ZAT MAKANAN YANG DIBUTUHKAN TUBUH • KARBOHIDRAT Karbohidrat merupakan sumber utama energi atau kalori bagi tubuh

. Semua karbohidrat berasal dari tumbuh-tumbuhan.. Dikenal dua jenis karbohidrat, yakni karbohidrat kompleks (zat tepung) dan gula. Pati merupakan simpanan karbohidrat utama yang dimakan manusia di seluruh dunia. Zat ini terutama terdapat dalam padi-padian, biji-bijian, dan umbi-umbian. Beras, jagung, dan gandum mengandung 70-80% pati. Beragam jenis kacang kering, seperti kedelai, kacang merah, dan kacang hijau mengandung 30-60 % pati. Sementara itu, ubi, talas, kentang, dan singkong mengandung 20-30 % pati. Serat yang merupakan janis lain dari karbohidrat bisa membantu pencernaan dan memberikan perlindungan terhadap aneka penyakit. Semua jenis karbohidrat, kecuali selulosa, dicerna dan dipecah menjadi monosakarida. Monosakarida tersebut diserap dan dikonvensi menjadi glukosa. Selanjutnya glukosa dipecah menjadi energi dan kelebihannya disimpan berupa glikogen..Energi untuk otak dan sistem saraf hanya dari karbohidrat. FUNGSI KARBOHIDRAT • Sumber Energi Fungsi utama karbohidrat adalah menyediakan energi bagi tubuh. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4 kkalori. Sebagian karbohidrat di dalam tubuh berada dalam sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi segera; sebagian disimpan sebagai glikogen dalam hati dan jaringan otot, dan sebagian diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak. Seseorang yang memakan karbohidrat dalam jumlah berlebihan akan menjadi gemuk • Penghemat Protein Bila karbohidrat makanan tidak mencukupi, maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi, dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Sebaliknya, bila karbohidrat makanan mencukupi, protein terutama akan digunakan sebagai zat pembangun Makanan Yang Mengandung Karbohidrat : ROTI BERAS JAGUNG

UBI MERAH

KENTANG

SINGKONG

PROTEIN

pada prinsipnya protein berperan menunjang keberadaan setiap sel tubuh dan proses kekebalan tubuh.berasal dari ikan. Protein hewani memberikan manfaat pertumbuhan sel-sel organ tubuh.Berasal dari kacang hijau.PROTEIN Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.Disamping menjadi salah satu sumber gizi. Selain itu juga membantu pembentukan otak manusia dan sel darah merah lebih kuat sehingga tidak mudah pecah.kacang kedelai. Dengan demikian menjadikan otak organ cerdas. HEWANI NABATI .brokoli dsb. Penyakit kekurangan protein atau biasa disebut kwasiorkor. Kekurangan Protein bisa berakibat fatal: Kerontokan rambut. Selain itu protein juga memiliki peran penting dalam pembentukan sistem kekebalan (imunitas) sebagai antibodi.tidak mengandung kolesterol dan tidak berbahaya bagi tubuh. sistem kendali dalam bentuk hormon. • Kekurangan yang terus menerus menyebabkan marasmus dan hingga menyebabkan kematian.daging.. • • • PROTEIN HEWANI Protein hewani berasal dari daging.telur dsb • PROTEIN NABATI Berasal dari tumbuhan. Umumnya penderitanya adalah anak kecil yang tidak mendapat asupan nutrisi protein yang cukup pada masa pertumbuhannya. FUNGSI PROTEIN • • • • Membentuk sel – sel baru Mengganti sel otak Berperan dalam pertumbuhan Mencerdaskan SUMBER PROTEIN. telur dan susu.

penderita kekurangan vitamin A ini juga dapat mengalami infeksi saluran pernafasan. cadangan energi dalam tubuh pelaut vitamin bantalan tubuh penghalus kulit Sumber Lemak DAGING ALPUKAT KEJU VITAMIN Vitamin A Vitamin A. pisang. E dan K. kulit kering bersisik. Selain itu. Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain pusing-pusing. 2. dan juga buah-buahan (terutama yang berwarna merah dan kuning. dan kondisi kulit yang kurang sehat. Lemak dapat membantu pengangkutan vitamin-vitamin tersebut ke seluruh jaringan tubuh. yang disimpan di bawah kulit sebagai jaringan adiposa. antara lain susu.LEMAK Lemak merupakan cadangan energi bagi manusia dan hewan. Kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. penderita akan mengalami rabun senja dan katarak. dan sebagai bantalan dasar organ tubuh seperti bola mata. Fungsi Lemak 1. yang juga dikenal dengan nama retinol. kelebihan . bila sudah dalam kondisi akut. dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Ada beberapa jenis lemak yang penting untuk pertumbuhan otak dan saraf. 3. Selain itu. menurunnya daya tahan tubuh. juga sebagai pelarut vitamin A. ginjal (untuk menjaga agar organ tidak bergeser dari tempatnya). kerontokan rambut. D. wortel. vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh. dan pepaya). 4. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A. merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukkan indra penglihatan yang baik. sayur-sayuran (terutama yang berwarna hijau dan kuning).Selain itu. serta terdapat dalam setiap sel dan membantu mensintesa protein dan hormon-hormon. ikan. seperti cabai merah. dan pingsan. dan udara. terutama di malam hari. Vitamin ini bersifat mudah rusak oleh paparan panas. cahaya matahari. Apabila terjadi kekurangan vitamin A.

dan sariawan. kacang kedelai. Di samping itu. daging. Defisiensinya dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. pembengkakan hati.[6] Sumber vitamin B2 banyak ditemukan pada sayur-sayuran segar. dan iritasi kulit. sel darah merah. dan kuku. dan susu. nasi. Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan molekul steroid.Tubuh juga dapat mengalami beri-beri. terhambatnya pertumbuhan tubuh. telur. Untuk mencegah hal tersebut. susu. mulut kering. rambut. kita perlu banyak mengonsumsi banyak gandum. Sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan sebagai sumber vitamin A dan vitamin B yang tinggi. kulit akan mengalami berbagai gangguan. kuning telur. bibir pecah-pecah. seperti kulit kering dan bersisik. serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh. dan glikogen. FMN) dan flavin adenine dinukleotida (adenine dinucleotide. seperti kulit. vitamin B1 juga membantu proses metabolisme protein dan lemak. gangguan saluran pencernaan. Bila terjadi defisiensi vitamin B1. jantung. kulit kering bersisik. Bahan makanan inilah yang telah terbukti banyak mengandung vitamin B1. Vitamin B3 . vitamin B2 berperan sebagai salah satu kompenen koenzim flavin mononukleotida (flavin mononucleotide. Vitamin B1 Vitamin B1. FAD). merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk rutinitas sehari-hari. Kedua enzim ini berperan penting dalam regenerasi energi bagi tubuh melalui proses respirasi. dan tanaman kacang-kacangan. dan sistem saraf. Vitamin B2 Vitamin B2 (riboflavin) banyak berperan penting dalam metabolisme di tubuh manusia. yang dikenal juga dengan nama tiamin.[1] Di dalam tubuh.vitamin A di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerabunan.

dan ikan. dan protein. Oleh karena itu. hati. Berbagai jenis senyawa racun dapat dinetralisir dengan bantuan vitamin ini. keram otot. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan anemia (kekurangan darah).Vitamin ini banyak berperan dalam metabolisme energi di dalam tubuh. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kekejangan. dan daging merupakan sumber makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. daging. Vitamin C . dan vertigo. pembentukkan molekul DNA dan RNA.Selain itu. metabolisme lemak.[20] Vitamin ini merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah didapatkan karena vitamin ini banyak terdapat di dalam beras. vitamin B3 memiliki peranan besar dalam menjaga kadar gula darah. vegetarian sering kali mengalami gangguan kesehatan tubuh akibat kekurangan vitamin ini. Kekurangan vitamin dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kulit pecah-pecah. merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh. Vitamin B12 juga termasuk dalam salah satu jenis vitamin yang berperan dalam pemeliharaan kesehatan sel saraf. atau dikenal juga dengan istilah piridoksin.Di dalam tubuh. hati. gangguan sistem pencernaan. ginjal.Telur. dan ikan. seperti ragi. Vitamin B6 Vitamin B6. pembentukkan platelet darah. dan iritasi kulit . dan insomnia Vitamin B12 Vitamin B12 atau sianokobalamin merupakan jenis vitamin yang hanya khusus diproduksi oleh hewan dan tidak ditemukan pada tanaman. jagung. mudah lelah lesu.Vitamin B3 termasuk salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani. keram otot. tekanan darah tinggi. Vitamin ini berperan sebagai salah satu senyawa koenzim A yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak. penyembuhan migrain. vitamin ini juga berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibodi sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap antigen atau senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh. seperti spingolipid dan fosfolipid. Vitamin ini berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi. kacang-kacangan. dan mual. muntahmuntah. daging unggas.Vitamin B3 juga dikenal dengan istilah niasin.

Bagian tubuh yang paling banyak dipengaruhi oleh vitamin ini adalah tulang. seperti otot. Akumulasi vitamin C yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan batu ginjal. serta produk olahannya. sendi.Melalui mekanisme inilah vitamin C berperan dalam menjaga kebugaran tubuh dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit. seperti kanker.[1] Penyakit lainnya adalah osteomalasia.Di dalam tubuh. Vitamin D Vitamin D juga merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani.Selain itu. Penyakit ini biasanya ditemukan pada remaja. vitamin C juga berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit. berkurangnya berat badan. Vitamin ini juga berperan dalam penutupan luka saat terjadi pendarahan dan memberikan perlindungan lebih dari infeksi mikroorganisme patogen. dan rusaknya sel darah merah. Terkait dengan sifatnya yang mampu menangkal radikal bebas. dan dehidrasi berlebihan. Defisiensi vitamin C juga dapat menyebabkan gusi berdarah dan nyeri pada persendian. dan jaringan penyokong lainnya.Vitamin C merupakan senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dari polusi di sekitar lingkungan kita. sedangkan pada manula. penyakit yang dapat ditimbulkan adalah osteoporosis. vitamin C berperan dalam menjaga bentuk dan struktur dari berbagai jaringan di dalam tubuh. dapat diturunkan. tulang. dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X. yaitu hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebihan di dalam tulang. Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tubuh mengalami diare. vitamin C dapat membantu menurunkan laju mutasi dalam tubuh sehingga risiko timbulnya berbagai penyakit degenaratif.Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet). susu. Bila kadar vitamin D rendah maka tubuh akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal. gigi akan mudah mengalami kerusakan dan otot pun akan mengalami kekejangan. Di samping itu. antara lain ikan. . gangguan saluran pencernaan. yaitu kerapuhan tulang akibatnya berkurangnya kepadatan tulang. seperti keju. Vitamin D ini dapat membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. telur. muntah-muntah.

mata. kuning telur. Selain itu. Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit. kuning telur. Fl dan Si untuk pembentukan dan pertumbuhan gigi sedang P dan sekolah luar biasa untuk penyusunan protein jaringan. Selain itu. Vitamin K Vitamin K banyak berperan dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan penutupan luka. vitamin ini juga dapat melindungi paru-paru manusia dari polusi udara. sel darah merah hingga hati. ayam. dan sayuran segar yang merupakan sumber vitamin K yang baik bagi pemenuhan kebutuhan di dalam tubuh. Ada tiga fungsi utama mineral yaitu: 1. Sebagai kompenen utama tubuh (structural element) atau penyusun kerangka tulang. Sebagai aktifator atau terkait dalam peranan enzyme dan hormon. . vitamin K juga berperan sebagai kofaktor enzim untuk mengkatalis reaksi karboksilasi asam amino asam glutamat. Defisiensi vitamin ini akan berakibat pada pendarahan di dalam tubuh dan kesulitan pembekuan darah saat terjadi luka atau pendarahan. mulai dari jaringan kulit. MINERAL Mineral Untuk Nutrisi Tubuh Mineral untuk Nutrisi Tubuh mineral merupakan senyawa esensial untuk berbagai proses selular tubuh. kontraksi otot dan respon saraf serta dalam pembekuan darah. dan minyak tumbuhtumbuhan. Ca. Selain itu. kerja sistem enzim. gigi dan otot-otot. sebagai elektrolit yang mengatur tekanan osmuse (Fluid balance). Tanpa adanya mineral. Contoh adalah Na. Nilai kesehatan ini terkait dengan kerja vitamin E di dalam tubuh sebagai senyawa antioksidan alami. Vitamin E banyak ditemukan pada ikan. Ca dan Mg 3. K. kita perlu banyak mengonsumsi susu. Mineral juga berperan penting dalam pembentukkan struktural dari jaringan keras dan lunak. Cl. ragi. kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh.Vitamin E Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh. P. saraf dan otot akan mengalami gangguan yang berkepanjangan. antara lain kemandulan baik bagi pria maupun wanita.Oleh karena itu. tubuh tidak mungkin dapat berfungsi dengan semestinya bahkan dapat mengalami kesakitan hingga kematian. menegatur keseimbangan basa asam dan permeabilitas membran. 2. Mg. FUNGSI MINERAL. Merupakan unsur dalam cairan tubuh atau jaringan.

padi-padian Phosfor (P) Pada gizi manusia P berhubungan erat dengan Ca. keju.Sumber : · susu.. Kalsium (Ca) Fungsi : Di darah sebagai katalisator pembentukan trombin & protrombin.Keduanya merupakan pembentuk tulang. .Di Otot : mempertahankan tonus & kepekaan. . . Bagian dari tulang dan gigi. . oleh karena. kacang-kacangan Yodium / Iodium (I) Mineral ini dibutuhkan 100-300 µg/hari sampai 1 mg/hari. ATPase) . Sumber : · sumber protein hewani · susu & hasil olahnya · daging tanpa lemak · kuning telur · biji-bijian. . ikan teri. : . 1.Mineral yang akan dibicarakan di sini adalah yaitu makromineral dan mikromineral. kuning telur · daun berwarna hijau tua · kacang-kacangan.Sebagai zat pengaktif enzim (lipase.Keduanya membutuhkan vit.Ca & P sumber utamanya susu.Pada Jaringan syaraf sebagai transmisi syaraf. . Sangat berguna pada metabolisme tubuh pada sel hidup.Keduanya sangat dipengaruhi hormon paratiroid. . D untuk absorpsi. 2.

Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Sebagai tambahan. membantu proses metabolisme. keju. Semua sistem didalam tubuh tergantung oleh air. Sumber : Kuning telur dan susu Zat Besi / Ferrum /Fe Berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dan pemeliharaan kemampuan darah membawa oksigen. Kekurangan zat besi anemia adalah kondisi dimana kadar hemoglobin dari sel darah merah menurun mengakibatkan sel darah merah menjadi lebih kecil dan cacat sehingga tidak mampu membawa oksigen yang cukup. Sumber : Terdapat pada daging.Kebutuhan meningkat : -Pertumbuhan anak-anak -Wanita hamil dan menyusui Fungsi : untuk membentuk hormon tiroksin pada kelenjar tiroid. roti dan sayuran hijau AIR Fungsi air di dalam tubuh Air merupakan komponen utama dari tubuh. hidung dan tenggorokan. mengontrol pertumbuhan. rata-rata tiap orang memiliki 60% air dari berat tubuhnya. Sebagai contoh. Kekurangan yodium : -gondok (goiter endemic) -Kretinisme pada anak-anak Sumber -garam beryodium. air dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda. Karena air dapat . air akan membilas racun dari organ vital. makanan laut Flour (F) Flour berperan untuk pembentuk lapisan email gigi yang melindungi dari segala macam gangguan pada gigi. membawa nutrisi ke sel tubuh dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga. yaitu keadaan yang timbul karena tubuh kekurangan air sehingga tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh Anda akan mampu bekerja lebih keras/berat bila mendapatkan air yang cukup. Tiroksin adalah hormon yang mengatur aktivitas berbagai organ. telur.

Sewaktu anda mengalami dehidrasi (kekurangan air) Anda mungkin merasa ingin makan padahal yang Anda butuhkan sebenarnya adalah air. Minum cukup air dapat pula menghindari sembelit. dan kanker usus besar (colon). Daya tahan ini akan melemah apabila Anda dehidrasi (kekurangan air) karena akan menyebabkan lendir mengering.menaikkan simpanan glycogen. suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat Anda bekerja. . Mengurangi resiko terhadap beberapa macam penyakit Para peneliti saat ini meyakini bahwa cairan atau tepatnya air dapat berperan aktif dalam mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit seperti: batu ginjal. Sebagai catatan banyak ahli kesehatan merekomendasikan air sebagai ekspektoran yang efektif untuk mengurangi batuk. Tahan lapar Rasa lapar kadang merupakan penyamaran dari rasa haus. kanker kandung kemih. Anda juga dapat memanfaatkan efek rasa kenyang dari minum air untuk mencegah makan berlebihan. Senjata ampuh melawan masuk angin atau pilek Antibodi dalam lendir yang melapisi kerongkongan berfungsi untuk menjerat virus pilek. Pelembab wajah paling ampuh Dengan minum banyak air membantu kulit Anda tetap kenyal dan kencang serta mengurangi garis-garis dan kerut pada wajah. kanker saluran kencing.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful