Kredit merupakan suatu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk

membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan. UU No. 10 tahun 1998 menyebutkan bahwa kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka watu tertentu dengan pemberian bunga. Jika seseorang menggunakan jasa kredit, maka ia akan dikenakan bunga tagihan.

Daftar isi
[sembunyikan]

• • • •

1 Syarat kredit o 1.1 Karakter o 1.2 Kapasitas o 1.3 Modal o 1.4 Jaminan o 1.5 Kondisi ekonomi 2 Hal-hal yang Diperjanjikan Dalam Perjanjian Kredit 3 Jenis kredit 4 Lihat pula 5 Pranala Luar

[sunting] Syarat kredit
Ketika bank memberikan pinjaman uang kepada nasabah, bank tentu saja mengharapkan uangnya kembali. Karenanya, untuk memperkecil risiko (uangnya tidak kembali, sebagai contoh), dalam memberikan kredit bank harus mempertimbangkan beberapa hal yang terkait dengan itikad baik (willingness to pay) dan kemampuan membayar (ability to pay) nasabah untuk melunasi kembali pinjaman beserta bunganya. Hal-hal tersebut terdiri dari Character (kepribadian), Capacity (kapasitas), Capital (modal), Colateral (jaminan), dan Condition of Economy (keadaan perekonomian), atau sering disebut sebagai 5C (panca C). [sunting] Karakter Watak, sifat, kebiasaan debitur (pihak yang berutang) sangat berpengaruh pada pemberian kredit. Kreditur (pihak pemberi utang) dapat meneliti apakah calon debitur masuk ke dalam Daftar Orang Tercela (DOT) atau tidak. Untuk itu kreditur juga dapat meneliti biodatanya dan informasi dari lingkungan usahanya. Informasi dari lingkungan usahanya dapat diperoleh dari supplier dan customer dari debitur. Selain itu dapat pula diperoleh dari Informasi Bank Sentral, namun tidak dapat diperoleh dengan mudah oleh masyarakat umum, karena informasi tersebut hanya dapat di akses oleh pegawai Bank bidang perkreditan dengan menggunakan password dan komputer yang terhubung secara on-line dengan Bank sentral. [sunting] Kapasitas Kapasitas adalah berhubungan dengan kemampuan seorang debitur untuk mengembalikan pinjaman. Untuk mengukurnya, kreditur dapat meneliti kemampuan debitur dalam bidang manajemen, keuangan, pemasaran, dan lain-lain. [sunting] Modal

persaingan. Konsep Permintaan & Penawaran Uang 1.pembelian mesin. pasar modal.1 Definisi dan Fungsi Uang . • Kredit Konsumsi Kredit untuk perorangan untuk pembiayaan barang-barang pribadi seperti rumah (KPR-Kredit Pemilikan Rumah). • Kredit Modal Kerja Kredit jangka pendek atau menengah yang diberikan untuk pembiayaan/pembelian bahan baku produksi. dan lain sebagainya. Kondisi ekonomi yang perlu diperhatikan antara lain masalah daya beli masyarakat. luas pasar. Kredit s Makalah Ekonomi I. bahan baku.Dengan melihat banyaknya modal yang dimiliki debitur atau melihat berapa banyak modal yang ditanamkan debitur dalam usahanya. [sunting] Jaminan Jaminan dibutuhkan untuk berjaga-jaga seandainya debitur tidak dapat mengembalikan pinjamannya. [sunting] Kondisi ekonomi Keadaan perekonomian di sekitar tempat tinggal calon debitur juga harus diperhatikan untuk memperhitungkan kondisi ekonomi yang akan terjadi di masa datang. Semakin banyak modal yang ditanamkan. • Kredit Usaha Tanpa Bunga dan Tanpa Agunan Kredit ini disediakan khusus untuk usaha kecil dan menengah. Biasanya nilai jaminan lebih tinggi dari jumlah pinjaman. debitur akan dipandang semakin serius dalam menjalankan usahanya. kreditur dapat menilai modal debitur. [sunting] Hal-hal yang Diperjanjikan Dalam Perjanjian Kredit • • • • • • Jangka waktu kredit Suku bunga Cara penbayaran Agunan/ jaminan kredit Biaya administrasi Asuransi jiwa dan tagihan [sunting] Jenis kredit • Kredit Investasi Kredit jangka menengah dan panjang untuk investasi barang modal seperti pembangunan pabrik. perkembangan teknologi. lain-lain seperti Kredit tanpa agunan. kendaraan (KKB-Kredit Kendaraan Bermotor).

disimpan di rumah atau di bank .00 selama 10 tahun daripada meminjam dua ekor sapi. 3.00 dan buku tulis Rp 2000. uang berfungsi sebagai alat tukar. Utang juga merupakan sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang. Uang tersebut kemudian digunakan untuk membeli cangkul kembali.8 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Uang 1. Uang dijadikan daya beli umum yang dapat dinyatakan dengan unit-unit yang pasti dan menurut pedoman atau ukuran. Alat Tukar Fungsi uang sebagai alat tukar tidak diragukan lagi.3 Nilai Uang 1. Dia dapat menjual hasil panen untuk mendpat uang. Ini menunjukkan bahwa nilai pulpen tiga kali nilai buku tulis. Standar atau Ukuran Pembayaran yang Ditunda Dalam fungsi ini.5 Teori Permintaan Uang 1. Dengan ini. Nilai barang dapat diukur dengan uang. Misalnya. 4. jasa. uang digunakan untuk menyatakan utang.1. harga pulpen Rp 6000. Sisa pendapatan yang tidak dikonsumsi.000. Alat Penyimpan Kekayaan Manusia berusaha untuk tidak mengonsumsi semua pendapatannya. Misalnya.1 Definisi dan Fungsi Uang Uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang. Terdapat beberapa fungsi uang : 1.4 Teori Nilai Uang 1. uang digunakan untuk menghitung harga sebuah barang. dan barang berharga lainnya. dan untuk pembayaran utang. Misalnya adalah akan lebih masuk akal bila kita meminjam uang Rp 5. 2.000.2 Jenis Uang 1.7 Teori Penawaran Uang 1.6 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Uang 1. Alat Satuan Hitung (Pengukur Nilai) Sebagai satuan hitung.00. seorang petani membutuhkan cangkul.

Uang giral.2 Jenis Uang Uang dapat dibedakan atas dasar pihak yang mengeluarkan. Uang yang tidak bernilai penuh adalah uang yang nilai bahannya lebih kecil dari nilai nominalnya.3 Nilai Uang Berdasarkan perbandingan nilai bahan dengan nilai tukar uang dibedakan menjadi uang bernilai penuh dan uang yang tidak bernilai penuh. Uang luar negeri adalah uang yang beredar dalam suatu negara. 5. 1. Uang logam adalah uang yang bahannya terbuat dari logam berupa emas. dan sejenisnya. Dengan kata lain. Sebelumnya. . 1. perak atau logam jenis lainnya. Jenis Uang Berdasarkan Negara yang Mengeluarkan Uang dalam negeri adalah uang yang diproduksi oleh negara yang bersangkutan. Rupiah adalah uang yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. yaitu menjual rumah di Jakarta dan membeli rumah di Makassar. Jenis Uang Berdasarkan Pihak yang Mengeluarkan Berdasarkan pihak yang mengeluarkan. Berikut ini adalah beberapa jenis dari uang : 1. Jadi. Uang kartal merupakan uang kertas atau uang logam yang beredar di masyarakat. Uang bernilai penuh adalah uang yang nilai bahannya sama dengan nilai nominal atau nilai penuh terdapat pada standar emas. uang dibedakan atas uang logam dan uang kertas. Ibu Linda telah memiliki rumah di Jakarta. adalah uang yang bahannya terbuat dari kertas. Ibu Linda oleh PT. uang berfungsi sebagai alat pengalih nilai. Menurutnya. Uang kertas.untuk keperluan pada masa yang datang. tetapi yang mengeluarkannya adalah negara lain. Jenis Uang Berdasarkan Bahan Uang Berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuatnya. bilyet giro. dan nilai uang. 2. Misalnya. 3. uang dibedakan menjadi uang kartal dan uang giral. bahan uang. XYZ dipromosikan menduduki jabatan kepala cabang di Makassar. negara yang mengeluarkan. adalah alat pembayaran berupa cek. tidak mungkin memindahkan fisik rumah dari Jakarta ke Makassar. Ibu Linda berhasrat memindahkan rumah miliknya tersebut ke Makassar. Alat Pengalih Nilai/Kekayaan Uang dapat berfungsi untuk mengalihkan nilai. menyimpan uang untuk kebutuhan yang mendatang dan mengantisipasi pengeluaran tak terduga sebelumnya.

Kebutuhan Berspekulasi Spekulasi berarti melakukan suatu tindakan atas dasar ramalan perubahan nilai harta masa depan. Teori Nominalis Nominalis berarti nilai uang merupakan nilai yang tertulis pada uang tersebut. dan biaya pembuatan uang tersebut. Meningkatnya speculative demand pun pada umumnya disebabkan oleh meningkatnya pendapatan. nilai barang yang kita beli akan naik sehingga kita membutuhkan lebih banyak uang untuk bertransaksi. yang ditentukan oleh bunga. 1. b. kegunaan merjinal. Jika pendapatan naik. Karenanya. tetapi ditentukan oleh nilai nominal yang tertulis pada uang tersebut. c. Kebutuhan Bertransaksi Terkait dengan fungsi sebagai alat tukar. 1. uang murni berasal dari barang. Teori Barang Menurut teori barang. . Kebutuhan Berjaga-Jaga Kebutuhan ini dipengaruhi oleh biaya menyimpan uang. yang merupakan asset paling aman untuk disimpan sebagai harta.6 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Uang Umumnya orang menyimpan uangnya untuk precautionary demand bukanlah karena factor pendapatan itu sendiri. Jika seseorang kurang berani berspekulasi. Menurut para ekonom. melainkan karena takut bahwa pendapatannya akan telat dibayarkan. b. melainkan karena adanya kesempatan untuk berspekulasi pada suatu waktu yang tidak dapat ditentukan. atau karena sebab-sebab lain seperti sakit.4 Teori Nilai Uang a.5 Teori Permintaan Uang a. daya beli uang tergantung dari permintaan dan penawaran. mereka akan memilih menyimpan uang.1. orang yang realistis akan menyimpan uang karena tingkat bunga di tabungan lebih tinggi daripada tingkat keuntungan menggunakan uang untuk melukan kegiatan ekonomi. Nilai uang bukan ditentukan oleh nilai bahan.

Daya beli masyarakat menjadi rendah. nilai rupiah pun akan terangkat. Tingkat Produksi dan Pendapatan Nasional Dalam tingkat produksi dan pendapatan nasional yang rendah pemerintah mungkin akan memperbanyak jumlah uang beredar dengan tujuan untuk menggairahkan dunia perbankan dan dunia usaha. 1. Oleh sebabi itu. yang menjadi pengukur kesehatan bank. II.2 Bank Sentral . Oleh karena itu. BI akan mengurangi jumlah uang beredar sehingga tingkat bunga kembali menurun. BI menetapkan tingkat cadangan tertentu. b. Kondisi Kesehatan Dunia Perbankan Setiap bank memiliki cadangan uang untuk menjaga agar dana nasabah tetap aman.7 Teori Penawaran Uang Pada hakikatnya penawaran uang adalah jumlah uang tersedia dalam suatu perekonomian. d. & Tugas Bank 2. Jika bank kekurangan cadangan maka biasanya mereka meminjam pada BI dengan tingkat bunga tertentu. Tingkat Inflasi Tingkat inflasi yang tinggi dapat melumpuhkan perekonomian. e. Peran Bank Umum dan Bank Central 2. boleh dikatakan bahwa penawaran uang merupakan tugas pemerintah melalui Bank Indonesia. Kebijakan moneter bertujuan untuk mengatur penawaran uang. atau dengan kata lain mengatur jumlah uang yang beredar.1. Jika tingkat bunga terlalu tinggi dunia usaha akan lesu. dan perusahaan-perusahaan tidak dapat menjual barang dan jasa yang ditawarkannya. Tingkat Bunga Ini adalah factor utama yang memengaruhi jumlah uang beredar dalam perekonomian. sehingga sesuai hokum keseimbangan permintaan dan penawaran.8 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Uang a. tingkat bunga naik. c.1 Pengertian Bank. pemerintah akan menurunkan jumlah rupiah uang yang beredar. Fungsi Bank. Nilai Tukar Rupiah Jika nilai tukar rupiah menurun.

7 Jasa Transfer Uang 2.8 Jasa Penagih Utang 2.4 Bank Syariah 2.6 Money Changer 2.3 Bank Konvensional 2.5 Produk Perbankan 2.2.10 Bursa Efek 2.9 Perusahaan Pembiayaan Konsumen 2.11 Manfaat Lembaga Keuangan Bagi Pelajar .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful