P. 1
Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

|Views: 255|Likes:

More info:

Published by: Isabellatrix Fortissimo on Oct 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2014

pdf

text

original

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua dalam pancasila berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab didasari dan dijiwai oleh sila Ketuhanan Yang Maha Esa atau sila kesatu , serta mendasari dan menjiwai ketiga sila berikutnya. Sila ini dilambangkan oleh tali rantai. Rantai tersebut terdiri atas mata rantai berbentuk persegi empat dan lingkaran yang saling berkait membentuk lingkaran. Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki, sedangkan yang lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkait melambangkan bahwa setiap manusia, laki-laki dan perempuan, membutuhkan satu sama lain dan perlu bersatu sehingga menjadi kuat seperti sebuah rantai. Nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab adalah dasar dalam kehidupan kenegaraan, kebangsaan, dan kemasyarakatan. Maksudnya sebagai dasar adalah dalam hidup bermasyarakat dan bernegara kita membutuhkan suatu peraturan yang berlaku agar bisa membentuk suatu hubungan yang harmonis antar Warga Negara Indonesia. Nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab bersumber dari hakekat manusia, yaitu susunan kodrat jiwa raga, sifat kodrat individu dan makhluk sosial, kedudukan kodrat makhluk pribadi berdiri sendiri dan makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Yang dimaksud sifat kodrat individu adalah kebutuhan seseorang untuk memenuhi segala yang dibutuhkannya. Sedangkan yang dimaksud dengan sifat makhluk sosial adalah kebutuhan untuk meminta dan memberi bantuan kepada orang lain. Terlalu memikirkan diri sendiri itu tidak baik, akan menyusahkan orang-orang disekitar kita. Demikian juga terlalu memikirkan kepentingan orang lain dan tidak mengurusi diri sendiri juga tidak baik karena sama saja mendholimi diri sendiri. Maka dari itu kita perlu menyeimbangkan kepentingan pribadi dan kepentingan bersama. Menurut nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab dalam hidup kenegaraan hak kodrat manusia sebagai hak dasar harus dijamin dalam peraturan perundang-undangan negara. Karena jika tidak ada peraturan yang melindungi hak manusia maka akan banyak terjadi penindasan, hidup kita akan dihantui rasa ketakutan, dan segala hal yang buruk akan terus terjadi. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung nilai kesadaran sikap moral dan tingkah laku manusia yang didasarkan pada potensi budi nurani manusia dalam hubungan dengan norma dan kebudayaan terhadap diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan. Sebagai contoh manusia yang adil dan beradab terhadap diri sendiri yaitu jika tidak mensyukuri nikmat berarti mendholimi diri sendiri. Contoh terhadap sesama yaitu memberi toleransi. Contoh terhadap alam yaitu menjaganya. Contoh terhadap Tuhan yaitu melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.

dan saling menghormati satu sama lain. lingkungan . keturunan. membentuk masyarakat yang sadar diri.Menurut nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab dalam kehidupan bersama dalam negara dijiwai moral kemanusiaan untuk saling menghargai meskipun terdapat perbedaan karena saling menjaga keharmonisan dalam kehidupan bersama memang merupakan bawaan kodrat manusia. dan agama. Konsekwensi nilai-nilai yang terkandung pada sila kemanusiaan yang adil dan beradab adalah sebagai berikut : - Menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa Menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia Menghargai kesamaan hak dan derajat tanpa membeda-bedakan suku. kemanusiaan yang adil dan beradab agar negara kita tenteram. negara. masyarakat. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab dan beradab mengandung nilai bahwa hakekat manusia sebagai makhluk yang berbudaya harus berkodrat adil terhadap diri sendiri (tahu diri). - Kita perlu membentuk peraturan yang untungnya sudah tertuang pada pancasila kita sila kedua. ras. Mengembangkan sikap saling mencintai sesame manusia. dan Tuhan Yang Maha Esa. bangsa. status sosial. tidak semenamena terhadap sesama manusia dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. manusia lain. Karena itu marilah kita menghargai segala perbedaan yang ada pada lingkungan kita untuk mewujudkan keharmonisan tersebut. tenggang rasa. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->