P. 1
Modul Pelatihan

Modul Pelatihan

|Views: 45|Likes:
Published by Tubin

More info:

Published by: Tubin on Oct 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2012

pdf

text

original

WOMEN’S DEVELOPMENT CENTRE

Modul Pelatihan Komputer

Pelatihan Komputer untuk Ketua Balai Inong di Banda Aceh yang dilaksanakan di Gedung PT.Telkom Banda Aceh. Pelatihan ini mencakup dasar-dasar microsoft word dan excel serta internet

Menu 4.  Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya. Microsoft Office Word 2007. kemudian Microsoft Office dan Pilih 3.  Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman. seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk  menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Muncul Gambar berikut Menggulung halaman keatas /kebawah Mengatur ukuran huruf bisa juga dengan tekan CTERL. Memperbaiki Teks  Ketika suatu dokumen dibuat. Cara memulai aplikasi Microsoft Word Langkah-langkah : 1. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak. Caranya sebagai berikut : Menggunakan Mouse  Geser pointer mouse yang berbentuk I ke posisi yang anda kehendaki pada area  teks dan klik mouse.[ atau CTRL.Modul Pelatihan Komputer WDC Banda Aceh Modul Microsoft Word A. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:  Tab digunakan untuk mengidentasi /memasukkan teks kedalam pada baris pertama. 2.] Memasukkan Teks Setelah mengenal dasar-dasar layar Word. teks dapat langsung dimasukkan.  Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows. Gunakan  panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu  halaman. 2 .  Tekan enter untuk menambah baris kosong.  Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks. gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. perlu menggulung ke lokasi  yang diinginkan. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program.

L  Rata tengah. E  Rata kanan.N Menyimpan File Untuk menyimpan file yang sudah diketik. Perataan Teks  Rata Kiri. Perhatikan tabel berikut ini. Untuk menambah halaman tanpa harus menunggu halaman penuh.Pada dasarnya halaman akan bertambah dengan sendirinya pada saat ketikan sudah penuh. akan terlihat tampilan seperti 3 . klik atau tekan Ctrl. tekan Ctrl. F3. B.I  Huruf bergaris bawah. pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. klik atau tekan Ctrl. tekan dat tahan Shift. Tekan bebrapa kali untuk mendapatkan hasil yang sesuai Menambah halaman . klik . namun ada kalanya kita ingin menambah halaman pada saat halaman baru setengah. klik atau tekan Ctrl.Enter bersamaan Membuat File Baru Untuk membuat file baru.R  Rata kanan. Mengatur Teks  Huruf Tebal .J Merubah huruf kapital menjadi kecil dan sebaliknya Contoh : KATA  kata  Kata Blok teks jika lebih dari 1 kata. klik atau tekan Ctrl.Klik atau tekan Ctrl. klik atau tekan Ctrl. atau tekan Ctrl.U  Jika sudah diketik dan lebih dari 1 kata maka harus di blok terlebih dulu.  Huruf Miring.Modul Pelatihan Komputer WDC Banda Aceh Menggunakan Keyboard``` Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad. klik dibawah ini. atau tekan Ctrl.S. tekan Ctrl.

jika tidak mau disimpan klik No dan jika tidak jadi keluar tekan Cancel 4 . buat folder dengan klik pada . ketik nama folder misalnya nama sendiri atau nama yang sesuai keperluan. Jika ada perubahan yang belum tersimpan maka akan muncul pertanyaan konfirmasi apakah mau disimpan atau tidak. misalnya Data E:.Buka Microsoft Word Tekan Ctrl. lalu klik Open Klik 2x pada nama file yang mau dibuka.O atau klik lalu klik Cari tempat file disimpan. klik di pojok kanan atas. Membuka Dokumen yang sudah disimpan Untuk membuka file yang sudah tersimpan bisa dilakukan dengan beberapa cara: . Klik OK.Modul Pelatihan Komputer WDC Banda Aceh Tentukan tempat penyimpanan pada save in. Jika belum punya nama folder. atau klik 1 x dan klik Open Keluar dari Microsoft Word Untuk keluar dari microsoft Word ataupun dari aplikasi apa saja yang sedang dijalankan. bisa dengan klik My Computer. atau pilih pada look in misalnya pada Data E: Klik pada folder tempat penyimpanan. Ketik nama file disini lalu klik save. Jika mau disimpan klik Yes.

enter Menambah sheet baru    Klik kanan pada nama sheet. Klik Insert Klik OK 5 . Untuk memudahkan pekerjaan maka sebaiknya nama sheet diganti sesuai isinya. Menu Nama File Muncul Gambar berikut Menggulung halaman keatas /kebawah Nama Sheet/ lembaran Mengganti nama sheet Nama sheet standar adalah sheet1. Microsoft Office Excel 2007. sheet2 dan sheet3. Ini akan sangat membantu jika dalam 1 file terdiri banyak sheet dengan isi data yang berbeda-beda Cara mengganti nama sheet:    Klik kanan pada nama sheet Klik Rename Ketik nama sheet yang diinginkan. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program. 2. Cara memulai aplikasi Microsoft Excel Langkah-langkah : 1. kemudian Microsoft Office dan Pilih 3. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.Modul Pelatihan Komputer WDC Banda Aceh Microsoft Excel A.

klik untuk mengurangi desimalnya. 1 Klik Border Klik outline Klik inside Atau klik sesuai keperluan Atau bisa juga dengan klik panah kecil pada dan pilih sesuai keperluan misalnya Membuat angka ada titiknya Contoh: 12000 menjadi 12. D Mencari jumlah total   Klik di bawah angka yang mau di jumlahkan Klik Autosum 6 .Modul Pelatihan Komputer WDC Banda Aceh Membuat judul tabel agar berada di tengah Contoh: Caranya:   Blok cell (kotak pada lembaran kerja) judul sepanjang tabel dibawahnya Klik (Merge & Centre ) CARA MEMBUAT TABEL        BLOK cell yang akan dibuat tabel Tekan Ctrl. untuk menambah jumlah desimal.000    Blok cell Klik Jika tampil desimal dibelakang angka. atau klik Mencari Perkalian      Klik pada cell hasil perkalian Ketik = ( sama dengan) Klik angka pertama (yang mau dikalikan) Klik angka kedua (yang dikalikan) Enter Mengcopy rumus agar baris dibawahnya tidak perlu dibuat rumus   Blok cell yang ada rumus dan cell-cel dibawahnya Tekan Ctrl.

klik new folder Ketik nama Klik OK Ketik nama file.Modul Pelatihan Komputer WDC Banda Aceh  Tekan enter Cara menyimpan         Tekan Ctrl. misal: Latihan berhitung Klik Save Untuk membuka file yang sudah tersimpan caranya sama dengan pada saat membuka Microsoft Word 7 . klik 2 kali pada nama masing-masing Jika belum punya nama.S Pada Save in pilih D:/E: Yang sudah punya nama.

8 .Modul Pelatihan Komputer WDC Banda Aceh Internet Langkah awal membuka Internet Klik 2x pada Mozila Firefox atau Internet Explorer.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->