1.

BAHAYA ETHANOL

Nurwijaya,Hartatik. 2010. Bahaya Alkohol Bagi Janin. [serial online]. http://www.kabarindonesia.com/berita.php? pil=3&jd=Bahaya+Alkohol+Bagi+Janin&dn=20100315160719 (diakses tanggal 3 Oktober 2011) Alkohol sangat mudah terdistribusi masuk ke dalam saluran darah janin melalui darah ibunya dan dapat merusak sel-sel pada janin. Sel-sel utama yang menjadi target kerusakan adalah pada otak dan medula spinalis. Fetal alcohol syndrome (FAS) menggambarkan rentang efek alkohol terhadap janin hingga bayi yang dilahirkan mengalami kelainan fisik dan mental. Efeknya bervariasi dari ringan sampai sedang. Beberapa efek alkohol terhadap janin antara lain adalah :

Bentuk wajah yang ganjil. Bayi mungkin akan memiliki kepala kecil, dengan muka datar, dan mata yang hanya bisa membuka sedikit. Dan keadaan ini makin kelihatan nyata ketika anak berusia 2-3 tahun

Gangguan pertumbuhan. Anak yang terpapar alkohol saat masih dalam kandungan akan tumbuh lebih lambat daripada anak yang normal. Masalah belajar dan perilaku. Hal ini karena alcohol juga akan mempengaruhi fungsi otak anak. Cacat lahir. Selain dengan bentuk wajah ganjil, bayi mungkin akan mengalami kecacatan pada berbagai bagian tubuh. (Hartatik Nurwijaya,2010)

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful