BAB I GAMBARAN PERUSAHAAN

PT Pembangunan Perumahan, Tbk PT Pembangunan Perumahan Tbk. (Persero) atau yang disingkat PT PP Tbk. merupakan BUMN konstruksi terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1953. Beberapa proyek besar telah berhasil dikerjakan oleh PT PP Tbk. seperti Hotel Indonesia, Gedung MPR/DPR, JaCC, Barelang Cable Stayed Bridge Tonton yang menghubungkan Pulau Batam – Rempang dan Galang, Pelabuhan Tanjung Perak dan beberapa hi-rise building di daerah distrik utama bisnis di Jakarta. PT Pembangunan Perumahan Tbk mengincar kenaikan kontrak pada tahun 2011 yang ditargetkan mencapai 16 triliun rupiah, naik 36,7% dari raihan kontrak tahun lalu sebesar 11,7 triliun rupiah. Target tersebut termasuk kontrak yang dilanjutkan senilai 2,5 triliun rupiah. PT Pembangunan Perumahan Tbk mengalokasikan 52% kontraknya yang berasal dari proyek pemerintah pada tahun ini. Sementara BUMN lain akan mendapat porsi 26%, dan 22% sisanya akan diserap oleh proyek dari swasta. “Tahun ini anggaran Kementerian Pekerjaan Umum ditambah sebanyak 22 triliun rupiah. Dari 30 triliun rupiah di 2010, jadi 52 triliun rupiah di 2011. A. Pembangunan Perumahan University Pembangunan Perumahan University didirikan pada tanggal 19 Agustus 2009 oleh PT. PP (Persero) Tbk. yang berlokasi di Jalan Raya Puncak km. 77 Cisarua Bogor yang lokasinya merupakan kawasan lingkungan wisata alam. Awalnya PP University adalah wisma PT. PP yang dibangun dengan konsep tempat penginapan bagi keluarga atau karyawan PT. PP yang ingin berlibur ke puncak. Tapi karena PT. PP mempunyai rencana membangun pusat diklat, maka dibangunlah PP University dengan konsep tempat pelatihan dan pendidikan bagi karyawan PT. PP itu sendiri dan perusahaan lainnya, serta menyewakan kamar hotel bagi keluarga PT. PP dan peserta diklat. 1

com . berwawasan global serta memiliki karyawan sejahtera. inovatif. Misi.com/ Bidang Usaha PT Pembangunan Perumahan.pt-pp.PPUniversity.Visi. Visi Menjadi perusahaan jasa konstruksi terkemuka yang memberikan nilai tambah kepada stakeholder Misi Menyediakan jasa konstruksi kepada seluruh masyarakat Indonesia agar dapat memberi nilai tambah kepada stakeholder. Tbk 3 Lini bisnis PT PP: General Contractor Developer Investor 2 . Logo GAMBAR 1. dengan dukungan struktur keuangan yang sehat.1 LOGO PP & PP University Sumber: http://www. http://www. dan Logo PT Pembangunan Perumahan.Tbk. efisien.comule.

Jaringan . Tbk Aspek Produksi PT Pembangunan Perumahan adalah penyedia layanan konstruksi bangunan lokal.Strategi Bisnis PT Pembangunan Perumahan. Pabrik dan Industri 6. 9. 3. Bangunan Bertingkat meliputi: Hotel. Apartemen. Pengairan: Drainase. Fasilitas: Sekolah. Pemukiman dan Perumahan 5. Transmisi Gardu Induk 11. Power Plant Gardu Transmisi Induk. Bangunan Sakit. Bandar Udara. Tbk 1. 10. Penahan Gelombang. 2. Bangunan Komersial 4. Kelistrikan: Kelistrikan. Gedung Pameran dan Tempat Ibadah. Tujuan PT Pembangunan Perumahan adalah menjadi perusahaan jasa penyedia konstruksi bangunan yang terbesar di Indonesia. Rumah Gedung Perkantoran dan 8. domestik dan internasional yang berlokasi di Indonesia. Jasa konstruksi yang disediakan PT PP Tbk. adalah sebagai berikut: PT Pembangunan Perumahan. Pelabuhan: Dermaga. Pekerjaan Industri 3 Mekanikal dan Kelistrikan pada Gedung dan Kelistrikan dan Olahraga. Reklamasi dan Pengerukan.

