RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu I. Standar Kompetensi (SK) Menerapkan hukum gerak dan gaya. II. Kompetensi dasar (KD) Menguasai konsep gerak dan gaya. III. Indikator 1. perpindahan 2. 3. 4. kecepatan 5. IV. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat : 1. perpindahan 2. 3. 4. kecepatan 5. menyelesaikan perhitungan tentang kecepatan relatif menyelesaikan perhitungan tentang jarak menyelesaikan perhitungan tentang perpindahan menjelaskan perbedaan antara kelajuan dan mendeskripsikan perbedaan antara jarak dan menyelesaikan perhitungan tentang kecepatan relatif menyelesaikan perhitungan tentang jarak menyelesaikan perhitungan tentang perpindahan menjelaskan perbedaan antara kelajuan dan menjelaskan perbedaan antara jarak dan : SMK Negeri 2 Banjarmasin : Fisika : X TKJ B/I : 2 x 39 menit

Kegiatan Pendahuluan 1. Materi Ajar a. Berarti jarak termasuk besaran skalar karena hanya memiliki besar atau nilai saja dan tidak memiliki arah. Persamaan kelajuan dinyatakan sebagai berikut: kelajuan = jarakyangd itempuh waktutempu h atau v = s t Dengan : v = kelajuan (m/s) s = jarak yang ditempuh (m) t = waktu tempuh (s = detik) kecepa tan = perpindaha n waktutempu h atau v = s t Dengan : v = kelajuan (m/s) s = jarak yang ditempuh (m) t = waktu tempuh (s = detik) Kecepatan relatif suatu benda adalah kecepatan benda itu terlihat atau ditinjau dari benda lain. perpindahan memiliki arah dengan kata lain perpindahan adalah besaran vektor. III. Menyampaikan Tujuan dan Mempersiapkan Siswa . Dengan demikian. Model dan Metode Pembelajaran Model Metode : Direct Instruction : Ceramah. perbedaan jarak dan perpindahan Jarak adalah panjang lintasan gerak benda. tanya jawab IV. ini berarti kecepatan relatif suatu benda akan berbeda tergantung dari mana kita mengamati gerak benda.II. b. kelajuan dan kecepatan Kelajuan merupakan besaran skalar dan kecepatan merupakan besaran vektor. Langkah-Langkah Pembelajaran A. Perpindahan yaitu perubahan posisi benda dari keadaan awal ke keadaan akhir.

Memberikan contoh soal kepada siswa Menjelaskan tahap demi tahap penyelesaian contoh soal perpindahan. c. kecepatan dan kelajuan 3. Kegiatan Penutup a. besaran apa? c.Membimbing siswa membuat rangkuman materi pembelajaran Memonitor dan membimbing kegiatan para siswa pada saat mengerjakan soal latihan dan mendiskusikan jawaban pada soal .Memberikan umpan balik pada aspek-aspek yang sudah benar dilakukan siswa 5. Membimbing Pelatihan a. Menyajikan informasi kepada siswa tentang jarak.Memberikan soal lanjutan tentang jarak dan perpindahan b. Memberikan penghargaan atas hasil kerja yang bagus c. Memberikan Kesempatan untuk Pelatihan Lanjutan dan Penerapan a. Kegiatan Inti Motivasi dan apersepsi apa perbedaan antara jarak dan perpindahan? Bagaimana benda bisa dikatakan bergerak? Prasyarat : jarak dan perpindahan termasuk Menuliskan judul ”Gerak” pada papan tulis. Mengecek Pemahaman dan Memberikan Umpan Balik a.Meminta siswa mengerjakan soal latihan b. b. d. siswa.Mengecek pemahaman siswa dengan menanyakan jawaban pada soal latihan b. Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada 2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menanggapinya C.a. B. b. latihan 4. Mendemonstrasikan Pengetahuan atau Keterampilan a.

Pd • VI.Alat dan Bahan Spidol Papan tulis Charta b. Alat/Bahan/Sumber a. penilaian hasil belajar (tes) penugasan LKS Fisika Sumber Buku Fisika untuk SMK Kelas 1 (KTSP). Memberikan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa tugas rumah baik secara individu maupun c. b. M.Memberikan perkelompok V.Suratman Buku Fisika untuk SMK Kelas 1 (edisi 1999).Suratman. Penilaian Prosedur Penilaian a. Oktober 2010 Mengetahui. M. • • S. Guru Pamong SMKN 2 Banjarmasin Mahasiswa PPL 2 .b. • • • Banjarmasin.

Timbul Tondang. S.Pd Noor Maulida .