P. 1
Sistem Ekonomi Campuran

Sistem Ekonomi Campuran

|Views: 25|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Mukti Abadi on Oct 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2012

pdf

text

original

Sistem Ekonomi Campuran.

Dewasa ini, tidak ada satu negarapun yang murni menganut sistem perekonomian komando atau sistem perekonomian pasar. Dengan kata lain, semua negara saat ini menjalankan perekonomian campuran. Namun ada yang cenderung condong ke sistem perekonomian komando( China, dan rusia) dan ada yang condong ke perekonomian pasar (Amerika serikat, eropa barat, dan Jepang)

Definisi Sistem Ekonomi Campuran

Ciri-ciri => 1. Kegiatan ekonomi dilakukan oleh pemerintah dan oleh swasta 2. Transaksi ekonomi terjadi di pasar,dan ada campur tangan pemerintah 3. Ada persaingan serta masih ada control dari pemerintah Kebaikan => 1. Kebebasan berusaha 2. Hak individu berdasarkan sumber produksi walaupun ada batas 3. Lebih mememtingkan umum dari pada pribadi Kelemahan=> 1. Beban pemerintah berat dari pada beban swasta 2. Pihak swasta kurang memaksimalkan keuntungan 3. Sulit menentukan batas ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta “Sistem ekonomi campuran banyak dianut oleh Negara berkembang.

Pemecahan masalah ekonomi Disini kita akan membahas di Indonesia,yang juga menganut sistem ekonomi campuran. Di Indonesia, pemecahan ketiga masalah pokok ekonomi dibahas dalam UUD 1945 Pemecahan masalah ekonomi yaitu What, how, dan for whom dilakukan dengan cara: pertama pengaturan perekonomian dilakukan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terutama bagi barang-barang yang penting dan menguasai hajat hidup orang banyak. Barang-barang tersebut antara lain listrik, Minyak, dan air. Kedua, pengaturan cabang-cabang produksi yang lain (tidak menguasai hajat hidup orang banyak) dilakukan melalui mekanisme pasar. Misal sayuran, pakaian, dan daging. Harga daging kambing dan sapi naik ketika hari raya idul fitri karena banyak orang membutuhkan daging (permintaan daging naik), begitupun sayuran dan pakaian. Harga barang tersebut ditentukan oleh banyaknya pembeli dan penjual dipasar. Hal ini berbeda dengan beras. Beras adalah makanan pokok masyarakat indonesia. Jika harga beras tinggi maka pemerintah turun tangan menjaga harga beras agar tidak erlalu tinggi dengan mengeluarkan kebijakan harga maksimum (harga tertinggi). Jika harga beras terlalu rendah, pemerintah berkewajiban menolong penghasil beras (petani) dengan menerapkan harga minimum (harga terendah) Jadi dalam sistem ekonomi campuran, pemecahan ketiga masalah pokok tersebut ada yang dilakukan melalui mekanisme pasar dan ada yang diatur atau direncanaan oleh pemerintah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->