dan 22% sisanya akan diserap oleh proyek dari swasta. Aspek Pemasaran PT PP mengalokasikan 52% kontraknya yang berasal dari proyek pemerintah pada tahun ini. Power Plant 14. Radio.14%. karena hal ini berfungsi untuk mendapatkan kontrak proyek. PP menjalin hubungan dengan semua perusahaan di Indonesia dari sejak berdiri. mengalami penuruan operating profit sebesar -0. PP mencatat penurunan net sales sebesar -13. Tata Udara. Pengolahan Air pencetakan 12.Pengairan. Sementara BUMN akan mendapat porsi 26%. Aspek Keuangan Berdasarkan laporan keuangan untuk tahun 2009 Q3 dan 2010 Q3. Tata Suara 15. Kereta Api Jalan Tol. net profit mengalami kenaikan sebesar 38. Bersih dan Bendungan. Bangunan bawah air. 16. Building Automation 13. Learning center pertama dan satusatunya untuk bidang konstruksi di Indonesia yang diresmikan pada 2009. Jalan B. PT PP (Persero) Tbk (kode emiten BEI : PTPP) kembali memulai pendidikan calon Project Manager (PM) yang akan menjadi ujung tombak manajemen di lapangan. Pemipaan Pembukaan Lahan 7. Bendung. Pelatihan ini akan diadakan di PP University. Telekomunikasi dan Instrumentasi.51% dibandingkan tahun sebelumnya.17%.04%. Hal ini guna mempersiapkan lonjakan kebutuhan PM berkualitas seiring dengan meningkatnya target pengerjaan proyek pada tahun-tahun mendatang. Aspek SDM Paska Initial Public Offering. Karena itu dampaknya. mengalami kenaikan gross profit sebesar 7. dan Terowongan. air sawah limbah. Jembatan. Jalan dan Jembatan : Jalan. 4 .

Divisi SDM terbagi kedalam beberapa bagian pelayanan. Cisarua Bogor. Penulis melakukan kegiatan magang selama 7 hari kerja dalam seminggu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.BAB II AKTIVITAS DAN PENUGASAN MAGANG A.00 – 17. Waktu Magang Pelaksanaan magang di Divisi SDM. dan dari tanggal 24 Januari hingga 13 Februari 2011.00 WIB : 12. 2. antara lain: a.00 WIB 5 . Tinjauan Kegiatan magang PP University merupakan tempat dimana delakukan pelatihan dan pendidikan mengenai kegiatan konstruksi bangunan dalam program Manajer Proyek (PM). Layanan Penyelesaian Gangguan Fasilitas d. Layanan Informasi c. Lokasi Magang Penulis melaksanakan kegiatan magang di Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) PP University Cisarua Bogor yang beralamat di Jalan Raya Puncak Km. Layanan Input Data Peserta Pelatihan b. Dalam aktivitasnya. PP University Cisarua Bogor dilaksanakan selama 30 hari kerja mulai tanggal 23 Desember hingga 31 Desember 2010. Adapun jadwal magang tertera di bawah ini : Hari Senin – Minggu Jam Istirahat hari Senin – Minggu 3. Layanan Pendidikan dan Pelatihan : 08. Kegiatan Magang 1.00 – 13.77.

Pembuatan proyeksi bisnis PP University 4.Penyelesaian proyeksi bisnis 6 .Pembuatan tabel perbandingan kompetitor . .Penyambutan dan pelayanan check-in peserta dari DEPHUB .Pengecekan kelas (layout.Penyambutan dan pelayanan check-in peserta dari DVO PP 3. dan BNI 46 24-30 January 2011 .Perkenalan dengan staf PP University. dan jam kerja.Penanganan permintaan LCD multi proyektor ruang kelas .Melaporkan diri kepada bagian HRD untuk ditempatkan. untuk perangkat notebook peserta) .Input data peserta .Pelayanan check-out peserta .1 KEGIATAN MAGANG No. 7-13 February 2011 . . 1. 23-21 Desember 2010 . 31 January 2011 6 February 2011 .Pengenalan proses pelayanan dan . kelistrikan. Ruang Lingkup Kegiatan Magang Adapun tugas yang dilakukan selama pelaksanaan magang adalah sebagai berikut : TABEL 2.4.Filling.Penyambutan dan pelayanan Check-in peserta dari RRI 2.Briefing tentang aturan.Troubleshoot wifi connection . indentifikasi data peserta pelatihan . Tanggal Kegiatan Uraian Singkat Kegiatan atau Pekerjaan yang dilakukan .

hal tersebut tertuang didalam sebuah perjanjian tertulis yang ditandatangani oleh pihak customer dan wajib dibawa pada saat check-in. Pihak customer service akan memberikan pelayanan sesuai dengan fasilitas yang telah dipesan. antara lain : a. standar ataupun ekonomi.5. Proses check-in Proses check-in dimulai dengan pihak customer menghubungi PP University baik melaluli media telepon maupun email. Kemudian pada hari pelatihan peserta datang ke PP University. 7 . jika sudah fixed. Deskripsi Kegiatan Magang Dalam ruang lingkup kegiatan magang yang penulis lakukan. melakukan registrasi. disamping itu kepastian tanggal dan waktu pelatihan disepakati. pembatalan bisa dilakukan maksimal 1 minggu sebelum hari pelatihan. Customer diwajibkan membayar biaya awal sebesar 20% dari total harga keseluruhan melalui transfer. pihak customer service kemudian menginput ke dalam database yang dibedakan untuk fasilitas superior. Berikut merupakan deskripsi cakupan kegiatan magang. Hal tersebut dilakukan dalam rangka penginputan namanama calon peserta pelatihan.

katering. Proses pelatihan Proses pelatihan berjalan selama jangka waktu yang disepakati customer dengan pihak PP University. trainer dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan jauh-jauh hari maupun mendadak.GAMBAR 2. Proses check-out Pada hari terakhir pihak customer (dalam satu perwakilan rombongan peserta) melakukan konfirmasi kepada customer service mengenai jam check-out. proyektor.00 dimana kegiatannya berlangsung indoor maupun outdoor diselingi oleh waktu istirahat dan games. jadwal kegiatan dibuat oleh pihak customer dengan sepengetahuan PP University. Jadwal pelatihan umumnya dimulai maksimal berlangsung selama 2 minggu dilaksanakan dari pukul 09. c. Pihak PP Uiniversity bertugas mempersiapkan fasilitas selama pelatihan termasuk di dalamnya: kamar. apabila jam check-out melewati batas yang di tentukan 8 . ruang kelas pelatihan. untuk kemudian di lunasi pada jangka waktu yang telah disepakati. Seluruh rangkaian proses pelatihan telah tertuang di dalam perjanjian yang telah disetujui pada saat chek-in.00 sampai 16.1 PROSES CHECK-IN Customer menelepon PP University Customer memberikan data nama-nama peserta dan jenis fasilitas pelatihan melalui email atau telepon. Customer service akan mencetak bill yang harus dilunasi pihak customer. wifi. Peserta datang ke PP University yang kemudian melakukan registrasi dan dilayani oleh customer service untuk mendapatkan fasilitas sesuai yang di pesan b. kursi. dan kemudian customer service menginput ke data base Customer membayar biaya awal sesuai ketentuan yang sudah disepakati melalu transfer.

PP University menyediakan tempat penginapan berstandar hotel. antara lain. Analisis SWOT 9 . PP University juga memiliki fasilitas pendukung seperti beranda.2 PROSES CHECK-OUT konfirmasi kepada pihak Customer melakukan customer service mengenai jam check-out Customer service mencetak bill untuk diberikan kepada pihak customer Pelunasan bill dilakukan sesuai dengan surat perjanjian pada saat check-in Peserta melakukan registrasi kembali. Gambar 2. Pelunasan bill dilakukan sesuai dengan yang tertuang dalam surat perjanjian. sound system ditambah dengan 4 (empat) access point wi-fi yang memberikan keleluasaan bagi pengguna selalu online di seluruh lokasi dan satu ruangan library serta kolam renang. Variasi Produk dan Lingkup Bidang Usaha Fasilitas standar dalam pemenuhan kebutuhan training sudah terpasang secara permanent di 8 (delapan) ruang training. komputer. Terdiri dari 2 kamar tipe superior. active speaker. (terlampir) 2. coffee shop dan outdoor arena yang cukup luas untuk tempat bermain. Setelah melakukan registrasi kembali maka peserta diperbolehkan untuk check-out dari PP University. kemudian diperbolehkan check-out B. dan 8 kamar standar. proyektor. perpustakaan. Analisis Kelayakan PP University 1.customer akan dikenakan biaya tambahan. Terdiri dari 16 kamar tipe bisnis dan 16 kamar tipe ekonomi. Juga tersedia penginapan standar (dormitory) sebanyak 32 kamar. kolam renang.

Hal inilah yang memebuat PP Univeristy sulit untuk mengembangkan bisnis jasa pusdiklatnya. Ditambah lagi dengan pajak pariwisata. Pajak Jika IMB berubah maka pajak bumi dan bangunan pun akan berubah. Jika ingin tetap memberlakukan harga jual yang lama maka PP University harus lebih gencar untuk mempromosikan jasanya kepada perusahaan yang membutuhkan tempat untuk pendidikan dan pelatihan yang nyaman . (Persero) untuk menggunakan fasilitas PP University secara diam-diam.a. Perubahan pajak tersebut akan mempengaruhi harga jual kepada customer. 10 . jadi pihak pemerintah hanya mengetahui bahwa PP University itu diperuntukkan untuk pelatihan Project Manager (PM) PT PP Tbk. Dalam kasusnya PP University ingin mendapatkan profit yang besar tetapi dia mempunyai beberapa kendala yaitu : 1. Saat ini PP University sudah berdiri selama 1.5 tahun dan sedang dalam masa pengembangan. berfasilitas lengkap dan dengan biaya terjangkau. tetapi PP masih bisa mendapatkan customer lain dengan cara menawarkan jasa pusdiklat PP University kepada perusahaan yang dirasa mendapatkan rekomendasi dari pihak SDM PT PP Tbk. (Persero). 2. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Izin bangunan PP University masih dalam bentuk izin bangunan untuk tempat pelatihan internal. padahal semua fasilitas dan sarana sangat lengkap untuk pendidikan dan pelatihan karyawan dari perusahaan manapun. Pembahasan Analisis Kelayakan PP University menggunakan metode SWOT PP University yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan untuk Proyek Manajer PT Pembangunan Perumahan sekarang diperuntukan untuk kalangan perusahaan BUMN yang mendapat rekomendari dari Divisi SDM PT Pembangunan Perumahan Pusat.

Tidak hanya itu saja. 7. Jika dibandingkan dengan hotel di kawasan puncak yang memiliki ruang konvensi namun memberlakukan tarif sewa terpisah tentu harga yang ditawarkan PP University masih lebih murah. Yang datang adalah perwakilan dari seluruh RRI di Indonesia. contohnya saja pada saat pelatihan RRI. karyawan tidak bisa memberikan layanan yang memuaskan untuk customernya. SDM PP University mempunyai kendala di bidang ini. PP University kurang memberikan pelatihan tersendiri untuk karyawannya.3. 6. 4. Hal ini berdampak positif karena banyak hal dan pengalaman baru dari GM yang baru. 5. Penjualan Untuk penjualan dalam 1 tahun 5 bulan ini PP University masih datar dikarenakan customer PP University hanya beberapa perusahaan saja yang mendapatkan persetujuan rekomendasi dari SDM PT PP (persero) untuk melakukan diklat di PP University. Harga PP University tergolong mempunyai harga yang murah karena semua sudah termasuk dalam 1 paket pelatihan dan penginapan berikut termasuk segala fasilitas yang ada. Organisasi PP University baru 1 bulan yang lalu melakukan pergantian General Manager SDM dikarenakan untuk peningkatan mutu dan kualitas serta profesionalitas PP University saat ini. 11 . karena hanya memiliki 23 karyawan sedangkan jika dalam 1 minggu terdapat 2 perusahaan yang menggunakan PP University untuk diklat. karena kebanyakan karyawannya kurang mempunyai sikap sopan ketika berbicara. Pasar PP University mempunyai pangsa pasar seluruh perusahaan di Indonesia. sikap profesional dalam melayani dan membuat laporan.

Maka dari itu untuk meningkatkan agar pasar dan tingkat penjualan tidak itu-itu saja maka PP University harus merubah semua strategi bisnisnya. kelemahan (weaknesses). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut (Albert Humphrey : 1960). 8. (Persero) untuk mendapatkan customer PP University kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya karena kendala diatas. dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. peluang (opportunities). opportunities. dan threats). Strategi bisnis PP Univerity hanya mengikuti rekomendasi PT PP Tbk. Analisis SWOT terpisah menjadi 2 bagian yaitu analisi internal (SW) dan analisis eksternal (OT) penjelasannya antara lain : 12 . Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths). maka dari itu kami selaku penulis menganalisis apakah PP University layak atau tidak dalam bidangnya saat ini. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths. weaknesses.

2 ANALISIS SWOT 13 .Tabel 2.

kerjasama. memuaskan karena faktor kurangnya STRATEGI S .T Meningkatkan mutu dan layanan baru yang membuka jasa dan fasilitas yang . • Pelayanan tidak SDM.Strength Weakness • Produk yang sangat • jarang ditemui dengan kualitas yang sama.O • Masih tersedianya pasar • di Opportunity yang belum terjangkau Jumlah perusahaan Indonesia yang calon strategis udara yang • • sangat sebagai pelanggan • Letak dengan potensial.T • Melakukan strategi • penetapan harga yang • Adanya pesaing STRATEGI W . Kurangnya mess karyawan. ruangan kelas. Kurangnya kreatifitas berkarya dan kompetitor. Karyawan kebersihan. Konsep diklat produk • konstruksi • menghadapi persaingan pertama di Indonesia.O Menciptakan paket • Meningkatkan promosi produk menarik Melakukan inovasiinovasi Berusaha menciptakan lagi untuk Brand jasa yang baik di media cetak maupun elektronik • Menambah koneksi perusahaan–perusahaan lain di Indonesia yang membutuhkan pelatihan tempat berbeda agar semakin Image yang lebih kuat sejuk di pegunungan (puncak cisarua) 14 STRATEGI S . yang dan yang kurang disiplin waktu. • STRATEGI W . sarana gedung . untuk dalam • • ANALISIS SWOT • Menggunakan strategi value pricing.

ilmu dan pengetahuan baru serta nilai positif lainnya yang berguna bagi penulis bila berkiprah di dunia kerja nantinya. penulis mendapatkan pengalaman-pengalaman yang sangat berharga. proyektor) Membuat proyeksi bisnis PP university Membuat tabel perbandingan hingga akhirnya data dimasukkan ke dalam bantex. 2. Lingkungan dan suasana kerja pada bagian unit Divisi SDM yang bisa dijadikan media pembelajaran secara praktis dari teori-teori ilmu yang didapat saat perkuliahan. Kesimpulan Selama pelaksanaan program kegiatan magang yang dilakukan pada unit Divisi SDM PP University Cisarua Bogor berjalan dengan sangat baik. sesuai segmen. 15 . 4. filing data Melakukan validasi data dengan memperhatikan proses identifikasi data Melakukan pengaturan peralatan kelas (wifi. Aktivitas dan penugasan magang selama 30 hari adalah: 1.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. dan unit layanan. 5. jenis layanan. Selama mengikuti program magang. Melakukan penginputan data yang dimulai dari cetak form . 3. kelistrikan. Penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan program magang merupakan sarana yang sangat tepat dalam mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama perkuliahan ke dalam dunia kerja/usaha secara nyata. Berbagai pengalaman dan manfaat yang dimaksud penulis adalah : 1.

Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika telah berlangsung dengan baik. Saran 1. karena kurangnya gambaran menyebabkan kurang siapnya mahasiswa dalam menghadapi praktek kerja di lapangan. penulis telah mendapatkan tambahan ilmu dan pengetahuan baru. c.1. Institusi sebaiknya mendukung mahasiswa dalam pencarian informasi terkait mata kuliah magang. Secara umum. b. Saran untuk Institusi Kegiatan magang merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat pada kurikulum Institut Manajemen Telkom yang bertujuan untuk meghasilkan lulusan yang berkualitas dan sesuai dengan arah dan perkembangan tuntutan pasar. serta kesenjangan antara kenyataan dengan teori sehingga dapat membuka wawasan penulis. misalnya nomor kontak pembimbing. Institusi sebaiknya jangan merubah aturan-aturan magang secara mandadak ketika mahasiswa akan atau sedang melakukan kegiatan magang.2. penulis mempunyai beberapa saran untuk penyelenggaraan magang selanjutnya: a. Namun untuk kemajuan yang lebih baik lagi. B. karena ternyata banyak rekan penulis tidak melakukan bimbingan/asistensi magang seperti yang dianjurkan karena keterbatasan informasi yang didapat. Dengan adanya kesempatan untuk mengadakan analisis terhadap keluhan peserta. Dapat mengetahui cara melakukan pelayanan terhadap pelanggan dan penanganan komplain/keluhan pelanggan. penulis berpendapat bahwa penyelenggaraan program magang di dalam kurikulum akademik Program S. 3. Institusi sebaiknya lebih memberikan gambaran mengenai dunia kerja. hal ini 16 . Sosisalisasi kegiatan magang sebaiknya dilakukan sebelum kegiatan magang berlangsung dan bersifat tetap (tidak terjadi perubahan di tengah masa magang). dan dengan sendirinya akan memperkuat pengetahuan teoritis dengan pengalaman empiris. d.

c. sebaiknya ini di perbaiki. Unit Divisi SDM sebaiknya tetap dapat mempertahankan kinerjanya yang sudah baik dalam mengetahui kebutuhan maupun keluhan peserta. d. Membuat guest complain form. Saran untuk PP University a. sehingga dapat diakses dengan mudah apabila dibutuhkan pada saat pengauditan. Dokumen–dokumen yang berbentuk fisik (hardcopy) dapat didokumentasikan ke dalam sistem informasi dengan menggunakan alat scanner untuk memelihara dan menjaga rekaman dokumen. Sebaiknya menata kembali dokumen yang lalu agar lebih mudah untuk melihat kembali jika diperlukan di kemudian hari. PP University belum mempunyai sistem informasi manajemen yang tertata. f. sehingga peserta dapat memberikan feedback yang dapat dijadikan acuan dalam peningkatan pelayanan. b. e. 2. 17 . Membina karyawan dan memberikan pelatihan serta informasi sehingga mereka dapat bekerja secara optimal terkait segala proses dalam layanan maupun penyampaian jasa sehingga mengurangi terjadinya kesalahpahaman baik diantara karyawan maupun antara karyawan dengan peserta.sangat merugikan dan menyulitkan mahasiswa untuk memahami kembali aturan baru tersebut.

7th Edition (2003–2004).DAFTAR PUSTAKA A. B.com http://www. INTERNET http://www.comule. Analisis SWOT Who's Who in Science and Engineering.pt-pp.bumn. BUKU Albert S Humphrey (1960).id/pp/# 18 .com http://portal.ppuniversity.go.

5 Fasilitas Kamar 19 .LAMPIRAN Gambar 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful