PENEMUAN MESIN TIK/KOPUTER

MANA : SEMIY KLAS : X AP 2

Sejarah Mesin Ketik

Quote: Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang, apabila ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada dokumen, biasanya kertas. Dari awal penemuannya sebelum tahun 1870 sampai pada abad 20, mesin ketik banyak digunakan oleh para penulis profesional dan pekerja di kantor. Sejak saat itu, mesin ketik telah menjadi bagian dari bisnis perusahaan dan menjadi produk komersil di seluruh dunia. Walaupun masih populer dengan beberapa profesi, seperti penulis, mesin ketik fungsinya telah teralihkan dengan kehadiran mesin lain. Pada akhir dasawarsa 1980-an, mesin pengolah kata dan komputer pribadi (personal computer) telah menggantikan fungsi mesin ketik di beberapa negara di dunia bagian barat. Walaupun demikian, mesin ketik masih digunakan di beberapa negara tertentu di dunia hingga saat ini.

mesin ketik dipasarkan dengan nama ”Noiseless” yang dikembangkan oleh Wellington Parker Kidder dan dipasarkan pada tahun 1917.Mesin ketik modern merupakan pengembangan dari mesin ketik yang pada awalnya diciptakan secara sederhana dan bertahap. William Justin Burt menciptakan sebuah mesin yang disebut “typowriter”. bukan tombol-tombol untuk memilih karakter. sehingga Burt tidak dapat menemukan seorang pembeli atau pihak perusahaan yang mau membeli hak paten tersebut. Di samping itu muncul pula penemuan kertas karbon oleh Pellegrino Turri yang merupakan salah satu cikal bakal dari komponen mesin ketik. mesin ketik ini mulai diproduksi. Dengan adanya kejadian ini maka beberapa peneliti menyimpulkan bahwa bunyi ”klak-klak” yang dihasilkan mesin ketik merupakan preferensi konsumen. baik secara perorangan maupun kelompok. saat Henry Mill memperoleh hak paten karena menciptakan sebuah mesin yang menyerupai mesin ketik. . Hal ini juga menyatakan bahwa klaim pengoperasian mesin ketik yang ‟hening‟ adalah tidak benar. Penemuan mesin ketik diawali pada tahun 1714. sehingga disebut “index typewriter”. Pada tahun 1829. yang menimbulkan persaingan antarpenemu selama beberapa dekade. yang dikenal sebagai mesin ketik pertama. Penemuan ini gagal karena dianggap tidak berhasil menarik perhatian dan antusiasme konsumen. Penemuan teknologi ini melibatkan penemu yang bekerja secara mandiri. di mana sejumlah orang saling memberikan kontribusi terhadap penemuan mesin ketik ini sehingga pada akhirnya menciptakan suatu produk komersil yang sukses. Pada tahun 1929. bukan “keyboard typewriter”. Hal ini menyebabkan mesin itu tidak dapat diproduksi untuk komersil. Pada saat itu. Inovasi mesin ketik lainnya muncul pada awal abad ke 20. Mesin ketik ini digunakan dengan cara putaran. Hal ini sama seperti penemuan telepon. mesin ini bekerja lebih lama daripada menulis dengan menggunakan tangan. Walaupun demikian.

dapat menerima data (input). mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. . Dalam bahasa Inggris disebut to compute. kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya. Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama. PENGERTIAN KOMPUTER Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis.KOMPUTER 1. tanpa campur tangan dari manusia. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer. Sedangan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat. 2. 1. termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika. berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Menurut Blissmer komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: 1. 3. para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. 1. Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama. menerima input memproses input tadi sesuai dengan programnya menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan menyediakan output dalam bentuk informasi 1. dan menghasilkan output berupa informasi. serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. 4. Menurut Hamacher komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital.

Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic) Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Sejak dahulu kala. kapasitas/ukurannya. proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Komputer Mini (Mini Computer) 3. Komputer Generasi Pertama (1946-1959) 2. Komputer Super (Super Computer) 4. Komputer Besar (Large Computer) 6. Berdasarkan Generasinya 1. Komputer Digital 3. B. . Komputer Generasi Kedua (1959-1964) 3.1. Berdasarkan Penggunannya 1. PENGGOLONGAN KOMPUTER Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah. Berdasarkan Data Yang Diolah 1. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Komputer Generasi Kelima 1. Komputer Kecil (Small Computer) 4. jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. SEJARAH KOMPUTER Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Komputer Mikro (Micro Computer) 2. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang) 5. Komputer Menengah (Medium Computer) 5. Komputer Hybrid 2. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer) 3. Komputer Analog 2. 1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) 2. C. Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya 1. dan generasinya. penggunaan. sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) 4.

dan pembagian. muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Dengan kemampuannya. arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan. arithometer. Pada tahun 1642. abacus kehilangan popularitasnya Setelah hampir 12 abad. terutama di Eropa. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. perkalian. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan Tahun 1694. Kalkulator mekanik Colmar. Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal.Sejarah Komputer menurut periodenya adalah: * Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik * Komputer Generasi Pertama * Komputer Generasi Kedua * Komputer Generasi Ketiga * Komputer Generasi Keempat * Komputer Generasi Kelima ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIKA bacus. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. seorang matematikawan dan filsuf Jerman. Sama seperti pendahulunya. Gottfred Wilhem von Leibniz (16461716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. . yang pada waktu itu berumur 18 tahun.Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. pengurangan. Barulah pada tahun 1820. menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline. kalkulator mekanik mulai populer. alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Blaise Pascal (1623-1662).

Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan berkembangnya populasi. pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Mesin uap Babbage. Pada 1889. Bagaimanapun juga. yang disebut Analytical Engine. Selain itu. Charles Babbage (1791-1871). Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas.000 komponen. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960. Asisten Babbage. Tahun 1812. sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama. Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik.Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris. walaupun tidak pernah selesai dikerjakan. Dengan menggunakan alat tersebut. Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Ia membantu merevisi rencana. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. . tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Dengan menggunakan tenaga uap. Terdiri dari sekitar 50. Pada tahun 1980. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial. disain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartukartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. mencari pendanaan dari pemerintah Inggris.

Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus. Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Pada tahun 1903. yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Komputer Analog Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Sebagai contoh. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (18151864) berupa sistem biner aljabar. biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka. Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.Pada masa berikutnya. beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. John V. dan lain-lain. . karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. penghitung aliran BBM pada SPBU. komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu. JENIS KOMPUTER JENIS KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH 1. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan F. mengukur kekuatan cahaya. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan.

Komputer Hybrid Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital.2. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Komputer Digital Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. tanda baca dan lain-lain. 3. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif. . huruf. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka.

Memori . alat untuk pengatur lampu lalu lintas. sehingga aplikasi yang diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated.KOMPUTER BERDASARKAN PROCESSORNYA 1) Microcontroller Microcontroller memiliki semua peralatan sebagai sebuah komputer dalam satu chip.Pemroses (processing) [baca: mengenal perangkat pemroses] . .Input [baca: mengenal input device] dan output [baca: mengenal output device] Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Peralatan tersebut diantaranya adalah: . Contoh alat ini diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus.

baik secara tiga dimensi. 3) Engineering Workstation Komputer ini lebih powerfull apabila dibandingkan dengan komputer pribadi. Aplikasi yang digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan. maupun secara matematika lainnya. biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.2) Microcomputer Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user. Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya. 3) Super Komputer . umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya.

Komputer ini merupakan komputer paling bertenaga. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. 4) Mainframe Mainframe dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya. analisikrip. dan riset fusi nuklir). Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu. Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel. Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca. dan juga detail sipil yang rumit. dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. dll. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. riset iklim (termasuk riset pemanasan global. simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin. biasanya penghitungan angka. . simulasi peledakan senjata nuklir. pemodelan molekul. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer. yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.

Komputer jenis ini digunakan lebih luas daripada mainframe. dan sebagainya.5) Minicomputer Komputer mainframe sangat mahal dan hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya. yang dikembangkan sejak tahun 60-an. karena peran utamanya adalah mengkoordinasi suatu jaringan komputer. karena alasan untuk mendapatkan yang tidak lebih mahal dari mainframe. dibuat jenis komputer yang lebih kecil dari mainframe yang disebut dengan minicomputer. Sekarang ini istilah minicomputer disamakan dengan server. Perangkat-perangkat tersebut dapat diringkas dalam satu meja. seperti rumah. tidak terlalu banyak membutuhkan tempat. Untuk membuat komputasi lebih tersedia. Komputer jenis ini paling banyak digunakan di berbagai tempat. kantor. Perangkatnya terdiri atas CPU. 6) Personal Computer (PC) Personal Computer atau PC adalah suatu perangkat komputer yang ditujukan untuk satu pengguna. monitor. sekolah. . dan mouse. tapi lebih mudah dalam pengoperasian dan pemeliharaan. keyboard.

Tower Tower biasanya ditaruh di samping atau di bawah meja karena ukurannya yang relatif besar. Periferal-periferal Desktop seperti tampilan komputer. Desktop Desktop adalah komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel. sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan. 2. Desktop merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan. 1. sehingga memenuhi meja. Komputer ini banyak memiliki ruang yang bisa dipakai untuk tempat memasang card tambahan. CPU. dan papan ketik terpisah satu sama lain dan relatif berukuran besar (juga berlawanan dengan periferal pada komputer jinjing yang terintegrasi dan berukuran kecil).JENIS KOMPUTER BERDASARKAN BENTUK FISIKNYA 1. . Komputer jenis ini dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor.

1. laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop pada umumnya. beratnya berkisar dari 1-6 kg. tergantung dari cara pemakaian. Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. dan spesifikasi laptop tersebut. Sebagai komputer pribadi. lebih tidak panas. Yang termasuk dalam jenis portable computer adalah Notebook. dan ukuran baterai. Selain itu. bahan. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis. tergantung ukuran. Komputer Notebook/Laptop cukup muat untuk dimasukkan dalam tas dan dapat dijalankan dengan battery. dan handheld computer. hanya saja ukurannya diperkecil. papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Dapat juga dihubungkan dengan modem sehingga dapat mengakses LAN atau Internet. . karena ko mputer jenis ini mudah dibawa kemana saja. sehingga peralatan ini dapat dengan mudah mengambil data dan berkomunikasi lewat sambungan telpon. Keuntungan utama penggunaan portable computer adalah tidak harus digunakannya pada tempat yang sama sepanjang waktu. spesifikasi.Portable Portable adalah ukuran komputer yang lebih kecil sehingga mudah dibawa dengan kemampuan yang sama atau lebih powerful. 3. dijadikan lebih ringan. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. dan lebih hemat daya. Handheld computer didesain untuk dapat diintegrasikan dengan sistem desktop. Notebook Notebook adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan. Laptop. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop.

4.1. Ukurannya sangat kecil jika dibandingkan dengan komputer lainnya. Palmtop Palmtop adalah komputer yang bisa digenggam. . 5. Ukuran subnotebook ini bisa lebih kecil dari laptop karena pada komputer jenis ini ada sebagian perangkat yang tidak dipasang. Karena bisa digenggam tangan. Subnotebook Ukuran subnotebook berada diantara notebook dan palmtop. 1. Komputer jenis ini juga sering disebut dengan handheld computer.

sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. output. baik komponen input. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Special Purpose Computer Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket. . Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem.KOMPUTER BERDASARKAN PENGGUNAANNYA a. Perangkat yang ada pada komputer ini. General Purpose Computer Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini. b.

1.KOMPUTER BERDASARKAN SKALA KEMAMPUANNYA Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses. baik dalam melayani user. yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal . dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini. . Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat. 2. pemrosesan aplikasi.Medium Scale Computer Komputer untuk skala menengah. merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil.Small Scale Computer Komputer skala kecil.

Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai.Large Scale Computer Komputer untuk skala besar. . dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap.3. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe.

biasanya kertas. Perusahaan Remington mulai memproduksi masal mesin tik yang telah dikembangkan tiga tahun kemudian dengan format QWERTY yang masih berlaku sampai sekarang. mesin ketik telah menjadi bagian dari bisnis perusahaan dan menjadi produk komersil di seluruh dunia. mesin ketik fungsinya telah teralihkan dengan kehadiran mesin lain. Sampai awal 1900an. mesin tik muncul dalam berbagai variasi. diantaranya adalah peletakan tombol shift dan tombol simbol. Namun pada 1910. Walaupun masih populer dengan beberapa profesi. Pada akhir dasawarsa 1980-an. mesin ketik banyak digunakan oleh para penulis profesional dan pekerja di kantor. . Sejak saat itu. Dari awal penemuannya sebelum tahun 1870 sampai pada abad 20. apabila ditekan. semua mesin tik mengikuti standardisasi yang telah ditetapkan secara global. Mesin tik pertama dikenal dengan nama „bola ketik‟ diproduksi di Eropa pada tahun 1870. menyebabkan huruf dicetak pada dokumen. atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang. Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin. Walaupun demikian.Sedikit informasi. seperti penulis. mesin pengolah kata dan komputer pribadi (personal computer) telah menggantikan fungsi mesin ketik di beberapa negara di dunia bagian barat. mesin ketik masih digunakan di beberapa negara tertentu di dunia hingga saat ini.

Di kiri kanan ada tempat untuk gulungan pita hitam. tempat huruf-huruf yang berada di ujung tangkai metal. Bagian tengahnya meninggi. Di bagian depan terdapat tuts. Bagian ini dapat bergeser ke kiri dan ke kanan. .Nomor Koleksi Nama Benda Ukuran Bahan : : : : 02.11. Roller untuk menempatkan kertas terbuat dari karet. berwarna hitam. 37 cm (lebar). tuts panjang yang melintang di depan terbuat dari ebonit (plastik) berwarna hitam. 23 cm (tinggi) Besi + ebonit + karet Deskripsi Mesin tik ukuran standar.1 Mesin Tik ROYAL 44 cm (panjang).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful