Nitrogen anorganik tanah dijumpai dalam bentuk gas seperti nitrogen (N2), oksida nitrogen (N2O), ammonia (NH3-) dan

dalam bentuk ion seperti nitrat (NO3-), nitrit (NO2-) dan ammonium (NH4+). Bentuk-bentuk NH4+, NO3- dan NO2- sangat penting hubungannya dengan kesuburan tanah. Perubahan N organic menjadi senyawa (NH4+) dan (NO3-) disebut mineralisasi yang dilakukan oleh beberapa jenis mikrobia tanah, misalnya Pseudomonas, Bacillus. Proses mineralisasi N terdiri dari 2 tahap yaitu aminasi dan ammonifikasi. Proses aminisasi melibatkan pemecahan ikatan polipeptida oleh enzim peptidase dan protease menghasilkan asam amino. Selanjutnya pada tahap kedua, asam amino akan dirombak menjadi ammonium dengan katalisator enzim glutamate dehydrogenase. Sebagian ammonium yang twerbentuk pada proses amonifikasi akan diubah menjadi nitrat proses ini disebut nitrifikasi. Proses ini terdiri dari 2 tahap yang terjadi secara simultan, sehingga tidak terjadi akumulasi nitrit yang dapat meracuni tanaman. Tahap 1 dilakukan oleh mikrobia Nitrosomonas, Nitrococcus. Nitrobacter, Nitrococcus dan Nitrospira merubah nitrit menjadi nitrat yang tersedia bagi tanaman, proses ini disebut nitratasi. Proses perubahan bentuk N tanah dapat diamati saat pemberian urea (CO(NH 2)2) ke dalam tanah. Urea segera mengalami hidrolisis menjadi ammonium karbonat (NH4)2CO3 didalam tanah dengan katalisator enzim Urease. Ammonium karbonat merupakan senyawa antara yang bersifat tidak stabil dan segera berubah menjadi ammonium dan karbon dioksida, persamaan reaksinya sebagai berikut: Urea +air → Urease →Amonium karbonat CO(NH2)2 (NH4)2CO3

Ammonium karbonat + air → ion ammonium + air + karbon dioksida (NH4)2CO3 + H2O 2NH4 + H2O + CO2

Sebagian ion ammonium akan berubah menjadi ammonia terlarut dan kemudian menjadi gas ammonia yang mudah menguap. Reaksinya dapat dilihat pada persamaan reaksi berikut ini: NH4+ → NH3 + H+ NH3 → NH3 (gas) Pada kondisi cukup oksigen, beberapa macam bakteri Nitrosomonas, Nitrococcus akan mengoksidasi NH4+ menjadi NO3- sehingga bentuk nitrat menjadi lebih dominan. Reaksi nitritasi:

2011.+ energy Nitrat (NO3-) bermuatan negative maka sedikit yang dapat diikat oleh partikel tanah.+ 2H2O + 4 H+ + energy Reaksi nitratasi: 2NHO2.Peranan Bahan Humus-Kalsium Pada Pupuk Urea Terhadap Ketersediaan Nitrogen. Sulakhudin. . Pertumbuhan Dan Hasil Bawang Merah Di Lahan Pasir Pantai. Fakultas pertania disertasi. akibatnya banyak hilang terlindi oleh air penyiraman atau air hujan.2NH4 + 3O2 → Nitrosomonas→ 2NO2.+ O2 → Nitrococcus/ Nitrobacter → 2NO3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful