RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP ) No. : 1/RPP/X/2 I. INDENTITAS : 1. Mata Pelajaran 2. Materi Pokok 3. Kelas/Semester 4. Pertemuan minggu ke 5.

Alokasi waktu : : : : : Penjasorkes Sepakbola X/2 1 dan 2 4 x 45 ( 4. jam pelajaran)

II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR : Standar Kompetensi : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. Kompetensi Dasar : 1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri. III. Indikator :

♦ ♦ ♦ ♦
♦ ♦

Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar Menendang bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar Menendang bola menggunakan kaki bagian luar dengan teknik yang benar Mengontrol / menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar Mengontrol / menghentikan bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar Mengontrol / menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar dengan teknik yang benar

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN / KEGIATAN BELAJAR Pertemuan 1 ( 2 X 45 Menit) No 1. Kegiatan Belajar Pendahuluan - Berdo’a - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa. - Memberikan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari. Kegiatan inti : - Contoh/peraga teknik menendang bola Siswa menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara berpasangan. Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar melalui permainan kucingkucingan (1 : 3 =satu kucing dan tiga pemainan dengan satu kali menyentuh bola) - Latihan secara bergantian dengan tertib Penutup : - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan

2.

65’

-

Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri

3.

10’

-

Pengendalian diri

1

Pertemuan 2 ( 2 X 45 Menit) No 1. Kegiatan Belajar Pendahuluan - Berdo’a - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa. - Memberikan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari. Kegiatan inti : - Contoh/peraga teknik mengontrol atau menghentikan bola Siswa berlatih mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara berpasangan. Mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar melalui permainan kucingkucingan (1 : 3 =satu kucing dan tiga pemainan dengan satu kali menyentuh bola) - Latihan secara bergantian dengan tertib Penutup : - Evaluasi/Tanya jawab - Penenangan Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan

2.

65’

-

Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri

3.

10’

- Pengendalian diri

V. PERANGKAT PEMBELAJARAN : 1. Lapangan 3. Pluit 2. Bola kaki 4. Corong air

2

Siswa dapat melakukan teknik menghentikan bola dengan benar. ♦ Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar ♦ Menendang bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar ♦ Menendang bola menggunakan kaki bagian luar dengan teknik yang benar ♦ Mengontrol / menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar ♦ Mengontrol / menghentikan bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar ♦ Mengontrol / menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar dengan teknik yang benar Bahan Kelas/ smt. menghargai.2. 4.Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama. dan percaya diri. Kompetensi Dasar/ Indikator 1. semangat.1. Soal 1. kejujuran.6 3 . X/2 Materi Sepak Bola Alokasi Waktu Jumlah soal Penulis Indikator Soal : 90 Menit : 2 butir : MGMP Bentuk Tes Tes perbuatan No.5.VI.3 2. Urut 1. Siswa dapat melakukan teknik menendang dengan benar 1. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT : Kisi-kisi penilaian Psikomotor Jenis sekolah : SMA N 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Kurikulum : Standar Isi No.

 kaki tumpu diletakkan di samping bola. kemudian kembali pada posisi awal kaki sepak terlihat ada gerakan lanjutan ke arah depan.  kaki tumpu diletakkan di samping bola. kaki sepak terlihat ada gerakan lanjutan ke arah depan. lutut tidak ditekuk sedikit. perkenaan bola tepat pada kaki bagian dalam. kemudian kembali pada posisi awal kaki sepak terlihat tidak ada gerakan lanjutan ke arah depan. ayunan kaki sepak kearah belakang kurang dari 45 derajat. kaki tumpu tidak berubah.3. Pelaksanaan    ayunan kaki sepak kearah belakang dengan lebar 45 derajat. kaki tumpu tidak berubah.Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMA N 115 Jakarta Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 1. perkenaan bola tepat pada kaki bagian dalam. lutut ditekuk sedikit. pergelangan kaki sepak ditekuk sedikit sehingga punggung kaki menghadap ke bola dan badan berada di atas bola. pergelangan kaki sepak ditekuk sedikit sehingga punggung kaki menghadap ke bola dan badan berada di atas bola. perkenaan bola tepat pada kaki bagian dalam. 1. Penulis : MGMP Tahun ajaran : 08/09 Bentuk Tes : Perbuatan : Peragakan teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam/punggung kaki/kaki bagian luar ke dinding tepat pada kotak sasaran dengan jarak 4 meter selama 30 detik! No. kaki tumpu t berubah. badan tidak condong ke belakang.2. lutut tidak ditekuk sedikit. badan agak condong ke belakang. badan tidak condong ke belakang. pergelangan kaki sepak tidak ditekuk sedikit sehingga punggung kaki menghadap ke bola dan badan berada di atas bola. ayunan kaki sepak kearah belakang kurang dari 45 derajat. kemudian kembali pada posisi awal Skor 3 2 1 3 2 1 Sikap akhir    3 2 1 Hasil    tepat pada kotak sasaran sebanyak 8-10 kali tepat pada kotak sasaran sebanyak 5-7 kali tepat pada kotak sasaran sebanyak 1-4 kali 3 2 1 Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 4 . Kriteria Sikap Awal  kaki tumpu diletakkan di samping bola.

perkenaan bola tidak tepat pada kaki bagian dalam/punggung kaki/kaki bagian luar. pergelangan kaki sepak ditekuk sedikit sehingga kaki bagian dalam/punggung kaki/kaki bagian luar menghadap ke bola  kedua kaki dibuka selebar bahu posisi sejajar. 02 Januari 2009 Guru Mata Pelajaran 5 . pandangan tetap pada arah datangnya bola sikap badan siap kembali untuk menerima bola. kaki yang menerima bola mengikuti arah datangnya bola.5. pandangan tetap pada arah datangnya bola sikap badan siap kembali untuk menerima bola. bola berhenti. Kepala SMA N 115 Jakarta. posisi kedua kaki tidak cepat kembali pada posisi awal. 3 2 1   Sikap akhir   sikap badan siap kembali untuk menerima bola.Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMA Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 4. bola tidak berhenti. perkenaan bola tepat pada kaki bagian dalam/punggung kaki/kaki bagian luar. posisi kedua kaki tidak cepat kembali pada posisi awal. pergelangan kaki sepak tidak ditekuk sedikit sehingga kaki bagian dalam/punggung kaki/kaki bagian luar menghadap ke bola  kedua kaki dibuka selebar bahu posisi sejajar. Sikap Awal  kedua kaki dibuka selebar bahu posisi sejajar. pandangan kurang konsentrasi pada arah datangnya bola 3 2 1  Hasil 3 2 1    tepat pada sasaran dan bola berhenti tidak jauh dengan posisi kedua kaki sebanyak 8-10 kali tepat pada sasaran dan bola berhenti tidak jauh dengan posisi kedua kaki sebanyak 5-7 kali tepat pada sasaran dan bola berhenti tidak jauh dengan posisi kedua kaki sebanyak 1-4 kali Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 Mengetahui. posisi kedua kaki kembali pada posisi awal.6 Penulis : MGMP Tahun ajaran : 08-09 Bentuk Tes : Perbuatan : Peragakan teknik menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam/punggung kaki/kaki bagian luar secara berpasangan dengan jarak 4 meter selama 30 detik! Kriteria Skor 3 2 1 No. 1. perkenaan bola tepat pada kaki bagian dalam/punggung kaki/kaki bagian luar. kaki yang menerima bola mengikuti arah datangnya bola. bola tidak berhenti. akan tetapi selalu tidak siap menerima bola Pelaksanaan  kaki yang menerima bola mengikuti arah datangnya bola.

III. Mata Pelajaran 2.Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa. 132121891 RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP ) No. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR : Standar Kompetensi : 1 Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. Indikator : ♦ Melakukan passing atas dengan teknik yang benar ♦ Melakukan passing bawah dengan teknik yang benar ♦ Melakukan servis bawah dengan teknik yang benar IV. Kelas/Semester 4.Berdo’a .Contoh/peragaan teknik passing bawah.Melakukan latihan teknik passing bawah tanpa bola secara klasikal . 130899210 Drs. . INDENTITAS : 1.\ Kompetensi Dasar : 1. 10’ - Pengendalian diri 6 .Memberikan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari. Alokasi waktu : : : : : Penjasorkes Bola voli X /2 3 dan 4 4 x 45 ( 4 jam pelajaran) II. Kegiatan inti : . . Pertemuan minggu ke 5. dan percaya diri. . Kegiatan Belajar Pendahuluan . MM NIP. Materi Pokok 3.Evaluasi/Tanya jawab .Melakukan teknik passing atas ke tembok secara individu Penutup : . 65’ 3.Melakukan teknik passing bawah secara berpasangan.Penenangan Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri 2. STRATEGI PEMBELAJARAN / KEGIATAN BELAJAR Pertemuan 3 (2 X 45 Menit) No 1.1. YATI RESMIATI. INDRIANTO NIP. menghargai.Melakukan teknik passing bawah secara berkelompok . kejujuran.Dra. : 2/RPP/X/2 I. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama. semangat.

dan percaya diri. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT : 1. . semangat.Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama.Melakukan gerakan servis bawah tanpa bola secara klasikal .2 3 7 . X/2 Materi Bola Voli Alokasi Waktu Jumlah soal Penulis Indikator Soal : 90 Menit : 2 butir : MGMP No.1. Pluit Kisi-kisi penilaian Psikomotor Jenis sekolah : SMA N 115 Jakarta Mata Pelajaran : Penjasorkes Kurikulum : Standar Isi No. Bentuk Tes Soal Tes perbuatan VI. Kegiatan Belajar Pendahuluan . Kompetensi Dasar/ Indikator 1. PERANGKAT PEMBELAJARAN : 1. Penutup : . Net 2.Pertemuan 4 (2 X 45 Menit) No 1.Evaluasi/Tanya jawab . menghargai. kejujuran.Melakukan teknik passing atas dari sikap jongkok secara berpasangan. .Berdo’a .Melakukan servis bawah melewati net. 65’ 3.Contoh/peragaan teknik passing atas dan servis bawah . 10’ - Pengendalian diri V. .Melakukan teknik passing atas secara berkelompok . Kegiatan inti : .siswa dapat melakukan teknik servis dapam 1.  Melakukan passing atas dengan teknik yang benar  Melakukan passing bawah dengan teknik yang benar  Melakukan servis bawah dengan teknik yang benar Bahan Kelas/ smt. Bola voli 4.Melakukan gerakan servis bawah menggunakan bola secara berpasangan.Memberikan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari.Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa.Siswa dapat melakukan teknik passing dalam permainan bola voli dengan benar 2.Penenangan Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri 2. Lapangan bola voli 3. Urut 1.

pergerakan bola stabil perkenaan bola tepat pada permukaan kedua telapak tangan. Urut Kompetensi Dasar/ Indikator Bahan Kelas/ smt. sikap kedua lengan tidak siap untuk melakukan passing kembali 3 2 1 Sikap akhir    3 2 1 Hasil    berhasil melakukan passing atas secara stabil pantulannya antara 21-30 kali berhasil melakukan passing atas secara stabil pantulannya antara 11-20 kali berhasil melakukan passing atas secara stabil pantulannya antara 01-10 kali 3 2 1 Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 8 . sikut kurang diluruskan keatas diikuti gerakan mendorong bola. kedua telapak tangan terbuka menghadap keatas. Materi Indikator Soal permainan bola voli dengan benar. pergerakan bola stabil perkenaan bola tepat pada permukaan kedua telapak tangan. badan agak condong kedepan. posisi badan kembali normal. lutut agak ditekuk. kedua tumit kaki tidak diangkat. kedua tumit kaki tidak diangkat. kedua kaki dibuka selebar bahu. kedua tumit kaki agak diangkat. posisi badan kembali normal. Bentuk Tes Soal Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMA 115 Jakarta Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 1 No. badan agak condong kedepan. badan tidak condong kedepan.   1 Pelaksanaan    perkenaan bola tepat pada permukaan kedua telapak tangan. sikut tidak diluruskan keatas diikuti gerakan mendorong bola. sikap kedua lengan siap untuk melakukan passing kembali kedua lutut tidak diluruskan. kedua telapak tangan terbuka menghadap keatas. posisi badan kembali normal. lutut tidak ditekuk. sikut diluruskan keatas diikuti gerakan mendorong bola. lutut agak ditekuk. pergerakan bola tidak stabil kedua lutut diluruskan. Penulis : MGMP Tahun ajaran : 08-09 Bentuk Tes : Perbuatan : Peragakan teknik passing atas secara individu dalam lingkaran yang berdiameter 3 meter selama 30 detik ! Kriteria Sikap awal Skor 3 2  kedua kaki dibuka selebar bahu. No. kedua kaki dibuka selebar bahu. kedua telapak tangan tidak terbuka menghadap keatas. sikap kedua lengan siap untuk melakukan passing kembali kedua lutut tidak diluruskan.No. 1.

kaki menginjak garis akhir lapangan. salah satu kaki berada didepan berlawan dengan tangan yang akan melakukan servis. Jakarta. ada gerakan lanjutan. bola bergerak tidak ke daerah lawan. menginjak garis akhir lapangan. 02 Januari 2009 Guru Mata Pelajaran 9 . ada gerakan lanjutan. tidak menginjak garis akhir lapangan. kaki menginjak garis akhir lapangan. bola bergerak ke daerah lawan. ada gerakan lanjutan. melewati net masuk ke daerah lawan melewati net tidak masuk ke daerah lawan tidak sampai melewati net 3 2 1   Pelaksanaan  3 2 1   3 2 1 3 2 1 Sikap akhir    Hasil    Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 Mengetahui Kepala SMA 115 Jakarta. perkenaan bola pada permukaan tangan. kedua kaki dibuka selebar bahu. bola dilambungkan. tidak menginjak garis akhir lapangan. tidak memasuki lapangan sebelum bola melewati net. kedua kaki sejajar. ayunan lengan hingga sejajar dengan permukaan air. kaki tidak menginjak garis akhir lapangan. bola tidak dilambungkan. Penulis : MGMP Tahun ajaran : 08-09 Bentuk Tes : Perbuatan : Peragakan teknik servis bawah secara individu menggunakan lapangan bola voli sebanyak lima kali kesempatan ! Kriteria Skor Sikap awal  kedua kaki dibuka selebar bahu. ayunan lengan hingga sejajar dengan permukaan air. perkenaan bola pada permukaan tangan. kedua kaki dibuka selebar bahu.Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMA 115 Jakarta Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 1 No. salah satu kaki berada didepan berlawan dengan tangan yang akan melakukan servis. memasuki lapangan sebelum bola melewati net. bola bergerak ke daerah lawan. Bola tidak dilambungkan. ayunan lengan hingga sejajar dengan permukaan air. perkenaan bola pada permukaan tangan. tidak memasuki lapangan sebelum bola melewati net. 1.

. semangat. MM NIP. Mata Pelajaran 2. Kegiatan Belajar Pendahuluan . menghargai. Kelas/Semester 4. Pertemuan minggu ke : 5 dan 6 5. 65’ n - Kerjasama Kesungguha Disiplin Uji diri 10 . kejujuran. dan percaya diri. : 3/RPP/X/2 I.Dra. Melakukan teknik operan dan menangkap bola pantul dengan benar Melakukan teknik operan dan menangkap bola dari atas dengan benar Melakukan teknik operan dan menangkap bola dari samping dengan benar Melakukan teknik menggiring bola dengan tangan kanan dan kiri dengan benar Melakukan permainan bola basket dengan peraturan dimodifikasi IV. 132121891 RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP ) No. INDENTITAS : 1. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR : Standar Kompetensi : 1. Kompetensi Dasar : 1.Berdo’a . STRATEGI PEMBELAJARAN / KEGIATAN BELAJAR Pertemuan ke 5 No 1. Alokasi waktu : 4 x 45 (4 jam pelajaran) : : : Penjasorkes Bola basket X/2 II. 130899210 Drs. Indikator : ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ Melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada dengan teknik yang benar.Melakukan teknik operan dada berpasangan secara diam dan sambil bergerak .Contoh/peraga teknik operan . Yati Resmiati. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama. Materi Pokok 3.Melakukan teknik operan dada berkelompok dengan pola segi tiga dan segi empat secara diam dan sambil bergerak.Memberikan informasi tentang materi yang aakan dipelajari Kegiatan inti : . Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. Waktu (Menit) Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan 15’ 2. III.1. Indrianto NIP.Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa.

Urut 1. Indikator Soal No. X/2 Materi Bola Basket Alokasi Waktu : 90 Menit Jumlah soal : 2 butir Penulis :MGMP. Lapangan bola basket 3. Melakukan teknik menggiring bola bergerak ke kiri dan ke kanan menggunggunakan tangan atau tangan kiri. menghargai.Penenangan Waktu (Menit) Aspek life skill yang dikembangkan 3. 10’ . Kegiatan Belajar Pendahuluan Berdo’a Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa. semangat.1.No Kegiatan Belajar . 65’ - Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri 3. 10’ .Melakukan teknik operan pantul berpasangan secara diam dan sambil bergerak .Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama.Melakukan teknik operan atas berpasangan secara diam dan sambil bergerak .Melakukan teknik operan pantul berkelompok dengan pola segi tiga dan segi empat secara diam dan sambil bergerak . kejujuran. Penutup : Evaluasi/Tanya jawab Penenangan Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan 2. Penutup : .  Melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada dengan Bahan Kelas/ smt. Pluit dan stop watch 2. siswa dapat melakukan teknik operan dalam permainan 1 11 . Bentuk Tes Soal Tes perbuatan 1. PERANGKAT PEMBELAJARAN : 1. Bola basket 4. Melakukan permainan bola basket hanya menggunakan teknik menggiring satu lawan satu. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT : Jenis sekolah : SMA Mata Pelajaran : Penjasorkes Kurikulum : Standar Isi No. dan percaya diri.Pengendalian diri Pertemuan ke 6 No 1. Beberapa tiang / Count Kisi-kisi penilaian Psikomotor VI. Kompetensi Dasar/ Indikator 1.Melakukan permainan bola basket hanya menggunakan passing secara berkelompok.Pengendalian diri V.Melakukan teknik operan atas berkelompok dengan pola segi tiga dan segi empat secara diam dan sambil bergerak . Melakukan teknik menggiring bola bergerak maju dan mundur menggunakan tangan kanan atau tangan kiri. Memberikan informasi tentang materi yang aakan dipelajari Kegiatan inti : Contoh/peragaan teknik menggirng Melakukan teknik memantul bola dengan tangan kiri dan kanan ditempat secara individu.Evaluasi/Tanya jawab .

4 ♦ kedua lengan mendorong bola kearah dinding sampai dengan posisi sikut lurus. ♦ berdiri kedua kaki tidak dibuka selebar bahu. bola berada didada siap untuk melakukan passing. gerakannya cepat dan akurat didalam kotak sasaran. Bentuk Tes Soal      2. siswa dapar melakukan teknik menggiring dalam permainan bolaa basket dengan benar. 1.No. kedua lengan memegang bola dengan siku ditekuk. 3 ♦ kedua lengan mendorong bola kearah dinding sampai dengan posisi sikut tidak lurus. Melakukan teknik operan dan menangkap bola pantul dengan benar Melakukan teknik operan dan menangkap bola dari atas dengan benar Melakukan teknik operan dan menangkap bola dari samping dengan benar Melakukan teknik menggiring bola dengan tangan kanan dan kiri dengan benar Melakukan permainan bola basket dengan peraturan dimodifikasi Bahan Kelas/ smt. ♦ kedua lengan mendorong bola kearah dinding sampai dengan posisi sikut tidak lurus. Pelakasanaan chest pass 3 2 1 Skor No. selama waktu yang ditentukan bola dalam penguasaannya. gerakannya cepat dan akurat didalam kotak sasaran. bola berada didada siap untuk melakukan passing. selama waktu yang ditentukan bola dalam penguasaannya. No. kedua tangan tidak siap untuk menerima datangnya bola dari pantulan dinding. ♦ berdiri kedua kaki tidak dibuka selebar bahu. kedua tangan siap untuk menerima datangnya bola dari pantulan dinding. selama waktu yang ditentukan bola dalam penguasaannya. Materi Indikator Soal bola basket dengan benar. kedua lengan memegang bola dengan siku ditekuk. kedua lengan memegang bola dengan siku tidak ditekuk. ♦ kedua lengan mendorong bola kearah dinding sampai dengan posisi sikut 2 1 12 . Urut Kompetensi Dasar/ Indikator teknik yang benar. bola berada didada siap untuk melakukan passing. gerakannya cepat dan akurat didalam kotak sasaran. kedua tangan siap untuk menerima datangnya bola dari pantulan dinding. 2 Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMA Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 1 Penulis Tahun ajaran Bentuk Tes : MGMP : 08-09 : Perbuatan : Peragakan teknik operan bola setinggi dada kearah kotak yang terdapat pada dinding setinggi 120 cm dengan jarak lempar 160 cm dari dinding selama 15 detik ! Kriteria Sikap Awal ♦ berdiri kedua kaki dibuka selebar bahu.

kedua tangan tidak siap untuk menerima datangnya bola dari pantulan dinding. Mata Pelajaran 2. selama waktu yang ditentukan bola dalam penguasaannya. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya. Pertemuan minggu ke 5. Yati Resmiati. 130 899 210 Drs. menghargai.Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa. Kompetensi Dasar : 1. Kepala SMA N 115 Guru Mata Pelajaran Dra.Berdo’a . semangat. INDENTITAS : 1. STRATEGI PEMBELAJARAN / KEGIATAN BELAJAR No 1. Kriteria tidak lurus. : 4/RPP/X/2 I. Hasil Skor ♦ dalam waktu 15 detik mampu melakukan chest pass lebih dari 30 kali ♦ dalam waktu 15 detik mampu melakukan chest pass 15 – 29 kali ♦ dalam waktu 15 detik mampu melakukan chest pass 1 – 14 kali Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 Jakarta. Mempraktikkan keterampilan atletik dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama. dan percaya diri. Alokasi waktu : : : : : Penjasorkes Atletik / lari jarak pendek X/2 7 dan 8 4 x 45 ( 4 jam pelajaran) II. kejujuran. 132 121 891 RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP ) No. Kelas/Semester 4. MM NIP. Indrianto NIP. Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan 13 . Kegiatan Belajar Pendahuluan . III. Materi Pokok 3.No. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR : Standar Kompetensi : 1. gerakannya cepat dan kurang akurat didalam kotak sasaran.3. Indikator : ♦ Melakukan teknik start jongkok dengan benar ♦ Melakukan teknik berlari dengan benar ♦ Melakukan teknik memasuki finish dengan benar IV. 02 Januari 2009 Mengetahui.

Berlari dengan langkah panjang dengan frekuensi lambat dan cepat Berlari dengan memeperhatikan ayunan lengan dan koordinasi langkah kaki. PERANGKAT PEMBELAJARAN : 1. Pluit 5. 65’ - Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri 3.Tanyajawab . Urut 1. Stopwatch VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT : Kisi-kisi penilaian Psikomotor Jenis sekolah : SMAN 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Kurikulum : Standar Isi No. 1. Indikator Soal No. Penutup : . Kompetensi Dasar/ Indikator Bahan Kelas/ smt. 10’ - Pengendalian diri V. Bendera start 2. Bentuk Tes Soal Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMAN 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 1 No.Penenangan Waktu (Menit) Aspek life skill yang dikembangkan 2.Melakukan pemanasan dengan latihan running abc Melakukan latihan start jongkok pendek (short start) Melakukan latihan start jongkok menengah (medium start) Melakukan latihan start jongkok panjang (long start) Menerapkan aba-aba : ”bersedia. Start block 4. Materi Alokasi Waktu : 90 Menit Jumlah soal : 2 butir Penulis : MGMP. yaa” dalam melakukan latihan start Berlari dengan langkah pendek dengan frekuensi lambat dan cepat. Penulis Tahun ajaran Bentuk Tes : MGMP : 08-09 : Perbuatan : Peragakan teknik passing atas secara individu dalam lingkaran yang berdiameter 3 meter selama 30 detik ! Kriteria Skor 14 .Penjelasan materi .Evaluasi/Tanya jawab .No Kegiatan Belajar .Contoh/peraga .Memberikan informasi tentang materi yang aakan dipelajari Kegiatan inti : . Lapangan / lintasan lari 3. siap.

Kepala SMAN 115 Jakarta Jakarta. 02 Januari 2009 Guru Mata Pelajaran Dra. Pertemuan minggu ke 5. INDENTITAS : 1. Mata Pelajaran 2. Kelas/Semester 4. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR : Standar Kompetensi : 2. : 5/RPP/X/2 I. Mempraktikkan latihan kekuatan.No. Yati Resmiati. Materi Pokok 3. 132899210 RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP ) No. disiplin dan percaya diri.1. Mempraktikkan latihan Kebugaran Jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya Kompetensi Dasar : 2. Indikator : 15 . Alokasi waktu : : : : : Penjasorkes Unsur-unsur Kebugaran Jasmani X/2 9 2 x 45 ( 4 jam pelajaran) II. III. Indrianto NIP. 130899210 Drs. daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggungjawab. MM NIP. Kriteria Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 Skor Mengetahui. kecepatan.

kesabaran.Contoh/peraga Melakukan berbagai bentuk latihan: dari: push up.Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa. pull up. 65’ - Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri 16 .Tanyajawab . Melakukan berbagai bentuk latihan kelenturan secara bergantian dalam kelompoknya: gerakan cium lutut dengan posisi duduk maupun berdiri.♦ Melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan untuk mengembangkan kebugaran ♦ ♦ ♦ ♦ jasmani Melakukan berbagai bentuk latihan kelenturan untuk mengembangkan kebugaran jasmani Melakukan berbagai bentuk latihan keseimbangan untuk mengembangkan kebugaran jasmani Melakukan tes pengukuran kebugaran jasmani Menerapkan ketelitian. dan kecermatan dalam pengolahan data IV.. sit up.Memberikan informasi tentang materi yang aakan dipelajari Kegiatan inti : .Berdo’a . keuletan.Penjelasan materi . STRATEGI PEMBELAJARAN / KEGIATAN BELAJAR No 1. . Kegiatan Belajar Pendahuluan . mengangkat badan dalam posisi telungkup kedua tangan berada pada leher belakang dan berbagai macam latihan peregangan mulai dari leher sampai dengan pergelangan Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan 2. sikap kayang.

132121891 17 . Kepala SMAN 115 Jakarta. Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 1 No. 130899210 Drs. Komputer VI. Stopwatch 4. 02 Januari 2009 Guru Mata Pelajaran Dra. Materi Alokasi Waktu Jumlah soal Penulis Indikator Soal : 90 Menit : 2 butir : MGMP Bentuk Tes No. PERANGKAT PEMBELAJARAN : 1. Yati Resmiati. 1. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT : Kisi-kisi penilaian Psikomotor Jenis sekolah : SMA N 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Kurikulum : Standar Isi No. sikap berdiri tegak mata dipejamkan kaki posisi jinjit dan kedua lengan dijulurkan ke depan pertahankan posisi tersebut dalam beberapa menit. Penutup : . Kompetensi Dasar/ Indikator Bahan Kelas/ smt.Penenangan 10’ - Pengendalian diri V.Evaluasi/Tanya jawab . Penulis Tahun ajaran Bentuk Tes : MGMP : 08-09 : Perbuatan : Peragakan teknik passing atas secara individu dalam lingkaran yang berdiameter 3 meter selama 30 detik ! Kriteria Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 Skor Mengetahui.No - Kegiatan Belajar kaki Melakukan berbagai bentuk latihan keseimbangan secara bergantian dalam kelompoknya antara lain terdiri dari: sikap kapal terbang. Indrianto NIP. Waktu (Menit) Aspek life skill yang dikembangkan 3. MM NIP. Soal Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMA N 115. Alat tulis menulis 2. Matras 3. Urut 1.

Mempraktikkan latihan Kebugaran Jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya Kompetensi Dasar : 2. dan percaya diri 18 .RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP ) No. Materi Pokok 3. Mata Pelajaran 2. disiplin.2. Pertemuan minggu ke 5. Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab. 6/RPP/X/2 I. Alokasi waktu : : : : : Penjasorkes Unsur-unsur Kebugaran Jasmani X/2 10 2 x 45 ( 4 jam pelajaran) II. Kelas/Semester 4. INDENTITAS : 1. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR Standar Kompetensi : 2.

Contoh/peraga .Berdo’a . keuletan dan kecermatan dalam pengolahan data. IV. kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu.Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa. . Kegiatan Belajar Pendahuluan . Dilakukan secara bergantian ada yang menjadi tester dan testi.Secara berkelompok mengadakan tes pengukuran komponen kebugaran jasmani yaitu: aspek kecepatan. kekuatan otot perut.Memberikan informasi tentang materi yang aakan dipelajari Kegiatan inti : . . 65’ - Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri 19 .Tanyajawab .III. STRATEGI PEMBELAJARAN / KEGIATAN BELAJAR No 1. Indikator : • Melakukan tes pengukuran kebugaran jasmani • Menerapkan ketelitian. kesabaran.Penjelasan materi .Lari 60 meter untuk Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan 2.

. Materi Alokasi Waktu : 90 Menit Jumlah soal : 2 butir Penulis : MGMP Indikator Soal Bentuk Tes No.Mencatat hasil pengukuran kebugaran pada lembar pengamatan Waktu (Menit) Aspek life skill yang dikembangkan 3.Sit up 60 detik untuk mengukur kekuatan otot perut . PERANGKAT PEMBELAJARAN : 1. Komputer Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMAN 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 1 No. Alat tulis menulis VI. yang diukur berapa lama mempertahankan posisi tersebut . 02 Januari 2009 Guru Mata Pelajaran 20 . Penutup : . Penulis Tahun ajaran Bentuk Tes : MGMP : 08-09 : Perbuatan : Peragakan teknik passing atas secara individu dalam lingkaran yang berdiameter 3 meter selama 30 detik ! Kriteria Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 Skor Mengetahui. Stopwatch 4. lakukan 60 detik dihitung jumlah angkat dagunya. Matras 3. Kompetensi Dasar/ Indikator Bahan Kelas/ smt.Gantung angkat tubuh (pria) untuk mengukur kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu.Gantung sikut tekuk (wanita) untuk mengukur kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT : Kisi-kisi penilaian Psikomotor Jenis sekolah : SMA N 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Kurikulum : Standar Isi No. Kepala SMAN 115 Jakarta Jakarta.Penenangan 10’ - Pengendalian diri V.No Kegiatan Belajar mengukur kecepatan dengan membandingkan hasil waktu waktu yang ada di table . 1. Soal 2.Evaluasi/Tanya jawab . Urut 1.

Indrianto NIP. Alokasi waktu Standar Kompetensi : 3.Dra. Kelas/Semester 4. 132121891 RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP ) No. 130899210 Drs. MM NIP. INDENTITAS : 1. Materi Pokok 3. 7/RPP/X/2 I. Mata Pelajaran 2. Pertemuan minggu ke 5. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR : 21 . Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di alamnya Kompetensi Dasar : : : : : : Penjasorkes Senam lantai X/2 11 2 x 45 ( 2 jam pelajaran) II. Yati Resmiati.

lalu lemparkan kedua kaki ke depan untuk mendarat.Penenangan Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan 2. naik ke atas peti dengan tolakan kedua tangan saat posisi condong depan. Indikator : • Melakukan rangkaian gerak senam menggunakan bantuan alat IV. Stop watch VI. masukkan kepala diantara kedua lengan untuk berguling ke depan. dengan cara berdiri di depan peti. Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuan serta nilai percaya diri. kerjasama.Contoh/peraga Setelah melakukan peregangan secara klasikal siswa berlatih gerakan senam lantai tanpa alat seperti berguling ke depan dan belakang sebagai pemanasan. STRATEGI PEMBELAJARAN / KEGIATAN BELAJAR No 1. Secara perorangan melakukan gerakan berguling ke depan diatas peti dilanjutkan dengan latihan lecutan kedua kaki untuk mendarat di matras. Kegiatan Belajar Pendahuluan .Penjelasan materi . 10’ - Pengendalian diri V. Secara bergantian siswa melakukan awalan dengan keatas peti lompat. saat kaki akan menyentuh matras tolakan kedua kaki.Berdo’a . 65’ - Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri 3. PERANGKAT PEMBELAJARAN : 1. III.Memberikan informasi tentang materi yang aakan dipelajari Kegiatan inti : . .1. Penutup : .Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT : Kisi-kisi penilaian Psikomotor Jenis sekolah : SMAN 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Kurikulum : Standar Isi Alokasi Waktu : 90 Menit Jumlah soal : 2 butir Penulis : MGMP 22 .3. Pluit 2.Tanyajawab .Evaluasi/Tanya jawab . tanggungjawab dan menghargai teman. Lakukan berguling ke depan diatas peti lompat dibantu dengan awalan lompat. Matras 3.

Yati Resmiati. 130899210 Drs. 1. Penulis Tahun ajaran Bentuk Tes : MGMP : 08-09 : Perbuatan : Peragakan teknik passing atas secara individu dalam lingkaran yang berdiameter 3 meter selama 30 detik ! Kriteria Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 Skor Mengetahui. Mata Pelajaran 2. Bentuk Tes Soal Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMA N 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 1 No. Materi Pokok 3. Pertemuan minggu ke 5. 02 Januari 2009 Guru Mata Pelajaran Dra. Urut 1. Materi Indikator Soal No. Kelas/Semester 4. MM NIP. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR : 23 . Alokasi waktu Standar Kompetensi : : : : : : Penjasorkes Senam lantai X/2 12 2 x 45 ( 2 jam pelajaran) II. Indrianto NIP. Kompetensi Dasar/ Indikator Bahan Kelas/ smt.No. Kepala SMA N 115 Jakarta Jakarta. 8/RPP/X/2 I. 132121891 RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP ) No. INDENTITAS : 1.

satu siswa melakukan gerakan temannya membantu.Tanyajawab .Memberikan informasi tentang materi yang aakan dipelajari Kegiatan inti : . Penutup : .2. Di antara siswa ada yang membantu mendorong punggung teman sebagai latihan awal agar gerakan lebih ringan dilakukan.Contoh/peraga . III. STRATEGI PEMBELAJARAN / KEGIATAN BELAJAR No 1.Penenangan Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan 2.Setelah berlatih berguling dilanjutkan guling Secara berpasangan siswa berlatih berdiri dengan kepala dan berdiri dengan kedua tangan.Setelah melakukan pemanasan dan peregangan. Matras VI.Berdo’a .Evaluasi/Tanya jawab . Indikator : ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ Melakukan gerakan guling lenting Melakukan gerakan kayang Melakukan gerakan sikap lilin Melakukan gerakan guling lenting ( neck spring ) Melakukan sikap berdiri dengan kepala ( kop stand ) Melakukan sikap berdiri dengan kedua tangan ( hand stand ) IV. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di alamnya Kompetensi Dasar : 3. 10’ - Pengendalian diri V.3. . PERANGKAT PEMBELAJARAN : 1. Kegiatan Belajar Pendahuluan . .Penjelasan materi . Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri kerjasama dan tanggung jawab. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT : Kisi-kisi penilaian Psikomotor Jenis sekolah : SMAN 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Kurikulum : Standar Isi Alokasi Waktu Jumlah soal Penulis : 90 Menit : 2 butir : MGMP 24 . 65’ - Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri 3. siswa melakukan latihan berguling ke depan dan belakang secara bergantian di atas matras.Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa.

No. Bentuk Tes Soal Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMAN 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Perbuatan Soal 1 No. : 9/RPP/X/2 I. 1. 130899210 Drs. Penulis Tahun ajaran Bentuk Tes : MGMP : 08-09 : : Peragakan teknik passing atas secara individu dalam lingkaran yang berdiameter 3 meter selama 30 detik ! Kriteria Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 Skor Mengetahui. Yati Resmiati. MM NIP. 02 Januari 2009 Guru Mata Pelajaran Dra. Mata Pelajaran 2. Kompetensi Dasar/ Indikator Bahan Kelas/ smt. Kepala SMA N 115 Jakarta Jakarta. Materi Pokok : : Penjasorkes Narkoba 25 . Urut 1. Materi Indikator Soal No. INDENTITAS : 1. Indrianto NIP. 132121891 RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP ) No.

obat depresan (penekan syaraf) madarax.3. dan pada akhirnya 26 .1. opium.Penjelasan materi . jiwa tertekan. mekalin. Kegiatan Belajar Pendahuluan .Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa.Berdo’a . LSD. televisi. 65’ - Kerjasama Kesungguhan Disiplin Uji diri . antivan. berteriak-teriak. Alokasi waktu Standar Kompetensi : : : : X/2 13 2 x 45 menit (2 jam pelajaran) II. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR : 7. obat perangsang syaraf. peyete. morphin. STRATEGI PEMBELAJARAN / KEGIATAN BELAJAR No 1.Membuat laporan hasil kerja mereka yang terdiri klasifikasi jenis Narkoba. Menerapkan budaya hidup sehat Kompetensi Dasar : 7.Secara kelompok siswa mencari informasi tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba melalui majalah. koran. sakit jiwa.Tanyajawab . Kelas/Semester 4. merintih. valium mudah terpengaruh dan bahaya yang diakibatkan dari penyalahgunaan Narkoba .Memberikan informasi tentang materi yang aakan dipelajari Kegiatan inti : . kebingungan.2 Memahami berbagai peraturan perundangan tentang Narkoba III. Jenisjenis obat terlarang. BK. rohipnol. kokain.misalnya ketagihan. Pertemuan minggu ke 5. . misalnya ganja. kerusakan pada organ tubuh.Mempresentasikan hasil kerja kelompok Waktu (Menit) 15’ Aspek life skill yang dikembangkan Disiplin Kerjasama Ketrampilan 2. Menganalisis bahaya penyalahgunaan narkoba 7. Indikator : • Mengklasifikasikan jenis-jenis Narkoba yang sering disalahgunakan • Mengidentifikasikan perilaku yang mudah terpengaruh untuk melakukan tindakan penyalahgunaan Narkoba • Mengidentifikasikan bahaya-bahaya dari penyalahgunaan Narkoba • Mengkategorisasikan peraturan perundangan tentang Narkoba IV.Menyimak klarifikasi informasi tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba. internet .

LCD VI. internet . Penulis Tahun ajaran Bentuk Tes : MGMP : 08-09 : Perbuatan : Peragakan teknik passing atas secara individu dalam lingkaran yang berdiameter 3 meter selama 30 detik ! Kriteria Nilai = (jumlah skor: skor maksimal) X 100 Skor Mengetahui. Komputer 2. Penutup : .No Kegiatan Belajar kematian. PERANGKAT PEMBELAJARAN : 1. televisi.Secara kelompok siswa mencari informasi tentang perundangan Narkoba melalui majalah.Membuat laporan hasil kerja mereka tentang perundangan Narkoba Waktu (Menit) Aspek life skill yang dikembangkan 3. Kompetensi Dasar/ Indikator Bahan Kelas/ smt. .Evaluasi/Tanya jawab . Urut 1. koran. Kepala SMA N 115 Jakarta. 02 Januari 2009 Guru Mata Pelajaran 27 . 1. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT : Kisi-kisi penilaian Psikomotor Jenis sekolah : SMA N 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Kurikulum : Standar Isi No. Soal Pedoman Penskoran Jenis sekolah : SMA N 115 Mata Pelajaran : Penjasorkes Bahan Kelas : X / 2 Soal 1 No. Materi Alokasi Waktu Jumlah soal Penulis Indikator Soal : 90 Menit : 2 butir : MGMP Bentuk Tes No.Penenangan 10’ - Pengendalian diri V.

NIP.M.Dra. Indrianto NIP. M. 132121891 28 . Yati Resmiati. 130899210 Drs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful