Bendera Gudep Baru

Dengan diterbitkannya SK Kwartir Nasional 231 tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelengaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka, maka ada beberapa perubahan yang salah satunya mengenai Bendera Gugusdepan. Perubahan tersebut baik berupa tampilan maupun ukuran bendera gudep yang dahulu 90 X 60 cm, menjadi 135 X 90 cm. Berikut petikan PP nya tentang bendera gudep :
2. Bendera Gugusdepan 1. Bendera Gudep berbentuk segi empat panjang dan berukuran 135 cm x 90 cm, berwarna dasar putih, di tengah-tengahnya terdapat lambang Gerakan Pramuka berwarna merah, menghadap ke arah tiang bendera. 2. Pada bagian atas dan bagian bawah bendera terdapat jalur merah dengan ukuran lebar 1/10 dari lebar bendera, letaknya 1/10 dari lebar bendera dari sisi atas dan sisi bawah. 3. Pada bagian tepi tempat tali bendera terdapat jalur merah sepanjang lebar bendera dengan ukuran lebar 1/8 dari panjang bendera dengan tulisan nama Kwartir dan nomor gudepnya.

Ini Bendera Gugusdepan lama :

Dan ini yang baru : Berasal dari download,

sehingga tidak menimbulkan bermacam asumsi dan persepsi di lapisan paling bawah yakni Gugus yang terdepan.tumbuhan untuk regu putri ( seperti dalam contoh gambar pada Lampiran III SK 231 tahun 2007 ). dan hanya terdapat pada contoh gambar saja. Demikian juga ketentuan tentang bendera regu yang dahulu berupa gambar silhuate/ bayangan tetapi sekarang ini gambar visual binatang/ hewan bagi regu putra dan bunga/ tumbuh. Selain itu bagan organisasi gugus depan yang sepertinya janggal yakni Mabigus berada pada kedudukan dibawah Ketua Gudep. Semoga setelah ini ada penjelasan yang lebih tegas dan jelas.( atau mungkin salah cetak/ tercetak terbalik). Masih Perlu Penyempurnaan. . Hanya saja dalam SK tersebut yang menyangkut tentang bendera gudep. belum mengatur tentang warna tulisan dan jenis huruf.Berasal dari buku PP.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful