P. 1
Percobaan 6 - Pembiasan Cahaya

Percobaan 6 - Pembiasan Cahaya

|Views: 76|Likes:
Published by Kevina Ekawati

More info:

Published by: Kevina Ekawati on Oct 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2011

pdf

text

original

Percobaan 6 Pembiasan Cahaya

I. Pendahuluan
Setiap benda yang transparan dapat dilewati cahaya. Namun, sifat perambatan cahaya dalam benda tersebut ditentukan oleh indeks bias benda. Sebagai contoh, arah rambat cahaya dari udara yang masuk ke dalam air mengalami pembelokan karena air memiliki indeks bias yang berbeda dengan udara.

Pembiasan. Arah rambat cahaya membelok ketika memasuki medium yang berbeda. hal tersebut disebabkan Perbedaan indeks bias dua medium tersebut
1

Sel saraf yang begitu kecil menjadi tampak sangat jelas ketika diamati dengan mikroskop. 2 . Lensa pada mikroskop membuat bayangan jasad renik seperti bakteri tampak besar dan jelas oleh mata karena memiliki indeks bias. Loup atau kaca pembesar sering digunakan untuk membaca tulisan sehingga tampak lebih besar loup memanfaatkan sifat indeks bias kaca Mikroskop. Sel saraf.Loup.

Para ahli astronomi dapat melihat planetplanet dan bintang-bintang yang jauh dengan jelas dengan teleskop karena lensa pada teleskop memiliki indeks bias.Teleskop. Pluto dan Charon adalah benda terjauh dari Matahari dalam sistem tata surya kita 3 . Foto Pluto dan saudara kembarnya Charon diamati dengan teleskop yang sangat canggih. Pluto dan Charon.

Sebuah kotak plastik transparan diisi zat cair tertentu yang akan diukur indeks biasnya. titik air dapat menguraikan cahaya karena memiliki indeks bias. Ketika memasuki zat cair arah berkas dibelokkan. Peristiwa pembiasan pada bidang batas antara dua medium memenuhi hokum Snell n1 sin θ1 = n2 sin θ 2 dengan n1 = indeks bias medium tempat cahaya datang θ1 = sudut datang n2 = indeks bias medium tempat cahaya bias 4 . Percobaan yang dapat kalian lakukan diilustraskan pada Gbr. Bagaimana Menentukan Indeks Bias? Pada percobaan kali ini kita akan mengukur indeks bias sejumlah zat cair. 1. dan ketika keluar dari zat cair pada sisi seberang arah cahaya dibelokkan kembali.Pelangi. Berkas cahaya datang dengan arah tidak tegak lurus sisi kotak yang berisi zat cair. Pelangi terjadi karena penguraian cahaya putih menjadi cahaya berwarna-warna oleh titik-titik air di udara.

Berdasarkan gambar tersebut kita dapatkan AB OA DC sin θ 2 = OD sin θ 1 = Dengan mengambil indeks bias udara n1 = 1 dan indeks bias zat cair n2 = n maka indeks bias zat cair dapat ditentukan dari rumus AB × OC n= CD × OA 5 . 1 kita tidak perlu mengukur sudut secara langsung.θ2 = sudut bias Berdasarkan Gbr. Nilai sinus sudut datang dan sudut bias dapat dihitung berdasarkan pengukuran lokasi jatuhnya sinar datang dan sinar bias.

6 . Tujuan Tujuan percobaan kali ini adalah mendentukan indeks bias sejumlah zat cair.Berkas meninggalkan zat cair • B • O • • D C A Berkas datang (dari laser pointer) Zat cair dalam kotak plastik dilihat dari atas • Titik A adalah titik tempat berkas cahaya mengenai kotak Titik D adalah titik tempat berkas cahaya meninggalkan kotak Garis BOC adalah garis yang tegak lurus kotak dan melalui titik B Garis BA tegak lurus garis BOC Gambar 1 sketsa lintasan sinar datang dan sinar bias II.

minyak tanah 5) Mistar 6) Gula putih 0. minyak goreng bening. Langkah Percobaan Indeks bias sejumlah zat cair Zat cair Laser pointer Gambar 2 Skema percobaan 7 . lotion bayi.III.5 kg 7) Air 8) Timbangan dapur IV. Alat-Alat Dalam percobaan kalian memerlukan alat-alat berikut ini 1) Laser pointer 2) Kotak plastik transparan berdinding tipis yang terbuka di sisi atas 3) Alas dari papan atau karton 4) Sejumlah zat cair: air.

C. AB. pembelokan cahaya paling besar diamati pada zat cair yang memiliki indeks bias kecil atau besarkah? ② Jika cahaya jatuh tegak lurus permukaan kotak. D. dan O Ukur panjang OA. Lakukan percobaan pada empat macam cairan ⑧ Lengkapi Tabel berkut ini No 1 2 3 4 Nama zat cair OA AB OD CD n Pertanyaan ① Jika cahaya jatuh dengan arah yang sama pada zat cair yang berbeda. OD. dan CD Hitung indeks bias zat cair Lakukan pengukuran untuk bermacam-macam zat cair dengan menganti zat cair di dalam kotak dan mengulangi langkah 2 sampai 6. ④ ⑤ ⑥ ⑦ Tandai titik-titik A. 2 Isi kotak dengan zat cair yang dikehendaki sampai hampir penuh Arahkan sinar laser pointer ke salah satu sisi kotak tidak tegak lurus sisi (membentuk sudut tertentu). B. apakah terjadi pembelokan ketika berkas cahaya memasuki zat cair? 8 .① ② ③ Set alat seperti paga Gbr.

③ Amati arah berkas cahaya yang meninggalkan kotak. Kesimpulan Buatlah tiga kesimpulan yang kalian dapatkan dari percobaan di atas 9 . Apakah arahnya sejajar dengan arah berkas cahaya yang keluar dari laser pointer? Indeks Bias sebagai Fungsi Konsentrasi 1) Lakukan percobaan yang sama dengan mengukur pengaruh konsentrasi gula terhadap indeks bias larutan gula 2) Isi tabel berikut ini No Kosentrasi gula [gram gula/(gram gula+air)] OA AB OD CD n 1 2 3 4 3) Buat grafik indeks bias larutan gula sebagai fungsi konsentrasi gula V.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->