P. 1
APAKAH FILSAFAT ITU

APAKAH FILSAFAT ITU

|Views: 128|Likes:
Published by Ba Yu

More info:

Published by: Ba Yu on Oct 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/27/2015

pdf

text

original

APAKAH FILSAFAT ITU

1. ARTI KATA FILSAFAT
Filsafat di jabarkan dari perkataan “philosophia”. Yang berasal dari bahasa yunani yang artinya cinta akan kebijaksanaan. Menurut tradisi “phitagoras” atau “sochartes” lah yang pertama kali mengemukakan atau menyebut diri “philosophus” yaitu sebagai protes terhadap kaup “shopist” yang merupakan protes terhadap kesombongan , maka socartes lebih suka menyebut diri sebagai “pencinta kebijakanaan” artinya orang yang ingin mempunyai pengetahuan yang luhur. Selama manusia masih hidup dalam dunia ini maka ia harus berusaha untuk mengejar nya, hingga lebih baik dikatakan bahwa orang hanya ingin menguasainya, dengan menyebut dirinya “filsuf”

2. KESATUAN PAHAM PARA FILSUF
Meskipun para ahli pemikir sendiri ada perbedaan paham tentang definisi atau batasan filsafat itu, namun dalam perbedaan itu juga terdapat persamaan: I. II. III. IV. bahwa filsafat itu adalh suatu bentuk “mengerti” filsafat termasuk ilmu pengetahuan Keduanya mencari rumusan yang sebaik-baiknya menyelidiki obyek selengkap-lengkapnya sampai ke-akar-akarnya Keduanya memberikan pengertian mengenai hubungan atau koheren yang ada antara kejadian-kejadian yang kita alami dan mencoba menunjukkan sebab-akibatnya V. VI. Keduanya hendak memberikan sistesis, yaitu suatu pandangan yang bergandengan Keduanya mempunyai metode dan sistem

Pengertian yang berarti knowledge.perlulah menguraikan : apakah itu mengerti. akan pengetahuan yang lebih mendasar. Telinga bisa mendengar. Karena ia tidak puas dengan melihat keadaan dan kejadian itu saja. idea.”kenalan” bagi “knowledgw” kami anggap kurang tepat. kennis. dan menyimpulkan apakah filsafat itu. macam macam bentuk ilmu pengetahuan. APAKAH MENGERTI ITU Aristoteles dalam bukunya pernah mengungkapkan kalau “semua manusia menurut kodratnya ingin mengerti” tetapi ia tidak hanya melihat lihat saja. ia tidak hanya dapat berfikir tentang dunia melainkan juga tentang dirinya sendiri. Seperti melihat tnaman. Keduanya hendak memberikan penjelasan tentang kenyataan seluruhnya timbul dari hasrat manusia [obyektivitas].VII. MANUSIA DI SEBUT MIKRO-MAKRO Selanjutnya inilah yang ajaib bagi manusia karena tidak hanya mengerti akan duniua di luarnya yang di sebut makro-kosmos tetapi tahu akan dirinya sendiri pula. Ia tidak hanya mengerti. tetapi ia tidak dapat mendengar bahwa ia mendengar.menghubungkan. dan menarik kesimpulan dari padanya. dengan akalnya maka ia “mengerjakan” fakta fakta itu. menggolongkan. Walaupun “pengertian” dan “pengetahuan” pada dasarnya hampir tak berbeda artinya. Maka untuk menentukan jenis pengetahuan apakah filsafat itu. tetapi mengerti bahwa dia mengerti mata misalnya. 3. Inilah sebabnya manusia disebut “mikro-kosmos” . 4. Dimana ia sadar akan dirinya sendiri akan “aku” sendiri vdean sadar akan kesadaranya sendiri. dan memberikan nama kepadanya. hewan. pemahaman perkataan. namun untuk membentuk peristilahan yang tetap dan tepat maka disini sengaja dibedakan antara lain: pengertian yang berarti konsep. dapat melihat. tetapi mata tidak dapat melihat bahwa ia melihat. cita.

manusia mengerti akan dirinya sendiri namun juga terdapat teka teki pada dirinya D. tetapi terasa pula ada pertentangan di dalamnya. adanya keinginan dalam hati kita. yang dapat di simpulkan sebagau berikut A. manusia dalam kesadarannya mengalami dirinya sebagai kesatuan yang tidak lengkap. Jadi dalam kesadarannya manusia itu mengalami dirinya sebagai suatu kesatuan sebagai contoh: A. seperti misalnya kita melihat. . di dalam dunianya seakan akan menemukan dirinya kembali karena antara manusia dan dunia luar ada suatu kesasuaian asasi. mendengar. DEFINISI MENGERTI Definisi mengerti ialah setiap kegiatan dengan nama subyek dengan cara tertentu mempersatuka diri dengan suatu obyek. badan dan jiwa yang sama sama mewujudkan manusia. 5. apabila ia berfikir tentang dirinya sendiri maka “akunya” sendirilah yang di jadikan obyek yang seakan akan di luar dirinya. perasaan yang saling bertentangan yang tidak dapat dilakukan secara bersama. dimana sbyek yang mengerti dan obyek yang di mengerti. C.Apabila dunia batin ini kita selidiki maka ternyata terkandung berbagai gejala. dan ingat akan peristiwa yang telah terjadi. B. Nah inilah yang di sebut mengerti. Seperti membela tanah air atau menyelamatkan diri. Bagi kita yang di sebut mengerti itu selalu mnegndung suatu hubungan antara obyek dan subyek. sekedar tidak lengkap ia harus mencari dirinya sendiri di dunia ini dan memasukan dunia itu kedalam kesadarannya C. B.

APAKAH FILSAFAT / KEBIJAKAN ITU A. B. dimana subyek dan obyek itu kedu duanya orlu. dengan panca indera manusia b. dengan pikiran manusia Bagaimana hubungan dan kesatuan yang di peroleh dengan mengerti suatu obyek itu paling jelas di gtambarkan oleh hubungan batin yang tumbuh antara dua orang teman yang saling kenal mengenal atau antara suami istri dan sebagainya. inilah disebut refleksi. “berfikir radikal” misalnya berfikir sampai ke akar akarnya dan tidak tanggung tanggung. filsafat adalah perangkat masalah masalah 4. APAKAH FILSAFAT ITU Dalam pengertian lain filsafat diartikan sebagai interprestasi dan evaluasi terhadap apa yang penting atau berarti bagi hidup Harold H.dan penalaran 3. Adapun cara menangkap obyek itu ada dua macam: a. yang aktif dan giat pula.Bahkan inilah dasarnya yaitu apabila aku berfikir tentang diriku sendiri. filsafat adalah suatu sikap tentang hidup dan alam semesta 2. “berfikir sistematis” artinya berfikir secara logis yang begerak selangkah demi selangkah dengan penuh kesadaran. 6. APA CIRI FILSAFAT Berfilsafat adalah berfikir namun tidak semua berfikir dapat dikatakan berfilsafat. “befikir unifersal atau tidak berfikir khusus yang terbatas pada . titus mengemukakan pengertian filsafat dalam arti sempit dan dalam arti luas. Selanjutnya beliau secara singkat mengemukakan makna dari pada filsafat antara lain 1. filsafat adalah perangkat teori dan sistem berfikir.penelitian. Dalamarti luas ia mengemukakan filsafat mencoba mengintegrasikan pengethuan manusia dari pengalamannya. dalam arti sempit ia mengemukakan kalau ilmu berhubungan dengan metode logis atau analisa logika. filsafat adalah metode berfikir reflektif.

seluruh dunia dengan lapangannya.D. Jadi bijaksan menurut (sophos) mengandungt arti sebagai berikut 1. . sikap hidup yang benar baik. Al-kindi ahli pikir pertama dalam filsafat islam yang memberikan pengertian filsafat di kalangan umat islam dan membagi dalam 3 lapangan yaitu: 1. Jadi dengan demikian pertanyaan pokok belumlah terjawab apakah filsafat itu. akan menghadapi beberapa persoalan yang begitu penting sehingga persoalan itu boleh di beri nama persoalan pokok. dan tepat. yang mengandung pengertian secara teliti dan teratur. yang mendorong manusia akan hidup sesuai dengan pengertian yang di capai itu. dan juga hubungan antara semuanya itu. yang bersudut pandang pada manusia itu sendiri. OBYEK DAN SUDUT PANDANGAN FILSAFAT Filsafat dapat di tentukan obyek formalnya (lapangannya) dan obyek materialnya (sudut pandang). DR.bagian tertentu. ilmu fisika sebagai tingkat terendah 2. 7. Apabila kita berbicara tentang seorang yang bijaksana maka apakah yang di maksud dengan perkataan itu. mempunyai insting pengertian yang mendalam yang meliputi seluruh kehidupan manusia dalam segala aspek ..Mr. tidak hanya orang yang terpelajar yang ahli dalam satu lapangan ilmu pengetahuan saja yang dapat bijaksana. ilmu kehutanan sebagai tingkat tertinggi.C Mukler menulis sebagai berikut “tiap tiap manusia mulai berfikir tentang diri sendiri dan tentang tempatnya dalam dunia. dan apakah kebijaksanaan itu. 2. berfilsafat adalah berfikir dengan sadar . Obyek material filsafat ialah segala sesuatu yang dipermasalahkan oleh filsafat. ilmu matematika sebagai tingkat menengah 3.

Al-farabi (meninggal 950m).8. yang di dalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika. DEFINISI FILSAFAT 1. 4. 2. Aristoteles (384 sm – 322sm) mengatakan : filsafat adalah ilmua pengetahuan yang meliputi kebenaran. yaitu: ” apakah yang dapat kita ketahui? (dijawab oleh metafisika) ” apakah yang dapat kita kerjakan? (dijawab oleh etika) ” sampai di manakah pengharapan kita? (dijawab oleh antropologi) 7. logika. Immanuel kant (1724 -1804). Dan dengan jalan penjajakan yang radikal itu filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan yang universal 8. Prof. ekonomi. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan. dari akarnya suatu hal yang hendak dimasalahkan. Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenai kehidupan yang dicita-citakan. mengatakan : filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya. guru besar psikologi ui. Plato (427sm – 347sm) seorang filsuf yunani yang termasyhur murid socrates dan guru aristoteles. yakni ilmu umum. Fuad hasan. Ilmu membicarakan . mengatakan: filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada (ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang asli). retorika. filsuf muslim terbesar sebelum ibnu sina. artinya mulai dari radiksnya suatu gejala. 5. yang sering disebut raksasa pikir barat. Marcus tullius cicero (106 sm – 43sm) politikus dan ahli pidato romawi. 6. mengatakan : filsafat itu ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya empat persoalan. Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) : filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu . merumuskan: filsafat adalah pengetahuan tentang sesuatu yang mahaagung dan usahausaha untuk mencapainya. dan estetika (filsafat menyelidiki sebab dan asas segala benda). 3. politik. Dr. menyimpulkan: filsafat adalah suatu ikhtiar untuk berpikir radikal. etika. yang jadi dasar segala ilmu.

Paul Nartorp (1854 – 1924 ) : filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama. Titus (1979 ): (1) Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis. Jadi dari pernyataan di atas dapat kita simpulkan kalau filsafat itu adalah pengetahuan mengenai segala sesuatu dengan memandang sebab sebab yang terdalam. 10. . Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan. tercapai dengan budi murn.sesuatu bidang atau jenis kenyataan. 9. (2) Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan. yang memikul sekaliannya. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi. (3) Filsafat adalah analisis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian ( konsep ). Harold H. Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat.

. berasal atau di kemukakan oleh “sochartes” dan phitagoras” yang melakukan protea atas kesombongan.PENDAHULUAN Dalam pembahasan ini kita akan lebih mengerti atau memahami apa itu sebenarnya makna dari kata filsafat. yang mudah mudahan dapat membantu pembaca memahami makna kata tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam me maknainya. Untuk lebih jelas nya lagi marilah kita memahami isi dari makalah yang kami buat ini. karena itulah ia lebih suka di sebut dengan orang yang pencinta akan kebijaksanaan. dimana asal kata filsafat itu sendiri berasal dari bahasa yunani yang berarti ncinta akan kebijaksanaan. dalam hal ini kita dapat mengetahui asal kata tersebut.

mana atas ber PENGANTARkat rahmat allah yang maha kuasa maka penulis dapa. .KATA PENGANTAR Puji syukur penulis ucapkan atas kehadiran allah SWT dan juga arwah junjungan alam. M. selain itu penulis ucapkan terimaksih pada dosen yang telah membantu dan membimbing kami.Pd karena kalau bukan karena bimbingan nya mungkin makalah ini tidak dapat terselesaikan. yakni ibu LENI MAINORA.menyelesaikan penulisan makalah ini tentunya. Dan juga penulis mengucapkan gterimakasih pada teman teman yang telah membantu dalam menyelesaikan membantu makalah ini tentunya.

MAKALAH MAKNA DAN PENGERTIAN FILSAFAT OLEH KELOMPOK II Cindrya rahma Tania p Febry yulianti Falde rama Budi manaro Dosen pembimbing : Leni Mainora M Pd STKIP ABDI PENDIDIKAN PAYAKUMBUH TAHUN AJARAN 2011/2012 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->