MAKALAH HAJI

Dosen Pembimbing : Khoirul Asfiyak, M. HI

Oleh :

Ali Shofwan Lailatul Fitria Ningsih Lukman hakim Siti Mauidlotul Hasanah Fatiyatul Afida

Mahcfud Safitolia Nurul karimah Nur Kholidin Lailatul Ustatik Rudi Asfarudin

JURUSAN PGMI PROGRAM KUALIFIKASI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM MALANG MEI 2011

Malang.HI selaku dosen mata kuliah Ulumul Hadist yang telah membimbing dan memberikan kuliah demi lancarnya tugas ini. Mei 2011 Penulis . Makalah ini disusun juga untuk memenuhi tugas mata kuliah Ulumul Hadist di Program Kualifikasi S1 PGMI Universitas Islam Malang .Terima kasih disampaikan kepada Bapak Khoirul Asfiyak. Dan akhirnya kami berharap mudah – mudahan rangkuman ini dapat bermanfaat. sholawat serta salam semoga senantiasa tersanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW.Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya. tegur sapa dari semua pihak sangat kami harapkan demi kebaikan bersama. Oleh karena itu. saya dapat menulis makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan. M.

................. 5 C....................................................................................................................................................................... Konsep Dasar Mendengar.......................... Saran.................... 16 A.............. Latar Belakang............... 16 Daftar Pustaka......... Kesimpulan......... 4 A.............. 12 BAB III Penutup...................Tujuan........................... 3 BAB I Pendahuluan................................................................................................................................................................................................................... 6 BAB II Pembahasan................................................................................. Rumusan Masalah................................................................................................................................................................. 7 A.............. 16 B......................................................................................... 7 B...................................................................................... Jenis Tingkat Strategi Mendengarkan.................................... 4 B. 2 Daftar Isi........................................................................................................................................DAFTAR ISI Kata Pengantar.................. 17 ....

makalah ini kami susun juga bertujuan agar dapat memberi manfaat dan pengetahuan bagi pembaca makalah ini. HI pada Jurusan PGMI Program Kualifikasi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang . Tujuan Penulisan Makalah ini kami susun bertujuan : pertama untuk memenuhi tugas mata kuliah Ulumul Hadist yang di bimbing oleh Bapak Khoirul Asfiyak. Pengetahuan tentang haji diperlukan sebagai acuan bagi pelaksanaan haji itu sendiri. Rumusan Masalah 1. Sebagaimana ibadah lainnya. Apa dampak haji bagi pribadi. Apa fadilah atau keutamaan ibadah haji ? 4. sebelum melaksanakan pelaksanaan ibadah haji.mudahan dapat memberikan pengetahuan tentang haji dan merupakan salah satu sumber pengetahuan bagi pembacanya. Latar Belakang Haji dalam struktur syari’at islam termasuk bagian dari ibadah. . Berdasarkan hal tersebut dan juga untuk memenuhi tugas mata kuliah Ulumul Hadist. masyarakat dan Negara ? 5. pelaksanaan haji. Nilai haji. atau yang disebut haji mabrur (hajjan mabrura) tidak tergantung pada sahnya pelaksanaan haji semata. Ketiga bagian dalam proses pengamalan haji tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh. M. dan berakhir pada fungsi haji. Apa itu haji ? 2. Apa rahasia dibalik pengsyariatan ibadah haji ? 3. maka kami menyusun sebuah makalah tentang haji dan faidah atau keutamaan dan hikmah ibadah haji yang disertai dengan dalil Al Qur’an dan Hadist sebagai penguatnya. Apa hikmah pengsyariatan ibadah haji C. baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat. haji dalam pengamalannya melewati suatu proses yang dimulai dengan pengatahuan tentang haji. B. tetapi tergantung pada fungsi ibadah haji itu bagi pembentukan integritas pribadi pelaku haji dan bagi masyarakat dimana ia berada.Kedua.BAB I PENDAHULUAN A. Dengan adanya makalah ini mudah .

Pergi haji adalah ibadah yang masuk dalam rukun islam yakni rukun islam ke lima yang dilakukan minimal sekali seumur hidup. 3. stress berat. Jika punya tanggungan keluarga pun harus tetap diberi nafkah selama berhaji. sakit berat. dan lain sebagainya. a. Waras / berakal 4. mengalami sakit parah menular. Bagi wanita harus didampingi oleh suami atau muhrim laki-laki dewasa yang dapat dipercaya. Merdeka (bukan budak) 5. keamanan. Bukan budak (merdeka) b. perizinan dan lain-lain sebagainya. Syarat Sah Haji 1. Beragama Islam (Bukan orang kafir/murtad) 2. Agama Islam 2. gila. Keamanan yang cukup selama perjalanan dan melakukan ibadah haji serta keluarga dan harta yang ditinggalkan selama berhaji. sehat dan gesit sehingga mudah dalam menjalankan ibadah haji dan menjadi haji yang mabrur. psikologis. Jangan sampai terlunta-lunta di Arab Saudi karena tidak punya uang lagi. lumpuh. Sebaiknya haji dilaksanakan ketika masih muda belia. Pengertian Ibadah Haji Ibadah haji adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat islam yang mampu atau kuasa untuk melaksanakannya baik secara ekonomi. Memiliki uang yang cukup untuk ongkos naik haji (onh) pulang pergi serta punya bekal selama menjalankan ibadah haji. Baligh / dewasa 3. Sehat jasmani dan rohani tidak dalam keadaan tua renta. Dewasa / baligh (bukan mumayyis) 3.BAB II PEMBAHASAN 1. . Tidak gila / waras 4. Mampu melaksanakan ibadah haji Syarat "Mampu" dalam Ibadah Haji 1. 2. Persyaratan Muslim yang Wajib Haji 1. fisik.

karena mentaati-Mu. keluarganya dan tanah airnya. aku tunduk kepada-Mu. Rahasia Dibalik Pengsyariatan Ibadah Haji Diantara rahasia dan manfaat yang terkandung di dalamnya adalah : 1. karena di dalamnya terbukti penghinaan diri kepada Allah. Sa'i 5. dan tinggilah derajatnya di sisi Allah. terbuka kepalanya. lisan yang selalu berdzikir mengharapkan rahmat Rabbnya. Meninggalkan hartanya. setiap kali perwujudan ubudiyah seorang hamba bertambah maka akan bertambah pula kesempurnaannya. berserah diri tanpa paksaan atau keraguan. Perwujudan ubudiyah kepada Allah Ta'ala : karena kesempurnaan makhluk ada pada perwujudan ubudiyahnya kepada Allah. tunduk di hadapan-Nya. berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lain dengan hati yang khusyuk. maka dinyatakan gagal haji alias tidak sah. karena jamaah haji meninggalkan kelezatan dunia dan berhijrah kepada Rabbnya. Rukun Haji Rukun haji adalah hal-hal yang wajib dilakukan dalam berhaji yang apabila ada yang tidak dilaksanakan. Labbaika Laa Syariika Laka Labbaika ) Maknanya adalah : Ya Allah. dan mengisyaratkan kepadanya bahwa dia – sejak keluar berpisah dengan . 3. air mata yang mengalir.Kemudian syiar jamaah haji semenjak ihramnya hingga melempar Jumrah Aqabah dan mencukur ( Labbaika Allahumma Labbaika. Dalam ibadah haji makna semacam ini nampak jelas. Ihram 2. sederhana dalam pakaiannya. Wukuf Thawaf 4. 1. meninggalkan wangian dan wanita. Tahallul 2. melaksanakan perintah-Mu. Dan Talbiyah ini melembutkan perasaan jamaah haji. tawadhu kepada Rabbnya. dan takut akan adzab-Nya.c. harus mengulang di kesempatan berikutnya. bersiap mengemban amanah yang Engkau Bebankan.

َ ِْ ّ ‫وقال:" ليس عليكم جناح أن تبتغوا فضل من ربكم فإذا أفضتم من عرفات فاذ ُروا ال عند‬ َ ُ ‫َ ْ َ ََ ْ ُ ْ ُ َ ٌ َ ْ َ ْ َ ُ َ ْ ً ْ َّ ُ ْ َِ َ َ َ ْ ُ ْ ِ ْ َ َ َ ٍ َ ْك‬ . Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan. dan membebaskan mereka dari kedholiman. 11. dengan sebabnya menghapuskan bekas-bekas dosa dan kegelapannya dari seorang hamba. dan sifat kehewanan. dan tujuan ubudiyah yang agung. Menegakkan dzikir kepada Allah Taalaa karena dzikir merupakan tujuan yang paling agung dalam seluruh ibadah. tidak juga Syai antara Shafa dan Marwah. dan tidak manusia bertaqarrub dengan sesuatu yang menyerupainya. sehingga dia masuk kedalam kehidupan yang baru yang penuh dengan kebaikan dan kebahagiaan. melepaskan diri dari adatadat dan kenikmatannya. tidaklah disyariatkan thawaf mengelilingi Kabah. Maka apabila keadaan ini mendominasi para jamaah haji. Makna seperti ini nampak dengan sejelas-jelasnya dalam ibadah haji. kesengsaraan. [ QS Al Hajj : 28 ][985] Hari yang ditentukan ialah hari raya haji dan hari tasyriq. menanggalkan kebanggaan dan keistimewaannya. 28 ‫. Yaitu tanggal 10. 12 dan 13 Dzulhijjah.keluarganya – datang menghadap Rabbnya. Dan tawadhu dan penghinaan diri seperti ini memiliki kedudukan yang agung disisi Allah Taalaa karena merupakan kesempurnaan hamba dan keindahannya. 2. tidak juga melempar Jumrah kecuali untuk menegakkan dzikir kepada Allah.]قال – تعالى -:" ليشهدوا منافع لهم ويذكروا اسم ال في أيام معلومات" ]الحج: من الية‬ َ ُْ َ ٍ ّ َ ِ ّ َ ْ ُ ُ ْ َ َ ْ ُ َ َ ِ َ َ ُ َ ْ َ ِ ِ Artinya : 28. hingga ubudiyah kepada Allah memenuhi hatinya dan ketika itu inilah yang menjadi penggerak kenapa mereka datang dan meninggalkan – maka mereka akan membuat keajaiban-keajaiban bagi kemanusiaan. dimana ibadah tidak disyariatkan kecuali karenanya.

Namun wukuf hanya ada dalam ibadah haji. dan Tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezki hasil perniagaan) dari Tuhanmu. karena memalingkan wajah mereka dari menghadap ke barat yang kafir. berdzikirlah kepada Allah di Masy'arilharam(bukit Quzah di Muzdalifah) dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu. begitu juga bermalam diMuzdalifah. . Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu.ْ ِ ُ َِ ّ ُ ‫المشعر الحرام واذكروه كما هداكم وإن كنتم من قبله لمن الضالين )891( ثم أفيضوا من‬ َ ّ ّ َ ِ َ ِ ِْ َ ْ ِ ْ ُ ْ ُ ْ َِ ْ ُ َ َ َ َ ُ ُ ُ ْ َ ِ َ َ ْ ِ َ ْ َ ْ ‫حيث أفاض الناس واستغفروا ال إن ال غفور رحيم )991( فإذا قضيتم َناسككم فاذ ُروا‬ ُ ‫َِ َ َ َ ْ ُ ْ م َ ِ َ ُ ْ َ ْك‬ ٌ ِ َ ٌ َُ ّ ّ ِ ّ ُ ِ ْ َْ َ ُ ّ َ َ َ ُ ْ َ َ َ ‫. Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak ('Arafah) dan mohonlah ampun kepada Allah. Keterikatan kaum muslimin dengan kiblat mereka : dimana mereka memalingkan wajah kearahnya dalam shalat fardhu mereka lima kali dalam sehari. dimana didalamnya ada ibadah yang lain seperti sholat lima waktu dan ibadah lain yang dilakukan dalam haji maupun diluarnya. 3.]ال كذكركم آباءكم أو أشد ذكرا )002(( " ]البقرة‬ ْ ِ َّ َ ْ َ ْ ُ َ َ ْ ُ ِ ْ َِ ّ َ Artinya : 198. Dalam ikatan ini ada rahasia yang begitu menakjubkan. atau timur yang atheis. dan amalan haji yang lain. sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu[126]. melempar Jumrah. berilah Kami (kebaikan) di dunia". Maka di antara manusia ada orang yang bendoa: "Ya Tuhan Kami. Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu. menyembelih hadyu. 5. Maka berdzikirlah dengan menyebut Allah. sehingga kekal izzah dan kemuliaan mereka. 199. dan Sesungguhnya kamu sebelum itu benarbenar Termasuk orang-orang yang sesat. 200. Ibadah haji merupakan wasilah yang agung untuk menggugurkan kesalahan. Maka apabila kamu telah bertolak dari 'Arafat. Bahwa haji merupakan kesempatan agung untuk menghadap kepada Allah dengan bermacam taqarrub : dimana dalam ibadah haji terkumpul berbagai ibadah yang tidak ditemukan dalam ibadah lain.dan mengangkat derajat : karena haji menghancurkan dosa yang sebelumnya. 4.

maka kenapa kita tidak berjihad ? Beliau berkata : akan tetapi jihad yang paling afdhol adalah haji mabrur ) HR Imam Bukhari. Haji merupakan jihad yang paling afdhol dalam kondisi tertentu. Ditanya : Kemudian apa ? Beliau menjawab : Jihad dijalan Allah. Ditanya lagi : Kemudian apa ? Beliau menjawab : Haji yang mabrur ) HR Imam Bukhari. Haji merupakan ibadah yang paling afdhol setelah iman dan jihad sebagaimana disebutkan dalam hadits shahih.أفل نجاهد؟ قال: لكن أفضل الجهاد حج مبرور( رواه البخاري‬ Dari Aisyah radhiallahu anha berkata : ( Aku bertanya : Ya Rasulullah ! Kami melihat bahwa jihad adalah amal yang paling afdhol. .‫قال النبي .صلى ال عليه وسلم -: أي العمال‬ ‫أفضل؟ قال: إيمان بال ورسوله قيل: ثم ماذا؟ قال: الجهاد في سبيل ال، قيل: ثم ماذا؟‬ ‫. ‫فعن عائشة .رضي ال عنها .صلى ال عليه وسلم . dan bahwa hijrah menghancurkan dosa sebelumnya. Dan haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga.قالت: )قلت: يا رسول ال! نرى الجهاد أفضل العمال؛‬ ‫.رواه مسلم‬ Nabi shallawahu alaihi wasallam berkata kepada Amru bin Ash radhiallahu anhu : ( tahukah engkau bahwa Islam menghancurkan dosa yang sebelumnya.رضي ال عنه -: )أما علمت أن‬ (‫السلم يهدم ما كان قبله، وأن الهجرة تهدم ما كان قبلها، وأن الحج يهدم ما كان قبله‬ ‫.قال: حج مبرور( رواه البخاري‬ Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata : ( Nabi shallawahu alaihi wasallam ditanya : amal apa yang paling afdhol ? Beliau menjawab : Iman kepada Allah dan RasulNya.لعمرو بن العاص . ‫فعن أبي هريرة رضي ال عنه قال: )سئل النبي . dan bahwa haji menghancurkan dosa yang sebelumnya ) HR Muslim.

Ketiga.‫قال . Kedua. haji merupakan jihad. Keempat. Dan banyak lagi rahasia dan hikmah dari haji yang belum tersampaikan disini.صلى ال عليه وسلم -: )العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما، والحج المبرور ليس‬ ‫. 3. Jamaah haji kembali dengan ampunan seluruh dosanya seperti hari dilahirkan ibunya apabila hajinya mabrur sebagaimana disebutkan dalam hadits shahih. Ibadah haji memberikan cerita kenangan yang indah bagi yang mengalaminya. haji merupakan amal yang paling utama. ‫قال النبي . 6. orang yang . semoga Allah Memberikan haji yang mabrur bagi jamaah haji kita juga Memberikan kemudahan bagi mereka yang belum berhaji.صلى ال عليه وسلم -: )من حج هذا البيت فلم يرفث ولم يفسق رجع كيوم‬ ‫. Fadilah atau Keutamaan Ibadah Haji Ada 5 keutamaan haji yang akan disertai dengan hadits-hadits yang menjelaskannya. Pertama. Seperti karamah-karamah yang terjadi pada sebagian jamaah haji yang kesemuanya benar-benar menunjukkan kebesaran Allah Azza Wajalla.ولدته أمه( رواه البخاري ومسلم‬ Nabi shallawahu alaihi wasallam : ( barangsiapa berhaji dan tidak berbuat keji dan dosa maka dia kembali seperti hari dilahirkan ibunya ) HR Imam Bukhari dan Muslim. haji menghapus dosa.له جزاء إل الجنة( رواه مسلم‬ Rasulullah shallawahu alaihi wasallam bersabda : Dari umrah ke umrah yang selanjutnya merupakan penebusan dosa diantara keduanya. dan haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga ) HR Imam Muslim. sehingga kita sering mendengar kisah mereka yang indah-indah ketika berhaji.

Abdurrazaq dan Thabrani." Tanya orang itu lagi. 1. ganjaran haji adalah surga. "Kemudian berjihad di jalan Allah" Ditanya pula "Setelah itu apa?" Beliau menjawab." Ujar Nabi. "Kemudian apa?" jawab beliau. قيل ث ُم ماذا قال » ال ْجهاد ُ فى‬ ِ ُ َ ِ ٌ َ ِ َ ِ َ َ َ َ ّ َ ِ ‫» سبيل الل ّهِ « ." (HR. Maka jawab beliau: "yaitu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. ciri-cirinya adalah bila seseorang kembali dari haji dengan mencintai akhirat dan tidak menghiraukan dunia.سئ ِل أ َىّ ال ْعَمل أ َفْضل‬ ِ َ َ َ َ َ ّ َ ِ َ َ ‫فَقال » إيمان بالل ّهِ وَرسول ِهِ « . قيل ث ُم ماذا قال » حج مب ْرور‬ ٌ ُ َ ّ َ ِ ِ َ Rasulullah SAW ditanya mengenai amal yang paling utama. Dan kelima. perawi-perawinya dapat dipercaya) .melakukan haji merupakan duta Allah. Diriwayatkan secara marfu' dengan sanad hasan bahwa haji mabrur/dipenuhi kebajikan itu adalah bila seseorang suka menyumbangkan makanan dan lemah lembut dalam ucapan. "Ayolah berjihad yang tidak ada kesulitannya yaitu naik haji. 2. Haji merupakan jihad ‫جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم ، فقال : إني جبان ، وإني‬ ‫ضعيف ، فقال : » هلم إلى جهاد ل شوكة فيه : الحج‬ Ada seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan berkata "Aku ini penakut dan aku ini lemah. Haji merupakan amal paling utama ُ َ َ ُ َ ُ َ ّ ‫أ َن رسول الل ّهِ .صلى الله عليه وسلم . Bukhari) Haji mabrur ialah haji yang tidak dinodai oleh dosa. Sedangkan menurut hasan." (HR. "Setelah itu haji yang mabrur.

"Yaitu agar aku diampuni" jawabku.ما ل َك يا ع َمرو «. yaitu haji yang mabrur. menurut engkau jihad itu adalah amal yang paling utama.فَقب َضت ي َدى. Haji menghapus dosa َ ّ َ ْ َ ‫من حج هَذا ال ْب َي ْت ، فَل َم ي َرفُث وَل َم ي َفسقْ ، رجعَ ك َما وَل َد َت ْه أ ُمه‬ ْ ْ ْ َ َ ُ ْ ْ ُ ّ ُ َ َ Barangsiapa mengerjakan haji dan ia tidak menjima' istrinya pada waktu terlarang dan tidak pula berbuat maksiat. Kalau begitu tidakkah kami akan berjihad?" Jawab Rasulullah SAW. dan dari wanita adalah haji dan umrah. قال قُل ْت أ َرد ْت أ َن أ َشت َرِط‬ َ َ َ ُ ْ َ َ َ َ َ َ ُ ْ ‫قال » ت َشت َرِط ب ِماذا «. قال » أ َما ع َل ِمت أ َن ال ِسل َم‬ ِ َ َ ّ َ ْ ْ ُ َ ْ َ ‫ي َهْد ِم ما كان قَب ْل َه وَأ َن ال ْهِجرة َ ت َهْد ِم ما كان قَب ْل َها وَأ َن ال ْحج ي َهْد ِم ما كان‬ َ َ َ ُ ّ َ ّ َ َ َ ُ ّ َ َ َ ُ ُ َ َ ْ ‫قَب ْل َه‬ ُ Tatkala Allah telah menanamkan Islam di hatiku. قال‬ ِ ُ ْ َ َ ُ ِ َ َ ُ ُ َ َ َ ْ ْ ُ َ ُ ‫.أ َن ّها قال َت يا رسول الل ّهِ ت ُرى ال ْجهاد َ أ َفْضل‬ َ َ َ ْ َ ِ َ َ َ َ َ ‫ال ْعَمل ، أ َفَل َ ن ُجاه ِد ُ قال » ل َك ِن أ َفْضل ال ْجهاد ِ حج مب ْرور‬ َ َ ِ ٌ ُ َ ّ َ ّ ِ َ Dari Aisyah. tapi aku masih mengatupkan talapak tanganku. (HR.رضى الله عنها . قُل ْت أ َن ي ُغْفر لى. (HR. maka ia akan kembali seperti pada saat dilahirkan ibunya. aku datang menemui Rasulullah SAW. Bukhari) 3. "Bagaimana engkau ini wahai Amar?" aku menjawab. "Ulurkanlah tanganmu agar aku membai'at kepadamu. Maka sabda beliau." Nabi pun mengulurkan tangannya." Maka tanya beliau. bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW. فَب َسط ي َمين َه . "Bagi kalian adalah jihad yang lebih utama. dari orang yang lemah.‫جهاد ُ ال ْك َبيرِ والصغيرِ والضعيف وال ْمرأ َةِ ال ْحج وال ْعُمر‬ ِ ّ َ ِ َ ِ َ ْ َ ّ َ ْ َ َ ِ ِ ّ َ Jihad dari orang yang telah tua. "Tidakkah engkau ." (HR.قال . "Ya Rasulullah. Muslim) َ َ ّ -‫فَل َما جعَل الل ّه ال ِسل َم فى قَل ْبى أ َت َي ْت الن ّب ِى -صلى الله عليه وسلم‬ ِ َ ْ ُ ِ ُ ّ َ َ ِ ْ ُ َ َ َ َ » ‫فَقل ْت اب ْسط ي َمين َك فَل ُباي ِعْك. lalu berkata. An-Nasai dengan sanad hasan) َ َ َ ُ َ َ ْ َ َ ‫ع َن عائ ِشة . "Aku akan mengajukan syarat" "Apa syaratnya?" tanya Rasulullah SAW.

Muslim) ‫تاب ِعوا ب َي ْن ال ْحج وال ْعُمرةِ فَإ ِن ّهُما ي َن ْفيان ال ْفقر والذ ّنوب ك َما ي َن ْفي ال ْكير‬ ِ َ ُ َ َ ْ َ ُ َ َ َ ُ ِ ِ َ ِ َ ْ َ ّ َ َ ‫خب َث ال ْحديد ِ والذ ّهَب وال ْفضةِ وَل َي ْس ل ِل ْحج ال ْمب ْرورِ ث َواب دون ال ْجن ّة‬ َ َ ِ َ ِ َ َ ُ ٌ َ ّ َ ّ ِ َ ِ َ ُ َ َ Hendaknya engkau melakukan haji dan umrah itu secara beriringan karena keduanya akan melenyapkan kemiskinan dan kesalahan tak ubahnya seperti kipas angin menerbangkan kotorankotoran besi. (HR. dan perak. begitu juga hijrah menghapuskan apa yang sebelumnya. Orang yang melakukan haji merupakan duta Allah ‫ال ْحجاج وال ْعُمار وَفْد ُ الل ّهِ إ ِن د َع َوْه ُ أ َجاب َهُم وَإ ِن است َغْفروه ُ غ َفر ل َهُم‬ َ ْ ْ ْ َ َ ُ َ ْ ِ ُ ّ َ ُ ّ ُ Orang yang mengerjakan haji dan orang-orang yang mengerjakan umrah merupakan duta-duta Allah. Dampak Haji Bagi Pribadi. sedang haji yang mabrur tiada ganjarannya kecuali surga. Ganjaran Haji adalah Surga َ ٌ َ َ ُ َ ‫ال ْعُمرة ُ إ ِلى ال ْعُمرةِ ك َفارة ٌ ل ِما ب َي ْن َهُما ، وال ْحج ال ْمب ْرور ل َي ْس ل َه جزاء‬ ّ َ َ َ َ ُ ُ َ َ ّ َ ْ َ ْ ‫إ ِل ّ ال ْجن ّة‬ ُ َ Umrah kepada umrah menghapuskan dosa yang terdapat diantara keduanya. 4. ibnu Juraij dengan sanad hasan). An-Nasa'i dan Tirmidzi) 4. baik untuk mengerjakan haji maupun umrah. Maka siapa yang berangkat menuju rumah ini. juga haji menghapuskan apa yang sebelumnya?" (HR. Bukhari dan Muslim) ‫هذا البيت دعامة السلم، فمن خرج يؤم هذا البيت من حاج أو معتمر، كان‬ ‫" مضمونا على الله، إن قبضه أن يدخله الجنة " وإن رده، رده بأجر وغنيمة‬ Rumah ini adalah tiang Islam. (HR. An-Nasa'i dan Ibnu Majah) 5. emas. (HR. Dan tiadalah ganjaran bagi haji yang mabrur itu selain surga. (Hr. Jika mereka memohon kepadaNya pastilah dikabulkan-Nya dan jika mereka meminta ampun pastilah diampuni-Nya. maka telah dijamin oleh Allah jika ia meninggal akan dimasukkan-Nya ke dalam surga dan jika kembali akan diberkahi-Nya dengan oleh-oleh pahala.tahu bahwa Islam itu menghapuskan keadaan sebelumnya. Masyarakat dan Negara .

6. terutama dosa-dosa besar. Malu kepada Allah SWT utk melakukan perbuatan yang dilarang-Nya. Konsekuen meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah SWT. bertengkar. 10. 5. judi. b. sungguh-sungguh membangun keluarga sakinah mawaddah dan wa rahmah. Bekerja keras dan tekun untuk memenuhi keperluan hidup dirinya. bid'ah dsb. Bagi Pribadi 1. selalu rukun dengan sesama umat manusia. khurafat. 4. konsekuen membayar zakat. 8. pemaaf. Sungguh-sungguh memanfaatkan segala potensi yang ada pada dirinya untuk menolong orang lain dan menegakkan "Izzul Islam wal Muslimin". Semangat dan sungguh-sungguh dalam menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan terutama ilmu-ilmu Islam. tidak mempertontonkan dosa dan tidak betah dalam setiap aktivitas berdosa. Aktif berkiprah dalam memperjuangkan. menda'wahkan Islam dan istiqamah serta sungguh-sungguh dalam melaksanakan amar ma'ruf dengan cara yang ma'ruf. khamr. 2. 9. melaksanakan nahi munkar tidak dengan cara munkar. sayang kepada sesama makhluk Allah SWT. bunuh diri. 3. seperti syirik. zina. Bagi masyarakat dan Negara . korupsi. sunat dan amal shalih lainnya serta berusaha meninggalkan perbuatan yang makruh dan tidak bermanfaat. tawakkal. patuh melaksanakan sholat. tawadlu dsb. tasamuh. Gemar melakukan ibadah wajib.a. riba. 7. syukur. menyakiti orang lain. tidak membiasakan diri proaktif dengan perbuatan dosa. keluarganya dan dalam rangka membantu orang lain serta berusaha untuk tidak membebani dan menyulitkan orang lain. Memiliki sifat dan sikap terpuji seperti sabar. membunuh orang. Patuh melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Cepat melakukan taubat apabila terlanjur melakukan kesalahan dan dosa.

kedudukanku. yang dimuliakan dan yang dihinakan. dan perbedaan-perbedaan tertentu. Selanjutnya dari perpecahan itu timbul konsep “aku”. Haji juga melambangkan egalitarianisme. yang berasal dari Barat dan yang berasal dari Timur. berangkat pada waktu dan tempat yang sama. Semua memakai pakaian seperti ini. dan sebagainya yang mengakibatkan munculnya sikap individualisme. Hikmah Dibalik Pengsyariatan Ibadah Haji . Timbulnya etos kerja yang tinggi bagi masyarakat muslim. Tidak ada bedanya antara yang kaya dan yang miskin. yang bahagia dan yang sengsara. dan akan bertemu pada waktu dan tempat yang sama pula. Diantaranya adalah : 1. yang terdiri dari dua helai kain putih yang sederhana. Selain itu juga telah membawa perubahan tertentu bagi kehidupan ekonomi masyarakat. yang cukup makan dan yang kurang makan. Mereka memakai pakaian yang sama. golonganku. bangsaku. Mulai dari miqat mereka mengenakan pakaian yang sama yaitu kain kafan pembungkus mayat. Mereka beraktifitas dengan aktivitas yang sama dan menggunakan kalimat yang sama. sukuku. Ibadah haji juga terbukti telah ikut membawa keuntungan ekonomi bagi berbagai pihak yang terkait dengan perjalanan dan pelaksanaan haji. Pengenalan transkasi ekonomi antar daerah dan internasional di Mekah ketika jamaah haji membeli bahkan mungkin menjual sesuatu pada masyarakat setempat atau kepada jamaah haji yang lain 5. sehingga yang menonjol adalah kelompokku. status. Pakaian menciptakan batas palsu yang tidak jarang menyebabkan perpecahan di antara manusia. bukan “kami atau kita”. Penonjolan “keakuan” adalah perilaku orang musyrik yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. yang terhormat dan orang awam. yakni kerja keras dan juga hemat 2.Haji adalah lambang persatuan dan kesatuan umat. Di sini mereka harus berganti pakaian karena pakaian melambangkan pola. Ajaran ini tercermin sejak orang yang melaksanakan ibadah haji memasuki miqat. Haji telah membuka peluang untuk memperoleh pekerjaan masyarakat di tanah air dan mukimin di Mekah.

Menolong Dan Berbuat Baik Kepada Orang Miskin 11.Berdo’a Kepada-Nya 13. Ibadah haji yang telah disyari’atkan Allah kepada hamba-Nya mempunyai manfaat yang besar yang membawa kebaikan di dunia dan akhirat. Mempelajari Agama Allah SWT 7.Menunaikan Manasik Dengan Sebaik-Baiknya 14. Memperbanyak Ketaatan 9. Menyambut Seruan Nabi Ibrahim AS 4. Menyebarkan Ilmu 8. Saling Mengenal Dan Saling Menasihati 6. Oleh karena itu semua syariat Alloh itu mempunyai kebaikan yang besar dan manfaat yang banyak bagi hambanya. Menunaikan Nazar 10.Memperbanyak Zikir Kepada Allah 12. Menyaksikan Berbagai Manfaat Bagi Kaum Muslimin 5.Menyembelih Korban . Dan di antara hikmah ibadah haji ini adalah. Mendapat Ampunan Dosa-Dosa Dan Balasan Jannah 3. Mengikhlaskan Seluruh Ibadah 2. Adalah Al Hakim (yang menetapkan hukum atau yang mempunyai sifat hikmah) dimana Alloh tidak berkata dan bertindak dengan sia-sia.Diantara asmaul husna yang dimiliki oleh Alloh SWT.: 1.

Saran . menjauhi perbuatan maksiat. manfaat yang terlihat. 4. Ibadah haji merupakan “madrasah keimanan” yang akan menambah keimanan seorang muslim. Ibadah haji merupakan ibadah yang agung. Haji adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah syahadat. keberkahan yang banyak. 3. meningkat derajatnya dihadapan Allah Swt. shalat. menyimpan rahasia yang indah. zakat dan puasa. baik itu dalam peringkat individu maupun masyarakat. jangan sampai bermusuhan dan bertengkar. Tentu apabila dilakukan dengan sebaikbaiknya. Sesungguhnya haji adalah bentuk ketaatan yang agung dan ibadah yang mulia. permusuhan. Ibadah haji mengandung pendidikan dan pengajaran luhur. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan umat Islam sedunia yang mampu (secara material. yaitu agar ummat Islam berjuang menyiarkan agama dengan setegak-tegaknya di dalam kehidupan sehari-hari. fisik. 5. pertengkaran. Ibadah haji mengandung pendidikan dan pengajaran luhur. yang menunjukkan tandatanda kekuasaan Allah Azza Wajalla. tetapi harus tetap manunggal menjadi satu dalam barisan. dan akhlaknya bertambah baik. Ummat Islam harus bersatu padu. dan tidak menyakiti yang lainnya sesama muslim B. Mulai dari kehidupan dalam rumah tangga hingga hidup bermasyarakat dan bernegara. dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Dzulhijjah) 2. yaitu agar ummat Islam jangan sampai menyepelekan masalah persatuan. hikmah yang bermacam. Didalamnya terdapat realisasi penghambaan dan kesempurnaan ketundukan dan kerendahan diri dihadapan Rabb Azza wa Jalla. rukun dan damai. Kesimpulan 1.BAB III PENUTUP A.

www.com .Kami mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. sehingga kami dapat lebih baik lagi dalam penulisan makalah baerikutnya REFRENSI Blog pada WordPress.com.voa-islam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful