Ohm-Meter 

Sejarah Alat
Amp dari orang perancis Andre M. Ampere, volt dari seorang Italia Alessandro Volta, dan ohm dari orang german Georg Simon ohm. Simbol matematika dari setiap satuan sebagai berikut “R” untuk resistance (Hambatan), V untuk voltage (tegangan), dan I untuk intensity (arus), standard symbol yang lain dari tegangan adalah E atau Electromotive force. Simbol V dan E dapat dipertukarkan untuk beberapa hal, walaupun beberapa tulisan menggunakan E untuk menandakan sebuah tegangan yang mengalir pada sebuah sumber (seperti baterai dan generator) dan V bersifat lebih umum. Satuan dan symbol dari satuan elektro ini menjadi sangat penting diketahui ketika kita mengeksplorasi hubungan antara mereka dalam sebuah rangkaian. Yang pertama dan mungkin yang sangat penting hubungan antara tegangan, arus dan hambatan ini disebut hokum ohm. Ditemukan oleh Georg Simon Ohm dan dipublikasikannya pada sebuah koran pada tahun 1827, The Galvanic Circuit Investigated Mathematically. Prinsip ohm ini adalah besarnya arus listrik yang mengalir melalui sebuah penghantar metal pada rangkaian, ohm menemukan sebuah persamaan yang simple, menjelaskan bagaimana hubungan antara tegangan, arus, dan hambatan yang saling berhubungan. HUKUM OHM E=IR I=E/R R=I/E

Besarnya hambatan listrik ini ditentukan mengikuti rumusan:

V menyatakan voltase dan I menyatakan besarnya arus listrik yang mengalir .

Pengertian atau Definisi

yang mengukur besar kuat arus. Alat tersebut menggunakan galvanometer untuk melihat besarnya arus listrik yang kemudian dikalibrasi ke satuan ohm. . Pada Ohmmeter prinsipnya adalah benda dialiri listrik dan diukur tahanan listriknya. Amperemeter untuk mengukur ampere (kuat arus listrik).Ohm meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur hambatan listrik yang merupakan suatu daya yang mampu menahan aliran listrik pada konduktor.  Gambar Sebuah Ohm-meter    Jenis-Jenis Alat Bagian-Bagian dari Alat Cara Menggunakan Alat Telah diketahui bahwa tahanan arus listrik suatu benda baru dapat diukur bila dialirkan arus listrik ke benda tersebut. tidak diperlukan sumber arus listrik karena sumbernya adalah benda yang diukur tersebut. Pada umumnya ohmmeter tidak berdiri sendiri. Sedangkan pada Ampermeter.

sama halnya dengan air yang mengalir pada sebuah pipa. Hukum OHM Pada dasarnya sebuah rangkaian listrik terjadi ketika sebuah penghantar mampu dialiri elektron bebas secara terus menerus. Dalam hal ini. banyaknya tegangan dan hambatan sering digunakan untuk menyatakan antara atau melewati titik pada suatu titik. dan juga jumlah dari hambatan dalam sebuah rangkaian untuk menghambat lajunya arus.   Ketelitian Cara Mendapat Ketelitian . Ketika kita berbicara mengenai jumlah tegangan pada sebuah rangkaian. Gerak berlawanan ini yang biasanya disebut dengan hambatan. Satuan SI untuk Hambatan adalah Ohm (R). Hambatan listrik dapat dirumuskan sebagai berikut: R=V/I Atau di mana V adalah tegangan dan I adalah arus. Setiap unit ukuran ini dinamakan berdasarkan nama penemu listrik. Tegangan adalah sebenarnya nilai dari potensial energi antara dua titik. atau bergerak berlawanan. Sama halnya dengan tegangan hambatan ada jumlah relatif antara dua titik. Tenaga yang mendorong electron agar bisa mengalir dalam sebauh rangkaian dinamakan tegangan. Tanpa kedua titik tersebut istilah dari tegangan tersebut tidak ada artinya. Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya. Besarnya arus didalam rangkaian adalah jumlah dari energi yang ada untuk mendorong elektron. Aliran yang terus-menerus ini yang disebut dengan arus.voltmeter untuk mengukur volt (besar tegangan listrik) dan ohm meter untuk mengukur ohm (hambatan listrik) menggabungkan fungsi mejadi satu kesatuan yang disebut Avometer (ampere volt meter) atau disebut juga Multimeter. dan sering juga disebut dengan aliran. Elektron bebas cenderung bergerak melewati konduktor dengan beberapa derajat pergesekan. maka kita akan ditujukan pada berapa besar energi potensial yang ada untuk menggerakkan electron pada titik satu dengan titik yang lainnya.

. panjang dan bentuk lain dari persamaan fisika. Standard yang digunakan pada persamaan tersebut adalah arus listrik. tegangan.Untuk menemukan arti dari ketetapan dari persamaan dalam rangkaian ini. dan hambatan. kita perlu menentukan sebuah nilai layaknya kita menentukan nilai massa. isi. Standar ini digunakan pada disiplin ilmu fisika dan teknik. Symbol yang digunakan adalah standar alphabet yang digunakan pada persamaan aljabar. dan dikenali secara internasional.

.

Salah satu daripada pirometer bukan sentuh yang paling biasa ialah pirometer penyerapanpemancaran yang merupakan termometer untuk menentukan suhu gas berdasarkan ukuran sinaran yang dipancar oleh sumber rujukan tertentukur sebelum dan selepas sinaran itu melalui dan diserap sebahagiannya oleh gas. Kemudian. kalibrasi skala ampere meter sehingga skala terendah menunjukkan angka nol derajat C. namanya thermistor. Karena hambatan listrik biasanya dapat diukur secara tepat. Kedua-dua ukuran itu diambil pada jarak panjang gelombang yang sama. PYROMETER Pirometer dicipta oleh Pieter van Musschenbroek. dan skala tertinggi menunjukkan angka x derajat C. Pada termometer hambatan. Cara Kerja: Prinsip kerja optical pyrometer adalah membandingkan intensitas cahaya dari cahaya yang diterima dengan cahaya dari lampu yang ada didalam unit. dan merupakan peranti ukur suhu yang mengandungi berbagai-bagai susunan. Jenis pirometer yang mudah menggunakan termoganding yang diletakkan di dalam relau atau pada benda yang hendak diukur. Besar kecilnya hambatan thermistor akan memainkan besar kecilnya arus yang mengalir pada rangkaian tersebut. beban (biasanya lampu). Bisa saja secara sederhana dibuat termometer listrik dengan menggunakan baterai. thermistor. Istilah ini juga boleh dipergunakan untuk apa yang dipanggil pirometer optik yang merupakan satu kelas peranti bukan sentuh untuk mengukur suhu-suhu yang melebihi 600 °C. Ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu logam yang berbara di dalam kilang keluli atau faundri. dan ampere meter. maka kalibrasi diperlukan untuk setiap range temperatur. biasanya diukur perubahan hambatan listrik suatu kumparan kawat tipis atau silinder karbon atau kristal germanium. Kelemahan yang utama adalah apabila warna target putih atau cenderung terang seperti batu tahan api maka diperlukan konpensasi temperatur karena akurasi maksimal pyrometer ini pada sampel target yang berwarna hitam. Terdapat banyak jenis termoganding dan kesemuanya ini boleh digunakan untuk mengukur suhu antara -200 °C hingga melebihi 1500 °C. biasanya menggunakan sifat elektris suatu materi.TERMOMETER HAMBATAN LISTRIK Termometer yang lebih akurat alias lebih tepat. maka hambatannya bisa mengecil (atau membesar bergantung jenis thermistor). maka termometer hambatan bisa mengukur suhu secara lebih tepat daripada termometer biasa Cara Kerja: Ada sebuah komponen yang reaktif terhadap suhu. Output voltan termoganding dibaca daripada meter digital atau analog yang ditentukur dalam darjah Celsius (C) atau Fahrenheit (F). Bila suhu yang diterima thermistor naik. Misalnya termometer hambatan. .