TEKNIK SILUET

Siluet(silhouette) merupakan salah satu teknik foto yang cukup populer. Dengan menghilangkan detil obyek utama dengan cara menggelapkannya, sebuah foto siluet dapat menggiring imajinasi bermain untuk membongkar "misteri" dari pesan yang ingin disajikan.

Strategi dasar dalam pengambilan foto siluet adalah menempatkan obyek utama di depan sumber cahaya, lalu metering (mengatur exposure) ke arah background, bukan ke obyek utama. Dengan begini, pencahayaan akan terlihat normal (tidak berlebih) pada background, namun akan terlihat sangat gelap pada obyek utama.

Berikut tips dari Darren Rowse untuk menghasilkan foto siluet yang mantap:

Pilih obyek yang mudah dikenali Hal ini penting karena pada foto siluet, obyek tersebut hanya akan terlihat seperti bidang dua dimensi yang berwarna gelap.

Matikan lampu flash Karena kita menginginkan obyek utama terlihat gelap, maka lampu flash malah wajib hukumnya dimatikan.

Pastikan komposisi cahaya tepat Intinya cahaya pada background harus dominan dan cahaya pada obyek utama harus diminimalisir. Contoh background dengan cahaya yang dominan adalah momen sunset atau sunrise.

Pastikan bentuk obyek utama jelas dan berbeda Jika obyek utama yang ingin ditampilkan lebih dari satu, pastikan obyek-obyek tersebut tetap terpisah satu sama lain. Contoh, jika obyek siluet adalah pohon dan orang maka hindari

arahkan titik fokus ke arah background. Fokus Efek samping yang terjadi saat mengunci exposure. tata frame hingga komposisinya tepat. Sehingga agak sulit jika ingin menciptakan siluet.com/humanities/arts/2119614-tips-fotografi-siluetsilhouette/#ixzz1aSEvzDs8 . bukan pada obyek utama. kamera akan mencari sendiri exposure yang sesuai agar baik background maupun obyek utama tetap terlihat. mungkin jurus terakhir yang perlu dilakukan adalah pindah ke modus manual lalu atur exposure dan fokus secara manual. Modus manual Jika kesulitan pada trik mengunci exposure background dan fokus di atas. Cara mengatasinya. kunci exposure dengan menekan setengah shutter.komposisi penempatan orang di depan pohon. experience makes us expert Sumber: http://id. biasanya obyek utama (siluet) menjadi kurang fokus karena titik fokus terkunci pada background. Akan lebih baik dengan penempatan orang di samping pohon. Lalu jepret.shvoong. Pada kamera yang serba auto Dengan setting auto. Poinnya sama. pastikan terlebih dahulu diafragma berada pada bukaan terkecil (ditunjukkan dengan angka f besar. contoh f/22) atau pada kamera pocket umumnya di setting panorama. Dengan tetap mengunci. sebelum mengunci exposure ke arah background. Triknya seperti ini. Selamat mencoba :D Jangan lupa. exposure yang digunakan adalah exposure background dan fokus tetap diarahkan ke obyek utama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful