P. 1
Siklus Nyamuk Anopheles

Siklus Nyamuk Anopheles

|Views: 917|Likes:
Published by Dhita Andini

More info:

Published by: Dhita Andini on Oct 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2014

pdf

text

original

Siklus nyamuk anopheles

Nyamuk dalam genus Culex, Anopheles, Culiceta, Mansonia dan Aedes mungkin bertindak sebagai vektor. Vektor yang diketahui kini bagi malaria manusia (>100 spesies) semuanya tergolong dalam genus Anopheles. Malaria burung biasanya dibawa oleh spesies genus Culex. Siklus hidup Plasmodium diketahui oleh Ross yang menyelidiki spesies dari genus Culex. Sporozoit berpindah ke hati dan menembus hepatosit. Tahap dorman bagi sporozoit Plasmodium dalam hati dikenal sebagai hipnozoit. Dari hepatosit, parasit berkembang biak menjadi ribuan merozoit, yang kemudian menyerang sel darah merah. Di sini parasit membesar dari bentuk cincin ke bentuk trofozoit dewasa. Pada tahap skizon, parasit membelah beberapa kali untuk membentuk merozoit baru, yang meninggalkan sel darah merah dan bergerak melalui saluran darah untuk menembus sel darah merah baru. Kebanyakan merozoit mengulangi siklus ini secara terus-menerus, tetapi sebagian merozoit berubah menjadi bentuk jantan atau betina (gametosit) (juga dalam darah), yang kemudiannya diambil oleh nyamuk betina. Dalam perut tengah nyamuk, gametosit membentuk gamet dan menyuburkan satu sama lain, membentuk zigot motil yang dikenal sebagaiookinet. Ookinet menembus dan lepas dari perut tengah, kemudian membenamkan diri pada membran perut luar. Di sini mereka terbelah berkali-kali untuk menghasilkan sejumlah besar sporozoit halus memanjang. Sporozoit ini berpindah ke kelenjar liur nyamuk, di mana ia dicucuk masuk ke dalam darah inang kedua yang digigit nyamuk. Sporozoit bergerak ke hati di mana mereka mengulangi siklus ini. Beberapa spesies jaringan selain hati mungkin dijangkiti. Namun hal ini tidak berlaku pada spesies yang menyerang manusia. Plasmodium berubah dari parasit yang disebarkan melalui jalur tinja (orofekal) yang menjangkiti dinding usus halus. Pada satu tingkat parasit ini mengembangkan kemampuan untuk menjangkiti hati. Pola ini dapat dilihat pada genus Cryptosporidium yang terkait jauh dengan Plasmodium.

Bila jangkitan nyamuk telah mantap jangkitan melalui jalur tinja (orofekal) sebelumnya lenyap. .Pada satu tingkat leluhur Plasmodium mengembangkan kemampuan menjangkiti sel darah dan terselamat dan menjangkiti nyamuk.

Betina : sayapnya bisa bercak-bercak. skutelum bulat telur(Depkes. Dewasa Jantan : Palpus membesar diujung seperti pemukul. hewan betina dewasa mengisap darah aves (burung). pada hewan betina menusuk sayap mempunyai rumbai sisik. proboscis panjang. . telur nyamuk betina meletakkan telurnya sebanyak 50-200 sekali bertelur. C.Sifat dan morfologi. tegak lurus dengan membentuk sudut 45 . o Posisi istirahat. Sifat stadium A. Morfologi ciri-ciri umum nyamuk yaitu:          mempunyai tubuh yang langsing. larva mempunyai kepala besar. B. Segmen-segmen basal abdomen menempel erat dengan kepala dan toraks. palpus panjang. abdomen panjang bernapas dengan siphon dan hidup pada berbagai air. pupa : – lebih banyak bagian badan yang bersinggungan dengan permukaan air. jumlah sangat besar dan menyebarkan beberapa jenis penyakit. Spin kecil disamping abdomen. D. mamalia termasuk juga manusia. Telur tersebut bertahan di tempat yang kering dan dalam 2-3 hari akan menetas menjadi larva. 2008). Telur-telur itu terletak di dalam air dan mengapung di tepi air. larva anopheles tidak mempunyai saluran pernafasan dan untuk posisi badan mereka sendiri sejajar dengan permukaan air. corong udara pendek dan melebar.

.

indefinitus. 5. 2008. DAPUS : Depkes. 2. anopheles barbumrosis senang berkembang biak di tempat yang terlindung dari sinar matahari.id/download/fkm/fkm-nurmaini1. barbirotus. Air yang tenang atau sedikit mengalir seperti sawah sangat disenangi anopheles acunitus. Mantifikasi Vektor Dan Pengendalian Nyamuk Anopheles Aconitus Secara Sederhana. Pedoman Tatalaksanaan Kasus Malaria Di Indonesia.Air yang tidak mengalir sangat disenangi oleh nyamuk anopheles vagus. 2003. Nyamuk Anopheles Sundaicus. anullaris untuk berkembang biak(Nuraini. leucosphirus untuk tempat berkembang biak. 4. http://library.usu. anopheles mucaltus senang berkembang biak di tempat yang langsung mendapat sinar matahari disenangi 3. vagus.Nyamuk anopheles sundaicus.pdf diaskeks 11 oktober 2011 .Kepala anopheles sp Tempat hidup Tempat berkembang biak nyamuk Anopheles SP tergantung spesiesnya: 1. . 2003). Jakarta: Departemen Kesehatan Indonesia Nuraini. Anopheles subpictus clan anopheles vagus senang berkembang biak di air payau 2. Nyamuk Anopheles vagus.ac.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->