasi realitas komunikasi sehingga realitas itu dapat dikonsepsi menjadi suatu teori tentang komunikasi manusia yang dapat menjelaskan berbagai fenomena (Nina Winangsih Syam. Dalam realitas ini. Agar dapat disebut sebagai pengetahuan ilmiah (ilmu pengetahuan). dan gagasan pengetahuan manusia. dan interaksional. tetapi hal ini tidak dicakup dalam obyek kajian komunikasi sebagai ilmu pengetahuan karena tiadanya instrumen penginderaan untuk membuktikan peristiwa itu. kecenderungan perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya menurut cara-cara tertentu adalah sebuah realitas (realitas sosial). 2002). Dalam ilmu komunikasi. Metode ini tertata secara linear. maka komunikasi dapat merupakan obyek dari pengalaman inderawi manusia. Materi dari realitas inilah yang kemudian mendasari pembuatan teori-teori dalam ilmu ekonomi. Hal ini berarti bahwa komunikasi adalah suatu pengetahuan yang dipelajari sebagai sebuah ilmu pengetahuan. terdapat dua jenis metode **. termasuk secara institusional masih mayoritas dalam penyusunan skripsi. secara etimologi. yang dapat ditelaah dengan metode-metode postivistis tertentu. Misalnya. definisi tentang ilmu ekonomi itu sendiri sehingga dapat dibedakan dari ilmu-ilmu lainnya. cabang filsafat ilmu ini menjawab pertanyaan mengenai cara mendapatkan atau mencapai suatu pengetahuan tentang realitas sebagai sebuah ilmu. Halhal yang tercakup dalam komunikasi sebagai ilmu pengetahuan antara lain pesan-pesan (messages) antar manusia yang bersifat transmisional. Pengetahuan yang dimiliki manusia. realitas lain pun akan diperlakukan sama oleh cabang filsafat ini. Di luar konteks realitas komunikasi manusia. Ketika kita bertanya bagaimana menyusun pengetahuan itu secara benar. Sebab untuk menjadi ilmu.

Materi pokok dalam axiologi adalah Apakah ilmu (ilmu pengetahuan) itu bebas nilai? Tesis umumnya adalah ilmu itu bebas nilai. teknik retorika dan opini umum dimanfaatkan oleh penguasa sekutu untuk memanipulasi dukungan dari publik (rakyatnya) untuk meneruskan perang yang akan terus menambah jumlah korban manusia dan peradaban dalam Perang Dunia II (Walter Lippman. Suriasumantri. atau dalam ilmu komunikasi disebut Perspektif Hukum Peliput (covering-law perspective). Contoh metode ini dalam ilmu komunikasi adalah interaksionisme simbolik. Demikian juga. kajian komunikasi massa dan psikologi komunikasi sangat besar kontribusinya dalam program propaganda perang yang dijalankan oleh Nazi Jerman dan AS selaku pimpinan pasukan sekutu. 2002: 6). Pada situasi inilah. netralitas ilmu hanya terletak pada dasar epistemologisnya saja: alias. Metode yang menganut paradigma post-positivistik merupakan metode ilmiah yang melihat realitas tidak tunggal. teori belajar sosial Albert Bandura. Konteks penggunaan energi atom yang bermanfaat ganda tadi adalah pilihan-pilihan yang bernuansa moral bagi kalangan ilmuan. Namun. PERSPEKTIF adalah sebuah titik pandang. analisis wacana. teori jarum hipodermik. bersifat netral.mahasiswa dan dosen ilmu komunikasi di tanah air (Deddy Mulyana. dan jika putih maka putih. sekalipun diakui belum ada teori umum (grand teori) yang dapat menjadi payung terhadap semua model dan motode dalam pendekatan komunikasi (Nina Winangsih Syam. Littlejohn menyajikan empat jenis cara yang dinilainya memadai dalam pembahasan masalah kita ini (Dikutip dari Onong Uchjana Effendy. dan sebagainya. cabang kedua filsafat ilmu ini memungkinkan pengetahuan manusia menyangkut realitas komunikasi manusia dapat dipelajari sebagai sebuah ilmu pengetahuan. ilmu tidak mengenal sifat baik atau buruk. tanpa berpihak kepada siapapun juga selain kepada kebenaran yang nyata. dan sebagainya. suatu cara mengkonseptualisasikan sebuah bidang studi. bagaimana menerangkan prosesnya. Sedangkan secara ontologis dan axiologis. Konfigurasi suatu teori bergantung pada perspektif seorang teoritikus. kenyataan seperti itu pun juga dapat disaksikan dalam beberapa peristiwa dunia. Hingga belakangan ini. Walaupun perspektif teoritikal dapat dikonseptualisasikan dalam berbagai cara. Inilah metode penelitian obyektif. Kedua pihak melakukan kontrol dan sensor terhadap berita-berita aktual tentang kenyataan obyektif di medan perang di Perancis (Normandia). Banyak model dalam komunikasi yang dihasilkan oleh perspektif ini seperti teori informasi. realitas komunikasi manusia tetap ditelaah secara kuantitatif dengan pendekatan linear-obyektif. Pada intinya. 1991: 236-237). AKSIOLOGI adalah cabang filsafat ilmu yang mempelajari nilai-nilai. Menurut Jujun S. dan si pemilik pengetahuan itulah yang harus mempunyai sikap. pengembangan ilmu komunikasi masih didominasi oleh metode postivistik-obyektif. dan bagaimana mengkonseptualisasikan apa yang diamati. filsafat ilmu dengan aspek axiologisnya lalu mengembangkan kajian tentang nilai-nilai moral (agama dan kemanusiaan) dan etika (etika dan estetika) terhadap maksud dan tujuan serta suatu ilmu bagi kelangsungan hidup manusia. Atau dengan perkataan lain. pemanfaatan kekuasaan terbesar itu terletak pada sistem nilai si pemilik pengetahuan. Nilai-nilai yang dipelajari oleh axiologi sebagai cabang filsafat ilmu adalah yang berkaitan dengan pengembangan dan kegunaan dari ilmu-ilmu itu. Contoh adalah pemanfaatan teknologi atom untuk menghasilkan energi listrik. analisis framing. 1993: 333). Pada kenyataannya. Perspektif Behaviorisme . ilmuan harus mampu menilai antara yang baik dan yang buruk. 1992: 35). selain manfaat untuk perdamaian itu. teori kultivasi. Oleh karena itu. Metode ini disebut metode penelitian kualitatif dengan pendekatan subyektif (intepretif). Dalam Perang Dunia II. jika hitam maka hitam. memang ilmu komunikasi sendiri telah mengembangkan berbagai model dan metode. Perspektif ini memandu seorang teoritkus dalam memilih apa yang akan dijadikan fokus dan apa yang akan ditinggalkan. Tak dapat dipungkiri bahwa sumbangan ilmu pengetahuan dan teknologi (science and technology) bagi kehidupan umat manusia sangat besar. Dalam perkembangan ilmu komunikasi. yang pada hakekatnya mengharuskan mereka menentukan sikap (Jujun S. 2002). Suriasumantri. juga ilmuan dihadapkan pada realitas terbalik: bahwa tenaga atom itu juga dapat digunakan untuk membuat teknologi perang dengan daya penghacur yang massal (destruktif).

Jenis-jenis teori yang diulas berikut ini sebelum berbicara tentang perkembangan teori komunikasi (massa). Makanya teori ini disebut teori jaum hipodermik. Perspektif ini menekankan pada media komunikasi. sehingga mampu menggeser teori-teori Komunikasi Antar Persona dan Teori-teori Komunikasi Massa menjadi baur. Umumnya ini berdasarkan Pandangan Dunia I dengan asumsi non aksional.Perspektif ini yang timbul dari psikologi mazhab perilaku atau mazhab behavioral. menakankan pada rangsangan dan tanggapan (stimulus dan response). 2003: 155 – 190). tujuan teori sosial adalah memprediksikan dan mengontrol fenomena sehingga dapat diukur kecenderungannya. perspektif interaksional bersifat sirkular. Perspektif ini menakankan holisme. bergantung pada derajat pikiran para pelaku komunikasi dalam peranannya sebagai pemilih aktif. Perspektif Transmisional Teori transmisional memandang komunikasi sebagai pengimiriman informasi dari sumber kepada penerima. Bagaimana pendapat Anda? Uraikan secara sistematis dan melalui pendekatan komunikasi dengan media. Perspektif Interaksional Perspektif ini mengakui bahwa para pelaku komunikasi secara timbal balik menanggapi satu sama lain. Dalam ilmu-ilmu sosial. dan menggunakan eksplanasi aksional. Teori perspektif transsaksional menakankan konteks. Apabila perspektif transmisional bersifat linear. yang membayangkan komunikasi sebagai proses saling menyampaikan makna. dan unsur-unsur konsekuensional. maka akan dikemukakan terlebih dahulu jenis-jenis teori komunikasi menurut tujuannya (Nurudin. Mereka menggunakan gerakan model linear dari suatu lokasi ke lokasi lain. Cultivation Theory Teori ini melihat masyarakat mempelajari budaya dan dunia kehidupan melalui layar televisi. . Teori seperti itu berdasarkan Pandangan dunia II yang mungkin aksional atau non aksional. dengan sendirinya juga audiens terpengaruhi sikapnya. Perspektif Transaksional Perspektif ini menekankan kegiatan saling beri. Dengan lain perkataan komunikasi dipandang situasional dan sebagai proses dinamis yang memenuhi fungsifungsi individual dan sosial. Umpan balik dan efek bersama merupakan kunci konsep. Ia memandang komunikasi sesuatu di mana pesertanya terlibat secara aktif. Dari televisilah masyarakat mengembangkan norma-normanya. waktu.] Teori-teori komunikasi dapat dibedakan ke dalam berbagai jenis menurut tujuan terntentu. dan biasanya bersifat non aksional. yakni: Teori Hypodermic Needle Theory Audiens (Receiver/R) dalam teori ini dipandang bersikap pasif dan segala informasi yang diterima. Teori transaksional cenderung menampilkan pandangan dunia II. Teori seperti ini cenderung untuk menyesuaikan diri kepada asumsi-asumsi Pandangan Dunia I tadi. Teori komunikasi yang menggunakan perspektif ini cenderung untuk menakankan pada cara bahwa seseorang dipengaruhi oleh pesan. [back to top] [Perkembangan teori komunikasi sekarang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. karena daya serap audiens yang efektif seperti sedang menerima suntikan.

dan yang kerap teradi adalah media mensetting pikiran khalayak. Dalam hal ini. Diffusion of Innovation Theory Teori ini menempatkan orang yang memiliki informasi atau penemuan sebagai orang yang memiliki potensi mempengaruhi secara massal. kemungkinan yang dimaksukan oleh soal tersebut mengenai pengaruh perkembangan teknologi terhadap perkembangan teori komunikasi adalah kontek Technological Determinism Theory atau teori determinisme teknologi. Diam dapat berarti. Merujuk pada materi soal di atas. Teknologi cukup berkembang mempengaruhi cara-cara manusia berkomunikasi. . Technological Determinism Theory Cara-cara manusia berkomunikasi akan mempengaruhi kehidupannya. Media Critical Theory Teori ini seperti sejatinya teori kritis tetap konsisten dalam melihat media massa sebagai instrumen sosial. Media Equation Theory Asumsi teori ini menyamakan manusia dengan media. media barat mendominasi media di seluruh dunia. Media merupakan mitra komunikasi manusia. Media massa dianggap ikut melindungi status quo yang menyebabkan ketidakadilan sosial. Agenda Setting Theory Teori ini menetapkan titik temu antara asumsi media tentang kebutuhan publik akan informasi dan harapan publik terhadap informasi yang disajikan oleh media. Tingkat kehidupan manusia menentukan teknologi yang dapat dicapainya. Tetapi ini tidak selalu berhasil. Itulah jenis-jenis media yang dirangkum oleh Nurudin (2003) dari sejumlah sumber. Dengan alasan tambahan bahwa media barat memilik potensi efek yang sangat besar. Uses and Gratifications Theory Teori kegunaan dan kepuasan memandang pengguna media mempunyai kesempatan untuk menentukan pilihan-pilihan media sumber beritanya. Berarti pula. Spiral of Silence Theory Teori memandang adanya kecenderungan minoritas mengambil sikap diam di tengah situasi yang didominasi mayoritas. pengguna media berperan aktif dalam kegiatan komunikasi untuk memenuhi kepuasannya. menyesuaikan pendapat dengan mayoritas atau menyembunyikan pendapat agar tidak terisolasi dalam kepungan mayoritas. demikian juga sebaliknya.Cultural Imperialism Theory Asumsi dasarnya adalah bahwa dunia barat mendominasi peradaban dunia. Praktisi media membuat dirinya sengaja terbatas untuk melawan status quo.

dan ketiga. Dan teknologi tersebut akhirnya mengarahkan manusia untuk bergerak dari satu abad teknologi ke abad teknologi yang lain.wikipedia. artinya ditujukan kepada publik yang tidak terbatas dan anonim. umpan balik. Justru information technology memperkuat dua tanda pokok komunikasi yang terakhir ini. penemuan dalam teknologi komunikasi menyebabkan perubahan budaya. Teknologi membentuk individu bagaimana cara berpikir. Media komunikasi massa seperti ensiklopedia telah tersedia dalam format web browser dengan fasilitas akses langsung oleh pembaca sehingga dapat mengedit atau menambahkan salah satu naskah dalam eksiklopedia tersebut (misalnya http://www. Bandingkan dengan ensiklopedia yang kemas dalam bentuk cetak seperti yang ada selama ini. Tanda-tanda pokok dan karakter psikologis komunikasi massa akan ditinjau menurut perkembangan teknologi mutakhir dengan implikasi teoritis terhadap teori komunikasi antar persona dan komunikasi massa menjadi baur. ada beberapa tahapan yang layak disimak untuk hal ini. Paling tidak. kedua.Teori determinisme teknologi mempunyai ide dasar. 1973: 92). Komunikasi massa yang berbasis cybernet (internet) memungkinkan terjalinnya komunikasi berlangsung dua arah antara komunikan dan komunikator. Teknologi informasi sekarang memperkaya variasi media secara teknis dan kian menciptakan ketergantungan dalam proses komunikasi massa. pengendalian arus informasi Audiens (komunikan) tidak dapat mengintervensi komunikan dalam menata informasi yang dikirimkan. Tanda pokok pertama adalah komunikasi bersifat tidak langsung atau dengan kata lain bermedia. Teori ini digagas oleh Marshall McLuhan pertama kali tahun 1962 dalam bukunya: "The Guttenberg Galaxy: The Making of Typographic Man". maka audiens (komunikan) dapat terlibat secara langsung berkomunikasi dengan komunikator yang memproduksi pesan-pesan. Alasan keterbatasan untuk intervensi adalah karena komunikasi ini berlangsung melalui media. Perkembangan teknologi ini sekaligus berdampak pula pada tanda pokok kedua komunikasi massa. Dalam konteks karakteristik psikologis. maka sistem komunikasi massa juga mempunyai karakteristik psikologis yang khas dibandingkan dengan sistem komunikasi interpesonal. Ini tampak pada pengendalian arus informasi. McLuhan berpikir bahwa budaya kita dibentuk oleh bagaimana cara kita berkomunikasi. Pembukaan akses telepon bagi pemirsa ke studio. lapangan. artinya tidak ada interaksi antara komunikator dan komunikan. sebagaimana dikatakan McLuhan bahwa kita membentuk peralatan untuk berkomunikasi. Pertama. alat pengeras suara (microfon dan speaker) tidak dimaksudkan sebagai media atau channel dalam hal ini. Pengaruh teknologi dalam hal ini sangat signifikan. Tanda pokok komunikasi massa yang ketiga dan keempat—seperti juga tanda pokok pertama—tidak mengalami pergeseran paradigma secara subtansial oleh kemajuan teknologi informasi. simulasi alat indera. karena perbedaan teknis. yakni bahwa perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara berkomunikasi akan membentuk pula keberadaan manusia itu sendiri. Tentang varian media terhadap pilihan-pilihan pengunderaan akan dibahas secara terpisah. yakni media atau channel. perkembangan teknologi tidak mengakibatkan pergeseran paradigmatikteoritik dalam komunikasi massa itu sendiri. berperilaku dalam masyarakat. dan 4) mempunyai publik yang secara geografis tersebar (Elizabeth-Noelle Neuman. KOMUNIKASI MASSA adalah komunikasi antara komunikator dengan publik dengan empat tanda pokok: 1) bersifat tidak langsung. Menurut Jalaluddin Rakhmat (1984).org). Secara tegas. Dengan adanya teknologi informasi seperti komputer yang berjaringan internet atau program interaktif televisi. dan akhirnya peralatan untuk berkomunikasi yang kita gunakan itu akhirnya membentuk atau mempengaruhi kehidupan kita sendiri" (Nurudin: 2003: 174). Media massa yang berbasis media internet mempunyai komunikan yang jauh lebih anonim ketimbang publikasi yang berbasis cetak. memungkinkan komunikan dapat menentukan . perubahan dalam jenis-jenis komunikasi akhirnya membentuk kehidupan manusia. di mana media itu sendiri terikat oleh ruang dan waktu untuk mengikutkan komunikan berpartisipasi dalam proses produksi pesan bersama komunikator. dan proporsi unsur isi dengan hubungan. 3) Bersifat terbuka. Misalnya. 2) Bersifat satu arah. Artinya proses komunikasi harus melalui mekanisme teknis. yaitu bersifat satu arah. alias melalui media/channel. ruang pertemuan. Proses sejenis ini dapat pula kita lihat pada fasilitas linking (hyperlink) dialog pada web browser internet yang telah dimiliki hampir semua media massa cetak (majalah dan surat kabar).

tangan (kulit) untuk meraba. 6) Meliputi kegiatan dan tindakan. Sebagian besar dari tujuh ciri itu tidak mengalami pergeseran teoritis dan paradigmatik. dan sebagainya) dapat ditelusuri pada tujuh ciri komunikasi interpersonal itu sendiri. Karakteristik psikologis yang khas dari komunikasi massa adalah proporsi unsur isi dengan hubungan. KOMUNIKASI INTERPERSONAL dapat ditunjukkan dalam tujuh ciri (Alo Liliweri: 1991: 58): 1) Melibatkan perilaku melalui pesan verbal dan nonverbal. berbeda terbalik dengan sistem komunikasi interpersonal. telinga untuk mendengar. 3) bersifat dinamis. multimedia electronic device. kerap menggiring tanggap (umpan balik) komunikasi interpersonal tidak lagi bersifat pribadi akibat begitu kompleksnya teknologi informasi. Pertama: media massa yang perkembangannya didukung oleh teknologi canggih menyebabkan sifatnya yang satu arah berubah menjadi interaktif dengan komunikan (khalayak). pemirsas (komunikan) pun dapat menyertakan liputannya sendiri misalnya dengan mengirimkan video cassette untuk disiarkan oleh stasiun. Sistem komunikasi massa mementingkan struktur unsur isi ketimbang unsur hubungan. Komunikasi interpersonal berlangsung dalam dua bentuk: komunikasi bermedia dan tidak bermedia. e-mail. 5) dipandu oleh tata aturan yang bersifat intrinsik dan ekstrinsik. Kedua. Dari pemaparan tentang pengaruh signifikan perkembangan teknologi terhadap komunikasi interpersonal. 4) Melibatkan umpan balik pribadi. yakni membaca (komunikasi tertulis) dan melihat foto-foto yang disisipkan di tengah naskah. Komunikasi antara pribadi yang berlangsung tanpa media jauh lebih komplit ketimbang yang berlangsung dengan media. Kecuali pada ciri keempat. teknologi mencapai tingkatan di mana diciptakannya media komunikasi massa Televisi yang memungkinkan komunikan menggunakan indera pendengaran sekaligus indera penglihatan (menyimak gambar bergerak). umpan balik yang sifatnya pribadi bergeser menjadi lebih terbuka dan umpan balik dan efektivitasnya sangat tergantung jenis teknologi media yang digunakan. hubungan interaksi. Perkembangan teknologi selanjutnya menghadirkan teknologi audio record. Komunikasi interpersonal bermedia antara lain melalui telepon. Pengaruh perkembangan teknologi hanya meningkatkan kapasitas storage isi komunikasi massa. komunikasi massa hanya memungkinkan komunikan menggunakan alat indera penglihatan saja. Hal ini pula menandai tradisi baru dalam feed-back antara komunitor dan komunikan dalam komunikasi massa akibat perkembangan teknologi yang berlangsung terus menerus. hidung untuk membaui. di mana media itu sendiri semi-inheren dengan perkembangan teknologi. dan contrived. sangat tergantung pada sifat media yang digunakan. surat pos. internet. Akibatnya pada umpan balik. hubungan interaktif. hal yang penting dicatat dari kedua jenis komunikasi ini adalah aspek umpan balik dalam proses yang berlangsung pada dua jenis komunikasi tersebut. Kecenderungan menunjukkan bahwa karena teknologi informasi telah memangkas jarak dan waktu. Pertengahan abad ke-20. tetapi kedua-duanya sekaligus indera pendengaran. Fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi informasi misalnya. dan lain-lain. di mana komunikan dimungkinkan memfungsikan indera pendengaran untuk memperoleh informasi dari radio. Pada awal hadirnya media cetak. [back to top] .frekuensi isi suatu pemberitaan media televisi. Kaitan antara komunikasi interpesonal dengan kemajuan teknologi (khususnya teknologi informasi seperti komputer. Komunikasi interpersonal yang tidak bermedia melibatkan seluruh instrumen penginderaan: mata untuk melihat. dan koherensi (pernyataan pesan yang harus berkaitan). Pencapaian teknologi informasi yang terakhir memungkinkan penghilatan tidak hanya untuk baca naskah belaka atau hanya untuk menyimak gambar bergerak. 2) Melibatkan pernyataan/ungkapan yang spontan. Komunikasi antarpribadi yang bermedia dapat menjelaskan ciri keempat ini. Bahkan lebih dari itu. sripted. melibatkan umpan balik pribadi. alias tatap muka. dan 7) Komunikasi antar pribadi melibatkan persuasi. sebaliknya pada komunikasi interpersonal yang bermedia. dan koheren (pernyataan pesan berkait dan berkesinambungan). akhirnya komunikasi interpersonal pun cerderung lebih berlangsung melalui media. dan lida untuk merasa. Perangkat komputer dengan berbagai macam software telah memfasilitasi pengideraan yang sudah hampir menyamai penginderaan dalam komunikasi interpersonal. bukan statis.

■ KOSMOLOGI = Kosmologi atau filsafat alam berbicara tentang dunia. Dewey. 1985: 6 – 7). Kosmologi merupakan rangka umum yang dimana hasil-hasil dari ilmu alam dapat dipasang. maka penelaahan tentang perspektif-perspektif psikologi dan psikologi sosial misalnya. harus didukung oleh sejumlah hasil penelitian lapangan dan uji teoritis secara keilmuan. Hinduisme. Moore bahwa filsafat adalah tentang segala hal. dan soal-soal yang berhubungan dengan konsekuensikonsekuensi etis dari kemajuan teknik. neurofisiologi. Norma-norma dapat dibagi atas norma sopan santun. Cabang filsafat ini sangat tua. H. Etika dibedakan dari semua cabang filsafat lain karena tidak mempermasalahkan keadaan manusia. 2002: 23). Kosmologi berkembang sangat baik di Yunani dan memberi hidup kepada ilmu alam. melainkan bagaimana manusia harus bertindak. cara bertindak. Hume. Tindakan manusia ditentukan oleh macam-macam norma (Latin: norma= siku). untuk mendalami psikologi sebagai akar ilmu komunikasi. berarti mempelajari filsafat komunikasi. Plato dan Aristoteles sudah menyusun suatu etika. mendalam dan spekulatif. Mempelajari ilmu komunikasi secara menyeluruh.Einstein (1879-1955). biologi. dan A. psikologi. Beberapa yang termasuk etika seperti filsafat Cina. Filsuf-filsuf moral kenamaan lainnya antara lain Thomas Aquino. . Kosmos itu bukan sistem tetap dan tak terhingga melainkan suatu proses perkembangan. definisi materi. misalnya. Secara filosofis dan teoritis. Secara falsafati. definisi energi. norma moral. Dalam etika biasanya dibedakan antara etika deskriptif dan etika normatif. dan Buddhisme terus menerus mementingkan jalan untuk mencapai kebahagiaan. kebebasan dan determinisme.E. ETIKA =Katae tika berasal dari Yunani (ethos) yang berarti adat. dan sebagainya (Jalaluddin Rakhmat. definisi hidup.Mach (1838-1916). Nah refleksi ini merupakan bidang kosmologi. Willbur Schramm mengibaratkan komunikasi dengan kampung Bab elh-Dhra pada lebih kurang 5000 tahun silam.Hertz (18591894). Maksudnya adalah bahwa berlajar tentang Filsafat Komunikasi berarti kita belajar tentang segala hal yang menyangkut seluruh ruang lingkup komunikasi manusia secara menyeluruh. Nina Winangsih Syam menambahkan akar ilmu komunikasi tersebut melalui perspektif pohon komunikasi: Fisika dan Psikologi Sosial (Nina Winangsih Syam. Ribuan tahun yang lalu. filsafat. 1985: 7). dan spekulatif. ilmu komunikasi dapat ditelusuri awal muawal atau asalnya dari sejumlah akar ilmu pengetahuan. politik. "Book reading" menyiapkan hampir semua tentang bahan-bahan itu. Tempat itu dikunjungi oleh setiap musafir karena kandungan air tawar yang dimiliki kampung itu. mendalam (vestehen). dirasa keperluan akan suatu refleksi yang mendalam yang memperhatikan keseluruhan. Pertimbangannya adalah fenomena komunikasi merupakan sentra bagi ilmuilmu tentang perilaku manusia (Nina Winangsih Syam. di Mesir dan Mesopotamia manusia sudah bertanya tentang asal alam semesta. dan von Hildebrand. Demikian pula halnya komunikasi yang telah ditelaah dari berbagai ilmu (Jalaluddin Rakhmat. matematik.[Bagaimana anda mampu mengaitkan antara tugas-tugas "book reading" dengan materi Filsafat Komunikasi? Seperti telah dikemukakan sebelumnya—dengan salah satu definisi filsafat oleh G. 2002: 18). Hobbes. Norma yang paling penting untuk tindakan manusia. maka kajian filsafat komunikasi sebagai langkah penelusuran akar ilmu komunikasi membutuhkan referensi dalam berbagai varian dan jenisnya menurut ruang lingkup akar komunikasi itu sendiri. Teori-teori umum tentang alam sebagai kesatuan yang berfungsi sebagai rangka umum itu sekarang dikemukakan oleh antara lain E. Etika deskriptif memberi gambaran dari gejala kesadaran moral (suara batin) dari norma-norma dan konsep-konsep etis.Planck (1858-1947). ekonomi. norma hukum. datang dari "suara batin". Ilmu-ilmu yang ikut memberi kontribusi atau yang telah mengkaji fenomena komunikasi antara lain: antropologi. Kant. kebiasaan. Pertanyaan-pertanyaan dari filsafat alam itu misalnya soal evolusi. Norma-norma ini merupakan bidang etika. dan norma moral. Kosmologi sekarang memandang alam sebagai suatu proses. M. engineering. linguistik. Ilmu alam sudah lama berkembang dan dipilih sebagai model untuk banyak ilmu lain. Scheler. fokus pada kajian filsafat ilmu menjadi latar belakang. "Book reading" merupakan lapangan yang sangat luas untuk mengembangkan khazanan keilmuan dalam mengembangkan ilmu komunikasi. Kata moral berasal dari Latin (mos) yang mempunyai arti yang sama. sosiologi. Bersama dengan spesialisasi ilmu alam yang sangat maju. maka untuk kebutuhan menjawab pertanyaan yang terakhir ini. Ketersediaan buku-buku referensi tentang akar-akar ilmu komunikasi adalah hal yang mesti. Karena sifatnya yang luas itulah.

Etika normatif tidak berbicara tentang gejala-gejala. logika. Ilmu-ilmu formal Ilmu-ilmu empiris formal Ilmu-ilmu hermeneutis :Matematika. Herakleitos. dll Beberapa orang mengatakan bahwa ilmu hermeneutis tidak ilmiah karena disini tidak dicapai kepastian. kedokteran dan logika lebih dipandang sebagai seni atau keahlian. Sokrates. Dalam pengalaman atas dunia sekeliling kita ditemukan suatu bidang yang disebut indah. perbedaan filsafat dan ilmu pengetahuan sangatlah kecil. dan aliran-aliran besar yang menguasai pemikiran selama suatu zaman atau di suatu bagian dunia tertentu. terutama antara filsafat India dan filsafat Barat. pengalaman. zaman dan kebudayaan. SEJARAH FILSAFAT Sejarah filsafat mengajarkan jawaban-jawaban yang diberikan oleh pemikir-pemikir besar. Misalkan sejarah. tragis. Seperti Hegel (1770-1831) membedakan suatu rangkaian seni-seni yang mulai pada arsitektur dan berakhir pada puisi. hanya diberikan fakta-fakta dan tidak pernah dicapai suatu kepastian bahwa fakta ini benar. nabi-nabi besar di Israel. bentuk-bentuk pengalaman keindahan (seperti keindahan jasmani dan keindahan rohani. keindahan alam dan keindahan seni). tema-tema yang dianggap paling penting dalam periode tertentu. yaitu logika. melainkan tentang apa yang sebenarnya harus merupakan tindakan kita. Sejarah filsafat merupakan suatu cermin bagi manusia. ekonomi. KRITIKILMU-ILMU : Pada awalnya. ESTETIKA = Estetika dalam bahasa Yunani (aisthesis) yang artinya pengamatan adalah cabang filsafat yang berbicara tentang keindahan. dan iman yang luar biasa. Bahkan. 2. Mulai zaman renaisans (sekitar 1800 dan sesudahnya) menghasilkan ilmu-ilmu yang kebanyakan sekarang. Mengapa justru objek-objek tertentu sangatmenarik untuk menarik? Dalam estetika dicari hakikat dari keindahan. Makin kecil unsur materi dalam suatu bentuk seni. estetika dibedakan antara suatu bagian deskriptif dan suatu bagian normatif. dan seterusnya. Dalam ketiga tradisi ini ada banyak kesamaan. kalau pengertian manusia sudah tidak kuat lagi. Ilmu dibagi menjadi tiga kelompok : 1. Plato. Dalam etika normatif. oleh karena itu sejarah filsafat sesuatu yang sangat penting. ilmu hayati. Ada banyak pertanyaan dan jawaban yang selalu kembali disegala zaman dan di semua sudut dunia. Dalam periode ini hidup Konfusius dan Lao Tzu di Cina. makin tinggi tempatnya atas tangga hierarki. mengharukan. disini tidak diterangkan sesuatu melainkan hanya dimengerti sesuatu. bagus. 3. Bagian deskriptif menggambarkan gejala-gejala pengalaman keindahan. Parmenides. Sesuatu yang menonjol adalah bahwa baik di India dan Cina maupun dalam dunia Barat. Gautama Buddha dan penyusun-penyusun Upanisad di India. Sedangkan Schopenhauer (1788-1850) melihat suatu rangkaian yang mulai pada arsitektur dan memuncak dalam musik. Musik digambarkan sebagai suatu bentuk "wahyu" yang masih berbicara tentang transendensi. dll :Sejarah. Dalam sejarah filsafat bisanya dibedakan tiga tradisi besar yaitu filsafat India. Pada zaman Yunani kuno hanya dibedakan empat ilmu. filsafat Cina dan filsafat Barat. Sejarah filsafat dunia merupakan suatu sumber pengetahuan. Zoroaster di Persia. yang mengatasi batas-batas agama. Banyak filsuf telah menyusun suatu estetika dan dicoba untuk menyusun suatu hierarki bentuk-bentuk seni. dll :Ilmu alam. ilmu pesawat dan kedokteran. Dan ada yang lebih muda lagi seperti ilmu ekologi (ilmu keseimbangan lingkungan hidup). hikmat. Hidup Intelektual menjadi "dewasa" (melepaskan diri dari cara berpikir mistis) dalam periode antara 800 � 200 SM. norma-norma dinilai dan sikap manusia ditentukan. Seperti dalam etika. Nah pengalaman akan keindahan merupakan objek dari estetika. sedangkan bagian normatif mencari dasar pengalaman itu. Seperti sosiologi. psikologi dan psikoanalisis yang masih muda. Orang lain mengatakan bahwa ilmu-ilmu empiris formal memang selalu bersifat hipotesis sehingga antara . ilmu pasti. Musik dapat mengungkapkan hal-hal yang tidak dapat diekspresikan dengan kata-kata. Musik mendapat tempat istimewa dalam estetika. dan Aristoteles di Yunani. Pertanyaan-pertanyaan dan ide-ide manusia sekarang ditemukan kembali disini dalam suatu perspektif yang sangat luas. agung.bahasa. dan diselidiki emosi-emosi manusia sebagai reaksi terhadap yang indah.

Dari lain pihak. berkumpul dalam satu kata. Teori-teori tentang pembagian ilmuilmu. yang sedikit ini sangatlah berguna dalam dialog dengan agama. Metafisika umum hanya berbicara tentang segala sesuatu sejauh itu "ada". theos 'Allah') mengajarkan bahwa seluruh kosmos sama dengan Allah. Pengetahuan tentang pengada-pengada. Semua dimensi ini. Manusia hidup dalam banyak dimensi sekaligus. lepas dari agama. pertanyaan "Siapakah manusia?" merupakan pertanyaan satu-satunya dari filsafat. Orang lain yang berpendapat berbeda tentang Allah tidak akan menerima argumen-argumen yang berasal dari teologi yang terikat pada "wahyu" khusus. Menurut Immanuel Kant. Sekarang. tumbuh-tumbuhan. Jawaban-jawaban yang diberikan atau pertanyaanpertanyaan yang dirumuskan dalam ontologi mengungkapkan suatu kepercayaan.ilmu-ilmu empiris formal dan ilmu-ilmu hermeneutis tidak begitu penting. pertanyaanpertanyaan seperti inilah yang termasuk kritik ilmu-ilmu. dan sebaliknya. dan orang merupakan suatu "pengada". Nah. Dalam teologi metafisik diselidiki apa yang dapat dikatakan tentang adanya Allah. jenis ontologi ini juga dikritik karena Allah sebagai "Mengada" manusia tidak dapat berlutut. Kata Yunani untuk "pengada" adalah on (genetif: ontos). tentang dasar kepastian dan tentang jenis-jenis keterangan yang diberikan. suatu pandangan tentang dunia. tetapi tidak dapat hidup lepas dari orang lain. kegembiraan dan penderitaan. lepas dari wahyu. Yang dapat dikatakan tentang Allah. Akan tetapi kata ini yang begitu mudah digunakan dan terlihat sederhana untuk dipahami. ada perbedaan antara Allah dan ciptaannya Metafisika umum merupakan cabang yang sangat problematis pada saat sekarang. Metafisika umum (ontologi) berbicara tentang segala sesuatu sekaligus. disebut ontologi. dari satu pihak.'bukan'. dengan sesama. Agnostisisme (Yunani: a. makin kecil komprehensi istilah atau pernyataan itu".Panteisme (Yunani: pan 'segala sesuatu'. Semua benda. panteisme. tetapi mereka akan menerima argumen-argumen yang berdasarkan akal budi. semua pikiran dan kegiatan manusiawi. tidak lagi termasuk bidang ilmu pengetahuan sendiri. Lalu itu hanya mungkin kalau komprehensi perkataan-perkataannya kecil sekali.Teisme mengajarkan bahwa Allah itu ada. Jenis ontologi ini. isi (komprehensi) suatu kata atau kalimat menjadi sangat kecil kalau luasnya (ekstensi) kata atau kalimat itu sangat besar. tentang tempatnya dalam kosmos. antropologi. Banyak filsuf yang mengatakan bahwa cabang ini tidak mungkin karena manusia sudah melewati batas-batas kemungkinan akal budinya. Jenis kepercayaan ontologi ada empat: Ateisme (Yunani: a. Namun. lepas dari agama. karena akal budi adalah milik umum. dialog ini lebih bersifat dialog dengan ateisme. dan kosmologi. antara jenis-jenis dan individu-individu. Manusia merupakan seorang individu. Manusia adalah sekaligus materi dan hidup. sejauh mereka ada. theos 'Allah') mengajarkan bahwa Allah itu tidak ada dan manusia sendirian dalam kosmos . dan kepada Letting-be ia tidak dapat berdoa. agnostisisme. sehingga pertanyaan tentang Allah selalu terbuka . Teologi metafisik sekarang ini masih tetap merupakan usaha untuk menciptakan ruang dialog antara iman dan akal budi. binatang. manusia mempunyai kehendak dan pengertian. TEOLOGI METAFISIK : Metafisika khusus terdiri dari teologimetafisik.menarik karena disini ditemukan kemungkinan untuk menterjemahkan istilah-istilah pokok dari agama-agama dalam istilah-istilah falsafi. dan ateisme. "Adanya" segala sesuatu merupakan suatu segi dari kenyataan yang mengatasi semua perbedaan antara benda-benda dan makhluk-makhluk hidup. yaitu "aku". Oleh karena itu. tentu saja tidak banyak. Kata "aku" dipakai sebagai titik simpul dari banyak hal sekaligus.tentang metode ilmu-ilmu. METAFISIKA UMUM : Dalam logika diajarkan suatu prinsip yang mengajarkan: "makin besar ekstensi suatu istilah atau pernyataan. Teologi metafisik hanya menghasilkan suatu kepercayaan yang sangat sederhana dan abstrak. Artinya. sehingga tidak ada perbedaan antara Pencipta dan ciptaannya . sesama dan tujuan hidup. badan dan jiwa. Sekitar tahun 1500 . Semua pertanyaan lain dapat dikembalikan kepada pertanyaan ini. gnosis 'pengetahuan') mengajarkan bahwa tidak dapat diketahui apakah Allah itu ada atau tidak. tentang hubungannya dengan dunia. Dibelakang kata "aku" terdapat suatu pribadi dan penuh relasi-relasi sejarah.'bukan'. melainkan merupakan suatu cabang dari filsafat. Teologi metafisik berhubungan erat dengan ontologi. harapan dan keputusasaan. ANTROPOLOGI : Setiap filsafat mengandung secara eksplisit atau implisit suatu pandangan tentang manusia.

demonstrasi) atau menyatakan pilihan (cth. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi. Terlihat dalam seni dan dalam berbagai ilmu yang lahir sejak zaman renaisans. --Demikianlah cabang-cabang filsafat yang paling umum dipakai di seluruh dunia.Tujuan: pencapaian kesejahteraan dan keadilan untuk slrh individu scr merata.pemilu). Pendapat ttg antipsikiatri pd filsafat kedokteran! sumber jwban lain ada di cth soal2 th lalu • Anti-psikiatri adalah suatu gerakan/klmpk yg mempertanyakan ilmu2 yg digunakan oleh parapsikiater.melainkan hanya sebagai mitos.dan etis di dlm kehidupan.antipsikiatri tidak mengakui adanya kondisi 'skizofrenia' tetapi label itu hanya faktasosial yang pd dasarnya merupakan peristiwa politis.psikiater tidak berurusan dgn penyakit mental dlm pengobatanmereka. Jelaskan pro & kontra ttg xenotransplantasi! ada di ―kumpulan bahan presentasi mhsw kul. Bbrp anggota gerakan ini : Laing. Jelaskan mengenai anarkis berkedok demokrasi! • Demokrasi berasal dr kata demos=masy/common people dan kratos=kekuatan/kekuasaan. protokol penel. IC • Permohonan ethical clearance diberikan sblm penelitian dimulai tdk bs untuk penel yg sdhdimulai/sdh selesai 27. CV penelitiutama. Keprihatinan dasar mrk adalah thd bervariasinyadefinisi diagnosis pd lahan psikiatri. dan dunia.filsafat prof moeloek okt 2010‖29.jd mnrt antipsikiatri.dengan makna politisdibaliknya.manusia betul-betul menjadi titik pusat dari filsafat.kebebasan. Sejak zaman renaisans manusia dipandang sebagai pusat sejarah. antipsikiatri mengklaim bahwa penyakit mentalbukan penyakit di dalam pengertian medis biasa. Szasz. pusat pemikiran. • Jd antipsikiatri itu gerakan yg menentang psikiatri. daftar tim peneliti. mrk jg prihatin mengenai obat2an ppsikiatri yg justru malah lbh bnyk merusak daripadamembantu pasien. Sehingga mereka menganggap psikiatri bukan sebagaibidang ilmu kedokteran spt bagian2 lain. yg membuka peluang untuk menciptakan opiini dan interpretasi ygberbeda2.dengan cara : merekadinyatakan sakit. • Kelengkapan berkas sbb: surat usulan dr institusi.sosial.kemudian dibuat tidak berbahaya dgn diberi obat dan terapielektrokonvulsif. surat persetujuan pelaksanaan penelitian dari scientific board. . pusat kehendak. klpmk ini dimulai sekitar tahun 1960an.melainkan berurusan dgn masalah2 pribadi.psikiater merupakanalat yg sempurna utk pennindasan org2 'pembangkang' dalam komunitas. danFoudraine. Dptdisampaikan mell penyampaian pendapat (cth. 28.

30. harusmemperhatikan waktu dan tempat.transgenik adalah tumbuhan yg mengandung transgen mell proses bioteknologi (transgen= gen asing yg ditambahkan pd suatu spesies). Jelaskan mengenai etika kloning thd hewan! • Kloning berasal dari kata ‗klon‘ dari bahasa Yunani yang berarti tunas muda. • Kloning terapeutik dipandang dr segi 4 basic moral principle: Autonomy: Para penderita penyakitkronis. Duplikasi organ tubuh yang diperoleh dengan kloning theurapeutik menjadi solusiatas donor organ yang sering menimbulkan penolakan oleh sistem imun. • Kesimpulan: dlm demokrasi hrs memiliki etika dimana dlm kebebasan berpendapat tdk disertaipemaksaan kehendak dan pelanggaran hak asasi org lain disertasi asas praduga tak bersalah. hukum. Kloning banyak mendapat kontra dari masyarakat. di pemuliaan tanaman. menghargai hak asazi setiap manusia. terutama dalam kloning manusia • Kloning pada hewan ternak digunakan untuk meningkatkan jumlah makanan bagi manusia Menurut Greger "Hewan hasil kloning selain dapat menghasilkan susu ataupun daging dengan kualitasyang lebih baik juga akan mengkloning penyakit atau kondisi penyakit lainnya yang ada kaitan denganproduktivitas―. peristiwa demoMei‘98 yg berujung pd kerusuhan.• Anarkis mrpk reaksi thd merebaknya nilai2 kapitalisme yg berupaya menihilkan identitas sosial sbgprinsip kebersamaan dlm hidup dan kehidupan. penggunaan pestisidamenurun ramah lingk. Penguatan tanggung jawab(moral) individual tanpa paksaan dan tekanan otoritas eksternal yg cenderung distortif & represif olehZeno. . yg tdk mengganggu hak asasi org lain. Jelaskan mengenai aspek etik tumbuhan transgenik! • Tumbh. Bedanya dgpemuliaan tanaman adlh. tdk berbahay thd manusia.menyampaikan pendapat dg santun.transgenik. Pd tumb. dan moral. dalam menyampaikan pendapat. Diawali dengan lahirnya Dolly di Skotlandia sampai isu lahirnya bayi perempuan hasil kloningbernama Eve. memiliki harapan baru untuk sembuh dari penyakitnya dengan melakukankloning theurapeutik. seorang filsuf Yunani • Cth anarki berkedok demokrasi: klmpk anarki di spanyol yg melakukan tindk anarkis sambilmeneriakkan slogan ―terkadang cinta hanya dpt berbicara mell selongsong senapan‖. Ketiadaan aturan.genetika tanaman. gen berasal dr spesies yg sama dan mell prosesperkawinan interspesies. memiskinkanpetani31. Proseskloning merupakan suatu bentuk reproduksi aseksual atau tanpa kawin. Kontra: evolusi hama resisten racun yg akan mengganggu tatanan ekosistem. gen yg dipindahkan berasal drspesies yg berbeda dan pemindahan genetika dilakukan mell rek. Kloning dapatdiartikan sebagai upaya untuk memproduksi sejumlah individu yang secara genetik identik. menerima perbedaan pendapat dg pikiran yg terbuka demikebaikan bersama. seperti gagal ginjal. Kloning merupakan salah satubentuk keberhasilan para ilmuwan dalam perolehan keturunan yang banyak mengundang pro dankontra. Bs didefinisikan pula sbg keadaan sosial dimana tdk adapemerintah/goverment authority. Pro: membunuh ulat ttt.gen asing bisa berpindah ke tanaman liar mis pd penyerbukan silang oleh angin/serangga. kematian ketua DPRD Sumut akibat unjuk rasa anarkis yg berkaitan dgpemekaran propinsi Tapanuli • Adapun etika demokrasi adlh sbb: etika berpendapat dg azas praduga tak bersalah.

untuk membedakan mrk dr para amatir. • Kesimpulan: Kloning boleh dilakukan pada hewan selama tidak menyiksa hewan danmemperlakukan hewan dengan baik 32. limbah nuklir yg dikelola dg baik tdk mencemari udara dan lingkungan sekitar. dikelola. Tongkat uranium ini akan meleleh dan dg mudah akan menyebar menembus segalasesuatu yg ia lalui. MSc. yg otomatis akan menyebarkan radiasi dan suhu panas yg membahayakan umatmanusia. Sedangkan profesionalisme dpt dijelaskan sbgsuatu karakter/ semangat/ metode yg mengikuti kaidah/norma2 profesi yg berlaku. Kloning theurapeutik dinilailebih aman daripada donor organ meskipun dari keluarga sendiri. Apa yg dimaksud dg kompetensi.munculnya efek meltdown-dmn proses pendinginan tongkat uranium (yg mrpk bahan mentah dari reaksinuklir) terganggu/tdk berhasil. Aspek etik penggunaan senjata nuklir: • Penggunaan yg menyimpang adlh untuk memusnahkan makhlum hidup yg jelas2 tdk etis. sehingga tongkat uranium akan mengalami peningkatan suhu yg dptmencapai 2800 o C. Profesionalisme hrsditunjukkan oleh para profesional.Dr. kompetensi merupakan salah 1 ciri dr seorang dokter yg profesional. Kompetensi dibangun . emosi dan nilai2 yg dianut harusmengutamakan kepentingan pasien dan komunitas yg dilayani. & diawasi dg ketat). • Keuntungan: menggantikan kekurangan sumber energi dunia yg slm ini menggunakan minyak danbatu bara. Pdhlsesungguhnya bila dimanfaatkan dg benar. keterampilan. dan apa hubungannya dg profesionalisme dokter? • Yg dimaksud dg kompetensi (lihat penjelasan no26).Pihak lain tidak dapatmencegah tindakan ini karena para penderita penyakit kronis berhak untuk mendapatkan kualitas hidupyang lebih baik. Individu hasil kloning tersebut diambil organnya untuk mengganti organ yang rusak padapelaku kloning. Justice: Kloning theurapeutik memerlukan biaya yang sangat besar sehinggapemanfaatannya hanya bisa dilakukan oleh orang dengan kemampuan finansial yang cukup. energi. SpFK 33. Beneficence: Organ yang dihasilkan dari kloning theurapeutik tidak akanmenimbulkan penolakan sistem imun jika diberikan pada pelaku kloning. nuklir dpt dimanfaatkan dlm kehidupan kedokteran. Nonmalficence: Timbul isu bahwakloning theurapeutik akan dikembangkan sebagaimana kloning reproduksi yakni dengan membentukindividu baru. seperti penjualan ginjal secarailegal yang marak terjadi.Pengembangan Kt dapat menjadi solusi atas jual beli organ tubuh ilegal.dan industri (asalkan limbah diolah. • Dlm dunia kedokteran. kemampuan berpikir kritis. msh terbatasnya jmllh tempat pembuangan limbah nuklirDR. Tindakan ini dinilai tidak manusiawi karena hidup seseorang sengaja dikorbankan demikehidupan orang lain. Dmnkemampuan komunikasi. penggunaanenergi nuklir menggunakan bahan mentah lbh sedikit drpd penggunaan bahan mentah yg digunakan pdenergi yg berasal dr minyak tanah • Kerugian: penggunaan energi nuklir menghasilkan radiasi yg membahayakan umat manusia.Purwantyastuti.

dokter mampu melakukan pekerjaan dan berperan sesuai dg yg diharapkan pasien.Dr. aksiologi (berguna/tdk berguna).34. pembenaran.Dr. sifat aktual.. nilai spiritual (nilai ketuhanan.35. Ruang lingkupnya adlh: (1)Etik – berkaitandg penalaran. tentang baik/buruk. Jelaskan karakteristik dokter yg profesional! • Berkompeten – melakukan profesinya sesuai dg latar blkg pengetahuan (knowledge). Diharapkan bahwa antar temanseprofesi dpt saling bekerjasama & saling menghargai demi kepentingan pasien. Berkompeten (competence) berbeda dg mampu (capable).. Norma2 etikadlh: kaidah pribadi. Buatlah ilustrasi yg menunjukkan bhw ilmu kedokteran sarat dg nilai • Ilmu kedokteran sarat dg nilai yg tdd dr: nilai etika (baik dan buruk).. dan moral.Daldyono. Sedangkan pdcompetence. sanksi dpt dipaksakan39. dan perilakunya (attitudes). sedangkan dokter dianggap competence 36. berikut dg ruang lingkupnya? • Medikolegal adlh aspek2 medis yg berkaitan dg hukum. dlm btk kode. Beri contoh collegiality dlm profesionalisme yg tdk mengganggu altruizm! • Seorang SpJP merujuk pasien CHF dg sirosis hati ke SpPD untuk mengobati sirosisnya • Kerjasama para dokter dalam tim untuk mengobati seorang pasien dg multiple disesaseProf. dimana kepentingan pasien dan masy diutamakan • Collegiality – adalah sopan santun antara teman seprofesi. nilai logika (benar/salah).Yuli dkk38. bgmn memperlakukan masysesuai dg aturan yg ditentukan oleh profesi • Altruism – rasa pengabdian diri pada pasien.berdasarkanketerampilan klinis dasar.ninggalin kasa di dalam perutpost-sc) telaah dari 4 sisi nilai tsb. Apa persamaan dan perbedaan dari Ponari dan dokter? (Jawab max 3 kalimat) • Ponari adlh nama seorang anak kecil di jawa timur. • Accountability – dpt dipercaya bahwa yg dilakukan dpt dilihat bahwa sesuai dg standart yg berlaku • Ethics – segala tindakan yg diambil memiliki nilai moral bagi dirinya. ilmu pengetahuan. Contoh: pdkasus ibu yg ingin menggugurkan kandungannya. Pd capable. Kemampuan ini ddpt stlh Ponari tersambar petir. sifat ideal. peraturan per-UU-an. dibuat masy. dan konflik moral diri pribadi dalam membuat keputusan etis. Batu inilah yg diyakini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan/ • Persamaan: sama2 diakui masyarakat sbg penyembuh (capable) • Perbedaan: ponari dianggap capable. dibuatpenguasa.dokter mampu melakukan semua pekerjaan dg baik & benar (personal capability). keahlian(skill). Norma2 hukum adlh: kaidah antar-pribadi. Apa yg dimaksud dg medikolegal..DR. ttg benar/salah.ngemengnya nanti aja wkt ujian yaaa. SpPD37. yg sebaiknya dikembangkan terusmenerus.nilai yg sesuai dg ajaran agama). lalu mendapatsebuah batu di atas kepalanya. Apa yg dimaksud dg IP? • . kasus2 malpraktek (mis. sanksi moral (2)Disiplin – berkaitan dg konflik antara individu dg klmpknya (3)Hukum – berkaitan dg konflik antara individu dgmasyarakat atau dg peraturan atau dg individu lain. yg diakui masy punya kemampuan untukmenyembuhkan segala bentuk penyakit.

diagnosis-mjelaskan perihal penyakitnya. Untuk dpt menganalisa suatu penelitia(keuntungan. Karena itu perlu diciptakan rancangan penelitian ygmatang. • Kerlinger (1973) melihat fungsi IP dari segi lain. Pengetahuan mrpk kumpulan pengalaman. mengendalikan cuaca.Hipotesa sendiri mrpk suatu pernyataan yg dibentuk berdasarkan landasan teori2. Pengetahuan mrpk segalanya yg kita ketahui ttg objek ttt. fakta. 40. • IP bukanlah segalanya. agar dpt meminimalisasi kerugian yg ditimbulkan. mengendalikan bbg macam penyakit). namun terjatuh dr bed.mengatur musim hujan. kerugian.sementara di sisi lain dpt memberi dampak negatif. menjelaskan (explaining).Bla3. dg melibatkan pasien scr aktif sbg partner kerja. perawat sibuk mempersiapkan alat EKG di r. dan aspek2 lain(. serta kesejahteraan bagi umat manusia. jdilmu mrpk bag dr pengetahuan.Si pasien yg udah ditaruh di atas bed dg selang oksigen.Penelitian sendiri memiliki 2 sisi yg berbeda. dan menjaganya pd alur dan arah yg diinginkan. Di satu sisi penelitian dpt memberi dampak positif. mengendalikan fenomenaalam (controlling). kenikmatan. pd setiap fase penelitian.lab. Ini mrpk program dari WHO yang bertujuan untuk meningkatkankeselamatan pasien di seluruh dunia. dilaporkan sbg apa? KTD (kejadian tdkdiharapkan/adverse event) • Apkh kejadian tsb bs dinyatakan sbg medical error? Tidak. yi dg mjelaskan fungsi dantujuan IP. Bgmn cara menganalisa keuntungan dan kerugian suatu penelitian? • Penelitian mrpk cara yg ditempuh untuk dapat membuktikan landasan suatu hipotesa yg dibuat. Seorang laki2 berumur 54 th dibawa ke UGD RS kab X oleh istrinya dg nyeri dada sejak 30 mnt yl. dan pemikiran. Adapun fungsi dr IP adalah meningkatkan kehidupan manusia & tujuan IP adlh memperbaikiderajat hidup manusia. diperlukan adanya suatu komite independen penelitian ygdimiliki oleh semua bid IP.41. Adapun arti dr IP itu sendiri mnrt Sutrisno Hadi adlh kumpulanpengalaman dan pengetahuan dr sjmlh org yg dipadukan scr harmonis & teratur.intinya si istri repot urus admin. ingin mencari istrinya. mencegahnya dari menciptakan kerugian2 yg tdkdiinginkan. terapi-usaha mengendalikan penyakit. tergantung pdlingkungan dimana manusia berada. • Jika tnyt pasien itu tdk cedera serius dan msh hidup. tmsk ilmu ddlmnya.lain.Sesungguhnya sulit untuk merumuskan definisi dr IP krn sifatnya yg dinamis. IP tidak selalu berhasil mengendalikan fenomena alam sesuai dg kemauanmanusia (mis. dan tergantung dari sejarah kehidupan manusia sendiri ygberbeda2. dll. Perumusan IP diusulkan agar lebih didasarkan pd pdkt lngs. Cth dlm bid kedokteran adalah: pengamatan-bdsrkan hasil PF.shg tujuan dasar IP yaitu: mengamati (observation). krn cidera yg dialami pasien tdkberhubungan dg asuhan medik • . Bgmn konsep patient for patient safety (PFPS)? • PFPS menitikberatkan pada peran sentral pasien dan konsumen untuk meningkatkan kualitas dankeamanan di bidang kesehatan.anatomi adalah objek material kedokteran) dan objek formal (metode untukmempelajari anatomi). Rumusan ini blmmemuaskan. & meramal (predicting). dan prognosismeramal perkembangan pasien pasca pengobatan. dokter jaga sibuk konsul. terutama dr sudut fenomena alam sbg sumber IP. sedangkan ilmu tdd objek material (mis. Komite ini memiliki hak-hakistimewa untuk emngontrol suatu penelitian. yg membawahi ilmu pengetahuannya masing2. Dptdisimpulkan bahwa sifat IP yg dinamis dan sulit didefinisikan sebenarnya mengandung fungsi & tjuanuntuk memberikan manfaat.. Pengetahuan tidak sama dengan ilmu.42.

Mulai zaman renaisans (sekitar 1800 dan sesudahnya) menghasilkan ilmu-ilmu yang kebanyakan sekarang. Ilmu-ilmu empiris formal 3. yaitu logika. Lalu itu hanya mungkin kalau komprehensi perkataan-perkataannya kecil sekali. Teori-teori tentang pembagian ilmu-ilmu. kedokteran dan logika lebih dipandang sebagai seni atau keahlian. tidak lagi termasuk bidang ilmu pengetahuan sendiri. isi (komprehensi) suatu kata atau kalimat menjadi sangat kecil kalau luasnya (ekstensi) kata atau kalimat itu sangat besar. ilmu hayati. melainkan merupakan suatu cabang dari filsafat.Bgmn mencegah kejadian spt itu? Pemasangan tali bed pd tmpt tidur. dan sebaliknya. ilmu pesawat dan kedokteran. Seperti sosiologi. psikologi dan psikoanalisis yang masih muda. ilmu pasti. Misalkan sejarah. perbedaan filsafat dan ilmu pengetahuan sangatlah kecil. pasien meninggal tnp ada yg tahu KRITIKILMU-ILMU Pada awalnya. Artinya. Metafisika umum hanya berbicara tentang segala sesuatu sejauh itu "ada". hanya diberikan fakta-fakta dan tidak pernah dicapai suatu kepastian bahwa fakta ini benar. logika. Ilmu-ilmu hermeneutis :Matematika. Pada zaman Yunani kuno hanya dibedakan empat ilmu. dll :Sejarah. Metafisika umum (ontologi) berbicara tentang segala sesuatu sekaligus. METAFISIKA UMUM Dalam logika diajarkan suatu prinsip yang mengajarkan: "makin besar ekstensi suatu istilah atau pernyataan.tentang metode ilmu-ilmu. Orang lain mengatakan bahwa ilmu-ilmu empiris formal memang selalu bersifat hipotesis sehingga antara ilmu-ilmu empiris formal dan ilmu-ilmu hermeneutis tidak begitu penting. Bahkan. tentang dasar kepastian dan tentang jenis-jenis keterangan yang diberikan. dll Beberapa orang mengatakan bahwa ilmu hermeneutis tidak ilmiah karena disini tidak dicapai kepastian. disini tidak diterangkan sesuatu melainkan hanya dimengerti sesuatu. Nah. "Adanya" segala sesuatu merupakan suatu segi dari kenyataan yang mengatasi semua perbedaan antara benda-benda dan . dll :Ilmu alam. hal apa lagi yg berpotensi membahayakan keselamatan pasien? Keterlambatanpenanganan pasien shg kondisi memburuk. Ilmu dibagi menjadi tiga kelompok : 1. pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang termasuk kritik ilmu-ilmu. Dan ada yang lebih muda lagi seperti ilmu ekologi (ilmu keseimbangan lingkungan hidup). Ilmu-ilmu formal 2. menambah jmlh perawat shgpasien tdk dibiarkan sendirian • Selain jatuh. makin kecil komprehensi istilah atau pernyataan itu". ekonomi.

Namun. tentu saja tidak banyak. tumbuhtumbuhan. sejauh mereka ada. agnostisisme.menarik karena disini ditemukan kemungkinan untuk menterjemahkan istilah-istilah pokok dari agama-agama dalam istilah-istilah falsafi. panteisme. dari satu pihak. karena akal budi adalah milik umum. lepas dari wahyu. antara jenis-jenis dan individu-individu. dan orang merupakan suatu "pengada".'bukan'. sehingga tidak ada perbedaan antara Pencipta dan ciptaannya Teisme mengajarkan bahwa Allah itu ada. Oleh karena itu.makhluk-makhluk hidup. Sekarang. jenis ontologi ini juga dikritik karena Allah sebagai "Mengada" manusia tidak dapat berlutut. theos 'Allah') mengajarkan bahwa seluruh kosmos sama dengan Allah. dialog ini lebih bersifat dialog dengan ateisme. Jenis ontologi ini. Yang dapat dikatakan tentang Allah. dan kepada Letting-be ia tidak dapat berdoa. gnosis 'pengetahuan') mengajarkan bahwa tidak dapat diketahui apakah Allah itu ada atau tidak. dan kosmologi. ANTROPOLOGI . disebut ontologi. Teologi metafisik sekarang ini masih tetap merupakan usaha untuk menciptakan ruang dialog antara iman dan akal budi. Jenis kepercayaan ontologi ada empat: Ateisme (Yunani: a. Teologi metafisik berhubungan erat dengan ontologi.'bukan'. Kata Yunani untuk "pengada" adalah on (genetif: ontos). ada perbedaan antara Allah dan ciptaannya Metafisika umum merupakan cabang yang sangat problematis pada saat sekarang. dan ateisme. Semua benda. Banyak filsuf yang mengatakan bahwa cabang ini tidak mungkin karena manusia sudah melewati batas-batas kemungkinan akal budinya. Teologi metafisik hanya menghasilkan suatu kepercayaan yang sangat sederhana dan abstrak. Jawaban-jawaban yang diberikan atau pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan dalam ontologi mengungkapkan suatu kepercayaan. yang sedikit ini sangatlah berguna dalam dialog dengan agama. Orang lain yang berpendapat berbeda tentang Allah tidak akan menerima argumenargumen yang berasal dari teologi yang terikat pada "wahyu" khusus. sehingga pertanyaan tentang Allah selalu terbuka Panteisme (Yunani: pan 'segala sesuatu'. theos 'Allah') mengajarkan bahwa Allah itu tidak ada dan manusia sendirian dalam kosmos Agnostisisme (Yunani: a. lepas dari agama. Dari lain pihak. lepas dari agama. TEOLOGI METAFISIK Metafisika khusus terdiri dari teologimetafisik. binatang. antropologi. Pengetahuan tentang pengada-pengada. tetapi mereka akan menerima argumen-argumen yang berdasarkan akal budi. Dalam teologi metafisik diselidiki apa yang dapat dikatakan tentang adanya Allah.

Sejak zaman renaisans manusia dipandang sebagai pusat sejarah. Akan tetapi kata ini yang begitu mudah digunakan dan terlihat sederhana untuk dipahami.Setiap filsafat mengandung secara eksplisit atau implisit suatu pandangan tentang manusia. kegembiraan dan penderitaan. Semua dimensi ini. pertanyaan "Siapakah manusia?" merupakan pertanyaan satusatunya dari filsafat. Sekitar tahun 1500 manusia betul-betul menjadi titik pusat dari filsafat. sesama dan tujuan hidup. pusat kehendak. tentang hubungannya dengan dunia. berkumpul dalam satu kata. semua pikiran dan kegiatan manusiawi. Manusia adalah sekaligus materi dan hidup. Terlihat dalam seni dan dalam berbagai ilmu yang lahir sejak zaman renaisans.kebebasan. tentang tempatnya dalam kosmos. Kata "aku" dipakai sebagai titik simpul dari banyak hal sekaligus. harapan dan keputusasaan. Menurut Immanuel Kant. Dibelakang kata "aku" terdapat suatu pribadi dan penuh relasi-relasi sejarah. Manusia hidup dalam banyak dimensi sekaligus. pusat pemikiran. yaitu "aku". dan dunia. badan dan jiwa. dengan sesama. suatu pandangan tentang dunia. . tetapi tidak dapat hidup lepas dari orang lain. Semua pertanyaan lain dapat dikembalikan kepada pertanyaan ini. Manusia merupakan seorang individu. manusia mempunyai kehendak dan pengertian.

Perserikatan Bangsabangsa(PBB) pada 10 Desember 1984 disebut sebagai kejadian etis paling penting dalam abad ke-20. danmerupakan pernyataan pertama yang diterima secara global karena diakui oleh semua anggotaPBB. bukan hny menyangkut . Hantaman gelombang modernisasi. Modernisasi terus terjadi. iv.

Ada banyakcara berpikir yang berkembang. pluralisme religius serta cara berpikir dan pendidikan modern yangtelah banyak mengubah . sekularisme.kecanggihanteknologi. individualisme. konsumerisme.materialisme. nasionalisme. seperti rasionalisme. melainkan juga dalam hal cara berpikir yang telah berubah secara radikal.

v. Tawaran berbagi ideologi. dan tidak tahu harus berbuat atau memilih apa. Proses perubahan sosial budaya dan moral yang terus terjadi. sosial dan rohani masyarakat kita. tidakjarang telah membawa kebingungan bagi banyak orang atau kelompok orang. Banyak orangmerasa kehilangan pegangan. Situasi seperti initidak jarang dimanfaatkan .lingkungan budaya.

oleh berbagai pihak untuk menawarkan ideologiideologi merekasebagai jawaban atas kebingungan tadi. dan tidak mudah terpancingoleh berbagai alsan yang tidak mendasar. . vi. Disini etika dapat membantu orang untuk sanggupmenghadapi secara kritis dan objektif berbagai ideologi yang muncul.

Tantangan bagi agamawan. Etika juga diperlukan oleh para agamawanuntuk tidak menutup diriterhadap persoalan-persoalan praktis kehidupan umat manusia. Di satu pihak agama menemukandasar kemantapan mereka dalam iman kepercayaan mereka. namun sekaligus diharapkan jugamau berpartisipasi tanpa takut-takut dan menutup diri dalam semua dimensi .

Walau etika tidak adapatmenggantikan agama. dan bahwa agamamemerlukan etika • Dari semua yang dikemukakan diatas. tradisimenduduki tempat .kehidupanmasyarakat yang sedang mengalami perubahan hampir di segala bidang. dapat dikatakan bahwa di masa pra-modern. namun etika tidaklah bertentangan dengan agama.

di mana orang masih membangun naratifnaratif. Kini“tradisi” dipertanyakan. Meski demikian.Zaman sekarang dapat disebut post-traditional society. tetapi tidak demikian halnya sekarang. menjadi satu-satunya acuan. tradisi tidaklah hilang. diragukan.dan kehidupaan mereka tidak mengalami fragmentasi sebagaimana .utama. dan mungkin juga dibuang.

3. penemu geometrianalitik. penemu cara berpikir rasionalistis hingga disebut "Bapak Filsafat Modern". Ia lahir di . pengarang. • Mengapa Descartes disebut sbg bapak filsafat modern? Rene Descartes (1596-1650) adalah ahli filsafat dan matematika Perancis.dibayangkan oleh orangorangpengagum postmodernisme.

La Haye. Swedia. pada tanggal 1 Febuari 1650.Touraine. Ia juga dikenal sebagai Cartesius dan karyanya yang terpenting ialah Discours de laméthode (1637) danMeditationes de prima Philosophia (1641). pada tanggal 31 Maret 1596 dan meninggal di Stockholm. Prancis. • .

bahkan adanyadirinya.”Benarkah Tuhan ada? Benarkah dunia . Ia meragukan segalanya. adanya Tuhan. kecuali kenyataan bahwa seseorang bisa berpikir.Pemikirannya membuat sebuah revolusi falsafi di Eropa karena pendapatnya yang revolusioner bahwasemuanya tidak ada yang pasti. Ia meragukan adanya dunia. Descartes mulaiberpikir keras.

Karena sayaada. Karena saya berfikir. maka saya berpikir.ada? Benarkah badanku ada?” Akhinya ia sampai padakesimpulan ini.” Ucapan Descartes yang jadi masyhur adalah dalam bahasalatin “Cogito. “Karena saya ragu. ergo sum” dalam bahasa Perancis “Je pense donc je . maka Tuhan ada dan orng lain pun ada. maka saya ada.

• Arti penting pemikiran Descartes terletak pada sumbangannya dalam memberikan arah yang pastikepada pemikir modern . Aliran filsafat yang langsung berasal dari Descartes .suis” yang artinya :Saya berpikir. makasaya ada.

Oleh krn itulah Descartes dikenal sebagai bapak . Penentu kebenaran bukan lagi agama atau dogma.ialah rasionalime yangmementingkan akal dan memang masyarakat modern menempatkan akal (rasio) manusia sebagaipenentu kebenaran. Masyarakat modern jugamenjadikan agama sebagai urusan privat belaka.

coba terangkan! • Sains tdk prnh selesai sebab timbul dr keingintahuan manusia untuk mecari kebenaran.filsafatmodern. Kebenaranyg dicari ini membuat manusia mengembangkan sains.4. Akan tetapi kebenaran yg dicapai manusia akanmelulu bersifat tdk asolut krn kebenaran absolut hny dtg dr Tuhan. Kebenaran yg dapat . Sains itu tdk pernah selesai.

Dikatakan bahwa metode eksperimental dan ilmiah tdk esensial dalam memperoleh pengetahuanmetafisik. Terangkan mengapa demikian! • Metode eksperimental dan ilmiah tidak esensial dalam . mksdnya bila saat ini dianggap benar. belum tentu dikemudian hari akan tetap benar.5.ditemukanmanusia adlh kebenaran yg bersifat relatif.

memperoleh pengetahuan metafisika krnmetafisika adalah penyelidik hakikat segala sesuatu dr alam nyata dg tdk terbatas pd apa yg dptditangkap oleh panca indera saja. Ini mrpk bag ilmu dr filsafat yg memusatkan perhatiannya pdpertanyaan mengenai alam terdalam yg mendasari adanya kita. Ada 2 objek metafisika: (1) yg ada sbgyg ada .

• Metode eksperimental dan ilmiah hanya dapat digunakan pada hal2 yg dpt dijelaskan olehmanusia. tdk dptditangkap oleh panca indera. sesuatu yg dpt ditangkap oleh panca indera (2) yg Ilahi  hny Tuhan yg sungguh2 ada. Sedangkan . yg dpt ditangkap oleh panca indera manusia.

399 SM) adalah filsuf .6. Oleh karena itu metodeeksperimental dan ilmiah tdk esensial dalam memperoleh pengetahuan metafisika. Sǒcratēs) (470 SM .ilmu metafisika mempelajari hal2 ygdpt ditangkap maupun tdk dpt ditangkap oleh panca indera manusia. Terangkan apa yg saudara ketahui mengenai Socrates! • Socrates (Yunani: Σωκράτης.

danmerupakan generasi pertama dari tiga ahli filsafat besar dari Yunani. Plato danAristoteles. dan Plato pada gilirannya juga mengajar Aristoteles.dari Athena. Yunani danmerupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Socrates adalah yang mengajar Plato. Socrates lahir di Athena. • . yaitu Socrates.

Yang palingterkenal diantaranya adalah Socrates dalam dialog Plato dimana . filsafat Socrates mengandung pertanyaan karena Socrates sediri tidak pernahdiketahui menuliskan buah pikirannya. Xenophone (430-357) SM.Secara historis. Apa yang dikenal sebagai pemikiran Socrates pada dasarnyaadalah berasal dari catatan oleh Plato. dan siswa-siswa lainnya.

Nama Platosendiri hanya muncul tiga kali dalam karyakaryanya sendiri yaitu dua kali dalam Apologi dan sekalidalam Phaedrus[3] • .Plato selalu menggunakan namagurunya itu sebagai tokoh utama karyanya sehingga sangat sulit memisahkan mana gagasan Socratesyang sesungguhnya dan mana gagasan Plato yang disampaikan melalui mulut Sorates.

Dia melakukan ini pada awalnyadidasari satu motif religius untuk membenarkan suara gaib yang didengar seorang kawannya dari OracleDelphi yang mengatakan bahwa tidak ada orang yang lebih . tanpa alas kaki danberkelilingi mendatangi masyarakat Athenaberdiskusi soal filsafat.Socrates dikenal sebagai seorang yang tidak tampan. berpakaian sederhana.

Merasa diri tidak bijak diaberkeliling membuktikan kekeliruan suara tersebut. dia datangi satu demi satu orang-orang yangdianggap bijak oleh masyarakat pada saat itu dan dia ajak diskusi tentang berbagai masalahkebijaksanaan.bijak dari Socrates. Metode berfilsafatnya inilah yang dia sebut sebagai metode kebidanan. Dia memakaianalogi seorang .

Pada . Dia selalu mengejar definisiabsolut tentang satu masalah kepada orang-orang yang dianggapnya bijak tersebut meskipun kerap kaliorang yang diberi pertanyaan gagal melahirkan definisi tersebut.bidan yang membantu kelahiran seorang bayi dengan caranya berfilsafat yangmembantu lahirnya pengetahuan melalui diskusi panjang dan mendalam.

akhirnya Socrates membenarkansuara gaib tersebut berdasar satu pengertian bahwa dirinya adalah yang paling bijak karena dirinya tahubahwa dia tidak bijaksana sedangkan mereka yang merasa bijak pada dasarnya adalah tidak bijak karenamereka tidak tahu kalau mereka tidak bijaksana. • .

Rasa sakit hati inilah yang nantinyaakan berujung pada kematian Sokrates melalui peradilan dengan tuduhan .Cara berfilsatnya inilah yang memunculkan rasa sakit hati terhadap Sokrates karena setelahpenyelidikan itu maka akan tampak bahwa mereka yang dianggap bijak oleh masyarakat ternyata tidakmengetahui apa yang sesungguhnya mereka duga mereka ketahui.

resmi merusak generasi muda.sebuah tuduhan yang sebenarnya dengan gampang dipatahkan melalui pembelaannya sebagaimanatertulis dalam Apologi karya Plato. Socrates pada akhirnya wafat pada usia tujuh puluh tahun dengancara meminum racun sebagaimana keputusan yang diterimanya dari pengadilan dengan hasil voting 280mendukung .

hukuman matidan 220 menolaknya. Sedangkan mnrtBeerling (1954) manusia adalah penanya yg radikal & teliti. 7. shg seringkali timbul berbagai pertanyaan(kebebasan . • Terangkan perbedaan antara IP dan filsafat! Filsafat mnrt Beekman (1973) adlh melihat dg penuh minat & penuh perhatian.

8.bertanya). Terangkan yg saudara ketahui mengenai metafisika! .Beerling jg menyatakan bahwa filsof bukan asal bertanya. Namun pada kenyataannya. Dari situlah timbul suatu kegelisahan berpikir. tdk semua kenyataan atau semua yg dialamimendapatkan jawabannya (dr tradisi? Atau kepercayaan?).

Ini mrpk bag ilmu dr filsafat yg memusatkan perhatiannya pdpertanyaan mengenai alam terdalam yg mendasari adanya kita. tambahan ada di kumpulan diktat • Metafisika adalah penyelidik hakikat segala sesuatu dr alam nyata dg tdk terbatas pd apa yg dptditangkap oleh panca indera saja. Ada 2 objek .

metafisika: (1) yg ada sbgyg ada  sesuatu yg dpt ditangkap oleh panca indera (2) yg Ilahi  hny Tuhan yg sungguh2 ada. pdhl hal . • Zaman skrg bnyk org menganggap bahwa metafisika berhubungan dg hal2 yg ghoib. tdk dptditangkap oleh panca indera.

yg sekiranya dpt memantapkan kitabahwa ilmu metafisika bukanlah ilmu Ghoib. Berikut pandangan dr bbrp filsuf mengenai metafisika. Aristoteles: Metafisika adalah cabang filsafat yang mengkaji yang-ada sebagai yang-ada ii. i. Anton Bakker: Metafisika adalah cabang filsafat yang .itutdk benar.

menyelidiki dan menggelar gambaran umumtentang struktur realitas yang berlaku mutlak dan umum iii. Frederick Sontag: Metafisika adalah filsafat pokok yang menelaah ‘prinsip pertama’ ( the first principle ) iv. Van Peursen: Metafisika adalah bagian filsafat yang memusatkan perhatiannya .

Michael J. Loux: Metafisika adalah ilmu tentang kategori (Siswanto.kepada pertanyaanmengenai akar terdalam yang mendasari segala yang-ada v. 2004:7). (a)Bab brp yg menarik untuk dibaca? (b)Uraikan scr singkat . 9. terdapat 14 bab. Dalam buku Filsafat Kedokteran yg wajib dibaca.

” (a)Terangkanmskd .peny tdd bnyk sindrom klinis yg hny dpt didefinisikanoleh angka2 klinis para pasien.mengenai bab yg saudara baca (c)Apa kesimpulannya?  ada di kumpulan soal210. Dalam bab klasifikasi penyakit tdp pernyataan “Klasif. krn kita hapir tdk mengetahui mekanisme yg mendasarinya.

pernyataan di atas dr sudut science (b)Dari sudut metafisika ataupun ontologi. Para dokter telah mempelajarijutaan manusia . apa sebenarnya mslhklasif.peny itu? • A) Para dokter yang mengamati dan menfengarkan keluhan2 pasien mereka hanya dapatmengklasifikasikan pasien mereka menurut gambaran klinis yang ada.

makasuatu penyakit tsb dpt diklasifikasikan. Karena adanya kemiripan dari gambaran / angka klinis pasien. dan bbrptaksonomikus yg bersemangat spt Linnaeus dan Sauvages. tipus.yg sakit dan tidak ada dua dari org2 ini yang sama sekali identik dalam hal gambaranklinis dan mekanisme yg mendasari. diabetes. bahkan . cacar. Diagnosis spt edem.

percaya bahwa mungkinlah untukmembedakan di antara genus dan spesies penyakit tsb dgn cara yg sama sebagaimana mrkmembedakan tumbuhan dan hewan. • B) Masalah klasifikasi penyakit dari sudut metafisika/ontologis adalah kurangnya definisi2 klinis ygeksplisit. Para dokter yg . rekaman pengalaman klinis yang tidak diteliti.

akan mungkinlahuntukmenyataka n prognosisnya dalam istilah probabilistik yg seksama. Terdapat kebutuhan besar untukmenerima secara umum definisi kerja sindrom2 klinis.telah mengobati ribuan pasien ygdikatakan menderita penyakit SLE. tetapi dgn mengambil pandangan yg lbh jauh. kitajuga harus . dan jika penyakit itu tlh didefinisikan dgn jelas.

berharap bahwa suatu hari kelak kita akan mengetahuo mekanisme2 yg menghasilkansimtom2 dan tanda2 yg teramati shg akan terbukti bahwa mungkinlah untuk mendefinisikan kembalientitas2 penyakit itu11. tetapi jg suatu disiplin praktis. (a)Jelaskan apa ygdmksd Khun! (b)Berikan 1 pengalaman . Khun mengatakan bahwa kedokteran tdk hny ilmiah.

praktek Anda yg berkesan (3)Apa yg dpt saudara jelaskan mengenaiparadigma yg diajarkan Khun dlm usaha Anda menolong pasien? • Mksdnya: bahwa kedokteran adalah sesuatu yg seharusnya dpt dipraktekkan dlm kedokteran klinissehari2 (disiplin praktis). yg hidup untuk pekerjaannya . Contoh ada seorang dokter yg sangat ahli.

Namun tnyt saatberhubungan dg pasien. pasien tdk mengerti apa yg ia utarakan misalnya krn penggunaan bhs yg terlalutinggi atau menjelaskan sesuatu dg cara yg terlalu ilmiah.danmenghabiskan waktu bertahun2 u belajar dan berdiskusi bersama koleganya. Seorang dokter memiliki kecenderungan untukbersikap demikian krn .

Pdhl pasien akan lebih senang dan lbh mudahmengerti bila bhs yg digunakan adalah bahasa yg sederhana & sesungguhnya keingintahuan mrksederhana. mrk ingin tahu faktor2 dlm kehidupan sehari2 yg menyebabkan timbulnya sakit dlm diri .memang sdh didokrin untuk melihat penyakit sbg suatu kesalahan mekanis tubuhyg hrs dijelaskan dg detail agar dpt mengerti sungguh.

. dan cara mencegahnya agar tdk terjadi lagi. dmn dokter menjelaskan panjang lbr mengenai kuman penyebab diaredan patofisiologinya.DR. • Pertanyaan no 2 dan 3 jawab sendiri yaaaSoal Prof.mrk. caramenyembuhkan.Contoh ada pasien dtg dg diare. Pdhl seorang pasien hny ingin mengetahui dari mana asal kuman.Oetoeng Soeradi12.

Jelaskan apa yg dimaksud dengan “mencari kebenaran dlm ilmu pengetahuan” dg menggunakan metodeilmiah! • Manusia dibekali kemampuan berpikir dan hasrat ingin tau.Manusia berusaha mencari . Oki manusia berusaha menjawab hal2yg menjadi pertanyaan bagi dirinya. hal inilah yg merupakan cikal bakal munculnya pengetahuan.

yakni metode ilmiah dg metode non-ilmiah. & teori tsb berkembang dr . • Dmn pendekatan ilmiah menuntut dilakukannya langkah2 ttt agar dpt dicapai pengetahuan ygbenar.pengetahuan yang benar (atau singkatnya disebut dg kebenaran). Pengetahuan yg diperoleh dg cara ini diperoleh mell penelitian ilmiah dan dibangun di atas teorittt. dg 2metode.

dan perasaan.bdasarkan data empiris. bias. • Teori tsb dpt diuji. artinya kalau ada yg ingin meneliti ulang dg kondisi yg sama. akan diperolehhasil yg sama atau hampir sama. • Pendekatan ilmiah tdk diwarnai oleh keyakinan pribadi. .penelitian ilmiah yg sistematik terkontrol (menggunakan metode ilmiah).

Dan krn kebenarannya dpt diuji oleh siapapun.Cara pengambilankesimpulannya dilakukan scr objektif.peneliti hrs bersikap jujur. • Adapun tahap dlm metode ilmiah tsb adlh sbb: observasi  perumusan mslh  . bukan subjektif. jika tidak akan berisiko tinggi.

membuat hipotesis   menguji hipotesis membuat teori dr hsl uji hipotesis td13. Jelaskan apa kaitannya antara “keterbatasan ilmu pengetahuan” dengan metode ilmiah! • Sulit untuk mebatasi IP krn selalu berubah sesuai dengan kemajuan IP. Namun ada cara untukmenentukan batas .

yakni dg menggunakan metode ilmiah.dr IP. Segala sesuatu yg dpt diterangkan dgmetode ilmiah. akan menjadi IP. Urutantindakan yg hrs dilakukan untuk menyelesaikan persoalan ilmiah yaitu: observasi   permasalahan penyusunan hipotesis . sebaliknya yg tdk dpt diterangkan bukan mrpk sebuah IP.

14. Berbagai jawaban yg muncul akan menimbulkan suatu bentuk pengetahuan. eksperimen  penyusunan teori. manusia terus-menenerus berusaha mencari jawaban dr pertanyaan2yg muncul. Namun . Apa hub antara fenomena IP dg scientific method? • Dalam kehidupan manusia.

15. . maka akan timbul berbagai pengetahuanbaru.krnpertanyaan itu muncul lagi stlh suatu pertanyaan terjawab. baca no 12. Ada 2 macam usaha manusia untuk mencari jawaban atas pertanyaan tsb. • Kalau mau menjelaskan lbh lanjut. yakni melaluipendekatan ilmiah (scientific method) atau pendekatan non-ilmiah.

.Dalam melaksanakan tesis magister klinik. apa yg akan saudara lakukan jika saudara menggunakan cara deduksi dan induksi baik pd proposal penelitian maupun pd penulisan hasil penelitian? Jelaskan. Tambahannya dg contoh aplikasi klinis aja. • Cth deduktif: premis mayor: semua wanita dewasa akan .. • Ngemengnya sama ky no 16.

si B memiliki 2 tangan. si C memiliki 2 tangan.mengalami haid. • Cth induktif (1)si A memiliki 2 tangan. premis minor: Ani danSiti adalah wanita dewasa. kesimpulan: Adi dan Siti akan mengalami haid. si D memiliki2 tangan  kesimpulannya: semua org memiliki 2 tangan (2)penisilin menekan .

penisilin menekan pneumokokus  kesimpulan: penisilin menekanpertumbuhan semua bakteri 16. Jelaskan bgmn hal ini kmdndpt dikaitkan dg scientific method! • .pertumbuhan strep. Suatu kebenaran diperoleh dg menggunakan silogisme deduksi dan induksi .penisilin menekan staphl.

Baru stlh bnyk pengalaman yg disertaidg dasar & fakta. dmn ada praduga yg diikuti dg pencarian fakta/bukti2empiris sbg bahan penunjang (awal . shg sering menyesatkan &menjauhkan dr kebenaran. org mulai berpikir scr hipotetik. krn tdk disertai dasar & fakta yg kuat. metode argumentasi hny didasarkan pd akal sehat saja.Pd awalnya.

pencarian kebenaranlbh didasarkan pd suatu keterpaduan jln pikiran scr deduksi dan induksi. shg terciptakan cara mencarikebenaran mell suatu penelitian (scientific method). Pd periode ini. • Sesungguhnya cara berpikir deduktif didasari oleh suatu silogisme. yi aturan berargumentasi ygsistematis .periode hipotesis & eksperimen).

yakni (1)premismayor=pernyataan awal yg dianggap bnr. Kesimpulan . maka silogismeakan diragukan pula kepastiannya sbg sumber IP.untuk memperoleh kesimpulan. Jika salah 1 dr premis ini diragukan kebenarannya. sbg dsr argumentasi (2)premis minor=merumuskan kebenaranmengenai subjek dan (3)kesimpulan. Dmn silogisme tdd 3 pernyataan.

yakni cara berpikir induktif.yg ditarik mell deduksi tdk mencerminkanhal2 yg baru & silogisme dianggap tdk menambah unsur2 baru ttg kebenaran  artinya silogisme tdkmrpk sumber sejati bagi IP. Francis Bacon (1561-1626) keberatan dg carapendekatan deduksi yg bertolak dr premis2 yg berasal dari bbg . • Ada 1 cara berpikir lain.

Hal ini menunjukkan bahwa . Dy mengajukan pemikiran induksi yg menekankan bhw peneliti hrsmemperhatikan sendiri peristiwa2 alam di sekitarnya sblm menganbil kesimpulan.sumber yg kebenarannya tdk sll dptdipertanggungjawabkan. Tetapi pdkenyataannya suatu pengamatan tdk mungkin dilakukan sendiri thd seluruh peristiwa alam yg terjadi.

Jd sebenarnya cara pemikiran deduksi dan induksi adalah saling melengkapi dan prosesperkawinan kedua pemikiran ini mempercepat laju IP (dimanakan reflecting thinking/scientific . • Sesungguhnya premis2 dlm deduksi berasal dr induksi.induksi pun tdk sll sempurna dan pasti. yi mell suatu proses pengamatan &pengalaman.

yg kmdn menjadi dasar metodologi penelitian. akanberlaku jg kebenarannya untuk klmpk ituD a r i u m u m k e . akan berlaku pula kebenarannyauntuk individu lainnya dalam klmpk itu.Apa yg benar bagi individu2 dlm 1 klmpk.D e d u k s i I n d u k s i Kumpu lan pernyataan yg benar untuk 1 individudlm 1 klmpk.thinking).

Bgmn IP pertama x timbul pd populasi manusia? • Perjalanan memperoleh IP yg sempurna mrpk .khusus Dari khusus ke u m u m Sarana matematika (sarana berpikir) Sarana statistik (cara berpikir)Perumusan hipotesis diambil dr teori sblmnya Mell eksperimen. observasim lalu diambilkesimpulannya17.

sepertikeinginan untuk mengendalikan fenomena alam agar dpt memperbaiki taraf hidupnya & menjelaskanpengalaman yg diperoleh kpd org lain. Hal ini didasarkan pada dorongan pd diri manusia untuk tetap survive.perjalanan yg amat panjang & memerlukan kerjakeras selama berabad2. Pengalaman2 tsb akan menjadi sumber pengetahuan yg bergunasbg .

Saat itu manusia sdh mulai hidup berkelompok dg kepala suku.langkah mendekati kebenaran. • Proses ini sdh dimulai sjk zaman purba. dimana manusia menganut prinsip kepercayaan animisme(kepercayaan thd makhluk halus & roh).yg menunjukkan adanya sharing pengalalam di dlm klmpk tsb. dg yg plg berpengalaman diangkat .

akhirnya bisa diketahui bahwa padi tdk baik ditanam di musim panas. ada yg ditanami tdk subur.sedangkat biji cabe tidak baik ditanam di musim hujan.Mrk juga . dg percobaan bbrp kali.sbgkepala suku. Kumpulan dr pengalaman ini menimbulkan IP.ada tanah yg ditanami   subur. Mis.berpindah dr 1 tmpt ke tmpt lain.

maupun alam kecil . baik alam besar (makro kosmos). dmn pd akhirnya manusia menyadari bahwa ada kelemahan &keberhasilan dr upacara2 sihir tsb. • Dapat dilihat bahwa IP berasal dari kekaguman manusia pd alam. yg merupakan titik awal yg melatarbelakangi adanya suatu alasanilmiah dibalik itu.melakukan upacara2 sihir.

manusia berusaha mendapat pengetahuan. prinsip berpikir ilmiah.18.(mikro kosmos). Prinsip berpikir scr ilmiah ini dpt menggunakan . dilanjutkan dg no 12. & relativitas kebenaran IP! • Jawaban no 17. Dari proses mencari jawaban itulah. Manusia sbg rational animal memiliki akal untuk berpikir doronganingin tau. Jelaskan hub antara asal-usul terbentuknya IP.

. tetap saja semakin bnykpertanyaan terjawab..(copy-paste no 16). Walaupun sudahsedemikian rupa usaha manusia untuk memahami segala hal yg terjadi di dunia.. Dari penjelasan di atas tampak bahwapendekatan deduksi dan induksi bersifat saling melengkapi dan tidak dpt dipisahkan. semakin bnyk pula . yaknipendekatan deduksi dan induksi dimana.2 cara..

Adapun tugas seorang dokter dalam IP adalah: . Karena menyadari bahwa filsafat mrpk sumber IP dan dokter mrpk pengemban IP ygdipercaya. yg dptkita sebut dg relativitas kebenaran IP. Apakah ilmu filsafat perlu u seorang dokter? • Perlu.pertanyaan untuk mencari kebenaran yg sesungguhnya. 19.

(1)Mendeskripsikan sesuatu yg sedang diteliti. Krn kadang hal2 yg dianggap sepele bisa menjadi sesuatu ygpenting (2)Menjelaskan kondisi yg mendasari suatu fenomena (suhu.sampai ke hal paling detil/paling sepele. dsb)(3)Menyusun teori2. cuaca.udara. tek. kadar. hukum2. dsb (4)Memprediksi (estimasi) (5)Mengendalikan • . pH.

yg artinya memiliki sebuah nilai. merusak alam. sptmengubah kodrat laki2 menjadi perempuan. Jangan gunakan IP untuk hal2 yg tdk baik.IP adlh kekuatan & kekuasaan.ataupun melakukan . dsb. merendahkan martabat manusia. Oki ilmuwan mempunyaitanggungjwb moril pd masyarakat dan Allah SWT.

• Penerapan bila pertanyaannya “Apakah filsafat ilmu perlu diberikan pada peserta S2-S3 biomedik/PPDS bid.akademik . maka staf pengajar sbg unsur utama dlm keg. danmemberikan pelayanan masy.aktivitas yg menyengsarakan org lain.kesehatan”? Bila ditinjau dari tri dharma PT yg tdd mendidik. melakukan penelitian.

dan kebutuhan. sejalan dg perkembangan ilmu.mengemban ke3tugas tsb sekaligus. serta dlm upaya menyajikan pengalaman bljr ygmenumbuhkan sikap. Staf atau peserta lain hrs meningkatkan kemampuan serta keterampilannya dlmmelaksanakan ke3 tugas tsb. Dlm usahameningkatkan suasana akademik dikampus. teknologi. .

20. & keterampilan meneliti pd mahasiswa.juga memiliki kewajiban untuk menjalankan tri dharma PT tsb.kemampuan. Mahasiswa sbg bagian dari PT. sebaiknya para staf menguasai metodologi penelitian dahulu sblm membimbing mahasiswa. Apa . shg mahasiswa juga wajib untukmendalami ilmu filsafat yg mendasari konsep tri dharma PT tsb.

hub antara metode ilmiah dg nilai etika & moral? • Etika adlh sekumpulan nilai2 norma/kebenaran yg dinyatakan baik di dlm masy. Dalam . Sedangkanmetode ilmiah adalah suatu cara yg digunakan untuk menemukan jawaban thd suatu pertanyaan. digunakan berbagai tahap yg salah 1nya meliputi pengujian hipotesis. Dalampelaksanaannya.

tdk bolehmalah membahayakan manusia itu .pengujianhipotesis ini. kadang digunakan manusia sbg subjek penelitian. dmn penelitian yg menggunakan manusiasbg objek harus memenuhi nilai etika dan moral. yg diharapkan dpt memajukan kesejahteraan masyarakat. Hal ini diatur oleh komisi etik penelitian kedokteran. Krnpd dasarnya penelitian yg dilakukan.

• Scr teknis. penel ilmiah harus memenuhi persyaratan etik sbg btk tanggungjawab moral untukmelindungi peserta penelitian. Bbrp aspek etis yg hrs dipenuhi al:i. Memenuhi persyaratan komisi etik dan kode etik penel sesuai deklarasi . Atau dg kata lain adlh dg adanya etika danmoral.sendiri pd prosesnya. diharapkan adanya nilai2 baik selama melakukan metode ilmiah.

Peneli sesuai dg kaidah etika & moral profesi untuk pengembangan ilmu yg memberimanfaat lbh dr risiko dan tdk membahayakan manusiaiii. Penel dilakukan oleh profesional yg berkompeten dan terikat etika profesi • Pelaksanaan metode ilmiah jg menuntut adanya .helsinki ygmenjunjung tinggi hak pasienii.

Bbrp cth hal tdk etis pd penelitian: (1) tahap persiapan – mencuri ide peneliti lain (2) tahappengumpulan data – memperlakukan subjek penel dg tdk baik.kejujuran dan kejujuran mrpk salah 1 aspek etikadan moral. tdkobjektif/manipulasi data (3) tahap pengolahan data – mengarang hasil pengolahan data. merubah dataagar . mencuri data org lain.

Jelaskan yg dimaksud dg tradisi ilmu pengetahuan! • Secara garis besar ada 2 tradisi IP dlm mencari kebenaran. publikasi tnp menyebutkan nama peneliti lain yg terkait dg peneltsb21. mendapat >1 sumber dana. .mendapatkan hasil yg sesuai dg harapan peneliti (4) tahap penulisan hasil penelitian – publikasi di>1 jurnal. yakni tradisi Aristoteles & tradisiGalileo.

Keduanya memiliki perbedaan dalam hal memberikan penjelasan/argumentasi. Tradisi Aristotelesmenganut paham teologi. suatu keadaan awal tlh mengetahui bahwa keadaan akhir akan tercapai.Faham ini dikenal juga sbg finalistrik/vitalistik • . dimana ia berasumsi bahwa segala sesuatu telah direncanakan sblmnya scrsupranatural (takdir/nasib).

Dg pemikiran ini. Faham ini dikenal juga dg mekanistik. Galileo menolakargumentasi faham teologi. tdk semua telur akan menetas. Mnrt . dmn suatu peristiwa dpt terjadi hanya jikaterdapat faktor2 lain yg memungkinkan keadaan akhir tsb tercapai. • Contohnya saat induk ayam mengerami telur.Sedangkan tradisi Galileo menganut paham kausal.

atauinduk ayam tll kecil shg tdk bisa mengerami seluruh telur. Memiliki suatu percobaan yg .mis: telur tdk dibuahi. sedangkan mnrt Galileo hal ini terjadi krn bbrp hal. ada keretakan telur scr mikroskopis shg bakteri dpt masuk & merusak telur.Aristoteles halini memang sudah ditakdirkan untuk tjd demikian. Periode perkembangan IP: • Periode coba2 (trial & error).22.

Cthnya pada kasus manusia purba berusaha bercocok tanam (no 12). tdk ada alasan bgmn kebenaran diperoleh. Metode ini tdk dilandasi oleh IP yg mantap.bersifat aktif.bersifat untung2an. Dinalogikan dhteori black box oleh Thorn Dike. dmn seekor kucing lapar diikat dg tali ddlm sebuah ruang tertutup ygmemiliki . namun memiliki bnykkelemahan.

Kucing itu akan berusaha keluar untuk memperoleh mknan.toko agama. namun hny kebetulan. tokoh . Mencari kebenaran pd manusia yg menjadi panutan/yg dianggapberwibawa (mis.mngk menghasilkan hasil yg sama. Penggunaan sistem ini hrs dihindari.pintu. Ketika percobaan ini diulang. • Periode kewibawaan dan tradisi.

politik. • . Namun sistem ini memiliki kelemahan yakni org2 panutan tsb mjd pribadiyg ingin disanjung. tdk mau menerima kritik. dan menggunakan doktrin “master always says te truth”  hal ini justru akan menghambat kemajuan IP. ilmuwan. penguasa. Selangkah lebih maju krn adaorg2 yg sungguh memiliki ilmu. para tetua).

hny sj pd spekulasi pemilihan thd suatu hal didasarkan pd berbagai pengalaman manusia (yg sdhmenjadi pengetahuan). dmn pilihan belum tentu bs dibuktikan/diujiscr empiris.Periode spekulasi & argumentasi. Kelemahannya adlh bersifat subjektif. shg sering . Sesungguhnya metode spekulasi tdk tll berbeda dg trial & error.

dmn argumentasi bersumber dr akal sehat si pemberi argumen. .mengalami kegagalan. Kadang halini justru dpt menjauhkan kita dari kebenaran2 yg sesungguhnya. Metode ini dianggap blm ilmiah shg harus dihindaripenggunaannya. Sedangkan metode argumentasi adlh metode yg menggunakan perdebatan untukmencari solusi thd suatu hal.

“Common sensemay often be a bad master for the knowledge” oki kita memerlukan lbh dr sekedar akal sehat untuk dptmencapai kemajuan IP. tdk objektif.Kelemahannya adlh cpt merasa puasbila mendapat dukungan dr org lain pdhl belum tentu argumennya benar. . shg org cenderung tdkmengkoreksi kembali argumennya. Argumen jg sering bersifat tdk ilmiah.

pernyataan yg dikeluarkan didasarkan atas bukti2 ilmiah.. dmn pd periode ini.• Periode hipotesis dan eksperimen. Periode ini didasarkan pada ketidakpuasan manusia thd metodeargument asi. Metode inimenggunakan 2 cara yi deduksi dan induksi.. (penjelasan di pertanyaan ttg deduksi & .

.Soal Prof.keduacara berpikir ini menjadi suatu dasar dari metodologi IP.DR.Nukman Moeloek 23. diperlukan informed consent .induksi). Dalam penelitian dmn manusia digunakan sbg subjek penelitian. Sebut danjelaskan makna setiap elemen yg tercantum dlm informed consent tsb! • ..

Tujuan agar subjek mendapatpenjelasan sejelas2nya dlm menentukan tindakan kesehatan bagi . Ini adlh proses dmn subjek penelitian (pasien) mendapat info lengkap mengenaikeikutsertaannya dlm suatu tindakan yg berhub dg kesehatannya.IC adalah pernyataan kesediaan dari subjek penel untuk diambil datanya dan ikut serta dalampenelitian.

yg dijabarkan mell elemen2 di bawah ini:i.dokternya. Aspek utama IC adlhinformation. comprehension. & volunterness. Diterangkan dg jelas apa saja yg boleh dan tdk bolehdilakukan sehub dg penelitian . mula2hrs ditentukan ttg urutan yg akan dilakukan.Info ttg prosedur tindakan yg dilakukan. Sblm subjek penelitian mengikuti suatu penelitian.

& hal lain yg mungkin terjasi. keuntungan.Alasan yg melatarbelakangi tindakan yg dilakukan.iii. Dijelaskan kpn subjek mengapa tindakan tsbdipilih.tsb. keuntungan yg didapat. & hal lain yg belum pasti terjadidlm penelitian ini.Penjelasan ttg faktor risiko. Diterangkan sejelas2nyakepada subjek ttg risiko yg mngk terjadi. .ii.

dan faktor lain yg mngk terjadi. subjek . Penilaian pemahaman pasien.iv.v.Persetujuan tindakan. faktor risiko. Hal ini penting untuk menghindarikesalahpahaman yg bisa mengganggu penel. Peneliti hrs yakin bahwa subjek mengerti semua yg telah dijlskan.mulai dr prosedur. Stlh diterangkan & subjek mengerti.

Uraikan salah 1 cara urutan prosedur me-review penelitian. 24. subjek menandatangani IC tsb. bila setuju.berhak menolak atau menyetujuipenelitian ini. • Ada 2 cara u me-review penelitian. yakni (1)komisi etik penel kedokteran  . Bila menolak tdk boleh ada pemaksaan.

semua protokol penelyg mengikutsertakan manusia hrs diajukan untuk dinilai kebaikan ilmiahnya dan kepantasan etiknya olehkomisi ilmiah dan KPEK (2)kode etik penel kedokteran  etik dr kata ethos mengandung nilai2 ygbenar/salah/dan tanggunjwb yg berlaku pd 1 kolmpk/masy. Kode etik .

25.penel mengcakup nilai2 ttgbenar/salah/tanggugjwb dlm penel. Untuk penel klinis yg menggunakan manusia sbg subjek penel hrsberpatokan pd kode etik penelitian yg disusun berdasarkan deklarasi helsinki. Apa yg anda ketahui mengenai Komisi Etik Penelitian Kedokteran. serta perangkatnya? • Adlh suatu komisi yg bertugas untuk melakukan .

dan pemantauansuatu penelitian di bid kedokteran.peninjauan kelayakan. Komisi ini tdd org yg ahli dan dihargai integritasnya. pengawasan. tu penelitian kedokteran (biomedis) yg menggunakan masyarakat sbgsubjek penelitiannya. ada pula anggota yg dianggapmrpk tokoh/wakil masy yg cukup memahami ruang lingkup penelitian. • .

dg syarat: i.Sedikitnya seorang anggota majelis tsb memiliki keahlian dlm bidang .Untuk menjalankan tugas review penelitian. komisi etik kedokteran hrs memiliki min 5 org anggota ygtdd dari pria dan wanita. Sedikitnya 2 dari 5 anggota tsb memiliki pengalaan yg luas dlm metode/cakupan bidang penelitianyg menjadi tanggungjwb majelis etikii.

Namun bkn mrpk suatu keharusan untuk bid penelitianyg lainiv. melainkan dipilih dr komunitas ygdilayani oleh bdn tsb 26. . Hal ini mrpk sebuah rekomendasi. setidaknya 1 org majelis memililiki pengetahuan ttg hukum ygberlaku.Untuk penel yg bersifat biomedis.etikiii.Stdknya 1 anggota majelis etik tdk memiliki hub dg bdn ttt.

Ketentuan apa sj yg anda ketahui agar komisi etik penel dpt memberikan ethical clearance? Ketentuannyaadlh sbb: • Memenuhi prinsip ilmiah – didasarkan eksperimen labor & hewan percobaan dg hasil ygmemuaskan yg sesuai dg literatur ilmiah • Desain penel jelas dan secermat mngk • .

.Diawasi tenaga medis yg berkompeten • Tujuan penel sepadan dg risiko terkait yg dihadapi subjek • Didahului pengamatan risiko yg dpt diramalkan. dmn kepentingan subjek >> kepentingan ilmiah • Melindungi dan menghormati integritas subjek (menjamin keamanan subjek.

CV penelitiutama. IC • Permohonan ethical clearance diberikan sblm penelitian dimulai  tdk bs untuk penel yg sdhdimulai/sdh selesai 27. daftar tim peneliti. protokol penel.menjaminkerahasiaan subjek) • Manfaat >> bahaya • Publikasi laporan hrs akurat • Ada inform consent yg ditandatangai subjek penel • Protokol riset hrs menyatakan bhw prinsip2 etik tlh terpenuhi • Kelengkapan berkas sbb: surat usulan dr institusi. surat persetujuan pelaksanaan penelitian dari scientific board. Pendapat ttg antipsikiatri pd filsafat kedokteran! .

• Anarkis mrpk reaksi thd merebaknya nilai2 kapitalisme yg berupaya menihilkan identitas sosial sbgprinsip kebersamaan dlm hidup dan kehidupan. Jelaskan mengenai anarkis berkedok demokrasi! • Demokrasi berasal dr kata demos=masy/common people dan kratos=kekuatan/kekuasaan.menyampaikan pendapat dg santun.psikiater merupakanalat yg sempurna utk pennindasan org2 'pembangkang' dalam komunitas.kemudian dibuat tidak berbahaya dgn diberi obat dan terapielektrokonvulsif.psikiater tidak berurusan dgn penyakit mental dlm pengobatanmereka. menerima perbedaan pendapat dg pikiran yg terbuka demikebaikan bersama. kematian ketua DPRD Sumut akibat unjuk rasa anarkis yg berkaitan dgpemekaran propinsi Tapanuli • Adapun etika demokrasi adlh sbb: etika berpendapat dg azas praduga tak bersalah. hukum. Dptdisampaikan mell penyampaian pendapat (cth. • Jd antipsikiatri itu gerakan yg menentang psikiatri. danFoudraine. Jelaskan pro & kontra ttg xenotransplantasi!  ada di “kumpulan bahan presentasi mhsw kul. gen yg dipindahkan berasal drspesies yg berbeda dan pemindahan genetika dilakukan mell rek.dan etis di dlm kehidupan.30. sumber jwban lain ada di cth soal2 th lalu • Anti-psikiatri adalah suatu gerakan/klmpk yg mempertanyakan ilmu2 yg digunakan oleh parapsikiater. • Kesimpulan: dlm demokrasi hrs memiliki etika dimana dlm kebebasan berpendapat tdk disertaipemaksaan kehendak dan pelanggaran hak asasi org lain disertasi asas praduga tak bersalah. 28.jd mnrt antipsikiatri. Keprihatinan dasar mrk adalah thd bervariasinyadefinisi diagnosis pd lahan psikiatri. dalam menyampaikan pendapat. Ketiadaan aturan. Penguatan tanggung jawab(moral) individual tanpa paksaan dan tekanan otoritas eksternal yg cenderung distortif & represif  olehZeno. Bbrp anggota gerakan ini : Laing.Tujuan: pencapaian kesejahteraan dan keadilan untuk slrh individu scr merata. seorang filsuf Yunani • Cth anarki berkedok demokrasi: klmpk anarki di spanyol yg melakukan tindk anarkis sambilmeneriakkan slogan “terkadang cinta hanya dpt berbicara mell selongsong senapan”.demonstrasi) atau menyatakan pilihan (cth.genetika tanaman. Sehingga mereka menganggap psikiatri bukan sebagaibidang ilmu kedokteran spt bagian2 lain. Bedanya dgpemuliaan tanaman . Bs didefinisikan pula sbg keadaan sosial dimana tdk adapemerintah/goverment authority. menghargai hak asazi setiap manusia. yg tdk mengganggu hak asasi org lain.transgenik adalah tumbuhan yg mengandung transgen mell proses bioteknologi (transgen= gen asing yg ditambahkan pd suatu spesies). Jelaskan mengenai aspek etik tumbuhan transgenik! • Tumbh.transgenik.dengan cara : merekadinyatakan sakit.filsafat prof moeloek okt 2010”29. yg membuka peluang untuk menciptakan opiini dan interpretasi ygberbeda2. klpmk ini dimulai sekitar tahun 1960an. harusmemperhatikan waktu dan tempat. Pd tumb. peristiwa demoMei’98 yg berujung pd kerusuhan.melainkan berurusan dgn masalah2 pribadi. Szasz. mrk jg prihatin mengenai obat2an ppsikiatri yg justru malah lbh bnyk merusak daripadamembantu pasien.sosial.dengan makna politisdibaliknya.melainkan hanya sebagai mitos. dan moral.antipsikiatri tidak mengakui adanya kondisi 'skizofrenia' tetapi label itu hanya faktasosial yang pd dasarnya merupakan peristiwa politis. antipsikiatri mengklaim bahwa penyakit mentalbukan penyakit di dalam pengertian medis biasa.pemilu).

Tindakan ini dinilai tidak manusiawi karena hidup seseorang sengaja dikorbankan demikehidupan orang lain. • . terutama dalam kloning manusia • Kloning pada hewan ternak digunakan untuk meningkatkan jumlah makanan bagi manusia  Menurut Greger "Hewan hasil kloning selain dapat menghasilkan susu ataupun daging dengan kualitasyang lebih baik juga akan mengkloning penyakit atau kondisi penyakit lainnya yang ada kaitan denganproduktivitas“. Pro: membunuh ulat ttt. Kontra: evolusi hama resisten racun yg akan mengganggu tatanan ekosistem. Kloning banyak mendapat kontra dari masyarakat. Kloning theurapeutik dinilailebih aman daripada donor organ meskipun dari keluarga sendiri. tdk berbahay thd manusia.dan industri (asalkan limbah diolah. dikelola. Pdhlsesungguhnya bila dimanfaatkan dg benar. Jelaskan mengenai etika kloning thd hewan! • Kloning berasal dari kata ‘klon’ dari bahasa Yunani yang berarti tunas muda. • Kloning terapeutik dipandang dr segi 4 basic moral principle: Autonomy: Para penderita penyakitkronis.gen asing bisa berpindah ke tanaman liar mis pd penyerbukan silang oleh angin/serangga. Kloning dapatdiartikan sebagai upaya untuk memproduksi sejumlah individu yang secara genetik identik. Beneficence: Organ yang dihasilkan dari kloning theurapeutik tidak akanmenimbulkan penolakan sistem imun jika diberikan pada pelaku kloning. penggunaan pestisidamenurun  ramah lingk. • Kesimpulan: Kloning boleh dilakukan pada hewan selama tidak menyiksa hewan danmemperlakukan hewan dengan baik 32. memiliki harapan baru untuk sembuh dari penyakitnya dengan melakukankloning theurapeutik. Justice: Kloning theurapeutik memerlukan biaya yang sangat besar sehinggapemanfaatannya hanya bisa dilakukan oleh orang dengan kemampuan finansial yang cukup. & diawasi dg ketat). Duplikasi organ tubuh yang diperoleh dengan kloning theurapeutik menjadi solusiatas donor organ yang sering menimbulkan penolakan oleh sistem imun. Kloning merupakan salah satubentuk keberhasilan para ilmuwan dalam perolehan keturunan yang banyak mengundang pro dankontra. Individu hasil kloning tersebut diambil organnya untuk mengganti organ yang rusak padapelaku kloning. Proseskloning merupakan suatu bentuk reproduksi aseksual atau tanpa kawin. Nonmalficence: Timbul isu bahwakloning theurapeutik akan dikembangkan sebagaimana kloning reproduksi yakni dengan membentukindividu baru. seperti penjualan ginjal secarailegal yang marak terjadi. gen berasal dr spesies yg sama dan mell prosesperkawinan interspesies. Diawali dengan lahirnya Dolly di Skotlandia sampai isu lahirnya bayi perempuan hasil kloningbernama Eve.adlh. Aspek etik penggunaan senjata nuklir: • Penggunaan yg menyimpang adlh untuk memusnahkan makhlum hidup yg jelas2 tdk etis. memiskinkanpetani31. Pihak lain tidak dapatmencegah tindakan ini karena para penderita penyakit kronis berhak untuk mendapatkan kualitas hidupyang lebih baik. di pemuliaan tanaman. seperti gagal ginjal.Pengembangan Kt dapat menjadi solusi atas jual beli organ tubuh ilegal. energi. nuklir dpt dimanfaatkan dlm kehidupan kedokteran.

SpFK 33. sehingga tongkat uranium akan mengalami peningkatan suhu yg dptmencapai 2800 o C.35. Beri contoh collegiality dlm profesionalisme yg tdk mengganggu altruizm! • Seorang SpJP merujuk pasien CHF dg sirosis hati ke SpPD untuk mengobati sirosisnya . msh terbatasnya jmllh tempat pembuangan limbah nuklirDR. dan perilakunya (attitudes). Kompetensi dibangun berdasarkanketerampilan klinis dasar. dimana kepentingan pasien dan masy diutamakan • Collegiality – adalah sopan santun antara teman seprofesi. Pd capable.dokter mampu melakukan semua pekerjaan dg baik & benar (personal capability). Tongkat uranium ini akan meleleh dan dg mudah akan menyebar menembus segalasesuatu yg ia lalui. keterampilan. yg diakui masy punya kemampuan untukmenyembuhkan segala bentuk penyakit. dokter mampu melakukan pekerjaan dan berperan sesuai dg yg diharapkan pasien. keahlian(skill). limbah nuklir yg dikelola dg baik tdk mencemari udara dan lingkungan sekitar. • Accountability – dpt dipercaya bahwa yg dilakukan dpt dilihat bahwa sesuai dg standart yg berlaku • Ethics – segala tindakan yg diambil memiliki nilai moral bagi dirinya.Dr. yg otomatis akan menyebarkan radiasi dan suhu panas yg membahayakan umatmanusia. Batu inilah yg diyakini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan/ • Persamaan: sama2 diakui masyarakat sbg penyembuh (capable) • Perbedaan: ponari dianggap capable.Keuntungan: menggantikan kekurangan sumber energi dunia yg slm ini menggunakan minyak danbatu bara. MSc. emosi dan nilai2 yg dianut harusmengutamakan kepentingan pasien dan komunitas yg dilayani. dan apa hubungannya dg profesionalisme dokter? • Yg dimaksud dg kompetensi (lihat penjelasan no26). yg sebaiknya dikembangkan terusmenerus.munculnya efek meltdown-dmn proses pendinginan tongkat uranium (yg mrpk bahan mentah dari reaksinuklir) terganggu/tdk berhasil. kemampuan berpikir kritis. ilmu pengetahuan. Sedangkan profesionalisme dpt dijelaskan sbgsuatu karakter/ semangat/ metode yg mengikuti kaidah/norma2 profesi yg berlaku. untuk membedakan mrk dr para amatir. • Dlm dunia kedokteran.Purwantyastuti. Kemampuan ini ddpt stlh Ponari tersambar petir. Jelaskan karakteristik dokter yg profesional! • Berkompeten – melakukan profesinya sesuai dg latar blkg pengetahuan (knowledge). bgmn memperlakukan masysesuai dg aturan yg ditentukan oleh profesi • Altruism – rasa pengabdian diri pada pasien. Berkompeten (competence) berbeda dg mampu (capable). Diharapkan bahwa antar temanseprofesi dpt saling bekerjasama & saling menghargai demi kepentingan pasien. Profesionalisme hrsditunjukkan oleh para profesional. dan moral.34. Sedangkan pdcompetence. kompetensi merupakan salah 1 ciri dr seorang dokter yg profesional. Dmnkemampuan komunikasi. lalu mendapatsebuah batu di atas kepalanya. sedangkan dokter dianggap competence 36. Apa yg dimaksud dg kompetensi. Apa persamaan dan perbedaan dari Ponari dan dokter? (Jawab max 3 kalimat) • Ponari adlh nama seorang anak kecil di jawa timur. penggunaanenergi nuklir menggunakan bahan mentah lbh sedikit drpd penggunaan bahan mentah yg digunakan pdenergi yg berasal dr minyak tanah • Kerugian: penggunaan energi nuklir menghasilkan radiasi yg membahayakan umat manusia.

. tmsk ilmu ddlmnya. nilai logika (benar/salah).. Perumusan IP diusulkan agar lebih didasarkan pd pdkt lngs. tentang baik/buruk. peraturan per-UU-an. Apa yg dimaksud dg medikolegal. IP tidak selalu berhasil mengendalikan fenomena alam sesuai dg kemauanmanusia (mis. tergantung pdlingkungan dimana manusia berada. Dptdisimpulkan bahwa sifat IP yg dinamis dan sulit didefinisikan sebenarnya mengandung fungsi & tjuanuntuk memberikan manfaat. sanksi dpt dipaksakan39. mengendalikan fenomenaalam (controlling).Yuli dkk38. dibuat masy. Buatlah ilustrasi yg menunjukkan bhw ilmu kedokteran sarat dg nilai • Ilmu kedokteran sarat dg nilai yg tdd dr: nilai etika (baik dan buruk). 40. pembenaran. dan tergantung dari sejarah kehidupan manusia sendiri ygberbeda2. Cth dlm bid kedokteran adalah: pengamatan-bdsrkan hasil PF.• Kerjasama para dokter dalam tim untuk mengobati seorang pasien dg multiple disesaseProf. Apa yg dimaksud dg IP? • Sesungguhnya sulit untuk merumuskan definisi dr IP krn sifatnya yg dinamis. dibuatpenguasa. & meramal (predicting).. kenikmatan. mengendalikan cuaca. serta kesejahteraan bagi umat manusia. Pengetahuan mrpk kumpulan pengalaman. Norma2 hukum adlh: kaidah antar-pribadi. Adapun arti dr IP itu sendiri mnrt Sutrisno Hadi adlh kumpulanpengalaman dan pengetahuan dr sjmlh org yg dipadukan scr harmonis & teratur. Contoh: pdkasus ibu yg ingin menggugurkan kandungannya. dll. Ruang lingkupnya adlh: (1)Etik – berkaitandg penalaran. dan prognosismeramal perkembangan pasien pasca pengobatan. mengendalikan bbg macam penyakit).ninggalin kasa di dalam perutpost-sc)  telaah dari 4 sisi nilai tsb. • Kerlinger (1973) melihat fungsi IP dari segi lain. diagnosis-mjelaskan perihal penyakitnya. Adapun fungsi dr IP adalah meningkatkan kehidupan manusia & tujuan IP adlh memperbaikiderajat hidup manusia. terutama dr sudut fenomena alam sbg sumber IP.Daldyono. sifat ideal.shg tujuan dasar IP yaitu: mengamati (observation).anatomi adalah objek material kedokteran) dan objek formal (metode untukmempelajari anatomi). dlm btk kode. jdilmu mrpk bag dr pengetahuan. Pengetahuan tidak sama dengan ilmu. Rumusan ini blmmemuaskan. dan konflik moral diri pribadi dalam membuat keputusan etis. Ini mrpk program dari WHO yang bertujuan untuk .lab. • IP bukanlah segalanya. SpPD37. aksiologi (berguna/tdk berguna). sedangkan ilmu tdd objek material (mis. nilai spiritual (nilai ketuhanan. sanksi moral (2)Disiplin – berkaitan dg konflik antara individu dg klmpknya (3)Hukum – berkaitan dg konflik antara individu dgmasyarakat atau dg peraturan atau dg individu lain. berikut dg ruang lingkupnya? • Medikolegal adlh aspek2 medis yg berkaitan dg hukum. kasus2 malpraktek (mis.DR. yi dg mjelaskan fungsi dantujuan IP. Norma2 etikadlh: kaidah pribadi.mengatur musim hujan. Pengetahuan mrpk segalanya yg kita ketahui ttg objek ttt.. menjelaskan (explaining).nilai yg sesuai dg ajaran agama). sifat aktual.ngemengnya nanti aja wkt ujian yaaa.Dr.Dr. Bgmn konsep patient for patient safety (PFPS)? • PFPS menitikberatkan pada peran sentral pasien dan konsumen untuk meningkatkan kualitas dankeamanan di bidang kesehatan. terapi-usaha mengendalikan penyakit. ttg benar/salah.

agar dpt meminimalisasi kerugian yg ditimbulkan. Komite ini memiliki hak-hakistimewa untuk emngontrol suatu penelitian. Ilmu-ilmu formal 2. dg melibatkan pasien scr aktif sbg partner kerja. Ilmu dibagi menjadi tiga kelompok : 1. hal apa lagi yg berpotensi membahayakan keselamatan pasien? Keterlambatanpenanganan pasien shg kondisi memburuk. Dan ada yang lebih muda lagi seperti ilmu ekologi (ilmu keseimbangan lingkungan hidup). dokter jaga sibuk konsul. perawat sibuk mempersiapkan alat EKG di r. pd setiap fase penelitian. dll :Sejarah. Bahkan.Hipotesa sendiri mrpk suatu pernyataan yg dibentuk berdasarkan landasan teori2.. Untuk dpt menganalisa suatu penelitia(keuntungan.42. ekonomi. Seorang laki2 berumur 54 th dibawa ke UGD RS kab X oleh istrinya dg nyeri dada sejak 30 mnt yl.intinya si istri repot urus admin. Bgmn cara menganalisa keuntungan dan kerugian suatu penelitian? • Penelitian mrpk cara yg ditempuh untuk dapat membuktikan landasan suatu hipotesa yg dibuat. Orang lain mengatakan bahwa ilmu-ilmu empiris formal memang selalu bersifat hipotesis sehingga antara ilmu-ilmu empiris formal dan ilmu-ilmu . ilmu hayati. ilmu pesawat dan kedokteran.meningkatkankeselamatan pasien di seluruh dunia.Si pasien yg udah ditaruh di atas bed dg selang oksigen. dilaporkan sbg apa? KTD (kejadian tdkdiharapkan/adverse event) • Apkh kejadian tsb bs dinyatakan sbg medical error? Tidak. yaitu logika. disini tidak diterangkan sesuatu melainkan hanya dimengerti sesuatu. namun terjatuh dr bed.lain. psikologi dan psikoanalisis yang masih muda. dan aspek2 lain(. ingin mencari istrinya. dll Beberapa orang mengatakan bahwa ilmu hermeneutis tidak ilmiah karena disini tidak dicapai kepastian. Pada zaman Yunani kuno hanya dibedakan empat ilmu.41. Ilmu-ilmu hermeneutis :Matematika. Misalkan sejarah. kerugian.Penelitian sendiri memiliki 2 sisi yg berbeda. yg membawahi ilmu pengetahuannya masing2. dan menjaganya pd alur dan arah yg diinginkan. Karena itu perlu diciptakan rancangan penelitian ygmatang. dan pemikiran. perbedaan filsafat dan ilmu pengetahuan sangatlah kecil. Mulai zaman renaisans (sekitar 1800 dan sesudahnya) menghasilkan ilmu-ilmu yang kebanyakan sekarang. dll :Ilmu alam. hanya diberikan fakta-fakta dan tidak pernah dicapai suatu kepastian bahwa fakta ini benar. fakta. krn cidera yg dialami pasien tdkberhubungan dg asuhan medik • Bgmn mencegah kejadian spt itu? Pemasangan tali bed pd tmpt tidur. ilmu pasti. logika. Ilmu-ilmu empiris formal 3. diperlukan adanya suatu komite independen penelitian ygdimiliki oleh semua bid IP. Seperti sosiologi. pasien meninggal tnp ada yg tahu KRITIKILMU-ILMU Pada awalnya. • Jika tnyt pasien itu tdk cedera serius dan msh hidup. Di satu sisi penelitian dpt memberi dampak positif. mencegahnya dari menciptakan kerugian2 yg tdkdiinginkan.Bla3. menambah jmlh perawat shgpasien tdk dibiarkan sendirian • Selain jatuh.sementara di sisi lain dpt memberi dampak negatif. kedokteran dan logika lebih dipandang sebagai seni atau keahlian.

lepas dari agama. dan kosmologi. binatang. melainkan merupakan suatu cabang dari filsafat. lepas dari wahyu. sehingga pertanyaan tentang Allah selalu terbuka Panteisme (Yunani: pan 'segala sesuatu'. theos 'Allah') mengajarkan bahwa Allah itu tidak ada dan manusia sendirian dalam kosmos Agnostisisme (Yunani: a. tentang dasar kepastian dan tentang jenis-jenis keterangan yang diberikan. ada perbedaan antara Allah dan ciptaannya Metafisika umum merupakan cabang yang sangat problematis pada saat sekarang. Yang dapat dikatakan tentang Allah. Nah. panteisme.'bukan'. tentu saja tidak banyak. agnostisisme. Dalam teologi metafisik diselidiki apa yang dapat dikatakan tentang adanya Allah. dan kepada Letting-be ia tidak dapat berdoa. Semua benda. tidak lagi termasuk bidang ilmu pengetahuan sendiri. disebut ontologi. Metafisika umum hanya berbicara tentang segala sesuatu sejauh itu "ada". jenis ontologi ini juga dikritik karena Allah sebagai "Mengada" manusia tidak dapat berlutut. antropologi. Banyak filsuf yang mengatakan bahwa cabang ini tidak mungkin karena manusia sudah melewati batas-batas kemungkinan akal budinya. Lalu itu hanya mungkin kalau komprehensi perkataan-perkataannya kecil sekali. pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang termasuk kritik ilmu-ilmu. dari satu pihak. Artinya. Jawaban-jawaban yang diberikan atau pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan dalam ontologi mengungkapkan suatu kepercayaan. "Adanya" segala sesuatu merupakan suatu segi dari kenyataan yang mengatasi semua perbedaan antara benda-benda dan makhluk-makhluk hidup.hermeneutis tidak begitu penting. tumbuhtumbuhan. dan ateisme.tentang metode ilmu-ilmu. Kata Yunani untuk "pengada" adalah on (genetif: ontos). Orang lain yang berpendapat berbeda tentang Allah tidak akan menerima argumenargumen yang berasal dari teologi yang terikat pada "wahyu" khusus. sejauh mereka ada. isi (komprehensi) suatu kata atau kalimat menjadi sangat kecil kalau luasnya (ekstensi) kata atau kalimat itu sangat besar. yang sedikit ini sangatlah berguna dalam dialog dengan agama. tetapi mereka akan . theos 'Allah') mengajarkan bahwa seluruh kosmos sama dengan Allah. lepas dari agama. Pengetahuan tentang pengada-pengada. Jenis kepercayaan ontologi ada empat: Ateisme (Yunani: a. dan orang merupakan suatu "pengada". Jenis ontologi ini. Metafisika umum (ontologi) berbicara tentang segala sesuatu sekaligus. TEOLOGI METAFISIK Metafisika khusus terdiri dari teologimetafisik. Teori-teori tentang pembagian ilmu-ilmu. METAFISIKA UMUM Dalam logika diajarkan suatu prinsip yang mengajarkan: "makin besar ekstensi suatu istilah atau pernyataan. makin kecil komprehensi istilah atau pernyataan itu". Oleh karena itu. sehingga tidak ada perbedaan antara Pencipta dan ciptaannya Teisme mengajarkan bahwa Allah itu ada. Dari lain pihak. gnosis 'pengetahuan') mengajarkan bahwa tidak dapat diketahui apakah Allah itu ada atau tidak. Teologi metafisik berhubungan erat dengan ontologi.'bukan'. Teologi metafisik hanya menghasilkan suatu kepercayaan yang sangat sederhana dan abstrak. dan sebaliknya. antara jenis-jenis dan individu-individu. Namun.menarik karena disini ditemukan kemungkinan untuk menterjemahkan istilah-istilah pokok dari agama-agama dalam istilah-istilah falsafi.

kegembiraan dan penderitaan. dan dunia. berkumpul dalam satu kata. Kata "aku" dipakai sebagai titik simpul dari banyak hal sekaligus. tetapi tidak dapat hidup lepas dari orang lain. Manusia adalah sekaligus materi dan hidup. . suatu pandangan tentang dunia. yaitu "aku". Terlihat dalam seni dan dalam berbagai ilmu yang lahir sejak zaman renaisans. tentang hubungannya dengan dunia. Semua pertanyaan lain dapat dikembalikan kepada pertanyaan ini. Sekarang. Manusia merupakan seorang individu. tentang tempatnya dalam kosmos. Sekitar tahun 1500 manusia betul-betul menjadi titik pusat dari filsafat. semua pikiran dan kegiatan manusiawi. Manusia hidup dalam banyak dimensi sekaligus. Menurut Immanuel Kant. sesama dan tujuan hidup.kebebasan. Dibelakang kata "aku" terdapat suatu pribadi dan penuh relasi-relasi sejarah. Sejak zaman renaisans manusia dipandang sebagai pusat sejarah. badan dan jiwa. pusat pemikiran. pusat kehendak. Semua dimensi ini. ANTROPOLOGI Setiap filsafat mengandung secara eksplisit atau implisit suatu pandangan tentang manusia. Akan tetapi kata ini yang begitu mudah digunakan dan terlihat sederhana untuk dipahami. pertanyaan "Siapakah manusia?" merupakan pertanyaan satusatunya dari filsafat. manusia mempunyai kehendak dan pengertian. harapan dan keputusasaan. dialog ini lebih bersifat dialog dengan ateisme. dengan sesama. karena akal budi adalah milik umum.menerima argumen-argumen yang berdasarkan akal budi. Teologi metafisik sekarang ini masih tetap merupakan usaha untuk menciptakan ruang dialog antara iman dan akal budi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful