CONTOH-CONTOH USAHA RITEL

Disusun oleh : Nama : DAMAR ARI S Kelas : XI PM 3 No : 08
Peluang Bisnis Kemitraan Kuliner

Mitra nantinya juga memperoleh meja. Aneka menu itu.” katanya. goreng. seluruh bahan baku dikirim dalam bentuk beku alias frozen food agar kualitasnya terjamin. 20 bumbu rahasia Jufri mengklaim rasa ayam bakar Chicken Roasten memiliki keunggulan dan berbeda dengan ayam bakar lain. menurut Jufri dimaksudkan untuk menjangkau konsumen lebih luas. seperti pindang.” ujarnya. Sisanya Rp 80 juta untuk peralatan lengkap dan bahan baku awal. Apalagi makanan ini menjadi santapan favorit di kawasan perbelanjaan dan kampus. Investasi itu untuk biaya lisensi kerja sama. pengelola PT CR Indonesia. 4 di antaranya adalah milik mitra. seperti halnya pelajar dan mahasiswa. Apalagi segmen pasar yang coba di raih oleh CR adalah konsumen tingkat menengah. soto. kursi serta dekorasi ruangan. . “Pusat perbelanjaan dan kampus memang menjadi target lokasi Chicken Roasten. training karyawan dan pengenalan produk senilai Rp 50 juta. Selain ayam bakar. Menurut Jufri. prospek bisnis penjualan ayam bakar sangat bagus. Walaupun begitu. Perusahaan asal Jakarta ini berdiri sejak 2 tahun lalu dan saat ini sudah memiliki 5 outlet.Daging ayam sudah jamak menjadi bahan baku aneka macam masakan. Jufri. di sate atau di bumbu apapun tetap saja laku di pasaran. “Itu karena kami menggunakan 20 bumbu tradisional yang kami kembangkan sendiri. dan pempek. Pasarnya yang lebar inilah yang membuat Chicken Roasten (CR) menawarkan waralaba ayam bakar. Mau bakar. CR juga menjual menu lain. mengatakan. Manajemen CR menargetkan menambah satu gerai lagi hingga akhir tahun ini. CR menawarkan paket investasi Rp 130 juta. sepertinya masyarakat tidak pernah bosan dengan makanan berbahan baku daging ayam.

dalam waktu 6 bulan. terwaralaba bisa balik modal dalam 6 bulan. Saat itu. Dan. Jika benar omzet sebesar Rp 75 juta per bulan tercapai. Mulai menuturkan omzet nya berkisar Rp 2 juta-Rp 5 juta setiap harinya. Dengan keuntungan itu.Rentang harga makanan di CR juga disesuaikan dengan kantong mahasiswa dan pelajar. Chicken Roasten memang mengijinkan mitranya membuat menu baru sendiri atas persetujuan pusat. “Jika dirata-rata harga makanan Chicken Roasten Rp 15. Mulia juga meraih sukses lantaran masakan yang dia jual tidak monoton. terwaralaba Chicken Roasten yang membuka gerai di kisaran Pasar Baru. Omzet tertinggi terjadi jika banyak pesanan katering untuk rapat.000-Rp 23. Dia juga menyediakan delivery order yang memungkinkan konsumen memesan ayam bakar untuk diantar ke rumah.” kara Jufri. “Saya selalu menghadirkan menu baru tiap dua bulan sekali. Selain itu. yaitu Rp 6. dia bisa cepat balik modal karena lokasi gerainya strategis dan sesuai dengan target pasarnya.” kata Jufri. Ini untuk menghindari kejenuhan pelanggan.000 per porsi. Ya. “Namun jika dirata-rata omzet per bulannya mencapai Rp 75 juta.000 per porsi. Jakarta. Omzet tiap gerai sangat ditentukan lokasi. dia menanamkan investasi sekitar Rp 100 juta.” katanya. seluruh investasi itu sudah kembali. Peluang Bisnis Handuk . telah membuktikan bahwa target balik modal itu bisa dicapai. Mulia. Menurut Mulia. Perempuan 28 tahun ini bergabung dengan Chicken sekitar 2 tahun lalu. Mulia berniat membuka gerai baru lagi dalam waktu dekat ini.

Alhasil. para produsen handuk itu mampu meraup omzet hingga Rp 40 juta setiap bulan. mengatakan permintaan handuk yang masuk ke usahanya tahun ini naik 30%. rata-rata memesan handuk seharga Rp 40. Harga ini sudah termasuk ongkos pemberian logo dan nama hotel yang memesan.” katanya. hingga Papua. “Ukurannya sama. Sisanya.” katanya. . Tak hanya itu. Seperti yang dialami oleh Wikantiningsih. Yaitu handuk untuk cuci tangan.000 helai handuk tiap bulan. Sejumlah produsen handuk mengaku peningkatan permintaannya mencapai 30%. bisnis kain pengering badan ini kian prospektif. Pasalnya.000.Seiring tingginya tingkat hunian hotel. tapi gramasi atau ketebalan dan kehalusan handuk yang berbeda. Pemesan handuk yang datang ke Soulmate Bedsheet berasal dari kota-kota besar yang ada di Indonesia. permintaan handuk khusus hotel dan rumah sakit turut mengalami peningkatan. permintaan handuk untuk rumah sakit juga tinggi. Maraknya pembangunan hotel dan rumah sakit baru membawa berkah tersendiri bagi para produsen handuk. “Biasanya hotel bintang tiga ke atas yang memesan handuk seharga Rp 60. “Sekarang banyak perusahaan yang memakai handuk untuk promosi juga. Saat ini.” imbuhnya. Ia menjual handuk mandi hotel berukuran 70×140 centimeter (cm) dengan harga Rp 60. kebutuhan handuk pun meningkat.” imbuhnya. Alhasil. handuk mandi dan handuk untuk cuci muka. Pontianak. Balikpapan. Jakarta ini. merupakan pesanan handuk dari berbagai perusahaan yang menggunakan handuk sebagai suvenir promosi. Wiwiek kini memiliki lebih dari 10 pelanggan tetap hotel dan rumah sakit.000 per helai. Untuk hotel bintang tiga. Produsen handuk yang juga pemilik gerai handuk di Plaza Semanggi. perempuan yang biasa dipanggil Wiwiek itu bisa menjual sekitar 1.000. Khusus untuk handuk hotel. Otomatis. “Permintaan dari hotel dan rumah sakit sekitar 80% dari total penjualan handuk saya. Banjarmasin. pemilik Soulmate Bedsheet. permintaan handuk turut terkerek. Seperti Ambon. Wiwiek memproduksi tiga macam handuk.

menangani pelanggan yang berasal dari kalangan hotel tergolong lebih sulit.500 helai handuk setiap bulan. Saat ini.000. yakni 10 rumah sakit di Jawa Timur.Adapun untuk handuk rumah sakit. Padahal.” tutur Wiwiek. Ferry juga memproduksi handuk washlap. rumah sakit memakai handuk itu sebagai suvenir. Perempuan yang sudah delapan tahun menekuni bisnis handuk ini. Handuk yang biasa dipesan hotel yaitu handuk berukuran 140×70 cm dengan harga sekitar Rp 50. Harga handuk tersebut berkisar Rp 35.000 helai handuk washlap. saat pasien pulang.000 hingga Rp 30.” katanya. “Satu rumah sakit biasanya pesan minimal 500 handuk tiap bulan.000 per helai. ia bisa menjual ratarata 1. lebih memilih fokus pada pembuatan handuk untuk kebutuhan rumah sakit. Selain memproduksi handuk mandi. handuk yang banyak dipesan adalah handuk kecil berukuran 40×80 cm. Setiap bulan. dia mengaku. pemasaran handuknya saat ini masih terbatas di wilayah Jawa Tengah. “Semakin banyak orang sakit yang menjalani perawatan di rumahsakit. Dia menerima pesanan dari pelanggannya. .” canda Zamroni. Zamroni bisa mendapatkan pesanan sekitar 400 helai handuk setiap bulan. penjualan handuk Ferry terbilang besar. pesanan datang dari berbagai institusi. “Biasanya. “Ini lebih ke soal pembayarannya saja. pemilik Enkatex produsen handuk di Pekalongan. Di sisi lain. dia membutuhkan modal untuk bisa membuat handuk lagi.” katanya. handuknya ikut dibawa. tingginya tingkat okupansi perhotelan dan rumah sakit juga turut mendorong bisnis penjualan handuk. seraya berpromosi. Sisanya. “Kalau hotel biasanya mereka pesan dua bulan sekali. Makin prospektifnya bisnis pembuatan handuk juga diamini oleh Zamroni.000 helai handuk setiap bulan.000. bisnis ini juga ikut meningkat. Khusus untuk rumah sakit. “Harga handuk kami sangat bersaing dengan produsen yang lain. mengaku. selain maraknya pertumbuhan hotel dan rumah sakit.” katanya. Di tahun ini. Namun. Pertimbangannya. ia bisa menjual minimal 1. Adapun untuk rumah sakit. Hal senada juga diungkapkan oleh Ferry Lusianto. Jawa Tengah ini. Harga jual sehelai handuk berkisar antara Rp 14. Pemilik pabrik handuk dengan merek Lumintu di Klaten. Makanya. bisa mendulang pendapatan sekitar Rp 40 juta setiap bulannya dari penjualan berbagai macam jenis handuk tersebut. Meski hanya membidik segmen rumah sakit.” imbuhnya. Zamroni melabeli handuk tersebut dengan harga Rp 8. Zamroni menuturkan. yang suka telat dan harus lewat beberapa orang dulu. rata-rata satu rumah sakit bisa memesan 1. rata-rata handuk yang dipesan berukuran 120×50 cm.000 per helai. Jawa Tengah.

Ferry memperkerjakan sekitar 40 orang tenaga kerja untuk memproduksi handuk. Pembuatan handuk itu juga menggunakan 40 unit mesin pembuat handuk. Saat ini. “Biar KW3 yang penting bagi mereka bisa menyerap air.” tandasnya. omzet saya setiap bulan antara Rp 25 juta hingga Rp 40 juta. Alasannya. yang lebih mementingkan kegunaan handuk dengan harga yang terjangkau. produksi handuk miliknya masuk pada kategori kualitas KW3. Peluang Bisnis Keripik Singkong .500. “Jadi.” katanya. Sedangkan untuk pembuatan logo dan nama. kualitas itu disesuaikan dengan segmen pasar handuk produksinya yakni rumah sakit. Lelaki berusia 32 tahun ini mengklaim. kalau dihitung.” kata Ferry. ia masih menggunakan mesin tenun tradisional yang jumlahnya ada sekitar 50 unit. “Proses pembuatan handuk ini memakan waktu dua hingga tiga hari.Harga satu helai washlap sekitar Rp 1.

Alhasil. hingga Afrika Selatan. Di tengah ancaman itu. “Kami ingin mengangkat citra makanan tradisional ini masuk ke pasar modern. Keripik singkong merupakan makanan yang sudah sangat akrab di telinga maupun lidah masyarakat Indonesia.000 per bungkus. Apalagi sejak tahun lalu. Brunei Darussalam. Tak heran jika produk keripik singkong dari luar negeri juga mulai merambah masuk ke pasar lokal. seperti Australia. membuat banyak pemodal tertarik menjalankan bisnis ini.” ungkapnya. bahan baku yang mudah didapat membuat camilan ini berprospek cerah. Dari bahan baku singkong sebanyak itu bisa dihasilkan sekitar 30 ton keripik singkong olahan kemasan siap jual. Frans berhasil memasukkan produk camilan singkong bermerek Kingkong ke toko ritel modern.Salah satu camilan populer di negeri ini adalah keripik singkong. dengan kebutuhan mencapai 200 ton singkong saban bulan. ia menjajal peruntungan bisnis di sektor makanan ringan dengan memproduksi camilan singkong olahan dalam kemasan. 60 gr dan 20 gr. Selain enak di lidah. Camilan ini dibuat dari singkong yang diiris tipis dan digoreng dengan variasi rasa yang berbeda-beda. yaitu 185 gram (gr).000-Rp 10. Ia mengaku kapasitas produksi sebanyak itu terserap seluruhnya oleh pasar. pemilik PT Universal Cipta Pangan di Jakarta. Frans bekerja sama dengan petani singkong di Sukabumi. India. Bahan baku singkong yang mudah didapat dan pasar dalam negeri yang sangat besar. Dia memilih singkong mangu sebagai bahan baku. salah satu produsennya bisa memiliki omzet Rp 50 juta per hari. keju bakar dan ayam lada hitam. Sejak akhir 2008. Seperti Alfamart. ia sudah berhasil mengekspor keripik singkong ke luar negeri. . Bahkan. varian rasa keripik singkong yang paling digemari adalah rasa daging panggang. Hero dan Carrefour. Untuk memperoleh pasokan bahan baku singkong. Menurut Frans. produsen lokal tetap bisa eksis membesarkan usahanya. Singapura. Ada tiga ukuran kemasan. di tahun yang sama. Lotte Mart. Seperti Frans Darmadi. Harganya berkisar Rp 1.

sejak tahun 1998.” kata Fajar. sang adik. Pembuatnya adalah Sutjipto dari Malang. “Singkong jenis ini rasanya lebih gurih dibandingkan yang lain. Produsen olahan singkong lokal lainnya yang cukup berhasil adalah keripik singkong merek Lumba-Lumba. merek keripik singkong Lumba-lumba sudah begitu familiar. Dari 9 ton singkong bisa dihasilkan 7 ton keripik singkong. diharapkan para petani singkong pun bisa menikmati tetesan rezeki. menuturkan. bagaimana membuat merek keripik singkong lokal menjadi raja di negeri sendiri. Selain produsen keripik singkong yang untung. Singkong yang digunakan adalah jenis meranti ketan. Sayang. “Omzetnya bisa mencapai Rp 50 juta per hari. Jawa Timur. Bukan malah merek luar yang lebih dikenal.” tandas Fajar. Fajar Wijayako. Fajar mengklaim. Singkong jenis ini paling baik tumbuh di dataran tinggi yang banyak terdapat di daerah Malang. Bahkan. kakaknya membutuhkan bahan baku singkong sekitar 9 ton per hari. Frans enggan menyebutkan omzetnya per bulan. “Yang juga penting.Sekitar 25% dari total penjualannya ditujukan ke negara-negara tersebut. Peluang Bisnis Kemitraan Mie Ayam . Selama ini keripik singkong merek Lumba-Lumba banyak dijual di hampir seluruh wilayah Jawa Timur. Harga jual tiap bungkus Rp 10.000.” katanya. di beberapa kota besar Jawa Timur seperti Surabaya dan Malang.

Paket ini juga dilengkapi bahan baku mi mentah seberat 10 kg untuk meracik 110 porsi mi ayam. seperti gerobak. Dua paket investasi Wahyu menawarkan dua paket investasi. Memang.000. dan pemotong mi kapasitas 40 kg per jam.” ungkap dia. salah satu strategi promosinya dengan membagikan kupon makan gratis. Wahyu menjual satu porsi mi ayam komplet dengan harga antara Rp 7. Mie Ayam Grobakan asal Depok. . Wahyu mengklaim keunggulan mi buatannya adalah tak mengandung bahan pengawet. Dua menu dia tawarkan: mi ayam dan mi yamin. ini menyediakan bakso dan pangsit. dandang. Paket Cabang Produksi senilai Rp 50 juta untuk investor di luar Jabodetabek. Kedua. ejak 2 Juni 2010 lalu dia merambah bisnis mie ayam. Paket Mitra senilai Rp 5 juta untuk calon investor di wilayah Jabodetabek. serta freezer berkapasitas 400 liter. Saat ini Mie Ayam Grobakan telah memiliki empat mitra di Bekasi Timur. dan Bogor.” ujar Wahyu. kita tak perlu heran para pedagang makanan rakyat bertebaran di mana-mana. Pertama. Meski persaingan usaha ini sudah padat. “Dua lagi akan buka pada 23 Oktober di Cikeas dan Antasari.500 hingga Rp 12. Sedangkan Paket Cabang Produksi dilengkapi mesin pengaduk adonan terigu berkapasitas 25 kg per 10 menit. Cara ini ditempuh agar usahanya bisa cepat dikenal. mesin pres. Jakarta Selatan. Ciledug. Jadi. Ciracas. Wahyu Indra tak gentar menawarkan kemitraan mi ayam bernama Mie Ayam Grobakan. Jawa Barat. dan dua unit tabung gas ukuran 3 kilogram (kg). Sebagai pelengkap. Berbekal pengalaman bertahun-tahun membuka usaha Warung Bakmi-Ku. “Ini sebagai promosi.Banyak orang di Indonesia yang menggemari mi ayam. Ada juga pelatihan produksi mi mentah selama dua minggu bagi para karyawan. Paket kedua ini memperoleh peralatan usaha komplet.

dia dapat meraup omzet sekitar Rp 3 juta.” ujarnya. Di samping itu.500. jika mitra cabang produksi mampu menjual bahan baku mi mentah sebanyak 25 kg per hari dengan harga Rp 22. “Pusat akan mendapat sekitar 10% dari tiap paket investasi yang diambil oleh mitra dari cabang produksi. Keuntungan usaha Mie Ayam Grobakan sudah dinikmati I Dewa Made Janusetiawan di Bekasi Timur. . Dari rata-rata penjualan selama 25 hari. Bahkan. maka omzet harian mencapai Rp 550. Kelak. mitra cabang produksi boleh menjual bahan baku mi mentah yang dikirim dari pusat kepada para mitra yang berada di daerahnya sehingga memberikan keuntungan ganda. apalagi ini belum genap sebulan.” papar Wahyu.5 juta. mitra biasa yang serius menjalankan bisnis dan memiliki perkembangan pesat bisa saja naik kelas menjadi pemilik cabang produksi.Pemilik cabang produksi dapat mencari calon mitra Mie Ayam Grobakan di daerah masing-masing tanpa batasan jumlah maksimum. Tiap minggu kami memesan bahan baku sebanyak 6 kg. “Cukup positif.” ujar Iwan.” katanya. Wahyu menghitung. kedai mi Janusetiawan mampu menjual 16 porsi mi ayam dengan harga per porsi Rp 7. “Saat ini sudah ada proposal untuk cabang produksi di Aceh. Tiap hari. dia sudah bernafsu menaikkan status mitra menjadi cabang produksi. Paket kemitraan ini berlaku lima tahun.000. “Sebulan omzet yang dikantongi sekitar Rp 16. Pontianak. Menempati ruko Perumahan Duren Jaya.000 per kg. dan Bali. mitra yang baru memulai usahanya pada 23 September lalu itu mengaku sudah mendapat tanggapan positif.

Hal itu pula yang memberikan motivasi kepada Kang Ikun yang saat ini bekerja sebagai penjual siomay keliling. Memutuskan untuk ikut pamannya yang melancong ke kota Jogja untuk berjualan siomay keliling./ butirnya.00. rata – rata anak buahnya menghabiskan 250 butir siomay per harinya dengan harga Rp 400. Kini usaha yang dimilikinya mampu dijadikan pegangan untuk memenuhi kebutuhan pribadinya serta kebutuhan keluarganya yang ada di kampung. Karena terbatasnya modal dan kemampuan yang ia miliki. kang Ikun juga sering mendapatkan pesanan siomay untuk hidangan acara – acara khusus atau hajatan yang diadakan para pelanggan tetapnya. . “ Kebanyakan pelanggan tetap saya para mahasiswa dan anak – anak kost./ porsi.00 sampai dengan pukul 19. istilah tersebut sangat sesuai untuk menggambarkan banyaknya cara dan pilihan peluang bisnis yang dapat kita jalankan. Kang Ikun akhirnya memberanikan diri untuk berjualan siomay keliling sendiri dengan mengambil alih sebagian wilayah jualan sang paman. daerah anak – anak kost yang ada di sekitar kampus daerah Jogja. kang Ikun yang saat itu telah menyelesaikan sekolahnya ditingkat SLTP di Purwokerto. serta masyarakat umum. Berawal dari kebiasaannya ikut bersama sang paman yang menjajakan siomay keliling dengan sepeda . Setiap harinya Kang Ikun berkeliling mulai dari pukul 12.. Selain itu Kang Ikun juga masih dapat tambahan pemasukan dari setoran yang dihasilkan dari kedua anak buahnya. Berkat ketekunan dan kegigihan kang Ikun selama bertahun – tahun menekuni usaha siomay kelilingnya. “ Saat itu saya masih berumur 13 tahun. kini Kang Ikun telah memiliki tiga sepeda siomay keliling yang digunakannya bersama dengan kedua anak buahnya untuk berjualan siomay keliling.000. dengan wilayah keliling area sekolahan. dengan harga Rp 4. jadi paman cuma ngasih ijin saya berkeliling di wilayah yang tidak terlalu jauh dari kontrakan.. ” jelasnya. Diluar kegiatan pokoknya jualan siomay keliling.Peluang Usaha Siomay Keliling ” Banyak jalan menuju Roma ”. Ia bisa menjual siomay dagangannya rata – rata 40 porsi / hari.” ungkap Kang Ikun.

00 + Jumlah Rp 625.00+ Jumlah Rp 123.00 Lain – lain Rp 10.00 Laba bersih / bulan Rp 37.00 Gas Elpiji Rp 13. .000.00 Pemasukan Omset/ hari : 40 porsi x Rp 4.000. tapi rasa siomay saya gak boleh kalah dengan siomay yang ada di restoran. Dan Kang Ikun pun selalu berkomitmen untuk menjaga kualitas rasa siomay yang diproduksinya.000. Tentunya bagi mereka teman-teman seperti Kang Ikun ini membutuhkan support dana dan pendampingan manajerial untuk membantu mengembangkan usahanya lebih besar lagi.000.00 Lain – lain Rp 25. Kepuasan pelanggan menjadi syarat mutlak yang harus dicapai dalam menjalankan segala macam usaha.000.000.000. Analisa Ekonomi Modal awal Bahan baku Rp 100.000.000.” Ujar Kang Ikun sembari tersenyum dengan penuh percaya diri.00 Peralatan Rp 200.000.000.00 Gerobak sepeda Rp 300.000. “ Walaupun siomay saya hanya pakai sepeda keliling.110.000. kenapa tidak kita kembangkan usaha yang potensial ini menjadi usaha yang lebih besar lagi.Dari usaha siomay keliling yang dianggap contoh usaha kecil pun kita mampu memperoleh keuntungan yang besar apabila ditekuni dan dikelola dengan baik.000. Berikut kami cantumkan analisa biaya berjualan usaha ini.00 Biaya Operasional / hari Pembelian bahan baku Rp 100.00 Jika rasanya saja tidak kalah dengan siomay restoran.00 Laba bersih / hari Rp 37.00 = Rp 160.00 x 30 hari = Rp 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful