PANITIA LOMBA KOMPETENSI SISWA

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TINGKAT KABUPATEN TAPANULI UTARA

TAHUN 2011

SOAL LOMBA KOMPETENSI SISWA SMK TINGKAT KABUPATEN

Computer Server

UTP (RJ45) wireless (WIFI)
UTP (RJ45)

Laptop/notebook clien

Printer Server

Computer clien

network topology that will be installed

according to the network topology scheme above, participants have to do : 1. 2. 3. 4. Assembly a computer server Installation for the server operating system uses Linux Ubuntu and it’s configuration Installation for the client operating system uses Microsoft Windows 7 and it’s configuration Network : a. b. c. d. e. f. g. h. i. j. k. l. Install a UTP CABLE with RJ45 connector for connect server to Wireless Access Point Configuration the Wireless Access Point to connect it with client Install a UTP CABLE with RJ45 connector for connect Wireless Acces Point to Computer Client Share the printer on Server so it can be access from client Make a folder named “data umum” in server for shared to client Make the name of network group is your school IP address DHCP Server Firewall Network troubleshooting Secure the network so that anyone can’t access your network Connect the printer to the server and access it from computer client

COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT

Instalasi Sistem Operasi untuk Server dan konfigurasinya 3. Perakitan komputer Router 2. Tidak tertutup kemungkinan peserta dapat menyelesaikannya dalam waktu kurang dari waktu yang COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT . Troubleshooting Jaringan Peserta diberi waktu sebanyak 12 jam untuk menyelesaikan soal-soal lomba. Networking:  Pemasangan Kabel UTP dan RJ45  Instalasi dan setting Access Point 6. Instalasi Sistem Operasi untuk PC Router dan konfigurasinya 4. PC Router:  Konfigurasi PC-Router  Konfigurasi Firewall 7. setiap peserta lomba harus melakukan beberapa hal sebagai berikut: 1.PANITIA LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2011 KISI-KISI LOMBA KOMPETENSI SISWA SMK TINGKAT KABUPATEN Dari bentuk gambar di atas. Konfigurasi dan Administrasi Server:  DHCP  DNS  HTTP  Mail  Web Mail  FTP  Proxy  NTP 8. Instalasi Sistem Operasi untuk Laptop Client dan konfigurasinya 5.

4. cable tester. PC Server. dan Tool Set Keterangan Disediakan panitia (siap untuk bongkar pasang) 2.disediakan. Jenis kebutuhan LINUX UBUNTU untuk Server Windows 7 Driver untuk PC Client. Disediakan panitia (siap untuk bongkar pasang) 3. 4. IV atau lebih  RAM 1 GB atau lebih  HDD 80 GB atau lebih  LAN Card ONBOARD  LAN Card Eksternal  CD/DVD ROM Drive  Monitor  Keyboard + mouse Laptop/Notebook/Netbook Client Printer Wireless Acces Point (WAP) Switch / HUB Kabel UTP dan RJ45 Crimping tool. 6. 7. 8. IV atau lebih  RAM 1 GB atau lebih  HDD 80 GB atau lebih  LAN Card ONBOARD  LAN Card Eksternal  CD/DVD ROM Drive  Monitor  Keyboard + mouse PC Client (sama dengan PC Server)  sekelas P. PANITIA LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2011 DAFTAR KEBUTUHAN HARDWARE: No 1. 2. 5. 3. Jenis kebutuhan PC Server :  sekelas P. Dibawa oleh peserta (siap untuk di instal ulang) Disediakan panitia Dibawa oleh peserta Disediakan panitia Disediakan panitia Disediakan panitia DAFTAR KEBUTUHAN SOFTWARE: No 1. LAN CARD dan Printer Paket software dan driver Laptop/Notebook/Netbook Client Keterangan Disediakan panitia Dibawa oleh peserta Disediakan panitia Dibawa oleh peserta COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT .

Materi lomba bidang IT/Networking Support akan dipublikasikan secara terbuka. maka Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Dinas Pendidikan harus memperkuat daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor dengan mengandalkan pada kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi dan manajemen dan selalu berusaha menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing. juga membuka persaingan yang semakin ketat dan tajam di segala bidang pekerjaan. Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh Kabupaten Tapanuli Utara sesuai dengan Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian IT/Networking Support 3. 2. II. Pendahuluan Tiada dapat kita pungkiri bahwa Era globalisasi memberi dampak ganda yaitu di samping membuka kesempatan kerjasama yang seluas-luasnya antar negara. Perlombaan ini menganut sistem fair play.PANITIA LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2011 I. Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian IT/Networking Support kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja. COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT . yakni berlomba pada batasan yang sudah diketahui sebelumnya. Pada LKS tahun ini ditambahkan beberapa materi lomba yang terkait dengan konfigurasi jaringan yang dapat menyediakan akses Internet bagi jaringan tersebut. kemampuan yang dituntut adalah kemampuan bekerja dengan tepat dan cepat. TUJUAN 1. sehingga setiap peserta dapat mempersiapkan diri sebelum mengikuti LKS tingkat Kabupaten ini. Untuk menghadapi tantangan tersebut diatas. Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian IT/Networking Support. Penyelenggaraan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sebagai wujud nyata salah satu upaya dalam pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Dinas Pendidikan. Persiapan-persiapan yang dilakukan oleh peserta adalah menguji coba seluruh item-item lomba praktek untuk kelancaran kerja peserta pada saat proses lomba.

Setiap sekolah hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif. IV. Tercatat sebagai siswa aktif di SMK negeri atau Swasta program keahlian IT/Networking Support di Kabupaten Tapanuli Utara dalam tahun pelajaran 2011/2012 yang duduk di Kelas XI (sebelas) 3. Lomba dibagi menjadi 6 sesi yang harus dikerjakan secara berurutan. Adapun bobot untuk setiap sesi lomba adalah sbb:   Sesi 1 Sesi 2 : Soal Teori : Soal Praktek   PC Assembly Operating System Installation     PC Server Operating System Installation PC Client Operating System Installation Laptop/Notebook/Netbook Operating System Installation Cabling and Acces Point      Cabling and RJ45 Wireless configuration Time Syncronization Printer Sharing (40 poin) (5 poin) (20 poin) (80 poin) (10 poin) (15 poin) PC Server Configuration        DHCP Server configuration DNS Server configuration HTTP Server configuration Mail Server configuration Web Mail Server configuration FTP Server configuration Proxy Server configuration COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT . PESERTA Peserta adalah siswa SMK dengan kriteria sebagai berikut : 1. 2. MATERI LOMBA a) Lingkup Lomba Soal lomba terdiri dari soal teori dan soal praktek. juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya. III. untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya. Membawa Surat Tugas dari Sekolah yang bersangkutan 4. Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.4.

TIM PENGUJI (JURI) Tim penguji atau dewan juri sebanyak 2 (dua) orang yang terdiri dari Penguji Internal dari kalangan akademisi yang mengerti Networking Support dan Penguji Eksternal dari kalangan DUDI juga yang mengerti Networking Support VII. Para Juara ditentukan langsung oleh Juri meliputi: Juara I.   Time Synchronization Synchronization (5 poin) (5 poin) Network Troubleshooting Fixing Network Connection V. II. dan III . diber hukan kemudian panitia COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT SE-KABUPATEN . JUARA LOMBA Juara Lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Apabila ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka akan ang diadakan tes wawancara oleh setiap juri untuk menggali lebih lanjut pengetahuan di bidang IT/Networking Support. VIII. TEMPAT DAN JADWAL LOMBA Adapun lokasi LKS SMK Tingkat kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2011 akan 2011 kabupaten diberitahukan kemudian oleh panitia. ALUR PELAKSANAAN L MBA LOMBA VI.

30 WIB 10. 3.00 WIB 13. Pengumuman.00 WIB 17.45 WIB 10.00 WIB 13. 9. Berpakaian resmi sekolah (boleh menggunakan pakaian praktek atau seragam SMK) yang rapi. Peserta lomba wajib melakukan pemeriksaan peralatan dan kebersihan lingkungan kerja.00 WIB 09.00 WIB 08. dan atau melebihi 1 jam dari jadwal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.00 WIB 10. TATA TERTIB LOMBA Peserta diharapkan: 1. 10.00 WIB 10. 4. diharapkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitia. Peserta lomba menempati/menggunakan peralatan lomba sesuai hasil undi.00 WIB 17. dan Penutupan 1.00 WIB 13. tidak dibenarkan menulis dengan pensil kecuali untuk Lembar Jawaban Komputer Soal Teori 11.00 WIB 09. Hari/Tanggal Jumat. 7. 5. Tidak diperbolehkan menggunakan tip-ex untuk menghapus kesalahan. Kesalahan hendaknya dicoret pada kata/angka yang salah dan ditulis kata/angka yang benar.30 WIB 10. 7 Oktober 2011 Waktu 07. 8 Oktober 2011 IX.II Snack Lanjutan Pelaksanaan Lomba Praktek Hari ke .00 WIB 15.45 WIB 11.00 WIB 08.00 WIB 10. 8. Peserta yang tidak hadir sesuai dengan jadual.00 WIB 12.00 WIB 08. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum lomba dimulai. 6.00 WIB 12. Hanya satu orang yang menjadi peserta mewakili sekolah masing-masing dengan Surat Penunjukan dari Kepala Sekolah. Tidak dibenarkan peserta diganti di saat lomba tengah berlangsung. Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang ujian.15 WIB 10.00 WIB 12. 2.II ISOMA Lanjutan Pelaksanaan Lomba Praktek Penilaian.00 WIB 10.00 WIB 11. Peserta harus hadir pada saat ‘technical meeting’. Sabtu. COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT .00 WIB 13. Mengerjakan tugas dengan menggunakan pena/ballpoint.00 WIB 15.00 WIB - Kegiatan Registrasi peserta Pemberian nomor peserta Pembukaan Techical Meeting Keterangan Ujian Teori Pengumpulan LJK Soal Teori Snack Pelaksanaan Lomba Praktek ISOMA Lanjutan Pelaksanaan Lomba Praktek Lanjutan Pelaksanaan Lomba Praktek Hari ke . Wajib mengisi daftar hadir pada saat sebelum lomba dimulai.Perkiraan Jadwal Lomba No 1.15 WIB 12.

PENUTUP Hal-hal yang belum tercantum dalam lembar ini akan diinformasikan pada saat technical meeting COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT . Kegagalan/keterlambatan pekerjaan tidak diberikan toleransi (misalnya hasil kerja hilang/rusak karena lupa belum di-save). X. Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian. Kerusakan peralatan (hardware/software) akibat kesalahan prosedur yang dilakukan peserta. 16. menjadi tanggung jawab peserta itu sendiri. 13. maka dianggap gugur/mengundurkan diri.12. Peserta tidak dapat melanjutkan lomba dikarenakan sakit atau hal-hal lain. Tidak dibenarkan menggunakan peralatan (hardware/software) di luar ketentuan yang ada. 14. 17. 15. Peserta tidak dibenarkan berkonsultasi atau mendapat pengarahan teknis dari siapapun tentang pekerjaan (job) pada waktu kegiatan berlangsung kecuali dari tim juri.

Peserta yang dinilai : No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23   Jenis / Materi Lomba Sesi 1 : Soal Teori Sesi 2 : Soal Praktek  PC Assembly  Operating System Installation  PC Server Operating System Installation  PC Client Operating System Installation  Laptop/Notebook/Netbook Operating System Installation  Cabling and Acces Point (5 poin)  Cabling and RJ45  Wireless configuration  Time Syncronization  Printer Sharing  PC Server Configuration (40 poin)  DHCP Server configuration  DNS Server configuration  HTTP Server configuration  Mail Server configuration  Web Mail Server configuration  FTP Server configuration  Proxy Server configuration  Time Synchronization  Network Troubleshooting  Fixing Network Connection Juri 1 Juri 2 TOTAL NILAI Juri 1 Internal Juri 2 Eksternal (_________________________) (_________________________) COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT .PANITIA LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2011 LEMBAR PENILAIAN (untuk dewan juri) No.

PANITIA LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2011 REKAPITULASI NILAI KESELURUHAN NO 1 2 3 4 5 6 Nomor Peserta Nama Peserta Asal Sekolah Total Nilai Peringkat Juri 1 Internal Juri 2 Eksternal (_________________________) (_________________________) COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT .

PANITIA LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2011 REGISTRASI PESERTA NO 1 2 3 4 5 6 Nama Peserta Nomor Peserta Asal Sekolah Guru Pendamping Tarutung. Oktober 2011 Panitia Registrasi. (_________________________) COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT .

1 KISI . kelebihan dan kekurangannya Memasang RJ45 dan menyambungkannya Memasang Wireless Access Point Menjelaskan desain jaringan LAN Menentukan pengalamatan IP dalam Jaringan Menjelaskan pemasangan jaringan kabel dan wi-fi Menjelaskan langkah mengevaluasi lalu lintas jaringan.PANITIA LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2011 KISI-KISI SOAL PILIHAN BERGANDA No.KISI Pengetahuan dasar komputer Indikator Jenis Hardware dan fungsinya Software dan fungsinya (Linux dan Windows EULA (End User Licensed Agreement) HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Mengidentifikasi langkah-langkah instalasi komponen PC Merakit komputer Menyebutkan persyaratan instalasi pada sistem operasi Menjelaskan perintah-perintah yang dipakai pada sistem operasi Menginstalasi Komputer Mengidentifikasi macam-macam topologi jaringan. Menjelaskan kerusakan-kerusakan yang sering terjadi dalam jaringan LAN Menjelaskan kebutuhan sistem operasi untuk server sesuai dengan penggunaan Mengidentifikasi perangkat server sesuai dengan penggunaan Mengidentifikasi jenis keamanan jaringan Menjelaskan Hak Akses dan pembatasan User 2 Merakit dan Menginstal Komputer 3 Topologi Jaringan dan pemasangannya Mampu mendesain Jaringan LAN 4 5 Menunjukkan ketrampilan dalam menganalisa gejala kerusakan dalam jaringan LAN Mengadministrasi server dalam jaringan 6 Menentukan jenis keamanan jaringan COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT .

Klik install – klik continue .. dapat dipakai bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus b.PANITIA LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2011 Soal Pilihan Berganda 1. biaya yang harus dibayar lebih murah c. 4. yakni... Monocrom-Demolator Salah satu keuntungan dari cable modem bila dibandingkan dengan modem telepon. Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data adalah : a. a. 6. merekatkan dengan pendingin c. 3. Klik setup – masukkan CD Key – klik continue – klik I accept the terms of this agreement dst d. Menangani masalah kecepatan memproses data c.. Menangani masalah kualitas grafik Silicon grease yang dioleskan di cpu berfungsi . Storage Device e.. a.. Processor c. a. seluruh anggota keluarga dapat mengakses internet tanpa pengawasan e. COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT . mempercepat kinerja komputer d. RAM d. Dobel Klik install – masukkan CD Key – klik continue – klik I accept the terms of this agreement . a. Menangani masalah kualitas hardcopy d.masukkan CD Key – klik I accept the terms of this agreement dst b.klik continue dst e. kecepatan upstream dan downstream seimbang d. Menangani masalah banyaknya data yang akan diolah b. Modulasi-Demulasi c. memperlancar penghantaran panas ke pendingin b.. Input Device b.. merupakan pilihan tepat untuk membuka server Langkah awal memulai instalasi software MS Office 2007 lewat CD adalah.. Mono-Demulasi e. VGA Card Processor adalah hardware yang paling tepat menangani masalah : a. Modulator-Demulator b. mempercantik tampilan cpu Modem merupakan singkatan dari . Monitor-Demonisasi d. Menangani masalah kualitas softcopy e. menghindari dari kerusakan ram e. 5.dst c. Dobel Klik setup– masukkan CD Key – klik continue – klik I accept the terms of this agreement – dst 2. Dobel Klik setup – masukkan CD Key –– klik I accept the terms of this agreement ...

11.. 25 jam d. regional setting b. 13.. Prosesor Min 300 Mhz b. language setting c. Start – explore – program files . 2015 detik b. a.. Start – control panel – add hardware – program – remove b.. a. Langkah untuk melepas software aplikasi dari system windows XP adalah . Start – control panel -add remove program . mematikan komputer b. time setting d. system setting Persyaratan minimal hardware untuk windows XP adalah . Salah satu fungsi jaringan komputer adalah sebagai berikut. hardware yang memerlukan driver d. hardware yang bisa langsung dipakai c...... RAM 128 Mb c. Komputer tidak dalam jaringan 14. software yang up to date e. Monitor LCD Tanda gembok ( ) dibawah ini maksudnya adalah … a. 8.. mereset komputer e. 10.. fat 16 b. Jaringan tidak terkoneksi d. a. a.add remove program . Ntfs d. ext3 Konfigurasi bios dapat dihilangkan dengan cara .. software yang siap pakai b.kecuali .. Sharing printer COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT .7. 503 menit c.. Waktu yang dibutuhkan untuk mendownload data sebanyak 260 Mb adalah... 12.. kecuali… a...5 Gb d. Firewall diaktifkan c.dellete e.delete c.remove Sistem file yang paling aman pada windows adalah . Jika diketahui kecepatan akses sebuah jaringan adalah 128 kbps. a. ext2 e..dellete d. Kabel LAN tidak tersambung b. membukan cpu d. a.. HardDisk Free Space 1.... Start – control panel . fat 32 c. melepas batre cmos c. CD-ROM / DVD e. Sharing file / data b.57 jam e. 570 menit 15. hardware yang terbaru Untuk mengubah tampailan pada desktop menjadi setting jam indonesia dilakukan melalui . LAN Card tidak terpasang e. date setting e. menginstal ulang komputer Plug and play merupakan istilah di windows yang pengertianya adalah . 9.. 0. Start – control panel – add hardware – program . a.

168. 4-4.0 c. 6-2. 2-1. 8-1 d. ifconfig etho 192.255 netmask 255.0 d. 7-8. Oranye – oranye putih – hijau – biru – biru putih – hijau putih– coklat – coklat putih e. 7-7. 1-2. ifconfig eth 192. ifconfig eta 192. kecuali…….1. 18. 4-3.1. Biaya operasional yang besar d. 5-6.255 netmask 255. Teleconference e. Mailing list d.255. 6-7. 6-6.255.255.1 broadcast 192.0 b.168.1.168.168. 20. 5-5.1. 4-4.1. 2-5. Oranye putih – oranye – hijau putih – biru – biru putih – hijau – coklat putih – coklat b.168. a.1.1. c. 8-8 b. kecuali… a.255. 7-7. 7-8. 3-1. Sistem backup lebih baik c.1 broadcast 192. 1-3. 1-2.1. 8-8 Dibawah ini adalah permasalahan pada kabel UPT. 2-3. 8-8 c. 4-5.168. 6-6. 3-1. Urutan kabel salah e. ifconfig eth0 192.255. 3-4. 1-1.168. Sistem keamanan terjamin e. 8-7 e. 4-4.. Kabel star d. Konektor longgar b.255 netmask 255. Administrasi jaringan lebih baik Skema kabel lurus (straight cable) antara konektor 1 dan konektor 2 pada kabel UTP yang benar adalah … a. Oranye putih – oranye – hijau putih – biru putih – biru – hijau – coklat putih – coklat Skema kabel silang (cross cable) antara konektor 1 dan konektor 2 pada kabel UTP yang benar adalah … Konektor 1 Konektor 2 Pin Pin Oranye putih 1 1 Oranye putih Oranye 2 2 Oranye Hijau putih 3 3 Hijau putih Biru 4 4 Biru Biru putih 5 5 Biru putih Hijau 6 6 Hijau Coklat putih 7 7 Coklat putih Coklat 8 8 Coklat a. 5-5.1 broadcast 192. Monitor rusak Untuk mengganti/membuat IP Address pada linux digunakan perintah… a. 17. 2-6.1.255 netmask 255.255. 3-4. 6-5.168.0 e. 3-3. Oranye putih – oranye – hijau – biru – biru putih – hijau putih– coklat putih – coklat d. Kecepatan akses lebih tinggi b.0 COPYRIGHT 2011 @PANITIA LKS SMK SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA BIDANG LOMBA NETWORKING SUPPORT . Resistor pada terminator rusak c.1.1 broadcast 192. 5-6.255. ifconfig 192.255.255 netmask 255. 1-3. 7-7.255.1 broadcast 192. 2-2. Oranye putih – oranye – hijau putih – hijau – biru putih – biru – coklat putih – coklat c.255.168. Reading Salah satu keunggulan jaringan client server adalah sebagai berikut ini. 19. 5-2.168.16.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful