MADRASAH TSANAWIYAH

KHULAFAUR RASYIDIN
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB KELAS IX SEMESTER 1 & 2

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis pikiran tentang identitas diri. kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita. cita-cita. rumahku. aktifitas di rumah. Berbicara Mampu mengungkapkan pikiran. 3.A. perasaan. dan lingkungan sekitar kita. gagasan. aktifitas di rumah. aktifitas di sekolah. Membaca Mampu memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana. keagamaan 2. gagasan. aktifitas di sekolah. profesi. jam. aktifitas di rumah. rumahku. jam. menanyakan alamat. kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita. pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang identitas diri. cita-cita. profesi. kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita. rumahku. citacita. 4. menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang identitas diri. keluargaku. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 1. keluargaku. rumahku. aktifitas di sekolah. Menyimak Mampu memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang identitas diri. profesi. jam. melalui kegiatan membaca. Menulis Mampu mengungkapkan pikiran. perasaan. keluargaku. kegiatan . cita-cita. aktifitas di rumah. profesi. menanyakan alamat. menanyakan alamat. jam. keluargaku. aktifitas di sekolah. menanyakan alamat.

2. gagasan.1.1. Memberi-kan tang-gapan/ res-pons yang terdapat pa-da wacana lisan atau dialog seder-hana tentang ‫ دينية مناسبات‬dengan menggunakan fiil madhi ( ‫ )فعل الماضى‬dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah 1.B. (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang ‫ / دينية مناسبات‬eveneven keagamaan) Kompetensi Dasar 1. MEMBACA/QIRA’AH 3. Menemukan infor-masi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang ‫ دينية مناسبات‬dengan menggunakan fiil madhi ( ‫ )فعل الماضى‬dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah Memberikan tanggapan/ respons yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang ‫ دينية مناسبات‬dengan menggunakan fiil madhi (‫فعل‬ ‫ )الماضى‬dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah Mengung-kapkan kembali cerita yang telah didengar tentang ‫دينية مناسبات‬ dengan menggunakan fiil madhi (‫ )فعل الماضى‬dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah 2. pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang ‫دينية‬ ‫)مناسبات‬ 2. Membaca nyaring hu-ruf hijaiy-yah.3. Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wa-cana lisan sederhana tentang ‫ دينية مناسبات‬dengan meng-gunakan fiil madhi ( ‫ )فعل الماضى‬dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah 1. SK DAN KD BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYYAH KHULAFAUR RASYIDIN KELAS 9 SMT 1 Standar Kompetensi MENDENGARKAN/ISTIMA’ 1. (Mengungkapkan pikiran.2. Mengungkapkan kembali cerita yang telah didengar tentang ‫دينية مناسبات‬ dengan menggunakan fiil madhi (‫ )فعل الماضى‬dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah BERBICARA/KALAM 2. perasaan. frase dan kalimat ten-tang suatu .1.3.2. kata.

2. Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan fiil madhi (‫ )فعل الماضى‬dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah MENULIS/KITABAH 4. menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang ‫)دينية مناسبات‬ kegiatan keagamaan dengan ucapan. perasaan. Menulis pengalaman menarik dalam suatu kegiatan keagamaan di madrasah dengan meng-gunakan fiil madhi 4. gagasan. Menulis pararaf sederhana tentang macam-macam kegiatan keagamaan umat Islam .3. Mengidenti-fikasi kata.3. (Mengungkapkan pikiran.3. (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana. frase atau kalimat da-lam wacana tertulis sederhana tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan fiil madhi dasar dan atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhofah 3. pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang ‫)دينية مناسبات‬ 4. Menulis paragraf sederhana tentang kegiatan keagamaan di daerah-nya masing-masing de-ngan meng-gunakan fiil madhi dan atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhafah 4.2.1. tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan fiil madhi (‫ )فعل الماضى‬dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah 3. baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca.

(Mengungkapkan pikiran. isim mawshul. pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang ‫ترويحية‬ ‫ / رحلة‬berwisata) MEMBACA/QIRA’AH 7. Membaca kata.KELAS 9 SMT 2 Standar Kompetensi MENYIMAK 5. (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana. kefektifan dan keterpaduan kalimat. frase. Membaca teks khitobah tentang ‫ / ترويحية رحلة‬berwisata) dan atau pelestarian lingkungan sekitar dengan makhroj dan intonasi yang baik dan benar MENULIS/KITABAH 8.3.2.1. (Mengungkapkan pikiran.2. Menulis deskriptif tentang pemandang-an alam sekitar dengan bahasa santun dan berpedoman pada pemilihan kata.2 Melakukan tanya jawab tentang pemandang-an alam sekitar BERBICARA/KALAM 6. baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca dan menganalisis/ menemukan pokok pikiran tentang ‫ / ترويحية رحلة‬berwisata) 7.3 Mengung-kapkan kembali cerita yang telah didengar tentang perjalanan wisata 6. isim tafdhil dan fiil ta’ajubiyah 7. isim tafdhil dan fiil ta’ajubiyah 7.2 Menyimpulkan kembali isi gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang lingkungan sekitar kita 5. . perasaan. pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang ‫ / ترويحية رحلة‬berwisata) 8. gagasan. frase atau kalimat da-lam wacana tertulis sederhana tentang ‫ / ترويحية رحلة‬berwisata) yang meng-gunakan fiil mujarrod dan mazid. kalimat tentang ‫ / ترويحية رحلة‬berwisata) dengan ucapan. isim mawshul. gagasan.1. isim tafdhil dan fiil ta’ajubiyah 8. tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan fiil mujarrod dan mazid. (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang ‫ / ترويحية رحلة‬berwisata) Kompetensi Dasar 5. perasaan.1 Mencerita-kan pengalaman pribadi tentang perjalanan wisata 6. Menulis paragraf sederhana tentang lingkungan sekitar kita dengan menggunakan fiil mujarrod dan mazid. isim mawshul. Mengidenti-fikasi kata.1 Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang penciptaan langit dan bumi 5.