evapotranspirasi

Transpirasi adalah hilangnya uap air dari permukaan tumbuhan. Evaporasi adalah proses perubahan molekul di dalam keadaan cair (contohnya air) dengan spontan menjadi gas (contohnya uap air). Evapotranspirasi adalah perpaduan antara evaporasi dari permukaan tanah dengan transpirasi dari tumbuh-tumbuhan atau proses total dari perpindahan air ke atmosfir dari permukaan tanah yang bervegetasi. Evaportranspirasi potensial adalah evaporasi dari permukaan tanah yang luas yang ditimbuni tanaman hijau yang seluruhnya menutup permukaan tanah dan selalu diairi dengan cukup. Evapotranspirasi merupakan salah satu komponen utama dalam siklus hidrologi dengan kaitannya pada perhitungan ketersediaan air. Peranan evaporasi dan transpirasi; • • • Dalam siklus hidrologi ; menjadi mekanisme utama yang menggerakkan siklus air diantara atmosfir,daratan dan lautan. Dalam tanaman dan tanah ; ketersediaan air adalah factor yang membatasi produktivitas tanaman. Dalam manajemen irigasi ; kemampuan untuk menduga evapotranspirasi merupakan factor utama untuk menentukan penjadualan irigasi. Peristiwa berubahnya air menjadi uap dan bergerak dari permukaan tanah dan permukaan air ke udara disebut evaporasi (penguapan). Peristiwa pengauapan dari tanaman disebut transpirasi. Kedua-duanya bersama-sama disebut evapotranspirasi. Faktor-faktor utama yang berpengaruh adalah (Ward dalam Seyhan, 1977) : 1. Faktor-faktor meteorologi a. Radiasi Matahari b. Suhu udara dan permukaan c. Kelembaban d. Angin

Tekanan Barometer 2. Kualitas air (warna. Model-model Analisis Evapotranspirasi Perkiraan evapotranspirasi adalah sangat penting dalam kajian-kajian hidr ometeorologi. Apabila jumlah air yang tersedia tidak menjadi faktor p embatas. Warna tanah e.com . Kandungan lengas tanah b. Karakteristik kapiler tanah c. Ukuran dan bentuk permukaan air 3. Jeluk tubuh air c. maka evapotranspirasi yang terjadi akan mencapai kondisi yang maksimal dan kondisi itu dikatakan sebagai evapotranspirasi potensial terc apai atau dengan kata lain evapotranspirasi potensial akan berlangsung bil a pasokan air tidak terbatas bagi stomata maupun permukaan tanah. salinitas dan lain-lain) b. kerapatan dan tingginya vegetasi f. Untuk itu maka dikembangkan beberapa metode pendekatan dengan men ggunakan input datadata yang diperkirakan berpengaruh terhadap besarny a evapotranspirasi. evapotranspirasi akan berlangsung pada lajuyang maksimum tergantung pada energi yang tersedia dan pengontrolan vegetasi.e. irigasi dan lain-lain) Selama ketersediaan air cukup. Faktor-faktor lainnya a.kafe ilmu. Tipe. http//.Pengukuran langsung evaporasi maupun evapotranspirasi da ri air maupun permukaan lahan yang luas akan mengalami banyak kendala . Jeluk muka air tanah d. Ketersediaan air (hujan. Faktor-faktor Geografi a.

Hamper semua air yang diambil tanaman dari media tanam (tanah) akan ditranspirasikan. 1998). Evapotranspirasi Tanaman. yaitu Evapotranspirasi Potensial. maka evapotranspirasi perlu dibedakan menjadi evapotranspirasi potensial (PET) dan evapotranspirasi aktual (AET). sungai lahan pertanian. PET lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor meteorologi. dan hanya sebagian kecil yang dimanfaatkan tanaman (Allen et al. Evapotranspirasi standar. maupun dari vegetasi yang basah.Proses dan pengertian evapotranspirasi Evapotranspirasi adalah kombinasi proses kehilangan air dari suatu lahan bertanaman melalui evaporasi dan transpirasi. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Evapotranspirasi : • • • Parameter-parameter iklim Faktor-faktor tanaman dan tanah Kondisi lingkungan dan pengelolaan Untuk mengetahui faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi besarnya evapotranspirasi. Evapotranspirasi terbagi atas beberapa jenis. vaporization) dan selanjutnya uap air tersebut dipindahkan dari permukaan bidang penguapan ke atmosfer (vapor removal). sementara AET lebih dipengaruhi oleh faktor fisiologi . Evaporasi adalah proses dimana air diubah menjadi uap air (vaporasi. Pada transpirasi. Transpirasi adalah vaporisasi di dalam jaringan tanaman dan selanjutnya uap air tersebut dipindahkan dari permukaan tanaman ke atmosfer (vapor removal). vaporisasi terjadi terutama di ruang antar sel daun dan selanjutnya melalui stomata uap air akan lepas ke atmosfer. Evapotranspirasi actual. Evaporai terjadi pada berbagai jenis permukaan seperti danau. tanah.

35 (ea – ed) (1 + V/100) mm/hari Ed = ea * RH ea ===>lihat tabel berdasar t bola kering RH ===>lihat tabel berdasar t bola basah & Δ t V = kecepatan angin (mile/hari) Evapotranspirasi merupakan faktor dasar untuk menentukan kebutuhan air dalam renc ana irigasi dan merupakan proses yang penting dalam siklus hidrologi.blogspot. http//.com › BIOLOGI › Budidaya Pertanian .faktor tersebut pada PET. Analisis Evapotranspirasi Metode Meyer E = 0.tanaman dan unsur tanah.wawan-junaidi. Uraian tentang pengaruh faktor lingkungan terhadap evapotranspirasi akan lebih ditekankan pada pengaruh faktor.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful