MODUL KULIAH DAN PRAKTIKUM LABOR

Multimedia

Video Editing
Oleh Muhammad Adri, S.Pd, MT

FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS PUTERA INDONESIA UPI – YPTK PADANG 2008

Multimedia .Editing Video dengan Pinnacle Studio – Sistem Informasi VIDEO EDITING DENGAN PINNACLE STUDIO 9 Pinnacle studio 9 adalah salah satu software editing yang cukup populer dikalangan desainer multimedia. namun jika proses instalasi langsung dilakukan dari CD ROM. 3. Aplikasi yang sederhana. Kemudian akan mucul halaman persiapan proses instalasi. 5. Aplikasi editing video yang palig ringan. MT – Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang 1 . S. Tidak membutuhkan spesifikasi hardaware yang tinggi 3. biasanya proses ini bersifat autorun. Pilihlah option bahasa yang anda mengerti. seperti English. Muhammad Adri. kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Next. berikut ini : Gambar 1. Klik menu setup yangterdapat pada CD Master yang disimpan pada Folder Setup. yang dikiuti dengan halaman pemilihan bahasa. seperti Ulead Video Studio. Adobe Premier dan sebagainya. sehingga mudah untuk dipahami dan dioperasikan 2. Adapaun langkah instalasi sebgai berikut : 1. Instalasi Pinnacle Studio 9 Untuk dapat menggunakan Pinnacle Studio. Masukkan CD Master Pinnacle studio pada CD-ROM Drive PC anda 2. seperti terlihat pada Gambar 1.Pd. maka aplikasi tersbeut harus diinstal terlebih dahulu pada perangkat komputer yang akan digunakan sebagai sarana editing. beberpa keistimewaan dari pinnacel studio antara lain : 1. seperti pada Gambar 2. A. jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Installation welcome screen dan pemilihan bahasa 4. Langkah instalasi diawal dengan munculnya installation welcome screen.

klik pilihan checbox I accept. sebagai pernyataan kesetujuan saudara. Halaman Lisensi.Editing Video dengan Pinnacle Studio – Sistem Informasi Gambar 2. lanjutkan dengan menekan tombol Next. klik OK untuk melanjutkan proses instalasi. sebaiknya saudara pilih typical saja. seperti terlihat pada Gambar 2 di atas.Pd.Multimedia . Halaman Preparing Setup dan infromasi personal 6. Gambar 3. Selanjutnya akan muncul halaman pilihan instalasi. Pilihan jenis instalasi 2 Muhammad Adri. Kemudian akan muncul halaman persetujuan terhadap lisensi program. karena pilihan ini akan menginstal fitur-fitur sesuai dengan standar hardware yang disarankan. Isilah semua data dengan benar pada halaman infromasi personal. 8. S. MT – Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang . 7. Gambar 4.

Proses instalasi dapat dinyatakan selesai. seperti diperlihatkan pada Gambar 7 berikut. MT – Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang 3 . maka selanjutnya saudara dapat melakukan proses editing video dengan Pinnacle Studio 9 Untuk mulai mengenal Pinnacle Studio 9. dan anda diminta untuk melakukan restart komputer. dengan munculnya halaman yang menyatakan proses selesai. dimulai. yang dapat saudara akses pada : Start Studio 9 dengan Start Help Program Guided Tour . S.Pd. saudara dapat melihatnya melalui Guided Tour Pinnacle Studio. Kemudian proses instalasi aplikasi Pinncale Stuido 9. Proses instalasi aplikasi Pinnacle studio 9 10.Multimedia . atau Studio 9 Studio 9. dan lanjutkan dengan menekan tombol Finish. kemudian akan muncul Welcome Program Muhammad Adri. pilih Yes. Mengenal Lingkungan Kerja (interface) Pinnacle Studio 9 Pada bagian ini. dan saudara dapat menunggun porses ini hingga selesai. Gambar 5.Editing Video dengan Pinnacle Studio – Sistem Informasi 9. Proses instalasi selesai B. saudara mulai mengenal lingkungan kerja dari Pinnacle Studio 9. Gambar 6. dengan selesainya proses instalai.

Multimedia . sebagai berikut : Gambar 8. MT – Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang . klik tombol Begin Tour. Gambar 7. saudara pilih Launch Pinnacle Studio. S. selanjutnya saudara dapat mengikuti step by step. untuk memulainya. Area kerja Make Movie 4 Muhammad Adri.Pd. pada Wlcome Screen. Area Kerja Capture dan Edit Gambar 10. Pinnacle Studio 9 Guide Tour Sedangkan untuk mulai menggunakan Pinnacle Studio 9.Editing Video dengan Pinnacle Studio – Sistem Informasi Screen. sehingga tampil halaman kerja Studio 9. dan pilih View The Guide Tour.

area kerja Capture ini. yang berisi : infromasi kaspasitas hardisk yang tersedia. menjadi data video digital.Multimedia . Lakukan pengaturan dengan mengklik tombol Setting yang terdapat pada bagian Capture Control. seperti terlihat pada Gambar 12. ke PC melalui hubungan Firewire (IEEE 1394) atau USB Port. diperlihatkan pada Gambar 11 berikut : Capture Frame Capture Preview Capture Control Indikator Disk Space Gambar 11. Melakukan Proses Capturing Video Proses Capture. dilakukan untuk memindahkan data video yang terdapat pada Video Cassete/ MiniDV.Editing Video dengan Pinnacle Studio – Sistem Informasi C. lokasi penyimpanan. Area kerja Capture Capture Frame Area yang digunakan untuk menempatkan frame-frame hasil capture dalam bentuk preview frame. 2.Pd. alokasi waktu dan setting konfigurasi Indikator Pada saat proses capture dilakukan. Muhammad Adri. S. untuk mengatur input dan proses capture. indikator akan memberikan infromasi tentang proses yang sedang terjadi Untuk melakukan proses capture. Hubungkan DV Camcoder dalam kondisi ON. MT – Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang 5 . dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut : 1. sehingga memudahkan editing untuk mengambil data hasil capture Capture Preview Jendela kerja yang dapat digunakan untuk melihat priview hasil capture Capture Control Area kontrol yang digunakan dalam proses capture video.

masing-masing kualitas output. S. MT – Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang . maka akan muncul peringatan sebagai berikut : 7. Gambar 14. Tentukan lokasi penyimpanan dengan mengklik tombol Capture Control. MPEG full-quality Capture dan Preview-quality capture. Proses inisialisasi Camcoder yang gagal 6 Muhammad Adri. Kontrol Capture 4. Selanjutnya proses capture dapat dilakukan dengan mengklik tombol Start Capture. maka proses capture langsung dilakukan. Proses capture akan berlangsung. sama dengan lamanya proses rekaman pada video cassete. . jika koneksi idak baik. yang terdapat pada Gambar 12 Capture Setting Gambar 13. 5. akan menempati space dan waktu yang berbeda. Tentukan kualitas hasil capture yang akan digunakan yaitu DV full-quality Capture. seperti telihta pada Gambar 13.Editing Video dengan Pinnacle Studio – Sistem Informasi 3. Lokasi Penyimpanan Gambar 14. 6. Jika koneksi antara Camcoder dengan PC berjalan dengan baik.Pd.Multimedia . sehingga pada indikator capture proses dapat dilihat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful