Tumbuhan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas "Nabati" beralih ke halaman ini. Untuk perusahaan makanan ringan, lihat Kaldu Sari Nabati. ? Tetumbuhan
Rentang fosil: 520 Ma PraЄ Є O S D C P T J K
Pg

N

Kambrium hingga sekarang, but see text

Klasifikasi ilmiah Domain: Archaeplastida Kerajaan: Plantae
Haeckel, 1866[1]

Divisi Alga hijau

Meskipun stasioner. Hampir semua anggota tumbuhan bersifat autotrof.650 jenis merupakan tumbuhan berbunga dan 18. [sunting] Pembatasan Klasifikasi tumbuhan masa lalu memasukkan pula semua alga dan fungi (termasuk jamur lendir) sebagai anggotanya. Tercatat sekitar 350. dan mendapatkan energi langsung dari cahaya matahari melalui proses fotosintesis. fungi bersifat saprotrof. serta sejumlah alga hijau.000 jenis tumbuhan lumut. Kritik-kritik yang muncul membuat fungi dipisahkan dari tumbuhan. dinding sel fungi tidak tersusun dari bahan yang sama dengan tumbuhan dan malahan mirip hewan. mendapatkan energi dari sisa-sisa bahan organik. 258. Karena warna hijau amat dominan pada anggota kerajaan ini. Selain itu. lumut. rerumputan. .000 spesies organisme termasuk di dalamnya. nama lain yang dipakai adalah Viridiplantae ("tetumbuhan hijau"). Dari jumlah itu. terna. Di dalamnya masuk semua organisme yang sangat biasa dikenal orang seperti pepohonan. tidak termasuk alga hijau. Nama lainnya adalah Metaphyta.  Chlorophyta-alga hijau sejati Charophyta-alga hijau berkarang Tumbuhan darat (Embryophyta)   Tumbuhan darat tak-berpembuluh (lumut) o Marchantiophyta—lumut hati o Anthocerotophyta—lumut (hati) tanduk o Bryophyta/Musci—lumut sejati o †Horneophytopsida Tumbuhan berpembuluh (tracheophyta) o †Rhyniophyta o †Zosterophyllophyta o Lycopodiophyta—paku kawat o †Trimerophytophyta o Pteridophyta—paku-pakuan dan paku ekor kuda o †Progymnospermophyta o Spermatophyta (tumbuhan berbiji)  †Pteridospermatophyta—paku (ber)biji  Pinophyta—tumbuhan runjung  Cycadophyta—pakis haji dan kerabatnya  Ginkgophyta—ginkgo  Gnetophyta—melinjo dan kerabatnya  Magnoliophyta—tumbuhan berbunga †Nematophytes Dalam biologi. tumbuhan merujuk pada organisme yang termasuk ke dalam Regnum Plantae. paku-pakuan. semak.

dan pektin menjadi ciri khasnya. Beberapa perkecualian. juga vakuola yang besar dan seringkali mendominasi volume sel. hemiselulosa. Selain itu. meskipun beberapa alga hijau bersifat motil (mampu berpindah) karena memiliki flagelum. [sunting] Ciri-ciri khas Ciri yang segera mudah dikenali pada tumbuhan adalah warna hijau yang dominan akibat kandungan pigmen klorofil yang berperan vital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis. Perdu atau semak adalah suatu kategori tumbuhan berkayu yang dibedakan dengan pohon karena cabangnya yang banyak dan tingginya yang lebih rendah. biasanya kurang dari 5-6 meter. Variasi morfologi tumbuhan jauh lebih besar daripada anggota kerajaan lainnya. seperti pada sejumlah tumbuhan parasit. Penggunaan teknik-teknik biologi molekuler terhadap filogeni tumbuhan ternyata memberikan banyak dukungan atas pemisahan ini. tumbuhan menghasilkan banyak sekali metabolit sekunder sebagai mekanisme pertahanan hidup atas perubahan lingkungan atau serangan pengganggu. Tumbuhan bersifat stasioner atau tidak bisa berpindah atas kehendak sendiri. meskipun pada tumbuhan tingkat sederhana kadang-kadang hanya tersusun dari pektin. tumbuhan selalu menempati posisi pertama dalam rantai aliran energi melalui organisme hidup (rantai makanan).Sebagian besar alga kemudian juga mulai dipisahkan dari keanggotaan tumbuhan karena tidak memiliki diferensiasi jaringan dan tidak mengembangkan klorofil sebagai pigmen penangkap energi. Tumbuhan tahunan Dari Wikipedia bahasa Indonesia. tumbuhan secara umum bersifat autotrof. Hanya sel tumbuhan yang memiliki plastida. merupakan akibat adaptasi terhadap cara hidup dan lingkungan yang unik. ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Tanaman keras) Belum Diperiksa . dinding sel yang tersusun dari selulosa. Akibat sifatnya yang pasif ini tumbuhan harus beradaptasi secara fisik atas perubahan lingkungan dan gangguan yang diterimanya. Dengan demikian. Tumbuhan dalam arti yang sekarang dipakai (arti sempit) dianggap sebagai keturunan dari suatu alga hijau. Reproduksi juga terpengaruh oleh sifat ini Pada tingkat selular. Karena sifatnya yang autotrof. Banyak tumbuhan dapat berupa pohon atau perdu tergantung kondisi pertumbuhannya.

tumbuhan tahunan mengembangkan berbagai strategi untuk bertahan hidup. Banyak di antaranya berupa pohon. ensiklopedia bebas ? Cengkih Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Filum: Plantae Angiosperms (tidak termasuk) Eudicots (tidak termasuk) Rosids Ordo: Famili: Genus: Spesies: Myrtales Myrtaceae Syzygium S.Berdasarkan siklus hidupnya. mengubah morfologi. aromaticum Nama binomial . atau menghasilkan senyawa tertentu yang membuat sel-selnya mampu bertahan pada perubahan lingkungan yang ekstrem. seperti menggugurkan daun. Untuk mengatasi tantangan lingkungan. meskipun terdapat pula terna ataupun semak. tumbuhan tahunan (perennial plants) adalah tumbuhan yang dapat meneruskan kehidupannya setelah bereproduksi atau menyelesaikan siklus hidupnya dalam jangka waktu lebih daripada dua tahun. Cengkih Dari Wikipedia bahasa Indonesia.

[sunting] Penggunaan Cengkih dapat digunakan sebagai bumbu. selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar. Tumbuhan ini adalah flora identitas Provinsi Maluku Utara. Bumbu ini digunakan di Eropa dan Asia. dalam bahasa Inggris disebut cloves. India. dan berwarna merah jika bunga sudah mekar. dan Sri Lanka. mempunyai daun berbentuk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuknya. Cengkih akan dipanen jika sudah mencapai panjang 1. syn.Syzygium aromaticum (L. Cengkih adalah tanaman asli Indonesia. cengkih digunakan sebagai bahan rokok kretek.) Merrill & Perry Cengkih Cengkih (Syzygium aromaticum. banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa. Cengkih juga digunakan sebagai bahan dupa di Republik Rakyat Cina dan . baik dalam bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar. Daftar isi [sembunyikan]      1 Pemerian 2 Penggunaan 3 Sejarah cengkih 4 Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih 5 Referensi [sunting] Pemerian Pohon cengkih merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh dengan tinggi 10-20 m. Terutama di Indonesia. Tangkai buah pada awalnya berwarna hijau. adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae.5-2 cm. dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Eugenia aromaticum).

Cengkih. dan keliling batang 4. Zat yang terkandung dalam cengkih yang bernama eugenol. Kopi . selain itu juga dengan perjanjian dengan sultanTernate. [sunting] Sejarah cengkih Pada abad yang keempat.[2] [sunting] Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih Minyak esensial dari cengkih mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. pala dan merica sangatlah mahal di zaman Romawi.Jepang. Sebab cengkih disana dijadikan salah satu bahan makanan yang sangat berkhasiat bagi warga dan sekitarnya yang mengonsumsi tanaman cengkih tersebut. Pohon cengkih yang dianggap tertua yang masih hidup terdapat di Kelurahan Tongole. digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Akhirnya cengkih dibudayakan di Guyana. orang Portugis mengambil alih jalan tukar menukar di Laut India. Cengkih menjadi bahan tukar menukar oleh bangsa Arab di abad pertengahan. Dengan susah payah orang Prancis berhasil membudayakan pohon Cengkih di Mauritius pada tahun 1770. Minyak cengkih juga digunakan dalam campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral. tinggi 36. agar harumlah napasnya. Pada akhir abad ke-15. Brasilia dan Zanzibar. berdiameter 198 m. Setiap tahunnya ia mampu menghasilkan sekitar 400 kg bunga cengkih. Minyak cengkih digunakan di aromaterapi dan juga untuk mengobati sakit gigi. "yu" berarti minyak) dan digunakan oleh orang Jepang untuk merawat permukaan pedang mereka. Bersama itu diambil alih juga perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dengan Spanyol. "chōji" berarti cengkih.26 m.60 m. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Daun cengkih kering yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai pestisida nabati dan efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dengan memberikan 50-100 gram daun cengkih kering per tanaman[1]. Pada saat itu harga 1 kg cengkih sama dengan harga 7 gram emas. Orang Portugis membawa banyak cengkih yang mereka peroleh dari kepulauan Maluku ke Eropa. sekitar 6 km dari pusat kota Ternate. Pada abad ke-17 dan ke-18 di Inggris harga cengkih sama dengan harga emas karena tingginya biaya impor. Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. Sampai sekarang cengkih menjadi salah satu bahan yang diekspor ke luar negeri. pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan setiap orang yang mendekatinya untuk sebelumnya menguyah cengkih. Poho yang disebut sebagai Cengkih Afo ini berumur 416 tahun. Kecamatan Ternate Tengah.

ensiklopedia bebas ? Kopi Biji kopi yang telah dimasak Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Plantae Ordo: Famili: Bangsa: Genus: Gentianales Rubiaceae Coffeeae Coffea Upafamili: Ixoroideae Tipe spesies Coffea arabica[1] Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).[5] Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker.[4] Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.[7][8] Kafein .[6] Di samping rasa dan aromanya yang menarik. batu empedu. terdapat dua jenis biji kopi.[3] Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta.[rujukan?] Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini. karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.[2] Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan.Dari Wikipedia bahasa Indonesia. diabetes.[3] Secara umum.[rujukan?] Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.

48% Teh.[21] Efeknya ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi.[20] Kafein tidak hanya dapat ditemukan pada tanaman kopi.Bagian ini mungkin melenceng dari topik artikel ini ke topik artikel lain. minuman dengan kadar kafein sedang.[20][18] Kandungan kafein dalam berbagai sumber minuman Kandun Sumber gan Kafein Struktur molekul kafein.00% moka Kopi 1.0% Kopi 1. Kopi terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi.[20] Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkait dengan aktivitas kafein di dalam tubuh. Kafeina.[19] Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit.8 instan 5. . tetapi juga terdapat pada daun teh dan biji cokelat.[rujukan?] Peranan utama kafein ini di dalam tubuh adalah meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Tolong bantu perbaiki bagian ini atau diskusikan di halaman pembicaraannya. Secangk 85 mg ir kopi Secangk 35 mg ir teh Minuma n 35 mg berkarbo nasi Minuma n 50 mg berenerg i Jenis Kadar Kopi Kopi 2.

[21] Kafein dalam kopi juga telah terbukti mampu mencegah penyakit serangan jantung. yaitu CYP1A2-1 dan CYP1A2-1.[rujukan?] Terdapat 2 tipe enzim.[24] Orang yang memiliki enzim CYP1A2-1 mampu mematabolisme kafein dengan cepat dan efisien sehingga efek dari kafein dapat dirasakan secara nyata. sedangkan orang lain tidak merasakannya sama sekali.[26] Selain itu.[26] Beberapa penelitian justru menyingkapkan hal sebaliknya.[23] Metabolisme kafein terjadi dengan bantuan enzim sitokrom P450 1A2 (CYP1A2). diabetes melitus tipe 2. kopi banyak dikonsumsi oleh para atlet sebelum bertanding . konsumsi kopi juga dapat membuat tubuh tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi walau tidak signifikan.robusta Kopi arabika 1.[24][23][25] Kopi banyak dikonsumsi oleh para atlet sebelum bertanding.[22] Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan pada era ini juga telah memungkinkan implementasi bioteknologi dalam proses pengurangan kadar kafein.[rujukan?] Cara ini dilakukan dengan menggunakan senyawa theophylline yang dilekatkan pada bakteri untuk menghancurkan struktur kafein.[rujukan?] Hal ini terkait dengan sifat genetika yang dimiliki masingmasing individu terkait dengan kemampuan metabolisme tubuh dalam mencerna kafein.[19] Dengan jumlah ini. tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya tetap terjaga.[rujukan?] Metode yang umum dipakai untuk hal ini adalah Swiss Water Process. dan kehilangan konsentrasi.10 % Batas aman konsumsi kafein yang masuk ke dalam tubuh perharinya adalah 100-150 mg.[19] Di samping itu. insomnia.[26][27] Pada beberapa kasus.[rujukan?] Enzim CYP1A2-2 memiliki laju metabolisme kafein yang lambat sehingga kebanyakan orang dengan tipe ini tidak merasakan efek kesehatan dari kafein dan bahkan cenderung menimbulkan efek yang negatif.[rujukan?] Beberapa orang akan mengalami efeknya secara langsung. pada beberapa kasus pengurangan kadar kafein justru dilakukan untuk disesuaikan dengan tingkat kesukaan konsumen terhadap rasa pahit dari kopi.[27][28] Di bidang olahraga. Banyak isu yang berkembang mengenai efek negatif meminum kopi bagi tubuh.[19] Selama proses pembutan kopi. banyak kafein yang hilang karena rusak ataupun larut dalam air perebusan.[22] Prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan uap air panas dan uap untuk mengekstraksi kafein dari dalam biji kopi. penyakit jantung.[19] [sunting] Peranan dalam tubuh Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek yang beragam pada setiap manusia. kafein mampu menurunkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2 dengan cara menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin. seperti meningkatnya risiko terkena kanker. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi ternyata mampu menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap.

flavonoid. dan penurunan respon imun. comosus .[27] Beberapa contoh senyawa antioksidan yang terdapat di dalam kopi adalah polifenol. asam klorogenat.[30] Adanya antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas.[30] Nanas Dari Wikipedia bahasa Indonesia. aktivitas antioksidan ini dapat ditingkatkan. proantosianidin. kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. kumarin.[29] Selain kafein. diabetes. dan tokoferol. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa ? Nanas Buah nanas yang masih menempel pada pohonnya Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Plantae (tidak termasuk) Monocots (tidak termasuk) Commelinids Ordo: Famili: Upafamili: Genus: Spesies: Poales Bromeliaceae Bromelioideae Ananas A.[31] Dengan perebusan.karena senyawa aktif di dalam kopi mampu meningkatkan metabolisme energi. terutama untuk memecahkan glikogen (gula cadangan dalam tubuh). seperti kanker.

berujung tajam. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae).Nama binomial Ananas comosus (L. nenas. atau ananas (Ananas comosus (L. Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama. Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah. Sinonim Ananas sativus Buah nanas Nanas. Bolivia.) Merr. tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.) Merr. . dan Paraguay.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil. herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang. yang bermakna "buah yang sangat baik".

namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif. ? Salak Buah salak Klasifikasi ilmiah . Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual.bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk -menjadi satu 'buah' besar.Model Sungkul Tangga dengan motif ukiran buah nenas pada rumah Banjar di Kalimantan Selatan. Salak Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati. propinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama. ensiklopedia bebas Untuk kegunaan lain dari Salak. Di Indonesia. melainkan gabungan buahbuah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung -. lihat Salak (disambiguasi). dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

. zalacca Nama binomial Salacca zalacca (Gaertn.) Voss Sinonim Salacca edulis Reinw. Calamus zalacca Gaertn. Ia dikenal juga sebagai sala (Min.. sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca.. [1] dan Thai). Daftar isi [sembunyikan]      1 Pemerian botanis 2 Kegunaan 3 Ragam jenis dan penyebaran o 3. Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan.Kerajaan: Plantae Divisi: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Magnoliophyta Liliopsida Arecales Arecaceae Salacca Spesies: S.1 Salak pondoh 4 Rujukan 5 Pranala luar [sunting] Pemerian botanis Wanatani salak. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular. Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit. Bug. Mak..

pelepah dan anak daun berduri panjang. Biji 1-3 butir.[2]. berasa manis. Dinding buah tengah (sarkotesta) tebal berdaging. runcing di pangkalnya dan membulat di ujungnya. bertangkai panjang. terdiri atas 4-12 bulir silindris yang masing-masing panjangnya antara 7-15 cm. dengan banyak bunga kemerahan terletak di ketiak sisik-sisik yang tersusun rapat. keras. terdiri atas 1-3 bulir yang panjangnya mencapai 10 cm. Karangan bunga jantan. sering bercabang. dengan banyak duri kecil yang mudah putus di ujung masing-masing sisik. berukuran sampai 8 x 85 cm. membentuk rimpang. tipis dan banyak. terbungkus oleh sisik-sisik berwarna kuning coklat sampai coklat merah mengkilap yang tersusun seperti genting. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah. tumbuh menjadi rumpun yang rapat dan kuat. Tongkol bunga jantan 50-100 cm panjangnya. Anak daun berbentuk lanset dengan ujung meruncing. [3] [sunting] Kegunaan .Palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang. Daun majemuk menyirip. berduri banyak. bertangkai. warna duri kelabu sampai kehitaman. tangkai daun. 2-3 cm panjangnya. yang belakangan mengering dan mengurai menjadi serupa serabut.5-10 cm. coklat hingga kehitaman. kuning krem sampai keputihan. Tongkol bunga betina 20-30 cm. sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin. melata dan beranak banyak. atau sepat. karangan bunga terletak dalam tongkol majemuk yang muncul di ketiak daun. panjang 2. Buah tipe buah batu berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur terbalik. diameter 10-15 cm. panjang 3-7 m. Kebanyakan berumah dua (dioesis). masam. mula-mula tertutup oleh seludang.

ke timur sampai Maluku. Untuk pengobatan seperti untuk menghentikan diare. meski tentunya sesudah duri-durinya dihilangkan lebih dahulu. . yakni S.Buah salak yang masih muda di pohonnya. salak pondoh dari Yogyakarta dan salak Bali. rumpun salak kerap ditanam sebagai pagar. Salak terutama ditanam untuk dimanfaatkan buahnya. yakni var.. potongan-potongan tangkai daunnya yang telah mengering pun kerap digunakan untuk mempersenjatai pagar. amboinensis (Becc. S. atau untuk melindungi pohon yang tengah berbuah dari pencuri. yang populer sebagai buah meja. Umbut salak pun dapat dimakan. Papua Nugini.) Mogea dari Bali dan Ambon. Selain dimakan segar. kadang kulit salak juga di gunakan dalam traditional china medicine/jamu sebagai bahan obat. Helai-helai anak daun dan kulit tangkai daunnya dapat digunakan sebagai bahan anyaman. asinan. dikalengkan. salak condet dari Jakarta. sumatrana Becc. Queensland dan juga Fiji. Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa bagian barat daya dan Sumatra bagian selatan. Salak yang muda digunakan untuk bahan rujak. zalacca dari Jawa dan var.[4][5] [sunting] Ragam jenis dan penyebaran Tanaman salak sebagai pagar pekarangan. Malaysia dan Indonesia. Demikian pula. Salak juga telah diintroduksi ke Filipina. di Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis di bawah spesies. Sebagian ahli menganggap salak yang tumbuh di Sumatra bagian utara berasal dari jenis yang berbeda. jadi bila kebanyakan makan salak akan menyebabkan kesulitan membuang air besar dalam kadar menengah. atau dikemas sebagai keripik salak. Salak condet merupakan flora propinsi DKI Jakarta. Akan tetapi asal-usul salak yang pasti belum diketahui. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah salak Sidimpuan dari Sumatera Utara. salak juga biasa dibuat manisan.[3] Karena duri-durinya hampir tak tertembus. Salak dibudidayakan di Thailand. zalacca sendiri dibedakan lagi atas dua varietas botani.[3] Berdasarkan kultivarnya.

. zalacca dari Jawa dan var.Malaysia dan Indonesia. ke timur sampai Maluku. di Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis di bawah spesies. amboinensis (Becc. yakni S. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah salak Sidimpuan dari Sumatera Utara. salak pondoh dari Yogyakarta dan salak Bali. Sebagian ahli menganggap salak yang tumbuh di Sumatra bagian utara berasal dari jenis yang berbeda. yakni var.. Queensland dan juga Fiji.[3] Berdasarkan kultivarnya. Papua Nugini. S. Salak juga telah diintroduksi ke Filipina. Salak condet merupakan flora propinsi DKI Jakarta.) Mogea dari Bali dan Ambon. zalacca sendiri dibedakan lagi atas dua varietas botani. salak condet dari Jakarta. sumatrana Becc.