Klasifikasi Turbin Gas

Turbin gas dapat dibedakan berdasarkan siklusnya, kontruksi poros dan lainnya. Menurut siklusnya turbin gas terdiri dari:
• •

Turbin gas siklus tertutup (Close cycle) Turbin gas siklus terbuka (Open cycle)

Perbedaan dari kedua tipe ini adalah berdasarkan siklus fluida kerja. Pada turbin gas siklus terbuka, akhir ekspansi fluida kerjanya langsung dibuang ke udara atmosfir, sedangkan untuk siklus tertutup akhir ekspansi fluida kerjanya didinginkan untuk kembali ke dalam proses awal. Dalam industri turbin gas umumnya diklasifikasikan dalam dua jenis berdasar jumlah turbine spool-nya yaitu : 1. Turbin Gas Poros Tunggal (Single Shaft) Turbin jenis ini digunak an untuk menggerakkan generator listrik yang menghasilkan energi listrik untuk keperluan proses di industri. GE MS9000F dengan output 400MW banyak dipakai di Land Base Power Plant 2. Turbin Gas Poros Ganda (Double Shaft). Turbin jenis ini merupakan turbin gas yang terdiri dari turbin bertekanan tinggi dan turbin bertekanan rendah, dimana turbin gas ini digunakan untuk menggerakkan beban yang berubah seperti kompresor pada unit proses.

Combine Cycle

Gabungan siklus hanya menghasilkan daya listrik berada di 50% sampai 60% ratarata efisiensi termal menggunakan turbin gas lebih maju/canggih.tions di Perpustakaan Referensi GE meliputi: GER-3574F. atau kombinasi daripadanya. "GE Gabungan-Cycle Product Line dan Kinerja ". Siklus gabungan umum didefinisikan sebagai satu atau lebih turbin gas dengan panas-recovery steam generator di knalpot uap. Makalah berurusan dengan siklus gabungan applica. " . Gambar 8 menunjukkan siklus gabungan di paling sederhana bentuk. dan menghindari aliran steam kondensor untuk mempertahankan kandungan panas laten. dan GER-3430F. yang melibatkan beberapa tekanan boiler. Semua kecuali 1% sampai 2% dari sisanya dalam bentuk panas knalpot. Mencapai lebih dari 80% dari pemanfaatan bahan bakar masukan dengan kombinasi daya listrik gen.timbangkan dan proses panas tidak biasa.Sebuah turbin sederhana siklus gas yang khas akan mengkonversi 30% sampai 40% dari masukan bahan bakar menjadi output poros." Single-Shaft Gabungan-Siklus Sistem Power Generation ". "Kogenerasi Aplikasi Pertimbangan. GER-3767. Tinggi pemanfaatan masukan bahan bakar ke turbin gas dapat dicapai dengan beberapa lebih kompleks panas-pemulihan siklus. memproduksi untuk turbin uap generator. panas-ke-proses. ekstraksi atau topping turbin uap.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful