Masih Rendah, Indek Pembangunan Manusia di Indonesia

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/03/13/masih-rendah-indek-pembangunanmanusia-di-indonesia Minggu, 13 Maret 2011 - 20:01 WIB JAKARTA (Pos Kota) – Meski sudah merdeka selama 65 tahun, Indonesia masih tergolong negara lemah, bodoh dan miskin. Menurut laporan pembangunan manusia UNDP tahun 2010, Indonesia berada di rangking 108 dari 182 negara dalam bidang Iindeks Pembangungan Mmanusia (IPM) alias Human Development Index ( HDI) “Karenanya, kesehatan, kualitas dan optimalisasi fungsi otak sangat penting untuk meningkatkan SDM Indonesia,” kata Ketua Kelompok Kerja Neurosains BPH RS Islam Jakarta, Dr Samino SpS(K) pada peluncuran Pokja Neurosains di Jakarta, Minggu (13/3). Turut hadir Wamendiknas Fasli Jalal dan Ketua PP Muhammadiyah Malik Fadjar. Menurut Dr Samino, karena HDI merupakan indikator antara lain kesehatan, pendidikan dan ekonomi, maka ini berarti masyarakat Indonesia masih tergolong lemah, bodoh dan miskin. Dalam HDI tersebut tingkat kemiskinan dinyatakan dalam indeks kemiskinan multidimensi. Indonesia tercatat dengan indeks 0,0095, terburuk di antara negara-negara pendiri ASEAN sesudah Thailand (0,0006) dan Filipina (0,067). Perkembangan yang pesat dalam bidang politik dan hukum tampaknya tidak diimbangi dengan perkembangan pesat dalam pembangunan SDM. Wamendiknas Fasli Jalal menambahkan, otak yang sehat tidak saja berkontribusi dalam kesehatan itu sendiri, tetapi juga ke bidang pendidikan dan ekonomi. Memang butuh waktu cukup untuk membuat otak sehat itu optimal. “Karena itu Pokja Neurosains mendorong penguatan perkembangan otak pada usia dini,” katanya. (aby/dms)

Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Naik Tipis
http://www.antaranews.com/berita/1254746524/indeks-pembangunan-manusiaindonesia-naik-tipis Senin, 5 Oktober 2009 19:42 WIB | 2225 Views

Jakarta (ANTARA News) - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada 2009 naik tipis menjadi 0,734 dari 0,728 pada 2007, demikian laporan pembangunan manusia United Nations Development Programme (UNDP) di Jakarta, Senin. IPM yang dibuat dengan mengacu data-data pembangunan manusia tahun 2007 itu menempatkan Indonesia pada ranking ke 111 dari 182 negara yang terdata. "Angkanya masih lebih rendah dibandingkan IPM negara tetangga. Artinya, meskipun pemerintah sudah berusaha namun usahanya belum sebesar negara-negara tetangga karena IPM mereka naik bermakna," kata Rizal malik, Team Leader of Governance Unit UNDP. Ia menjelaskan, pengukuran IPM mengacu pada tiga dimensi pembangunan manusia yakni kehidupan yang panjang dan sehat, kesempatan menikmati pendidikan dan hidup dengan standar yang layak (antara lain diukur dari daya beli dan pendapatan--red). Peningkatan IPM tak bermakna yang membuat Indonesia berada di bawah negara-negara tetangga di kawasan Asia, menurut Rizal, antara lain terjadi karena investasi pemerintah dalam pembangunan kesehatan dan pendidikan masih rendah. "Anggaran pemerintah lebih banyak dialokasikan untuk menggaji pegawai. Porsi untuk pembangungan kesehatan dan pendidikan masih rendah. Anggaran pendidikan yang barubaru ini dinaikkan menjadi 20 persen pun alokasinya saya yakin lebih untuk gaji pegawai," jelasnya. Hal itu, kata dia, membuat capaian target pembangunan kesehatan dan pendidikan yang dilihat dari peningkatan angka harapan hidup, angka melek huruf dan akses ke sarana pendidikan tidak sesuai harapan sehingga rangking IPM Indonesia masih berada di bawah negara-negara tetangga seperti Malaysia (66), Singapura (23), Filipina 9105), Thailand (87) dan bahkan Sri Lanka (102). (*)
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Indeks Pembangunan Manusia
http://id.wikipedia.org/wiki/Indeks_Pembangunan_Manusia Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia. IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara adalah negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup.[1]

Sejarah
Indeks ini pada 1990 dikembangkan oleh pemenang nobel India Amartya Sen dan seorang ekonom Pakistan Mahbub ul Haq, serta dibantu oleh Gustav Ranis dari Yale University dan Lord Meghnad Desai dari London School of Economics. Sejak itu indeks ini dipakai oleh Program pembangunan PBB pada laporan IPM tahunannya. Amartya Sen menggambarkan indeks ini sebagai "pengukuran vulgar" oleh karena batasannya. Indeks ini lebih berfokus pada hal-hal yang lebih sensitif dan berguna daripada hanya sekedar pendapatan perkapita yang selama ini digunakan. Indeks ini juga berguna sebagai jembatan bagi peneliti yang serius untuk mengetahui hal-hal yang lebih terinci dalam membuat laporan pembangunan manusianya. IPM mengukur pencapaian rata-rata sebuah negara dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia:
• •

hidup yang sehat dan panjang umur yang diukur dengan harapan hidup saat kelahiran Pengetahuan yang diukur dengan angka tingkat baca tulis pada orang dewasa (bobotnya dua per tiga) dan kombinasi pendidikan dasar , menengah , atas gross enrollment ratio (bobot satu per tiga). standard kehidupan yang layak diukur dengan logaritma natural dari produk domestik bruto per kapita dalam paritasi daya beli.

Setiap tahun Daftar negara menurut IPM diumumkan berdasarkan penilaian diatas. Pengukuran alternatif lain adalah Indeks Kemiskinan Manusia yang lebih berfokus kepada kemiskinan.

Indonesia
Angka IPM Indonesia dari tahun ke tahun[2][3] 1. tahun 1980 = 0,522 2. tahun 1985 = 0,562 3. tahun 1990 = 0,624 4. tahun 1995 = 0,658 5. tahun 2000 = 0,673 6. tahun 2003 = 0,709 7. tahun 2004 = 0,714 8. tahun 2005 = 0,723 9. tahun 2006 = 0,729 10. tahun 2007 = 0,734 catatan : pada 18 December 2008 diluncurkan sistem penghitungan baru tehadap IPM dengan memasukan GDP PPP yang baru. Hal ini berakibat pada berubahnya angka IPM setiap negara dan rangkingnya terhadap dunia. Menurut daftar yang baru, IPM indonesia pada 2007 adalah = 0,734 [4]

Sejahterakan Masyarakat Perbatasan
Oleh : Aulia Asep Ralla | 02-Sep-2008, 21:54:50 WIB

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=20&dn=20080902124128
KabarIndonesia - Isu perbatasan kerap muncul dalam pemberitaan, beberapa insiden di perbatasan sudah mencapai tahap mengkhawatirkan kedaulatan NKRI. Beberapa pulau terluar di Nusantara ini satu demi satu berpindah tangan ke penguasaan asing. Wilayah daratan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Timor Leste, Malaysia, PNG dan wilayah perbatasan laut seperti Australia serta Philipina menjadi sangat rawan terhadap aksi penyusupan, penyelundupan, pencurian kayu, pencurian kekayaan laut, bahkan pemindahan patok tapal batas dari wilayah di Indonesia. Apabila keadaan ini tidak segera diatasi, wilayah nusantara ini semakin tak terkontrol, negara tetangga dengan sesuka hati menduduki pulau-pulau strategis tanpa diketahui aparat kita. Pulau-pulau yang mereka duduki lama-lama diklaim sebagai wilayahnya, masyarakat setempat bahkan telah dapat dipengaruhi. Kalau sudah begini ancaman disintegrasi bangsa akan semakin nyata. Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono pernah mengusulkan, pengawasan wilayah perbatasan diserahkan ke Bupati atau Walikota, sedangkan pemerintah pusat tetap membantu, baik personel dan anggarannya. Depdagri, Deplu dan Dephan, ketiga Deartemen inilah yang paling bertanggung jawab. Kita harus sepakat bahwa wilayah perbatasan menjadi tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia, kita harus peduli terhadap ancaman dari luar, kita harus berbuat sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita untuk menjaga tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Untuk itu usulan Menhan agar perbatasan diserahkan ke Pemda (Bupati dan Walikta) perlu didukung, karena keterlibatan semua komponen bangsa sangat dibutuhkan untuk mengontrol seluruh perbatasan yang menjadi batas dan simbol kedaulatan negara. Persoalan yang menghadang pemerintah adalah tingkat kesejahteraan masyarakat di perbatasan dan pengaruh luar yang kuat, dimana masyarakatnya lebih menikmati siaran asing sehingga informasi dari pemerintah sangat minim didapat. Guna meningkatkan kemampuan bela negara masyarakat di perbatasan, salat satunya adalah penguatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Selain itu sejumlah tradisi yang hidup antar warga di kedua negara yang saling membutuhkan tidak boleh dimatikan. Sedangkan untuk mempertahankan dan menjaga keutuhan wilayah perbatasan NKRI secara fisik tentu kita serahkan kepada aparat TNI, karena prajurit TNI dipersenjatai dan memang sudah dilatih untuk menghadapi gangguan keamanan. Mari kita dukung keinginan pemerintah untuk memberdayakan daerah dalam menjaga perbatasan. Jangan dibiarkan asing merampas hak, martabat dan kedaulatan yang kita miliki. Kita harus mampu menunjukkan kepada dunia bahwa TNI memiliki kesiapan untuk menghadapi hal yang terburuk. Ini penting agar negara tetangga kita seperti Australia, Malaysia dan Singapura tidak menganggap remeh kita. Sudah sering harga diri dan martabat kita diinjak-injak oleh negara tetangga.

2009-06-24

Memberdayakan Masyarakat Perbatasan

Agus Puji Prasetyono http://jakarta45.wordpress.com/2009/06/24/memberdayakan-masyarakat-perbatasan/ atas wilayah kedaulatan Indonesia dengan negara tetangga masih menjadi masalah yang memicu konflik hingga kini. Isu perbatasan yang kembali mencuat adalah konfrontasi Malaysia di Ambalat, Kalimantan Timur. Indonesia juga harus menghadapi Malaysia di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Bukan itu saja, paling tidak lima lagi batas wilayah lain yang masih belum disepakati dengan negara tetangga. Di wilayah selatan, Indonesia belum menyepakati garis batas laut dengan Timor Leste dan dengan Australia di sekitar celah batas Timor Leste. Di utara, ada masalah perbatasan dengan Republik Palau di utara laut Halmahera, dengan Filipina di utara Pulau Miangas, dan dengan Vietnam di Kepulauan Natuna. Sedangkan di timur, perbatasan wilayah darat dengan Papua Nugini juga belum mencapai titik temu. Menyatukan kepentingan dua pihak memang bukan hal yang mudah. Berbagai upaya terus ditempuh Indonesia, termasuk mengatasi kendala yang masih mengganjal di dalam negeri. Sejumlah pekerjaan rumah masih menumpuk dan belum terselesaikan, antara lain, dalam pengelolaan kawasan perbatasan dan koordinasi antarinstansi. Sementara itu, banyak kalangan menuding biang keladi permasalahan adalah tumpang-tindih program pemerintah yang project oriented, tidak komprehensif, tidak terintegrasi, tidak berkesinambungan, dan tidak menyentuh kebutuhan masyarakat setempat. Illegal logging dan illegal trafficking yang lalu lalang melalui jalan tikus, juga masih berjalan tanpa hambatan. Kenyataan itu memang tidak dapat dimungkiri telah menunjukkan bahwa pemerintah belum menjadikan wilayah perbatasan sebagai beranda depan. Masyarakat di hampir semua wilayah RI yang berbatasan dengan negara tetangga berada dalam kemiskinan dan keterbelakangan. Pendekatan Untuk mengembangkan wilayah perbatasan, kata kuncinya adalah kesejahteraan, sinergi, dan kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha di perbatasan, perguruan tinggi, serta lembaga penelitian dan pengembangan (litbang). Hal tersebut sesungguhnya telah dilaksanakan Pemerintah RI dengan mengeluarkan UndangUndang tentang Wilayah Negara pada Oktober 2008. Keluarnya UU ini diharapkan tidak hanya akan mengubah orientasi masyarakat di bidang geopolitik dan geostrategi, tapi juga sosial dan ekonomi. Saat ini, hampir semua negara, terutama negara maju, telah mengubah orientasi politik perbatasannya dari hard border policy ke soft border policy, yaitu dari pendekatan keamanan ke pendekatan kesejahteraan. Hal ini didorong oleh pengaruh globalisasi dan perkembangan geopolitik, serta geoekonomi dunia. Sementara itu, sekarang Indonesia masih lebih mengedepankan faktor pertahanan dan keamanan (hankam) untuk meningkatkan ketahanan wilayah perbatasan. Ke depan,

Karena itu. dan mandiri dalam masyarakat. telah dilaksanakan. termasuk di perbatasan. fungsi dan tugas badan pengelola wilayah perbatasan. Penerapan Iptek Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di perbatasan perlu dilakukan dengan memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang selaras dengan kondisi wilayah. P2KT. guna memenuhi kebutuhan ekonomi dan mencapai kesejahteraaan mereka. yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas dan daya saing daerah bekerja sama dengan berbagai pihak. Namun. misalnya melalui program CSR (corporate social responsibility). serta penguatan kurikulum sekolah untuk mengembangkan wilayah perbatasan secara berkelanjutan. kendala koordinasi diharapkan dapat teratasi. Sekarang. khususnya sektor industri. Selain itu. Hal ini dapat ditempuh lewat penelitian dan pengembangan. iptek terbukti menjadi bagian hidup untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing. perdagangan. termasuk daerah perbatasan. dan pari. Bappenas telah menyusun rencana induk untuk pengelolaan kawasan perbatasan. Di lingkungan LPND-Ristek. dan memetakan aplikasi iptek yang sesuai dengan karakteristik daerah. terutama setelah lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan.wisata. Juga program pengembangan BTC (business technology center) dan program insentif yang dilaksanakan di bawah Kementerian Ristek dan Inkubator Teknologi (BPPT). karena antarinstansi masih berjalan sendiri-sendiri. belum tampak keterlibatan sektor swasta dalam mengembangkan wilayah perbatasan. selaras dengan menguatnya budaya iptek di masyarakat. pelatihan. Di sisi lain. Dengan menanamkan budaya iptek sejak dini. telah ada program pemberdayaan masyarakat pe desaan. keterlibatan perguruan tinggi dan lembaga litbang diperlukan sebagai katalisator dan dinamisator dalam penelitian. Dengan disahkannya UU Wilayah Negara. seperti PNPM. Di banyak negara. Dalam hal ini.pemerintah akan lebih mendorong kegiatan masyarakat di wilayah perbatasan dalam berbagai sektor. Undang-undang itu mengatur pembentukan. sehingga dampaknya nyaris tidak terdengar. seperti program Iptekda oleh LIPI dan Batan. pendidikan. akan tumbuh daya pikir dinamis. Badan ini diharapkan mampu menjadi lembaga efektif dalam melaksanakan koordinasi antarpemangku kepentingan dan men. tampaknya semua itu belum cukup. beberapa tahun lalu. perlu reorientasi program untuk memperkuat pengembangan wilayah perbatasan dan sebagai salah satu energi penggerak PDB di perbatasan. Berbagai kelompok kerja (pokja) sudah dibentuk melalui kerja sama antarlembaga. Kepedulian pemerintah dalam pembangunan wilayah perbatasan. juga ditunjukkan dengan membentuk kementerian yang berkewenangan khusus mengelola kawasan perbatasan. pengkajian. dan Program Insentif yang digelar pemerintah. Institusi pendidikan juga diharapkan dapat memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat untuk menumbuhkan dan mengembangkan . kreatif.jadi think thank pembangunan perbatasan. pendampingan. seperti Pokja Komunitas Adat Terpencil (KAT) perbatasan antarnegara dengan leading sector Departemen Sosial. PPK. beberapa program di daerah.

com/news/248210/henry-subiakto-masyarakat-perbatasan-bagianpenting-indonesia Jakarta (ANTARA News) . Beberapa saat setelah peresmian stasiun radio perbatasan di kota perbatasan Sendawar. Bahkan mampu mewujudkan masyarakat perbatasan yang sejahtera. 1 Maret 2011 22:08 WIB | 1017 Views http://www. mereka dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi dan kesejahteraan. "Tidak hanya di`cekoki` informasi oleh media-media negara tetangga. Anggota Komisi I DPR RI. Jika itu terjadi. menyatakan warga negara di juga memperoleh akses informasi tentang negerinya secara memadai. serta kajian pembangunan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk desa di perbatasan. Hendri hadir bersama Direktur Utama (Dirut) Radio Republik Indonesia (RRI). termasuk sumber daya dan lingkungannya.Pengajar Hukum Media Universitas Airlangga Dr Henry Subiakto menyatakan pemerintah harus terus berupaya keras agar masyarakat kawasan perbatasan bisa merasakan menjadi bagian penting bangsa Indonesia. Di Sendawar. Radio perbatasan Sendawar di wilayah pedalaman tapal batas RI-Malaysia itu. Roy Suryo dan Wagub Provinsi Kaltim." kata Staf Ahli Menkominfo. Adanya rentang persoalan dan tantangan wilayah perbatasan yang sangat luas maka persoalan wilayah perbatasan menjadi “pekerjaan rumah” para stakeholders cukup berat. menyaksikan peresmian Studi RRI yang ke-15 yang ada di kawasan perbatasan pedalaman RI. Niken Widiastuti. maka tidak tertutup kemungkinan dengan mudah kita dapat mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. Henry melalui hubungan telepon seluler dengan ANTARA. program difusi teknologi atau teknologi tepat guna berbasis pengetahuan lokal. Beberapa program dukungan iptek yang dilaksanakan LPND-Ristek berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah perbatasan. Penulis adalah pengamat masalah perbatasan.antaranews. bekerja di Kementerian Negara Riset dan Teknologi Henry Subiakto: Masyarakat Perbatasan Bagian Penting Indonesia Selasa.motivasi berpikir dan berperilaku produktif dalam mengolah sumber daya lokal yang berwawasan lingkungan. . Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). terlebih jika dikaitkan dengan upaya mewujudkan wilayah perbatasan menjadi halaman depan. di antaranya: pemanfaatan TV perbatasan. Dengan begitu. menurutnya. Kutai Barat. Senin malam. penggunaan listrik tenaga surya. yang juga Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA.

" ungkapnya. "Mereka juga bisa ikut berinteraksi dengan siaran RRI. Malah kalau perlu. menurutnya. diharapkan masyarakat pinggiran bisa menerima informasi di samping juga bisa merasakan menjadi bagian vital dari bangsa Indonesia. mengakses internet. bertujuan untuk memperkuat kebijakan negara dalam membangun konsep sabuk pengaman informasi Indonesia ("Indonesian information safetybelt policy"). Televisi Republik Indonesia (TVRI) juga membangun transmisi di Nunukan. untuk membuka isolasi informasi di garda terdepan NKRI. maka RRI tampil di garis depan. "Melalui keberadaan RRI yang menjangkau perbatasasn. termasuk di Sendawar. kita siarkan dinamika Indonesia ke negeri tetangga. Saat ini ada 15 stasiun radio di wilayah perbatasan. katanya." ujarnya. Roy Suryo menjelaskan tentang sistem pertahanan negara. termasuk kita ekspor sitem demokrasi ke sana. jelas mengeratkan kebangsaan warga di perbatasan. Niken Widiastuti juga memaparkan. "Batas wilayah darat dan laut kan yang menjaganya adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI). juga menggunakan telepon seluler. Sebatik. Sementara dalam `perang` informasi dengan negara tetangga di wilayah perbatasan. yang kesemuanya ditujukan untuk menyatukan Indonesia melalui pendekatan ICT. Pembangunan stasiun radio di pedalaman perbatasan. Malinau dan Gunung Lampu. Kabupaten Kutai Barat. . "Juga melengkapi insfrastruktur jaringan TVRI di wilayah ini. dengan dibangunnya infrastruktur komunikasi ini." tandasnya lagi.melengkapi 62 stasiun radio siaran di berbagai kota dan satu siaran luar negeri (dengan sembilan bahasa) oleh RRI. Selama ini." katanya." katanya. Mengeratkan Kebangsaan Menurut Henry Subiyakto. melengkapi keberadaan 112 `desa berdering` di kawasan tapal batas Indonesia-Malaysia di Kaltim. masyarakat pinggiran lebih akrab dengan layanan informasi dari radio dan televisi Malaysia. keberadaan stasiun RRI di daerah pinggiran merupakan upaya untuk membuka isolasi informasi di garda terdepan NKRI. banyak manfaatnya bagi penyatuan NKRI serta menghadapi arus atau perang informasi. ia mengungkapkan. keberadaan RRI di perbatasan. Dalam kesempatan itu anggota Komisi I DPR RI. Mengutip penyampaian Dirut RRI. Ia kembali menyatakan. "Jadi total menjadi 78 stasiun siaran.

saat ini masih terdapat sekitar 76. pemerintah telah memberikan perhatian yang serius dan memadai dalam upaya meningkatkan UHH itu.4 juta penduduk miskin di Indonesia. dr Indriono Tantoro saat berbicara tentang ''Strategi Pembangunan Kesehatan dalam Mendorong Percepatan Peningkatan IPM Nasional'' pada Dialog Nasional Pemuda Indonesia. TVRI serta Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA. Berdasarkan laporan UNDP terbaru. selain pertahanan fisik. IKM juga dipengaruhi oleh status kesehatan masyarakat yaitu dari indikator proporsi penduduk yang tidak mempunyai akses terhadap sarana air bersih. proporsi anak dengan berat badan rendah dibanding umur dan proporsi penduduk yang kemungkinan meninggal . termasuk di dalamnya Kementerian Komunikasi Informasi (Kominfo).M036/T010) Editor: Ruslan Burhani COPYRIGHT © 2011 *** http://m.com/read/detail/311/indeks-pembangunan-manusia-bangsa-indonesia-masihjauh-tertinggal/ 25/03/2011 16:24 NASIONAL Indeks Pembangunan Manusia Bangsa Indonesia Masih Jauh Tertinggal INN Channels. Mataram.2 tahun menjadi 70. Di sektor kesehatan. pendidikan. variabel yang digunakan dalam menghitung IPM adalah Umur Harapan Hidup (UHH).(*) (T. Pemerintah Daerah. indikator itu merupakan gabungan dari tiga variabel.inilah. IPM bangsa Indonesia berada di peringkat ke-108 dari 177 negara. dan kesehatan. Dalam RPJMN tercantum pula sasaran pembangunan kesehatan sampai tahun 2009 yaitu meningkatnya UHH dari 66."Bahwa. Mataram Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bangsa Indonesia hingga kini masih belum mengembirakan. Henry Subiyakto menyimpulkan. upaya memberdayakan warga pinggiran di perbatasan pedalaman RI merupakan hal vital agar mereka mampu tampil secara mantap membela kedaulatan ibu pertiwi serta berwibawa menampakkan citra NKRI di garis terdepan Nusantara. RRI." katanya. Kualitas pertumbuhan pembangunan suatu bangsa dapat diukur dengan IPM. di Senggigi. yakni tingkat ekonomi. Hal itu jelas tercantum dalam Perpres No: 7 Tahun 2005 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Kondisi yang memprihatinkan ini diungkapkan Staf Ahli Menteri Kesehatan.6 tahun. ''Hal lain yang harus kita perhatikan secara serius adalah kemiskinan di Indonesia.'' katanya. Ini harus ada sinergi antara Pemerintah Pusat. maka pertahanan secara informasi memang sangat penting.

musuhnya dalam Perang Dunia II.sebelum umur 40 tahun. IPM Indonesia masih rendah dan IKM Indonesia juga masih tinggi yang keduanya dipengaruhi oleh sektor kesehatan. adalah salah satu upaya Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk mendukung sektor perekonomian.” tutur Eris di Bandara Babullah. aset-aset apa dari Kemenhan yang kira-kira bisa digunakan untuk mendukung ekonomi masyarakat.4 tahun pada tahun 2006. sejak 1942. bisa melakukan ekspor hingga ke Hongkong. bila dibanding dengan negara tetangga.'' katanya. Senin (2/8) lalu. kerapu dan juga rumput laut dalam jumlah besar. Tahun 2004 Angka Kematian Bayi (AKB) 35 per 1. kita berdayagunakan. pelaksana tugas Bupati Morotai. Menurut UNDP nilai IKM Indonesia dewasa ini adalah 17. Penerbangan yang menyertakan Sekretaris Jendral Menteri Pertahanan Eris Herryanto itu akan menguji coba kelayakan landasan sepanjang 2. Bahkan PT Morotai Maritim Culture (MMC).000 kelahiran hidup pada tahun 2005.8 per 1.9 yang menduduki peringkat ke33 dari 99 negara yang dinilai. Artinya. sebagaimana dikatakan Eris.2 tahun pada tahun 2004 menjadi 69. defence supporting economy. Menurut penuturan Sukemi Sahab. ''Dengan demikian masalah pembangunan di Indonesia masih sangat berat dan kompleks. Sasaran itu juga menjadi tujuan Eris dan Kemenhan bagi masyarakat di Morotai.(antara/rosmita) Kemenhan Berdayakan Ekonomi Masyarakat Perbatasan Posted by antasari on August 5. Sejalan penurunan AKB.000 kelahiran hidup pada 2004 menjadi 262 per 100. Landasan tersebut sudah ada di Kabupaten Morotai. angka UHH terus meningkat dari 66. . kehidupan masyarkatnya yang berjumlah 64 ribu orang sangat bergantung pada hasil laut dan industri pariwisata. ''Namun. satu-satunya perusahaan perikanan di Morotai. 2010 0 Comment Visited 134 times. Angka kematian Ibu (AKI) juga mengalami penurunan dari 307 per 100. area perbatasan Indonesia-Filipina. Pemanfaatan kembali lapangan terbang itu.000 kelahiran hidup telah dapat diturunkan menjadi 30.000 kelahiran hidup pada tahun 2006. Laut Morotai mampu menghasilkan ikan tuna. 1 so far today http://antasari. Ternate.'' katanya. Morotai — Lampu Precision Approach Path Indicator (PAPI) di landasan pacu lapangan terbang Pitu. maka Indonesia sangat tertinggal. Amerika Serikat membuat tujuh landasan pacu di area tersebut untuk mempersiapkan penyerangan atas Jepang. (Foto: halmaherautara. Morotai tampak menyorot ke arah Hercules C-130 yang melayang di atasnya pada Senin (2/8) sore lalu.com) 05 Agustus 2010.net/kemenhan-berdayakan-ekonomi-masyarakat-perbatasan/ Lapang terbang Pitu di Kabupaten Morotai.4 km itu untuk pendaratan malam hari. “Jadi istilahnya.

dari tujuh landasan pacu yang terdapat di Lapangan Terbang Pitu. MI. Tahun ini MMC sudah ekspor dua kali. termasuk Sukemi pun berharap.” ucap Sadewo yang juga ikut dalam uji coba terbang malam ke Morotai.” ungkap Ismail. bulan Januari dan Maret. pulau Natuna. Banyak di antara mereka yang berharap agar pihak Kemhan memberikan dukungan berupa fasilitas seperti perahu boat dan anggaran lainnya sebagai kelanjutan dari kunjungan tersebut. dengan anggaran dari pusat. diplomatis. “Memang masih banyak yang harus ditambah di (bandara) sini. radar cuaca. seperti Dinas Kelautan dan Perikanan. Kelautan dan Pertanian Kabupaten Morotai. “Belum dibicarakan pesawatnya apa saja. dalam beberapa pekan ke depan Kemhan berencana untuk menyambangi wilayah perbatasan lainnya. Lapangan Udara Pitu dikategorikan dalam kategori D. pangkalan yang merawat landasan.” kata Sukemi.com Malik Haramain : Masyarakat Perbatasan Harus Diberdayakan . mungkin perusahaan bisa sewa pesawat cargo untuk ekspor.” imbuh Sadewo. Selain Morotai. Tapi nanti kita akan mendiskusikannya lagi dengan Dinas Perhubungan. Seperti avication aid . Eris sempat meluangkan waktu untuk melakukan dialog dengan masyarakat Morotai. Eris tak menampik. Eris tak banyak berkomentar. dan lain sebagainya.“Setiap kali ekspor jumlahnya mencapai 12 ton. Saat menghadiri jamuan makan malam di kediaman Sukemi Suhab. Tapi yang barusan bapak-ibu sampaikan. Kalau bisa pakai (lapangan) ini.” kata Eris.” tutur Eris. hanya empat saja yang layak untuk digunakan. “Selama ini. Mengenai pesawat apa saja yang nantinya akan memanfaatkan Lapangan Terbang Pitu. “Karena saat ini kalau mau ekspor ikan perlu 8 hari untuk sampai ke Cina. radio komunikasi. “Saya tidak bisa menjanjikan apa-apa. dan sebagainya. akan saya teruskan kepada pihak-pihak yang terkait. Hal ini dipengaruhi oleh pangkat Danlanud dan juga berbagai fasilitas yang terdapat di landasan tersebut. wilayah perbatasan menjadi salah satu fokus utama Menteri Pertahanan. kepala dinas Perikanan. Berdasar keterangan Komandan Pangkalan Udara Pitu (Danlanud). pemanfaatan kembali Lapangan Terbang Pitu bisa menyokong ekspor hasil laut yang juga akan berimbas pada pemasukan daerah. salah satunya. Purnomo Yusgiantoro dalam masa kepemimpinannya saat ini. Mayor Sadewo. Masyarakat Morotai.

id di Jakarta.id---Wilayah perbatasan merupakan manifestasi utama kedaulatan wilayah suatu negara. Makna penting yang diharapkan dalam kegiatan kunjungan lapangan tersebut. bagaimana pembangunan infrastrukturnya.id/menu/hn/2674-malik-haramain--masyarakat-perbatasan-harusdiberdayakan Jakarta. bagaimana kemampuan TNI yang menjaga wilayah perbatasan baik dari kualitas dan kuantitasnya dan juga masalah penataan ataupun penambahan pos-pos perbatasan. Hasilnya nanti akan kita bahas kembali dengan pemerintah”pungkasnya. disamping unsur-unsur lainnya tentunya”kata Malik saat berbincang dengan fpkb-dpr.or. menjaga keamanan dan keutuhan wilayah. kunjungan tersebut akan berlangsung sampai tanggal 5 Maret mendatang”jelas Malik. keberangkatan dirinya ke Papua dalam rangka melakukan kunjungan lapangan ke daerah perbatasan antara RI dengan Papua Nugini.fpkb-dpr. ”Rencanya.Oleh rouf Jumat. Kepulauan Raja Ampat . menurut politisi yang pernah menjadi Ketua Umum PB PMII ini adalah bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat disekitar wilayah perbatasan. yakni mensejahterakan masyarakat sekitar wilayah perbatasan”paparnya. dirinya sangat berharap agar kementerian ini benar-benar sungguh-sungguh memperhatikan masyarakat perbatasan. “Sudah saatnya paradigma pembangunan wilayah perbatasan dirubah dari hanya semata-mata security approach menjadi prosperity approach. “Salah unsur terpenting dari wilayah perbatasan adalah masyarakat perbatasan itu sendiri. ”DPR ingin memastikan dan sekaligus ingin mengecek secara langsung wilayah perbatasan. tadi malam (03/2/2011) sebelum bertolak ke Papua. masyarakat perbatasan harus diberdayakan. Oleh karena itu. 04 Maret 2011 15:53 http://www. Anggota Komisi II DPR RI Malik Haramain mengatakan. Malik menjelaskan. Selaku Anggota Komisi II DPR RI yang salah satu mitra kerjanya adalah Kementerian Dalam Negeri RI yang menangani masalah perbatasan. terutama secara ekonomi karena pembangunan wilayah perbatasan pada hakekatnya merupakan bagian integral dari pembangunan nasional.fpkb-dpr. pemanfaatan sumber daya alam. sehingga wilayah perbatasan mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. peran penting tersebut adalah sebagai penentuan batas wilayah kedaulatan.or. lanjutnya.or.

merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. terutama wisata penyelaman. Dalam perjalanan sejarah. tiga butir telur lainnya menjadi hantu. Masyarakat Masyarakat Kepulauan Raja Ampat umumnya nelayan tradisional yang berdiam di kampungkampung kecil yang letaknya berjauhan dan berbeda pulau. Kekayaan sumber daya alam Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata. dalam sebuah situs ia mengungkapkan. mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Misool Timur dan Misool Barat.org/wiki/Kepulauan_Raja_Ampat Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber. Bahkan. Semenjak berdirinya dua kesultanan muslim di Maluku. Dr John Veron. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo. Salawati. dan sebuah batu.wikipedia. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Kepulauan Raja Ampat yang terletak di ujung paling barat Pulau Papua. masyarakat merupakan anggota suatu komunitas desa. Hal ini menjadikan masyarakat Raja Ampat tetap rukun walaupun berbeda keyakinan. wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat nelayan dan menerapkan sistem adat Maluku.http://id. Mereka adalah masyarakat yang ramah menerima tamu dari luar. Provinsi Papua Barat. seorang wanita. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Dalam sistem ini. dan Pulau Batanta. Secara administrasi. Sementara itu. yaitu Pulau Waigeo. Barang ini menjadi semacam 'pipa perdamaian indian' di Raja Ampat. Pulau Misool. ahli karang berpengalaman dari Australia. misalnya. Pulau Salawati. Acara mengobrol dengan makan pinang disebut juga "Para-para Pinang" seringkali bergiliran satu sama lain saling melempar mob. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya. . Setelah Kesultanan Tidore takluk dari Belanda. Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim HindiaBelanda. istilah setempat untuk cerita-cerita lucu. Raja Ampat menjadi bagian klaim dari Kesultanan Tidore. apalagi kalau kita membawa oleh-oleh buat mereka berupa pinang ataupun permen. Mereka adalah pemeluk Islam dan Kristen dan seringkali di dalam satu keluarga atau marga terdapat anggota yang memeluk salah satu dari dua agama tersebut. gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat. Asal-usul dan sejarah Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur.

Kadang kumpulan ikan tuna. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini. Karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit. giant trevallies dan snappers. ketika pasang surut terendah. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek. lebih dari 1. karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Sekitar 450 jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu. Hal ini memungkinkan juga untuk melakukan drift dive. dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. mereka mencatat di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia). Waigeo dan P. . Kalimantan Timur.000 jenis ikan karang. dan ikan pari Manta. Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%. maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung. wobbegong. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melakukan penilaian cepat pada 2001 dan 2002. Sisa pesawat karam peninggalan Perang Dunia II bisa dijumpai di beberapa tempat penyelaman. Hiu karang juga sering terlihat. bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri. Tim ahli dari Conservation International. walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian).000 tahun dan menjadi bagian dari rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia dari kawasan barat Nusantara menuju Papua dan Melanesia. usia cap-cap tangan ini sekitar 50. seperti di Pulau Wai. Uniknya. menyelam sambil mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier. yaitu sejenis ikan gobbie. Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Manta Ray yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan. Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. The Nature Conservancy. Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda. Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Hasilnya. Batanta). yaitu di selat Dampier (selat antara P. cap-cap tangan ini berada sangat dekat dengan permukaan laut dan tidak berada di dalam gua. 700 jenis moluska. Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Juga ada ikan endemik raja ampat. [sunting] Peninggalan prasejarah dan sejarah Di kawasan gugusan Misool ditemukan peninggalan prasejarah berupa cap tangan yang diterakan pada dinding batu karang. Di beberapa tempat seperti di Salawati. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef. Kepulauan Kofiau. mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Menurut perkiraan. yaitu Eviota raja.sekitar 50 mil sebelah barat laut Sorong. dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans.

Menurut SK Menhut No. Ada dua lembaga internasional yang konsen terhadap kelestarian sumber daya alam Raja Ampat. laut Pulau Kofiau. [sunting] Usaha-usaha konservasi Untuk menjaga kelestarian bawah laut Kepulauan Raja Ampat. yang meliputi pulau-pulau kecil seperti Gam. maleo waigeo. Kerusakan terumbu karang umumnya adalah karena aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan seperti bom. serta beragam jenis anggrek. Kota dan Pulau di Indonesia yang Dilewati Garis Khatulistiwa Posted on 24 November 2010 by alamendah . cendrawasih Wilson. beraneka burung kakatua dan nuri. sebenarnya lokasi ini menarik juga bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah. ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resor Papua Diving. Sekalipun kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam. sianida dan akar bore (cairan dari olahan akar sejenis pohon untuk meracun ikan).000 hektar. Selain itu. Mansuar. kelompok Yeben dan kelompok Batang Pele. laut Pulau Asia. beberapa kawasan laut lainnya telah diusulkan untuk menjadi kawasan konservasi. Artikel bertopik pulau di Indonesia ini adalah sebuah rintisan. gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik seperti cendrawasih merah. Hal itu bisa dilihat dari kerusakan terumbu karang dan hutan. yaitu CI (Conservation International) dan TNC (The Nature Conservancy). luas wilayah ini mencapai 60.untuk menjelajahi Raja Ampat pilihannya ada dua. laut Pulau Sayang dan laut Pulau Ayau.[sunting] Akses Mengunjungi kepulauan ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu dan biaya cukup besar. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya. [sunting] Ancaman terhadap kepulauan ini Kekayaan keanekaragaman hayati di Raja Ampat telah membuat dirinya memiliki tingkat ancaman yang tinggi pula. usaha-usaha konservasi sangat diperlukan di daerah ini. 81/KptsII/1993. Masing-masing adalah Suaka Margasatwa Laut Pulau Misool Selatan. Kita dapat menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta ke Sorong via Menado selama 6 jam penerbangan. Pemerintah sendiri telah menetapkan laut sekitar Waigeo Selatan. Dari Sorong –kota yang cukup besar dan fasilitas lumayan lengkap. kuskus waigeo. telah disahkan sebagai Suaka Margasatwa Laut.

yaitu: • Kepulauan Batu Kepulauan Batu merupakan kepulauan dengan sekitar 48 pulau kecil yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera. Kalimantan.com/2010/11/24/kota-dan-pulau-di-indonesia-yang-dilewatigaris-khatulistiwa/ Kota dan pulau di Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa ternyata tidak sedikit. dibangun tugu khatulistiwa sejak tahun 1928. Seperti halnya garis khatulistiwa melewati kota Pontianak. Kepulauan ini termasuk dalam wilayah kabupaten Nias Selatan. Namun ternyata masih terdapat beberapa tempat lain yang dilalui garis maya itu. Garis khatulistiwa melewati beberapa pulau di Indonesia. tugu dan monumen tersebut melenceng sejauh 100 meter dari titik 0 derajat. dan kepulauan Riau. • Pulau Sumatera Di Sumatera garis khatulistiwa membentang mulai perairan Sumatera Utara. Garis katulistiwa melewati sebelah utara pulau Tanahmasa dan terbesar di kepulauan Batu. Sebagai penanda dilalui garis equator. Equator (garis lintang 0 derajat) itu tepat berada di beberapa pulau dan kota di Indonesia. meskipun menurut pengukuran BPPT. dibangun Taman Wisata Equator. Riau. • Kota Pontianak. Bahkan menjadi negara dengan titik (lokasi) yang paling banyak dilewati oleh garis khatulistiwa. dan Halmahera sebagai pulau yang tepat berada di zero latitude (khatulistiwa) mungkin sudah banyak yang tahu. di antara pulau Nias dan Siberut. Sumatera. Sumatera Barat. Bonjol menjadi salah satu kota yang dilewati garis khatulistiwa.http://alamendah. Sumatera Barat. Kota di Indonesia yang dilalui garis katulistiwa. dan gerbang dengan tulisan “Anda melintasi khatulistiwa”. lapangan beraspal bertuliskan ‘I crossed the equator‘. Sebagai penanda bahwa kota ini berada di lintang nol derajat. • Pulau Lingga . Sumatera Utara. bangunan berbentuk bulat berwarna biru. Tugu Khatulistiwa di Pontianak Kota Pontianak merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat.wordpress. rumah khas minangkabau. antara lain: • Kota Bonjol Gerbang penandan garis khatulistiwa di kota Bonjol Bonjol adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di kabupaten Pasaman.

dan Kalimantan Timur. Maluku Utara. teluk Tambu dan teluk Tomini (Sulawesi). Lebih bangga lagi.Pulau Lingga merupakan pulau terbesar pada gugusan kepulauan Lingga. • Kepulauan Kayoa Kepulauan Kayoa merupakan kepulauan yang terletak di barat pulau Halmahera. Maluku.multiply. Maluku Utara. Kalimantan Tengah. di Indonesia garis khatulistiwa juga melewati daerah perairan yang meliputi selat Karimata. • Pulau Gebe Pulau Gebe terletak di timur pulau Halmahera dan termasuk dalam wilayah kabupaten Halmahera Tengah. dan laut Halmahera. di sudut negeri ini. merupakan pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat yang terletak di sebelah utara provinsi Papua Barat. laut Maluku. utara dan selatan. • Pulau Kalimantan Di Kalimantan equator melintasi provinsi kalimantan Barat. mengetahui di mana saja. • Pulau Halmahera Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar di kepulauan Maluku dan termasuk dalam wilayah provinsi Maluku Utara. Selain melewati kota dan pulau. • • Referensi: en.org/wiki/Equator Gambar: wikipedia dan robbymilo.wikipedia. • Pulau Sulawesi Di pulau Sulawesi melintasi provinsi Sulawesi Tengah. selat Makasar. Equator melewati ujung utara pulau kecil ini. Garis katulistiwa melewati kepulauan ini.com . Bangga rasanya negeri ini mendapat anugerah dilalui oleh garis khatulistiwa. Pulau Gebe dilalui oleh equator (garis khatulistiwa). • Pulau Waigeo Pulau Waigeo atau dikenal juga sebagai pulau Amberi atau Waigiu. sang zero latitude membelah bumi menjadi dua bagian. Kepulauan ini termasuk dalam wilayah kabupaten Halmahera Selatan. Pulau seluas 889 km2 ini terdapat di timur pulau Sumatera dan termasuk dalam wilayah provinsi Kepulauan Riau.

Johannes P.com/a/indonesia-itu-kaya-bung33_post1052. kayu bugis (Koordesio dendropinnatum) dan kayu nyatoh (Palaquium spp).berhasil menambah 12 jenis kelelawar catatan baru. tujuh diantaranya pemakan buah dan sisanya pemakan serangga.”Jenis ini kemungkinan jenis-jenis baru.html Hasil Penelitian Bersama Conservation International Indonesia. ahli tumbuhan dari LIPI. terdapat beberapa jenis pohon yang bernilai ekonomis seperti kayu merbau (Intsia bijuga). 20 jenis kelelawar. Universitas Papua (Unipa).” ungkap Dr. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Salah satunya. . BKSDA Papua II . Universitas Cendrawasih (Uncen). namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut”. Para peneliti berhasil menemukan sedikitnya 57 jenis amfibi dan reptil. dan Ismail A Rahman.Berita Pers http://basabasicom. Bukan hanya di daratan besar pulau paling timur Indonesia ini namun juga di beberapa kepulauan yang mengitarinya. Yohanita peneliti senior dari Unipa. Salawati dan Waigeo (tiga dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat) yang dilakukan oleh Conservation International (CI) Indonesia bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Museum Australia dan Pemerintah Daerah Raja Ampat. mereka juga berhasil menemukan kodok jenis baru dalam survei yang berlangsung dari 4 – 30 Juni 2005 tersebut “Kekayaan jenis pohon di Pulau Batanta dan Salawati ternyata relatif sama. Mogea. Kepulauan Raja Ampat yang terletak di bagian barat daerah kepala burung pulau ini. Universitas Papua (Unipa).forumer. BKSDA Papua II dan Pemerintah Daerah Raja Ampat Mengungkap “Kekayaan” Hutan Papua di Kepulauan Raja Ampat Jakarta. Universitas Cendrawasih (Uncen). tiga mahasiswa Unipa dan empat mahasiswa Uncen. tiga peneliti senior di bidang tumbuhan.4. Bahkan. kayu besi (Intsia palembanica). Sebab ketiganya hingga kini belum ada contoh spesimennya di Herbarium Bogoriense. Bogor. 7 Juli 2005 – Kekayaan hutan belantara Papua masih menyimpan misteri bagi para peneliti dunia. Kenyataan ini terungkap melalui survei multitaksa di Pulau Batanta. tim kelelawar yang diketuai oleh Aksamina M. Tim survei yang terdiri atas tiga peneliti senior di bidang amfibi dan reptil. Dari 500 jenis yang ditemukan. 60 jenis anggrek dan lebih dari 500 jenis pohon di Pulau Batanta (sebagai fokus utama). “Sampai tahun 1989 jumlah jenis kelelawar di Pulau Batanta . Temuan lain yang harus diteliti lebih lanjut adalah tiga jenis Aristolochia (sejenis sirih-sirihan). ahli pengenal pohon dari Herbarium Bogoriense. dua peneliti senior di bidang kelelawar. Salawati dan Waigeo. Sementara itu. Menurut Johanes.

tim herpetofauna yang diketuai Keliopas Krey dari Unipa dan Burhan Tjaturadi dari CI Indonesia serta dibantu Dr.”ujar Dr. Marcus Wanma. Di sisi lain. ada kemungkinan data keanekaragaman hayati ini akan habis akibat kegiatan pengrusakan hutan secara besarbesaran seperti adanya kebakaran hutan dan penebangan liar. LIPI. Kepala Pusat Penelitian Biologi. Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Sorong. “Jenis-jenis kelelawar pemakan buah memang sangat penting bagi pulau ini yang sedang bersuksesi” lanjut M. Kelelewar berhidung tabung (Nyctimene aello) yang merupakan jenis terbesar di genusnya juga berhasil dicatat oleh tim ini. kalong (Pteropus hypomelanus) yang bersarang di Pulau Way berjarak sekitar 30 km arah utara Pulau Batanta didapati sedang memakan buah beringin (Ficus sp). “Kami mendukung upaya-upaya penelitian keanekaragaman hayati.Dedi Darnaedi. mereka menyadari bahwa data-data ilmiah itu sangat dibutuhkan guna mengetahui aset yang menghuni hutan dan laut di Raja Ampat. sedangkan jenis serupa yang ditemukan di Pulau Waigeo dan Batanta berwarna putih polos. Contohnya.masih sangat sedikit. Hal yang menarik. kelelawar bertelingan trompet (Kerioula sp) dan satu ekor kelelawar yang tidak dapat diidentifikasi sampai tahap genus sekalipun”. Lanjutnya.. . padahal data tersebut sangat penting untuk perencanaan pengelolaan di masa mendatang” ucap Yunus Rumbarar. . Farid peneliti dari CI Indonesia yang ikut serta dalam penelitian tersebut. Msi. Selain itu. Sebagai kabupaten baru. jika tidak dimulai sejak dini. pejabat Bupati Raja Ampat. Di daratan besar Papua. ditemukan beberapa perbedaan bentuk luar dari reptil yang ada di daratan besar Papua dengan Pulau Waigeo dan Batanta. ular ini berwarna keabuabuan pada bagian badannya. “Survei kelelawar kali ini berbeda karena kami berhasil menangkap 7 jenis kelelawar pemakan serangga termasuk kelelawar diadem (Hipposideros diadema) sebanyak 4 ekor. Farid. “Kegiatan penelitian seperti ini sangat diperlukan. Kami memiliki enam kawasan konservasi yang minim data kekayaan hayatinya. Menurut M. Dua kodok kecil (kurang dari 3 cm) hanya bisa dibedakan dari suaranya yang halus di malam hari. Menurut Drs. Satu diantaranya adalah kodok hijau yang ditemukan hanya di pohon tinggi. ular putih (Micropechis ikaheka) yang terkenal memiliki bisa mematikan. pihaknya selalu memberikan izin kepada para peneliti di kawasan Raja Ampat untuk memperoleh data-data tentang keanekaragaman hayati. Steve Richards dari Museum Australia menemukan delapan kodok jenis baru. Tim ini juga berhasil menjumpai biawak berekor biru dan beberapa kadal yang belum dikenal sehingga masih memerlukan proses identifikasi lebih lanjut.hanya delapan jenis saja” sebut Aksamina. kelelawar rhino (Rhinolophus philippinensis) sebanyak 2 ekor. terlebih lagi di Provinsi Papua yang datanya.

Beberapa kegiatan lain yang harus didukung penuh oleh masyarakat adalah dengan memperkuat kapasitas penegak hukum dan sistem pemantauan. Sudah saatnya kita menjaga apa yang telah diberikan Tuhan bagi bangsa ini. Sebagai peneliti senior Jatna amat menyambut gembira hasil survei yang melibatkan para pakar di bidangnya tersebut. selain upayaupaya penyadaran masyarakat yang harus terus menerus dilakukan.forumer. perburuan.11-19-2005 laporan Tim eksekutif CI http://basabasicom.11-19-2005 Spesies Langka Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari kepunahan keanekaragaman hayati di Indonesia. 1999) menunjukkan lamanya . jangan biarkan mereka punah sia-sia!!! tamanhati. Seperti halnya orangutan. CI Indonesia bersama-sama dengan Yayasan Penyelamatan dan Rehabilitasi Owa Jawa. pulau tropis tertinggi dan terluas di dunia. yaitu dua spesies kunci yang keberadaannya mempengaruhi kehidupan spesies-spesies lainnya. Orangutan menjadi perhatian utama karena merupakan spesies kunci yang populasinya sudah sangat mengkhawatirkan akibat habitat mereka yang berkurang secara cepat dan dalam jumlah besar. dan sejumlah pulau-pulau kecil di sekitarnya.“Kami berharap hasil penemuan ini dapat dijadikan acuan bagi perencanaan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Raja Ampat. dan perdagangan orangutan. meningkatkan kesadaran masyarakat. Terdiri dari sebelah barat New Guinea. propinsi ini diduga memiliki sekitar lima puluh persen total keanekaragaman hayati Indonesia. Perum Perhutani dan Taman Nasional Gunung GedePangrango bersama-sama berupaya untuk melestarikan owa jawa dengan memantau owa jawa di habitat aslinya secara berkala dan membantu usaha rehabilitasi owa jawa. Universitas Indonesia.D. seharusnya pemerintah ambil bagian dalam mengetatkan perlindungan habitat orangutan serta mencegah terjadinya pengambilan. Walaupun data biologi untuk Papua belum banyak diketahui. salah satu cara yang mungkin dialkukan adalah dengan memperketat sistem penegakan hukum merupakan hal utama yang harus segera digarap untuk menghindari kepunahan keanekaragaman hayati maupun habitatnya.” tukas Jatna Suprijatna Ph. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan.com/a/indonesia-itu-kaya-bung33_post1052.html Papua (sebelumnya dikenal dengan Irian Jaya) adalah propinsi Indonesia paling timur dan paling kurang berkembang. Dikarenakan banyak sekali spesies yang sudah diambang kepunahan seperti orangutan dan owa jawa. Tingginya tingkat keanekaragaman dan endemisitas flora dan fauna yang luar biasa (Conservation International. Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa barat. Pusat Studi Biodiversitas dan Konservasi. Regional Vice President Conservation International (CI) Indonesia.4. populasi owa jawa (Hylobates moloch) berkurang drastis dan kualitas habitatnyapun semakin menurun. Ancaman utama pada owa jawa adalah perburuan untuk dijadikan hewan peliharaan. dan pencarian alternatif ekonomi bagi masyarakat yang berada di sekitar habitat orangutan. Fakultas MIPA. tamanhati.

Provinsi Papua Barat mulai "mengepakkan sayap" dalam upaya mengejar ketertinggalan dari kawasan bahari lainnya. dan berperan dalam tata air.08:26 by itaibnu http://www.New Guinea terisolasi dari daratan utama lainnya dan menunjukkan adanya berbagai tipe ekosistem mulai dari pesisir dan hutan tropis hingga habitat alpin di pegunungan tertinggi di kawasan Asia Pasifik. 2000). Dengan paling sedikit 75% tutupan hutannya masih alami. serta masyarakat lokal dan LSM berupaya untuk mewujudkan tujuan tersebut.Kabupaten Raja Ampat.info/komunitas/articles/kabupaten-raja-ampat-kepakkan-sayap-kejarketertinggalan Senin. distribusi. CI dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan Rapid Assessment Program (RAP) yang pertama di Papua (Mack dan Alonso. dengan modal utama kekayaan alam yang sangat potensial sebagai destinasi utama wisatawan dunia. Papua memberikan sumbangan besar pada status Indonesia sebagai salah satu Negara terkaya di dunia dari aspek biologi. maka TWA merupakan gudang keragaman hayati yang penting. Hutan-hutan di Papua hingga kini belum mengalami kehancuran sebagaimana aktivitas pembalakan kayu di wilayah barat Indonesia. penambangan minyak dan gas. Meningkatnya tekanan pembangunan mengakibatkan orang yang bertanggung jawab mengelola dan mengkonservasi sumber daya alam Papua sangat memerlukan informasi biologi. perkebunan. Kabupaten Raja Ampat "Kepakkan Sayap" Kejar Ketertinggalan Posted Tue. Karena tingginya nilai keragaman hayati dan rendahnya kepadatan populasi manusia maka Conservation International (CI) pada 1997 menyatakan New Guinea sebagai "Major Tropical Wilderness Area" (TWA) atau Kawasan Rimba Tropis Utama. serta proyek infrastruktur yang berkaitan dengan perumahan dan jalan merupakan ancaman bagi kerusakan sebagian besar warisan biologi Papua yang unik. . antara 1993 dan 1997 tutupan hutan di Papua menurun dari sembilan puluh persen menjadi delapan puluh persen (Conservation International. Pada bulan Maret 1998.batukar. maka Lokakarya Penentuan Prioritas Konservasi Irian Jaya pada tahun 1997 menyimpulkan bahwa pengembangan kapasitas ilmuwan lokal dan pengumpulan informasi biologi adalah sangat diperlukan untuk memastikan agar-dabat bagi rekomendasi konservasi Jaya merumuskan propinsi ini. TWA juga merupakan tempat bagi masyarakat asli memiliki kesempatan untuk memelihara pola hidup mereka. universitas lokal dan institusi lainnya. CI bekerjasama dengan pemerintah propinsi.Papua) . Survei di Sungai Wapoga berhasil menemukan banyak tumbuhan dan satwa yang belum pernah diketahui oleh ilmu pengetahuan. membuktikan bahwa untuk membuat kebijakan pembangunan dan konservasi yang memadai di Papua akan membutuhkan lebih banyak lagi data dasar biologi daripada yang telah tersedia sekarang ini. pertanian. Namun demikian. pertambangan. dan kelimpahan flora dan fauna. 11/05/2010 . transmigrasi. 1999) dan tingkat konversi hutan di Papua meningkat ketika krisis ekonomi menimpa Indonesia. 10 Mei 2010 (Berita Daerah . Berkurangnya hutan akibat penebangan. Menyadari bahwa konservasi di Papua terhambat oleh kurangnya informasi dasar tentang keragaman.

mulai 3 hingga 9 Mei 2010. sudah lama menjadi tujuan para penyelam terutama dari luar negeri. yang bisa ditempuh dengan kapal ferry sekitar tiga jam dari Sorong. Namun demikian mereka adalah . menurut Bupati bersepakat menjadikan kepulauan ini sebagai pusat keanekaragaman hayati laut tertinggi dunia. Pemerintah daerah Raja Ampat. Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Masyarakat Kepulauan Raja Ampat umumnya nelayan tradisional dan berdiam di kampungkampung kecil yang letaknya berjauhan dan berbeda pulau. timur. M. sedangkan wisatawan nusantara (wisnu) hanya sekitar 200 orang. Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat. Seperti dikemukakan Bupati Raja Ampat. Waigeo Barat Kepulauan. pemerintah daerah terus membangun infrastruktur guna memudahkan akses wisatawan mengunjungi kawasan ini. Upaya lain agar lebih dikenal di pentas dunia. makan dan "diving" bisa berkisar Rp5 juta per orang. selatan dan barat serta distrik kepulauan Sembilan. distrik Wawarboni. atraksi utama pada festival ini bertumpu pada wisata bahari. merupakan ibukota kabupaten Raja Ampat. bertepatan dengan ulang tahun daerah itu yang ke-7.000 wisman. Terdapat 17 distrik tersebar di kabupaten ini yakni distrik kepulauan Ayau. Kabupaten Raja Ampat. terutama wisman dari Eropa. Yusdhi Lamatenggo mengatakan. distrik Meos Mansar. yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.Raja Ampat yang terletak di bagian kepala burung dikenal bagaikan "untaian jamrud` di Papua itu sepertinya ingin tetap mempertahankan pamornya sebagai kawasan bahari dan menjadi "surga" bagi para penyelam dunia. Selat Sagawin dan distrik Salawati Utara. Pulau Misool. Memang wisatawan tidak sedikit harus mengeluarkan `kocek` untuk bisa sampai ke Raja Ampat. pemerintah daerah setempat menyelenggarakan Festival Bahari Raja Ampat 2010 yang berlangsung di kawasan pantai Waisai Tercinta (WTC). di antaranya penyelaman di situs yang masuk dalam 10 besar terindah dunia. Dengan terus meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah ini. Salah satu upaya tampil di pentas dunia. Sementara data dinas pariwisata setempat menyebutkan wisatawan manca negara yang berkunjung ke Raja Ampat selama 2009 sekitar 7. Kabupaten Raja Ampat memiliki sekitar 610 pulau dengan empat gugusan pulau besar yakni Pulau Waigeo. selatan. Raja Ampat. Namun diakuinya belum sebanyak kawasan wisata bahari lainnya yang sudah lebih dulu mengembangkan potensi wisata bawah lautnya. menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam upaya mengangkat potensi daerah itu di mata dunia internasional. empat distrik Waigeo yakni utara. Keterangan yang diperoleh dari Acropora Cottage di kawasan Waisai. sebenarnya Raja Ampat. Tiga distrik lainnya yakni Kofiau. barat. timur.Si. Waisai. empat distrik Misool yakni utara. Amerika dan Australia. Drs. distrik Teluk Mayalibit. paket untuk ke kawasan itu termasuk nginap. Marcus Wanma.

Untuk itu Bupati Wanma dengan tegas pada acara pembukaan Festival yang dilakukan Staf ahli Menteri Kebudayaan dan Pariwisata bidang Pranata Sosial. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang kondisinya masih sangat baik dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90 persen yakni di selat Dampier (selat antara P. yang dulu digunakan nenek moyang. katanya. Selain itu juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. yang umumnya disebabkan aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan seperti menggunakan bom. Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. telah membuat kawasan itu memiliki tingkat ancaman tinggi. Halmahera. Selain menjaga agar tetap menjadi kawasan wisata bahari dan menjadi destinasi utama bagi para "diver" dunia. Pada festival ini diselenggarakan berbagai lomba seperti lomba foto bawah laut.000 jenis ikan karang. 700 jenis moluska dan 75 persen spesies karang dunia berada di Raja Ampat. perairan Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk `diving site` di seluruh dunia. Senin (3/5) menyatakan bertekad menjaga dan melestarikan kekayaan hayati tersebut. juga dari Manado. baik yang berada di Papua maupun Papua Barat. selain sebagai ajang promosi festival ini juga dimaksudkan untuk menggali budaya setempat guna dikembangkan dan dimunculkan kembali seperti parade transportasi tradisional. Waigeo dan P.masyarakat yang ramah menerima tamu dari luar.000 km2 itu merupakan "segitiga . lomba perahu naga. dan Wakatobi. Menurut ketua penyelenggara Festival Bahari Raja Ampat 2010. Becky Rahawarin. 80 persen laut Kabupaten yang 80 persennya berupa lautan itu memiliki kekayaan sumber hayati yang tak ternilai. Kepulauan Kofiau. Selain itu ada juga makanan khas Raja Ampat yang dimunculkan dalam acara tersebut seperti papeda (sejenis sagu). Di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75 persen dari total jenis di dunia). Festival ini juga mengundang kabupaten-kabupaten lain. Namun dengan kekayaan keanekaragaman hayati di Raja Ampat seperti banyaknya terumbu karang. Surya Yuga. masakan Mie`be ( mie dari sagu) berbagai olahan hasil laut dan tidak ketinggalan singkong rebus. Raja Ampat dengan luas sekitar 46. Batanta). lebih dari 1. Raja Ampat mempunyai obyek wisata potensial terutama wisata menyelam dan bahkan menurut berbagai sumber. lomba Kano dan berbagai parade seperti angkutan tradisional. Selat Dampier ini bisa ditempuh dengan menggunakan speed boat sekitar 45 menit dari pantai Waisai.

com/read/2010/11/01/003336/1480982/1001/mengamatikeragaman-hayati-pulau-waigeo/4 Oleh : Dadang Lesmana .php? pg=artikel_papua&id=21782&sub=column&page= 01November MENGAMATI KERAGAMAN HAYATI PULAU WAIGEO http://aci. dan Australia. namun juga Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dalam sambutan yang disampaikan Staf Ahli Menteri bidang Pranata Sosial. Timor Leste. Papua Nugini. ingin menunjukkan kesiapan daerah tersebut menjawab tantangan industri pariwisata. berharap sama melalui festival ini akan dapat mengangkat Kabupaten Raja Ampat sebagai kawasan wisata bahari di pentas dunia." Semoga visi kabupaten yang masih relatif muda usia itu "mewujudkan Raja Ampat sebagai Kabupaten Bahari yang didukung potensi sumber daya alam untuk menuju masyarakat madani" akan dapat terwujud.</p> 0 Komentar . sehingga bisa dimasukkan dalam "calendar of event" Kemenbudpar.terumbu karang" (coral Triangle) yang terdiri atas Indonesia. Surya Yuga. melalui festival yang dirangkaikan dengan pentas seni dan budaya ini. Banyak upaya yang masih harus dilakukan masyarakat Raja Ampat selain kerja keras membangun daerah serta meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan karena seperti dituturkan bupati bahwa "Laut adalah masa depan Raja Ampat. Malaysia.PAPUA BARAT Objek Wisata Penginapan Kuliner Transportasi Oleh-oleh <p>Your browser does not support iframes. Selain itu berbagai program unggulan yang dimunculkan daerah ini juga diharapkan akan dapat memacu wisatawan mancanegara dan turis nusantara untuk mengunjungi Raja Ampat. Tidak hanya bupati. Keduanya. kata Surya Yuga.Dari laut kita makan dan dari laut kita hidup. kata Wanma. dan juga Sekjen Gabungan Usaha Wisata Bahari dan Trita (Gahawisri) Didien Junaedy. Raja Ampat yang diresmikan pada 9 Mei 2003 itu atau baru genap berusia 7 tahun. Filipina.detik.com/artikel. Sumber: http://beritadaerah.

Kalau saja saya berkesempatan mengunjungi Waigeo lebih lama. Sebuah fakta yang menarik bagi saya karena di pulau yang relatif kecil dan berjarak jauh dari daratan besar Pulau Papua terdapat banyak spesies endemik. Sungguh sangat disayangkan. burung dan biawak lain dari jenis yang lebih kecil. tak akan kita temui di daerah lain kecuali oleh perpindahan paksa oleh manusia. Hutan di belakang resort tempat kami menginap masih cukup lebat. di Waigeo terdapat sekurangnya 66 individu dari 28 jenis burung. sayang. Biawak dengan panjang hampir satu meter itu sedang asik mengorek-orek sampah organik hutan untuk mencari makan. hingga bagian Selatan Pulau Papua. Dari sekian banyak jenis burung yang hidup di Waigeo. Dari jumlah itu. Sepengetahuan saya biawak jenis salvadori ini dapat mencapai panjang 2. telur. Jenis-jenis paruh bengkok seperti Kakak tua dan nuri adalah yang paling sering kita lihat. Burung jantan berwarna merah dan hitam dengan jubah kuning di leher. Kuskus totol hitam yang akhirnya saya ketahui bernama latin phalanger rufoniger ternyata merupakan salah satu spesies endemik Pulau Waigeo. karena kekurangtahuan masyarakat. jenis langka dan dilindungi yang dilarang untuk diperdagangkan maupun di pelihara. Hanya dalam waktu sekilas saja. khususnya di Pulau Waigeo. Ah. Menelusuri jejak keberagaman satwa dan tumbuhan di Papua. Convention on International Trade of Endangered Species. Wilson's bird of paradise (cicinnurus respublica). sebanyak 124 spesies telah terkumpul. seperti kuskus kuskus coklat. kuskus kelabu. masih banyak terjadi penangkapan liar untuk diambil kulitnya. Salvadori masuk dalam Appendix II. Selain itu. masih banyak terjadi pelanggaran perdagangan satwa langka untuk diekspor ke luar negeri. Selain itu ada juga dari jenis paruh besar seperti rangkong dan jenis burung-burung pemakan buah lain. Penyebaran biawak jenis ini adalah di wilayah Kepala Burung dan Kepulauan Raja Ampat. Fakfak dan Kaimana. Untuk mamalia. Dari data yang saya baca. selain jenis-jenis kuskus lain. yang paling membuat saya penasaran adalah cenderawasih khas Pulau Waigeo. paruh hijau muda. Berukuran kecil sampai dengan 21 cm saja. Biawak yang bermotif cantik ini biasa memakan mamalia kecil. kuskus rambut sutra dan kuskus bertotol biasa. selama kunjungan kami yang singkat ini kami tak berkesempatan melihat burung surga itu. Apabila kita berdiri di ujung dermaga pada sore hari dan mengamati ke arah pulau. Dan Pulau Waigeo memberikan saya pengalaman baru mencermati kehidupan .Foto Selengkapnya Keanekaragaman hayati di Indonesia tak akan habis dieksplorasi. kita akan dapat menyaksikan dengan jelas burung-burung yang bermain di antara pohon-pohon besar di tengah pulau. kita dapat menemukan spesies hewan yang belum pernah kita temukan di daerah-daerah lain. Mengamati perikehidupan hewan di habitatnya langsung merupakan kesenangan tersendiri bagi saya. Beberapa jenis kadal dan biawak besar kecil dengan mudah saya temui. Sedangkan burung betina berwarna kecoklatan dengan mahkota biru. tujuh jenis merupakan endemik Pulau Waigeo.8% dari total jenis mamalia di Papua. Raja Ampat bagaikan menemukan sebuah dunia yang hilang. Varanus salvadori adalah salah satu yang saya temui di halaman belakang resort. Artinya. kaki biru dan dua buah bulu ekor berwarna ungu. Sayangnya.5 meter. masih memungkinkan bagi saya untuk melihat-lihat kehidupan asli panghuni hutan kepulauan. Menurut CITES. Atau 13.

di sana masih dijumpai sebagian penduduk yang kehidupannya sedikit di atas masa prasejarah. mengubah kultur masyarakat Papua dibutuhkan intensitas tarbiyah (pendidikan) dan dakwah. dia menyadari. serta di pinggir sungai nun jauh di pelosok bumi Cendrawasih tersebut. Tidak mengherankan jika sejumlah dai yang semula datang dengan penuh antusias. Di sinilah awal ujian sebagai seorang dai dimulai. ketika mendapati kenyataan ini. Medan Papua juga dikenal berat.mereka. . Untunglah. Selain tradisi masyarakat yang masih melekat kuat. juga kondisi alam yang senantiasa menantang. 16 Oktober 2010 Persembahan sinyal bagus bagi negeri Posted by admin in Serial Dai on 05 26th. di lereng-lereng gunung.” Said mengenang. Bukan semata tantangan alamnya yang ganas dengan malarianya yang mematikan. Said adalah putra daerah.com/?p=220 FOTO: DOK. “Mental saya hampir-hampir jatuh. Belum cukup dengan itu. sejak awal pernikahan. Papua 25 Mei 1971. Sulawesi Utara. Sudah barang tentu ini menjadi tantangan yang tidak ringan bagi seorang dai.hidayatullah. Shabrina Said (3 bulan) meningal dunia. Anak sulungnya. setelah berhadapan dengan aneka persoalan di lapangan. Maka. pelanpelan pergi meninggalkan medan dakwah Papua.SAHID Status sebagai anak kepala suku tak menjamin mulus dalam berdakwah. sejak tahun 1991. usia pernikahannya dengan Suharti Hasan baru berjalan satu tahun. Apalagi. Setelah empat tahun menimba ilmu. khususnya di kawasan-kawasan pedalaman. Papua masih menjadi kawasan yang menakutkan. dengan biaya hidup yang tinggi. Lelaki tinggi besar ini kelahiran Waigama. kami sudah mendeklarasikannya sebagai biduk jihad. Raja Ampat. Said Ahmad bin Muhammad Husen Tafalas (36) termasuk di antara sedikit dai yang memilih bertahan untuk terus mencerahkan masyarakat Papua. Sekalipun putra daerah. membutuhkan waktu yang panjang serta kesabaran ekstra. Kala itu. pimpinannnya menugaskan untuk berdakwah di salah satu daerah terpencil di Kabupaten Bolaang Mongondow. Bagi sebagian juru dakwah. 2010 | no responses DAKWAH BERLIKU ANAK KEPALA SUKU http://majalah. Dan itu. dia bergabung dan nyantri di Pondok Pesantren Hidayatullah Cabang Sorong.

Said harus berhadapan dengan beratnya medan. Gugusan kepulauan ini terletak di bagian selatan Kabupaten Sorong. Inna lillahi wa inna ilaihi raajiun…” kenangnya. Sementara kalau ingin mengisi dakwah di kampung (desa) lain. Yellu. kalau saja ada kendaraan yang mengangkut anaknya berobat ke kota. kalau di daerah–daerah Muslim itu. Yang berkembang justru kepercayaan tariqat. Sehingga wajar. yaitu kapal perintis dari Seram (Maluku) yang jangka waktunya sebulan sekali. yang ajarannya cenderung bersifat nafsi-nafsi. karena baginya berdakwah itu tak mengenal kata pensiun. dakwahnya di Raja Ampat bakal berjalan lancar. Sebab. di medan yang terpencil. Bahkan kantong utama Muslim di Misool telah dijadikan sebagai pusatnya di Raja Ampat. buah hati saya meninggal dalam pangkuan saya. kawasan ini terdiri dari pulau-pulau yang menyebar satu sama lain dengan jarak cukup berjauhan. Fafanlap. Rintangan di Kampung Halaman Usai peristiwa itu.” terang pria yang pernah aktif di PII dan IPM ini. Salawati. Apalagi. ”Maka. Lilinta. dia putra Kepala Suku Misool. ajaran Islam tidak dijalankan secara utuh. Sejak tahun 2005. Raja Ampat dulu bernama Kalanafat. Prosentasi penduduknya. Di antara daerah yang mayoritas Muslim adalah Kecamatan Misool dan Salawati.Sebenarnya. Dia juga sudah mengenal kultur masyarakatnya. Kita mendapati masjid dan mushalla yang ada di sini. kata Said. Ombak dan angin cukup kencang. statusnya itu punya pengaruh cukup besar di tengah-tengah masyarakatnya. Dia ingin terus berdakwah hingga akhir hayatnya. Jadi. dan Harapan Jaya. tempat dirinya dilahirkan. Masjid baru terlihat ramai pada saat hari Jumat saja. Said optimis. Gamta. sepi dari jamaah. salah satu pulau di daerah Waigeo Selatan. Waigeo dan Misool. Folle. . Irian Jaya Barat. yang berada di pesisir dan pelosok yang merupakan kantong–kantong Islam seperti kampung Atkari. Transportasi ke kota Bolaang sangat sulit. tapi satu-satunya adalah sejenis jip. antara Rp 10 juta – Rp 25 juta sekali pakai! Belum lagi kendala cuaca. Muhammad Husen Tafalas. Namun perjalanan takdir menghendaki lain. peristiwa itu bisa dicegah. Mula-mula. Sayangnya. berdakwah di kampung halaman. daerah ini dijuluki negeri seribu pulau. Dalam benaknya. Papua. itupun jadwalnya satu minggu sekali. Ada memang kendaraan. Mereka pergi pulang dengan pesawat Cesna setiap saat. Islam 86 persen (dulu 95 persen) dan Katolik 14 persen. penyebaran Islam ke Papua melalui kedua daerah itu. dia memilih pulang kampung di Misool Raja Ampat. tentu akan lebih mudah. apa susahnya? Nyatanya tidak demikian. Raja Ampat beribukota di Waisai. komunikasi dan hubungan dengan dunia luar sangat terbatas. sungguh menyedihkan. Kaerepop. Bukannya ingin pensiun. Padahal dulu. Akhirnya. Dalam sejarahnya. daerah ini diresmikan menjadi kabupaten baru dengan nama Kabupaten Raja Ampat. justru yang lebih sering datang adalah para misionaris. Jelas. Itu artinya. harus menggunakan long boat yang biaya sewanya sangat mahal. Bahkan dakwah Islam di semenanjung Papua bermula dari sini. Di Raja Ampat dia ingin mendapat semangat baru. daerah ini merupakan kantong umat Islam terbesar setelah Salawati dan Waigeo. Sekarang. Penduduk di masing–masing pulau (sekarang sudah menjadi kecamatan) beragama Islam dan Katolik. Kawasan ini terdiri dari empat pulau besar: Batanta. “Waktu itu saya benar-benar bingung. Kapal yang melayari daerah ini cuma satu.

com/read/2010/05/12/14000878/99. insya Allah.” katanya optimis.Raja. Bupati Raja Ampat. Dengan begitu dia yakin. KOMPAS.Wis man KOMPAS/LASTI KURNIA Keindahan panorama bawah laut seperti di Raja Ampat ini juga bisa dinikmati di Kepulauan Widi di Kabupaten Halmahera Selatan. Di luar perkiraannya. mengadakan kunjungan ke daerah-daerah pesisir. Tanpa buang waktu.“ ungkap pria yang saat ini diberi amanah sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Hidayatullah Irian Jaya barat yang membawahi sejumlah daerah seperti Fak-Fak. “Seperti pada masa lalu. bisa tidak.Persen. Marcus Wanma. . Bintuni. ke depan. bahkan mempersilakannya ikut keliling dari pulau ke pulau. Drs. Kesempatan itu dimanfaatkan secara baik oleh Said untuk mengunjungi kampung-kampung Muslim di Yellu. TERKAIT: • • • • • Raja Ampat Tak Izinkan Usaha Tambang Raja Ampat Promosi Wisata Bahari Raja Ampat Persiapkan Festival Bahari 2010 Ke Raja Ampat.Kesempatan Berharga Sekalipun tantangan alamnya berat. Semoga. Harapan Jaya. dan Folle. Sorong. Maka.kompas. kelak Islam bisa jaya kembali di daerah ini.com .Pengunjung. Said mendatangi Bupati.“ kata ayah empat anak ini. Said menaruh harapan besar. Tidak saja ke Sorong. Manokwari. “Pak Bupati.Si. kami upayakan menembus kawasan-kawasan terisolir dimana kaum Muslimin tinggal. *Ali Athwa/Suara Hidayatullah MARET 2009 99 Persen Pengunjung Raja Ampat Wisman Penulis: Robert Adhi Ksp | Editor: ksp Rabu. Kaimana dan Kabupaten Raja Ampat ini. semua kerja dan cobaan di atas tidak luput dari pandangan Allah Subhanahu wa Ta’ala (SWT). Bupati yang beragama Nashara itu mengabulkan permintaan Said.Ampat. Juga pantai pasir putihnya yang luar biasa. “Allah sungguh-sungguh bersama para pembela agamanya di manapun. M. Maluku Utara. sehingga setiap saat bisa menyambangi umatnya itu. Pesan Tempat 6 Bulan Sebelumnya Raja Ampat Buka Kantor Promosi di Bali JAKARTA. Allah Maha Mendengar! Satu hari. Sorong Selatan.Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin belum begitu tahu dengan Kabupaten Raja Ampat dan kekayaan apa yang dimiliki kabupaten yang terletak di ujung barat Provinsi Papua Barat tersebut. di samping akan melanjutkan kegiatan yang sudah ada. saya mau numpang ke Sorong. Said menyadari. kelak dia punya alat tranportasi sendiri. 12 Mei 2010 | 14:00 WIB http://travel. Said bertekad suatu saat akan mengunjungi penduduk yang tinggal di pulau-pulau terpencil. selama beberapa hari.

" katanya. Diibaratkan Raja Ampat sebagai "surga" bagi para penyelam." kata Max Ammer. Jarak tempuh dari Sorong ke pantai Waisai Tercinta (WTC).Kalau menyebut nama Papua. Diakui oleh Bupati Raja Ampat. Pernah saya membeli penyu dari nelayan yang baru pulang melaut. "Baru mulai dua tahun terakhir ini wisatawan domestik mengunjungi resort tersebut terutama untuk menyelam (diving). kini Papua khususnya Provinsi Papua Barat yang terdiri atas 14 kabupaten itu sudah jauh berbeda. daerah itu terus "menyingsingkan lengan" membangun berbagai sarana dan prasarana terutama infrastruktur. Max juga mengaku. karena terus berbenah diri membangun infrastruktur guna memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke Papua Barat. Marcus Wanma MSi. dikira penyu itu terlepas.000 per orang. yang terlintas di benak sebagian besar masyarakat Indonesia pasti masyarakat dengan kebudayaannya yang masih sangat sederhana. Namun tidak demikian. bisnis yang ia geluti tidak semata untuk mencari uang tapi yang juga lebih diutamakan adalah upaya melakukan konservasi. Menurut Max. pemilik dan pengelola eesort Sorido Bay & Kri Eco Resort. wisatawan bisa menggunakan kapal feri dari Sorong dengan tarif Rp120. Eropa dan Asia. tapi cukup memberi pengertian. Kabupaten Raja Ampat antara 2. Tapi kemudian mereka diberi pengertian bahwa penyu itu sengaja dilepas kembali guna menjaga hewan yang dilindungi itu tidak punah. Eropa dan juga Asia. yang memiliki lebih dari 610 pulau dan empat gugusan pulau besar yakni Pulau Waigeo. Salah satu kabupaten di Papua Barat yang terus "menggeliat" adalah Kabupaten Raja Ampat. Mereka sempat kaget. "Yang terpenting kita tidak melarang apa yang dilakukan mereka karena bisa tersinggung. tambahnya. Australia. Raja Ampat. dari pengunjung yang menginap dan "diving" hanya sekitar 15 persen wisatawan domestik dari jumlah keseluruhan. pakaian yang khas (koteka) dan harga kebutuhan pokok yang mahal.5 hingga tiga jam. meski belum sebanyak diver yang berkunjung ke kawasan wisata bahari daerah lainnya.. setelah saya bayar penyu itu saya lepas lagi ke laut. Seperti dituturkan oleh Max Ammer. sebagian tamu adalah wisatawan manca negara. yang mengaku sudah sekitar 20 tahun menggeluti bisnis ini. meski baru diresmikan 9 Mei 2003. Kabupaten Raja Ampat. sudah banyak dikunjungi diver-diver dari luar negeri seperti Amerika Serikat . Pulau Misool. . Bila akan ke Raja Ampat. Pulau Salawati dan Pulau Batanta itu terdiri atas 17 distrik. Rata-rata setiap pekan ada 14 sampai 20 wisatawan asing yang menginap dan melakukan kegiatan menyelam terutama wisman dari Amerika. sangat potensial untuk tujuan utama para penyelam (diver) dan juga pencinta bawah laut. Cukup waktu lama untuk memberi pengertian kepada penduduk setempat tentang menjaga lingkungan serta konservasi alam khususnya mencintai hewan serta kekayaan bawah laut yang sangat potensial.

tidak semua pengunjung yang ke Pulau Gam. Bila wisatawan ikut paket kunjungan. termasuk Raja Ampat dan Sulawesi Utara serta Pulau Komodo. Jusdhi Lamatenggo pekan lalu. hampir 99 persen berasal dari luar negeri seperti Eropa. Selama di Raja Ampat . Untuk itu. apalagi Kementerian Kebudayaan Pariwisata telah menggagas program pariwisata "Beyond Bali". snorkling juga masuk dalam paket adalah kunjungan ke taman burung di bukit Hau di kampung Sawinggrai." tambahnya. sekitar 75 sampai 80 persen adalah tenaga lokal. yang ditempuh dengan speedboat sekitar 35 menit dari Waisai itu. dan Australia.000 wisatawan yang datang ke Raja Ampat pada tahun lalu. hanya sekitar 200 wisatawan dalam negeri. menurut Lamatenggo. Amerika. Dari sekitar 7. Kabupaten Badung. 99 persen wisman Seperti dituturkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat. Program itu bertujuan meratakan pengembangan potensi pariwisata nasional sehingga tidak selalu bertumpu pada Bali. snorkling juga bisa menyaksikan burung cendrawasih yang tengah "bercinta" di pagi dan sore hari. pihaknya terus melakukan promosi baik di luar maupun dalam negeri guna memperkenalkan Raja Ampat di dunia internasional. nuri. juga diselenggarakan parade perahu tradisonal serta sajian berbagai jenis makanan khas daerah setempat seperti papeda. jumlah wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat. lomba seperti lomba foto dan perahu dayung. merah. Promosi lainnya dengan menyelenggarakan Festival Bahari Raja Ampat 2010. "Mereka sudah kami training. Di atas pohon lolan dengan ketinggian sekitar puluhan meter di perbukitan itu pengunjung bisa melihat dan mengabadikan burung-burung khususnya cenderawasih beterbangan dengan sesekali "bercinta" di atas dahan. selain diving. Kabupaten Raja Ampat. kakaktua putih. wisatawan selain "diving".Max juga mengaku dari seluruh karyawan yang dipekerjakan di resort-nya. bisa menyaksikan burung cenderawasih saat "bercinta". Salah satu sasarannya adalah pengembangan pariwisata di wilayah Indonesia Timur. Bali juga menyelenggarakan Festival Bahari Raja Ampat 2010. pulau Gam. katanya. kata Yusdhi pada peresmian kantor promosi di Bali baru-baru ini. selain terdapat burung cenderawasih merah juga banyak terdapat burung kakatua raja. Pemilihan Bali sebagai lokasi kantor. yang berlangsung di pantai Waisai Tercinta (WTC) di Waisai. pemandu wisata yang juga anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Conservation Internasional (CI) itu. Di taman ini. . terutama untuk pemandu (dive guide). Festival Bahari itu berlangsung 3 hingga 9 Mei 2010 dan merupakan ajang promosi yang menyuguhkan berbagai tarian tradisional. selain untuk lebih mendekatkan diri dengan pasar yang sangat potensial juga diharapkan terdapat sinergi yang saling menguntungkan antara Bali dan Raja Ampat. ibu kota kabupaten Raja Ampat. Promosi yang dilakukan selain mendirikan Kantor Promosi Kabupaten Raja Ampat di Kawasan Sanur. dan maleo. Menurut Hussein.

00 WIT dan sore hari antara pukul 4 sampai lima sore waktu setempat." kata Hussein ketika mengantar para tamu yang akan menaiki bukit untuk menyaksikan burung cenderawasih yang langka tersebut. Tidak sembarang waktu dapat menyaksikan burung-burung yang dilindungi itu. . "Itu pun dengan syarat pengunjung tidak berisik supaya burung-burung cenderawasih itu mau menclok di atas dahan pohon lolan tersebut. Misionaris clad Eropa.php/read/2011/03/15/2323/2/Singgahdi-Pintu-Gerbang-Raja-Ampat indonesia.mediaindonesia. Bercerita sedikit mengenai sejarah. Kata Soren sendiri digunakan pertama kali oleh suku Biak Numfor yang pada zaman dahulu yang berlayar dari satu pulau ke pulau lain hingga tiba dan menetap di Kepulauan Raja Ampat. Soren dalam bahasa Biak Numfor berarti laut yang daIam dan bergelombang. di mana terdapat Tugu Selamat Datang di Kota Sorong dengan menggunakan bahasa Moi. dan Sanger Talaut dengan sebutan Sorong.00-07. Sebaiknya Anda jangan terburu-buru. terkadang tidak ada sama sekali burung beterbangan meski sudah menunggu berjam-jam di perbukitan itu. Anda terlebih dahulu akan singgah di Kota Sorong. Suku Biak Numfor inilah yang memberi nama "Daratan Maladum" dengan sebutan Soren yang kemudian dilafalkan oleh para pedagang Thionghoa. karena hanya berkisar pukul 06.com/mediatravelista/index. pemberian nama Sorong berasal dari kata Soren."Tidak semua pengunjung bisa menyaksikan. seperti taman rekreasi pantai Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putihnya serta Pulau Raam. Dari fakta ini Kota Sorong juga terkenal dengan Heritage Nederlands Neuw Guinea Maschcapeij atau kota yang penuh dengan warisan peninggalan sejarah bekas perusahaan minyak Belanda. Nikmati dahulu waktu yang berjalan perlahan di pintu gerbang Raja Ampat ini. Pulau Soop dan Pulau Doom yang terkenal dengan pantainya yang indah. Ini bermula sejak masuknya para surveyor minyak bumi dari Belanda pada 1908.travel SEBELUM menuju taman laut Raja Ampat yang mempesona. Singgah di Pintu Gerbang Raja Ampat http://www. Maluku. Jauh dari era penjajahan minyak. semenarik berbagai tujuan wisata yang ada di sekitarnya. Sorong mendapat julukan lain sebagai Kota Minyak." kata Hussein. Ada juga Pulau Dofior. Kisah sejarah mengenai Sorong memang menarik.

Untuk informasi lebih lengkapnya. sangat kurang cocok dengan suasana kepulauan.papuaexpeditions. . Dibandingkan dengan kota-kota lain di Papua.wordpress. bila mengingat ini adalah ibukota kabupaten. Hotelnya cukup bersih dan berAC dengan kamar-kamarnya yang besar. Bila Anda ingin melihat burung cendrawasih dan burung-burung lain yang hanya ada di Papua naiklah perahu motor ke Pulau Bantata sekitar 3-4 jam.indonesia. Jika Anda tidak ingat nomor angkot dinaiki. Selain melalui tranportasi laut. Anda dapat berkeliling Sorong menggunakan berbagai alat transportasi seperti taksi. Namun sepertinya hotel ini konsepnya terlalu “ngekota”. Anda bisa menggunakan jasa operator perjalanan wisata Papua Expeditions (www. ada baiknya bertanya terlebih dahulu kepada pegawai hotel sebelum berkeliling di sekitar kota. Pulau Waigeo sendiri adalah pulau yang terbesar di antara pulau-pulau lain di Kepulauan Raja Ampat. Didekat kami ada hotel berkonsep cottage. kami langsung menuju ke hotel kecil di tengah kota yang sangat sepi. Kami menginap di hotel sederhana 2 lantai bernama Hotel Maras Risen. sampai dengan kantor-kantor dinas semuanya berkumpul disini. Jika ingin mendapatkan pengalaman perjalanan yang spesial dan lebih terencana. Jadi. atau becak. Anda bisa mengunjungi situs www.(*/X-13) RAJA AMPAT: SERPIHAN SURGA DIBAWAH LAUT BUMI INDONESIA http://teguhgigoaryanto. namun disarankan Anda harus tahu lokasi yang hendak dituju. Di tembok penangkal abrasi sepanjang 1 kilometer ini Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam.com) yang memiliki pemandu wisata pribadi.travel. Untuk atraksi burung cendrawasih yang lebih indah. catatlah dan tanyakan pada orang jika memungkinkan. Tanpa panjang-lebar lagi.com/2011/02/21/raja-ampat-serpihan-surgadi-bawah-laut-bumi-indonesia/ Waisai adalah Kota kecil di Pulau Waigeo yang mana terdapat ibukota Kabupaten Raja Ampat. Disinilah semua perangkat kabupaten berkantor. Anda dapat mengunjungi Pulau Waigeo yang berjarak sekitar 5-6 jam dengan perahu motor. Melihat keadaan ini. Sorong adalah kota yang berkembang paling pesat dan dinamis. di atas bukit yang menghadap ke kota. Hotel ini bertarif cukup murah dan terjangkau.Beralih ke Sorong. jangan lupa untuk berkunjung ke Tembok Dofior yang berada di Kota Sorong tepatnya di Pantai Dofior. yaitu hotel yang dikelola oleh Acropora meskipun sepertinya tarifnya agak sedikit lebih mahal. Angkot juga terdapat di Sorong. perjalanan menuju Sorong juga bisa melalui udara. mobil sewaan. Anda akan menemukan monumen perang Tugu Arfak untuk mengenang tentara Jepang yang gugur dalam Perang Dunia II. Masih di Sorong. Dari kantor bupati.

bermain-main diseputaran tiang dermaga. rapat. . letaknya lebih ke arah barat dari Dermaga Waisai. Wooooowww.. Dengan jelas kami bisa melihat batfish dan rainbow fish. dan hijau.Small Harbour at WTC-Waigeo Setelah sebentar kami beristirahat. Hanya 20 menit perjalanan. kami langsung menuju ke dermaga pantai di pantai WTC (entah apa kepanjangannya).Oh indahnya…. dan beberapa tambatan kapal-kapal nelayan…wuiiih. Dermaga kecil berdek kayu ini memang tidak berbeda dengan dermaga-dermaga lainnya. Disinilah kami pertama kali melihat betapa beningnya laut papua. langit bersih menjelang senja. WTC Beach langsunglah kami menuju ke speed boat untuk menuju ke pulau kecil.. Dermaga ini berbeda dengan dermaga kapal cepat yang tadi kami naiki. sehingga kami bisa melihat bulatnya Waiting sunset on the remote harbour. Setelah puas mengambil beberapa foto. Pulau Saunek Monde. Disini kami menanti matahari terbenam di ufuk barat. pasir putih. saya melihat dermaga dan pantai ini bisa menjadi objek foto yang bagus. Sebagai seorang fotografer. namun perbedaannya adalah terletak pada latar belakang pemandangan alamnya yang indah. pulau kecil ini memiliki dermaga terbuka yang jauh lebih bagus. Pulau kecil ini sepertinya hanya dihuni oleh pohon-pohon besar. Laut biru bening. tibalah kami di pulau kecil tersebut. keren. Beruntung hari ini hari yang cerah.

bahwa kombinasi diantara mereka-lah. Penting bagi kita. karena satu dan lain hal.00 dengan diarahkan oleh seorang lokal diver guide kami. Indonesia. kemudian kita dikagetkan dengan serombongan Manta yang besar dan berjumlah 5 ekor. Berikut ini beberapa tempat divespot di Raja Ampat yang kami kunjungi dan kami rekomendasikan untuk dikunjungi.matahari dengan nyaris sempurna. dipadu dengan komposisi warna dari langit bercampurpadu membentuk sebuah irama warna. Sebetulnya ada dua point Manta di area sini. ketika kalian berjalan bersama teman-teman sembari memandang kagum bersama akan ciptaan Tuhan. sering kita kenal dengan Manta Sandy dan Manta Ridge. di Selat Dampier. persisnya disekitar Area Arborek. trip kita di Raja Ampat hanya bisa berlangsung singkat. untuk selalu dituntun oleh para local guide. namun dikarenakan biayanya yang bisa berlipat ganda. Arus bawah cukup kencang di area sini. sedangkan Kepulauan Raja Ampat merupakan sebuah kawasan yang sangat-sangat luas untuk di jelajahi. Kami mulai menyelam di Manta Sandy pada pukul 14. Agak sulit juga mencari titik Manta ini. Sayang sekali. biru. tidak lupa saya mengucap syukur atas rahmat Allah karena telah melangkahkan kaki ku di tanah Papua dan memanjakan mataku memandang matahari terbenam dari belahan paling timur dari tanah airku yang tercinta. Tak lama kita menunggu. “I’m here…. apalagi kalau kita melakukan trip based on land. Sebuah liburan yang menyenangkan. sampai pada saat kami melihat Manta muncul dipermukaan. sehingga para diver disarankan membawa hook pada spot ini. dan abu dari komposisi langit sepertinya berlomba-lomba untuk menarik perhatian kami untuk memandangnya. FANTASTIK!!! . Warna orange. membuat kita harus berpikir ulang. Manta Point Posisi Manta Point adalah di bagian tengah agak ke barat sedikit dari Kepulauan Raja Ampat. seolah ia berkata. merah. Jadi rasanya sulit sekali untuk menjelajah Raja Ampat hanya sekali datang. karena merekalah yang paling paham akan situasi air dan tingkah laku para Manta tersebut. dan tanpa mereka sadari.I’m here…!!!!” Di poin ini kami segera turun ke kedalaman sekitar 20 meter dan menunggu di sebuah area pasir putih yang tidak begitu luas. Trip based on liveaboard merupakan pilihan yang sangat cocok dilakukan untuk penjelajahan Kepulauan Raja Ampat. Setelah terpesona dengan Sunset over Papua indahnya sunset di Papua. yang membuat warna langit terlihat sempurna harmonis.

hanya duduk manis di atas pasir sembari melihat manta-manta raksasa tersebut mengelilingi grup kita hanya dalam jarak kurang dari 3 meter saja! Mereka memang memakai area ini sebagai cleaning station dibantu oleh para butterflyfish. Yang kita bisa lakukan.Friendly Manta Manta tersebut bisa berukuran lebar sayap ke sayap sampai dengan 5 meter dengan warna bawah badannya ada yang berwarna hitam dan putih. sehingga dengan gagahnya mereka sengaja memperlihatkan keelokan gerakan mereka dengan kepakan sayapnya dan gerakannya yang halus. Sering kali mereka sengaja “terbang” tepat di atas kita hanya dalam jarak 2 meter membuat kita menjadi semakin terpesona akan keindahannya. dengan jarak pandang sekitar 20 meter saja. Namun hal ini tetap tidak menghalangi kita menikmati keindahan kepakan sayap Manta. Visibility pada area ini seringkali tidak memuaskan. Manta tersebut terkesan sangat-sangat friendly terhadap kita. bahwa kita sedang menonton mereka. Beautiful Creatures Mereka sepertinya tahu. . Anehnya.

Setelah siap semuanya. Kita menyiapkan segala dive gear di pulau ini. kami habis-habiskan untuk mencoba White Manta menghabiskan waktu yang tersisa dengan mengambil foto-foto narsis kami dengan latar belakang Manta. dengan pasirnya yang putih. What a friendly creature downhere…. seolah mereka ingin memberi kita salam dan melepas kita pergi. salah satu Manta terus mengikuti kita dari belakang dari jarak dekat.Dengan sisa udara di tabung kami. Lucunya ketika kami menyelam dan mencoba naik ke permukaan. Setelah hampir 45 menit kami menonton atraksi mereka. laut biru dan terdapat sebuah rumah tradisional penduduk setempat. tibalah kami untuk kembali ke atas melalui arah agak sedikit ke arah timur. sembari berfoto-foto ria. Pemandangan dari Pulau Way sangatlah bagus.Perfect!” P47Thunderbolt Wreckplane Spot dive ini terletak hanya 30 meter dari bibir pantai di Pulau Way yang WAY BEACH !!! sangat indah. Pulau Way sendiri merupakan pulau kecil datar dan memiliki pasir yang sangat putih. dengan pesisirnya ditumbuhi beberapa pohon seperti pohon pinus. with two mantas attraction in the background. tidak mau melewatkan tempat yang bagus ini. Estttaa got the best picture of it. berangkatlah kita naik boat dengan jarak hanya 30 .

barulah kita menemukan sebuah bangkai pesawat dalam posisi terbalik disebuah slope dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Visibility di area ini lumayan memuaskan . namun semuanya nama asing. pesawat ini bersandar di kedalaman 27 meter sampai dengan 34 meter. namun ukurannya jauh lebih besar dari pesawat tipe fighter lainnya. dikarenakan tubuhnya yang telah diselimuti sempurna oleh karang-karang perintis. meski sudah mulai ditutup sempurna oleh karang-karang yang mulai Wobegong Shark menutupnya sejak pesawat ini jatuh pada Perang Dunia II sekitar tahun 1944. sehingga membuat saya cukup terperangah ketika melihatnya pertama kali bersandar bisu diantara karang-karang. Max/Mike’s Point Banyak dive spot-dive spot di Raja Ampat. dan rentang panjang sayapnya. namun tetap dengan jumlah kuantitas yang tinggi seperti di area Raja Ampat lainnya.p47 thunderbolt from WWII meter-an saja. bahkan tidak sadar bahwa dia telah melihat sebuah bangkai Wreckplane P47 @ 30 meters pesawat. Dan ironisnya. seperti Mike’s Point. Adapun rentang sayap pesawat dari ujung kiri ke kanan. dengan jarak pandang sekitar 30 meter. juga sekitar 15 meter panjangnya. yang menandakan panjang pesawat ini dapat mencapai sekitar 15 meter. . Tetapi sebetulnya kita masih bisa melihat jelas bentuk baling-baling didepan. kebanyakan namanama tersebut bukanlah nama lokal. My Estaaa. Pesawat P47 memang tipe pesawat fighter. dinamakan sesuai dengan nama yang mempopulerkan area tersebut (bukan yang menemukan). dengan rumus phytagoras. Dengan posisi kokpit dibawah (terbalik). dengan variasi vegetasi dan hewan yang tidak terlalu banyak. Beberapa kali kita juga menemukan Hiu Wobegong yang sedang berkamuflase di antara karang dan pasir. Setelah menyelam sekitar 10 menit.

Andy’s Ultimate. masih dekat dengan Manta Sand . Sea Garden and Scholling Fish . Anita’s Garden. di area selat Dampier. yaitu ‘Max Ammer the dutchman’. Adapun nama Mike’s Point adalah nama anak dari sang pemopuler dari dive spot ini. Dive spot ini berjarak hanya beberapa meter saja dari Pulau Kerupiar. Marit’s Mount. Alex’s Rock. Melissa’s Garden.Edi’s Black Forest.

kami melihat banyak kapal lainnya dengan beberapa dive group juga sudah siap untuk melakukan penyelaman. sweetlips atau kita sebut ikan memble. dikarenakan arusnya yang tak menentu. Selain hiu kita juga dapat dengan mudah menemukan wobegong. Pada . bermain. dan memamerkan keelokan warna di tubuhnya. Sebetulnya Pulau ini memiliki sejarah unik tersendiri pada saat PD II. nudibranch. panjang 2 meter. Schooling fish dari beragai jenis ikan juga dapat dengan sangat mudah kita temui disini. Ikan-ikan berwarna warni pun sangat ramai berkeliling.sweetlips @Max Point “ Sangat disayangkan bila diving di Raja Ampat. Backroll adalah cara entry point yang paling tepat My First Shark @Max Point di spot ini. namun melewatkan Mike’s Point” begitu kata dive guide kami. Betul saja. Kata-katanya membuat kami penasaran dan nekat tetap nyelam meski arus atas yang cukup kencang. tidak menyisakan sedikitpun ruang untuk benda lain. langsunglah kita menemukan sebuah pemandangan bawah laut yang cukup menganggumkan. kami dikejutkan oleh lewatnya seekor hiu dengan ukuran sedang. Dalam kedalaman hanya 15 meter-an kita sudah bisa melihat hamparan datar Ikan Sekolah (Schooling Fish taman laut yang sangat luas. hiu itu seolah ingin menandakan daerah Wonderland @Max Point kekuasaannya untuk tidak diganngu atau dilewati. octopus kecil. Belum selesai rasa kagum kami. Segera setelah melakukan penyelaman. udang-udang. Berbagai macam terumbu karang tumbuh sangat rapat. begitu kami tiba di spot tersebut. Dengan “ gaya renang kejutnya dan tatapan matanya”.

karena bombardiran yang bertubi-tubi dari pihak US ini lah yang membuat gugusan pulau dan karangnya menjadi sebuah keindahan yang patut dinikmati. dengan pencipta Burt Jones dan Maurine Shimlock. Potato Point ( Kalig Island ). pastikan anda mempunyai buku yang berjudul “ Diving Indonesia’s Raja Ampat – The Planet’s Most Bio-Diver Reefs”. sehingga pihak US memborbardir habis pulau ini dan sekitarnya. Magic Rock ( Bag Island ) . juga menawarkan pemandangan atas laut yang memukau. menawarkan keindahan softcoral Raja Ampat yang luar biasa. Citrus Ridge ( Pulau Yanggefo ). temukan pengalaman dive unik dengan muncul dibawah gua tebing raksasa. Baracuda ( Penemu Island ). Bilamana anda ingin melakukan perjalanan diving di Raja Ampat. kita bisa melihat data lengkap ratusan divespot-divespot di Raja Ampat. Jumlahnya bisa mencapai hampir ratusan spot. karena bentuknya yang mirip kapal dari udara."Ship" Island @MAx Point saat itu Pihak US mengira bahwa pulau ini adalah kapal laut Jepang. Sebetulnya masih banyak lagi divespot-divespot yang mengagumkan disekitar Raja Ampat. Tomolol Cave ( area Missol Island ). disini kita dapat menemukan penyu-penyu berenang. Mungkin saja. yang patut anda kunjungi : Dive Spot di Area Wayag (arah barat Raja Ampat). Berikut beberapa divespot-divespot lain. disertai dengan foto-foto berkelas dunia. schooling barracuda sering terlihat pada divespot ini. maka jarang sekali kita bersua dengan kapal-kapal yang membawa rombongan diving. . terdapat gua batu dan sering ditemui schooling sweetlips. Dan karena letaknya yang sangat tersebar dengan area yang sangat luas. Dibuku tersebut. disini selain menawarkan keindahan bawah laut yang sangat bervariatif spesiesnya.

Team kami sangat terpukau melihat jajaran-jajaran pulau di sini. Bagi kawan-kawan yang ingin berwisata non-diving. kalian juga dapat menemukan hal-hal menakjubkan lainnya. kita sudah dapat menikmati 50 persen akan indahnya Kepulauan Raja Ampat. yang tidak akan kalian temukan di tempat lain di Indonesia. Raja Ampat menawarkan pemandangan pulau-pulau yang menakjubkan dan indah. Dengan hanya berkeliling-keliling memakai speedboat saja. dengan tipikal bukit-bukit berhutan lebat terbingkai oleh pasir-pasir putih dan lautnya yang jernih.Rekomendasi Hotel Maras Risen : 085244151010 Raja Ampat tidak hanya menawarkan wisata bawah laut saja. Pulau Mangkur Kodon Merenung Melihat Biru-nya Laut di Pantai Mangkur Kodon .

Tetapi diluar “keanehan” namanya. Disini juga terdapat 2 rumah traditional cottage yang disewakan oleh satu keluarga setempat. Belum pernah rasanya dalam hidup saya. saya merasakan pasir yang selembut sutra. Bahkan saking dangkal dan jernuhnya perairan disini.Crytal Water @Mangkur Kodon Pulau Mangkur Kodon terletak sekitar 1 jam arah barat bila memakai speedboat 2 engines. Adapun pantai yang kami pakai sebagai basecamp adalah pantai arah Barat Pulau Mangkur Kodon. Belum puas terpukau oleh pasirnya. yang kabarnya juga merupakan investasi dari org eropa-sama seperti pulau-pulau lain yang sudah “terjajah” oleh para pengusaha asing. pulau ini memukau kita dengan sajian pasirnya yang sangat putiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih dan lembuuuuuuuuuuuuuuuuuuut. Kami sangat beruntung memakai pulau ini sebagai basecamp. kami dikejutkan lagi dengan airnya yang jernih dan dangkal. Entah apa artinya nama “Mangkur Kodon”. yang bagi kami sangat membingungkan untuk melafalkan namanya. Pulau ini selalu menjadi basecamp kami sebelum melakukan diving. Suasana Tenang Di Mangkur Kodon . kita juga bisa melihat dengan mata telanjang adanya karang yang menyatukan antara satu pulau dengan pulau lainnya.

menambah nilai plus dari lukisan alam yang ditawarkan. langit melakukan pertunjukan episode berikutnya. karena ini juga yang terjadi di Pulau Way/Way Beach.Sunset @ Mangkur Kodon Melihat sunset dari pulau ini. disini bintang-bintang terasa bersinar lebih terang daripada bintangbintang yang pernah saya lihat. Setelah sunset berlalu. saya mengerti mengapa bintang disini bersinar lebih terang….. saya liat Estaaa pun sedang menatap tajam gugusan bintang-bintang tersebut….Sekejap. Sekejap kemudian. Lekukan dan landainya pantai disini. rasanya pulau ini sangat cocok jadi studio alam.? All that beauty…! Pulau Way Perfectly RElax @Way Beach Tidak habis-habis rasanya menuliskan kata-kata tentang pasir putih dan laut jernih disini. Entah mengapa.Mantab! . juga sama menakjubkan dengan melihatnya dari pulau-pulau lain di Raja Ampat. Bagi kawan-kawan yang “gila foto” dan “gila di foto”. dan sebuah rumah tradisional di bibir pantai juga dapat menjadi aksen kental akan keberadaan kita disebuah pulau yang masih cukup perawan…. yaitu menaburkan jutaan bintang-bintang dengan latar belakang langit hitam bersih tanpa awan.

What a morning painting. karena burung ini akan hadir dan bermain selalu di pohon yang sama antara jam 6 s/d jam 7.30. awan putih-abu. dengan ketikan kata-kata qwerty. Kami tiba di dermaga Sawinggkrai sekitar jam 5. Sulit rasanya melukiskan indahnya pagi itu.Burung Cendrawasih di Pulau Sawinggkrai Stunning Sunrise @Sanggkriwai Village Tim Ayakan Gajah dengan segala daya upaya yang dikerahkan. dan siluet dermaga…. kami bisa melihat INDAHNYA sunrise dari dermaga ini. Terima kasih ya Allah…! . akhirnya berhasil bangun pagi jam 4. Untuk melihat burung cantik ini. Ohhhh GOOOOD…… begitu kami turun dari kapal.30 demi dapat melihat cantiknya burung cendrawasih yang terkenal. …sudah terbayar rasanya bangun pagi kami. Langit biru gelap. kita harus sudah ada di Pulau Sawinggkrai paling tidak jam 6 pagi. Belum lagi kami melihat cendrawasih.

. untuk mengatur pawang burung yang akan mengantar kami melihat burung cendrawasih. berwarna coklat muda kemerahan dengan kepala kuning. terdengar suara burung seperti suara bebek di sekeliling kami. segeralah kami duduk manis menunggu datangnya burung sembari mempersiapkan peralatan foto kami.Tracking Menuju Pos Pengamatan Setelah dari dermaga. Setelah diperkenalkan dengan pawang kami.weleh. Saya liat estaaa tidak kesulitan menaklukan tanjakan demi tanjakan meski dengan memakai sepatu bakiak kuning di kakinya. Weleh. Untuk melihat cendrawasih tersebut. dengan cirri unik memiliki . Bekerjalah sang pawang memainkan bunyi-bunyi palsu untuk menarik perhatian sang cendrawasih atau yang sering disebut “red bird of paradise”. kita harus melapor terlebih dahulu kepada tetua setempat yang memang sudah di konfirmasi sebelumnya. … Bird Watching Gazebo Sesampainya di sebuah pendopo pengamatan burung. Jalan yang kami lalui cukup menanjak yang cukup membuat nafas kami tersengal-sengal dan otot betis kami tertarik-tarik. Cantik nian… burung mungil. maka berjalanlah kami menuju ke tempat “gubuk pengamatan burung” yang terletak sekitar 15 menit berjalan kaki.Tak lama kemudian. memang dibutuhkan pawang yang siap memancing burung-burung tersebut untuk bermain. lalu tak lama kemudian kami melihat burung2 cendrawasih Red Bird of Paradise berdatangan bermain dengan sesamanya di atas ketinggian pepohonan.

Lucu sekali melihat mereka bermain-main dan bernyanyi…. Kok bisa ya….? Penduduk yang Ramah di Sangkriwai Village Tidak lupa. dan bening. dan kitapun dapat melihat schooling teri yang sangat banyak terlihat nyata.(meskipun dengan suaranya yang seperti bebek). namun kebersihan kampungnya sangat sangat terjaga. Inilah Indonesiaku sebenarnya… Kepulauan Kabui . Dan terlebih mereka terlihat sangat sejahtera dan dalam suasana senang. kami bercengkrama. berfoto dan berbincang-bincang dengan penduduk setempat. bahkan air pantai di sekitar dermaga tersebut terlihat sangat jernih.misai panjang dibuntutnya. kemudian kami kembali ke perkampungan di tepi dermaga. Cantik…. damai dan tentram. Still Crystal Water at Fisherman Village of Sanggkriwai Setelah puas mengamati dan melihat sang burung. Senang rasanya bisa bergabung bersama mereka yang sangat ramah dan welcome. Perkampungannya memang terlihat sangat sederhana.

Wisata Snorkling . akan lebih terasa sempurna-bila kita juga dapat mendengarkan suarasuara burung bernyanyi. Peace mannn….Extraordinary of Kabui Kepulauan Kabui sendiri terletak didaerah waigeo barat. memutar-mutari. Di Kabui. kita dapat mengelilingi. Karena pemandangan alam indah yang dapat kita lihat disini. Bahkan angin sepoi pun turut menambah suasana daerah ini menjadi lebih terasa tenang dan damai. disini kita juga wajib memakai indra pendengaran kita. suara angin. Selain indra penglihatan yang kita pakai. Dengan memakai speedboat dengan kecepatan rendah. dan suara gemericik air. dan menelusuri diantara pulau-pulau tersebut. kita dapat melihat kumpulan-kumpulan pulau-pulau kecil dengan bentuk yang aneh-aneh dalam jarak-jaraknya yang sangat dekat. Terkadang kita akan menemukan Air Tenang di Kabui gua-gua kecil di bibir-bibir pulau tersebut..

ditambah lagi dengan komunitas ikan nya yang sangat banyak berkumpul dan bermain di daerah tersebut. dikarenakan lumayan banyaknya ubur-ubur kecil pada musim2 tertentu yang cukup bisa membuat tubuh anda gatal-gatal. Arborek. namun sangat disarankan untuk memakai wetsuit full body pada waktu snorkeling. Wayag. Missol biasanya menjadi tempat-tempat favorit para snorkeler untuk bisa memuaskan nafsunya bila ingin sekali “bersentuhan” dengan dunia bawah air.snorkling at Shallow Sea of Raja Ampat Snorkling juga bisa dilakukan dibanyak area di Raja Ampat. Wagmab. snorkeling di raja ampat bisa menjadi pengalaman yang takkan terlupakan buat anda. banyak area di Raja Ampat yang memiliki terumbu-terumbu karang di laut yang cukup dangkal. Beraneka ragam dan beraneka warna terumbu karang tumbuh dan tersebar si semua area disini. Dengan kondisi geografisnya yang menarik. Kabui. Wayag Islands . Dengan air-nya yang super jernih bak kaca kristal. Max Point.

disini anda hanya akan melihat diri anda sendiri di pantai ini. its so . namun ditambahkan dengan pantai-pantainya yang putih dan laut-lautnya yang dangkal. and You place to visit. Its really-really beautiful dan peaceful White Sand. Blue Crystal Water. Bila anda takjub melihat Maya Beach-Phi-Phi Island dengan pantainya yang putih. wait till u see this…… Kalau di Phi-Phi anda akan lihat banyaknya bule-bule berkeliaran.Incredible View of Wayag Islands Must visit!! Inilah icon dari Raja Ampat! Bila kalian googling atau melihat liputan-liputan tentang Raja Ampat. its true. Disini berkumpul pulaupulau kecil dengan topografi yang unik. Yess. Wayag Islandlah yang menjadi foto utamanya. persis seperti di Kabui.

Ada banyak lagi wisata-wisata non diving di Raja Ampat yang tidak kalah menakjubkan yang anda harus alami disini..quite.…pantai ini belum tersentuh oleh peradaban dan kepariwisataan. seperti melihat habitat Penyu di Sayang da Piai Islands. Mendaki Gunung Pindito untuk melihat Kep Raja Ampat dari ketinggian lebih dari 1000 meter dpl. Nice…. melihat perkampungan penduduk di Arborek. bermain kano di sekitar hutan bakau di Blue Water Mangrove. Dan ku kan kembali untuk ambil sisa hatiku yang tertinggal Indonesiaku Indah… Ayakan Gajah @ Beautiful Raja Ampat Rekomendasi : Tour Guide Lokal : Rudi : 081298330213 . tidak cukup rasanya hanya sekali berkunjung ke Raja Ampat.Ya…Cuma ada pasir. Wuihhh. untuk kembali ke kenyataan realita hidup di daerah Barat.. atau habiskan malam di resort mewah di Misool Eco Resort.. Sunset Bat di Mioskon atau Dayang Islands. Sedih rasanya kami harus meninggalkan dunia mimpi (yang ternyata bukan mimpi) di timur. pengalaman menarik sangat banyak kami dapatkan disini. Ku tinggalkan jejakku di pantai mu. laut dan anda…. Sampai Jumpa Raja Ampat. melihat Gua Purba di Tomolol Cave.! Setelah bersnorkling ria disini. sangat cocok bila anda mendaki salah satu bukit di Wayag Islands untuk melihat kumpulan-kumpulan pulau-pulau dari ketinggian sekitar 500 meter. ..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful