utorial: Trik di Ms Excel

Trik-trik yang saya tulis di bawah ini saya dapet selama bekerja dengan excel untuk keperluan administrasi kelas selama saya mengajar.
    

Nomor Urut Otomatis Konversi Bilangan ke Huruf Membuat rangking Rumus Kelulusan UN 2008 Rumus Kelulusan UN 2011

Jadi bukan mau ngajarin tapi sekedar share aja, siapa tahu bermanfaat buat yg lain juga. Buat yang punya trik-trik baru silahkan posting juga di sini, biar ilmunya bermanfaat

Nomor urut otomatis
Biasanya nomor urut otomatis di excel kita buat dengan memasukkan angka ―1″ pada sel di baris pertama, lalu angka ―2″ dibaris berikutnya, kemudian dicopy (drag) dengan mouse. Pembuatan nomor urut pada excel bisa juga menggunakan cara lain yaitu dengan memasukkan angka ―1″ pada baris pertama, lalu di baris berikutnya menggunakan formula ―=<alamat sel yg berisi angka 1>+1″. Misalnya angka ―1″ ada pada sel A4, maka pada sel A5 masukkan : =A4+1, lalu sel yang berisi rumus tadi (A5) di copy ke bawah. Keuntungannya, jika kita ingin mereset urutan nomor, dapat dilakukan dengan menyisipkan angka 1 kembali di tengah urutan.

Nomor urut otomatis berulang
Nomor urut berulang, buat pada sel A5 masukkan rumus =if(A4>=n,1,A4+1) n=nilaiterbesar dari urutan nilai, misalnya kita ingin nomor urut 1 s/d 10, lalu kembali ke 1. maka n diganti 10.

Konversi bilangan ke huruf
Nilai puluhan dapat di konversi ke huruf dengan sedikit rumus. Misalnya dengan menggunakan fungsi vlookup. A. buat tabel acuan

Angka di kolom A diberi awalan single apostrop (‗) agar tersimpan pada sel dengan notasi string. B. Buat rumus vlookup =CONCATENATE(VLOOKUP(LEFT(E2,1),$A$2:$C$1 1,2),‖ ―,VLOOKUP(RIGHT(E2,1),$A$2:$C$11,3)) Rumus vlookup sebenarnya dapat di letakkan di sheet lain agar tidak mengganggu tabel, penambahan ‗$‘ agar alamat tabel aray menjadi absolut.

Membuat rangking berdasarkan nilai
Untuk mengetahui rangking berdasarkan nilai, Ms Excel telah menyediakan sebuah fungsi khusus yaitu : =rank(nilai,daftar nilai,order)

jadi untuk jenjang lain silahkan lakukan perubahan seperlunya. Standar nilai kelulusan untuk setiap jenjang mulai SMA. Kemudia pada Cel ―i5″ dimasukkan sebuah kriteria untuk fungsi COUNTIFdengan isi ―>=6″. Apabila kriteria di atas tidak tercapai. dan lima mata pelajaran lainnya harus mencapai nilai sekurang-kurangnya 6. Setelah membaca kriteria kelulusan barangkali rumus ini bisa digunakan nanti. .25 (ini kriteria pertama). atau selain 0 untuk pengurutan menaik) Rumus kelulusan UN SMP 2008 Peningkatan standar kelulusan UN sudah ditetapkan. Contoh yang saya buat untuk rumus kelulusan tingkat SMP. nila-nilai minimal dapat dimasukkan dalam fungsi atau di dalam sel sebagai referal seperti contoh disini. Jadi kalau masih belum benar ya silahkan dikoreksi kalau dianggap benar. yaitu rata-rata minimal 5. Karena ada dua skenario lulus. Tapi harus diuji coba dulu (mumpung masih banyak waktu ).00 hanya pada satu mata pelajaran yang di-UN-kan. maka ada kriteria kedua yang mensyaratkan: boleh terdapat nilai 4. MA. Khusus untuk siswa SMK nilai mata pelajaran kompetensi keahlian minimal 7. lepas dari pro dan kontra seputar pelaksanaan Ujian nasional beberapa rekan menanyakan cara membuat rumus kelulusan UN dengan Ms Excel.nilai= adalah sebuah bilangan yang ingin diketahui rangking-nya daftar nilai = adalah range yang berisi nilai-nilai yang akan diranking order = diisi 0 untuk descending (urutan menurun. SMK. SMP hingga SD semua sama. berarti rumus dimulai dengan operator logika ―OR‖ dst.25.25 dengan tidak ada nilai di bawah 4. hati-hati siapa tau kebijakan berubah .00 dan mencapai nilai rata-rata minimal 5.00 dan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata UN SMK tersebut.

Caranya.‖TIDAK LULUS‖) Kalau gambarnya kurang jelas silahkan download file contoh di : file contoh rumus un2008.F2>=5. tapi saat saya buka di Excel tidak memerlukan perubahan sama sekali(fully compatibel). siapkan sheet khusus untuk leger nilai (setahu saya semua wali kelas sudah diharuskan membuat leger).Rumus untuk keterangan ―Lulus‖ dan ―Tidak Lulus‖ adalah sbb : =IF(OR(AND(F2>=I$2.MIN(B2:E2)>=I$3). kemudian siapkan sheet baru untuk rapor individual siswa.25)).‖LULUS‖.AND(MIN(B2:E2)>=I$4. buat form nya. Gambar menunjukkan sheet raport.I$5)=3. Akhirnya saya coba buat dalam satu file spreedsheet. . COUNTIF(B2:E2.xls Membuat Rapor kelas dari nilai leger Awalnya saya membuat leger menggunakan mail merge dengan menggabungkan database nilai ke dokumen Ms Word. setelah dicoba ada sedikit kelemahan dalam fleksibilitas data dan penentuan ukuran. sebenarnya aplikasi yang saya gunakan Open Office.

B3<4.C3<4. cukup rata-rata 5.Rumus yang digunakan berupa link ke sheet lain. dibandrol 284 dolar per 2 user license-nya. B3. statistik tingkat lanjut serta fungsi logika tentu saja. setelah angka ―3″ dimasukkan ke sel tersebu. jadi rumus di spreadsheet nya juga ga repot seperti tahun-tahun kemarin. file kemasan fungsi yang paling baik adalah yang ini : Analsis Butir Soal (maaf broken link sementara saya cari fil excelnya di arsip. dengan menggabungkan tools dan fungsi database. rumus kelulusannya kalau nggak salah seperti ini : =IF(OR(OR(A3<4.net/tik/raport. . misalnya siswa nomor 3.E3<5. serta kaidah-kaidah penilaian juga menyita waktu jika dikerjakan secara manual. vlookup.) Rumus Kelulusan SMP 2011 Rumus kelulusan tahun 2011 ini Alhamdulillah sederhana. Sementara aplikasi analisis yang tersedia tidaklah murah. kenapa nggak nyoba dengan onlinetest saja…. concatenate untuk menggabung string dll. Dengan asumsi nilai ada di A3. Kalau bingung file excel contoh raport kelas di download di : http://www.belgia83.5 dan tidak ada nilai dibawah 4.5). maka nilai-nilai pada tabel rapor akan mengambil nilai-nilai siswa yang bersangkutan. Proses analisis butir soal bisa dibuat di Aplikasi spreedsheet seperti Calc atau Excel.‖Tdak Lulus‖. dan pemahaman bahasa. bayangkan aplikasi ITEMAN keluaran Assassment System Corp. merupakan tugas pendidik yang selain berat. Cel yang diwarnai latar merah (i3) merupakan kontrol record dari siswa yang akan di cetak rapornya. lalu enter.D3<4). Dari beberapa contoh analisis butir soal dengan spreedsheet.xls Analisis Butir Soal Pekerjaan menganalisa butir soal.‖Lulus‖) . D4 lalu di E3 nilai rata-ratanya. C3. Mudah bukan …. memerlukan kemampuan tinggi dibidang statistik.

Sekarang coba buka Worksheet Excel Sheet1 dan ikuti contoh seperti Tabel. tips menggabungkan dua kalimat. menggunakan rumusrumus excel. Kita ambil contoh tentang Data Base Hasil Ujian di sekolah disuatu kelas.0 7.1 (Sheet1) atau DB Jika sudah selesai. Membuat Data Base Sederhana. coba perhatikan contoh Tabel. tips menggabungkan dua kata 24 Votes Nah sekarang kita belajar membuat Data base secara sederhana.1 dibawah ini.7 6.Tips Microsoft Excel : Membuat Data Base Sederhana Dan Tabel Pencarian Data Posted by omiyan ⋅ 20 Januari 2010 ⋅ 105 Komentar Filed Under fungsi IF dalam excel. kemudian kita ingin mengolah database yang berguna untuk mengetahui data atau informasi yang kita inginkan dengan maksud dengan sekali mengetikkan suatu data masukan maka data yang muncul adalah sebuah Informasi tentang kondisi dari data tersebut.5 Tabel.6 7. disini kita ingin membuat suatu cara bisa mengetahui berapa nilai ujian anak yang dimaksud dengan cukup mengetikkan Nomor Induk Siswa (NIS) tersebut. dan buatlah sebuah Table seperti Table.3 9.1 tersebut jangan lupa Sheet1 kita ganti nama menjadi DB (maksudnya Database).2 8. ada sebuah data yang berisi Data Siswa dengan Nilai hasil Ujiannya.5 7. Cell 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 A NIS A10001 A10002 A10003 A10004 A10005 A10001 A10002 A10003 A10004 A10005 B Nama Andi Omiyan Agung Yanti Lisa Andi Omiyan Agung Yanti Lisa L L L P P L L L P P C Jenis Kelamin D Bulan Januari Januari Januari Januari Januari Januari Januari Januari Januari Januari E Ujian Ke 1 1 1 1 1 2 2 2 2 2 F Nilai Ujian 8.2 dibawah ini : Cell A NIS 1 Nama 2 Jenis Kelamin 3 4 Bulan 5 B C D E F Ujian Ke Jumlah Nilai Rata-Rata Keterangan . tips komputer. sekarang buka Worksheet Excel Sheet2. tips dan rumus microsoft excel.3 5.2 9. tips excel.8 9.

pindahkan kursor ke Cell B7. Ok Cukup dulu untuk pembuktian coba sekarang ketikkan salah satu NIS di Sheet 2 Cell B2.2.DB!$A$2:$B$11. Perhatikan Tabel.DB!$A$2:$C$11. coba ketikkan rumus dibawah ini : =VLOOKUP(B1. coba siapkan Teh manis hangat plus Sepotong roti atau makanan ringan tapi ingat jangan merokok ya hehehehhe…… Coba ikuti langkah-langkah sebagai berikut : 1. uuntuk itu coba masukkan rumus sebagai berikut : .2. sekarang kita lanjut tapi ingat Teh manis hangatnya diminum dulu ntar keburu dingin lagi hehehehe. di Cell B3 tepat disamping Jenis Kelamin. Masih di Sheet2.2 (Sheet2) Oke kalau sudah siap semua. di Cell B2 tepat disamping Nama.6 7 8 1 Januari 2 Tabel.2. misalkan A10001 maka hasilnya akan muncul : Cell A NIS 1 Nama 2 Jenis Kelamin 3 B A10001 Andi L Jika muncul seperti diatas berarti rumusnya benar sekali. adapun sebuah muncul angka 2 maksudnya kolom yang menjadi patokan pencarian data atau mengadu data atau mencari persamaan hanya 2 kolom sedangkan False adalah sebuah Nilai dari range yang kita lihat benar atau salah. sekarang kita ingin mencari Berapa Sih Nilai Ujian Siwa Tersebut Pada Ujian 1. coba ketikkan rumus dibawah ini : =VLOOKUP(B1. Perhatikan Tabel.FALSE) Artinya kita ingin melihat sebuah nilai yang sama dari Cell B1 yaitu NIS dengan muncul sebuah nama di Cell B2 yaitu Nama (dalam hal ini nama dari NIS dimaksud) dengan melihat data di DB diantara Cell A1 sampai dengan Cell B11. adapun sebuah muncul angka 3 maksudnya kolom yang menjadi patokan pencarian data atau mengadu data atau mencari persamaan hanya 3 kolom sedangkan False adalah sebuah Nilai dari range yang kita lihat benar atau salah.FALSE) Artinya kita ingin melihat sebuah nilai yang sama dari Cell B1 yaitu NIS dengan muncul sebuah nama (kata) di Cell B3 yaitu Jenis Kelamin (dalam hal ini Jenis Kelamin dari NIS dimaksud) dengan melihat data di DB diantara Cell A1 sampai dengan Cell C11.3. 2.

DB!$D$2:$D$11. coba masukkan rumus sebagai berikut : =IF(E7<7.5 B A10001 Andi L Ujian Ke 2 C D E F Jumlah Nilai Rata-Rata Keterangan Untuk melihat Nilai hasil Ujian ke 2 (Cell C7) cukup mencopy rumus sebelumnya. Jika sudah seperti pembuktian pertama coba ketikkan salah satu NIS di Sheet 2 Cell B2.IF(E7=>9.DB!$E$2:$E$11. Tanda $ Cell berarti kita mengunci data tersebut dari sisi kolom.”Baik”.”Cukup”. 4. disini saya menggunakan rumus IF.”Kurang”.IF(E7<8.DB!$A$2:$A$11.Sheet2!B$6) Artinya kita menggunakan rumus SUMIFS karena kita akan mengadu dataatau mencari persamaan lebih dari satu data. Nama Bulan (D2:D11) di DB dengan nama Bulan di Sheet 2 (A7). Ujian Ke (E2:E11) di DB dengan angka dibawah baris Ujian ke di Sheet 2 (B6). Kemudian untuk mencari total dari hasil 2 kali ujian (Cell D7) saya yakin semua sudah pada tahu cukup ketikkan rumus : =SUM(B7:C7) Untuk mencari Nilai Rata-Rata (Cell E7) saya yakin banget semua sudah pada tahu tinggak ketik rumus : =D7/2 Untuk membuat keterangan bisa manual dengan memperhatikan beberapa kriteria misalkan jika nilainya dibawah 7 maka dianggap Kurang kalau diatas 7 berarti dan seterusnya. 5.”Baik Sekali”)))) . Nah disini kita bisa menggunakan Vlookup atau rumus IF. Sheet2!$A7.=SUMIFS(DB!$F$2:$F$11. misalkan A10001 maka hasilnya akan muncul : Cell 1 2 3 4 5 6 7 8 A NIS Nama Jenis Kelamin Bulan 1 Januari 8. 2. disini data yang akan kita adu atau cari persamaannya adalah : 1. 3. 6. Tanda $ Cell berarti kita mengunci data tersebut dari sisi baris.Sheet2!$B$1.IF(E7<9. Nilai ujian (F2:F11) dan NIS (A2:A11) yang ada di DB dengan data NIS di Sheet2 (B1). Tanda $ apabila berada sebelum dan sesudah Cell berarti mengunci data tersebut baik dari sisi kolom maupun baris.

jika sama dengan dan atau lebih dari 9 maka hasilnya adalah Baik Sekali. jika lebih dari 7 tapi kurang dari 8 adalah Cukup. tips menggabungkan dua kata 1 Votes . Jika benar maka kita sudah membuat suatu Data base yang sangat sederhana karena dengan sekali memasukkan data NIS maka akan dengan segera muncul Data atau informasi yang akan kita maksud. Elex Media Komputindo 25 Aplikasi Bisni Excel 2007 . tips excel. tips menggabungkan dua kalimat. tips komputer.Artinya Jika nilai Rata-rata siswa tersebut kurang dari 7 maka keterangan yang akan muncul adalah Kurang. Maxikom Tips Sebelumnya :    Microsoft Excel : Menggabungkan Data Kota Dan Tanggal Lahir Microsoft Excel : Tips Menggabungkan Dua Kata Dari Dua Kolom Microsoft Excel : Tips Menambah dan Menghilangkan Tanda Baca Tips Microsoft Excel : Menggabungkan Data Kota Dan Tanggal Lahir Posted by omiyan ⋅ 12 Januari 2010 ⋅ 74 Komentar Filed Under fungsi IF dalam excel.com Salam Sumber bacaan :   Mengungkap Kedahsyatan Fungsi IF karangan Johar Arifin. menggunakan rumus-rumus excel. PT. jika lebih dari 8 tapi kurang dari 9 adalah Baik. Data Base diatas akan masih bisa dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan kita anggaplah latihan kali ini adalah kita mencari Nilai Ujian Per NIS Siswa dan dilain kesempatan kita akan mencari data Nilai siswa tersebut dengan melihat variabel lainnya. tips dan rumus microsoft excel. Jika masih bingung buat contoh latihan bisa didownload disini :   Via Rapidshare Via Ziddu. Mohon maaf bila saya menggunakan kata-kata yang kurang berkenan maklum namanya juga Blogger sehingga kata yang saya pake sesuai selera saya dan apabila ada cara lain yang lebih simple ayoooo kita Sharing berbagi Ilmu akan makin menambah wawasan kita semua.

Sejujurnya ini PR yang susah pak dan ternyata menurut saya pribadi yang masih belajar tidak sesimple yang dikira kalau pake rumus yang kemaren hasilnya tidak akan seperti yang diharapkan karena tanggal tersebut akan berubah menjadi angka biasa misalkan di Cel B2 terketik data tanggal 02/08/1990 maka akan berubah menjadi 33087. Disini jadinya saya menggunakan rumus atau fungsi alinnya yaitu IF tapi sebelum kesana kita dikit-dikit dulu menjawab PR pak Marsudiyanto ini. tapi agak panjang dan rumit. kolom B isinya tanggal lahir.Omiyan Semoga Saya punya data di A1 dan B1 A1 Bandung 2/08/1990 saya bisa beri PR… mengerjakan. supaya di Sel C1 muncul Bandung. Ini nggak nguji tapi bener2 sharing Trims… marsudiyanto di Microsoft Excel : Tips Menggab… Bismillah…. B1 Sel A1 berformat teks. Siapa tau Omiyan punya cara lain yg praktis dengan 1 formula dowang. tapi saya akan mencoba memberi jawaban karena dari situ saya bisa belajar banyak jadi sebelumnya saya mohon maaf bila ada kekeliruan bila cara saya ternyata berbeda dengan cara yang diinginkan. kolom A isinya tempat lahir. Anggaplah data yang dimaksud oleh Pak marsudiyanto adalah sebagai berikut (gambar 1): gambar 1 . Saat ini saya sudah berhasil membuat formulanya. Lha saya kepingin punya kolom yg isinya gabungan tempat tanggal lahir. sel B1 berformat date dengan Bagaimana rumusnya.2 Agustus 1990 pola d/mm/yyyy Masalahnya Saya punya data 1000 murid.

untuk original type berada di posisi Delimited (gambar 3) tekan tombol Next lalu centang kotak disebelah kiri Other disamping kiri dan kotak kanannya kasih tanda / (gambar 4) setelah itu tekan Next maka data tanggal di cell B2 dan selanjutnya akan berubah terpecah penjadi 3 kolom (gambar 5).Kemudian data yang berisi tanggal (data di cell B2 dan seterusnya) kita Blok atau sorot setelah itu arahkan cursor ke TAB Text To Columns (gambar 2) klik lalu akan muncul Convert Text to Columns Wizard – Step 1 of 3. ok sekarang perhatikan urutan gambar dibawah ini : gambar 2 gambar 3 . disini setiap kolom yang tadinya General kita rubah menjadi Text setelah itu tekan tombol Finish dan hasilnya adalah seperti (gambar 6).

Sudah beres ok sekarang bagaimana caranya agar bulan yang tadinya berbentuk angka 01. (gambar 6).02.gambar 4 gambar 5 gambar 6 Disini data di tabel B2 (gambar 1) yang tadinya berisi tanggal terpecah menjadi tiga kolom dan sekarang kita kasih nama kolom tersebut menjadi tanggal. bulan dan tahun. dan .

IF(C1=”08″.IF(C1=”06″.”Desember”)))))))))))) Artinya jika tabel angka di Cell itu menunjukkan salah satu atau sama dengan angka yang dimaksud dalam rumus. Februari dan seterusnya.”Januari”. Setelah itu coba masukkan rumus seperti postingan saya kemaren di Cell F2 yaitu : =A2&”.”Juli”. untuk pengetesan coba masukkan rumus dibawah ini di Cell E2 : =IF(C1=”01″. Jika benar rumus itu diterapkan maka hasilnya adalah seperti (gambar 7) dibawah ini : Untuk data kebawahnya tinggal copy kemudian paste.”Mei”.IF(C1=”10″.”Februari”.”Oktober”. misalkan di Cell C1 itu adalah 01 maka yang akan muncul adalah Januari dan seterusnya.IF(C1=”12″.IF(C1=”07″.”September”.IF(C1=”03″.”Maret”. IF(C1=”04″. IF(C1=”11″.) dan spasi agar ada jarak diantara penggabungan tersebut.”Nopember”.”Maret”.IF(C1=”09″.IF(C1=”05″. adapun penambahan tanda koma (.IF(C1=”02″.”&” “&B2&” “&E2&” “&D2 Artinya kita menggabungkan data Kota (Cell A2) ditambah dengan data tanggal lahir yang berada di Cell B2 ditambah dengan nama bulan di cell E2 dan tahun di Cell D2. Maka hasilnya adalah seperti pada gambar 8 berikut ini : .seterusnya bisa terbaca menjadi nama bulan seperti Januari.”Agustus”.”Juni”. disini kita akan memakan Fungsi IF.

Elex Media Komputindo 25 Aplikasi Bisni Excel 2007 . PT.Semoga jawaban ini cukup memuaskan tapi jika ternyata ada cara lain yang lebih simple alangkah senangnya jika mau mengkoreksi atas postingan ini Salam Sumber bacaan :   Mengungkap Kedahsyatan Fungsi IF karangan Johar Arifin. Maxikom Mohon maaf jika gaya bahasa dalam penyampaian memakai gaya saya sendiri… Tips Sebelumnya :   Microsoft Excel : Tips Menggabungkan Dua Kata Dari Dua Kolom Microsoft Excel : Tips Menambah dan Menghilangkan Tanda Baca Tips Microsoft Excel : Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara II) .

menambah gambar di grafik. Sekarang Buka Worksheet Excel dan di Sheet 1 buatlah data-data seperti ini :       Cell A1 —–> No Cell B1 —–> NIS Cell C1 —–> Nama Cell D1 —–> Kelas Cell E1 —–> Pelajaran Cell F1 —–> Nilai Sekarang masukkan data-data tentang siswa disesuaikan dengan Cell masing-masing ( Isi Data Base sama dengan Cara I). tips belajar excel 2007. Menghitung PPh Terutang dengan Excel. Nama Siswa. Tips membuat grafik di Microsoft excel. tips menggabungkan dua kalimat. . Tips Membuat Combo Box di Excel. Membuat Data Base Sederhana. tips excel. cara merubah gambar di grafik. tapi disini perbedaannya adalah NIS. Aplikasi Nilai Ujian Sekolah 1 Votes Setelah sukses memposting Tips Microsoft Excel (busyeettt deh hehehehehe boong itu mah boong …. Saya anggap semua sudah ngerti dengan yang saya maksud atau jika masih bingung saya kasih ilustrasinya (Gambar 1) dibawah ini. maka kali ini merupakan cara kedua dalam menampilkan data dimaksud. tips dan rumus microsoft excel. Tips Membaca Angka Dalam Bentuk Teks. Kelas akan muncul berulang-ulang dikarenakan mata pelajaran yang sebelumnya dalam Cara I berada di Kolom yang berbeda sekarang menjadi satu kolom (urut kebawah) dalam kolom Pelajaran (Cell E1) begitupun dengan nilainya disesuaikan dengan mata pelajarannya (Mohon dipahami dengan benar-benar). Cara kedua ini saya buat seandainya Data Base yang ada berbeda dengan Cara I. Membaca variasi nomor PIN.Posted by omiyan ⋅ 18 Juni 2010 ⋅ 14 Komentar Filed Under tips komputer. fungsi IF dalam excel. menggunakan rumus-rumus excel. setidaknya bisa menjadi alternatif dalam pengerjaan nantinya Ok tanpa menunggu kalimat panjang yuk kita mulai. Eiiittt jangan lupa makan dan minum ya hehehe. Tips Membuat Keterangan "Hasil Ujian". tips menggabungkan dua kata.) dengan judul Microsoft Excel : Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara I).

caranya yaitu seperti ini : Gambar 2 . nah Sheet 1 ini kita rename menjadi DBHasil Ujian dan sekarang buka Sheet 2 dan buatlah Data yang berisi nama siswa kelas A3.Gambar 1 Bisa dibayangkan maksud saya.

buat di Sheet 5 yang kemudian kita rename menjadi Wali Kelas. Gambar 4 Selanjutnya kita buat Data yang berisi nama-nama wali kelas. lihat gambar 5 dibawah ini: . selanjutnya kita buat daftar siswa kelas C3 di Sheet 4 (rename menjadi Kelas C3).Jangan lupa rename menjadi Kelas A3. sekarang buka sheet 3 dan buat data persis Gambar 2 yang berisi siswa Kelas B3. yaitu : Gambar 3 Dan jangan lupa juga rename Sheet 3 menjadi Kelas B3.

caranya sama dengan Cara I atau saya ingatkan kembali bentuknya yaitu seperti (gambar 6) dibawah ini : Gambar 6 Ok Beres deh …. makasih ya hehehehee… nah kita sudah setengah jalan so tanggung kan kalau ga diberesin. dan rumusnya adalah : . Kita berlanjut ke cara menampilkan Nama Induk Siswa atau NIS.2. tapi saran saya pahami dulu baik-baik atau ga buka lagi deh tulisan saya sebelumnya yang berhubungan dengan cara II ini yaitu Microsoft Excel : Menampilkan Nama Siswa Dan Nilai Hasil Ujian (Cara I).. disini kita memanfaatkan NO persis yang berada dibilah kiri NIS.) dengan No yang berada dimasing-masing Kelas dengan tujuan memunculkan NIS yang diinginkan. Ok kita mulai memasukkan rumus-rumusnya : Untuk Memunculkan Nama Wali Kelas sama persis dengan Cara I. Fungsi yang kita gunakan adalah Fungsi Vlookup karena disini kita akan melihat data yang sama yang berada di No (nomor 1.….Gambar 5 Dan terakhir di Sheet 6 (selanjutnya kita rename menjadi Aplikasi Data Ujian).

=IF($D$1=‖A3―. jika dalam cara sebelumnya kita menggunakan Fungsi IF dan Fungsi VLOOKUP maka dicara kedua ini kita menggunakan Fungsi SUMIFS.IF($D$1=‖B3―. Fungsi SUMIFS adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data atau nilai numerik yang memenuhi lebih dari satu kriteria (perhatikan akhiran S dibelakang F).d Cell C16 Yang berbeda antara Cara I dengan cara kedua adalah rumus yang digunakan dalam mengambil nilai yang dimaksud dalam masing-masing pelajaran. Sisanya tinggal ada copy paste Cell B8 s. Sisanya tinggal Copy paste di Cell C8 s. perhatikan rumusnya : =IF($D$1=‖A3―.IF($D$1=‖C3―. Nama Mata Pelajaran dan Nama Kelas yang tertera di DBHasil Ujian….FALSE). Nama Mata Pelajaran dan Nama Kelas yang tertera di Aplikasi ini dengan NIS.‘Kelas C3‗!$A$2:$C$12.‘Kelas B3‗!$A$2:$C$11.‘Aplikasi Data Ujian‘!$B7.‘DBHasil Ujian‘!$B$2:$B$121. rumusnya sama persis dengan cara diatas yang kita rubah adalah Range data yang diambil dimana yang sebelumnya bernilai 2 sekarang coba ganti dengan 3.FALSE)))) Sama tapi karena Range yang diambil adalah 3 maka yang dimunculkan adalah Nama Siswa dimaksud sesuai dengan NIS nya.‘Kelas A3‗!A2:C11.FALSE). Dan rumusnya adalah =SUMIFS(‗DBHasil Ujian‘!$F$2:$F$121. Data yang akan kita (isitilah saya) diadukan atau diuji persamaannya adalah NIS.2.VLOOKUP($A7.IF($D$1=‖B3―.3.pahami dulu argumen ini.VLOOKUP($A7.d Cell B16..FALSE). Paham ….FALSE)))) Artinya jika di Cell D1 atau Nama Kelas kita mengetikkan salah satu kelas yang dimaksud baik A3 atau B3 ataupun C3 maka data yang disandingkan adalah A7 atau no 1 dengan data di kelas masing-masing dengan data yang sama (no 1 juga) dengan range 2 walaupun data yang disorot sampai di Cell C12 dimaksudkan memunculkan NIS.‘Kelas C3‗!$A$2:$C$12.‘Aplikasi Data Ujian‘!D$6.‘Kelas A3‗!A2:C11.VLOOKUP($A7.3. Sip jika sudah paham kita berlanjut ke menampilkan Nama Siswa.‘Aplikasi Data Ujian‘!$D$1) .‘DBHasil Ujian‘!$D$2:$D$121.IF($D$1=‖C3―.‘Kelas B3‗!$A$2:$C$11.‘DBHasil Ujian‘!$E$2:$E$121.2. kalau ga paham … sama hahahahaha.FALSE).2.VLOOKUP($A7.VLOOKUP($A7.3.VLOOKUP($A7.

Untuk memunculkan Nilai Rata-rata di Cell H7 rumusnya sama dengan Cara I yaitu : =SUM(D7:G7)/4 Sisanya tinggal di Copy paste. menggunakan rumus-rumus excel..d Cell G16. maka sekarang saya sudah nyiapin file tulisan ini dalam format PDF dan bisa diunduh disini kalau mau lihat aplikasi diatas bisa diunduh disini juga…semua gratissssss. Untuk memunculkan Keterangan dan tanggal beserta tanda tangal wali kelas sama dengan Cara I. tips komputer . Dan sisanya tinggal Copy paste aja s. Jika rumus diatas benar maka bisa coba test dengan mengetikkan kelas yang diinginkan dan saya yakin Nilai siswa tersebut sudah pasti akan muncul. jika ini sudah paham saya yakin yang lainnya akan paham ….Dalam menggunakan Fungsi SUMIFS nilai yang dimaksud atau menjadi tujuan utama harus muncul terlebih dahulu dalam hal ini adalah nilai ujian dari siswa-siwa tersebut (perhatikan DBHasil Ujian’!$F$2:$F$121). Beres deh …. Salam Tips Microsoft Excel : Tips Menambah dan Menghilangkan Tanda Baca Posted by omiyan ⋅ 6 Januari 2010 ⋅ 40 Komentar Filed Under fungsi IF dalam excel.. Untuk memunculkan Nilai Rata-rata di Cell D17 rumusnya adalah : =SUM(D7:D16)/10 Sisanya tinggal di Copy paste. tips dan rumus microsoft excel. Jika suka dengan tulisan saya. kemudian kita sorot NIS di DBHasil Ujian (perhatikan DBHasil Ujian’!$B$2:$B$121) karena akan dibuktikan ada atau tidaknya NIS yang sama di Aplikasi Data ujian (perhatikan Aplikasi Data Ujian’!$B7) ….

perlu diperhatikan adalah spasi diantara tanda kutip (” “) Jika rumus tersebut sudah kita ketikkan maka hasil yang kita dapatkan adalah Omiyan . setelah itu disamping kata Omiyan Serang coba ketikkan rumus dibawah ini dengan maksud kita ingin menambah tanda (-) diantara Omiyan dan Serang : =SUBSTITUTE(A3.Serang .1 dibawah ini mudahkan : Jika sudah nah sekarang tambah judul baru disamping Nama Sahabat berarti di Cell B1 beri nama dengan judul Keterangan. Nah tips yang ingin saya berikan adalah cara Menambah dan Menghilangkan Tanda Baca seperti (-). untuk mengisi kategori Berbagi Ilmu maka postingan kali ini saya cuman ingin berbagi tips ringan dan mungkin pernah diposting oleh orang lain. tapi kita ambil dua aja ya yaitu tanda (-) dan (:).2 Votes Belajar Microsoft Excel emang mengasyikkan apalagi kalau udah ngutak ngatik kemana-mana nah. tapi berhubung rasanya jarang nemuin maka saya ingin berbagi tips tersebut step by step sehingga memudahkan orang membacanya plus bikin penasaran. (:) dan lainnya. dan rumus yang akan kita pakai adalah : SUBSTITUTE Ok biar ga kelamaan coba buka worksheet Excel kemudian ketikkan kata-kata seperti pada gambar a.” – “) Artinya kita menambah data atau tanda di Cel A3 yaitu kata Omiyan Serang dengan menyelipkan kata atau tanda (-).” “.

maka kita memakai opsi ketiga yaitu memakai rumus sebelumnya. Nah sekarang kita berandai-andai ternyata data tersebut salah memakai tanda (-) yang seharusnya menggunakan tanda (:). maka secara manual kita menghapus tanda (-) mengganti dengan tanda (:) atau.”-”. nah disamping kata Omiyan – Serang coba ketikkan rumus dibawah ini : =SUBSTITUTE(B3.” : “) Artinya kita ingin merubah tanda bacara (-) di Cel B3 yaitu Omiyan – Premier dengan tanda (:). 3. Tekan F2.2 Sekarang tinggal sorot atau copy rumus tersebut dan Paste disamping kata-kata yang sudah kita ketikkan tersebut.Atau lihat gambar gambar a.3 . 2. Tekan Ctrl F kemudian ketikan di find what tanda (-) dan di Replace With dengan tanda (:) maka tinggal tekan OK. so beres deh secara otomatis maka tanda (-) akan berubah dengan sendirinya. Ok sekarang andaikan data tersebut ribuan dan data tersebut tidak tunggal anggaplah masih ada data lain dengan tanda (-) atau (:) sedangkan kita hanya ingin merubah data yang ada diatas saja. Jika sudah maka hasil yang didapatkan adalah : Omiyan : Serang Atau lihat gambar a. ada beberapa opsi yang bisa kita gunakan yaitu : 1. atau dengan cara yang sama dengan tetap menggunakan rumus yang sama yaitu tetap memakai Substitute.

Form Control OPTION BOTTON.Mudahkan dan untuk kata lainnya tinggal di sorot atau di copy kemudian paste disampingnya. Maxikom Tips Microsoft Excel : Mengenal Fungsi Form Control OPTION BUTTON Posted by omiyan ⋅ 9 Agustus 2011 ⋅ 12 Komentar Filed Under Belejar excel untuk Option Button. PT. Cara penggunaan Option Button. Tips ini emang dasar banget tapi saya yakin sebagian dari kita sudah sangat faham tapi masih ada yang awam tentang hal ini dan biasanya kadang kita butuhkan disaat-saat tertentu dan ini terinspirasi ketika di Milis intern ada yang menanyakan hal tersebut setelah beberapa temen memberikan tips dan tips saya tersebut menjadi jalan keluarnya. Catatan : Mohon memperhatikan jarak spasi diantara tanda ―‖. Elex Media Komputindo 25 Aplikasi Bisni Excel 2007 . Mengenal Fungsi Form Control OPTION BOTTON . semakin banyak jarak spasi maka jarak antara kata tersebut akan semakin lebar. Sumber bacaan :   Mengungkap Kedahsyatan Fungsi IF karangan Johar Arifin.

dan dalam postingan kali ini Form Control OPTION BUTTON kita gunakan sebagai pilihan untuk menampilkan hasil dari suatu perhitungan angka. Biasanya Form Control OPTION BUTTON digunakan dalam sebuah pilihan untuk suatu data atau keterangan. Sekarang pertanyaannya … bagaimana Form Control OPTION BUTTON itu bekerja ? :   Setelah mengklik Form Control OPTION BUTTON lalu copy paste dan masing-masing kita rename menjadi Ya dan Tidak. Untuk mengetahui letak Form Control OPTION BUTTON coba perhatikan gambar berikut ini : Atau jika belum ada di worksheet excel maka cara untuk memunculkannya adalahsebagai berikut :     Klik icon office dipojok kiri atas Klik Excel Options Lalu klik Customize disini dibawah Choose Commands From pilih All Commands dan cari Command Control Tekan Add dan selanjutnya klik OK. saya percaya pastinya pernah dengar dan mungkin dalam pekerjaan kita sehari-hari sering bekerja dengan Form Control OPTION BUTTON tersebut.1 Votes UPernah dengar tentang Form Control OPTION BUTTON. Setelah itu klik kanan Form Control OPTION BUTTON yang pertama atau yang sudah kita rename menjadi Ya akan muncul form pilihan. selanjutnya kita pilih Format Control… lalu akan muncul form Format Control seperti gambar dibawah ini : .

pengurangan dan pembagian. penambahan.IF(H1=2.C1-C2. coba sekarang perhatikan di Cell F1 akan muncul sebuah nilai yaitu 1 dan ketika kita memilih Option Button yang sudah kita rename dengan Tidak maka akan bernilai 2.IF(H1=4. Silakan buat contoh aplikasi seperti gambar dibawah ini : klik Option Button dengan nama Perkalian dan lakukan seperti cara 2 dan 3 diatas dimana untuk Cell link kita taruh di Cell H1. Perhatikan Cell Link. Maka rumusnya tersebut adalah : =IF(H1=1. Contoh Aplikasi Dengan Menggunakan Form Control OPTION BUTTON Sekarang kita akan membuat suatu aplikasi dengan menggunakan Form Control Option Button untuk hasil dari perkalian.C1/C2)))) .IF(H1=3.C1*C2. jika hal itu benar kamu lakukan selanjutnya akan menajdi mudah ketika kita membuat sebuah aplikasi sederhana. Nah tugas kita sekarang ada membuat sebuah rumus dengan menggunakan Fungsi IF di Cell C4 untuk mengetahui hasil dari pilihan Option Button tersebut. klik dan letakkan disembarang cell atau taruh di Cell H1 setelah itu tekan OK.C1+C2.

mohon maaf bila ada kesalahan tulis atau kesamaan rumus atau contoh aplikasi. .Untuk mengujinya silakan masukan angka di Cell yang sudah disediakan dan kamu lakukan pilihan yang ada dan lihat hasilnya…. ini benar-benar diluar kesengajaan penulis dan saya menjamin tulisan ini bukan copy paste dari situs lain. Semoga penjelasan ini mudah untuk dimengerti.

9.::5 202:.3.3.3 O O 03:3.803.8. O O .8&.803/7  %58$0-0:23.854893.3%.2.../...003..2-.7.5 .0%5803.33 $. .3 ..442 .3 9.34.50/.7. ../.-:3.748419.2.748419.-. ..3 .3202. $024.303..9.0  .  ..:2034708.9.3/.7713 !% 00/..25.-.3:38.9.748419. .8./.8..1.42 4432...3...2503. $8.8..25.7:..0%5803.33.3 3 ...3:..2 $:2-07-.. 9073.3 0- 8250 .425:93/4 5..3.  %58.7.883..3..

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

 ..2-.0.8:/ 8.. $009  3 9.9.3.9. 703.7.3 2..3-0783.$009/.2-.3-:.  3..9:805079 3  .7 8.3-:.8 ..3 /.2.3 80.3.20 203.88.8 &.7.. /-./ .7 .

9/.9:  .3:93.8   80.7 $0. .3.2-.788.9.3 02:/. 8009  /.9 .20$009203.3 -078 3. 50788 .3 . 703.2.8 .7/-./0. .7  .20203.9 /.3.8 80. -:.7 .0.3 -:.3 9./0.0.3 :5.8 .703.-:.3 -:. 9. 0.8  -:.20 203.8   .8 /$009 703.3-07888.9. 3.9.0.3:93.2-.703.19.9 / $009  .9../.2-.2..2-.20203./ 0.7.3:5.3.:.

.34 .2. 7 $  :38 . 80-0:23.7.25.80903.9:805079 .8.3..: .9..7.7.:8.3 -07.9. .  3 . -.2.. ..3 8. &39:02:3. .703. .8.25. .83 2.5 8.8:.0.3 9::.3 8. 203.2:.: $  /83 9./.8.. -07.2-./4 34247  /03./839..9../. 202.88.3 9. .3849..3.3 -07.9.3.0  03.3 7:2:83.7 0708/0 2.9: .7.703. -:. /-07083  9.. 3/: $8..7..50788/03..3 ./5./.3.3907. /-..3:93.8&.7.3 .7/$009 80.../..302-.&.:.2. /03.2.  9./. :3.00000 3. /0 9:8.. /2. 5.3  ..83 0..3   50788 .3 .3:3.37:2:8 7:2:83.9.3 20.2.2.3.9.3 /03. :38 '44:5 .9.: .:.3.3 202:3.2-...3 $ .3..3:9 0 ..  9. .3 .3 -07:-:3.8:/.7.7 .8 /03..202.3 .2 /:: -.3  /.9.3 /33.3 8.-039:3.31.3 .3 -07. $8.7 /-.20203.9/.748419 .2-.9.

9.2- .37.3  .3 907907..:5:3/.... ..380-0:23. 34:. 0/:.3-07-0/.7.. 3:207..3 .9.3..83 50.9. 203:3.0.3 :38  /.2203.9.50788/03.0/:.:.3/.8    $  $.7.9. 80.5./03.89008 /0  !.8 &.8 .3.2.3  .3/:3..$8.  $5. &.3.#..2.3:90203..2-/2.8    $  793.2.83 2.9.. /.25.8    $    ' &!  0.: 3..9.9.0.3 /2:3..9.83 2./.93..-07.   ' &!  0.8 . 80-0:23.9..8    $    ' &!  0.8.39/03. $8. 203:3..././.20309.4-./.3.38.. 9.. / 5.3 /..9.7./03.2.3 .  $8.2. 89.3.8.30/.  2.9:7907.3.8:/808:..3 /.3.. /.93..3$  $8.7:2:8.2/::.. .3/2.7.2.3 /:3../.7:2033  .3 5.:/:5078.3/84749 8.9.7.3$3./.39... /...8 &..8.3/3./:.7.8:/..3 .2 ..3  5..38.:.25.$ ..2 .30.8.. /2. !0.8 .2 2. 0.3/8.39.3 :38$&$  :38 $&$ .30 .2. 80-:.890/08 /0 .8.3. #.:.9. .37:2:83. 3 9.3  .8:/-.3907907. &.2.8../../.    ' &!  0..455.39.9.3  5. 1:38 .8 &..3/.2 8.320203:0-/..9.33./0/2..7.8 2.3/.3.83/03.8    $    ' &!  0..:5:32.455. 507. .:.3 /.&...7.3202:3.2- 3.5 .2.3  5.37:2:83.:34/03. .7:-.-073..3 :39: 203:2. .8:/..2.9.8 3 /03.9.9../0.78./0./...703..3. /03.9.2.3 507.3   .3  ..3/.29....8.7..5..8    $    ' &!  0.89.8 &.7.3 /. $&$ ./.:..3  .9.9:0.7./. 9.9./.3 $  .8:/ /.8&.3. !0.3 /2. 7:2:83..3 :38 ' &! 2.2..3$/-0.

93./07:2:83.9.8 /0  &39:202:3.3 ..8.9: $&  . :.8.3 :9.9.703.890.3.2  .30. $ .3 .33...8 &.9.89..: 9070- /. .8-03.9.3.3 .3 8.3   .35..3.7:8 2:3.:.3 /-:9.3/33.: 203. 90780-:9 507.2.28.7.9./.7:2:8/. 3.90780-:98:/.9.8 &..320309./03.3 507.455.2.. 84749 $ / .&. .8.2 203:3..88.32:3.38.8.4-.388..72.3/.8:/ .8 &./.. 7.9.38:/.2 .-8.3 . 8. .35.:.5. .9.3 /2./ 9::.:  . 3 ..:: /.3 /..5.3   02:/.9. / 5..3.3 9. .: 9/.3   ..7 88..3 :38 $&$ 3..9.9089/03.2.#.3..3..3 507.

 $8.9./07:2:83.93.. $&  ./455. 7.#..:.9./.890  &39:202:3.3.3.

2  %58.: .3:. 80.0 958425:907  .890  &39:202:3. /:3/: /83 :.3.. 7.8 -8.3. /03.3.3 -8. 3.9 .  $8.3.37:2:8 7:2:80..3.30907. 802:.7..9888888  $..3 8.3/.37:2:82.2.3 03.3 .9.3 3 /.:./03.2-.53 10 9:8..9.20...7.-08079. 8:/.. !4890/-42.   0708/0  .0..  2.0 203:3. /:3/: /83 .3/.5.9 ! /./. 8:.93.3%..3 8.0 958/.39.7    42039.: 2.3.9./455.748419 0...7 0/&3/071:38/.2 1472.0%5803.3/.3 9:8.748419.88.8 /.

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

./.9. %58302.0  . -:9:.  $:2-07-.8/.7713 !% 00/.30:.3 .90780-:9.35. .  .85.50/..33. ./...39.425:93/4 5.90780-:9203.8. .9.3 .82.3 :39: .3/.42  %58.2533./.00303.3..9..7  802.../84749.3 203.3.3802.7.9.9 9079039: /.30-.3/./.3 /.8:/.3 O O 03:3.3...93..5. .3 /8.4502:/. 3 /.8..:/.3.7.39588.85.7.3 3 9073857.9 8.8.2 9039.3 443202507.3/.9. 90780-:9 8090. . / 8 39073 .7..9.29.3 -. 90203 202-07.8 09.890/8.8.3:38. -0-07.73.9..3958/.3..9..3 .7-.7..3.7..3099.58.8.34.:/.:38 47243974 !% &%%  9¾  ¯f° –¾¾ ¯ °f  D°   ©f n °½° ° .3-.380-.52..79.91.39.748419.3 9.883.

ff½ °––°ff°½° ° ¯.

°9@- @@.. °– °f°–¾¯.

°9@- @@-  .

.7 .380-.25../.:0907.7 8073 -007.8..254893.507.8/.  &39:20309..3...:.9.2 5007. 472 43974 !%  &%%  /:3. -0:2 .:09...2 80-:. 80.3..9:5079:3.3 472 43974 !%  &%%   8...3472 43974 !% &%% 90780-:9  .I ¾ &!073. /03.7 /.. 5.3.3 9.. /03.347243974 !%  &%% 9. /03.3:39:8:.9.:3. 5.:39:202:3. 507.3.4-.3 /.3:39:203..47243974 !% &%% .3 2:33 /.3.78:..3/..3.: .893.7-07:93 9.3 /.7 9039.33. / 478009 0.0 2.9:/.9.5.2-.. 5073.7.80-.-07:9 n°€€n  ½©ff¾ n ½°¾ f.3./.

¾¯  ¾°  ff.

¾ .

¯¯f° ¾¯½.

¯¯f° ¾ f°nf .

¯¯f° .

3.35079.   f¯ °–¯.3.2.° O @ f°  f°¾ f°©°f  O O O $0..33.47243974 !% &%% 9:-007.7. O -..

°9@- D@@-fn½½f¾  f°¯f¾°– ¯f¾°–f °f¯  ¯ °©f f f°@ f  O   ff°f°¯.

°9@- D@@-f°–½ f¯ffff°–¾ ff °f¯  ¯ °©f fff°¯°n€¯½f° ¾ f°©°ff½¯f.

° fff°¯°n €¯¯f.

°¾ ½ –f¯ f  ff°  .

O 9 ff° .

 °   f°  ff° ¾ ¯ ff°–n fff .

¾  f f° n f¾ ff°–½ ff°  .

  ff° ¯°n ¾ f °f f  f°  f f ¯ ¯ ½° ° f°– ¾ f f  °f¯  °–f° @ f ¯ff ff° °f   ©f f  °f f¯ ff° ¾ f°©°f ff°¯ °f© ¯ f ff¯ ¯ f¾ ff½f¾¾ f°f  [Z`[\S_WZYSZ WZYYaZSSZ [^[Z`^[.

 .

.

  /.4394.9.3502-.98:.3-:.2-.8 9.3/.8/03. 7:2:8 /03.3. !07.3:38/0:39:20309.9:.7507.8805079..7/-.2.7:2:83.7.7.:.3 503:7./.8 /2.3  5943 :9943 /03.3203:3...3 805079 .3 503./.90780-:9.3  /.:...8/.3 /.. :39: 0 3 9.2-..8/.75.. 9.3.5..9.39.3203:3.347243974 5943:9943 :39:.  $0. 202-:. 80.7: / 0   . 9:.3 3...3 5943:9943 90780-:9  .7.3202-:.3  $.5.               .9 80-:.3 ...3 .

  .

9.8:./.3 8.3.3 3 2:/.:. .&39: 203:3.2.455./.3 .83.8  3 -03.3   ..789:8.3 503:8 /.3 9:8 .: .7 0803..  $024.9. 8.4394 .7 /:./.3. /80/.890/.3.33-:.3 /.. 203.3. 08.7 -03...3 2.5.. / 0 .1 -.9. 5030.3 .8..: 08.3 8:/.239:8.3.3 5.2: . :39: /203079  2443 2..3 7:2:8 ..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful